petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

buku mimpi membunuh orang

slot 1001 win 612Jutaan kata 699905Orang-orang telah membaca serialisasi

《buku mimpi membunuh orang》

Hari Persandian dan pentingnya jaga ruang siber******

Hari Persandian dan pentingnya jaga ruang siber
Petugas keamanan berjaga di depan gedung Kantor Badan Siber dan Sandi Negara, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Selasa (13/9/2022). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/wsj.
Jakarta (ANTARA) - Setiap tanggal 4 April kita memperingati Hari Persandian Indonesia, sebuah kesempatan untuk merayakan peran penting lembaga persandian dalam menjaga keamanan negara.

Sewaktu masih di Akademi Sandi Negara (Aksara) atau yang sekarang dikenal sebagai Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) diajarkan bagaimana beratnya perjuangan Mayjen TNI dr. Roebiono Kertopati merintis, sampai akhirnya terbentuk Badan Persandian Negara pada tanggal 4 April 1946.

Sebelum menerima penugasan dari Menteri Pertahanan Republik Indonesia Mr. Amir Sjariffudin (saat itu) untuk mendirikan serta memimpin sebuah badan pemberitaan rahasia bagi kepentingan pemerintahan, Roebiono adalah sosok yang awam dengan dunia persandian. Sebelumnya ia adalah seorang dokter yang berdinas di Kementerian Pertahanan Bagian-B (intelijen).

Tugas berat lainnya adalah membentuk serta membangun "dinas code" bersamaan dengan tugas membangun sistem kode sandi. Awal pembentukan dinas code dilakukan oleh Roebiono, dia dibantu oleh Lettu Santoso yang ditunjuknya sebagai kepala pendidikan persandian pada Desember 1946.

Dinas Code pada waktu itu juga dikenal sebagai Badan Persandian Negara, sebuah badan yang berlokasi di Yogyakarta dan memiliki kedudukan langsung di bawah Kementerian Pertahanan Bagian-V dengan tugas pokok mengelola persandian.

Selain mengembangkan sistem kode sandi, dinas code juga memiliki tugas untuk memecahkan pesan-pesan bersandi milik musuh serta melaksanakan tugas dinas kurir untuk memeriksa berita dari dalam serta luar negeri. Mungkin kita dahulu juga belum benar-benar bisa merdeka jika tidak ada persandian serta dinas code karena semua rencana operasi perang akan mudah sekali disadap oleh pihak musuh.

Dari dinas code itulah akhirnya terus berkembang, sehingga menjadi organisasi besar, yaitu Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), setelah beberapa kali bertransformasi.

Ruang siber telah menjadi arena yang dinamis dan tidak terduga dengan berbagai ancaman yang terus berkembang. Dari serangan siber yang bertujuan merusak infrastruktur kritis hingga pencurian data dan penyebaran disinformasi, tantangan yang dihadapi dalam ruang siber makin kompleks dan mengkhawatirkan.

Ruang siber adalah domain virtual yang mencakup jaringan komputer, sistem informasi, perangkat lunak, dan data yang terhubung secara global. Dalam ruang siber ini terdapat berbagai tantangan yang harus dihadapi, baik oleh individu, organisasi, maupun negara, seperti serangan siber, pencurian identitas, penyebaran disinformasi dan hoaks, kejahatan siber dan kriminalitas daring, perang informasi dan kebijakan, kerentanan infrastruktur kritis, serta perlindungan privasi dan data.

Ruang siber telah menjadi medan perang modern yang memperlihatkan kompleksitas dan keunikan tersendiri. Ancaman siber berkembang dengan cepat dan sering kali bersifat tak terlihat, mencakup serangan siber, pencurian data, propaganda daring, dan bahkan perangkat lunak jahat yang bertujuan untuk merusak infrastruktur kritis. Dalam menghadapi tantangan ini, persandian Indonesia dihadapkan pada tugas yang tidak mudah.

Sudah banyak deretan lembaga pemerintahan serta swasta yang menjadi korban pencurian data, di antaranya 74 gigabita data Bank Indonesia, 17 juta data pelanggan PLN, 17.000 data akun Ditjen Pajak, 679.000 surat untuk Presiden Jokowi, 26 juta data Polri, 3,2 miliar data Peduli Lindungi, 2,3 juta data DPT 2014, 6 juta data pasien rumah sakit, dan 1,3 juta data eHAC.

