petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjam uang 10 juta

situs slot212 631Jutaan kata 649225Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjam uang 10 juta》

KM 149 Tol Padaleunyi Ditutup Malam Ini, Diimbau Jalan Alternatif******

PT Jasa Marga Tbk akan menutup sementara akses kilometer (km) 149 Jalan Tol Padaleunyi di Jawa Barat mulai Senin (1/1) malam ini pukul 22.00 WIB.
Ilustrasi. PT Jasa Marga Tbk akan menutup sementara akses kilometer (km) 149 Jalan Tol Padaleunyi di Jawa Barat mulai Senin (1/1) malam ini pukul 22.00 WIB. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Jasa Marga Tbk akan menutup sementara akses kilometer (km) 149 Jalan Tol Padaleunyi di Jawa Barat mulai Senin (1/1) malam ini pukul 22.00 WIB.

Penutupan tersebut dilakukan sehubungan dengan pekerjaan perbaikan jembatan pada akses keluar/masuk km 149 Jalan Tol Padaleunyi, juga untuk memastikan keselamatan pengguna jalan dan terpenuhinya Standar Pelayanan Minimal (SPM) sesuai instruksi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR.

"Sesuai instruksi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR melalui surat No. BM.07.02-P/905 tanggal 29 Desember 2023, maka Jasa Marga melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad sebagai pengelola Jalan Tol Padaleunyi akan melakukan penutupan sementara akses keluar/masuk Km 149 Jalan Tol Padaleunyi mulai Senin, 1 Januari 2024 pukul 22.00," kata Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati dalam keterangan resmi di Jakarta.

Lihat Juga :
Jasa Marga: 376 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Jelang Tahun Baru

Para pengendara diharapkan tetap berhati-hati selama berkendara, patuhi batas kecepatan berkendara di jalan tol, lakukan pembaharuan informasi jalan tol dengan mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, aplikasi Travoy, Website www.jasamarga.com atau one call center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080.

Jasa Marga mencatat sebanyak 376.949 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada 29-30 Desember 2023.



Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menyampaikan, angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (menuju arah Merak), GT Ciawi (menuju arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (menuju arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (menuju arah Bandung).

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu jelang tahun baru 2023, total volume lalin ini meningkat 8,78 persen atau 346.512 kendaraan.

Lihat Juga :
LRT Jabodebek Beroperasi hingga Jam 2 Pagi di Malam Tahun Baru

Akses menuju Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menyebutkan penumpang Kereta Cepat Whoosh yang hendak menuju Stasiun Tegalluar agar mengantisipasi penutupan sementara akses Pintu Tol Gedebage KM 149 dengan jalan atau moda alternatif yang tersedia.

Terdapat sejumlah akses alternatif yang bisa dipilih penumpang untuk menuju Stasiun Kereta Cepat Tegalluar yaitu:

1. Exit tol Buah Batu lalu menuju ke Jl. Soekarno Hatta - Jl. Cimencrang - GBLA - Jembatan Cibiru Hilir

2. Exit tol Cileunyi lalu menuju Jl. Soekarno Hatta - Jl. Cimencrang - GBLA - Jembatan Cibiru Hilir

3. Shuttle Damri dengan rute Stasiun Bandung - Pasar Baru - Alun-alun Bandung - Asia Afrika - Trans Studio Mall - Uninus - Metro Indah Mall - Gedebage - Masjid Raya Al Jabbar - Stasiun Tegalluar.

4. Shuttle Bus Summarecon dengan rute Summarecon Mall Bandung menuju Stasiun Tegalluar

5. Commuter Line Bandung Raya menuju Stasiun Cimekar dan dilanjutkan dengan menggunakan ojek atau angkutan umum lainnya.

Eva menyebut penutupan Exit Tol KM 149 Tol Padalarang-Cileunyi oleh Jasa Marga dilakukan karena adanya perbaikan jembatan.

"Penyediaan aksesibilitas dan integrasi moda transportasi membuat Stasiun Kereta Cepat Tegalluar bisa dijangkau dengan mudah. Kami imbau kepada calon penumpang untuk berangkat lebih awal ke stasiun untuk menghindari tertinggal kereta karena melewati jalan alternatif," ujarnya. 

