petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

capital303

angka buku mimpi 264Jutaan kata 415484Orang-orang telah membaca serialisasi

《capital303》

Harga Emas Antam Cetak Sejarah di Rp1,164 Juta, Ini Pemicunya******

Harga jual emas Antam mencetak rekor tertinggi dalam sejarah karena menembus Rp1,164 juta per gram pada Senin (4/3) dipicu kabar dari AS.
Harga jual emas Antam mencetak rekor tertinggi dalam sejarah karena menembus Rp1,164 juta per gram pada Senin (4/3) dipicu kabar dari AS. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jual emas PT Aneka Tambang(Persero) Tbk atau Antam mencetak rekor tertinggi dalam sejarah, yakni menembus Rp1,164 juta per gram pada Senin (4/3).

Ini mempertahankan rekor harga yang dipecahkan sejak Sabtu (2/3), di mana sejak akhir pekan lalu kokoh di Rp1,164 juta per gram. Harga emas Antam per gram ini naik Rp22 ribu dibandingkan harga pada perdagangan Jumat (1/3).

Selama sepekan kemarin, harga jual emas Antam dibuka bervariasi. Emas Antam per gram dijual seharga Rp1,135 juta pada Senin (26/2), lalu turun Rp3.000 pada hari setelahnya.

Sebelumnya, rekor harga jual emas Antam tertinggi terjadi pada 2 Februari 2024. Kala itu, harga emas per gram bisa menembus Rp1,151 juta.

Pengamat Pasar Keuangan Ariston Tjendra mengatakan lonjakan harga emas tersebut disebabkan ekspektasi pemangkasan suku bunga The Fed yang semakin menguat. Ini ditopang oleh pelemahan data-data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang berkaitan dengan inflasi Negeri Paman Sam, sehingga berujung pelemahan dolar AS.


"Sehingga membantu mendongkrak harga emas yang dinilai dalam dolar AS. Apalagi, ditambah pelemahan rupiah Vs dolar AS yang membuat harga emas dalam rupiah juga naik," kata Ariston kepada CNNIndonesia.com, Senin (4/3).

"Selain itu, konflik geopolitik berkepanjangan dan masih terbuka untuk konflik geopolitik berikutnya, serta potensi perlambatan ekonomi global memicu investor masuk ke aset aman emas," sambungnya.

Ariston mengatakan ini bukan akhir dari penguatan harga emas karena masih berlangsungnya sentimen tersebut. Oleh karena itu, peluang berinvestasi emas logam mulia dalam jangka panjang terlihat masih cukup bagus.

[Gambas:Video CNN]

Senada, Pengamat Komoditas dan Mata Uang Lukman Leong mengatakan penguatan dipicu meroketnya harga emas internasional setelah data ekonomi manufaktur AS yang lebih lemah. Begitu juga dengan inflasi Personal Consumption Expenditure (PCE) AS yang mulai melamban.

"Ini memicu ekspektasi yang lebih tinggi kepada The Fed untuk memangkas suku bunga lebih awal. Dan tentunya kurs dolar ke rupiah yang masih tinggi membuat harga emas lokal mencapai rekor," terang Lukman.

Berikut rincian harga emas Antam hari ini:

0,5 gram: Rp632 ribu
1 gram: Rp1,164 juta
2 gram: Rp2,268 juta
3 gram: Rp3,377 juta
5 gram: Rp5,595 juta
10 gram: Rp11,135 juta
25 gram: Rp27,712 juta
50 gram: Rp55,345 juta
100 gram: Rp110,612 juta
250 gram: Rp276,265 juta
500 gram: Rp552,320 juta
1.000 gram: Rp1,104 miliar

Lihat Juga :
Respons Tiko soal Dilirik Prabowo Gantikan Sri Mulyani: Terlalu Dini
(skt/agt)

Daftar Direksi dan Komisaris Baru BNI, Ada Orang Istana******

Menteri BUMN Erick Thohir merombak susunan komisaris dan direksi BNI. Ada 'orang istana' hingga BUMN Jasa Raharja di kepengurusan baru.
Menteri BUMN Erick Thohir merombak susunan komisaris dan direksi BNI. Ada 'orang istana' hingga BUMN Jasa Raharja di kepengurusan baru. (Foto: CNN Indonesia/Safyra Primadhyta)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri BUMNErick Thohir merombak susunan komisaris dan direksi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI. Ada 'orang istana' hingga BUMN Jasa Raharja di susunan kepengurusan yang baru.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar hari ini (4/3), Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana ditunjuk sebagai komisaris.

