petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

erek 17

ivoji legal atau ilegal 709Jutaan kata 199070Orang-orang telah membaca serialisasi

《erek 17》

Colin Huang, Anak Buruh Pabrik Sukses Berduit Rp765 T di Usia 43 Tahun******

Colin Huang (Huang Zheng) adalah pendiri raksasa e-commerce Pinduoduo. Orang terkaya ke-3 di China ini memiliki harta sekitar US,4 miliar (Rp765,9 triliun).
Colin Huang (Huang Zheng) adalah pendiri raksasa e-commerce Pinduoduo. Orang terkaya ke-3 di China ini memiliki harta sekitar US,4 miliar (Rp765,9 triliun). Ilustrasi. (Basith Subastian/CNNIndonesia).
Jakarta, CNN Indonesia--

Huang Zheng alias Colin Huang adalah salah satu konglomerat papan atas di China. Sebagian besar pundi hartanya berasal dari salah satu raksasa e-commerce Negeri Tirai Bambu, Pinduoduo.

Per Jumat (8/12), Forbes mencatat total hartanya mencapai US,4 miliar atau sekitar Rp765,99 triliun (asumsi kurs Rp15.506 per dolar AS).

Berkat kekayaanya, Huang dinobatkan sebagai orang terkaya ke-3 di China oleh majalah bisnis internasional itu tahun ini. Di dunia, Huang bertengger di posisi ke-26.

Huang lahir di Hangzhou, Zheijang, China pada 1 Januari 1980. Ia dibesarkan oleh keluarga pekerja pabrik kelas menengah.

Sejak kecil, Huang sangat pintar matematika. Bahkan, ia pernah memenangkan medali emas Olimpiade Matematika yang membuatnya diundang untuk menempuh pendidikan menengah di salah satu sekolah elit di kotanya, Hangzhou Foreign Language School.

Di sekolah itu, Huang berkenalan dengan sesama murid cerdas dan siswa dari kalangan berada yang orang tuanya memiliki kekuasaan.

"Dibandingkan di sekolah lain, kamu berkenalan dengan budaya dan pengaruh barat lebih awal, dalam, dan jauh," kenang Huang dalam unggahan di akun WeChat yang dilansir dari SCMP.

Lihat Juga :
TAIPANFaisal Bin Qassim Al Thani, Raja Hotel Qatar Berharta Rp26 T

Saat berusia 18 tahun, Huang belajar ilmu komputer di Universitas Zhejiang yang bergengsi. Ia juga terpilih sebagai salah satu mahasiswa yang mendapat dukungan dari Melton Foundation, yang didirikan oleh pendiri Verifone, Bill Melton.

Sembari kuliah, Huang juga sempat magang di kantor Microsoft di Beijing. Meski magang, dalam salah satu wawancaranya dengan Bloomberg, Huang mengaku gajinya saat itu lebih besar dari gaji ibunya.

Setelah meraih gelar sarjana, Huang melanjutkan pendidikan master ilmu komputer di Universitas Wisconsin, AS. Otaknya yang cemerlang mendapat perhatian dari profesornya. Ia pun mendapat rekomendasi untuk bisa bekerja di raksasa internet kala itu, Microsoft, Oracle, dan IBM.

Namun, pada 2004, Huang menjatuhkan pilihan pada Google yang saat itu baru melantai di bursa saham.

Lihat Juga :
TAIPANLiu Yongxing, Buruh Tani Berharta Rp155 T dari Bisnis Burung Puyuh Cs

Pilihannya tepat. Selama tiga tahun Huang bekerja, saham perusahaan tersebut melonjak dari US menjadi lebih dari US0. Hal itu berbanding lurus dengan kondisi finansialnya..

Pada 2006, Huang mendapatkan mandat untuk melebarkan sayap Google ke China. Saat itu, Baidu mendominasi pasar mesin pencari di Negeri Tirai Bambu.

Kendati demikian, Huang merasa capek harus bolak-balik ke AS untuk meminta persetujuan dari pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin guna menyelesaikan seluruh urusan di China, termasuk urusan kecil.

Akhirnya, pada 2007, Huang memutuskan untuk keluar dari Google dan merintis usahanya sendiri dengan mendirikan Ouku, situs e-commerce barang elektronik dan peralatan rumah tangga.

