petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

situs loker terpercaya

pakde4d rtp 822Jutaan kata 58088Orang-orang telah membaca serialisasi

《situs loker terpercaya》

Benarkah Pertamina larang beli BBM subsidi jika telat bayar pajak?******

Benarkah Pertamina larang beli BBM subsidi jika telat bayar pajak?
Arsip - Masyarakat sebagai pelanggan mengisi BBM berkualitas, bahan bakar minyak non-subsidi di SPBU milik Pertamina Patra Niaga Sumbagsel. (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)
Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan Facebook yang menampilkan foto pengisian BBM di Pertamina yang diberi narasi peraturan baru Pertamina, dilarang mengisi BBM bersubsidi jika telat membayar pajak.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut yang beredar pada awal Maret 2024 itu :

“Peraturan Baru: Dilarang Isi Bensin Kalau Telat Bayar Pajak”

Namun, benarkah Pertamina larangan beli BBM subsidi jika telat bayar pajak pada Februari 2024?

 

Unggahan yang menarasikan Pertamina larangan beli BBM subsidi jika telat bayar pajak pada Februari 2024. CSR Pertamina Patra Niaga Wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, Ahad Rahedi menyampaikan hal itu masih sebatas usulan dan belum diterapkan. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, belum ada informasi resmi mengenai peraturan tersebut. Namun, pada November 2023 PT Pertamina mengusulkan kepada pemerintah daerah di Bali agar penunggak pajak kendaraan bermotor tidak mengonsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Mekanismenya, dilansir dari ANTARA, penunggak pajak yang mendatangi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) untuk membeli BBM, tidak diperkenankan mengisi BBM subsidi.

Saat ini, sistem serupa mulai diterapkan di Lampung dan Jawa Barat. Rencananya, Pertamina Patra Niaga melakukan penjajakan kepada pemerintah daerah di Jawa Timur dan Bali.

Dilansir dari Kominfo, Corporate Secretary PT. Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan belum ada aturan nasional yang melarang pembelian BBM bersubsidi jika telat membayar pajak kendaraan. Selain itu, pajak kendaraan bermotor dikelola oleh pemerintah provinsi sehingga kebijakan terkait pajak kendaraan merupakan wewenang Pemerintah Daerah (Pemda). 

Manajer Komunikasi dan CSR Pertamina Patra Niaga Wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, Ahad Rahedi juga menyampaikan bahwa pada November 2023 pihaknya sempat mengusulkan agar Pemda di Bali melarang penunggak pajak kendaraan bermotor membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, tetapi hal itu masih sebatas usulan dan belum diterapkan.

Cek fakta: Hoaks! Tautan BLT BBM sebesar Rp750.000 dari pemerintah

Cek fakta: Misinformasi! BBM akan langka karena kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Baca juga: Pemprov Babel - Pertamina tidak jual BBM bagi kendaraan mati pajak

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024

Indonesia perjuangkan kepentingan nasional pada UNEA ke******

Indonesia perjuangkan kepentingan nasional pada UNEA ke-6 di Kenya
Delegasi Indonesia dalam acara The United Nations Environment Assembly (UNEA) ke-6 di Nairobi, Kenya pada Jumat (1/3/2024). (ANTARA/HO-KBRI Nairobi)
Jakarta (ANTARA) - Delegasi Indonesia yang terdiri atas Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong, Duta Besar RI di Nairobi Mohamad Hery Saripudin, serta pejabat dari Kementerian LHK, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, dan KBRI Nairobi sukses berpartisipasi dan memperjuangkan kepentingan nasional dalam acara The United Nations Environment Assembly (UNEA) ke-6 di Nairobi, Kenya.

“Indonesia telah meningkatkan kualitas lingkungan (tanah, air, udara), melalui langkah-langkah komprehensif, inovatif, terpadu untuk mengendalikan polusi melalui optimalisasi pengelolaan sampah (hulu-hilir) dan ekonomi sirkular dalam kerangka Zero Waste, Zero Emission 2030," kata Alue yang memimpin delegasi tersebut dalam siaran pers KBRI Nairobi diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut Alue, Indonesia juga telah berupaya keras untuk menunjukkan komitmennya dalam menjaga pengelolaan bakau berkelanjutan melalui inisiatif bakau berketahanan iklim dan mendirikan World Mangrove Center.