Ia menggantikan Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto, yang diberhentikan dengan hormat.

Selain ada 'orang istana' jadi komisaris baru, RUPS juga menyetujui pemberhentian dengan hormat dan pengangkatan kembali Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan Askolani sebagai komisaris BNI.

Di jajaran direksi, Erick merombak banyak posisi. RUPS menyetujui pemberhentian dengan hormat Adi Sulistyowati sebagai Wakil Direktur Utama BNI. Ia digantikan oleh Putrama Wahju Setyawan, yang sebelumnya sebagai Direktur Retail Banking BNI.

Kemudian, Corina Leyla Karnalies diangkat menjadi Direktur Retail Banking BNI dari sebelumnya sebagai Direktur Digital & Integrated Transaction Banking BNI.

Erick juga menunjuk Hussein Paolo Kartadjoemena sebagai Direktur Digital & Integrated Transaction Banking BNI. Sebelumnya, ia menjabat sebagai SEVP of Corporate Development & Transformation BNI.

Lihat Juga :
Asabri Buka-bukaan soal Uang Pensiun Prabowo dari Militer

Lalu, Silvano Winston Rumantir diberhentikan dengan hormat sebagai Direktur Wholesale & International Banking BNI. Pengganti Silvano adalah Agung Prabowo, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama BNI Sekuritas.

Kemudian, Direktur Institutional Banking BNI Muhammad Iqbal juga diberhentikan dengan hormat. Posisinya diisi Munadi Herlambang, yang sebelumnya menjabat Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja.

RUPS Tahunan juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Sis Apik Wijayanto sebagai Direktur Enterprise & Commercial Banking BNI. Ia digantikan I Made Sukajaya, yang sebelumnya menjabat sebagai SEVP Remedial & Recovery BNI.

Daftar Komisaris BNI terbaru:

Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen Pradjoto
Wakil Komisaris Utama Pahala Nugraha Mansury
Komisaris Independen Sigit Widyawan
Komisaris Askolani
Komisaris Independen Asmawi Syam
Komisaris Mohamad Yusuf Permana
Komisaris Independen Iman Sugema
Komisaris Independen Septian Hario Seto
Komisaris Independen Erwin Rijanto Slamet
Komisaris Fadlansyah Lubis
Komisaris Robertus Billitea

Daftar Direksi BNI terbaru:

Direktur Utama Royke Tumilaar
Wakil Direktur Utama Putrama Wahju Setyawan
Direktur Digital & Integrated Transaction Banking Hussein Paolo Kartadjoemena
Direktur Enterprise & Commercial Banking I Made Sukajaya
Direktur Finance Novita Widya Anggraini
Direktur Risk Management David Pirzada
Direktur Institutional Banking Munadi Herlambang
Direktur Network & Services Ronny Venir
Direktur Retail Banking Corina Leyla Karnalies
Direktur Human Capital & Compliance Mucharom
Direktur Technology & Operations Toto Prasetio
Direktur Wholesale & International Banking Agung Prabowo.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)

Polri kerahkan personel bantu cari pesawat hilang kontak di Kaltara******

Polri kerahkan personel bantu cari pesawat hilang kontak di Kaltara
tangkapan layar-Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, Rabu (6/3/2024). (ANTARA/Laily Rahmawaty)
Jakarta (ANTARA) - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa Polri turut membantu pencarian pesawat kargo milik maskapai Smart Air yang hilang komunikasi (lost contact) di Kalimantan Utara (Kaltara). "Menurut informasi dari Kapolres Nunukan bahwa anggota Polsek Krayan Selatan sudah diberangkatkan pada Jumat (8/3) siang untuk melakukan pencarian ke lokasi yang diduga pesawat terbang Smart Air terjatuh," kata Trunoyudo di Jakarta, Sabtu. Jenderal polisi bintang satu itu menjelaskan bahwa pesawat kargo milik PT Smart Aviation, tipe PC 6 (Pilatus Porter) Registrasi PK-SNE, rute Tarakan-Binuang mengalami hilang komunikasi setelah takeoffdari Tarakan pukul 08.25 Wita, yang estimasi mendarat di Binuang pukul 09.25 Wita. Sampai saat ini, kata dia, pesawat yang membawa kargo perintis APBN belum diketahui posisinya. Berdasarkan laporan dari Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Pol. Budi Rachmat, kata Trunoyudo, petugas yang sudah diberangkatkan ke lokasi diduga tempat terjatuhnya pesawat belum menemukan informasi apa pun. "Sampai detik ini belum ada laporan sehubungan jaringan sinyal telepon seluler terbatas," katanya. Upaya pencarian sudah dilakukan oleh Tim Basarnas Tarakan sejak Jumat siang. Tim ini berkoordinasi dengan Airnav, bandara, MAF, Polri, dan instansi terkait lainnya. Tim pencarian melibatkan 66 personel gabungan terdiri atas TNI 20 personel, Polres Malinau 20 personel, Brimob 10 personel, BPBD 10 personel, dan SAR enam personel.