(Antara/isn)

[Gambas:Video CNN]

Alfredo Yao, Pernah Terlunta di Jalan Kini Jadi Taipan Berharta Rp4 T******

Alfredo Yao yang pada masa kanak-kanaknya pernah terlunta di jalanan kini sukses menjadi pengusaha berharta Rp4 triliun. Ia orang terkaya ke-43 di Filipina.
Alfredo Yao yang pada masa kanak-kanaknya pernah terlunta di jalanan kini sukses menjadi pengusaha berharta Rp4 triliun. Ia orang terkaya ke-43 di Filipina. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perjalanan hidup tidak seorang pun mengetahuinya. Termasuk juga yang dialami oleh Alfredo Yao.

Pernah menjadi yatim saat usia 12 dan hidup tanpa uang, siapa sangka kini Alfredo justru menjadi orang kaya.

Mengutip Forbes, Yao kini memiliki harta US5 juta.

Lalu siapa sebenarnya Yao dan bagaimana kisah hidupnya sehingga dia bisa menjelma dari seorang anak yatim tak punya uang menjadi seorang taipan?

Mengutip berbagai sumber, Yao merupakan seorang pengusaha sukses asal Filipina. Ia lahir pada 26 November 1943 dari seorang ayah bernama Chun Yao, imigran China dan ibu bernama Soledad Macam. 

Kisah hidupnya cukup berliku. Terutama setelah ia berusia 12 tahun atau saat ayahnya meninggal dunia. 

Pasalnya, Yao yang merupakan anak sulung dari enam bersaudara harus menjalani kerasnya hidup di masa belia. Ia dan keluarganya sempat tidak punya uang.

Karena kondisi itu, ia harus berkorban. Ia harus banting tulang membantu perekonomian supaya keluarganya bisa bertahan hidup. Pasalnya, saat itu penghasilan ibunya sebagai pedagang kaki lima sangat tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Karena itu, ia harus rela putus sekolah dan menengah. Maklum, tiap hari, ia harus menemani ibunya ke tempat perjudian China untuk berjualan.

Lihat Juga :
Sukanto Tanoto Beli Hotel Mewah di Shanghai

Tak jarang karena pengorbanan ini, ia sering terlihat tidur di jalanan dengan kardus di masa kecilnya.

"Masalah itu sempat mengubah pandangan hidup saya. Saya melihat anak-anak lain disuapi meskipun mereka sudah besar, dan saya pikir hidup ini tidak adil. Tapi saya selalu bertanya pada diri sendiri, 'Mengapa saya di sini?' Saya yakin pasti ada tujuannya," kenangnya seperti dikutip dari philstar.com.

Beruntung, atas bantuan kerabatnya, ia bisa melanjutkan sekolahnya, meskipun sambil membantu sang ibu. Ia lulus sekolah dan kemudian melanjutkan kuliah ke Institut Teknologi Mapua.

Namun, itu tak berlangsung lama. Ia harus keluar kuliah di tahun keduanya. Yao bekerja keras untuk menyambung hidup dan melakukan pekerjaan serabutan seperti bekerja di gudang sebuah perusahaan pengemasan.

Saat itu, salah satu sepupunya yang sedang bekerja di percetakan sering mengunjungi tempat kerjanya.

Lihat Juga :
TaipanGianluigi Aponte, Raja Angkutan Peti Kemas Berharta Rp464 T

Dari kunjungan itu, dia melihat potensi pasar dalam bisnis pengemasan. Akhirnya saudaranya menggandengnya untuk berinvestasi di bisnis pengemasan dan percetakan.

Bermodal pinjaman 3.000 peso mereka mendirikan Solemar Commercial Press. Perusahaan bergerak dalam bisnis pembuatan bungkus plastik biskuit dan permen.

Meski memulai bisnis itu di usia 17 tahun, Yao terbilang sukses. Usaha itu bisa bertahan sampai 20 tahun.

Pada masa inilah Yao berupaya untuk mengembangkan bisnisnya. Pada 1979 ia keliling Eropa untuk mencari ide bisnis.

Dari perjalanannya itu, ia menemukan teknologi pengemasan yang disebut doy packs; kemasan foil fleksibel, di salah satu pameran.

Lihat Juga :
Sebab Saham Emiten Prajogo Pangestu Naik Sampai Disetop Sementara BEI

Tak berpikir panjang, ia akhirnya membeli mesin tersebut. Ia kemudian mencoba memasarkan ide kemasan doy ke produsen jus lokal di Filipina.

Namun sayang, upayanya sia-sia; tidak ada satu perusahaan pun yang tertarik dengan penawarannya.

Ia tak putus asa. Ia akhirnya menggunakan sendiri mesin tersebut. Ia memproduksi sendiri jus buah dan kemudian mengemasnya dengan mesin tersebut.