Berikutnya 38 megabita data pengaduan KPAI, 26 juta data anggota Polri, 1,3 triliun data registrasi simcard, 36 juta data kendaraan bermotor, 272 juta data BPJS kesehatan, 19 juta data BPJS Ketenagakerjaan, 2 juta data foto dari BPJS, 34 juta data paspor, dan 6,9 juta data visa.

Selanjutnya 186 juta data KPU, 1 triliun data Kemendesa, 337 juta data disdukcapil, 6,8 juta data DPT Provinsi DKI, 1.64 terabita data dicuri dari situs Kemhan, 204,8 juta data DPT KPU, dan yang paling akhir adalah pencurian 380.000 data pelanggan Biznet & 154.000 pelanggan Biznet Gio yang disinyalir dilakukan oleh orang dalam perusahaan sendiri.

Mengingat banyaknya kebocoran data tersebut, persandian memainkan peran yang sangat vital sebagai benteng terakhir dalam menjaga keamanan siber karena tidak ada sistem yang betul-betul kuat. Persandian berupa enkripsi akan memastikan bahwa data yang dikirimkan dan disimpan di lingkungan digital dilindungi dari akses yang tidak sah, sehingga jika terjadi pencurian data, pelaku tidak akan bisa membaca isi informasi di dalamnya.

Dengan menggunakan teknik persandian yang tepat, pesan atau data yang ditransmisikan melalui jaringan dapat diacak, sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak berwenang untuk mencegah penyadapan. Memastikan kerahasiaan komunikasi dan persandian menjadi instrumen penting dalam menjaga kerahasiaan operasi, perencanaan strategis, dan pertukaran informasi rahasia pada militer dan intelijen yang tentunya akan membantu menjaga keunggulan strategis dan keamanan nasional suatu negara.

Selain enkripsi, salah satu bentuk persandian yang juga perlu dimanfaatkan adalah "digital signature" yang dapat disematkan pada dokumen digital yang akan menjamin otentitas dari dokumen digital. Dokumen digital yang sudah disematkan "digital signature" akan dapat diketahui dengan mudah jika dilakukan perubahan pada dokumen tersebut, sehingga tidak akan dapat disangkal apakah dokumen digital tersebut masih autentik atau sudah diubah.

Pada zaman yang serba digital ini kebutuhan "digital signature" akan sangat besar, baik pada sektor pemerintahan maupun sektor swasta. Di Indonesia sendiri, saat ini sudah terdapat cukup banyak penyelenggara sertifikat elektronik dan "digital signature". Hanya saja, pada era digital yang makin kompleks ini, ruang siber menjadi medan perang yang tak terlihat, meski sangat berpengaruh.

Di balik layar, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Indonesia menjalankan peran krusial dalam menjaga keamanan dan kedaulatan dalam ranah siber.

Sebagai lembaga strategis yang bertanggung jawab atas keamanan siber nasional, kepemimpinan serta personel yang memiliki kompetensi tinggi sangatlah krusial karena tantangan dalam ruang siber makin kompleks dan beragam, sehingga BSSN memerlukan pemimpin serta personel yang memahami secara mendalam berbagai aspek keamanan siber, termasuk ancaman yang berkembang, teknologi terbaru, dan regulasi terkait.

Pemimpin yang berkompeten akan dapat memimpin tim dengan efisien serta mampu merespons dengan cepat dan tepat dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan merespons ancaman siber yang muncul dalam menghadapi ancaman siber yang terus berubah.

BSSN juga bertanggung jawab atas pengembangan kebijakan dan regulasi terkait dengan keamanan siber, sehingga pemimpin serta personel yang berkompeten diharapkan akan dapat merancang kebijakan yang efektif dan adaptif sesuai dengan perkembangan teknologi dan ancaman.

Pemimpin serta personel yang berkompeten dapat membangun kemitraan yang efisien dan saling menguntungkan karena keberhasilan BSSN dalam menjaga keamanan siber nasional juga bergantung pada kemampuannya untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk lembaga pemerintah, sektor swasta, dan lembaga internasional.

Pemimpin serta personel yang berkompeten akan dapat memimpin program pelatihan, penelitian, dan pengembangan teknologi yang diperlukan untuk memperkuat pertahanan siber karena BSSN harus terus mengembangkan kapasitas teknis dan manusianya dalam bidang keamanan siber. Kepemimpinan serta personel yang kompeten dan efektif di BSSN akan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap kemampuan negara dalam melindungi warga dan infrastruktur dari ancaman siber.

Dengan penuh rasa hormat, terima kasih disampaikan kepada seluruh pahlawan tanpa tanda jasa dalam bidang persandian serta ahli persandian yang bekerja keras di balik layar untuk melindungi negara kita.