Baca juga: Cuaca jadi penentu pencarian pesawat kargo yang hilang di Tarakan
Baca juga: Pesawat hilang, polisi terima laporan warga dengar suara dentuman Pencarian dipimpin oleh Tim Basarnas melalui rute penerbangan pesawat Smart Air yang terjatuh menggunakan helikopter. "Hasilnya sampai Jumat sore belum ditemukan sehubungan kondisi cuaca berkabut dan jarak pandang terbatas," kata Trunoyudo melanjutkan laporan Kabid Humas Polda Kaltara. Selain itu, lanjut Trunoyudo, informasi Basarnas, pesawat Smart Air diawaki pilot Kapten M. Yusuf serta seorang Engineer on Board (EOB) bernama Deni S. Pesawat Smart Air tercatat membawa muatan kargo dengan berat total 583 kilogram. "Pencarian pesawat terbang Smart Air kemarin dihentikan sementara. Tim Basarnas beserta helikopter bermalam di Bandara Robert Atty Blessing, Malinau Provinsi Kaltara," ujarnya. Pada hari Jumat (8/3) pukul 19.00 Wita dilaksanakan Rapat Koordinasi terkait Rencana Pencarian Lokasi Jatuhnya Pesawat PT Smart Aviation. Hari ini mulai pukul 08.30 Wita dilanjutkan pencarian oleh Tim Gabungan TNI AD, Polres Malinau, BPBD Malinau dan Basarnas Kota Tarakan dengan menggunakan helikopter jenis bell /412 EPI/HA/5224 bantuan kendali operasi (BKO) dari Koops Pamwiltas Darat RI/MLY dari TNI AD. Pencarian juga melalui udara menggunakan pesawat dan helikopter, di antaranya pesawat Smart PK SNG, pesawat Susi Air, hely bell 412. Dengan personel yang terlibat, TNI satu orang, Polres satu orang, Brimob dua orang, BPBD empat orang, dan SAR enam orang. "Diinformasikan juga sekitar pukul 13.30 Wita, tim dari KNKT Jakarta tiba di Bandara Malinau untuk melakukan koordinasi. Di Bandara Malinau dibuat posko darurat yang diawaki personel gabungan Basarnas, BPBD Kabupaten Malinau, Polres Malinau, Kodim 0910 Malinau," kata Trunoyudo.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:situs game slot resmi

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
gif kakek zeus
gacor 305 slot
canda4d
situs judi slot online yang sering menang
ww slot
link slot pakai pulsa
sboslot99
mpotop88
situs judi baru
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs slot gacor aman terpercaya
Bab 2 slot 2023 terpercaya
Bab 3 situs permainan slot
Bab 4 situs paling gacor terbaru
Bab 5 nama slot paling gacor
Bab 6 cara dapat uang 20 ribu
Bab 7 bar hoki slot
Bab 8 alamat main slot
Bab 9 surgapla
Bab 10 masukslot
Bab 11 slot gacor anti rungkad
Bab 12 holybet777
Bab 13 jam gacor main zeus
Bab 14 obs188
Bab 15 stasiunplay
Bab 16 ratujudi
Bab 17 agen link
Bab 18 samudrabet
Bab 19 pg slot gacor
Bab 20 dorahoki
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6739bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Saya datang dari gunung dan ingin turun gunung

situs slot aman terpercaya
Perjalanan kereta di Sumatera disetop sementara imbas penyangga fly over bantaian roboh pada Kamis (7/3) menimpa jalur KA.
Perjalanan kereta di Sumatera disetop sementara imbas penyangga fly over bantaian roboh pada Kamis (7/3) menimpa jalur KA. (Foto: Dok. KAI)
Jakarta, CNN Indonesia--

Perjalanankereta api di lintas Kertapati-Lubuklinggau, Sumatera Selatan mengalami gangguan imbas robohnya girder atau penyangga fly over Bantaian yang menimpa jalur kereta Gunung Megang-Penanggiran pada Kamis (7/3) pukul 11.00 WIB.

