petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjol ilegal tanpa rekening pribadi

qq8889 664Jutaan kata 764715Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjol ilegal tanpa rekening pribadi》

IHSG Terangkat ke 6.910 Sore Ini******

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,44 persen ke 6.910 pada Senin (14/8) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,44 persen ke 6.910 pada Senin (14/8) sore. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.910 pada Senin (14/8) sore. Indeks saham menguat 30,193 poin atau 0,44 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp8,96 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 16,64 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 254 saham menguat, 283 terkoreksi, dan 207 lainnya stagnan.

Beralih ke asing, bursa saham melemah. Tercatat Nikkei 225 di Jepang melemah 1,27 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong melemah 1,56 persen, dan indeks Kospi Korea Selatan melemah 0,79 persen.

Sedangkan, bursa saham Eropa bervariasi. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris melemah 0,33 persen, indeks DAX di Jerman menguat 0,22 persen, dan indeks CAC 40 di Prancis menguat 2,43 persen.

Bursa saham Amerika juga bergerak bervariasi. Indeks S&P 500 melemah 0,03 persen, indeks NYSE Composite menguat 0,05 persen, dan indeks NASDAQ Composite melemah 0,68 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

UMKM soal Jokowi Mau Kredit Macet Usaha Kecil Dihapus: Tak Mendidik******

Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) menilai kebijakan pemerintah yang akan memutihkan kredit macet UMKM di perbankan nasional kurang mendidik.
Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) menilai kebijakan pemerintah yang akan memutihkan kredit macet UMKM di perbankan nasional kurang mendidik. Ilustrasi. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) menilai kebijakan pemerintah yang akan memutihkan kredit macetusaha wong cilik di perbankan nasional kurang mendidik.

Penghapusan kredit macet ini bisa dilakukan untuk kredit macet hingga Rp5 miliar. Namun, untuk tahap pertama, yang akan dihapus yang maksimal kredit Rp500 juta, khususnya bagi debitur Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Akumindo Edy Misero tak menampik penghapusan kredit untuk pelaku usaha cilik itu memang patut disyukuri. Hanya saja, kebijakan tersebut tidak akan membangun mental para pelaku UMKM.

Menurut Edy, penghapusan kredit macet bisa membuat pelaku UMKM cengeng. Tak hanya itu, bisa saja ada pelaku UMKM yang malah memanfaatkan kemurahan hati pemerintah untuk berbuat curang.

Ia mewanti-wanti ada saja pelaku UMKM yang malah sengaja tak membayar kredit karena tahu bakal diputihkan.

"Kalau sampai dihapus bukukan, 'wah kalau gitu kita macetkan saja yuk'" jelas Edy.

Lihat Juga :
Erick Thohir Apresiasi BUMN Masuk Daftar Fortune Indonesia 100

Ia menilai seharusnya pemerintah memberikan pendampingan agar pelaku UMKM yang mengalami kredit macet bisa bisa bangkit. Sebaiknya, kata Edy, pelaku UMKM itu diajak berdiskusi terkait masalah yang membuat dia kesulitan membayar kredit.

Edy menuturkan pemerintah lebih baik memberikan perpanjangan waktu pembayaran atau tambahan modal saja. Dengan tambahan waktu dan modal itu, pelaku UMKM harus berjuang untuk membayar tagihan sebelumnya.

"Kalau dia (pelaku UMKM) bisa bangkit dan memiliki kewajiban menyelesaikan tunggakannya yang lalu dan sekarang, itu mendidik pelaku UMKM untuk bertanggung jawab," kata Edy.

Di sisi lain, ia juga mempertanyakan apakah setelah kredit macet dihapus itu pelaku usaha UMKM tidak di-blacklistoleh perbankan? Pasalnya, pihak perbankan juga tak mau ambil risiko.

Lihat Juga :
Harta Bos Properti China Raib Rp434 T, Paling Rugi dari Semua Taipan

Menurutnya, pihak perbankan akan melihat riwayat pelaku UMKM. Bisa saja, perbankan tak mau memberi pinjaman kepada pelaku UMKM yang pernah gagal bayar dan akhirnya kreditnya diputihkan oleh pemerintah.

Edy khawatir jika hal demikian terjadi, pelaku UMKM malah makin kesulitan.

