petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

gbowin slot

hoki 777 249Jutaan kata 392905Orang-orang telah membaca serialisasi

《gbowin slot》

Kisah Sukses CV Siji Lifestyle, UMKM Mitra LPEI Beromzet Ratusan Juta******

CV Siji Lifestyle menjadi salah satu UMKM di Yogyakarta yang sukses meraih omzet ratusan juta rupiah. Omzet salah satunya karena intervensi LPEI.
(CNN Indonesia/Maulida Balqis).
Yogyakarta, CNN Indonesia--

CV Siji Lifestyle menjadi salah satu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Daerah IstimewaYogyakartayang sukses meraih omzet ratusan juta rupiah.

Pendiri CV Siji Lifestyle, Achmad Kurnia bercerita bahwa bisnisnya dimulai dari kecil-kecilan, yakni kontrakan. Seiring waktu, usahanya mulai berkembang hingga akhirnya ia memiliki pabrik sendiri.

"Market kami yang terbesar 95 persen untuk ekspor, di mana 40 persennya Eropa, 45 persennya Amerika, sisanya untuk Jepang, Amerika Selatan, kemudian Pasifik," kata Achmad di CV Siji Lifestyle, Yogyakarta, Rabu (20/12).

Achmad berujar bisnisnya memiliki dua kategori, yaitu dekorasi dinding dan resin. Dekorasi dinding seluruhnya terbuat dari serat alam, seperti gedebog pisang, bagor, eceng gondok, rotan, hingga kulit kayu.

Semua konsep material diambil dari Yogyakarta dan Jawa Tengah. Serat alam itu kemudian dikombinasikan dengan desain.

"Jadi kekuatan kami di desain, di mana fokus market kami untuk kelas menengah ke atas, ekspor. Dan gaya mereka adalah gaya modern minimalis. Jadi mungkin sedikit berbeda dengan produk Indonesia yang agak tradisional," ujar Achmad.

Sementara itu, resin merupakan kategori kedua yang memiliki keunikan lantaran polanya alami. Ketika dicampur, resin akan bergerak sendiri hingga membentuk pola yang berbeda di tiap-tiap produk.

Produk dengan resin salah satunya peralatan makan untuk dinner wear. Produk ini pun telah melalui tes laboratorium untuk dipastikan aman bagi makanan.

Lihat Juga :
Pembiayaan Kreatif Infrastruktur, Dukungan Fiskal, dan Peran PT PII

Achmad mengatakan satu item produk Siji Lifestyle, khususnya dekorasi dinding, dibanderol US sampai US0. Jika dirupiahkan, setara dengan Rp1 juta- Rp2 juta .

"Dan kalau sampai toko di Eropa, Amerika, rata-rata US0-US0. Kenapa bisa mereka jual mahal? Karena punya brandyang sudah terkenal. Jadi kami punya buyeryang jual dari kami 10 kali lipat," ujarnya.

Meski harganya sangat fantastis, Achmad paham karena brandtersebut tentu melalui proses yang sangat panjang agar mapan. Dia pun bersyukur dengan profit yang diterima sesuai harga yang ia minta.

Omzet Siji sendiri rata-rata ratusan juta rupiah. Tahun ini bahkan mencapai lebih dari Rp10 miliar.

"Di mana target kita naik dari tahun lalu, 25 persen tercapai," tuturnya.

Lihat Juga :
LPEI dan Pemprov Sumbar Kolaborasi Dorong Produk Berorientasi Ekspor


Bantuan LPEI


Sejak awal mendirikan Siji, Achmad percaya bahwa produknya tak akan sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dengan kurangnya permintaan dari dalam negeri.

Achmad sendiri menargetkan pasar untuk kalangan menengah ke atas. Ia tak menerima pesanan untuk residensial. Dia lebih suka memasukkan produk ke pameran atau mengekspornya langsung ke luar negeri.

Masyarakat asing memang banyak yang menganut gaya modern yang cocok dengan produk buatannya.

"Pengalaman saya melihat bahwa potensi untuk dalam negeri terbatas. Karena masalah daya beli dan juga style," kata Achmad.

