petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

gatotkaca138

slot maxwin 2022 487Jutaan kata 407612Orang-orang telah membaca serialisasi

《gatotkaca138》

Beras Impor Banjiri RI, Kenapa Pasokan Langka dan Harga Masih Mahal?******

Pasokan beras impor mulai membanjiri RI beberapa bulan ini. Namun, beras impor belum membuat kelangkaan dan lonjakan harga teratasi.
Pasokan beras impor mulai membanjiri RI beberapa bulan ini. Namun, beras impor belum membuat kelangkaan dan lonjakan harga teratasi. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga beras naik dalam beberapa waktu terakhir. Padahal, pemerintah telah mengimpor 500 ribu ton berasuntuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP) yang digunakan untukoperasi pasar.

Berdasarkan Panel Harga Badan Pangan Nasional, harga beras premium pada Selasa (7/2) naik 0,15 persen menjadi Rp13.330 per kilogram dibanding minggu lalu. Kemudian beras medium naik 0,09 persen menjadi Rp11.690 per kilogram.

Harga ini melampau harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp9.450 per kilogram.

"Memang stok di PIBC ini sangat menipis, 13 ribu ton. Kalau awal Januari stok PIBC itu 25.462 ton, akhir Januari ini 13.370 ton," katanya, dikutip dari CNBC TV, Kamis (2/2).

Zulkifli menegaskan kelangkaan pasokan beras di Pasar Induk Cipinang sebenarnya sudah terjadi sejak Desember 2022. Saat itu, stok beras di gudang ada di kisaran 25 ribu ton.

Ia menyebut stok beras langka terjadi karena pasokan beras dari daerah mengering karena tidak panen. Dengan begitu, beras dari daerah sudah tidak mengalir ke pasar induk.

Pemerintah sudah berupaya mengatasinya dengan mengimpor beras dari berbagai negara. 

Lihat Juga :
ANALISISJokowi, Tangis Korban Wanaartha Cs dan Lampu Kuning Presiden untuk OJK

Perum Bulog mengimpor 500 ribu ton beras dari Vietnam, Myanmar, Thailand, dan Pakistan. Direktur Utama Bulog Budi Waseso (Buwas) mengatakan beras impor yang sudah masuk saat ini baru mencapai 300 ribu ton. Sisa 200 ribu ton lagi sedang dalam perjalanan masuk ke Indonesia.

Padahal, 500 ribu ton beras awalnya ditargetkan masuk seluruhnya pada Desember 2022.

"Impor yang sudah masuk 300 (ribu) lebih dari 500 (ribu), sisanya ini sekarang di lautan dan pelabuhan, tunggu bongkar. Sebenarnya sudah diprioritaskan hanya karena cuaca, kalau enggak berasnya bisa rusak" ujar Buwas di Kantor Pusat Bulog, Jakarta Selatan, Kamis (3/2).

Beras sudah mulai disalurkan untuk operasi pasar. Total beras yang sudah disalurkan di seluruh Indonesia mencapai 209 ribu ton dari awal tahun 2023 hingga 3 Februari.

Lihat Juga :
Pedagang Pasar Ungkap Harga Beras Masih Mahal

Buwas mengatakan Bulog menjual beras Rp8.300 per kg per kilogram untuk harga dari gudang sehingga seharusnya beras tersebut dijual paling mahal ke konsumen sesuai harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp9.450.

Buwas menuding ada mafia yang menjual beras Bulog kepada pedagang dengan harga mahal. Mafia tersebut sengaja menghalangi pedagang membeli beras langsung dari Bulog.

Penjual yang terhalangi membeli beras dari Bulog harus membeli beras dari mafia dengan harga di atas Rp8.300 per kg. Hal ini membuat harga di tingkat konsumen mahal.

Buwas mengaku sudah mengetahui siapa saja mafia tersebut. Ia pun memperingatkan para mafia untuk tidak lagi mengintimidasi pedagang beras.