Usahanya sukses. Jus yang ia beri merek Sest-O tersebut laku di pasaran karena rasanya yang enak dan harganya ramah di kantong.

Pada 1980, minuman jus Zest-O sukses besar di Filipina dan bisa menguasai 80 persen pasar minuman jus siap saji.

Lihat Juga :
Profil Anak Haji Isam yang Hartanya Turun Rp4,5 T dalam Setahun

Jusnya dapat ditemukan di hampir setiap kotak makan siang setiap anak yang bersekolah di Filipina.

Namun, kesuksesan itu tak membuatnya lekas berpuas diri. Ia terus memperkaya varian jus produksi perusahaannya dengan memperkenalkan ke pasar rasa jus jeruk mangga, anggur, nanas, stroberi, sup asam, apel, mangga-jeruk, mangga-calamansi dan mangga-lemon.

Yao juga meluncurkan merek jus lain Sun-glo Juice Drink, Big 250 Juice Drink, dan Plus! yang kemudian diekspor ke negara tetangga lainnya di Asia seperti China, Korea, dan Singapura serta di beberapa wilayah Amerika dan Eropa.

Sukses di bisnis minuman, Yao kemudian merambah bisnis penerbangan. Pada 2008, ia terjun ke bisnis penerbangan dengan mendirikan Zest Air dan berusaha menjadi maskapai penerbangan bertarif rendah di negara tersebut.

Namun, bisnis ini bukan tanpa batu sandungan.  Ia menghadapi persaingan yang ketat antara lain Air Philippines dan Cebu Pacific Air.

Lihat Juga :
TAIPANAgoes Projosasmito, Orang Terkaya Nomor 8 di RI dari Pertambangan

Namun, ia tak menyerah. Yao mencari cara lain untuk memenangkan persaingan itu. Ia dapat cara; menjaring wisatawan China dan Korea dengan menerbangkan mereka langsung ke tujuan wisata di Filipina tanpa harus mampir di NAIA.

Upayanya ini menjadikan Zest Air maskapai lokal pertama di Filipina yang melayani wisatawan China dan Korea secara langsung. 

Tahun 2016 lalu, Zest Airways terintegrasi penuh dengan AirAsia sebagai AirAsia Zest.

Dermawan

Meskipun sudah sukses dengan usahanya, Yao tidak lupa dengan masa kecilnya yang pernah hidup sengsara. Ia punya mimpi untuk mendirikan sekolah agar tidak ada lagi-anak tidak mampu yang terlunta di jalanan tanpa pendidikan seperti dirinya dulu.

"Karena pendidikan adalah kekayaan terbesar yang dapat diharapkan oleh siapa pun. Instrumen pemerataan terbesar dalam masyarakat. Bukan hal yang mustahil untuk mengatasi kemiskinan dengan pendidikan," ujarnya. 

Untuk mewujudkan mimpi itu, ia mendirikan AMY Foundation. Melalui lembaga itu, ia memberikan beasiswa kepada siswa yang membutuhkan. 

"Saya tidak ingin para siswa tidak mampu mendapatkan beasiswa. Saya tahu tidak punya biaya besar pengaruhnya terhadap kepercayaan diri seorang anak. Saya mengalami trauma itu secara langsung," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(agt/sfr)




bab terbaru:cerah88

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
evo 33 slot
harmoni4d
dominobet88
situs slot untung
igcplay
cara pasang bbfs togel
togel dunia
new member to kecil
gudang situs slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 10 situs poker online terpercaya
Bab 2 hk paito warna
Bab 3 permainan online slot
Bab 4 agen gacor
Bab 5 situs slot gacor 24 jam
Bab 6 erek erek kuini
Bab 7 info link gacor hari ini
Bab 8 cara mendapatkan uang di shopee
Bab 9 cara menggunakan voucher alfamart 50 ribu
Bab 10 rtp gacor77
Bab 11 slot demo raja89
Bab 12 situs web judi slot online
Bab 13 situs slot asia gacor
Bab 14 cheat rtp jam gacor
Bab 15 erek2 47
Bab 16 mbcslot88
Bab 17 slot88 4d
Bab 18 man slot
Bab 19 trik main domino duofu duocai hari ini
Bab 20 agen 888 slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8572bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Kebangkitan Seni Bela Diri Ilahi

cara pinjam uang di bca tanpa jaminan
Kementerian BUMN menemukan lagi dua dana pensiun (dapen) yang terindikasi fraud. Pihaknya akan mengumumkan dua BUMN itu Januari nanti.
Kementerian BUMN temukan lagi dua dana pensiun (dapen) yang terindikasi fraud. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan ada duadana pensiun(dapen) BUMN yang terindikasifraud. Namun, dia enggan menyebut apa kedua BUMN tersebut.