Kendati begitu, kurangnya permintaan dari dalam negeri sebetulnya bukan masalah besar. Masalah sebenarnya datang saat pandemi Covid-19 merebak.


Ketika Covid, orang-orang diminta bekerja dari rumah. Karenanya, banyak yang mulai mendekorasi rumah untuk menciptakan ruang kerja nyaman.

Ini mengakibatkan lonjakan pemesanan di Siji. Padahal, sama seperti yang lainnya, karyawan Siji juga bekerja dari rumah. Sumber daya manusia pun terbatas.

Selain itu, ada kelangkaan kontainer selama pandemi Covid-19.

"Timbulnya itu adalah cash flow. Ada kelangkaan kontainer dan harga kontainer itu sampai 5x lipat, yang biasanya US.000 bisa sampai US ribu-US ribu," tutur dia.

Barang-barang yang diproduksi Siji baru akan dibayar jika sudah berada di atas kapal. Dengan harga kontainer selangit, lebih dari US miliar stok Siji pun tak bisa keluar. Sementara pemesanan terus masuk.

[Gambas:Video CNN]

"Akhirnya kami menghubungi LPEI. Karena kesulitan," katanya.

CV Siji Lifestyle merupakan salah satu UMKM yang mendapat dukungan penuh dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) melalui Coaching Program for New Exporter (CPNE). Program ini untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing lewat pelatihan dan pendampingan khusus bagi pelaku UMKM berorientasi ekspor, yang dilaksanakan selama satu tahun dengan tujuan utama menciptakan eksportir baru.

Selain CPNE, LPEI juga mendukung peningkatan kapasitas usaha CV Siji Lifestyle melalui Program Penugasan Khusus Ekspor (PKE) UKM dalam bentuk pembiayaan. Program ini merupakan dukungan dari APBN kepada pelaku usaha berorientasi ekspor, yang diberikan kepada LPEI oleh Kementerian Keuangan RI.

Tujuannya adalah memberikan stimulus kepada pelaku usaha untuk meningkatkan kapasitas usaha, mencegah pemutusan hubungan kerja, serta meningkatkan daya saing dalam pasar global.

Sejauh ini, PKE untuk UKM telah mengalokasikan dana nyaris Rp1 triliun. Dana itu dibagikan dalam 3 tahun secara bertahap.

Lihat Juga :
LPEI Raih Penghargaan Tempat Kerja Terbaik untuk Semua Generasi
(blq/agt)

Presiden "groundbreaking" kantor Telkom dukung kota pintar di IKN******

Presiden "groundbreaking" kantor Telkom dukung kota pintar di IKN
Presiden Joko Widodo meresmikan peletakan batu pertama pembangunan Telkom Smart Office di IKN Kalimantan Timur, Jumat (1/3/2024). ANTARA/HO-Otorita Ibu Kota Nusantara/am.
Saya yakin kalau Telkom sudah masuk, gampang ke situ, menjadi 'smart city', menggarap e-governmentnya akan jauh lebih mudah.....
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Telkom Smart Office di Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk mendukung kawasan tersebut menjadi kota pintar (smart city).

"Saya yakin kalau Telkom sudah masuk, gampang ke situ, menjadi 'smart city', menggarap e-governmentnya akan jauh lebih mudah. Saya percaya Telkom, percaya," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya pada peletakan batu pertama pembangunan Telkom Smart Office di IKN, Kalimantan Timur, Jumat.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa dimulainya pembangunan Telkom Smart Office akan memperkuat konektivitas digital dan memperkuat platform digital di IKN.

Baca juga: OIKN: "Groundbreaking" kelima IKN diikuti tiga bank BUMN sampai Telkom

Selain itu, Telkom juga diharapkan memperkuat pelayanan digital di Nusantara yang dicita-citakan memiliki teknologi informasi dan komunikasi (ICT) berkelas dunia.

Dengan konektivitas digital yang disediakan Telkom, Presiden Jokowi meyakini pemerintahan digital (e-government) akan lebih mudah dilaksanakan.

Di sela-sela sambutannya, Presiden Jokowi juga sempat bertanya pada hadirin yang baru pertama kali mengunjungi IKN terkait jauh atau tidaknya lokasi IKN.