Pembangunan fly over tersebut merupakan pekerjaan proyek strategis nasional (PSN) yang saat ini sedang dalam pengerjaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"KAI mengimbau kepada seluruh stakeholders yang memiliki proyek ataupun aktivitas pekerjaan lainnya di sekitar jalur kereta api agar lebih meningkatkan keselamatan proyek dan perjalanan KA," kata EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji dalam keterangan resmi, Jumat (8/3).

Untuk sementara, jalur kereta tidak dapat dilalui. Petugas KAI tengah berusaha melakukan upaya evakuasi rangkaian KA Babaranjang yang tertimpa dari fly over yang roboh tersebut. Tidak ada korban jiwa dari penumpang kereta api atau petugas KAI dalam peristiwa ini.

KAI telah melakukan penanganan kepada penumpang yang terdampak gangguan perjalanan dengan pola overstapen atau pengalihan dengan bus di Stasiun Gunung Megang dan stasiun Lahat.

KAI juga membatalkan semua perjalanan kereta barang dan kereta penumpang relasi Kertapati-Lubuklinggau pp keberangkatan Kamis (7/3) dan Jumat (8/3). Hal ini karena jalur kereta masih dalam proses evakuasi dan tidak dapat dilalui akibat kejadian tersebut.

Agus mengatakan untuk para calon pelanggan yang mengalami dampak gangguan operasional ini telah diberitahukan adanya pembatalan tersebut melalui pesan singkat.

Bagi penumpang yang memiliki tiket diberikan pengembalian tiket 100 persen dan dapat diambil di stasiun keberangkatan Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, dan Lubuklinggau hingga tujuh hari ke depan.

Hingga Jumat (8/3) pagi ini, KAI masih fokus melakukan proses normalisasi jalur serta evakuasi sarana dan material girder. Update evakuasi pada pukul 05.00 WIB yaitu lima gerbong batu bara telah terangkat, satu gerbong batu bara masih tertindih girder (baru terangkat 50 persen), dan peluncur girder baru terangkat 40 persen.

KAI melibatkan 70 petugas serta alat berat berupa crane dalam proses evakuasi tersebut. Proses evakuasi sempat terkendala dengan adanya hujan yang mengguyur sepanjang malam.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Pedang melawan langit

slot demo playstar
Menteri BUMN Erick Thohir membuka wacana libur tiga hari dalam sepekan bagi pegawai perusahaan pelat merah dengan alasan kesehatan mental.
Menteri BUMN Erick Thohir membuka wacana libur tiga hari dalam sepekan bagi pegawai perusahaan pelat merah dengan alasan kesehatan mental. (CNNIndonesia/Farid Rahman).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)Erick Thohir membuka wacana liburtiga hari dalam sepekan bagi pegawai perusahaan pelat merah.

Hal ia sampaikan dalam acara BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024 di Jakarta, Kamis (7/2). Erick menyebut hal dilatarbelakangi aspek kesehatan mental para pegawai.

Ia mengklaim 70 persen dari generasi muda saat ini memiliki isu kesehatan mental. Oleh karena itu, ia mendorong implementasi program bernama compress working scheduledi BUMN.

"Kalau sudah bekerja lebih dari 40 jam kalian punya alternatif di Kementerian BUMN, saya nggak tahu di perusahaan BUMN, mestinya bisa, kalau sudah lebih dari 40 jam mereka punya alternatif mengambil libur pada hari Jumat," ucap Erick seperti dikutip dari detik finance.

Kendati, ia menegaskan bahwa bukan berarti BUMN mendorong para pegawainya untuk malas bekerja. Bukan berarti juga setiap Jumat pegawai BUMN bisa libur.

