petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjaman online bank mandiri tanpa jaminan

link slot yang paling gacor 723Jutaan kata 271138Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjaman online bank mandiri tanpa jaminan》

Sikat Bun! Ayam Broiler Segar Mulai Rp20 Ribuan di Transmart******

Dari sekian banyak produk yang didiskon di Transmart Full Day Sale besok, salah satunya ada ayam broiler segar mulai dari Rp20 ribuan per ekor, lho.
Dari sekian banyak produk yang didiskon di Transmart Full Day Sale besok, salah satunya ada ayam broiler segar mulai dari Rp20 ribuan per ekor. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Bunda, mau belanja ayam segar untuk stok makanan keluarga di rumah? Sini Bun, belanjanya di Transmart aja mumpung Full Day Sale balik lagi.

Transmart Full Day Sale Merdeka Belanja memang nggak ada habisnya dan selalu penuh kejutan untuk semua pelanggan setianya.

Lihat Juga :
Diskon AC di Transmart Rp1,1 Juta, Bisa Pasang Gratis di Rumah

Dari sekian banyak produk diskon, salah satunya ada ayam broiler ini Bun. Transmart berani kasih harga miring yang dijamin lebih murah dari toko sebelah, mulai dari Rp20 ribu. Cek di sini yuk harganya:

  • Ayam broiler dari harga normal Rp25 ribuan per ekor, diskon jadi Rp20 ribuan per ekor menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah. Harga berlaku untuk pembelian di Transmart Palu.
  • Ayam broiler dari harga normal Rp32 ribuan per ekor, diskon jadi Rp26 ribuan per ekor menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah. Harga berlaku untuk pembelian di Transmart Kupang dan Mataram.
  • Ayam broiler dari harga normal Rp36 ribuan per ekor, diskon jadi Rp29 ribuan per ekor menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah. Harga berlaku untuk pembelian di Transmart Pangkal Pinang, Palembang, Bandung.
  • Ayam broiler dari harga normal Rp38 ribuan per ekor, diskon jadi Rp31 ribuan per ekor menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah. Harga berlaku untuk pembelian di Transmart Manado, Jawa Tengah, Jawa Timur.
  • Ayam broiler dari harga normal Rp39 ribuan per ekor, diskon jadi Rp31 ribuan per ekor menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah. Harga berlaku untuk pembelian di Transmart Padang, Jambi, Jabodetabek, Denpasar, Karawang.
    Ayam broiler dari harga normal Rp39 ribuan per ekor, diskon jadi Rp31 ribuan per ekor menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah. Harga berlaku untuk pembelian di Transmart Makassar, Medan, Pekanbaru.
  • Ayam broiler dari harga normal Rp42 ribuan per ekor, diskon jadi Rp33 ribuan per ekor menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah. Harga berlaku untuk pembelian di Transmart Lampung dan Pontianak.
  • Ayam broiler dari harga normal Rp44 ribuan per ekor, diskon jadi Rp35 ribuan per ekor menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah. Harga berlaku untuk pembelian di Transmart Balikpapan.

Jangan lupa Bun, Download Allo Bank di Google Play Store atau App Store. Lalu upgrade akunnya ke Allo Prime supaya bisa mengajukan Allo Pay Later.

Selain belanja sekarang bayar belakangan pakai Allo Paylater, Bunda juga bisa Merdeka Belanja dengan kartu kredit Bank Mega dan Mega Syariah.