"Kelihatan jauh atau enggak jauh? Jauh? Menurut ibu jauh apa enggak jauh? Jauh? Ya memang jauh, kalau jawabannya dekat saya suruh maju tadi," kata Jokowi sambil berkelakar.

Baca juga: Jokowi tinjau pembangunan menara perumahan untuk ASN di IKN

Kepala Negara lalu menjelaskan bahwa IKN memang dibangun di Kalimantan karena berbagai pertimbangan. IKN juga terasa jauh karena infrastruktur dan akses menuju kawasan tersebut yang belum selesai.

Presiden mengatakan bahwa jika jalan tol Balikpapan ke IKN selesai pada Juni atau Juli mendatang, waktu tempuh menjadi 45 menit dari sebelumnya memakan waktu 2 jam.

Selain itu, bandara di IKN yang ditargetkan selesai pada Juni atau Juli 2024 hanya berjarak sekitar 15 menit menuju Kawasan Inti Pemerintahan Pusat (KIPP) IKN.

Di akhir sambutannya, Presiden mengapresiasi dimulainya pembangunan Telkom Smart Office di IKN.

"Sekali lagi saya sangat menghargai dimulainya pembangunan Telkom Smart Office ini. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini peletakan batu pertama groundbreaking Telkom Smart Office secara resmi saya nyatakan dimulai," kata Jokowi.

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024

Pahlawan Digital UMKM 2023: Startup di Sektor Hulu, UMKM Naik Kelas******

Para juara dan finalis Pahlawan Digital UMKM 2023 telah membantu puluhan ribu UMKM naik kelas dengan meningkatkan produktivitas dan penghasilan.
Awarding Night Pahlawan Digital UMKM 2023 di Telkom Landmark Tower, Jakarta, Selasa (19/12). (Dok. Panitia Malam Penghargaan Pahlawan Digital UMKM 2023)
Jakarta, CNN Indonesia--

Malam penghargaan atau Awarding NightPahlawan Digital UMKM 2023 yang berlangsung pada Selasa (19/12) lewat kolaborasi Staf Khusus Presiden Putri Tanjung dengan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM), bisa menjadi inspirasi maupun motivasi bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia.

Tiga dari 10 finalis inovator Pahlawan Digital UMKM 2023 terpilih menjadi juara setelah melakukan pitching di hadapan dewan juri di antaranya, Chickin Indonesia sebagai juara pertama, JALA Indonesia sebagai juara kedua, dan Elevarm sebagai juara ketiga.

Chickin Indonesia sebagai startup yang mengembangkan teknologi untuk mengelola dan mengembangkan peternakan ayam broiler berhak mendapatkan hadiah senilai Rp100 juta.

"Tahun ini senang sekali karena 10 inovator yang hadir sangat luar biasa, menjawab solusi dari banyak sekali masalah yang dihadapi UMKM. Semua bisnisnya sangat lokalisasi, jadi memang membantu UMKM di specific market," kata Putri dalam Awarding Night Pahlawan Digital UMKM 2023 di Telkom Landmark Tower, Jakarta.

Dalam acara puncak Pahlawan Digital UMKM 2023 turut dihadiri sejumlah menteri di antaranya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Sebelum pengumuman pemenang Pahlawan Digital UMKM 2023, para menteri bersama Putri Tanjung juga membahas berbagai hal mengenai ekonomi digital dalam talkshow bertajuk "Impactful Digitalization through Pahlawan Digital UMKM Ecosystem".

Menteri Teten mengapresiasi 10 finalis Pahlawan Digital UMKM 2023 karena telah bergerak membantu UMKM di sektor hulu. Menurut Teten, hal itu sejalan dengan keinginan pemerintah bahwa ekonomi digital bukan hanya berkembang di sektor hilir, tapi juga sisi hulu atau sektor produksi.

Pemerintah ingin perkembangan ekonomi digital mampu meningkatkan produktivitas UMKM. Sehingga, perkembangan ekonomi digital berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) atau gross domestic product (GDP).