Lihat Juga :
Cerita Jokowi soal Tangis Korban Indosurya Cs dari Jakarta-Surabaya

"Tidak ada (lagi) mafia-mafiaan, ngapain kumpulin pedagang diintimidasi. Jangan dipikir saya tidak tahu, ada rekamannya semua, siapa yang hadir saya tahu, di mana tempatnya saya tahu. Masalah beras untuk masyarakat dipakai mainan. Jangan merasa hebat, ngancam-ngancam," tegas Buwas di Kantor Bulog, Jumat (20/1).

Maka dari itu, Buwas mengatakan seluruh pedagang beras sekarang bisa langsung membeli beras ke Bulog dengan harga beras Rp8.300 per kg. Ia pun menegaskan tidak akan memberikan beras kepada para mafia tersebut.

"Orang yang mengintimidasi (pedagang) tidak akan saya kasih sebutir (beras) pun," lanjutnya.

Tak hanya soal harga dan pasokan, urusan beras juga bermasalah dalam hal data di mana data yang dimiliki Bulog berbeda dengan Kementerian Pertanian (Kementan).

Lihat Juga :
IHSG Diprediksi Tertekan Hari Ini

Buwas mengatakan stok beras di penggilingan menipis sehingga Bulog tidak dapat menyerap dengan maksimal. Sedangkan Kementan mengatakan produksi beras dalam negeri surplus.

Menanggapi permasalahan beras tersebut, Direktur IDEAS (Indonesia Development and Islamic Studies) Yusuf Wibisono menyayangkan Bulog yang gagal menyelesaikan impor 500 ribu ton beras di Desember 2022. Namun ia menilai harga beras harusnya sudah turun pada Februari ini karena menjelang panen raya pada akhir Februari hingga awal Maret.

"Jika harga beras masih tinggi hingga awal Februari 2023 ini ketika beras impor sudah masuk sejak Januari dan panen raya sudah di depan mata, hal ini anomali, seharusnya itu sudah sangat cukup menekan psikologis pasar bahwa pasokan Bulog memadai dan pasokan dari petani sudah mulai masuk dan berpuncak di akhir Februari atau awal Maret," ujar Yusuf kepada CNNIndonesia.com.

Menurutnya, masih tingginya harga beras saat ini mengindikasikan dua hal. Pertama,terbatasnya pasokan beras di pasar yang menunjukkan bahwa produksi domestik tidak mencapai target dan karena itu surplusnya sangat tipis.

Kedua, intervensi dari Bulog melalui operasi pasar tidak cukup masif. Hal itu sekaligus mengindikasikan proses impor beras sejak Desember 2022 berjalan sangat lambat.

Lihat Juga :
Dilema BPKH Kelola Ratusan Triliun Dana Haji, Rugi Kena Sanksi

Ia menjelaskan intervensi pasar dari Bulog sangat diharapkan saat ini untuk menekan harga. Jika Bulog bisa setiap hari melakukan operasi pasar dalam jumlah cukup signifikan, Yusuf menilai seharusnya efektif meredam kenaikan harga beras.

Di lain sisi, Yusuf mengatakan sampai saat ini memang data produksi beras masih bermasalah. Badan Pusat Statistik (BPS) memproyeksikan produksi beras 2022 mencapai 32,1 juta ton, naik sekitar 700 ribu ton dibandingkan 2021.

Namun Bulog mengatakan tidak ada pasokan beras di pasar domestik sehingga untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, impor harus dilakukan.

Kemudian produksi beras nasional dalam 4 tahun terakhir sendiri cenderung turun, dari 33,9 juta ton pada 2018 menjadi 31,4 juta ton pada 2021

"Hal ini menunjukkan ada masalah dalam proyeksi BPS. Maka proyeksi BPS tentang kenaikan produksi beras di 2022 menurut saya perlu diterima dengan hati-hati," ujar Yusuf.

Ia mengatakan yang menjadi titik masalah adalah luas lahan sawah. Meski kini metode estimasi BPS sudah jauh lebih baik dengan menggunakan Kerangka Sampel Area (KSA), basis estimasi yang berdasar luas lahan baku sawah 2019 yang sebesar 7,46 juta hektare.