Indonesia juga menggarisbawahi keberhasilan pada pengelolaan air yang akan menjadi showcase pada The 10th World Water Forum pada Mei di Bali, serta mengundang partisipasi seluruh pihak pada pertemuan tersebut.

Indonesia mengajak sejumlah negara lain melakukan konservasi, restorasi dan pengelolaan bakau secara berkelanjutan, mencegah dan mengatasi polusi yang merusak hutan mangrove, mencegah konversi hutan mangrove, meningkatkan R&D dan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan mangrove, dan meningkatkan pemanfaatan jasa lingkungan mangrove, serta memobilisasi sumber daya untuk konservasi, restorasi dan pengelolaan mangrove berkelanjutan.

UNEA yang beranggotakan 193 Negara Anggota PBB merupakan badan pengambil keputusan tertinggi di dunia untuk menetapkan prioritas kebijakan dalam mengatasi permasalahan lingkungan global seperti isu ekonomi sirkular; tindakan multilateral yang efektif, inklusif, dan berkelanjutan menuju keadilan iklim; modifikasi radiasi matahari; pengelolaan bahan kimia dan limbah yang baik, serta badai pasir dan debu.

Lebih dari 5.000 delegasi dari 139 Negara Anggota PBB serta sekitar 60 menteri dan 50 pejabat setingkat wakil menteri/direktur jenderal hadir pada UNEA Ke-6 yang berlangsung pada 26 Februari–1 Maret.

Dubes Hery mengatakan UNEA Ke-6 merupakan platform untuk menentukan norma tentang bagaimana negara anggota menyikapi berbagai isu lingkungan.

Baca juga: KLHK: Dokumen ULM lengkap kelola 621 hektare mangrove Kotabaru
“Sebagai pemilik hutan mangrove terbesar di dunia dengan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, Indonesia memberikan teladan yang baik dan’ Lead by Example’, yang menjadi kontribusi penting dalam mengatasi tantangan lingkungan global yang saling terkait (interlinkages)”, kata Hery.

Lebih lanjut, Hery mengatakan Indonesia senantiasa mendorong sinergi antara proses dan inisiatif global pada berbagai platform multilateral, dengan pelibatan inklusif seluruh pemangku kepentingan untuk mendukung pelestarian lingkungan dan mewujudkan dunia yang lebih hijau.

UNEA Ke-6 menghasilkan Ministerial Declarationberisi dorongan untuk meningkatkan upaya penanganan perubahan iklim, mendukung implementasi The United Nations Decade on Ecosystem Restorationdan The United Nations Convention to Combat Desertification, memerangi degradasi lahan/penggurunan dan deforestasi, transisi produksi pertanian/perikanan berkelanjutan, pengelolaan hutan berkelanjutan, mewujudkan just and sustainable energy transition, pengelolaan mineral/logam ramah lingkungan, aktif konstruktif pada negosiasi pembentukan instrumen internasional terkait polusi plastik, meningkatkan kerja sama mengatasi polusi serta pengelolaan bahan kimia/limbah yang lebih baik.


UNEA Ke-6 juga mengadopsi 1 laporan dan 2 putusan, serta 15 resolusi mengenai sirkularitas agroindustri tebu rendah karbon; peningkatan peran forum regional para menteri/kantor regional program lingkungan hidup PBB dalam kerja sama multilateral; pemajuan kerja sama-kolaborasi-sinergi implementasi Multilateral Environment Agreements (MEAs) dan instrumen lingkungan hidup terkait; aspek lingkungan mineral dan logam; peningkatan kerja sama UNEA-UNEP-MEAs; memerangi badai pasir dan debu; pemajuan gaya hidup berkelanjutan; pengelolaan bahan kimia/limbah yang baik; memajukan kerja sama regional mengatasi polusi udara global; penanganan pestisida yang sangat berbahaya; bantuan pemulihan lingkungan hidup di wilayah konflik bersenjata; solusi efektif/inklusif untuk memperkuat kebijakan air; memperkuat upaya internasional memerangi/memulihkan degradasi lahan/penggurunan, serta ketahanan terhadap kekeringan dan amandemen instrumen pembentukan Global Environment Facilitiy.