Tiga Menteri yang Hadir Mengapresiasi Pahlawan Digital UMKM 2023

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:slot demo gacor x500 anti lag

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
keluaran sdy hari ini
game slot paling gacor
slot gacor bet receh
situs gacor malam minggu
rtp amanahtoto
slot paling gacor member baru
slot gacor 303
sgpslot link alternatif
pinjaman cepat cair dalam hitungan menit
Daftar isi semua bab
Bab 1 kegunaan aplikasi kredivo
Bab 2 jitu server thailand vip
Bab 3 pinjaman online yang bisa cair lewat dana
Bab 4 slot yang gacor pagi hari
Bab 5 beruang4d
Bab 6 yoda4d
Bab 7 situs slot paling lama dan terpercaya
Bab 8 slot shopeepay
Bab 9 kelebihan kredivo
Bab 10 demo slot gacor maxwin
Bab 11 prediksibocoran
Bab 12 slot gampang gacor
Bab 13 kakekslot
Bab 14 pinjaman tanpa agunan online
Bab 15 situs slot qq
Bab 16 totoslot
Bab 17 daftar slot88
Bab 18 bangbona
Bab 19 slot demo 89
Bab 20 situs slot tergacor maxwin
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1096bab
takutBacaan TerkaitMore+

Makan seluruh dunia

cara bayar indosaku
Mau belanja hemat dan banyak untungnya? Belanjanya di Transmart Full Day Sale aja ya, soalnya bertabur diskon yang bikin untung!
Mau belanja hemat dan banyak untungnya? Belanjanya di Transmart Full Day Sale aja ya, soalnya banyak diskon yang bikin untung! (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mau belanja hemat dan banyak untungnya? Belanjanya di Transmart Full Day Sale aja. Soalnya Transmart kasih diskon gede-gedean sampai 50 persen buat beragam produk terpilih.

Enggak cuma itu, masih ada diskon tambahan 20 persen! Ekstra diskon 20 persen tersebut bisa didapat khusus bagi pengguna Allo Bank, kartu kredit Bank Mega, dan Bank Mega Syariah.

Lihat Juga :
Jangan Lupa Belanja ke Transmart Besok, Ada Diskon 50% + 20% Menanti

Kalau belum punya Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tidak perlu khawatir. Tinggal unduh saja aplikasinya dari hp kemudian upgrade ke Allo Prime.

Kali ini Transmart Full Day Sale digelar selama dua hari, pada Sabtu (23/12) dan Minggu (24/12). Pesta diskon seharian ini berlaku dari jam toko buka sampai tutup pukul 22.00 waktu setempat. Jadi jangan sampai kelewatan, ya!

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar kamu bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

Cus nikmati belanja di Transmart bertabur diskon sekarang juga!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Kiamat memupuk kegilaan

slot gacor malam ini maxwin
Apindo memperkirakan perekonomian Indonesia tumbuh di rentang 4,8 persen hingga di 5,2 persen pada 2024.
Apindo memperkirakan perekonomian Indonesia tumbuh di rentang 4,8 persen hingga di 5,2 persen pada 2024. (Foto: Arsip CNBC Indonesia TV)
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memperkirakan perekonomian Indonesia maksimal hanya bisa tumbuh di 5,2 persen di tahun depan.

Ketua umum Apindo Shinta Kamdani mengatakan bila terjadi perlambatan ekonomi global akibat situasi geopolitik, inflasi dan suku bunga yang masih tinggi, maka perekonomian hanya bisa tumbuh 4,8 persen saja di 2024.

"Merujuk survei internal Apindo terhadap sekitar 2.000 pelaku usaha lintas sektor dan lintas skala usaha, pertumbuhan 2024 diprediksi ada di kisaran 5 persen," ujarnya dalam media briefing, Kamis (21/12).

Sementara, sektor manufaktur masih akan terus berada di level ekspansif. Adapun sektor transportasi dan pergudangan, akomodasi serta makanan-minumman akan menjadi sektor dengan laju pertumbuhan terpesat.