"Nanti kita akan lihat lagi dua (dapen) ini insyaAllah Januari kita umumkan," katanya di Menara Danareksa, Jumat (29/12).

Tiko, sapaan akrabnya, mengatakan ada tiga fokus yang dilakukan terhadap dapen BUMN. Pertama, meneliti kecukupan rasio kecukupan dana (RKD).Kedua,meneliti mengenai investasi. Ketiga, terkait fraud.

Pada Oktober lalu, Menteri BUMN Erick Thohir telah menyerahkan empat laporan dugaan korupsi dapen BUMN ke Kejaksaan Agung (Kejagung). Keempat dapen tersebut yakni milik PT Inhutani (Persero), PT Angkasa Pura I (Persero), PT Perkebunan Nusantara (Persero) atau PTPN, dan ID Food.

Erick mengatakan kerugian negara akibat dapen bermasalah tersebut mencapai Rp300 miliar.

Ia akan terus menindak dapen BUMN yang melakukan pelanggaran. Ia mengaku tidak memiliki target khusus. Namun ia akan segera melaporkan ke Kejagung bila hasil audit menunjukkan adanya penyelewengan.

Kementerian BUMN berupaya memperbaiki pengelolaan dapen melalui pooling fund atau dana gabungan di bawah Indonesia Financial Group (IFG), yang mengelola asuransi, penjaminan dan investasi.

Erick menyampaikan dapen yang bermasalah membutuhkan tambahan modal sebesar Rp12 triliun. Dana tersebut didapatkan dari BUMN yang menangani dapen bermasalah.

Menurutnya, penambahan modal ini bisa memakan waktu dua hingga tiga tahun. Pasalnya, hal ini dipengaruhi oleh masalah keuangan yang harus diselesaikan.

"Tergantung dari BUMN. Kalau BUMN-nya, misalnya, ada problem cash flow total, itu masalah lain yang harus diselesaikan. Jadi enggak semudah itu. Makanya, ini kembali, kalau masih mau punya pensiunan-pensiunan ini problem, mestinya ada
konsolidasi," jelas Erick.

[Gambas:Video CNN]

 

(fby/pta)

Kelahiran kembali dan tamparan setiap hari di wajah

kerja di hp dapat uang
Beli sepeda listrik semurah ini cuma di Transmart Full Day Sale hari ini, Sabtu (30/12), harganya mulai Rp2 jutaan aja!
Beli sepeda listrik semurah ini cuma di Transmart Full Day Sale hari ini, Sabtu (30/12), harganya mulai Rp2 jutaan aja! (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Lagi cari-cari sepeda listrik baru buat tahun baruan ini? Belinya di Transmart aja yuk mumpung lagi pada diskon dan bisa langsung dibawa pulang ke rumah.

Transmart Full Day Sale kini berlangsung spesial. Digelar selama dua hari mulai Sabtu 30 Desember hingga Minggu 31 Desember 2023, beragam produk pilihan bakal diskon gede-gedean hingga 50% + 20%, salah satunya sepeda listrik.

Lihat Juga :
Cara Dapat Diskon Belanja 20 Persen di Transmart Setiap Hari

Sepeda listrik Pacific E-Bike Vertex dari harga normal Rp7.200.000, diskon jadi Rp5.472.000 aja per unit khusus pembelian di gerai Pulau Jawa. Pembeli hemat Rp1.728.000.

Sementara sepeda listrik Pacific E-Bike Vertex khusus luar Pulau Jawa dari harga normal Rp7.500.000, diskon jadi Rp5.760.000 per unit. Pembeli hemat Rp1.740.000.

Semua diskon sepeda listrik tersebut bisa pelanggan dapatkan dengan pembayaran menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega, dan Mega Syariah.

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tak perlu khawatir. Anda bisa segera unduh aplikasinya dari hp atau mengajukan pembukaan kartu kredit instan.

Caranya unduh Allo Bank yang tersedia di App Store atau Play Store, lalu daftar akun dan upgrade ke Allo Prime.

Setelah di-upgrade, lanjut ajukan Allo Pay Later yang proses aktivasinya cepat dan langsung dapat limit besar. Nantinya limit tersebut bisa digunakan di hari yang sama untuk belanja di Transmart.