Lihat Juga :
TAIPANThai Lee, Bos Lady Raksasa IT Berharta Rp83 T

Selang tiga tahun, Huang memutuskan untuk melepas Ouku dan mendirikan Leqi, yang membantu merek asing memasarkan toko mereka di platform e-commerce populer seperti Tmall dan JD.com.

Tak berapa lama, Huang mendirikan situs game role play, Xunmeng, yang menawarkan permainan dengan menampilkan karakter wanita berpakaian minim yang bisa bertarung bersama para pemainnya.

Bersambung ke halaman berikutnya..

Luncurkan Pinduoduo

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Jokowi Groundbreaking Proyek Baru di IKN Rp10 T Sebelum Libur Nataru******

Otorita menyebut Presiden Joko Widodo bakal kembali memimpin groundbreaking proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebelum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).
Otorita menyebut Presiden Joko Widodo bakal kembali memimpin groundbreaking proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebelum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). (Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia--

Otorita menyebut Presiden Joko Widodobakal kembali memimpingroundbreakingproyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebelum libur Nataldan Tahun Baru (Nataru).

Groundbreakingketiga di IKN Nusantara itu terdiri dari 12 investor dengan total nilai investasi sebesar Rp10 triliun.

"Insyaallahminggu depan, sekitar 20-an (20 Desember 2023), mudah-mudahan. Kalau jadwal tentunya saya akan ikut dari Istana, bagaimana jadwal Bapak Presiden (Jokowi)," ucap Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono di sela-sela Workshop Financial Center IKN di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Senin (11/12).

Agung merinci tiga sektor utama proyek yang akan di-groundbreakingpekan depan.

Pertama, sektor hijau. Ia menyebut peletakan batu pertama di Desember 2023 ini akan mencakup proyek-proyek mengusung green forest city hingga reforestasi.

Kedua, Agung mengatakan ada investasi yang sifatnya menguatkan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di IKN. Ini termasuk hotel hingga rumah sakit pemerintah.

"Bentuknya mulai dari properti hunian, hotel, dan juga di situ akan ada RS. Kali ini pemerintah yang membangun (rumah sakit)," tuturnya.

"Kita sudah ada tiga RS swasta yang groundbreaking, kali ini pemerintah, dan kita juga sudah melakukan pembagian antara 4 RS ini bidangnya apa saja. Kan ada 8 penyakit yang harus diwaspadai, nah mudah-mudahan 4 RS ini bisa meng-coverempat (penyakit)," imbuh Agung.

Ketiga, ia mengatakan bakal ada groundbreaking gedung dari lembaga-lembaga pemerintah. Agung membocorkan akan ada peletakan batu pertama pembangunan kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di IKN.

Selain itu, ia berharap bangunan dari kementerian/lembaga (K/L) di sektor pertahanan bisa segera digarap.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Eks Bos TransJakarta Respons soal Klaim Pengguna Kendaraan Umum Anies******

Eks bos TransJakarta bersuara usai capres Anies Baswedan mengklaim kenaikan pengguna kendaraan umum menjadi 1 juta orang per hari saat ia menjabat gubernur.
Eks bos TransJakarta bersuara usai capres Anies Baswedan mengklaim kenaikan pengguna kendaraan umum menjadi 1 juta orang per hari saat ia menjabat gubernur. (CNN Indonesia/ LB Ciputri Hutabarat).
Jakarta, CNN Indonesia--

Eks bos TransJakarta ikut bersuara usai calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengklaim ada kenaikan pengguna kendaraan umum di DKI Jakarta menjadi 1 juta orang per hari pada masa jabatannya.

Direktur Utama PT TransJakarta 2018-2020 Agung Wicaksono mengamini pembenahan transportasi umum yang dilakukannya berjalan seiring dengan pemerintahan Anies Baswedan di DKI Jakarta. Kala itu, Anies menjadi orang nomor satu di DKI pada 2017-2022.

"Saya waktu di TransJakarta (menjadi dirut), waktu itu kebetulan gubernurnya sudah Pak Anies. Juga dengan mandat dari beliau kita lakukan solusi di TransJakarta waktu itu jumlah penumpang meningkat menjadi 1 juta (per hari), beberapa hari setelah saya selesai di sana," jelas Agung dalam Virtual Zoom bersama CNNIndonesia.com,Rabu (13/12).