Jadi tunggu apalagi, langsung ke gerai Transmart terdekat dan ikutan Merdeka Belanja yang diskonnya cuma seharian, berlaku dari mulai toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Gif banner Allo Bank
(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]

Satgas UUCK Gelar Workshop di Medan, Permudah Pelaku UMK Urus NIB******

Satgas UUCK memperkenalkan manfaat dari NIB kepada para pelaku UMK dalam workshop bertajuk Kemudahan Perizinan Berusaha di Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara.
Suasana workshop Kemudahan Perizinan Berusaha di Lantamal I Belawan, Medan, Selasa (18/7). (Foto: Arsip Satgas UU Cipta Kerja)
Jakarta, CNN Indonesia--

Dalam upaya meningkatkan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha di Indonesia, Satuan Tugas Percepatan Sosialisasi Undang-Undang Cipta Kerja (Satgas UUCK) mengadakan workshopbertajuk 'Kemudahan Perizinan Berusaha. di Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 200 orang ini menjadi momen penting untuk memperkenalkan manfaat dari Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada para pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) di Indonesia.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua III Satgas UUCK, Raden Pardede, menjelaskan bahwa UU Cipta Kerja bertujuan untuk menyederhanakan proses perizinan, mempercepat pengurusan izin, mengurangi birokrasi, serta memperkuat hubungan antara pemerintah pusat dan daerah.

NIB bukan hanya sekadar identitas usaha, tetapi juga berlaku sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API), dan Akses Kepabeanan untuk kegiatan ekspor impor.

"Nomor Induk Berusaha atau NIB adalah identitas bagi pelaku usaha yang wajib dimiliki," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (19/7).

Perubahan ini memberikan kemudahan signifikan bagi para pelaku usaha. Sebelumnya, mereka harus mengurus berbagai dokumen perizinan, seperti SIUP dan SKU, namun dengan adanya NIB, semua proses tersebut dapat disederhanakan dalam satu dokumen.

"Misalnya, saat mengajukan pembiayaan atau pinjaman ke bank, NIB sudah menjadi syarat yang cukup. Bank hanya akan menanyakan NIB tersebut," imbuh dia.

Pengurusannya pun semakin mudah dan cepat melalui aplikasi OSS Indonesia yang dapat diakses secara daring melalui oss.go.id atau Google Play Store.

Untuk membantu peserta workshopmemahami proses pengurusan NIB, tim dari Kementerian Investasi/BKPM memberikan bimbingan langsung kepada para peserta, termasuk perempuan pesisir dan nelayan tradisional.

Proses pembuatan NIB hanya memerlukan e-KTP dan aplikasi OSS Indonesia, dan dalam waktu 15-20 menit, mereka sudah bisa memiliki NIB tanpa dikenakan biaya.

Meskipun sudah diterbitkan sebanyak 4.730.445 juta NIB sejak pemberlakuan UU Cipta Kerja pada tahun 2020, jumlah tersebut masih jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah total UMKM di Indonesia, yang mencapai sekitar 64,19 juta menurut data Kementerian Koperasi dan UKM.

Oleh karena itu, pemerintah terus menggenjot sosialisasi NIB dan bekerja sama dengan Satgas UUCK untuk mengadakan kegiatan serupa di berbagai wilayah Indonesia.

Workshopdi Medan ini menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam mendorong para pelaku UMK untuk mengurus legalitas usaha mereka sesuai dengan implementasi UU Cipta Kerja.

Diharapkan dengan kemudahan dalam perizinan berusaha melalui NIB, sektor UMK di Indonesia akan semakin berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian negara.

(rir/rir)

Kinerja Industri RI Agustus 2023 Melambat******

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melaporkan nilai indeks kepercayaan industri (IKI) pada Agustsu 2023 melambat 0,09 poin dibandingkan dengan Juli 2023.
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melaporkan nilai indeks kepercayaan industri (IKI) pada Agustsu 2023 melambat 0,09 poin dibandingkan dengan Juli 2023. (Joko Sulistyo)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melaporkan nilaiindeks kepercayaan industri (IKI) pada Agustus 2023 melambat 0,09 poin dibandingkan dengan Juli 2023.

Tercatat, IKI pada bulan ini berada di angka 53,22, lebih rendah dibandingkan bulan lalu sebesar 53,31.

Juru Bicara Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Febri Hendri Antoni Arif mengatakan meski demikian, IKI Agustus masih cukup ekspansif.