Pada kesempatan itu Indonesia juga mengadakan side event bertajuk "World Mangrove Center - Leading by Example" yang menggarisbawahi peran Indonesia sebagai negara pemenang dalam isu mangrove dan menekankan perlunya "will to connect", termasuk melalui pendirian World Mangrove Center.

Baca juga: BRGM dan Bank Dunia rehabilitasi 32 ribu hektare mangrove tahun ini

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2024

Balai Pelestarian Kebudayaan survei batu berlapis di Rejang Lebong******

Balai Pelestarian Kebudayaan survei batu berlapis di Rejang Lebong
Batu berlapis yang ditemukan di Desa Kampung Melayu, Kecamatan Bermani Ulu, Kabupaten Rejang Lebong. ANTARA/HO-Diskominfo Rejang Lebong
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Peneliti dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VII Bengkulu-Lampung melakukan survei lapangan penemuan batu berlapis di wilayah Kabupaten Rejang Lebong.

Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah VII Bengkulu-Lampung Nurmatias di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan survei lapangan penemuan batu berlapis di Desa Kampung Melayu, Kecamatan Bermani Ulu, Kabupaten Rejang Lebong tersebut dilakukan bersama peneliti dari Universitas Indonesia (UI).

"Survei lapangan dilakukan karena biasanya ada temuan prasejarah pasti ada hal-hal yang berkaitan dengan artefak lainnya yang bisa kita jadikan sebagai konteks dari temuan yang ada," kata dia.

Baca juga: Pemkab Rejang Lebong rencanakan pengembangan objek wisata Bukit Basah

Dia menjelaskan, survei lapangan penemuan batu berlapis di Desa Kampung Melayu tersebut dilakukan guna melihat langsung kondisi bebatuan serta lokasi di sekitarnya.

Survei lapangan ini, kata dia, dilakukan tim peneliti Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah VII bersama Guru Besar Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI Prof Cecep Eka Permana dan Dosen Arkeologi UI Roma Roi Lubis.

Prof Cecep Eka Permana menyatakan penemuan batu berlapis di wilayah itu merupakan hal yang menarik yang terjadi dari proses pembentukan magma yang membeku pada masa lalu.

Baca juga: Arkeolog BPK Jatim temukan tiga arca di Situs Gondang Trenggalek

Setelah melihat langsung objek di lapangan, kata dia, tim peneliti mengambil dokumentasi studi situs, kemudian melakukan pengeboran ke pusat bukit, menggali parit, serta mengambil sampel tanah.

Pada penelitian lapangan ini pihaknya menggunakan radar menembus tanah untuk mengambil gambar bawah permukaan dengan menggunakan teknik pengeboran inti dan teknik penggalian parit. Upaya ini dilakukan guna membantu peneliti untuk menyelami lapisan pertama.

Baca juga: Pemkab Boyolali teliti penemuan situs benda purbakala di Tlawong

Sebelumnya, masyarakat Desa Kampung Melayu menemukan situs batu berlapis yang diperkirakan peninggalan peradaban kuno dengan ketinggian mencapai 40 meter.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:bo slot tergacor

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
siputri88
manjur bola slot
vip 888 slot
seribu mimpi 70
menangbet88
server pro thai
hasil sdy
cara pinjaman akulaku ke dana
rtp angsa4d
Daftar isi semua bab
Bab 1 agengacor
Bab 2 slot pendatang baru
Bab 3 yes77 demo
Bab 4 newslot88
Bab 5 emas168
Bab 6 judi slot resmi
Bab 7 macau88
Bab 8 paduka138
Bab 9 dana lancar pinjol ilegal
Bab 10 kaitoto
Bab 11 link luxury138 terbaru
Bab 12 lazada kredit hp
Bab 13 parlay4d
Bab 14 link 4d slot
Bab 15 alexis4d
Bab 16 fokus 88 slot login
Bab 17 terbaru slot gacor
Bab 18 situs dunia slot88
Bab 19 slot bonus 100 new member
Bab 20 cara cari duit di shopee
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1653bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

dunia fantasi yang hilang

situs judi slot terpercaya
Pj Gubernur Jatim Adhy serukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk
Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono (tengah) saat menyampaikan pemaparan di Surabaya, Minggu (3/3/2023). ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim.
Lindungi diri kita, lindungi keluarga kita, lindungi sekitar kita
Surabaya (ANTARA) - Penjabat Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengimbau masyarakat untuk menggalakkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), guna mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang kini mulai merebak di puncak musim hujan.