Selamat Hari Persandian Nasional!
Dirgahayu Badan Siber dan Sandi Negara!
Bersama BSSN, kita jaga ruang siber menuju Indonesia Emas.


*) Dr. Pratama Persadha adalah Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC

 

Copyright © ANTARA 2024

Jelang Nataru, Jumlah Penumpang Tiba di Bandara Bali Melonjak******

Dari total yang dilayani dari Selasa hingga Jumat lalu di Bandara  Ngurah Rai Bali ada 37.350 adalah penumpang domestik dan 36.027 penumpang internasional.
Ilustrasi. Bandara Ngurah Rai Bali mengalami peningkatan pelayanan penumpang baik kedatangan maupun keberangkatan jelang Libur Nataru. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Denpasar, CNN Indonesia--

Mendekati momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) jumlah penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, terus mengalami peningkatan

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan mengatakan, sejak dibukanya Posko Terpadu Nataru di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Selasa (19/12) lalu dan selama empat hari berjalan jumlah penumpang cenderung meningkat setiap harinya.

Sejak Selasa lalu, kata dia, jumlah penumpang tertinggi sementara saat ini terjadi pada H-3 libur natal atau pada Jumat 22 Desember 2023.

Lihat Juga :
Kaum Rebahan Merapat, Kasur di Transmart Turun Harga Mulai Rp1 Jutaan

Ia mengatakan, dari total penumpang yang dilayani pada H-3 libur natal tersebut, sejumlah 37.350 adalah penumpang domestik dan 36.027 penumpang internasional.

Kemudian, pihaknya merinci dari jumlah tersebut porsi penumpang kedatangan masih mendominasi yakni sebanyak 39.931 orang dan penumpang keberangkatan sejumlah 32.996 orang, baik domestik maupun internasional.

"Ini sesuai dengan prediksi kami dimana hal ini merupakan siklus tahunan yang kita lihat pada setiap pelaksanaan di awal posko jumlah penumpang kedatangan akan lebih medominasi. Pertimbangannya adalah libur anak sekolah sudah dimulai serta bertepatan dengan Hari Jumat jelang libur panjang akhir pekan, sehingga kemungkinan akan ada yang mengambil cuti di awal untuk menghindari kepadatan menjelang hari libur natal," tutur Handy.

Selain pertumbuhan pada pergerakan penumpang, hal yang sama juga terjadi pada jumlah pergerakan pesawat yang dilayani.

Pada hari pertama dan kedua posko nataru ada sejumlah 398 pesawat.

Selanjutnya pada hari ketiga jumlahnya meningkat mencapai 400 pergerakan dan puncaknya pada H-3 natal sejumlah 454 pergerakan pesawat atau 11 persen di atas prediksi yakni sejumlah 408 pergerakan pesawat.

Kemudian, hingga empat hari posko nataru berjalan, tercatat sejumlah 261.929 penumpang yang bepergian dari dan melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Angka ini meningkat hingga 18 persen jika dibanding periode posko nataru tahun lalu atau sejumlah 221.596 penumpang.

Sementara, jumlah pergerakan pesawat juga tumbuh sebesar 12 persen atau 1.470 pergerakan pesawat di tahun lalu menjadi 1.650 pergerakan pesawat pada periode posko tahun ini.

Lihat Juga :
Rute Penerbangan Domestik Tersibuk di Dunia 2023, Ada Jakarta-Bali

Selain itu, pengelola bandara mencatat penerbangan dari dan menuju Jakarta via Bandara Soekarno Hatta dan Surabaya menjadi rute domestik tersibuk, masing-masing dengan 17.904 dan 6.224 penumpang.

Sementara, untuk penerbangan internasional dengan rute tersibuk adalah Singapura dengan 7.502 penumpang, Kuala Lumpur (Malaysia) 4.466 penumpang, dan Melbourne (Australia) dengan 2.802 penumpang.

"Jumlah penumpang yang akan dilayani pada H-4 atau Sabtu (23/12) masih cukup tinggi meskipun sudah melewati periode puncak pergerakan. Prediksinya akan ada sejumlah 67.237 penumpang yang akan bepergian dari dan ke Bali yang dilayani 429 pergerakan pesawat," ujar Handy.