Oleh karena itu, eks bos TransJakarta itu sepakat bahwa masalah yang masih tersisa di Jakarta harus dibereskan. Kendati, Agung yang kini menjabat sebagai deputi bidang pendanaan dan investasi Otorita IKN tak sepakat bila pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur dibenturkan dengan penanganan masalah Jakarta.

Menurutnya, penanganan masalah, termasuk urusan transportasi umum bakal tetap berjalan meski ibu kota akhirnya pindah. Agung berpendapat Jakarta yang rencananya akan menjadi daerah khusus setelah ibu kota pindah ke IKN harus tetap berbenah.

"Kalau dibilang jangan tinggalkan Jakarta, justru itu, saya setuju. Masalah Jakarta harus diatasi, ini bukan berarti kita pindah ke IKN masalah Jakarta gak diatasi kok. Kan Pemerintah Jakarta masih ada, nanti menjadi daerah khusus rencananya, sedang digodok rancangan undang-undang (RUU)-nya," jelas Agung.

"Masalah di Jakarta tetap perlu ditangani, dilanjutkan apa yang sudah dikerjakan para gubernur-gubernur, Pak Jokowi (Gubernur DKI Jakarta 2012-2014 Joko Widodo), Basuki (Gubernur DKI Jakarta 2014-2017 Basuki Tjahaja Purnama), Djarot (Gubernur DKI Jakarta 2017 Djarot Syaiful Hidayat), Anies (Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 Anies Baswedan), dan sekarang Pak Heru (Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono), itu harus terus ditangani. Sedangkan kami di IKN akan membangun sesuatu yang baru untuk masa depan yang membuat kita nanti bisa unggul di kancah internasional," tandasnya.

Sebelumnya, Anies mendapatkan pertanyaan dari capres nomor urut 2 Prabowo Subianto tentang penanganan polusi udara di Jakarta berbekal anggaran Rp80 triliun. Pada debat pertama itu, Anies memamerkan prestasi yang dicapainya selama menjadi gubernur DKI Jakarta.

Anies mengatakan polutan muncul disebabkan dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang terbang ke Jakarta. Karena Jakarta punya indikator atau alat ukur, akhirnya muncul data polusi udara tersebut.

Ia menilai berbeda ketika angin bergerak ke arah Lampung, Sumatra, atau Laut Jawa yang tidak punya alat ukur polusi. Pada akhirnya, tidak muncul data polusi udara di wilayah-wilayah tersebut.

"Ya, kita punya masalah polusi. Karena itu kita kerjakan dengan apa? Kita lakukan, Pak. Satu, dengan pengendalian emisi dari kendaraan bermotor. Dan pengujian emisi sekarang wajib. Yang kedua, elektrifikasi kendaraan umum. Ketiga, konversi kendaraan umum. Dan dulu yang naik kendaraan umum hanya 350 ribu (orang) per hari, sekarang 1 juta per hari. Jadi itu kita kerjakan untuk menangani soal polusi di Jakarta," balas Anies kepada Prabowo dalam debat pertama capres Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12).

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)




bab terbaru:slot gacor langsung wd

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
meoh789
gambar situs slot
situs link slot
ibet77
rtp surgaplay
adm4d
okeslot
cara bikin akun kredivo
bonus new member 50+50
Daftar isi semua bab
Bab 1 gendang4d
Bab 2 situs slot yang paling gacor terpercaya
Bab 3 game slot hasilkan saldo dana
Bab 4 88 slot login
Bab 5 link slot yang ada rtp nya
Bab 6 situs gacor akun baru
Bab 7 pinjol resmi ojk 2021 cepat cair bunga rendah
Bab 8 slot co9
Bab 9 gacor 56
Bab 10 playking
Bab 11 daftar game slot online
Bab 12 harga voucher telkomsel 2 5gb
Bab 13 panen slot online
Bab 14 agen 138 slot
Bab 15 dewi4d
Bab 16 qqkingbet
Bab 17 love slot
Bab 18 kumpulan situs slot luar negeri
Bab 19 cara mengetahui kredivo di acc
Bab 20 goltogel 168
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4168bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Sembilan hari guntur dan kesedihan

nama nama situs gacor
Transmart kasih diskon 50 persen dan ekstra diskon 20 persen untuk produk terpilih. Serbu diskonnya, kapan lagi bisa belanja semurah ini!
Transmart kasih diskon 50 persen dan ekstra diskon 20 persen untuk produk terpilih. Serbu diskonnya, kapan lagi bisa belanja semurah ini! (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Jangan lupa ke Transmart besok, Minggu (10/12) soalnya pesta diskon seharian bertajuk Transmart Full Day Sale balik lagi.

