petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

zeus 138 slot

cara pinjam di bri online 402Jutaan kata 680210Orang-orang telah membaca serialisasi

《zeus 138 slot》

15 Investor Groundbreaking Proyek Baru di IKN Januari******

Otorita Ibu Kota Negara Nusantara (OIKN) mengungkap 15 investor bakal melakukan groundbreaking proyek baru di IKN pada Januari hingga Februari 2024 mendatang.
Otorita Ibu Kota Negara Nusantara (OIKN) mengungkap 15 investor bakal melakukan groundbreaking proyek baru di IKN pada Januari hingga Februari 2024 mendatang. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Otorita Ibu Kota Negara Nusantara (OIKN) mengungkap 15 investorbakal melakukan groundbreakingproyek baru di IKN pada Januari hingga Februari 2024 mendatang.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono mengatakan hal tersebut menandakan bawah pemerintah bakal terus mempercepat pembangunan IKN di tahun depan.

"Sebagian di antaranya bahkan Desember ini tadinya mau groundbreaking, tapi dengan waktu terbatas mereka (investor) akhirnya bersiap di Januari hingga Februari (2024)," ucap Agung dalam acara media briefing, Jumat (29/12).

Lalu, Yayasan Arsari membangun Pulau Suaka Orang Utan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membangun gedung kantor, Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) membangun gedung kantor, dan BPJS Kesehatan membangun gedung kantor.

Lalu, PT PLN (Persero) membangun gedung kantor, Bank Mandiri membangun perkantoran/bank, Jambuluwuk membangun hotel, RGE (Royal Golden Eagle) Group membangun hotel bintang 5, dan Indogrosir membangun bangunan multi fungsi.

Kemudian, Ciputra Group membangun hunian hijau, hotel, dan lapangan golf, Bank BCA membangun perkantoran/bank, GGS Interiors membangunshowroom furniture, Ninar Primera membangun kawasan pergudangan, dan Grand Lucky membangun bangunan multi fungsi.

Meski demikian, Agung belum bisa membocorkan berapa nilai investasi dari 15 investor tersebut.

"Groundbreaking saya belum bisa sebut nilainya, tapi jumlah perusahaannya ada 15," kata dia.

Lebih lanjut, Agung mengatakan China dan Malaysia ikut seleksi tender pembangunan 166 tower dan rumah tapak di IKN dengan skema Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU). Rinciannya, China diwakili oleh CITIC Limited dan Malaysia Maxim serta IJM Corporation Berhad.

CITC Construction rencananya akan membangun 60 tower. Sementara, Maxim 10 tower dan IJM 20 tower.

Adapun sisanya akan dibangun oleh empat perusahaan dalam negeri, yakni Summarecon, Trinitiland, PT Nindya Karya, dan Intiland. Keseluruhan proyek ini memiliki indikasi nilai capex sebesar Rp55 triliun.

"Mereka harus dievaluasi feasibility study, kemudian nanti dilakukan tender untuk kemudian ditetapkan mana yang terbaik. Baru kemudian ada perjanjian yang dibangun," jelas Agung.

Agung menyebut perusahaan asing yang ikut seleksi tender itu saat ini sedang dalam tahap evaluasi feasibility study. Jika proses itu lolos, mereka bisa menjadi tender.

"Jadi mereka berkompetisi, dipilih supaya kita mendapat hasil yang terbaik," tutur Agung.

[Gambas:Video CNN]

Selain itu, Agung juga mengatakan saat ini ada enam negara yang telah menyatakan minat atauLetter of Intent (LOI)untuk mendukung pembangunan smart city di IKN.

Keenam negara itu yakni Korea Selatan, Amerika Serikat, Prancis, China, Jerman, dan Finlandia.

Terlepas dari itu semua, Agung mengatakan pihaknya berhasil merealisasikan komitmen investasi senilai Rp41 triliun dalam pembangunan IKN sepanjang 2023.