Padahal, konversi lahan sawah masif terjadi di Jawa karena dipenuhi berbagai proyek strategis nasional seperti jalan tol Trans Jawa yang banyak mengorbankan lahan pertanian produktif.

Berdasarkan hasil penelitiannya, Yusuf menemukan peta lahan sawah dilindungi pada 2021 di 8 provinsi utama beras yaitu Banten, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Bali, NTB dan Sumbar, terdapat selisih hingga 136 ribu hektar dengan luas lahan baku sawah di 2019. Tanpa perlindungan, lahan sawah seluas itu sangat mungkin sudah dikonversi.

Lihat Juga :
Dilema BPKH Kelola Ratusan Triliun Dana Haji, Rugi Kena Sanksi

"Dengan kata lain, sangat mungkin luas lahan baku sawah 2019 sebesar 7,46 juta hektare sudah mengalami penurunan signifikan sekarang ini," kata Yusuf.

Dengan demikian, Yusuf menilai kenaikan harga beras saat ini tidak hanya karena kelemahan impor beras oleh Bulog, tetapi juga kegagalan pemerintah meningkatkan produksi beras, terutama dalam melindungi alih fungsi lahan pertanian pangan produktif.

Sementara itu, Peneliti CELIOS Andri Perdana mengatakan ada beberapa alasan kenapa beras masih mahal. Pertama stok beras Bulog yang berasal dari produksi domestik yang makin menipis.

Kedua beras impor masih sedikit yang didistribusikan oleh Bulog. Tidak hanya masalah jumlah yang didistribusikan, Andri menilai kemahalan harga juga terjadi karena beras impor masih memakai perantara..

Curiga Beras Impor Dioplos dengan Premium Agar Pedagang Untung

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Keppres Ibu Kota RI Pindah dari Jakarta ke IKN Nusantara Terbit 2024******

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengungkapkan Jokowi akan menerbitkan keppres perpindahan ibu kota negara ke IKN Nusantara pada 2024 mendatang.
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengungkapkan Jokowi akan menerbitkan keppres perpindahan ibu kota negara ke IKN Nusantara pada 2024 mendatang. (CNN Indonesia/Wella Andany).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengeluarkan keputusan presiden (keppres) perpindahan ibu kota negara ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur pada 2024 mendatang.

Hal tersebut ia sampaikan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR RI, Selasa (6/2). Bambang mengatakan sampai Keppres dikeluarkan pihaknya akan terus menyiapkan IKN agar bisa layak huni pada tahun tersebut.

Adapun tugas Badan Otorita IKN mencakup persiapan, pembangunan, pemindahan, dan penyelenggaraan pemerintahan.

Ia menyebut sejak saat ini pihaknya akan secara bertahap menyiapkan pemindahan termasuk untuk layanan publik.

Merujuk pasal 39 ayat (1) Undang-Undang Ibu Kota Negara (UU IKN), status ibu kota negara masih dipegang DKI Jakarta hingga presiden mengeluarkan Keppres pemindahan secara resmi.

"Kedudukan, fungsi dan peran Ibu Kota Negara tetap berada di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sampai dengan tanggal ditetapkannya pemindahan Ibu Kota Negara dari Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke IKN Nusantara dengan Keputusan Presiden," bunyi pasal 39 ayat (1) UU IKN, dikutip dari salinan resmi yang telah dikonfirmasi Panitia Khusus IKN.

[Gambas:Video CNN]

Terkait pemindahan ibu kota ke IKN pada 2024, Jokowi pun optimistis upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia bisa digelar di sana pada tahun tersebut.

Jokowi mengatakan progres pembangunan IKN Nusantara telah berjalan baik. Ia meyakini pembangunan akan sesuai jadwal jika pembangunan terus berjalan baik.

"Ya kalau kerjanya seperti ini, saya kira insya Allah bisa (HUT RI 2024 di IKN), harus optimistis," kata Jokowi melalui keterangan tertulis beberapa waktu lalu.