"Masyarakat bisa lebih waspada melalui Gerakan Satu Rumah Satu Juru Pemantau Jentik atau Jumantik, minimal satu minggu sekali," katanya melalui keterangan tertulis di Surabaya, Minggu.

Menurutnya, upaya pencegahan penyebaran DBD penting dilakukan, karena berdasarkan data situasi dari bulan Januari hingga minggu ketiga Februari 2024, jumlah kasus di Jatim telah mencapai 3.638 orang.

Adhy menjelaskan, kegiatan PSN dapat dilakukan dengan 3M Plus, yaitu menguras/membersihkan bak mandi, vas bunga, tempat minum binatang peliharaan, tatakan dispenser. Kedua, dengan menutup rapat tempat penampungan air.

"Jika tempat penampungan air tidak mungkin dikuras atau ditutup maka bisa diberikan larvasida," katanya.

Pj Gubernur Adhy menandaskan, langkah ketiga adalah menyingkirkan atau memanfaatkan serta mendaur ulang barang bekas seperti ban bekas, botol plastik, kaleng bekas.

"Kemudian yang paling penting adalah plus, yaitu menghindari gigitan nyamuk. Di antaranya bisa dengan menanam pohon pengusir nyamuk, memakai kelambu, anti nyamuk serta memberikan larvasida. Selain itu memelihara ikan pemakan jentik, memasang ovitrap/ larvitrap/mosquitotrap," katanya.

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono juga  mengungkapkan upaya pemberantasan DBD tidak bisa dilakukan sendiri. Melainkan harus menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat.

Karena itu, ia juga berharap besar agar sosialisasi oleh tenaga kesehatan di berbagai Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) bisa lebih digaungkan.

"Bisa juga berkolaborasi dengan Rukun Tetangga/ Rukun Warga/ Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga hingga Karang Taruna untuk menggalakkan Gerakan PSN hingga ke rumah-rumah. Jaga terus kebersihan diri dan lingkungan. Lindungi diri kita, lindungi keluarga kita, lindungi sekitar kita," katanya.

Pewarta: Willi Irawan/Hanif Nasrullah
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024

Tuanku sangat galak

slot win 138 vip
Partisipasi pemilih Pemilu 2024 di Lumajang capai 83,5 persen
Foto dok, Ketua KPU Lumajang Yuyun Baharita saat memberikan sambutan dalam rekapitulasi suara di tingkat kabupaten. ANTARA/HO-Diskominfo Lumajang.
Alhamdulillah partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 cukup tinggi yakni mencapai 83,5 persen dan melampaui target KPU RI sebesar 78 persen
Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum 2024 di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mencapai 83,5 persen berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara yang sudah dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Alhamdulillah partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 cukup tinggi yakni mencapai 83,5 persen dan melampaui target KPU RI sebesar 78 persen," kata Ketua KPU Lumajang Yuyun Baharita saat dihubungi per telepon di Lumajang, Minggu.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Lumajang pada Pemilu 2024 sebanyak 837.666 orang yang terdiri dari pemilih perempuan sebanyak 427.559 orang dan pemilih laki-laki sebanyak 410.107 orang dengan jumlah TPS sebanyak 3.322 TPS yang tersebar di 21 kecamatan.

"Tingginya partisipasi pemilih karena semua pihak bekerja optimal dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menyalurkan hak pilih baik penyelenggara pemilu, pemerintah daerah hingga peserta Pemilu 2024," tuturnya.

Ia menjelaskan KPU Lumajang gencar melakukan sosialisasi kepada pemilih agar menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2024 dan hal tersebut mendapat dukungan dari semua pihak baik pemerintah daerah dan partai politik sebagai peserta Pemilu 2024.