Total pendanaan non-APBN itu berasal dari 23 investor domestik alias dalam negeri.

Agung menuturkan masuknya 23 investor itu ditandai dengan pelaksanaan tiga rangkaian groundbreakingsejak September hingga Desember 2023 ini.

Ia menyebut tahap pertama ada empat investor masuk IKN, kemudian pada tahap kedua ada sembilan investor, dan pada tahap ketiga ada 10 investor.

"Dari investasi IKN ada 23 investor dan kita sebut mereka investor pelopor, pionir yang melaksanakan groundbreaking, total investasi senilai Rp41 triliun," ucap Agung.

Lihat Juga :
Luhut Sebut Ada Indikasi Pelanggaran SOP di Ledakan Smelter PT ITSS

Lebih rinci, keempat investor yang masuk dalam tahap pertama ini adalah Yayasan Innopark, RS Abdi Waluyo, PSSI, dan Konsorsium Nusantara (terdiri dari Agung Sedayu Group, Adaro, Sinarmas, Pulau Intan, Salim Group, Astra, Mulia Group, Barito Pacific, Kawan Lama Group, dan Alfamart) dengan total investasi sebesar Rp23,1 triliun.

Lalu, investasi kedua yang masuk melalui groundbreakingpada November 2023 berasal dari RS Hermina, Pakuwon Group, Jakarta Intercultural School (JIS), Mayapada Hospital, Astra International, Kementerian Perhubungan, BPJS Ketenagakerjaan, Bank Indonesia (BI), dan PT PLN (Persero) dengan total nilai investasi sebesar Rp13,1 triliun.

Kemudian, investasi yang masuk IKN melalui groundbreaking pada Desember 2023 adalah Aqua, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, The Pakubuwono Development, Wulandari Bangun Laksana, Balikpapan Super Block, BSH, Bluebird, Polri dan TNI dengan total nilai Rp5,9 triliun.

(mrh/agt)

Perusahaan Bantu Hijaukan IKN Bakal Dapat Pengurangan Pajak 200 Persen******

Otorita IKN berjanji memberikan fasilitas pengurangan pajak hingga 200 persen bagi perusahaan yang membantu menghijaukan IKN Nusantara.
Otorita IKN berjanji memberikan fasilitas pengurangan pajak hingga 200 persen bagi perusahaan yang membantu menghijaukan IKN Nusantara. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) berjanji memberikan fasilitas pengurangan pajakhingga 200 persen bagi perusahaan yang membantu menghijaukan IKN Nusantara.

Direktur Pengembangan Pemanfaatan Kehutanan dan Sumber Daya Air OIKN Pungky Widiaryanto mengatakan tutupan lahan atau hutan di IKN hanya 16 persen dari total luas 252 ribu hektare. Bahkan, laju deforestasinya mencapai 1.000 hektare per tahun.

Oleh karena itu, OIKN membuat kawasan hijau atau lindung seluas 177 ribu hektare. Rinciannya, 40 ribu hektare untuk hutan sekunder, 2.000 hektare hutan mangrove, 55 ribu hektare hutan industri, serta 80 ribu hektare lainnya digunakan sebagai pertanian, tambang, dan kebun sawit.

"Sebagai contoh, salah satu perusahaan ingin melakukan rehabilitasi di 2.000 hektare, contoh saja menghabiskan Rp100 miliar. Itu bisa diklaim sebagai tax deductiondua kali lipatnya untuk perusahaan tersebut. Ini sebagai contoh untuk insentif-insentif dalam rangka perbaikan hutan di IKN Nusantara," sambung Pungky.

Selain pemberiantax deduction,Pungky merinci dua skema lain yang akan dilakukan pihaknya untuk merehabilitasi kawasan hutan di IKN.

Pertama,menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pungky menyebut penggunaan kas negara bisa dilakukan oleh OIKN, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), hingga pemerintah daerah setempat.

Kedua, kemitraan. Ia menegaskan OIKN bakal menyediakan lahan bagi para perusahaan yang memang berkewajiban menghijaukan kawasan hutan.