(kdf/kid)

Tarif Tol Cipali Diskon 20 Persen Saat Mudik Lebaran, Berlaku Hari Ini******

Tarif Tol Cipali didiskon 20 persen selama periode mudik Lebaran 2024. Berlaku mulai hari ini bagi semua jenis kendaraan.
Tarif Tol Cipali didiskon 20 persen selama periode mudik Lebaran 2024. Berlaku mulai hari ini bagi semua jenis kendaraan. (Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)
Jakarta, CNN Indonesia--

Astra Infra memberikan diskontarif tol sebesar 20 persen untuk kendaraan yang melintasi Tol Cikopo-Palimanan (Tol Cipali) selama periode mudik Lebaran 2024.

Diskon tarif ini diberikan untuk memberikan stimulus penguraian arus mudik dan balik pada hari dan jam tertentu.

Pemberian diskon ini berlaku mulai hari ini, 3 April 2024, mulai pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 5 April 2024, pukul 05.00 WIB untuk arus mudik.

"Diskon berlaku untuk semua golongan kendaraan yang melaju menerus dari GT Cikatama menuju GT Kalikangkung maupun sebaliknya," tulis Astra Infra dalam unggahan di akun Instagram @astratolcipali, Selasa (2/4).

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pengelola tol memberikan diskon tarif menyambut mudik.

Pemberlakuan diskon tarif tol untuk mendukung pergerakan arus mudik masyarakat mulai berlaku Rabu (3/4) ini.

"Berlakunya (diskon tol Trans Jawa dan Trans Sumatra) periode mudik 3 April (2024) mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 5 April pukul 05.00 WIB. Dan periode balik 17 April pukul 05.00 WIB sampai 19 April pukul 05.00 WIB," rinci Basuki saat Rapat Kerja Kementerian PUPR dengan Komisi V DPR Selasa (2/4).

Lihat Juga :
Mau Mudik Pakai Kereta Cepat Whoosh? Simak Aturan Bagasinya

Basuki menyebut besaran diskon tarif yang diberlakukan bervariasi mulai dari 20 persen hingga 35 persen.

Pertama, Jalan Tol Trans Jawa. Basuki mengatakan diskon untuk ruas tol ini sebesar 20 persen untuk semua golongan.

Rinciannya, ada di Tol Tangerang-Merak, Tol Jakarta-Cikampek, Tol Jakarta-Cikampek Elevated (MBZ), Tol Cikopo-Palimanan, Tol Kanci-Pejagan. Lalu, Tol Pejagan-Pemalang, Tol Pemalang-Batang, Tol Batang-Semarang, Tol Semarang ABC, dan Tol Jombang-Mojokerto.

Kedua, diskon tol sebesar 20 persen juga diberlakukan di Tol Trans Sumatra. Potongan tarif ini berlaku untuk ruas Tol Indralaya-Prabumulih dan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Ada juga pengelola tol yang menerapkan diskon tarif tol hingga 35 persen, yaitu di ruas Tol Krian-Legundi-Bunder. Namun, potongan tarif ini hanya berlaku untuk kendaraan non-Golongan I.

Basuki mengatakan untuk Golongan II dan III mendapatkan potongan 14 persen, sedangkan Golongan IV dan V berhak atas diskon tol 35 persen. Periode diskon ini berlaku selama 17 hari, mulai dari 3 April 2024 hingga 19 April 2024.

"Potongan tarif tol ini berlaku untuk transaksi non-tunai dengan saldo kartu elektronik tol (e-toll) cukup. Oleh karena itu, kami mohon agar masyarakat untuk dapat memastikan saldo kartu e-toll cukup selama perjalanan (mudik dan balik)," tegas Basuki soal syarat mendapatkan diskon tarif tol tersebut.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)




bab terbaru:ingatbola88

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
slot 4d terbaru 2022
bandar jaya togel
angka jitu kang paito
senopati4d
alternatif slot
legal pinjol
daily slot
google gimana cara dapat uang banyak
panenslot
Daftar isi semua bab
Bab 1 poin 123 slot
Bab 2 gudang4d
Bab 3 gajah77
Bab 4 game slot maxwin
Bab 5 buayapoker
Bab 6 situs slot yang paling gacor
Bab 7 slot 228 login
Bab 8 bayar tagihan kredivo di tokopedia
Bab 9 armada888
Bab 10 qqpulsa
Bab 11 erek2 mimpi
Bab 12 situs slot login
Bab 13 pengeluaransdy
Bab 14 pinjaman online kredivo
Bab 15 pinjam uang pinjam uang secara online
Bab 16 qqvegas
Bab 17 cara pinjam saldo dana tanpa rekening
Bab 18 dolar138
Bab 19 bdslot88
Bab 20 alexsitogel
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8069bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Kelahiran Kembali Dunia Idiom

situs slot tergacor
Buruh mengganggap pengusaha berlebihan menanggapi gerakan boikot produk terafiliasi Israel jadi alasan PHK karyawan.
Buruh mengganggap pengusaha berlebihan menanggapi gerakan boikot produk terafiliasi Israel jadi alasan PHK karyawan. (Foto: AFP/KENZO TRIBOUILLARD)
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia) meminta pengusaha tak perlu berlebihan menanggapi gerakan boikotproduk terafiliasi dengan Israel, termasuk mengaitkan dengan ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK).