Baca juga: KPU Jabar targetkan partisipasi pemilih bisa mencapai 85 persen

Baca juga: Bupati Jember targetkan partisipasi pemilih 80 persen lebih

Baca juga: Bawaslu: Partisipasi pemilih PSU di 10 TPS Surabaya 50 persen lebih

Partisipasi pemilih di Kota Pisang tersebut pada Pemilu 2024 lebih tinggi dibandingkan pada Pemilu 2019 yang tercatat berdasarkan data KPU Lumajang sebesar 79 persen dari jumlah DPT sebanyak 835 ribu lebih pemilih.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Lumajang Agus Triyono mengatakan partisipasi pemilih pemula di berbagai TPS di Lumajang sangat baik karena banyaknya pihak yang terlibat dalam meningkatkan hal tersebut.

"Dukungan yang kuat dari TNI-Polri, para pemangku kepentingan, dan kebijakan menggratiskan masuk wisata pasca-nyoblos menjadi faktor utama dalam kesuksesan partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu 2024," ujarnya.

Ia juga mengapresiasi inisiatif sejumlah masyarakat yang memberikan kuliner gratis bagi pemilih pemula pasca-nyoblos. Hal itu dapat menjadi dorongan positif, tidak hanya sebagai bentuk apresiasi, tetapi juga sebagai sarana untuk mendorong partisipasi aktif dalam proses demokrasi.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024

Jalan Taiyi Zheng di zaman kuno

berapa prediksi togel hongkong malam ini
Benarkah Pertamina larang beli BBM subsidi jika telat bayar pajak?
Arsip - Masyarakat sebagai pelanggan mengisi BBM berkualitas, bahan bakar minyak non-subsidi di SPBU milik Pertamina Patra Niaga Sumbagsel. (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)
Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan Facebook yang menampilkan foto pengisian BBM di Pertamina yang diberi narasi peraturan baru Pertamina, dilarang mengisi BBM bersubsidi jika telat membayar pajak.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut yang beredar pada awal Maret 2024 itu :

“Peraturan Baru: Dilarang Isi Bensin Kalau Telat Bayar Pajak”

Namun, benarkah Pertamina larangan beli BBM subsidi jika telat bayar pajak pada Februari 2024?

 

Unggahan yang menarasikan Pertamina larangan beli BBM subsidi jika telat bayar pajak pada Februari 2024. CSR Pertamina Patra Niaga Wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, Ahad Rahedi menyampaikan hal itu masih sebatas usulan dan belum diterapkan. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, belum ada informasi resmi mengenai peraturan tersebut. Namun, pada November 2023 PT Pertamina mengusulkan kepada pemerintah daerah di Bali agar penunggak pajak kendaraan bermotor tidak mengonsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Mekanismenya, dilansir dari ANTARA, penunggak pajak yang mendatangi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) untuk membeli BBM, tidak diperkenankan mengisi BBM subsidi.

Saat ini, sistem serupa mulai diterapkan di Lampung dan Jawa Barat. Rencananya, Pertamina Patra Niaga melakukan penjajakan kepada pemerintah daerah di Jawa Timur dan Bali.

Dilansir dari Kominfo, Corporate Secretary PT. Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan belum ada aturan nasional yang melarang pembelian BBM bersubsidi jika telat membayar pajak kendaraan. Selain itu, pajak kendaraan bermotor dikelola oleh pemerintah provinsi sehingga kebijakan terkait pajak kendaraan merupakan wewenang Pemerintah Daerah (Pemda). 

Manajer Komunikasi dan CSR Pertamina Patra Niaga Wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, Ahad Rahedi juga menyampaikan bahwa pada November 2023 pihaknya sempat mengusulkan agar Pemda di Bali melarang penunggak pajak kendaraan bermotor membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, tetapi hal itu masih sebatas usulan dan belum diterapkan.