(mrh/agt)




bab terbaru:jarum77

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
pinjol bantu cepat
slot gacor pasti maxwin hari ini
situs slot resmi 2023
mesin slot gacor
togel279
situs slot login
situs slot 2020
pinjol ilegal tanpa verifikasi wajah dan beda rekening
situs agen judi slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 14 togel
Bab 2 slot gacor terpercaya 2022
Bab 3 cicilan kredivo shopee
Bab 4 slot vip online
Bab 5 kumpulan daftar situs slot
Bab 6 slot online situs judi slot terbaik dan terpercaya no 1
Bab 7 air hoki slot
Bab 8 istana55
Bab 9 raja138 slot
Bab 10 cara meminjam uang di livin mandiri
Bab 11 depowin
Bab 12 slot123
Bab 13 judi slot online terbaru
Bab 14 login kredivo pakai email
Bab 15 judi slot888 login
Bab 16 liga 365
Bab 17 4 angka jitu sgp malam ini
Bab 18 gbo007 slot
Bab 19 philoit dapat uang
Bab 20 slot terpercaya dan tergacor
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5474bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Kekuatan MAX adalah yang utama

arena99 slot
Jokowi mengungkap harga beras naik di seluruh provinsi. Ini daftar harga beras versi BPS, PIHPS, Food Station, dan e-commerce pada Februari 2023.
Jokowi mengungkap harga beras naik di seluruh provinsi. Ini daftar harga beras versi BPS, PIHPS, Food Station, dan e-commerce pada Februari 2023. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap terjadinya kenaikan hargaberas di seluruh provinsi. Ia memerintahkan PerumBuloguntuk menggelar operasi pasar untuk mengatasi kenaikan harga.

"Sedang kita lakukan operasi pasar oleh Bulog di seluruh provinsi, terus dilakukan awal Januari. Tapi baru turunnya sedikit minggu-minggu. Ini terus kita lakukan operasi pasar," katanya saat mengecek harga pangan pokok di Pasar Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali, Kamis (2/2).

Sehari sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut beras sebagai salah satu penyumbang inflasi bulanan terbesar RI. Pada Januari 2023, inflasi Indonesia tercatat menyentuh 5,28 persen secara tahunan (yoy).

Harga beras di penggilingan untuk Januari 2023 itu meningkat sebesar 3,54 persen secara bulanan (mtm) dan meningkat 14,90 persen secara tahunan (yoy). Di tingkat grosir, harganya meningkat 2,51 persen (mtm) dan 10,97 persen (yoy). Sedangkan di tingkat eceran meningkat sebesar 2,34 persen (mtm) dan 7,7 persen (yoy).

"Jadi itu untuk harga beras tertinggi terjadi di tingkat penggilingan," jelasnya dalam konferensi pers, Rabu (1/2) lalu.

Lihat Juga :
Jokowi Akui Harga Beras Naik di Seluruh Provinsi

Ketua Umum Koperasi Pedagang Pasar Induk Cipinang Jakarta (Koppic Jaya) Zulkifly Rasyid mengatakan stok beras di Pasar Induk Cipinang sudah menipis, sisa 13.370 ton. Ia meminta Bulog segera membanjiri pasar dengan beras impor demi menekan harga.

"Satu-satunya harapan yang bisa menolong adalah beras dari Bulog, untuk meredam harga supaya jangan naik. Sedangkan impor ini adalah satu-satunya harapan kami untuk bisa menekan harga," ungkapnya.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.comdi situs resmi BPS, Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), Food Station, dan e-commerce, berikut daftar harga beras di pasaran untuk periode Januari-Februari 2023:

Harga beras di penggilingan versi BPS Januari 2023:

- Premium: Rp11.345,10 per kg

- Medium: Rp10.801,71 per kg

- Luar kualitas: Rp10.227,61 per kg

- Harga beras grosir versi BPS Januari 2023: Rp11.647,91 per kg

Harga beras versi PIHPS 2 Februari 2023:

- Kualitas bawah I: Rp11.800 per kg (stabil dari hari sebelumnya)