"Kan susah dong kalau di-blacklist. Padahal, mungkin saja ke depan (pelaku UMKM) dapat peluang yang lebih baik," ujarnya.

Baru-baru ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) setuju kredit macet UMKM di perbankan nasional dihapus. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki.

Lihat Juga :
BI Kerek Besaran Insentif Bank yang Rajin Beri Pinjaman Mulai Oktober

Teten juga menyebut sebelum dihapus, akan ada penilaian mendalam dari tim yang ditugaskan untuk melihat penyebab kredit macet UMKM. Penilaian dilakukan demi mencegah moral hazard.

Ia mengatakan langkah strategis tersebut kini terus bergulir dengan menggodok peraturan yang akan memayunginya.

Ia menegaskan perlunya segera melaksanakan amanat UU Nomor 4 tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) yaitu penghapus tagih kredit macet bagi UMKM agar UMKM dapat segera bangkit dari dampak pandemi dan mencapai porsi kredit perbankan sebesar 30 persen bagi UMKM di 2024.

"Prediksi Bappenas 2024 kredit usaha perbankan hanya mencapai 24 persen, salah satunya disebabkan tidak lolos SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan). Presiden ingin porsi kredit perbankan mencapai 30 persen di 2024," kata Teten melalui keterangan resmi, Rabu (9/8).

Ia juga menyebut terdapat beberapa syarat untuk UMKM dalam mendapatkan hapus tagih itu.

Pertama,kredit macet UMKM pada bank dan atau lembaga keuangan non-bank BUMN.

Kedua,bank dan atau lembaga keuangan non-bank BUMN telah melakukan upaya restrukturisasi dan atau penagihan secara optimal. Ketiga,kriteria hapus kredit macet UMKM adalah KUR dan tahap 2 non KUR dengan ketentuan debitur:

1. Debitur dengan kriteria UMKM (PP 7/2021).
2. Debitur KUR dengan akad kredit terhitung sejak tahun 2015.
3. Nilai maksimum kredit sebesar Rp500 juta (KUR).
4. Nilai Maksimum kredit sebesar Rp5 miliar (Non KUR).
5. Piutang telah macet (Kol 5) dan sudah dilakukan hapus buku.
6. Debitur masih bermaksud menjalankan usaha dan mengembangkan usahanya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Deret Saham Berpotensi Cuan Pekan Ini******

Analis menyebut sejumlah saham berpotensi cuan pada pekan ini. Namun, mereka menyarankan pasar wait and see dalam mengoleksi saham.
Analis menyebut sejumlah saham berpotensi cuan pada pekan ini. Namun, mereka menyarankan pasar wait and see dalam mengoleksi saham. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.879 pada Jumat (11/8). Indeks saham melemah 13,29 poin atau turun 0,19 persen dari perdagangan sebelumnya.

Berdasarkan data dari RTI, tercatat asing melakukan aksi net buysepanjang pekan lalu mencapai Rp2,06 triliun di seluruh perdagangan. Rerata nilai transaksi sepekan sebesar Rp12,24 triliun, lebih tinggi dibandingkan pekan sebelumnya sebesar Rp11,63 triliun.

Pengamat Pasar Modal Oktavianus Audi memproyeksi IHSG bergerak terbatas pekan ini. Ia menyebut jika IHSG gagal mempertahankan level 6.833 atau MA200 maka investor harus hati-hati terhadap koreksi.

Penurunan diperkirakan terjadi lantaran harga komoditas yang masih moderat. Penurunan juga dipicu impor China yang jatuh terdalam sejak Januari 2023.

"Kami berpandangan dengan potensi melambatnya China bisa memberikan dampak negatif pasar," katanya kepada CNNIndonesia.com, Minggu (14/8).

Sementara, sentimen yang mempengaruhi dari luar negeri adalah risalah rapat FOMC The Fed yang berpotensi memberikan dampak negatif terhadap pasar. Menurutnya, rilis data inflasi AS pada Juli yang naik ke 3,2 persen akan berdampak terhadap kebijakan bunga acuan The Fed.

Lihat Juga :
Staf Sri Mulyani Bantu Jokowi Jawab Kritik Hilirisasi Faisal Basri

Dengan pergerakan IHSG yang masih perlu konfirmasi untuk penguatan serta dari data ekonomi baik dalam maupun luar negeri cenderung negatif, Audi menyarankan investor untuk wait-and-seeterlebih dahulu.