Selanjutnya, sektor pariwisata diprediksi dapat merealisasikan target untuk berkontribusi 4,5 persen dari PDB nasional seiring dengan peningkatan mobilitas kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Kendati begitu, ada sejumlah tantangan yang akan dihadapi di antaranya disumbangkan faktor total saving (tabungan bruto) hanya 39 persen dari PDB, dan total kapitalisasi pasar modal hanya 49 persen dari PDB.

"Jika target pertumbuhan 6 persen, maka dibutuhkan rasio investasi terhadap PDB sekitar 36 persen," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Menyerang! elang

venusbet
Apindo memperkirakan perekonomian Indonesia tumbuh di rentang 4,8 persen hingga di 5,2 persen pada 2024.
Apindo memperkirakan perekonomian Indonesia tumbuh di rentang 4,8 persen hingga di 5,2 persen pada 2024. (Foto: Arsip CNBC Indonesia TV)
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memperkirakan perekonomian Indonesia maksimal hanya bisa tumbuh di 5,2 persen di tahun depan.

Ketua umum Apindo Shinta Kamdani mengatakan bila terjadi perlambatan ekonomi global akibat situasi geopolitik, inflasi dan suku bunga yang masih tinggi, maka perekonomian hanya bisa tumbuh 4,8 persen saja di 2024.

"Merujuk survei internal Apindo terhadap sekitar 2.000 pelaku usaha lintas sektor dan lintas skala usaha, pertumbuhan 2024 diprediksi ada di kisaran 5 persen," ujarnya dalam media briefing, Kamis (21/12).

Sementara, sektor manufaktur masih akan terus berada di level ekspansif. Adapun sektor transportasi dan pergudangan, akomodasi serta makanan-minumman akan menjadi sektor dengan laju pertumbuhan terpesat.

Selanjutnya, sektor pariwisata diprediksi dapat merealisasikan target untuk berkontribusi 4,5 persen dari PDB nasional seiring dengan peningkatan mobilitas kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Kendati begitu, ada sejumlah tantangan yang akan dihadapi di antaranya disumbangkan faktor total saving (tabungan bruto) hanya 39 persen dari PDB, dan total kapitalisasi pasar modal hanya 49 persen dari PDB.

"Jika target pertumbuhan 6 persen, maka dibutuhkan rasio investasi terhadap PDB sekitar 36 persen," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Pada awalnya

bemo4d
Transmart Full Day Sale ada lagi, berlangsung mulai hari ini Sabtu (23/12) sampai Minggu (24/12). Jangan lewatkan diskon elektroniknya!
Transmart Full Day Sale ada lagi, berlangsung mulai hari ini Sabtu (23/12) sampai Minggu (24/12). Jangan lewatkan diskon elektroniknya! (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Saatnya berburu barang elektronik diskonan di Transmart. Soalnya Transmart Full Day Sale ada lagi mulai hari ini Sabtu (23/12) sampai dengan Minggu (24/12).

Mulai dari televisi, kulkas, sampai AC diskon di Transmart Full Day Sale dan ada bonus tambahan untuk setiap pembelian AC, yaitu pipa hingga instalasi standar gratis.

Lihat Juga :
Merapat ke Transmart Sekarang Juga, Kapan Lagi Belanja Semurah Ini

Diskon produk elektronik di Transmart ini bisa diklaim secara langsung menggunakan pembayaran melalui Allo Prime, Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

Selain AC, ada juga diskon elektronik untuk pembelian kulkas side by side 472L harga normal Rp12.049.000, harga diskon menggunakan Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah jadi Rp8.799.200 dan pembeli hemat sekitar Rp3 jutaan. Harga berlaku untuk pembelian di Transmart Pulau Jawa, Bali, dan Lampung.

Bagi pelanggan Transmart di Luar Pulau Jawa, Bali, dan Lampung, kulkas side by side 472L harga normal Rp12.649.000, harga diskon menggunakan Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah jadi Rp 9.239.200 dan pembeli hemat sekitar Rp3,4 jutaan.

Mumpung akhir tahun mau beli tv baru untuk nonton bareng? Nih ada diskon LED TV 50" UHD Smart merek LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung, harga normal Rp6.969.000. Harga diskon menggunakan Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah jadi Rp4.799.200. Harga ini berlaku nasional.