Presiden ASPEK Indonesia Mirah Sumirat menilai sebelum ada gerakan boikot pun para pengusaha kerap melakukan PHK sepihak. Apalagi, setelah adanya Undang Undang Cipta Kerja yang semakin memudahkan PHK dan juga memudahkan praktek kerja kontrak dan outsourcing.

"Kekhawatiran pengusaha itu terlalu mengada-ada dan berlebihan. Karena faktanya, PHK sepihak dan massal sudah banyak dilakukan oleh pengusaha, sebelum adanya gerakan boikot," ujarnya dalam keterangan tertulis (9/12).

Ia malah mempertanyakan komitmen para pengusaha yang menolak gerakan boikot Israel. Pasalnya, di banyak perusahaan yang terafiliasi dengan Israel, masih banyak terjadi pelanggaran UU ketenagakerjaan, seperti upah minimum, hak kebebasan berserikat, dan lain sebagainya.

"Ke mana para pengusaha itu, khususnya asosiasi atau organisasi pengusahanya? Kok tidak bersuara ketika ada pelanggaran hak normatif di perusahaan-perusahaan lain?" imbuh Mirah.

Mirah menilai akar penyebab maraknya PHK massal bukan gerakan boikot Israel, tetapi regulasi pemerintah yang semakin memudahkan pemangkasan karyawan dengan menurunkan nilai pesangon. Penyebab lain, keserakahan pengusaha untuk memperkaya perusahaan dengan cara menekan biaya kesejahteraan pekerja.

Menurutnya, gerakan boikot produk terafiliasi Israel adalah gerakan moral rakyat, yang sesuai dengan amanah Pembukaan UUD 1945.

"Boikot Israel adalah perjuangan minimal yang bisa dilakukan oleh rakyat Indonesia untuk ikut mewujudkan perdamaian dunia. Penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan," imbuhnya.

Mirah menuturkan gerakan boikot ini seharusnya bisa dimanfaatkan para pengusaha Tanah Air untuk memajukan usaha-usaha lokal asli Indonesia.

"Jika sebelumnya orang membeli ayam goreng dan kopi di perusahaan yang terafiliasi dengan Israel, saat ini beralihlah ke ayam goreng dan kopi produk usaha kecil menengah asli Indonesia," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)

latihan kecil

ugslot
Dari total yang dilayani dari Selasa hingga Jumat lalu di Bandara  Ngurah Rai Bali ada 37.350 adalah penumpang domestik dan 36.027 penumpang internasional.
Ilustrasi. Bandara Ngurah Rai Bali mengalami peningkatan pelayanan penumpang baik kedatangan maupun keberangkatan jelang Libur Nataru. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Denpasar, CNN Indonesia--

Mendekati momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) jumlah penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, terus mengalami peningkatan

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan mengatakan, sejak dibukanya Posko Terpadu Nataru di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Selasa (19/12) lalu dan selama empat hari berjalan jumlah penumpang cenderung meningkat setiap harinya.

Sejak Selasa lalu, kata dia, jumlah penumpang tertinggi sementara saat ini terjadi pada H-3 libur natal atau pada Jumat 22 Desember 2023.

Lihat Juga :
Kaum Rebahan Merapat, Kasur di Transmart Turun Harga Mulai Rp1 Jutaan

Ia mengatakan, dari total penumpang yang dilayani pada H-3 libur natal tersebut, sejumlah 37.350 adalah penumpang domestik dan 36.027 penumpang internasional.

Kemudian, pihaknya merinci dari jumlah tersebut porsi penumpang kedatangan masih mendominasi yakni sebanyak 39.931 orang dan penumpang keberangkatan sejumlah 32.996 orang, baik domestik maupun internasional.

"Ini sesuai dengan prediksi kami dimana hal ini merupakan siklus tahunan yang kita lihat pada setiap pelaksanaan di awal posko jumlah penumpang kedatangan akan lebih medominasi. Pertimbangannya adalah libur anak sekolah sudah dimulai serta bertepatan dengan Hari Jumat jelang libur panjang akhir pekan, sehingga kemungkinan akan ada yang mengambil cuti di awal untuk menghindari kepadatan menjelang hari libur natal," tutur Handy.