"Jika terkonfirmasi breakout area supply, maka kami melihat IHSG berpotensi menguat lebih jauh," kata Audi.

Untuk pekan ini Audi merekomendasikan empat saham untuk dibeli, yakni PT Surya Esa Perkasa Tbk atau ESSA dengan prediksi support595 dan resistance740. Lalu, PT Mitra Adiperkasa Tbk atau MAPI diramal bergerak di rentang 1.950-2.200.

Kemudian, PT Wijaya Karya Tbk atau WIKA di rentang 366-446 dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) di rentang 2.070-2.260.

Sementara Associate Director PT Universal Broker Indonesia Sekuritas Hadrian Maynard Taslim melihat IHSG pada pekan ini akan bergerak sidewaysdengan support6.769-6.834 dan resistance6.931-6.966.

Menurutnya, sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG ke depan adalah rilis data neraca perdagangan RI per Juli 2023 yang diperkirakan masih surplus US,51 miliar, walaupun turun dari bulan sebelumnya sebesar US,46 miliar.

Sentimen dalam negeri yang juga membayangi pasar adalah penerapan ARB simetris atau ketentuan persentase ARB yang sama atau selaras dengan batas persentase Auto RejectionAtas (ARA) mulai September mendatang.

Sementara dari global, Hadrian mengatakan tidak ada sentimen yang akan terlalu mempengaruhi IHSG. Namun, investor masih akan mencermati kebijakan moneter The Fed setelah rilis data inflasi AS pekan lalu yang melandai di 3 persen, tetapi belum mencapai target The Fed di kisaran 2 persen.

[Gambas:Video CNN]

Di tengah sentimen yang beragam ini, Hadrian menilai masih ada sektor yang berpotensi menguat dan layak untuk koleksi, yakni barang baku dan consumer cyclical.

Adapun saham yang direkomendasikan Hadrian pada pekan ini untuk dikoleksi adalah:

1. ESSA

Trading buy: 610-625
Target : 705-730
Support : 550-565

2. WIKA

Speculative buy if break 400
Target : 442-466
Support : 358-380

3. ADRO

Speculative buy: 2.280-2.320
Target : 2520-2630
Support : 2010-2190

Lihat Juga :
Staf Luhut Bantah Kritik Faisal Basri soal Harga Nikel RI Kemurahan
(agt/agt)




bab terbaru:situs judi resmi terpercaya

Perbarui waktu:2024-06-27

Daftar bab terbaru
demo slot gacor
akunjp
buku mimpi pakong
qq online
5758slot
pola lucky neko gacor
link siap4d
rtp live agus
index togel 2023
Daftar isi semua bab
Bab 1 permainan gacor hari ini
Bab 2 akun tergacor
Bab 3 trik slot pg
Bab 4 pinjaman online tanpa bi checking
Bab 5 pola slot kakek zeus hari ini
Bab 6 situs game online slot
Bab 7 pinjaman 12 bulan kredivo
Bab 8 cara pembayaran kredivo di lazada
Bab 9 29 di erek erek
Bab 10 bunga pinjaman di akulaku
Bab 11 slot gacor harian
Bab 12 cara pinjam uang di ovo
Bab 13 winstar4d demo
Bab 14 situs ug slot
Bab 15 pinjol 10 juta
Bab 16 rekomendasi situs slot gacor hari ini
Bab 17 igm247
Bab 18 qswin777 slot
Bab 19 situs judi terpercaya di indonesia
Bab 20 vivo7bet
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1638bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Ayah dari enam bayi dalam satu anak ini sungguh luar biasa

buku mimpi 2d abjad terlengkap
PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) menyiapkan sejumlah akses menuju stasiun KA Cepat Halim Jakarta, seperti jalan raya, tol, hingga LRT.
PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) menyiapkan sejumlah akses menuju stasiun KA Cepat Halim Jakarta. (CNN Indonesia/Ridwan Apandi)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) menyiapkan sejumlah akses menuju Stasiun KA Cepat HalimJakarta.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan Stasiun KA Cepat Halim akan terhubung dengan sejumlah akses seperti jalan raya, tol, hingga LRT.

Lihat Juga :
Jokowi Pastikan Operasional Kereta Cepat Digelar September 2023

"Kedua akses jalan ini akan siap dioperasikan pada Agustus 2023," kata Dwiyana.