Transmart kasih diskon 50 persen dan ekstra diskon 20 persen untuk produk terpilih. Serbu diskonnya yuk, kapan lagi bisa belanja semurah ini!

Lihat Juga :
Mumpung Tanggal Muda, Serbu Pesta Diskon Transmart Full Day Sale Besok

Pelanggan setia Transmart juga bisa dapat diskon tambahan 20 persen dengan pembayaran menggunakan Allo Bank, Bank Mega, dan Bank Mega Syariah.

Kalau belum punya Allo Paylater, tenang aja ya, soalnya cara bikinnya gampang. Kamu hanya perlu unduh aplikasi Allo Bank di App Store atau Google Play Store.

Lalu daftarkan akun dan upgradeke Allo Prime. Setelah itu ajukan Allo Paylater. Prosesnya dijamin cepat dan mudah dan bisa langsung dipakai belanja di Transmart Full Day Sale.

Kunjungi Transmart terdekat di kotamu besok ya dan serbu diskonnya. Jangan sampai ketinggalan Transmart Full Day Sale yang berlangsung hanya satu hari. Kapan lagi belanja murah kalau bukan di Transmart!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Penguasa perjalanan pesawat

saga33 slot
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Selasa (12/12) ini.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Selasa (12/12) ini. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Selasa (11/12) ini.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memperkirakan IHSG tertekan lantaran fluktuasi harga komoditas dan pergerakan nilai tukar rupiah.

"Selain itu masih tercatatnya capital outflowsecara ytd yang cukup signifikan hingga saat ini turut memberikan sentimen negatif bagi pergerakan IHSG hari ini yang berpeluang tertekan," jelasnya.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan IHSG masih mencoba peluang untuk bangkit. Namun, hal tersebut masih cukup berat mengingat tidak ada sentimen signifikan yang mempengaruhi.

Karenanya, di tengah peluang kebangkitan ini, masih dibayangi oleh pelemahan menuju 6.965 bahkan 6.893 ketikan penutupan harian di bawah garis SMA-20.

"Berdasarkan indikator MACD dalam kondisi netral," ujar Ivan dalam riset hariannya.

Ivan memproyeksi hari ini IHSG berpeluang berada di level support7.041, 7.000, 6.965 dan 6.893. Sedangkan level resistennya di 7.174, 7.225 dan 7.356.

Sementara itu, IHSG ditutup melemah 70,81 poin atau minus 0,99 persen di level 7.088 pada Senin (11/12).

Investor melakukan transaksi sebesar Rp14,41 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 52,11 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Tuhan dan Kegelapan

trik bermain mega888
Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menemukan dua jenis 'harta karun' baru di wilayah Bledug Kuwu, Grobogan, Jawa Tengah.
Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menemukan dua jenis 'harta karun' baru di wilayah Bledug Kuwu, Grobogan, Jawa Tengah. Ilustrasi. (REUTERS/AGUSTIN MARCARIAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menemukan dua jenis 'harta karun' baru di wilayah Bledug Kuwu, Grobogan, Jawa Tengah.

Koordinator Mineral Pusat Sumber Daya Mineral, Batu Bara, dan panas Bumi Badan Geologi Kementerian ESDM Moehammad Awaluddin mengatakan kedua harta karun itu adalah lithium dan boron.

Ia mengatakan ada potensi lithium yang besar di Wilayah Bledug Kuwu, Jawa Tengah. Saat ini pihaknya sedang memfokuskan kajian temuan sumber lithium baru di wilayah tersebut.

Ia menyebutkan sumber daya lithium yang ditemukan di wilayah tersebut berasal daribrine systematau lumpur dan air. Sampel air dan lumpur tersebut dikaji dengan dikeringkan yang akan menghasilkan kadar lithium hingga 10 kali lipat.

"Jadi ini jadi menarik dan cukup luas cekungannya. Ke depan kita akan studi lebih jauh geokimia, geofisika, atau hidrogeologinya," tambah dia.