- Kualitas bawah II: Rp11.500 per kg (stabil dari hari sebelumnya)

- Kualitas medium I: Rp12.950 per kg (stabil dari hari sebelumnya)

- Kualitas medium II: Rp12.800 per kg (stabil dari hari sebelumnya)

- Kualitas super I: Rp14.250 per kg (stabil dari hari sebelumnya)

- Kualitas super II: Rp13.850 per kg (stabil dari hari sebelumnya)

Harga beras versi Food Station di Pasar Induk Beras Cipinang per 30 Januari 2023:

- Cianjur Kepala: Rp14.750 per kg (dari Rp14.450 per kg)

- Cianjur Slyp: Rp14.225 per kg (dari Rp14 ribu per kg)

- Sentra Ramos: Rp13.750 per kg (dari Rp13.475 per kg)

- Saigon: Rp12.350 per kg (dari Rp12.225 per kg)

- Muncul I: Rp11.150 per kg (dari Rp11.050 per kg)

- Muncul II: Rp10.400 per kg (dari Rp10.275 per kg)

- Muncul III: Rp10.100 per kg (dari Rp9.975 per kg)

- IR-64 I: Rp11.575 per kg (dari Rp11.325 per kg)

- IR-64 II: Rp10.800 per kg (dari Rp10.525 per kg)

- IR-64 III: Rp10.350 per kg (dari Rp9.975 per kg)

- IR-42: Rp13.500 per kg (dari Rp13.100 per kg)

Harga beras di e-commerceBlibli 2 Februari 2023 (per 5 kg):

- Koki mungil: Rp45 ribu-Rp51 ribu

- Bunga: Rp47.500-Rp58.500

- Rojolele: Rp47.500-Rp58.500

- Ramos beras bandung: Rp50 ribu

- Mentik wangi: Rp50.850

- HOKI Pink: Rp51.200

- Burung hong kong ayana: Rp54.700

- Nengsih biru: Rp55.300

- Sate ayam beras: Rp56 ribu

- Putri sejati: Rp56 ribu

- 4 mata biru: Rp56 ribu

- Tedja kencana: Rp56.250

- Setra ramos: Rp56.260

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Toko Kelontong Dewa dan Setan

tayo4d
IHSG ditutup di level 6.873 pada Senin (6/2). Indeks saham melemah 37,94 poin atau minus 0,55 persen dari perdagangan sebelumnya.
IHSG ditutup di level 6.873 pada Senin (6/2). Indeks saham melemah 37,94 poin atau minus 0,55 persen dari perdagangan sebelumnya. (cnnindonesia/AdhiWicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks hargasahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.873 pada Senin (6/2). Indeks saham melemah 37,94 poin atau minus 0,55 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9.200 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 16.435 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 208 saham menguat, 315 terkoreksi, dan 219 lainnya stagnan.

Nilai tukar rupiah pada pukul 15.10 WIB melemah 1,08 persen di level Rp15.055 per dolar AS.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Amerika mayoritas merah. Indeks S&P 500 ambruk di 1,04 persen disusul indeks NASDAQ Composite pun ikut menurun 1,59 persen. Termasuk, indeks NYSE Composite turut minus 0,76 persen.

Lihat Juga :
Keppres Ibu Kota RI Pindah dari Jakarta ke IKN Nusantara Terbit 2024

Kemudian, bursa saham Asia mayoritas loyo. Hanya indeks indeks Nikkei 225 di Jepang tercatat hijau di 0,67 persen. Sedangkan, Hang Seng Composite di Hong Kong ambruk di 2,45 persen disusul indeks Kospi di Korea Selatan ikut melemah 1,70 persen.