Lihat Juga :
KCIC Jelaskan soal Isu Subkontraktor Tak Dibayar

Selain itu, Dwiyana mengatakan ketiga stasiun lainnya juga tengah dipersiapkan. Ia mengatakan Stasiun Padalarang bakal terhubung dengan Kawasan Kota Baru Parahyangan yang memiliki area drop offdan skybridgedan terhubung langsung dengan bangunan stasiun. Namun, saat ini KCIC tengah berfokus untuk memperbaiki dan melebar jalan eksisting menuju stasiun.

Sementara untuk Stasiun Karawang bakal dibangun akses jalan dari kawasan THK dan Deltamas serta Exit Tol Km 42 Tol Jakarta-Cikampek. Dwiyana mengatakan pembangunan tersebut masih dalam tahap persiapan.

Kemudian, untuk Stasiun Tegalluar saat ini telah memiliki akses dari Jembatan Cibiru Hilir yang baru saja dioperasikan pada 10 Agustus lalu.

Lihat Juga :
KCIC Tegaskan Uji Coba Praoperasi Kereta Cepat Gratis

Dwiyana juga mengatakan penyediaan akses tersebut merupakan hasil kerja sama antara KCIC dengan berbagai unsur, mulai dari pemerintah hingga swasta.

"Dukungan besar dari pemerintah pusat, daerah, BUMN, swasta, dan para operator transportasi untuk mewujudkan aksesibilitas," kata Dwiyana.

(pan/pmg)

[Gambas:Video CNN]

spoiler alur cerita

62 togel
Sekretaris Menteri Koordinator Bidang PMK Andie Megantara menyebut transformasi ekonomi biru butuh suntikan Rp1,4 triliun.
Sekretaris Menteri Koordinator Bidang PMK Andie Megantara menyebut transformasi ekonomi biru butuh suntikan Rp1,4 triliun. Ilustrasi. (REUTERS/Reuters Staff).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Sesmenko PMK) Andie Megantara menyebut transformasi ekonomi birubutuh suntikan Rp1,4 triliun.

Anak buah Muhadjir Effendy itu mengatakan Indonesia kaya akan sumber daya alam bahari, di antaranya hutan mangrove 3,36 juta hektare, terumbu karang 2,5 juta hektare, hingga kawasan konservasi seluas 28,9 juta hektare. Bahkan, megabiodiversityyang dimiliki Indonesia menempatkannya di urutan kedua terbesar di dunia, hanya kalah dari Brasil.

Dengan begitu, Andie memperkirakan kontribusi sumber daya bahari atau maritim Indonesia bakal menyumbang 12,5 persen dari produk domestik bruto (PDB) tanah air pada 2045 mendatang.

"Sehingga masih diperlukan sumber pendanaan lain yang bersifat kolaboratif dengan semangat baru dan keyakinan memandang, memahami, merespons secara strategis situasi yang semakin kompleks kemudian berinovasi dan transformasi kerja untuk mengatasi kesenjangan," tambah Andie.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono menambahkan terdapat lima upaya yang dilakukan kementeriannya dalam transformasi tata kelola perikanan melalui ekonomi biru. Pertama,perluasan kawasan konservasi laut.

Kedua,penangkapan ikan terukur berbasis kuota. Ketiga,pengembangan budidaya laut, pesisir, dan darat yang berkelanjutan.

Keempat,pengawasan dan pengendalian kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil. Kelima,pembersihan sampah plastik di laut melalui partisipasi nelayan.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

wadah pemikir perkotaan

belanja online yang bisa kredit
Akun instagram LRT Jabodebek diretas pada Rabu (9/8). Akun @lrt_jabodebek diretas menjadi akun buat tebus murah Iphone 14.
Akun instagram LRT Jabodebek diretas pada Rabu (9/8). Akun @lrt_jabodebek diretas menjadi akun yang membagikan Iphone 14 secara gratis. (Tangkapan layar instagram @lrt_jabodebek).
Jakarta, CNN Indonesia--

Akun instagramLRTJabodebek diretas pada Rabu (9/8). Akun @lrt_jabodebek diretas menjadi akun buat tebus murah Iphone 14.