"Kalau sudah bekerja lebih dari 40 jam dalam minggu itu, kalian bisa register, dalam sebulan dua kali setiap Jumatnya bisa jadi alternatif untuk libur, tuh. Kita lakukan itu," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(nma/agt)

Agen Perjalanan Xuanjie

doyan303
Harashta Haifa terpilih sebagai Puteri Indonesia 2024
Tangkapan layar Puteri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra secara daring, Jumat. (ANTARA/ Youtube Mustika Ratu Entertainment)
Jakarta (ANTARA) - Dalam panggung megah Puteri Indonesia 2024, Jawa Barat kembali menorehkan prestasi dengan meraih gelar tertinggi yang diwakilkan oleh Harashta Haifa Zahra, asal Jawa Barat 1 sebagai Puteri Indonesia 2024 yang merebut mahkota dari tangan Farhana Nariswari, Puteri Indonesia 2023.

Tidak hanya itu, perayaan kemenangan terasa lebih spesial dengan penyerahan mahkota dari para pemenang sebelumnya.

Sophie Kirana dari Daerah Istimewa Yogyakarta menerima mahkota dari Puteri Lingkungan 2023 Yasinta Aurellia. Sementara Ketut Permata Juliastrid dari Bali menggantikan Lulu Zaharani sebagai Puteri Pariwisata 2024.

Baca juga: Empat finalis teratas Puteri Indonesia 2024

Baca juga: YPI buka ruang bagi perempuan muda untuk tingkatkan kemampuan

Tahun ini gelar Puteri Pendidikan dan Kebudayaan 2024 jatuh kepada Melati Tedja dari Jawa Timur.

Para pemenang tidak hanya mendapatkan kehormatan, tetapi juga berhak menerima beragam hadiah, seperti perawatan gigi, kelas public speaking, perawatan wajah dan tubuh, serta kelas bahasa Inggris. Pemenang juga menerima voucher dan paket eksklusif dari Mustika Ratu.

Selama masa jabatannya, para pemenang akan mendapat akomodasi yang memadai, serta tiga besar juga berpeluang mendapatkan beasiswa S2 atau S3 dari Universitas Indonesia.

Salah satu pemenang akan mendapatkan kesempatan sebagai Brand Ambassador BCA.

Terdapat pula gelar yang telah disematkan kepada beberapa finalis Puteri Indonesia 2024, yakni:

Puteri dengan Busana Tradisional terbaik diberikan kepada Melati Tedja dari Jawa Timur, yang mempesona dengan busana tradisionalnya yang memesona.

Putricia Adelianti dari DKI Jakarta 5 terpilih sebagai Puteri Berbakat, menampilkan bakat istimewa dalam ajang ini.

Para finalis dengan kecerdasan luar biasa juga diakui dalam kategori Intelegensia. Puteri Intelegensia 1 adalah Lady Diandra dari DKI Jakarta 2, selanjutnya Puteri Intelegensia 2 Novita Pattipeilohy dari Maluku, dan Puteri Intelegensia 3 Miracle dari Jambi.

Annisa Dabeduku Thesia dari Papua Barat diakui sebagai Puteri Persahabatan, menunjukkan semangat kebersamaan dan kerja sama di antara finalis.

Para finalis terpilih berhak mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan S2, serta mendapatkan keanggotaan fitness selama 12 bulan dan paket produk kecantikan dari Mustika Ratu.

Selanjutnya, ada Latisa Maura dari Banten dipilih sebagai Puteri Favorit oleh penonton yang menunjukkan dukungan besar-besaran dari masyarakat.

Nabilah Putri dari Bengkulu mendapatkan pengakuan sebagai Puteri Influencer atas pengaruhnya yang kuat di media sosial.

Dengan keberagaman bakat dan keindahan yang diwakili oleh para pemenang, Puteri Indonesia 2024 memberikan inspirasi dan harapan baru bagi generasi muda Indonesia.

Baca juga: Finalis Puteri Indonesia 2024 tampil memukau di awal Grand Final

Baca juga: BCA berikan literasi keuangan ke finalis Puteri Indonesia 2024

 

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

One Piece: Musuh Dunia

istana777
Presiden Jokowi secara resmi membuka BRI Microfinance Outlook 2024 di Jakarta (07/03), dan menyoroti peran UMKM dalam perekonomian.
Presiden RI, Joko Widodo, membuka BRI Microfinance Outlook 2024 di Jakarta, Kamis (7/3). (Foto: Arsip BRI)
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), secara resmi membuka BRI Microfinance Outlook 2024 di Jakarta, Kamis (7/3), sebuah forum penting yang membahas masa depan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai pendorong ekonomi inklusif.