"Contohnya, kewajiban reklamasi atau rehabilitasi dalam rangka kewajiban perusahaan tersebut karena telah menggunakan kawasan hutan untuk pertambangan," ucap Pungky.

"Jadi, kalau di tambang ada kewajiban satu kali satu, melakukan rehabilitasi di luar area tambang mereka. Itu kita sediakan lahan di IKN Nusantara untuk dilakukan rehabilitasi sebagai kewajiban mereka (perusahaan tambang)," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Neraca Dagang Desember 2023 Surplus US,31 M******

BPS mencatat neraca perdagangan barang Indonesia kembali mencatat surplus sebesar US,31 miliar pada Desember 2023 ini.
BPS mencatat neraca perdagangan barang Indonesia kembali mencatat surplus sebesar US,31 miliar pada Desember 2023 ini. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdaganganbarang Indonesia kembali mencatat surplus sebesar US,31 miliar pada Desember 2023 ini. Hal ini dikarenakan ekspor lebih tinggi dibandingkan impor.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini mengatakan secara bulanan (mtm) surplus neraca dagang naik 0,90 persen. Sedangkan secara tahunan (yoy) turun 0,61 persen.

"Dengan demikian maka neraca perdagangan Indonesia telah mencatatkan surplus selama 44 bulan berturut-turut sejak Mei 2020," ujar Pudji dalam konferensi pers, Senin (15/1).

Berikut perkembangan ekspor dan impor Indonesia sepanjang Desember 2023:

Ekspor

Ekspor Indonesia sepanjang Desember 2023 tercatat US,41 miliar atau naik 1,89 persen dibandingkan November 2023 yang sebesar US miliar. Sedangkan, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya turun 5,76 persen yang sebesar US,78 miliar.

Ekspor miga tercatat senilai US,48 miliar pada bulan lalu atau naik 15,28 persen dari November 2023. Sedangkan ekspor nonmigas naik 1,06 persen dari US,72 miliar menjadi US,93 miliar.

Kenaikan ekspor Desember didorong oleh peningkatan ekspor nonmigas terutama golongan barang bahan bakar mineral yang naik 10,07 persen dan bijih logam yang naik 37,37 persen.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Unggah Foto Diskusi IKN Bareng Basuki Usai Dibujuk Mundur

Menurut sektornya, ekspor industri pengolahan tercatat sebesar US,75 miliar, pertambangan dan lainnya US,83 miliar, serta pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar US0 juta.

Sementara, untuk komoditas unggulan Indonesia seperti batu bara, besi dan baja, nilai ekspornya meningkat pada Desember 2023. Batu bara naik 9,6 persen dari US,74 miliar menjadi US miliar.

Lalu, ekspor besi dan baja naik 0,10 persen dari US,28 miliar menjadi US,28 miliar. Sedangkan, ekspor minyak kelapa sawit turun 28,73 persen dari US,04 miliar menjadi hanya US,45 miliar.

Secara kumulatif (Januari-Desember) total nilai ekspor tercatat sebesar US8,82 miliar. Realisasi ini turun 11,33 persen dibandingkan periode yang sama 2022 sebesar US1,90 miliar.

Impor

Nilai impor Indonesia pada Desember 2023 tercatat mengalami kontraksi sebesar 2,45 persen dari sebesar US,59 miliar pada November menjadi US,11 miliar. Penurunan kinerja impor ini terjadi pada kelompok migas dan nonmigas masing-masing 3,33 persen dan 2,26 persen.

Penurunan terjadi pada bahan baku penolong turun 0,97 persen (mtm) dan anjlok 4,43 persen (yoy). Sedangkan, impor barang konsumsi dan modal naik masing-masing 1,90 persen dan 10,51 persen.