Alternatif lain dapat mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Saya membunuh Guru

kode alam ikan gabus
Transmart Full Day Sale balik lagi kasih diskon gede buat produk elektronik. Salah satunya ada LED TV 50 inci UHD mulai Rp4 jutaan!
Transmart Full Day Sale balik lagi kasih diskon gede buat produk elektronik. Salah satunya ada LED TV 50 inci UHD mulai Rp4 jutaan! (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart kasih diskon gede-gedean nih buat produk elektronik di gelaran bertajuk Transmart Full Day Sale.

Salah satunya ada LED TV 50 inci UHD berbagai merek ternama dengan harga spesial mulai dari Rp4 jutaan saja!

Lihat Juga :
Masih Ada Waktu buat Nikmati Diskon 50% + 20% di Transmart, Cus!

Untuk LED TV 65" UHD Smart harga sale mulai Rp7.199.200 dari harga normal Rp11.209.000 per unit.

Penawaran dengan harga spesial ini bisa didapatkan dengan pembelian menggunakan Allo Prime, Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki salah satu bank yang direkomendasikan, bisa downloadAllo Bank di hp melalui App Store atau Google Play Store.

Setelah itu, kamu bisa upgradeakunnya ke Allo Prime supaya bisa mengklaim diskon di Transmart Full Day Sale.

Selain itu, bisa juga mengajukan pembukaan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah secara instan di setiapboothyang tersedia di gerai Transmart.

Jangan sampai lewatkan kesempatan ini ya, soalnya Transmart Full Day Sale cuma berlangsung selama satu hari pada Minggu (14/1).

Pesta diskon ini berlangsung dari jam toko buka hingga tutup pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Langsung aja ke Transmart sekarang juga dan bawa pulang produk elektronik idamanmu, ya!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Bai Yeyi

bintang4dp login
Kekayaan Prajogo Pangestu anjlok US,4 miliar atau Rp177,59 triliun dalam sehari pada Selasa (9/1) imbas penurunan harga saham perusahaanya.
Kekayaan Prajogo Pangestu anjlok US,4 miliar atau Rp177,59 triliun dalam sehari pada Selasa (9/1) imbas penurunan harga saham perusahaanya. (barito-pacific.com).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kekayaan Prajogo Pangestuanjlok US,4 miliar atau Rp177,59 triliun (asumsi kurs Rp15.573 per dolar AS) dalam sehari pada Selasa (9/1).

Dilansir dari Forbes, penurunan harta itu terjadi karena saham Barito Renewables Energy dan Chandra Asri Pacific masing-masing anjlok 20 persen menjadi Rp5.400 dan Rp4.220.

Dengan penurunan itu, kini kekayaan bersih Prajogo tersisa US,1 miliar atau Rp655,75 triliun.

"Baik BREN dan TPIA berada dalam areaoverboughtdan saham-saham jatuh ketika investor melihat peluang untuk mengambil keuntungan," kata Ezaridho.

Ia mengatakan harga saham kedua perusahaan saat ini dinilai terlalu tinggi, meskipun prospeknya menjanjikan berdasarkan rencana ekspansi mereka.

"Mereka dinilai terlalu tinggi jika kita melihat matriks saat ini, namun tidak (dinilai terlalu tinggi) jika kita melihat dengan matriks yang diperkirakan, dengan mempertimbangkan kontribusi dan skalanya ketika proyek masa depan mereka selesai," tutue Ezaridho.

Ia pun memperkirakan saham tersebut akan rebound pada akhir kuartal I 2024 masing-masing menjadi Rp5.300 dan Rp6.800.

Meski pun jatuh, harga saham perusahaan-perusahaan milih Prajogo sempat melesat drastis pada 4 Desember 2023 lalu.

Selain BREN dan TPIA, perusahaan Prajogo lainnya adalah PT Barito Pacific Tbk (BRPT) dan PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN).

BRPT, yang IPO pada 9 Oktober lalu, melesat 33,99 persen secara year to date (ytd) atau sejak awal 2023 hingga sesi kedua perdagangan hari ini (4/12).

Lalu perusahaan pertrokimia miliknya, TPIA, juga terbang 15,94 persen (ytd). BREN yang merupakan emiten geotermal juga melonjak 607,69 persen (ydt).

Ada juga emiten batu bara CUAN yang naik hingga 3.321,53 persen (ytd).