Manajer PR LRT Jabodebek Kuswardoyo mengatakan peretasan terjadi pukul 13.58 WIB. Kuswardoyo meminta masyarakat agar tidak terpancing dengan adanya info dan promosi yang diberikan oleh akun Instagram @lrt_jabodebek.

"Hingga saat ini kami tidak pernah memberikan informasi promo barang apapun melalui akun medsos LRT Jabodebek,"ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (9/8).

Kuswardoyo mengatakan insiden peretasan itu saat ini sedang ditangani oleh tim IT PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, akun instagram @lrt_jabodebek mengunggah pengumuman membagikan iphone 15 promax secara gratis. Iphone diberikan gratis kepada dua orang pengikut @lrt_jabodebek.

"SPESIAL PROMO GIVE AWAY TEBUS MURAH KHUSUS UNTUK FOLLOWERS @Lrt_jabodebek , 2 ORANG TERCEPAT NEW IPHONE 14 PROMAX 256GB GARANSI RESMI IBOX," tulis akun @lrt_jabodebek.

[Gambas:Instagram]



(fby/agt)

[Gambas:Video CNN]

Desainer Impian

qqindobet
Peneliti INDEF menyebut kinerja sektor manufaktur Indonesia menurun signifikan sejak pandemi covid-19.
Kinerja sektor manufaktur Indonesia dinilai menurun signifikan sejak pandemi Covid-19. (morgueFile/click)
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Riset Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Berly Martawardaya menyebut kinerja sektor manufaktur Indonesia menurun signifikan sejak pandemi covid-19.

Jika mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), proporsi sektor manufaktur terhadap PDB turun menjadi 18,25 persen pada kuartal II/2023.

Ia mengatakan jika dibandingkan dengan negara lain seperti China, Thailand, bahkan Afrika Selatan, penurunan sektor manufaktur Indonesia terjadi sangat cepat.

Berly mengatakan sektor industri dalam perekonomian sangat signifikan karena dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja yang tingkat pendidikannya lebih rendah (SD hingga SMA). Serapan tenaga kerja itu dapat menekan tingkat kemiskinan dan kesenjangan di masyarakat.

Pada kesempatan itu, ia membandingkan kinerja manufaktur era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Presiden Joko Widodo.

Pada era SBY, untuk periode 2004 hingga 2009, pertumbuhan PDB industri pengolahan nonmigas tercatat tumbuh sebesar 5,10 persen. Kinerja itu meningkat pada periode kedua masa kepemimpinannya (2009-2014) sebesar 6,10 persen.

Sedangkan proporsi ekspor industri pengolahan pada era SBY tercatat sebesar 43,70 persen pada periode pertama dan 36,80 persen pada periode kedua.

Lihat Juga :
KCIC Jelaskan soal Isu Subkontraktor Tak Dibayar

Sementara itu, pada era Jokowi, pertumbuhan PDB industri pengolahan nonmigas hanya tumbuh 4,7 persen pada periode pertama (2014-2019) dan melambat menjadi hanya 2,10 persen pada periode kedua (data 2019 hingga 2022).

Proporsi ekspor industri pengolahan di era mantan walikota Solo ini justru tercatat lebih tinggi, yaitu mencapai 44,40 persen pada periode pertama dan 45,80 persen pada periode kedua.

Berly mengatakan perlambatan yang tajam pada periode kedua Jokowi tersebut memang turut dipengaruhi oleh pandemi covid-19.

"Jadi pertumbuhannya (di era Jokowi) turun, tapi proporsi ekspornya cenderung meningkat," jelas Berly.

Adapun, berdasarkan data investasi, rata-rata investasi langsung industri pengolahan di era Jokowi tercatat lebih tinggi, pada periode pertama mencapai US,42 miliar dan periode kedua sudah mencapai US,42 miliar.

Sementara pada era SBY, rata-rata investasi langsung industri pengolahan hanya sebesar US,65 miliar pada periode pertamanya dan sebesar US,62 untuk periode kedua.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

Tentara Pembebasan Alien

tobabet4d
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengakui ketidakberpihakan pemerintah kepada UMKM.
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengakui ketidakberpihakan pemerintah kepada UMKM. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)Bahlil Lahadalia mengakui ketidakberpihakan pemerintah kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Bahlil mengatakan hal tersebut berdasarkan pengalamannya yang pernah menjadi pelaku UMKM. Di mana pada saat itu untuk mencari tambahan modal dan membuat izin dipersulit.