Secara kumulatif (Januari-Desember), total nilai impor mencapai US1,89 miliar. Realisasi ini turun 6,55 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang berhasil mencapai US7,45 miliar.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)




bab terbaru:star slot 888

Perbarui waktu:2024-06-27

Daftar bab terbaru
buku mimpi gelang
zoomslot88
paling gacor hari ini
spin gacor
rtp slot 5000
mie 77 slot login
boslot
tabel angsuran kredivo
lazada bayar pakai akulaku
Daftar isi semua bab
Bab 1 tebar4d
Bab 2 cash pro ojk
Bab 3 asia77 login
Bab 4 aston777
Bab 5 situs terpercaya poker
Bab 6 bonus138
Bab 7 betwin88
Bab 8 cara belanja cicilan kredivo
Bab 9 kangtoto
Bab 10 promo voucher tiket com
Bab 11 togel288
Bab 12 jakarta 77 slot
Bab 13 bbfs togel
Bab 14 rtp oyo88
Bab 15 rajaslot99
Bab 16 slot link alternatif
Bab 17 kyoslot
Bab 18 info slot gacor terbaru
Bab 19 gacor club slot
Bab 20 rtp wbocash
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6416bab
takutBacaan TerkaitMore+

Kehidupan setelah kematian dimulai dari awal

igamble247 demo
Kulkas side by side dari berbagai merek ternama diskonnya sampai 20 persen d Transmart Full Day Sale. Jangan sampai lewatkan promonya!
Kulkas side by side dari berbagai merek ternama diskonnya sampai 20 persen d Transmart Full Day Sale. Jangan sampai lewatkan promonya! (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Diskon akhir tahun dari Transmart datang lagi di periode Full Day Sale yang berlangsung sejak Sabtu (30/12) hingga Minggu (31/12).

Ada banyak produk elektronik yang didiskon besar-besaran. Salah satunya kulkas side by side dari berbagai merek ternama berikut karena diskonnya sampai 20 persen.

Lihat Juga :
Masih Ada Waktu buat Belanja Hemat di Transmart, Diskonnya 50% + 20%

Sementara, kulkas side by side 472L merek LG, Polytron, Panasonic, Sharp, Samsung, harga normal Rp12.649.000, harga diskon jadi Rp9.239.200. Harga ini khusus pembelian di Transmart luar Pulau Jawa, Bali, Lampung.

Bagi pelanggan setia Transmart yang belum memiliki salah satu bank yang direkomendasikan bisa mengikuti cara berikut.

DownloadAllo Bank di hp melalui App Store atau Google Play Store, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime supaya bisa mengklaim diskon puluhan persen tiap transaksi di Transmart Full Day Sale.

Alternatif lain bisa mengajukan pembukaan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah secara instan di setiap boothyang ada di gerai Transmart.

Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

Budidaya Perkotaan: Saya Seorang Legenda

cara memakai kredivo di tokopedia
IHSG ditutup melemah ke level 7.288 pada Kamis (28/3) sore.
IHSG ditutup melemah ke level 7.288 pada Kamis (28/3) sore. (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks hargasahamgabungan (IHSG) ditutup di level 7.288 pada Kamis (28/3). Indeks saham melemah 21,2 poin atau minus 0,29 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11,69 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 15,22 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 164 saham menguat, 445 terkoreksi, dan 172 lainnya stagnan.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia bervariasi. Tercatat, indeks Nikkei 225 di Jepang turun 1,46 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong naik 0,94 persen, dan indeks Kospi di Korea Selatan turun 0,34 persen.

Sementara itu bursa saham Eropa menguat. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris plus 0,01 persen, indeks CAC 40 di Prancis menguat 0,25 persen, dan indeks DAX di Jerman tumbuh 0,50 persen.