Sementara, bursa saham Eropa terpantau kompak menghijau. Hanya indeks DAX di Jerman yang minus 0,21 persen. Indeks FTSE 100 di Inggris justru bangkit 1,04 persen disusul indeks CAC 40 di Prancis dengan persentase 0,94 persen.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)

Jiwa Takdir yang Abadi

uang388
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan beras impor yang telah masuk ke Indonesia hingga saat ini berjumlah 300 ribu ton dari target 500 ribu ton.
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan beras impor yang telah masuk ke Indonesia hingga saat ini berjumlah 300 ribu ton dari target 500 ribu ton. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama Perum BulogBudi Waseso atau Buwas mengatakan beras imporyang telah masuk ke Indonesia hingga saat ini berjumlah 300 ribu ton dari target 500 ribu ton.

Sisa beras impor disebut sedang dalam perjalanan dan paling lama masuk ke Indonesia pada 15 Februari mendatang.

"Impor yang sudah masuk 300 (ribu) lebih dari 500 (ribu), sisanya ini sekarang di lautan dan pelabuhan, tunggu bongkar. Sebenarnya sudah diprioritaskan hanya karena cuaca, kalau enggak berasnya bisa rusak" ujar Buwas di Kantor Pusat Bulog, Jakarta Selatan, Kamis (3/2).

Buwas menjelaskan target CBP rencananya dipenuhi dengan 500 ribu beras dalam negeri dan beras impor 500 ribu ton.

Sementara itu, Bulog ditugaskan memenuhi target CBP tahun ini sebanyak 2,4 juta ton. Untuk memenuhi target itu, Buwas mengatakan pihaknya akan memenuhi dengan beras dalam negeri.

Penyerapan beras produksi dalam negeri akan dioptimalkan saat musim panen raya pada Maret mendatang.

"Kita akan mengutamakan produk dalam negeri yang oleh prediksi baik oleh BPS (Badan Pusat Statistik) dan Kementan (Kementerian Pertanian) bahwasanya mulai Februari pertengahan sudah mulai ada panen di beberapa wilayah, tapi mulai panen start-nya itu yang dianggap panen raya mulainya Maret," ujar Buwas.

Bulog menargetkan saat panen raya nanti bisa menyerap gabah untuk memenuhi 70 persen target CBP tahun ini dan kemudian sisanya diharapkan dapat dipenuhi saat panen gadu.

Buwas menambahkan petani nantinya tidak lagi perlu menjual gabah kering giling (GKG) ke Bulog, tetapi cukup gabah kering panen (GKP). Nantinya, GKG diolah di infrastruktur milik Bulog dari mulai pengeringan hingga diolah menjadi beras.

"Harapan saya tentunya kita akan membuat beras sendiri dengan harga yang murah," ujar Buwas.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Generasi kedua yang abadi, jangan pernah berpikir untuk melarikan diri.

suara4d
Analis menyarankan untuk menghindari saham sektor energi dan melirik properti pada pekan ini.
Analis menyarankan untuk menghindari saham sektor energi dan melirik properti pada pekan ini. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.911 pada Jumat (3/2). Indeks saham menguat 21,60 poin atau plus 0,31 persen dari perdagangan sebelumnya.

Dalam sepekan terakhir, IHSG tercatat melemah dua kali dan menguat tiga kali. Secara akumulatif, perdagangan menguat 1,16 persen.

Tercatat investor asing melakukan jual bersih (net sell) minus Rp460 miliar.

Menurutnya, kapitalisasi pasar bursa juga mengalami peningkatan 0,07 persen menjadi Rp9.510 triliun dari Rp9.504 triliun pada pekan sebelumnya.

"Volume transaksi harian bursa mengalami perubahan sebesar 7,41 persen menjadi 18,61 miliar saham dari 20,10 miliar saham pada penutupan pekan yang lalu," kata Yulianto dikutip dari situs IDX, Jumat (3/2).

Associate Director PT Universal Broker Indonesia Sekuritas Hadrian Maynard Taslim menilai IHSG berpotensi untuk kembali menguat dengan koreksi terbatas lebih dulu. Sebab, pekan lalu pasar modal gagal menembus level 7.000.

Menurutnya, para investor dapat mengamati level supportIHSG di area sekitar MA20 hingga MA50 yakni rentang 6.779-6.829. Sedangkan, level resistancedi area 6.933-6.953. Nantinya, IHSG akan berpotensi menguat lebih lanjut jika bertahan di atas level 7.000.