Selain pertumbuhan pada pergerakan penumpang, hal yang sama juga terjadi pada jumlah pergerakan pesawat yang dilayani.

Pada hari pertama dan kedua posko nataru ada sejumlah 398 pesawat.

Selanjutnya pada hari ketiga jumlahnya meningkat mencapai 400 pergerakan dan puncaknya pada H-3 natal sejumlah 454 pergerakan pesawat atau 11 persen di atas prediksi yakni sejumlah 408 pergerakan pesawat.

Kemudian, hingga empat hari posko nataru berjalan, tercatat sejumlah 261.929 penumpang yang bepergian dari dan melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Angka ini meningkat hingga 18 persen jika dibanding periode posko nataru tahun lalu atau sejumlah 221.596 penumpang.

Sementara, jumlah pergerakan pesawat juga tumbuh sebesar 12 persen atau 1.470 pergerakan pesawat di tahun lalu menjadi 1.650 pergerakan pesawat pada periode posko tahun ini.

Lihat Juga :
Rute Penerbangan Domestik Tersibuk di Dunia 2023, Ada Jakarta-Bali

Selain itu, pengelola bandara mencatat penerbangan dari dan menuju Jakarta via Bandara Soekarno Hatta dan Surabaya menjadi rute domestik tersibuk, masing-masing dengan 17.904 dan 6.224 penumpang.

Sementara, untuk penerbangan internasional dengan rute tersibuk adalah Singapura dengan 7.502 penumpang, Kuala Lumpur (Malaysia) 4.466 penumpang, dan Melbourne (Australia) dengan 2.802 penumpang.

"Jumlah penumpang yang akan dilayani pada H-4 atau Sabtu (23/12) masih cukup tinggi meskipun sudah melewati periode puncak pergerakan. Prediksinya akan ada sejumlah 67.237 penumpang yang akan bepergian dari dan ke Bali yang dilayani 429 pergerakan pesawat," ujar Handy.

(kdf/kid)

Perhatikan saya

pinjaman pertama di kredivo
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan Presiden Jokowi ngebet mengenalkan penerusnya yang nanti terpilih di Pilpres 2024 kepada berbagai kepala negara.
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan Presiden Jokowi ngebet mengenalkan penerusnya yang nanti terpilih di Pilpres 2024 kepada berbagai kepala negara. (Mast Irham/Pool Photo via AP)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menko Kemaritiman dan InvestasiLuhut Binsar Pandjaitan menuturkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana segera mengenalkan penerusnya yang nanti terpilih dalam Pilpres 2024 kepada berbagai kepala negara.

Luhut bercerita baru-baru ini dirinya banyak mendapat arahan dari Jokowi. Sang presiden bahkan bercerita mengenalkan penerusnya kepada kolega sesama kepala negara merupakan rencana pertamanya ketika Presiden RI terpilih sudah ada.

Lihat Juga :
Luhut Ungkap Indonesia Punya 'Harta Karun' Baru

Luhut bercerita tujuan Jokowi mengenalkan penerusnya kelak kepada rekan kepala negara sahabat adalah supaya proses transisi pemerintahan berjalan lancar dan efektif.

Menurut Luhut, selama memimpin Jokowi tidak hanya menjalin relasi formal dengan banyak kepala negara tapi juga memiliki kedekatan personal dengan mereka.

Luhut menilai terlepas dari hubungan formal, menjalin kedekatan personal dengan setiap pemimpin negara penting bagi setiap presiden.

"Karena kita berpacu dengan waktu dalam konteks menuju Indonesia maju 2045," ucap Luhut.

"Karena membuat teman itu nggak gampang, kalau Anda hanya (berhubungan) formal tidak akan menyelesaikan masalah. Bilateral enggak selesai, harus ada personal konteks," paparnya menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Luhut juga berpesan kepada Presiden RI yang akan datang untuk menjaga persatuan dan kekompakan lantaran situasi geopolitik dan ekonomi dunia akan lebih sulit diprediksi ke depannya.