Bursa Amerika juga menguat. Indeks S&P 500 naik 0,86 persen, indeks NYSE menguat 1,09 persen, dan indeks NASDAQ Composite plus 0,51 persen.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Supermarket benteng saya

biowin69 rtp
Penyedia mesin gim Pokemin Go, Unity Software, bakal PHK 1.800 karyawan atau 25 persen dari total karyawan.
Penyedia mesin gim Pokemin Go, Unity Software, bakal PHK 1.800 karyawan atau 25 persen karyawan. (Foto: iStockphoto/Tippapatt)
Jakarta, CNN Indonesia--

Penyedia perangkat lunak gim video Unity Software bakal melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1.800 karyawan. Jumlah ini setara 25 persen dari total pekerja.

Setelah kabar pemangkasan karyawan menyebar, saham perusahaan penyedia mesin gim Pokemon Go ini naik hampir 5 persen.

Rencana PHK diumumkan melalui memo internal pada Senin (8/1) kemarin. Manajemen menyatakan PHK massal ini bakal berdampak pada semua tim, wilayah, dan area bisnis.

Ini merupakan PHK putaran keempat yang dilakukan perseroan sejak Juli 2022.

PHK kali ini merupakan pemangkasan terbanyak yang dilakukan Unity Software. Perusahaan yang berbasis di San Fracisco, Amerika Serikat tersebut menargetkan pemberhentian pekerja selesai pada akhir Maret mendatang.

Di industri gim, ada lebih dari 1,1 juta developergim yang mengandalkan perangkat lunas Unity Software. Selain Pokemon Go, gim populer lainnya yang menjadi konsumen mereka adalah Beat Sabre dan Hearthstone.

Unity didirikan hampir dua dekade lalu oleh tiga insinyur asal Denmark, dan mendapatkan popularitas di kalangan pengembang game karena mesin gimnya yang mempermudah pengembangan dan penerbitan gim di berbagai platform, seperti melalui seluler atau realitas virtual (VR).

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)

Buku Dunia Lain

beli laptop pakai kartu kredit
Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal guna menghindari macet pada hari-hari yang diprediksi menjadi puncak arus mudik.
Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal guna menghindari macet pada hari-hari yang diprediksi menjadi puncak arus mudik. (Muchlis Jr - Biro Setpres).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk berangkat lebih awal guna menghindari macet di puncak arus mudik.

"Berkaitan dengan puncak mudik yang tadi disampaikan oleh Pak Menko (Menko PMK Muhadjir Effendy) itu hari ke 4, tapi kalau hari ke 4, 3, 2, itu akan tinggi sekali. Oleh karenanya kita mengimbau agar sebagian anak-anak yang sudah libur bisa mudik lebih awal," kata Budi usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024, di Jakarta Selatan, Senin (25/3).

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor karena berbahaya.

Di sisi lain, Budi juga mengimbau sejumlah Kapolda untuk memberi atensi soal adanya pasar tumpah di sejumlah daerah.

"Saya mengimbau kepada beberapa Kapolda karena pasar tumpah itu selalu menjadi masalah. Oleh karenanya, Kapolda di Jabar, Jateng, Jatim harus segara melaksanakan koordinasi tentang itu," ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebelumnya menjelaskan puncak arus mudik bakal terjadi pada 5-8 April dan puncak arus balik terjadi pada 13-16 April.

"Jumlah pemudik berdasar hasil survei diprediksi sekitar 193 juta, atau kenaikan 50 persen dibanding mudik tahun lalu," ucap Muhadjir.

[Gambas:Video CNN]



(yoa/sfr)

Lagu Kebangkitan Jiwa

slot global
Transmart Full Day Sale kembali kasih diskon dan harga spesial untuk baju koko dan pakaian pria dari berbagai merek ternama. Cek daftarnya.
Ilustrasi. Transmart Full Day Sale kembali kasih diskon dan harga spesial untuk baju koko dan pakaian pria dari berbagai merek ternama. Cek daftarnya (CNN Indonesia/Feby Febrina)
Jakarta, CNN Indonesia--

Tidak terasa, Ramadan sudah memasuki minggu ketiga. Saatnya menambah pakaian dengan koleksi baju koko terbaru untuk menemani ibadah sholat tarawih atau untuk hari raya nanti.