Dalam sambutannya, ia pun menyoroti pentingnya UMKM yang jumlahnya mencapai 65,1 juta dan kontribusinya yang signifikan terhadap PDB nasional serta penyerapan tenaga kerja.

"Kita tahu jumlah UMKM kita itu kurang lebih 65 juta, kurang lebih dan kontribusi ke PDB ekonomi kita 61 persen sangat besar sekali dan penyerapan tenaga kerja di sektor UMKM 97 persen sebuah angka yang juga sangat besar sekali," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (7/3).

Kegiatan ini dikemas dengan konsep kegiatan seminar yang terdiri dari dua sesi diskusi dan menghadirkan pembicara dari kalangan ahli, profesional, serta pemerintah. Acara yang diadakan di Jakarta ini juga menandai komitmen BRI dalam mendukung UMKM melalui inovasi digital.

Jokowi pun mengapresiasi upaya BRI dalam memperluas jangkauan layanan keuangan digital hingga ke daerah terpencil, memberikan alternatif bagi UMKM untuk mengakses modal dan layanan keuangan yang lebih baik.

Menurutnya, BRI Microfinance Outlook 2024 diharapkan menjadi titik balik dalam strategi pengembangan UMKM Indonesia, dengan diskusi yang melibatkan para ahli, profesional, dan stakeholderspemerintah.

"Forum ini penting untuk mengetahui arah dan strategi UMKM agar berdaya saing dan berkompetisi dengan negara lain," tegas dia.

Sri Mulyani dalam keynote speech-nya yang sejalan dengan pandangan Presiden Jokowi, menegaskan perlunya memberikan perhatian khusus kepada UMKM.

Ia menyatakan bahwa UMKM merupakan sumber dari 97 persen penciptaan lapangan kerja di Indonesia, angka yang sangat tinggi dibandingkan dengan negara-negara lain. Namun, kontribusi UMKM terhadap ekspor nasional masih tergolong rendah, hanya sekitar 15 persen.

"Kami optimistis upaya yang dilakukan telah banyak, namun belum selesai. Dengan sinergi, kita mampu menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup tinggi namun inklusif termasuk pemerataan terhadap UMKM," tambahnya.

Sementara itu, Teten Masduki mengungkapkan saat ini terdapat tantangan pemberdayaan UMKM, karena kondisi pelaku UMKM saat ini disconnectterhadap industri.

"Diperlukan inovasi kebijakan ekosistem UMKM seperti diantaranya optimalisasi kredit rantai pasok, kemudahan kredit sektor produktif, credit scoring, penghapusan piutang macet UMKM, dukungan asuransi penjaminan," ujar dia.

Untuk merespons tantangan tersebut, Direktur Utama BRI, Sunarso, menjelaskan perbankan, khususnya BRI dapat berperan sebagai lembaga yang memberdayakan komunitas, dalam hal ini UMKM.

Hal ini dapat dicapai dengan menyediakan kesempatan pendanaan, khususnya pada pelaku usaha Ultra Mikro (UMi) yang belum terjangkau pada akses keuangan formal, sebagai upaya penguatan ketahanan ekonomi dan sosial.

"BRI telah melakukan beberapa aksi nyata diantaranya pembentukan Holding Ultra Mikro, di mana BRI bersama dengan Pegadaian dan PNM telah menyediakan layanan keuangan yang terintegrasi dan memastikan nasabah ultra mikro dapat naik kelas dalam satu ekosistem yang utuh dalam konsep Empower, Integrate, danUpgrade," imbuhnya.

Ia pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Jokowi karena telah memberikan izin untuk pembentukan holding ultra mikro. Dia mengungkapkan, berkat holding tersebut, BRI kini telah berhasil menjangkau 44 juta nasabah kredit UMKM dan 173 juta nasabah simpanan atau tabungan.

Selain itu, BRI sebagai bank BUMN, juga terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong inklusi keuangan secara berkelanjutan dan terstruktur, yakni melalui AgenBRILink.