Dalam hal ini, sektor industri dengan ekspansi yang paling tinggi adalah subsektor kendaraan bermotor dan trailer, alat angkut lainnya, dan subsektor minuman.

Sementara yang masih kontraksi adalah industri tekstil, lalu industri kayu, barang dari kayu dan gabus, dan industri pakaian jadi atau konveksi.

Febri menjelaskan kepercayaan industri pengolahan yang ekspansif ini disebabkan oleh seluruh indeks variabel pembentuk IKI yang mengalami ekspansi, misalnya variabel Pesanan Baru pada Agustus yang berada di level 53,22.

Lihat Juga :
Pertamina Tegaskan Pertalite Jadi Pertamax Green 92 Masih Usulan

Lalu, variabel Produksi yang berada di level 54,13, dan variabel Persediaan Produk di level 51,85.

"Kepercayaan industri pengolahan yang ekspansi pada Agustus 2023 disebabkan oleh seluruh indeks variabel pembentuk IKI yang mengalami ekspansi pada Agustus 2023. Itu ada Pesanan Baru, Produksi dan Persediaan Produk," jelasnya.

Febri menambahkan, secara umum kepercayaan industri di bulan ini masih sangat baik. Sebanyak 32,8 persen pelaku usaha menyatakan kondisi usahanya meningkat pada Agustus. Persentase itu naik dibandingkan Juli yang sebesar 32 persen.

"Sedangkan pelaku usaha yang menyatakan kondisi usahanya stabil pada Agustus 2023 sebesar 42 persen, turun dibanding bulan sebelumnya yang sebesar 45,4 persen," imbuhnya.

Lihat Juga :
Basuki Ungkap Dapat Duit Rp35 T untuk Garap IKN di 2024

Pada Agustus 2023, kata Febri, secara umum pelaku usaha masih optimis memandang kondisi usaha selama 6 bulan ke depan, dengan jumlah 66 persen.

Mayoritas responden yang menjawab optimis menyampaikan keyakinannya akan kondisi pasar pasar yang akan membaik, dan kepercayaan karena kebijakan pemerintah pusat yang lebih baik.

Adapun 24,8 persen pelaku usaha menyatakan kondisi usahanya stabil selama 6 bulan ke depan, dan 9,2 persen pelaku usaha menyatakan pesimis terhadap kondisi usaha dalam 6 bulan ke depan.

"Tingkat pesimisme pelaku usaha selalu di bawah 10 persen selama 5 periode terakhir," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)




bab terbaru:trik menang slot olympus

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
cara transfer limit kredivo ke rekening
slot gacor untuk malam ini
cara daftar kredivo cicilan 12 bulan tanpa npwp
judi slot asli
eraspin
boswin88
yang gacor malam ini
cara keluar dari pinjaman online
ammana legal atau ilegal
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs slot ter gacor
Bab 2 situs slot gampang jp
Bab 3 situs slot baru rilis
Bab 4 togeljp
Bab 5 tips dapat uang tambahan
Bab 6 rtp sarangsbobet
Bab 7 jam gacor bonanza gold
Bab 8 bucin4d togel
Bab 9 slot situs
Bab 10 situs judi slot paling gacor
Bab 11 vbola76
Bab 12 slot gacor malam ini 4d
Bab 13 cadas138
Bab 14 sosbobet
Bab 15 slot gacor680
Bab 16 rtpslotgacor
Bab 17 wallpaper kakek zeus hd
Bab 18 nagaasia88
Bab 19 qq999bet
Bab 20 prediksi togel vegas
Klik untuk melihattersembunyi di tengah736bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Perjalanan Shen Yuan menyatukan dunia

situs slot terbaru tergacor
Bunda, lagi siap-siap mau ajak si kecil ikut lomba 17 Agustus? Beli hadiahnya di Transmart Full Day Sale aja, ada diskon sampai 70%!
Borong mainan anak di Transmart Full Day Sale hari ini, Selasa (15/8) diskon 70 persen (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Bunda, lagi siap-siap mau ajak si kecil ikut lomba 17 Agustus? Beli hadiahnya di Transmart Full Day Sale aja, mumpung ada diskon gila-gilaan sampai 70 persen.