Tidak perlu khawatir mencari tempat untuk membeli, karena Transmart kini kembali dengan Full Day Sale yang menawarkan diskon dan harga spesial untuk baju koko dan berbagai pakaian pria dari merek ternama.

Lihat Juga :
Ramadan Makin Hemat, Belanja di Transmart Diskonnya sampai 50% + 20%
  • Baju koko Manzone promo beli 1 untuk 2 dengan tambahan diskon 20 persen menggunakan Allo Prime atau kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.
  • Baju koko Alisan diskon 35 persen plus tambahan diskon 20 persen menggunakan Allo Prime atau kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.
  • Baju koko S135 diskon promo beli 1 untuk 3 plus tambahan diskon 20 persen menggunakan Allo Prime atau kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.
  • Baju koko Emba Classic dengan harga spesial Rp 159.000 plus tambahan diskon 20 persen menggunakan Allo Prime atau kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.
  • Hoodie dan Sweatshirt Arizona dengan harga spesial Rp 200.000 plus tambahan diskon 20 persen menggunakan Allo Prime atau kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.

Penawaran dengan harga spesial ini bisa didapatkan dengan syarat pembayaran menggunakan Allo Prime dari Allo Bank atau kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah.

Untuk menikmati diskon dan harga spesial ini, pastikan kamu menggunakan Allo Prime dari Allo Bank atau kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah saat pembayaran.

Belum memiliki salah satunya? Jangan khawatir! Kunjungi saja kantor cabang Bank Mega terdekat atau daftar langsung di unit pembukaan instan yang tersedia di gerai-gerai Transmart di seluruh Indonesia.

Untuk Allo Prime, cukup downloadaplikasi Allo Bank di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akun ke Allo Prime, dan siap untuk berbelanja. Gimana gampang banget kan?

Langsung aja di borong baju koko ini, yang bakal bikin kamu terlihat keren. Promo Full Day Sale Transmart hanya berlangsung hari Minggu (24/3), dari buka toko hingga tutup pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Jangan sampai menyesal karena melewatkan promo ini, segera kunjungi Transmart terdekat ya. Selamat berbelanja!

Gif banner Allo Bank
(naj/juh)

[Gambas:Video CNN]

Fagositosis gen tanpa batas

direkturtoto
Menkes sebut paparan flu singapura ditentukan daya tahan tubuh
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan terkait flu singapura di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (28/3/2024). ANTARA/Andi Firdaus/aa.
Kalau kena infeksi seperti flu, yang penting daya tahan tubuh kita jangan lemah
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan daya tahan tubuh menentukan tingkat paparan dari berbagai jenis penyakit influenza, termasuk flu singapura atau yang dikenal dengan istilah Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD).

"Kalau kena infeksi seperti flu, yang penting daya tahan tubuh kita jangan lemah," kata Budi Gunadi Sadikin di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan influenza memiliki banyak varian yang terus bermutasi, seperti H1N1 atau flu babi, H5N1 atau flu burung, hingga flu singapura.

"Yang sebenarnya paling banyak itu bukan flu singapura, tapi flu biasa. Itu ada H1N1, H5N1, itu banyak sekali variannya dan flu tidak pernah berhenti bermutasi," katanya.

Berdasarkan hasil analisa data, kata Menkes Budi, flu singapura bukan varian yang mematikan seperti flu burung.

"Jadi sekali lagi jangan sampai kurang tidur, makannya kurang. Itu pastikan daya tahannya," katanya.

Kementerian Kesehatan RI melaporkan kasus flu singapura belakangan meningkat signifikan. Pemantauan hingga pekan ke-11 di 2024, total lebih dari 5 ribu pasien terinfeksi flu singapura.

Direktur Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan Kemenkes Achmad Farchanny Tri Adriyanto mengatakan, catatan ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya dalam periode yang sama.

Hal ini diyakini berkaitan dengan tren yang sedang melanda negara tetangga, Singapura, yang juga melaporkan fenomena serupa.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024