Pilihan Redaksi
  • Teten Sebut TikTok Shop Masih Langgar Aturan
  • Jokowi Pede Ekonomi RI 2024 Tumbuh 5 Persen: Tetap Eling Lan Waspodo
  • Jokowi: RI Impor Beras 1 Juta Ton dari India, 2 Juta Ton dari Thailand

"Ingin saya sampaikan pada calon presiden yang akan datang, kita menghadapi masalah kompleks, kita harus kompak, saya ingin katakan kita harus pakai anak-anak muda, kalau di sekeliling saya bukan anak-anak muda, enggakakan seperti ini. Semua orang apresiasi Jokowi bisa bernavigasi dalam situasi ekonomi yang sulit ini karena saran kami didengar dan dieksekusi dengan baik," ucap Luhut lagi.

Luhut memulai kembali aktivitasnya sebagai Menko Marves setelah sempat dirawat di Singapura selama hampir dua bulan kemarin.

Kepada media pada Jumat (22/12) pagi, Luhut blak-blakan mengenai kondisi kesehatannya.

(mrh/rds)

[Gambas:Video CNN]

harry potter louis

pragmabet
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan 4.000 unit mobil listrik akan digunakan mudik pada Lebaran 2024 ini.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan 4.000 unit mobil listrik akan digunakan mudik pada Lebaran 2024 ini. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan 4.000 unit mobil listrikakan digunakan mudik pada Lebaran2024 ini.

Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Yusuf Nugroho mengatakan jumlah tersebut sekitar 18 persen dari 23 ribu kendaraan listrik yang ada di Indonesia.

"Populasi mobil penumpang listrik berbasis baterai sudah 23 ribu unit dengan proyeksi 18 persen atau mungkin sekitar 4.000 kendaraan yang menjalankan mudik tahun ini," ujarnya di Kemenko Marves, Kamis (4/4).

"Kesiapan SPKLU di masing-masing lokasi kami siapkan koordinasi dengan ESDM, PLN untuk melayani kendaraan bermotor listrik. Artinya kendaraan motor listrik baterai itu bukan hanya untuk luar kota, tetapi juga pada silaturahmi pada lebaran nantinya," imbuhnya.

Kemenhub juga telah mempersiapkan standar atau tata cara pengangkutan mobil listrik ke kapal untuk penyeberangan.

"Karena EV itu bukan hanya KBLBB yang ada di benak bapak ibu, tapi juga KBLBB yang ada hybrid, itu mengandung kandungan yang sama, semuanya tested, prove, untuk persyaratan teknis laik jalan lainnya, sehingga mitigasi penyeberangan pun kami siapkan sehingga tak perlu ada kekhawatiran untuk menyeberang," jelasnya.

Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero) Edi Srimulyanti mengungkapkan untuk saat ini SPKLU yang sudah terpasang di jalan tol saja sebanyak 239 unit di 104 lokasi.

"Untuk perjalanan dari Jakarta ke arah Timur maupun sebaliknya itu sudah kami pasang. Jadi dari trans jawa bali dan trans Sumatera itu sudah kami pasang SPKLU. Totalnya 239 unit," kata Edi.

Sementara, untuk di luar tol, total SPKLU yang sudah dipasang sebanyak 1.299 unit. Rinciannya:
- 899 ada di Jawa
- 152 di Sumatera
- 55 di Kalimantan
- 64 di Sulawesi
- 87 di Bali
- 8 di Maluku
- 27 di Nusa Tenggara
- 7 di Papua.

"Untuk mempermudah juga kami siapkan trip planner di PLN Mobile. Jadi kalau nanti pemudik yang ingin melihat misalnya mau perjalanan dari Jakarta ke Cirebon itu ada SPKLU di mana saja supaya bisa menyiapkan lebih dini, nanti saya akan ngecas di rumah berapa, nanti saya akan ngecas di mana itu bisa disiagakan lebih awal," pungkas Edi.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

Raja Surgawi yang Tak Tertandingi

meme lucu kakek zeus
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mencatat jumlah pelanggan aset kripto terdaftar tembus 18,25 juta per November 2023.
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mencatat jumlah pelanggan aset kripto terdaftar tembus 18,25 juta per November 2023. lustrasi. (istockphoto/ dulezidar).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mencatat jumlah pelanggan aset kripto terdaftar tembus 18,25 juta per November 2023. Setiap bulan, pertumbuhan rata-rata pelanggan mencapai 437,9 ribu pelanggan sejak Februari 2021.

"Pertumbuhan tersebut menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat terhadap aset kripto," ujar Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Berjangka Komoditi Bappebti Tirta Karma Sanjaya di Jakarta, Sabtu (17.12), seperti dikutip Antara.

Menurut Tirta, tingginya antusiasme masyarakat terhadap aset kripto perlu dibarengi dengan edukasi yang komprehensif kepada masyarakat. Terlebih, tahun depan bakal adaBitcoin halvingyang juga diproyeksikan terjadi tahun depan, akan mendorong peningkatan harga dan transaksi aset kripto.