Lihat Juga :
Gibran Soal PBB Solo 3 Kali Lipat: Kene Mumet Targete Duwur

Sejumlah sentimen yang dapat mempengaruhi bursa dari dalam negeri adalah data inflasi yang melambat lebih dalam dari perkiraan yakni 5,28 persen secara tahunan di 2023. Sementara, pada Desember 2022 inflasi mencapai 5,51 persen.

"Investor juga menyambut data positif dari Purchasing Managers' Index (PMI)manufaktur Indonesia yang menunjukkan sektor manufaktur masih di zona ekpansif," ujar Hadrian ketika dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (5/2).

Hal ini ditunjukkan melalui data PMI pada Januari 2023 yang tercatat naik menjadi 51,3 dari sebelumnya 50,9 di Desember 2022.

Tak hanya itu, Hadrian melansir data dari Trading Economic yang memperlihatkan mayoritas harga komoditas bergerak melemah dengan data minyak mentah (crude oil) turun 3,28 persen ke level US,39 per barel.

Lihat Juga :
BPJS Kesehatan: Sekali Cuci Darah Butuh Rp820 ribu-Rp1,2 juta

Sedangkan, harga batu bara (coal) terkoreksi 0,8 persen di level 245 per ton, emas (gold) koreksi 2,48 persen di level 1.864 per troy ounce, dan nikel melemah 3,99 persen ke level 28.427.

Berdasarkan sentimen itu, Hadrian merekomendasikan investor untuk menghindari sektor energi. Sebab, menurutnya, sektor ini telah menembussupport-nya di level 2.141 dan berpeluang menguji level supportberikutnya di area 2.021-2.052.

Selain itu, sektor yang saat ini sedang rawan koreksi adalah konsumer non-cyclical. Penyebabnya adalah saham-saham rokok seperti GGRM dan HMSP yang telah reli signifikan pada pekan lalu.

"Sektor yang perlu dicermati pekan ini adalah properti yang berpeluang melanjutkan penguatannya ditopang kebangkitan saham-saham real estat dan konstruksi," paparnya.

Tiga emiten rekomendasi Hadrian adalah EMTK, BSDE, dan PWON untuk trading buy.

Bergantung Sikap The Fed

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Mendampingi Putri Serangga

buku mimpi togel 3d abjad
Sidang gugatan perdata terhadap 18 konsumen Meikarta kembali ditunda. PT MSU selaku selaku penggugat mangkir dan minta penundaan sidang.
Sidang gugatan perdata terhadap 18 konsumen Meikarta kembali ditunda. PT MSU selaku selaku penggugat mangkir dan minta penundaan sidang. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sidang gugatan perdataterhadap 18 anggota Perkumpulan Komunitas Peduli KonsumenMeikarta (PKPKM) dengan tuntutan Rp56 miliar di Pengadilan Negeri Jakarta Barat kembali ditunda.

Hal itu terjadi karena PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) selaku penggugat tidak hadir dan mengajukan permohonan penundaan sidang. Sidang pun akan kembali digelar pada 28 Februari 2023 mendatang.

"Hari ini kami mendapat surat resmi dari penggugat yang intinya memohon penundaan persidangan. Jadi ini ada surat resmi dari mereka tertanggal 6 Februari 2023 perihal permohonan penundaan perkara," ucap Majelis Hakim PN Jakarta Barat, Selasa (7/2).

Dalam sidang tersebut, Hakim Ketua Kamaludin memerintahkan pihak PT MSU untuk segera memperbaiki alamat tergugat. Adapun dari 18 tergugat terdapat 2 orang yang bukan merupakan anggota komunitas.

Selain itu, baru sekitar 10 orang yang mendapatkan relaasalias surat panggilan sidang.

Ketua PKPKM Aep Mulyana menduga PT MSU menggugat sejumlah konsumen dipicu oleh isi spanduk-spanduk termasuk kata 'oligarki' yang dibentangkan saat para konsumen orasi dan berunjuk rasa di depan gedung DPR RI pada Desember tahun lalu.