Cek fakta: Hoaks! Tautan BLT BBM sebesar Rp750.000 dari pemerintah

Cek fakta: Misinformasi! BBM akan langka karena kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Baca juga: Pemprov Babel - Pertamina tidak jual BBM bagi kendaraan mati pajak

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024

kerajaan Atlantis

seven4d slot
Satgas Gakkum DC tangkap anggota KKB perampas senpi Polri di Ilaga
Arsip foto - TKP kasus perampasan senjata api yang dilakukan KKB di sekitar pasar Kago, Ilaga, bulan Pebruari lalu. ANTARA/HO-Humas Polda Papua.
Jayapura (ANTARA) - Kasatgas Penegakan Hukum Damai Cartenz (Gakkum DC) Kombes I Gusti Gde Era Adhinata mengakui, tim nya telah menangkap anggota KKB yang diduga kelompok perampas senjata api milik KP3 Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Memang benar anggota telah menangkap salah satu anggota KKB yang juga terlibat dalam kasus perampasan senpi jenis SS 1-V 1 yang terjadi tanggal 2 Pebruari lalu, kata Kombes Era Adhinata kepada ANTARA di Timika, Minggu.

Baca juga: Perampas senjata api KP3 Udara Ilaga anggota KKB Numbuk Telenggen

Diakui, dari laporan yang diterima YT alias WT diduga terlibat dalam perampasan senpi SS 1 yang terjadi di depan Masjid Al Iklas Ilaga Kompleks Pasar Kago, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak .

Setelah merampas senpi, anggota KKB yang merupakan anak buah Numbuk Telenggen itu melarikan diri ke kampung Mundidok, Distrik Gome yang merupakan salah satu kampung yang menjadi basis KKB.

Baca juga: Tim gabungan TNI-Polri tangkap KKB kelompok Numbuk Telenggen di Puncak

Penangkapan terhadap YT dilakukan Sabtu (2/3) saat yang bersangkutan berada di sekitar kampung Kago.

Saat ditangkap, juga diamankan sejumlah barang bukti yang dibawa didalam tas noken, di antaranya dua handphone selular dan dompet yang berisi KTP serta uang.

YT saat ini masih ditahan di Mapolres Puncak di Ilaga untuk dimintai keterangannya, kata Kombes Era Adhinata yang juga menjabat Kabid TIK Polda Papua.

Baca juga: Seorang anggota KKB tewas saat kontak tembak dengan aparat
Baca juga: Anggota KKB dari Yambi nyatakan kembali ke NKRI

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024

Kaisar Iblis Abadi

slot yang paling mudah menang
BI Jateng sebut hortikultura jadi penahan inflasi periode Februari
Pelaksana Harian (Plh) Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah (BI Jatng) Nita Rachmenia. ANTARA/HO-Dok BI.
Komoditas yang dimaksud adalah bawang merah, kol putih, kubis, dan tomat.
Semarang (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah (BI Jateng) menyebutkan penurunan harga komoditas hortikultura menjadi penahan peningkatan inflasi di Jateng pada periode Februari 2024.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Perwakilan BI Jateng Nita Rachmenia, dalam pernyataan di Semarang, Minggu, menyebutkan komoditas yang dimaksud adalah bawang merah, kol putih, kubis, dan tomat.

Penurunan harga berlangsung seiring dengan ketercukupan pasokan sejumlah komoditas hortikultura tersebut di Jateng, seperti panen dini bawang merah di Brebes dengan luas lahan 150 hektare.

Dia mengakui, panen dini dilakukan sebagai dampak dari kekhawatiran petani bawang merah terhadap curah hujan yang tinggi dan banjir di areal lahan bawang merah yang berisiko mengganggu hasil panen.

Pada Februari 2024, kata dia, perkembangan inflasi gabungan di sembilan kabupaten/kota di Jateng masih berada dalam rentang sasaran inflasi, dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 0,57 persen (month to month).

Dengan demikian, inflasi gabungan sembilan kabupaten/kota di Jateng pada Februari 2024 sebesar 2,98 persen dan berada di rentang sasaran target inflasi, yakni 2,5 plus minus 1 persen.

Secara spasial, kata dia, seluruh kabupaten/kota IHK di Jateng mengalami inflasi, dengan inflasi tertinggi di Kota Tegal, yakni 0,9 persen (mtm), diikuti Purwokerto, Kabupaten Wonogiri, Kudus, dan Kota Surakarta sebesar 0,61 persen (mtm).