Ada juga LED TV 65" UHD Smart merek LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung, harga normal Rp11.209.000. Harga diskon menggunakan Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah jadi Rp7.199.200. Harga ini berlaku nasional.

Gimana, diskonnya menguntungkan ya. Jadi tunggu apalagi, pastikan belanjanya memakai salah satu bank yang direkomendasikan supaya bisa borong semua elektronik impian di periode Transmart Full Day Sale yang diskonnya berlangsung mulai dari toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Paman terkuat dalam sejarah

info slot gacor sekarang
IHSG ditutup menguat ke level 7.219,67 pada Rabu (20/12) sore.
IHSG ditutup menguat ke level 7.219,67 pada Rabu (20/12) sore. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 7.219,67 pada Rabu (20/12). Indeks saham menguat 31,82 poin atau naik 0,44 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp13,88 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20,81 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 260 saham menguat, 254 terkoreksi, dan 251 lainnya stagnan.

Senada dengan Asia, bursa saham Eropa kompak di zona hijau. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris naik 1,29 persen, indeks CAC 40 di Prancis naik 0,24 persen, dan indeks DAX di Jerman naik 0,23 persen.

Mengikuti, bursa Amerika kompak ditutup hijau. Indeks S&P 500 naik 0,59 persen, indeks NYSE tumbuh 0,85 persen, dan indeks NASDAQ Composite naik 0,66 persen.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/pta)

Dunia Kartu Mantra

pinjol cepat cair tenor panjang
Dirut Garuda Irfan Setiaputra siap penuhi panggilan polisi soal penghentian potongan gaji karyawan untuk iuran keanggotaan Sekarga.
Dirut Garuda Irfan Setiaputra siap penuhi panggilan polisi soal penghentian potongan gaji karyawan untuk iuran keanggotaan Sekarga. (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur UtamaGarudaIndonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan siap memenuhi panggilan aparat penegak hukum atas laporan penghentian pemotongan gaji karyawan untuk iuran keanggotaan Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga).

"Sebagai anggota masyarakat yang taat azas, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan memastikan pihaknya berkomitmen untuk memenuhi proses klarifikasi kepada penegak hukum terkait laporan yang disampaikan oleh Sekarga sesuai ketentuan hukum yang berlaku," ujar Irfan melalui keterangan tertulis, Rabu (20/12).

Kendati begitu, ia sangat menyayangkan informasi terkait permasalahan internal perusahaan malah disebarluaskan ke publik. Padahal, tujuan pemotongan iuran keanggotaan itu merupakan upaya perusahaan mendorong independensi serikat karyawan agar lebih mandiri dalam mengelola iuran.

Ia menyebut dengan kebijakan ini diharapkan anggota dapat melakukan pembayaran iuran secara langsung dengan sukarela, tanpa pemotongan gaji dari perusahaan.

"Dapat saya pastikan bahwa perusahaan menaruh perhatian serius terhadap upaya menjaga hubungan industrial yang kuat bersama serikat pekerja. Komitmen ini yang juga terus kami jaga selama proses restrukturisasi beberapa waktu lalu guna memastikan kepentingan karyawan dapat terus dikedepankan," pungkas Irfan.

Ketua DPP Serikat Karyawan Garuda Indonesia Tomy Tampatty membenarkan adanya laporan tersebut yang disampaikan hari ini. Namun, karena ada beberapa berkas yang kurang, maka akan dilengkapi dulu.

"Bareskrim masih membutuhkan beberapa data kelengkapan sebelum kita membuat laporan, maka dari itu kami kuasa hukum sepakat akan menyiapkan beberapa data, melengkapi beberapa data setelah itu kami akan mendatangi Bareskrim untuk menindaklanjuti laporan dimaksud," jelas Tomy.

Sekarga melaporkan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra ke Bareskrim Mabes Polri hari ini (20/12). Laporan ini soal penghentian sepihak iuran keanggotaan Sekarga, yang biasanya diambil rutin dari gaji karyawan setiap bulan.

Penghentian ini dilakukan manajemen sejak 27 November 2023. Akibatnya, kegiatan organisasi Sekarga terhambat.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)