Peran AgenBRILink pun terbukti membantu masyarakat dengan kemudahan bertransaksi melalui tanpa harus pergi ke kantor cabang atau ATM. Hal ini menciptakan nilai ekonomi dan nilai sosial secara bersamaan.

Agen BRILink menjadi upaya perseroan dalam meningkatkan kapabilitas pemberdayaan. Hal ini tak terlepas dari salah satu aspirasi besar yang ingin dicapai perseroan pada 2025 yaitu menjadi Champion of Financial Inclusion.

Sunarso mengungkapkan, hingga akhir Desember 2023 tercatat jumlah AgenBRILink mencapai 741 ribu agen.

"Antusiasme masyarakat sangat tinggi, karena fee yang diterima warung-warung tidak kurang dari Rp3 triliun. Masyarakat antusias jadi AgenBRILink. Kalau di daerah, bilangnya ATM mini," imbuh Sunarso.

Dengan semangat baru dan strategi yang lebih terarah, BRI optimis UMKM Indonesia siap mengambil peran lebih besar dalam kancah ekonomi global, mendukung visi Indonesia sebagai negara maju yang berdaulat, adil, dan makmur.

(rir)

Undian Berhadiah Amplop Merah Tiga Alam

rahasia trik main slot
Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebut Indonesia siap memproduksi massal baterai kendaraan listrik mulai April 2024 nanti.
Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebut Indonesia siap memproduksi massal baterai kendaraan listrik mulai April 2024 nanti. (CNN Indonesia/Sakti Darma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebut Indonesia siap memproduksi massal baterai kendaraan listrikmulai April 2024 nanti.

Kesiapan disampaikan oleh Staf Khusus Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Tina Talisa. Ia mengatakan produksi masal itu akan dilakukan PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power yang berbasis di Karawang, Jawa Barat.

Ia mengatakan produksi massal ini merupakan sejarah baru dan menunjukkan bahwa komitmen hilirisasi yang dilakukan pemerintah dalam beberapa tahun belakangan ini bukan hanya wacana.

Ia berharap produksi massal ini bisa berjalan dengan lancar.

Sementara itu Direktur PT HLI Green Power Hong Woo Pyoung mengatakan untuk mendukung kelancaran ini, pihaknya sudah mempersiapkan rencana produksi sejak September 2023.

Persiapan salah satunya dilakukan dengan melatih para teknisi yang terlibat dalam produksi tersebut.

"Kami telah menyiapkan segala sesuatu sejak September 2023 lalu. Kami siap untuk melakukan produksi secara massal di April 2024 ini. Para engineer dari Indonesia pun telah kami latih selama setahun dan masih akan terus kami berikan pelatihan. Mereka sangat pintar, rajin, dan kompeten. Kami sangat bangga pada para engineer dari Indonesia," ucap Hong Woo Pyoung.

[Gambas:Video CNN]



(agt)

Tian Xing Zhan Ji

mahfud md pinjol
IHSG diprediksi melemah pada perdagangan Rabu (6/3) imbas tekanan rupiah dan gejolak harga komoditas.
IHSG diprediksi melemah pada perdagangan Rabu (6/3) imbas tekanan rupiah dan gejolak harga komoditas. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Rabu (6/3).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan gelombang tekanan IHSG memang belum usai meski rilis data cadangan devisa diprediksi masih  mencerminkan kondisi ekonomi RI yang stabil dan diharapkan bisa memberi dorongan positif pada indeks.

"Namun, adanya sentimen negatif yang berasal dari pelemahan nilai tukar rupiah serta fluktuasi harga komoditas akan turut mempengaruhi pergerakan IHSG. Hari ini IHSG berpotensi bergerak sideways," kata William.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan BBCA, BBRI, TBIG, BBNI, ITMG, AKRA, UNVR, dan LSIP.

Praktisi Pasar Modal sekaligus Founder WH-Project William Hartanto menyoroti tren pelemahan yang menimpa indeks. Ia memprediksi layunya IHSG akan berlanjut hari ini dengan rentang gerak 7.220-7.296.

"Belum ada sentimen baru yang perlu diperhatikan saat ini. Hari ini kami memproyeksikan IHSG berpotensi bergerak dalam kecenderungan melemah," ramalnya.

IHSG jatuh ke level 7.247 pada perdagangan Selasa (5/3). Indeks saham turun 29,28 poin atau minus 0,40 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp9,62 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20,54 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)