Berdasarkan data historis, harga bitcoin selalu mengalami kenaikan signifikan setelahhalving day. Tak ayal momen tersebut sangat ditunggu-tunggu investor kripto.

"Dengan pemahaman yang baik, masyarakat diharapkan bisa lebih bijak dalam berinvestasi di aset kripto," ungkapnya.

Adapun nilai transaksi aset kripto di Indonesia sepanjang Januari hingga Oktober 2023 mencapai Rp104,9 triliun. Walaupun angka ini tidak sebesar periode sebelumnya, potensi industri aset kripto masih dinilai sangat besar.

Pasalnya, saat ini Indonesia berada di peringkat ketujuh sebagai negara dengan jumlah investor aset kripto terbesar di dunia.

Lihat Juga :
Pemerintah Raup Pendapatan Perpajakan Rp1.996,4 T per 12 Desember

"Kami terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan para pedagang asosiasi, dan stakeholdersterkait untuk mengembangkan ekosistem dan tata kelola aset kripto. Dengan demikian, kami optimis nilai transaksi ini akan kembali meningkat," tambah Tirta.

Ketua Umum Aspakrindo-ABI dan Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia-Asosiasi Blockchain Indonesia (Aspakrindo-ABI) Robby mengungkapkan tahun ini menjadi tahun yang penuh tantangan bagi pasar keuangan dan investasi, termasuk aset kripto.

Salah satunya karena isu mengenai platform exchange ilegal yang menyebabkan risiko keamanan bagi investor.

Selain itu, tantangan lain yang dihadapi yakni layanan aset kripto yang masih terbatas pada spot tradingsehingga mempengaruhi minat investor.

"Kurangnya variasi layanan di industri kripto juga dikhawatirkan dapat berdampak pada appetiteinvestor," imbuhnya dala kesempatan yang sama.

Kendati demikian, industri kripto pada 2024 mendatang masih menunjukkan performa positif. Pasalnya, harga bitcoinsebagai salah satu aset kripto terpopuler meningkat hingga 175 persen sejak Januari 2023.

"Tahun 2024 mendatang juga diproyeksi semakin menarik bagi pasar kripto dengan adanyahalvingbitcoin," jelas Robby.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Istri bertemu saingan: Pemilik keuangan, kamu telah tertipu

berapa prediksi togel hongkong malam ini
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara soal fenomena beredarnya tiket mudik gratis moda bus yang diperjualbelikan di media sosial.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara soal fenomena beredarnya tiket mudik gratis moda bus yang diperjualbelikan di media sosial. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara soal fenomena beredarnya tiket mudik gratismoda bus yang diperjualbelikan di media sosial.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kemenhub meminta agar masyarakat tidak menjual tiket yang sudah didapatkan melalui aplikasi MitraDarat dan mengimbau pemudik agar tidak membeli tiket mudik gratis di calo.

"Kementerian Perhubungan sangat menyayangkan kejadian ini. Mudik gratis bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat agar bisa mudik lebih aman, selamat, nyaman dan tentunya tanpa biaya," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Hubdat Hendro Sugiatno melalui keterangan resmi, Senin (1/4).

Ia menambahkan tindakan jual-beli tiket ini dapat mengambil kesempatan orang lain yang sebenarnya membutuhkan akses pulang ke kampung halaman secara gratis malah menggunakan angkutan umum.

Pada prosesnya nanti, Ditjen Hubdat akan melakukan validasi ulang di hari keberangkatan sehingga tiket tidak dapat digunakan apabila terdapat perbedaan nama dan nomor induk kependudukan (NIK).

"Nanti akan dilakukan pencocokan nama dan NIK yang tertera pada tiket mudik gratis melalui pemeriksaan kartu tanda penduduk (KTP) para peserta saat hari-H keberangkatan. Yang identitasnya berbeda tidak akan bisa ikut berangkat mudik gratis," lanjut Hendro.

Di sisi lain, ia mengingatkan masyarakat yang serius mengikuti program mudik gratis untuk segera melakukan validasi pada posko-posko yang telah disediakan agar mendapatkan tiket fisik. Para peserta diharapkan mengonfirmasi keberangkatannya apabila terdaftar di dua atau lebih program mudik gratis yang berbeda.

"Kementerian Perhubungan akan terus mengawal dan mengawasi apabila terjadi hal-hal yang tidak semestinya pada program mudik gratis 2024 ini demi keselamatan dan keamanan bersama," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)