Apalagi kalau bayarnya pakai Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah. Harga mainan yang sudah didiskon bakal dapat ekstra diskon sampai 20 persen lho.

Lihat Juga :
Daftar Produk Diskon di Transmart Full Day Sale Merdeka Belanja

Atau Bunda bisa mengajukan pembukaan kartu kredit instan Bank Mega atau Mega Syariah yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Yuk Bunda, jangan sampai ketinggalan diskon Transmart Full Day Sale Merdeka Belanja yang cuma berlaku hari ini aja sampai pukul 22.00 waktu setempat di seluruh Transmart Indonesia.

Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

Perjalanan hidup yang anti rutinitas

slot gacor depo 10k
Lintas Rel Terpadu Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) baru saja diresmikan Presiden Jokowi pada Senin (28/8) kemarin. Berikut jam operasionalnya.
Lintas Rel Terpadu Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) baru saja diresmikan Presiden Jokowi pada Senin (28/8) kemarin. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Lintas Rel Terpadu Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (28/8) kemarin. Masyarakat pun sudah bisa menjajal moda transportasi ini.

Adapun jalur yang diresmikan terdiri dari dua rute, yakni Cibubur melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Harjamukti PP dan line Bekasi melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Halim-Jatimulya PP. Total 18 stasiun menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Untuk tahap awal, jam operasional LRT Jabodebek masih terbatas. Mengutip akun Instagram resmi @lrt_jabodebel, moda transportasi tanpa masinis ini beroperasi mulai pukul 05.09 WIB sampai dengan 18.39 WIB.

Jadwal keberangkatan awal LRT Jabodebek

- Dukuh Atas-Harjamukti: 05.09 WIB-05.59 WIB
- Harjamukti-Dukuh Atas: 05.09 WIB-05.59 WIB
- Jati Mulya-Dukuh Atas: 05.00 WIB-05.55 WIB
- Dukuh Atas-Jati Mulya: 05.58 WIB-06.54 WIB

Jadwal keberangkatan terakhir LRT Jabodebek

- Dukuh Atas-Jati Mulya: 18.58 WIB-19.54 WIB
- Jati Mulya-Dukuh Atas: 18.00 WIB-18.55 WIB
- Harjamukti-Dukuh Atas: 17.49 WIB-18.39 WIB
- Dukuh Atas-Harjamukti: 17.49 WIB-18.39 WIB

Lihat Juga :
LMAN Gelontorkan Rp1,3 T untuk Bebaskan Lahan Proyek LRT

Sebagai catatan, untuk sementara Stasiun Halim belum dapat digunakan untuk naik dan turun penumpang.

Jadwal keberangkatan di atas masih bisa berubah. Sebab, pada saat beroperasi penuh, waktu operasional LRT Jabodebek akan dimulai pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB.

Pada tahap awal, masyarakat bisa menjajal dengan tarif promo Rp5.000 hingga September.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan tarif promo ini diberikan dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 sekaligus memperkenalkan LRT Jabodebek kepada masyarakat.

Lihat Juga :
Cara dan Tahapan Naik LRT Jabodebek

"Melalui pemberian tarif promo ini, diharapkan akan mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi," kata Adita dalam keterangan tertulis, Minggu (27/8) lalu.

Adita menerangkan pemberian tarif promo ini menggunakan subsidi dari pemerintah menggunakan skema Kewajiban Pelayanan Publik/Public Service Obligation (PSO).

"Besaran PSO yang diberikan untuk subsidi tarif dari mulai beroperasi sampai dengan akhir tahun 2023, yaitu sebesar Rp66 miliar. Jumlah ini di luar pemberian subsidi untuk prasarana," ujarnya.