[Gambas:Video CNN]



(agt)

Orang-orang menggali emas di Ghana, Afrika

togelv88
PLN sudah bertemu dengan pelanggan dengan tagihan susulan Rp41,8 juta pada Jumat (12/1).
ILUSTRASI pengukuran listrik. PLN sudah bertemu dengan pelanggan dengan tagihan susulan Rp41,8 juta pada Jumat (12/1). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kebon Jeruk buka suara soal warga mendapat tagihan listrik susulan dengan nominal Rp41.826.297 yang viral di media sosial.

Manager PLN UP3 Kebon Jeruk Elpis J. Sinambela mengatakan pihaknya telah melakukan pertemuan lanjutan pada Jumat siang (12/1).

Dalam pertemuan tersebut, menurut keterangan PLN yang diterima CNN Indonesia, pelanggan telah memahami duduk perkara dan bersedia membayar tagihan susulan sebesar Rp 41 juta dengan skema angsuran.

Elpis menjelaskan PLN melakukan pemeriksaan pada aset PLN, salah satunya adalah kWh meter, dalam rangka mengamankan pelanggan dari bahaya kelistrikan.

"Pemeriksaan ini dilakukan oleh tim P2TL yang bertujuan untuk melakukan pemeriksaan teknis terhadap jaringan dan meteran listrik yang menjadi kewenangan PLN," ujarnya.

PLN pun mengimbau masyarakat untuk tidak mempengaruhi kWh meter ataupun menggunakan listrik secara ilegal, karena dapat membahayakan serta merugikan diri sendiri dan orang lain.

"PLN juga mengimbau masyarakat untuk melaporkan kepada PLN melalui aplikasi PLN Mobile apabila terjadi permasalahan pada kWh meter," ujarnya.

Kronologi awal masalah

Sebelumnya, akun X @brosalind mengaku rumahnya didatangi PLN. Saat itu petugas mengecek meteran listriknya.

Petugas, kata dia, mengganti meteran tersebut dengan yang baru karena meteran yang sebelumnya sudah berumur tua.

"Setelah dicek ternyata mesin meteran listrik yg lama adalah keluaran tahun 1992. Kemudian meteran listrik lama ini di simpan dan dijadikan barang bukti," kata dia.

"Setelah dilakukan uji pengecekan, ditemukan error/penyimpangan -29.15%. Dan ada baret di disk meterannya. Ya iya dong, sudah dari taun 1992. Bahkan dari saya belum lahir 🙂 Kemudian dijatuhkan kesimpulan melanggar peraturan golongan 2 dan sudah ada perhitungannya," lanjutnya.

Dia mengaku sudah minta keringanan, tetapi PLN hanya memberi DP 13juta / 31persen dari total tagihan denda.

"Dan sisanya dicicil satu tahun. Ya dari dulu @pln_123 ga ngecek meteran rumah atau gimana, kok baru dicek sekarang dan dengan gampang menjatuhkan denda sebesar 41,8jt," kata dia.

[Gambas:Twitter]



(yli/vws)

[Gambas:Video CNN]

Penyihir itu datang dari jauh

rtp roma77
PHRI mencatat rata-rata keterisian atau okupansi hotel secara nasional baru 70 persen pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).
PHRI mencatat rata-rata keterisian atau okupansi hotel secara nasional baru 70 persen pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Ilustrasi. (iStock/bogdankosanovic).
Jakarta, CNN Indonesia--

Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mencatat rata-rata keterisian atau okupansi hotelsecara nasional baru 70 persen pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Sekretaris Jenderal PHRI Maulana Yusran menuturkan peningkatan paling tinggi masih terpusat di Pulau Jawa dan Bali.

"Rata-rata okupansinya itu 70 persen, kalau dibandingkan hari bisa 10 sampai 15 persen peningkatannya. Tapi setiap daerah beda-beda," ucapnya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (28/12).

Selain di Jawa-Bali, peningkatan okupansi hotel juga terjadi di wilayah Lampung, Palembang, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

Maulana menyebut peningkatan okupansi hotel juga seiring dengan melonjaknya kunjungan ke restoran. Sebab, rata-rata pengunjung restoran pun adalah wisatawan yang menginap.

"Restoran pada umumnya dinikmati traveler juga yang harus makan di luar," kata dia.

Ia pun memprediksi peningkatan okupansi hotel dan restoran kembali meningkat pada malam tahun baru 2024 mendatang. Ia menargetkan rata-rata keterisian hotel bisa mencapai 70 persen pada malam pergantian tahun itu.

"Itu malah tahun baru puncaknya (keterisian hotel)," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)