Lihat Juga :
Rugikan Konsumen, DPR Minta Bahlil Cek Izin Meikarta

Maklum, kasus Meikarta sebelumnya kembali mencuat pada Desember lalu setelah konsumen mengeluh belum mendapatkan unit yang dijanjikan serah terima pada 2019. Konsumen Meikarta kemudian meminta agar DPR mempertemukan mereka dengan PT MSU.

Selain itu para konsumen juga menuntut pengembang mengembalikan dana atau refund.

"Kami anggota perkumpulan Komunitas Peduli Konsumen Meikarta intinya sudah tidak tertarik lagi dengan unitnya, dan sepakat memohon untuk mengembalikan hak-hak kami dalam bentuk refund," ujar Aep.

Alih-alih mendapatkan haknya kembali, para konsumen ini malah digugat oleh PT MSU. Mengenai hal ini, Kuasa Hukum PKPKM Rudy Siahaan mengatakan gugatan dari anak usaha Lippo Group itu di luar nalar manusia.

Bagaimana tidak, korban yang seharusnya mendapatkan apartemen malah dituntut Rp56 miliar. Menurutnya, masyarakat awam pun bisa menilai sendiri kalau tindakan yang dilakukan PT MSU itu tidak wajar.

"Karena nilai tuntutannya sangat fantastis, Rp56 miliar yang di luar nalar akal sehat manusia. Kita boleh ajukan survei kepada tiap-tiap warga masyarakat Indonesia wajar tidak? Kami yang menuntut hak, justeru (malah) kami yang dituntut (balik)," ujarnya.

Meski begitu, Rudy yakin PN Jakarta Barat bisa menegakkan keadilan. Ia menilai majelis hakim yang memeriksa perkara ini akan terbuka.

Dia akan menjalankan hukum acara yang baik dan benar, tidak akan mau terintimidasi dengan kekuatan-kekuatan besar di luar sana," tandasnya.

CNNIndonesia.comtelah berupaya menghubungi Marketing Communication and Brand Strategy Manager PT MSU Andika Pratama untuk meminta keterangan lebih lanjut terkait permintaan penundaan sidang. Namun, hingga berita ini diturunkan yang bersangkutan belum memberikan respons.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Toko Kelontong Dewa dan Setan

tarikan jp paus vip 2
Video diduga dibuat pegawai perempuan PT Sai Apparel viral protes lantaran bekerja lembur tetapi uang lemburnya tidak dibayar perusahaan.
Video diduga dibuat pegawai perempuan PT Sai Apparel viral protes lantaran bekerja lembur tetapi uang lemburnya tidak dibayar perusahaan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sebuah video rekaman yang diduga dibuat pegawai perempuan PT Sai Apparel viral di media sosial. Video itu memuat protes si pegawai lantaran sudah bekerja lembur tetapi uang lemburnya tidak dibayarkan oleh perusahaan.

Dalam video, si bos menyuruh pegawai itu berhenti merekam serta keluar dari dalam pabrik. Sementara, pegawai perempuan itu merasa dirugikan karena hak uang lembur tidak dibayarkan dan sempat dicemooh oleh bosnya tersebut.

"Bapak jelasin dulu kemarin ngatain saya apa? Bilang sekarang di depan kamera. Saya nggak terima, Pak. Saya orang Indonesia dikataingila, salah saya apa?" ujar pegawai perempuan, dikutip Detikcom, Jumat (3/2).

Hal tersebut tidak membuat karyawannya gentar. Ia terus mempertanyakan hak-haknya yang belum ditunaikan.

"Kenapa? Ada rahasia di perusahaan ini, kerja paksa sampai selesai tidak dibayar, begitu? Perusahaan baru sudah molor 2 jam sampai 3 jam," ucap si karyawan.

PT Sai Apparel Industries merupakan pabrik tekstil yang berlokasi di Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

[Gambas:Video CNN]

(pta/dzu)