Setelah itu, skema selanjutnya yang disiapkan yaitu pengenaan tarif maksimal Rp20 ribu untuk jarak terjauh dan di bawah Rp20 ribu untuk selain jarak terjauh. Skema ini mulai berlaku pada awal Oktober sampai akhir Februari 2024.

Tarif LRT Jabodebek sendiri sudah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.

Berdasarkan regulasi ini, tarif dasar LRT Jabodebek ditetapkan mulai Rp5.000 untuk 1 km pertama, dan bertambah sebesar Rp700 per km selanjutnya. Besaran tarif itu telah dikaji tim independen Polar UI dan PWC bersama Operator dan Kementerian Perhubungan.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

bibit jahat

pinjam uang di bank bsi
Menkes Budi Gunadi menyebut pemerintah tengah mengajukan utang ke Bank Dunia untuk membangun RS terstandardisasi di seluruh Indonesia.
Menkes Budi Gunadi menyebut pemerintah tengah mengajukan utang ke Bank Dunia untuk membangun RS tersandarisasi di seluruh Indonesia. (Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Kesehatan (Menkes)Budi Gunadi Sadikin menyebut pemerintah tengah mengajukanutang ke Bank Dunia. Pinjaman tersebut nantinya akan digunakan untuk membangunrumah sakit di seluruh kabupaten/kota dan provinsi, yang terstandardisasi.

Kendati demikian, Budi tak membocorkan berapa jumlah utang yang diajukan. Hanya saja, upaya tersebut untuk mengatasi minimnya akses fasilitas dan pelayanan kesehatan masyarakat, terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

"Pemerintah pusat sekarang sudah dalam proses untuk mengambil pinjaman Bank Dunia, usaha," kata Budi usai menghadiri acara APRIL Group, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, Rabu (25/7).

Budi mengatakan rencana pemenuhan dan standarisasi RS itu awalnya ia targetkan rampung selama ia menjabat. Namun karena pandemi covid-19 yang menghambat realisasinya, maka ia menargetkan program tersebut beres pada 2027 mendatang.

Berdasarkan data Global Burden of Desease dan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME), pada 2014-2019 penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dan 2018 pun menunjukkan tren peningkatan penyakit jantung sebesar 0,5 persen pada 2013 menjadi 1,5 persen pada 2018.

Selain itu, penyakit jantung menjadi beban biaya terbesar. Berdasarkan data BPJS Kesehatan pada 2021, pembiayaan kesehatan terbesar ada pada penyakit jantung, yakni sebesar Rp7,7 triliun.

"Kita mungkin akan tarik sampai 2027. Semua RS di daerah, kabupaten/kota dan semua RS daerah di provinsi akan memiliki standar layanan untuk stroke, jantung, kanker yang modern," ujar Budi.

[Gambas:Video CNN]

(khr/pta)

Tiba di pegadaian besar atas nama menjadi yang terkuat

asia777
Tampil kece enggak harus mahal loh, apalagi kalau beli baju di Transmart Full Day Sale: Merdeka Belanja, yang ngasih banyak diskon!
Tampil kece enggak harus mahal loh, apalagi kalau beli baju di Transmart Full Day Sale: Merdeka Belanja, yang ngasih banyak diskon! (CNN Indonesia/Feby Febrina)
Jakarta, CNN Indonesia--

Tampil kece enggak harus mahal loh, apalagi kalau beli baju di Transmart Full Day Sale: Merdeka Belanja, yang ngasih banyak diskon!

Transmart Full Day Sale: Merdeka Belanja cuma digelar hari ini, Selasa (29/8), jadi jangan sampai melewatkan kesempatan belanja dengan diskon ini ya.

Lihat Juga :
Harga Spesial, Kaus Wanita Cuma Rp60 Ribu di Transmart Full Day Sale

Kalau belum punya, gampang! Langsung aja unduh aplikasi Allo Bank di App Store atau Google Play Store.