Ia menjelaskan bahwa inflasi, terutama dipengaruhi oleh kenaikan harga komoditas pangan, yakni beras karena sebagian besar wilayah sentra produksi beras di Jateng belum memasuki masa panen.

Meski demikian, kata dia lagi, harga beras diperkirakan akan berada pada tren penurunan di periode berikutnya, seiring dengan panen yang mulai berlangsung di beberapa wilayah, seperti Kabupaten Purworejo.

Selain itu, sinergi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) wilayah Jateng, antara lain melalui Gerakan Pangan Murah (GPM), juga menjadi salah satu upaya pengendalian harga pangan, terutama beras.

Inflasi juga dipengaruhi kenaikan harga telur dan daging ayam ras, seiring dengan kenaikan biaya produksi peternak akibat kenaikan harga pangan dan penurunan pasokan setelah sejumlah peternak melakukan afkir ayam.

Pada 2024, inflasi IHK diperkirakan akan berada pada sasaran inflasi 2,5 plus minus 1 persen sehingga BI bersama para pemangku kepentingan yang tergabung dalam TPID Jateng akan terus berkoordinasi dan bekerja sama melaksanakan berbagai program pengendalian inflasi.

Program pengendalian inflasi tersebut ditujukan untuk menjaga kecukupan pasokan dan kelancaran distribusi barang/komoditas di Jateng.
Baca juga: BPS: Inflasi Jateng di 2023 mencapai 2,89 persen
Baca juga: TPID-BI Jateng resmikan Kios Pandawa Kita stabilkan harga pangan

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024

Orang kaya yang saleh

program slot
Mendagri minta kepala daerah antisipasi inflasi menjelang Ramadhan
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian memberikan arahan terkait inflasi kepada kepala daerah di Padang, Minggu (3/3/2024). ANTARA/HO-Puspen Kemendagri.
Padang (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian meminta gubernur, bupati dan wali kota di Tanah Air untuk mengantisipasi inflasi menjelang masuknya Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah.

"Saya minta kepala daerah segera bekerja untuk menekan wilayah-wilayah yang inflasinya tinggi dan terdata di Badan Pusat Statistik maupun di Kemendagri," kata Mendagri RI Tito Karnavian di Padang, Minggu.

Menurut Tito, hanya ada dua masalah atau penyebab terjadinya inflasi di suatu daerah. Pertama, kurangnya suplai suatu barang dan kedua terjadinya lonjakan permintaan di masyarakat.

Pada saat Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri biasanya beberapa harga kebutuhan pokok seperti beras, daging ayam, telur dan lain sebagainya akan melonjak tinggi. Oleh karena itu, setiap kepala daerah diminta mewaspadainya.

"Segera waspadai dan segera tambah suplainya. Kemudian, distribusinya juga harus lancar," kata Mendagri mengingatkan.

Mendagri yang bertindak sebagai pemimpin upacara pada peringatan HUT Ke-74 Satpol PP dan Satlinmas Ke-62 tingkat nasional, menegaskan Satpol PP memiliki peran penting membantu aparat penegak hukum dalam mencegah terjadinya penimbunan barang.

Terpisah, Kepala Badan Pusat Statistik Sumatera Barat Sugeng Arianto mengatakan inflasi di Ranah Minang pada Februari 2024 yang mencapai 3,32 persen secara year on year (yoy), terjadi akibat naiknya sejumlah indeks kelompok pengeluaran.

"Inflasi ini akibat kenaikan harga indeks pengeluaran kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 6,84 persen," kata Sugeng Arianto.

Kelompok lainnya yang turut memicu inflasi yakni pakaian dan alas kaki sebesar 2,01 persen, kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga sebesar 1,65 persen.

Selanjutnya kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga menyumbang inflasi sebesar 0,59 persen, kesehatan 2,88 persen, transportasi 1,39 persen, kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan 0,07 persen.

Baca juga: Mendagri sebut data Dukcapil penting untuk pembangunan dan bansos

Baca juga: Tito ingatkan Satpol PP jaga integritas dan kepercayaan publik

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024