"Saya pernah menjadi pelaku UMKM, pernah menjual ikan di pasar, menjual bawang, saya pernah punya omzet Rp60 juta. Saya tahu betul sakitnya UMKM, pinjam uang di bank diputar-putar, izin mau dibuat dimintakan uang, pinjam uang di bank dimintakan aset, betul kan? Saya tahu sakit bapak ibu semua," ujar Bahlil dalam acara Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku UKM Perseorangan di Pekanbaru, Riau, Kamis (10/8).

"Harus jujur saya katakan pemerintah belum hadir secara penuh untuk membela UMKM, ini benar. Kenapa saya ngomong jujur? Dari semua 34 menteri di kabinet yang pernah jadi pengusaha UMKM itu hanya menteri investasi," imbuhnya.

Padahal, Bahlil menilai UMKM adalah tameng pelindung Indonesia dari krisis ekonomi. Menurutnya, pelaku UMKM lebih berjasa ketimbang pengusaha kelas kakap.

Ia menegaskan UMKM membangkitkan gairah perekonomian bangsa selepas pandemi covid-19. Bahlil merinci setidaknya sekarang 99 persen unit usaha di Indonesia adalah UMKM yang menyentuh 64,3 juta.

Lihat Juga :
Pengusaha Ungkap Alasan Mal Kian Sepi Pasca Pandemi Covid-19

Bahkan, UMKM sanggup menciptakan 120 juta dari 134 juta lapangan kerja.

"Bapak ibu tahu gak? Waktu krisis ekonomi 1998 hampir semua perusahaan kolaps, sebagian pailit, yang menjaga benteng pertahanan ekonomi kita dengan 88 persen inflasi dan defisit ekonomi 15 persen, menjaga Ibu Pertiwi waktu itu bukan pengusaha besar, tapi UMKM," jelas Bahlil.

Bahlil bahkan menyindir pihak yang vokal membela UMKM, padahal bukan datang dari kelompok miskin. Ia menyebut orang kaya yang tak pernah miskin tidak pantas bicara soal kesejahteraan UMKM.

Karenanya, ia menyampaikan permintaan khusus yang disetujui Presiden Jokowi soal kesejahteraan UMKM.

"Saya minta ke pak presiden, kita harus berikan kredit ke UMKM lebih besar. Pak presiden setuju, saya cek kenapa bapak presiden setuju, karena pak presiden juga dari UMKM," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Bagaimana menghadapi transformasi

pinjaman duit untuk student
Akun instagram LRT Jabodebek diretas pada Rabu (9/8). Akun @lrt_jabodebek diretas menjadi akun buat tebus murah Iphone 14.
Akun instagram LRT Jabodebek diretas pada Rabu (9/8). Akun @lrt_jabodebek diretas menjadi akun yang membagikan Iphone 14 secara gratis. (Tangkapan layar instagram @lrt_jabodebek).
Jakarta, CNN Indonesia--

Akun instagramLRTJabodebek diretas pada Rabu (9/8). Akun @lrt_jabodebek diretas menjadi akun buat tebus murah Iphone 14.

Manajer PR LRT Jabodebek Kuswardoyo mengatakan peretasan terjadi pukul 13.58 WIB. Kuswardoyo meminta masyarakat agar tidak terpancing dengan adanya info dan promosi yang diberikan oleh akun Instagram @lrt_jabodebek.

"Hingga saat ini kami tidak pernah memberikan informasi promo barang apapun melalui akun medsos LRT Jabodebek,"ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (9/8).

Kuswardoyo mengatakan insiden peretasan itu saat ini sedang ditangani oleh tim IT PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, akun instagram @lrt_jabodebek mengunggah pengumuman membagikan iphone 15 promax secara gratis. Iphone diberikan gratis kepada dua orang pengikut @lrt_jabodebek.

"SPESIAL PROMO GIVE AWAY TEBUS MURAH KHUSUS UNTUK FOLLOWERS @Lrt_jabodebek , 2 ORANG TERCEPAT NEW IPHONE 14 PROMAX 256GB GARANSI RESMI IBOX," tulis akun @lrt_jabodebek.

[Gambas:Instagram]



(fby/agt)

[Gambas:Video CNN]