Prosesnya dijamin cepat sehingga bisa langsung dipakai untuk transaksi di Transmart Full Day Sale: Merdeka Belanja.

Intip apa saja promo baju kece buat cowok yang didiskon di Transmart Full Day Sale berikut ini.

  • Produk Lois, Snarks, dan Cressida, special offer 50 persen.
  • Produk Cardinal dan 3'Nthree special offer 30 persen
  • Produk Manzone, Alisan, Lois, Men's Top, S135, Cardinal, Emba Classic, Iebe, Cardinal Casual, Cardinal Jeans, Cressida, Watchout!, Amk, 3'Nthree, Hassenda, M. Gee, Snarks, sale sampai 50 persen.
  • Produk flanel S 135 Rp249.000.
  • Produk Men's Top mulai dari Rp99.000
  • Produk Manzone diskon sampai 40 persen

Selain produk fesyen pria di atas, ada juga fesyen wanita, anak, bahan pangan, kebutuhan rumah tangga, elektronik, furnitur, sampai sepeda listrik yang didiskon.

Kapan lagi belanja banyak diskonnya kalau enggak di Transmart Full Day Sale. Mumpung masih ada waktu, segera ke gerai Transmart terdekat!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Negara Liliput dunia nyata

togel yang keluar hari ini
Pengusaha logistik mengancam akan menggugat pemerintah ke PTUN bila melarang barang impor di bawah US0 dijual di e-commerce atau toko online.
Pengusaha logistik mengancam akan menggugat pemerintah ke PTUN bila melarang barang impor di bawah US0 dijual di e-commerce atau toko online. (iStockphoto/Michał Chodyra)
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi Pengusaha Logistik E-Commerce (APLE) mengancam akan menggugat pemerintah ke PengadilanTata Usaha Negara (PTUN) bila tetap memberlakukan larangan jual barang impordi bawah US0 di e-commerceatau toko online.

Asal tahu saja, larangan tersebut memang tengah digodok pemerintah dan akan dituangkan dalam revisi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, Dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Ketua APLE Sonny Harsono mengatakan gugatan dilayangkan karena alih-alih melindungi UMKM, kebijakan larangan impor di bawah US0 justru akan memberikanmultiplier effect. Selain itu, larangan juga tak memiliki yurisprudensi di dunia internasional.

"Dan yang paling penting adalah UMKM-nya sendiri malah dirugikan. Kita sudah bersurat, menyampaikan keberatan kita. Kita akan eskalasi, tapi kalau semua cara mentok, kita akan ambil langkah hukum, kita akan gugat kebijakan ini ke PTUN," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (24/8).

Sonny mengatakan para pengusaha logistik kecewa karena wacana kebijakan larangan impor US0 yang diusulkan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM itu justru mendapat dukungan dari berbagai pejabat karena mengusung tagline melindungi UMKM.

Padahal, ia menilai larangan tersebut justru akan sebaliknya dan malah membahayakan UMKM. Ekses masalah yang timbul juga ia yakini malah jauh lebih besar, termasuk importasi ilegal yang membuat kerugian negara, serta peningkatan perilaku koruptif.

"Ini kan sebenarnya mencederai nama Indonesia juga. Karena pasti akan digugat juga oleh WTO. Jadi pemerintah Indonesia di dalam negeri digugat, di luar negeri juga akan digugat oleh pihak lain," jelasnya.

Menurutnya, larangan impor di bawah US0 dikhawatirkan akan membuat sektor UMKM menjadi lumpuh. Hal itu karena banyak barang produksi atau kebutuhan yang diperlukan tak dapat diperoleh karena belum tersedia di Indonesia.

Kekhawatiran lain adalah larangan impor tersebut berpotensi membuat UMKM Indonesia menerima efek resiprokal atau perlakuan serupa dari negara lain.

"Jadi kalau barang ini katakanlah dari China, atau Taiwan, atau Amerika, di-banned, bagaimana kalau diambil tindakan serupa terhadap barang kita yang diekspor. Harusnya dibatalkan segera (kebijakan tersebut)," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]

Di sisi lain, ia pun melihat kebijakan tersebut juga akan membuat perekonomian Indonesia yang saat ini tengah bangkit kembali terpuruk. Sektor logistik menurutnya akan sangat terdampak sehingga membuat aktivitas lebih dibebankan ke kegiatan ekspor.

Imbasnya, pelaku usaha logistik akan membuat penyesuaian untuk membuat perusahaannya tetap sehat dengan cara pengurangan tenaga kerja. Ancaman PHK massal itu diprediksi akan terjadi setidaknya dua bulan paska larangan diberlakukan.

"Jangan lupa 2023 kuartal pertama dan kedua, Indonesia tumbuh 5,9 persen ekonominya. Dan penyumbang terbesarnya, sekitar 19 persen itu dari sektor logistik. Jadi apabila diterapkan dan berefek langsung ke logistik, maka akan mendegradasi ekonomi nasional," pungkas Sonny.

Pemerintah berencana melarang barang impor bernilai US,5 juta dijual online. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan larangan dilakukan demi melindungi UMKM dalam negeri dari gempuran barang impor.

Lihat Juga :
Tunggakan Pinjol Akan Dimasukkan dalam BI Checking
(ldy/agt)

Cinta jahat muncul

game slot gampang menang
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mempertimbangkan skema empat orang dalam satu mobil alias 4 in 1 di DKI Jakarta.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mempertimbangkan skema empat orang dalam satu mobil alias 4 in 1 di DKI Jakarta. (Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri PerhubunganBudi Karya Sumadiakan mempertimbangkan skema empat orang dalam satu mobil alias 4 in 1 di DKI Jakarta. Hal ini dilakukan guna mengurangi kepadatan kendaraan dan meningkatkan kualitas udara di Ibu Kota.

Menurut Budi, dengan kepadatan kendaraan yang berkurang, udara Jakarta pun bisa lebih bersih. Maklum, saat ini kualitas udara Jakarta tengah menjadi perhatian karena sudah buruk.

"Kendaraan-kendaraan ini banyak yang menggunakan satu orang atau maksimal dua orang. Oleh karena itu dipertimbangkan untuk membuat 3 in 1 jadi 4 in 1," kata Budi di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin (14/8).

Adapun upaya tersebut berupa penerapan kebijakan agar kendaraan yang tak lolos uji emisi dilarang melintas di Jabodetabek.

"Jadi kami perbanyak tempat-tempat uji emisi tapi melakukan law enforcement. Jadi nanti apabila kendaraan yang tidak lolos uji emisi, mereka tidak memiliki hak untuk melakukan perjalanan di Jabodetabek," tutur Budi.

Masalah kualitas udara Jakarta yang buruk juga mencuri perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia mengaku bakal meminta mempertimbangkan opsi kelonggaran untuk para pekerja bekerja dari rumah (work from home/WFH).

Lihat Juga :
Aguan Bicara Peluang Jokowi 17 Agustus-an 2024 di IKN

Ia meminta anak buahnya mengkaji kemungkinan itu. Jokowi menyebut bisa saja para pekerja dirotasi sehingga ada yang bekerja dari rumah dan kantor dalam waktu bersamaan.

"Jika diperlukan, kita harus berani mendorong banyak kantor melaksanakan hybrid working--work from office, work from home," katanya.

Jokowi mengatakan ada beberapa hal penyebab polusi DKI Jakarta seperti kemarau panjang, peningkatan konsentrasi polutan tinggi, pembuangan emisi dari transportasi, dan aktivitas industri.

Oleh karena itu dia memerintahkan penanganan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. Untuk jangka pendek, Jokowi ingin intervensi perbaikan kualitas udara.

Selain itu, ia juga memerintahkan rekayasa cuaca di Jabodetabek serta percepatan penerapan pembatasan emisi.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dhf)