Adapun, potensi jumlah besar lithium yang ditemukan di wilayah tersebut mencapai 1.000 PPM Lithium.

"Jadi kita ke depan prioritas di Bledug Kuwu, karena itu sampai 1.000 PPM lebih. Dan itu kan dalam satu cekungan besar yang artinya medan berburunya masih luas," pungkasnya.

Selain lithium, Awaluddin mengatakan wilayah tersebut juga menyimpan mineral yang disebut Boron. Ia mengatakan mineral Boron bisa dimanfaatkan untuk teknologi bahan bakar hidrogen.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Dewa Badai

buku mimpi 3d terlengkap
Nicolas Puech yang merupakan cucu pendiri Hermès ingin mewariskan harta Rp171 triliun atau setengah kekayaannya kepada tukang kebunnya.
Nicolas Puech yang merupakan cucu pendiri Hermès ingin mewariskan setengah kekayaan kepada tukang kebunnya. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Nicolas Puechyang merupakan cucu pendiri Hermès ingin mewariskan setengah kekayaan miliknya kepada tukang kebunnya.

Berdasarkan Forbes, kekayaan pewaris Hermes itu mencapai US miliar atau Rp171 triliun (asumsi kurs Rp15.620 per dolar AS). Pria berusia 80 tahun itu berencana mengadopsi secara resmi mantan tukang kebunnya yang berumur 51 tahun sebagai putranya.

Langkah adopsi ini untuk memastikan si tukang kebun mewarisi kekayaan miliaran dolar Puech.

Puech memang terasing dan penyendiri. Ia sekarang tinggal di sebuah rumah besar, bersama 66 penghuni lainnya di La Fouly, Swiss.

Ia jarang sekali berkontak dengan keluarga kayanya. Selain itu, Puech juga berstatus lajang dan tidak memiliki anak.

Karena itu, ia menganggap tukang kebun, yang namanya belum disebutkan itu seperti saudara. Tidak banyak yang diketahui publik tentang sosok tukang kebun itu. Hanya ada sedikit info tentangnya, yakni berasal dari keluarga sederhana Maroko dan memiliki istri berkebangsaan Spanyol dan dua anak.

Namun, langkah miliarder itu mengadopsi anak belum tentu mulus. Pasalnya, mengangkat anak berusia dewasa di Swiss merupakan hal yang rumit. Apalagi kalau si 'anak' tersebut bakal mendapatkan rezeki nomplok miliaran dolar.

Ini bukan kali pertama kali Puech membuat langkah yang menuai protes keluarga. Pada 2014, ia meninggalkan jabatan dewan direksi Hermès setelah tawaran pengambilalihan yang tidak bersahabat dari saingan mode LVMH.

Namun, Puech tetap mempertahankan sahamnya dan menjadikannya salah satu orang terkaya di Swiss.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)

kontrak terbatas

bo slot gacor hari ini
KA Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan PP kini tampil dengan nuansa kemewahan anyar karena menggunakan kereta generasi baru.
KA Argo Dwipangga Hadir dengan Tampilan Kemewahan Baru Mulai Hari Ini. ( Arsip PT KAI).
Jakarta, CNN Indonesia--

KA Argo Dwipanggarelasi Gambir-Solo Balapan PP kini tampil dengan nuansa kemewahan anyar karena menggunakan keretagenerasi baru.

"Pengoperasian kereta eksekutif dan luxury new generationini merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada seluruh pelanggan menyambut libur Natal dan Tahun Baru, khususnya pelanggan KA Argo Dwipangga," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resmi, Rabu (13/12).

Joni mengatakan kereta generasi baru ini bagian dari pengadaan 612 unit kereta stainless steel new generationperiode 2023-2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero). Selanjutnya, kereta model baru ini akan dioperasikan secara bertahap untuk perjalanan KA lainnya.

Lalu, ada Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta. Fasilitas ini bakal menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan.

Joni juga menyinggung soal jendela kereta yang kini telah di-upgrademenjadi tempered double glassdari sebelumnya yang hanya tempered glass. Ini dijamin memberikan keamanan lebih tinggi, membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV, serta mereduksi kebisingan.

Selain itu, ada tambahan USB charger portpada masing-masing kursi, tepatnya di samping stopkontak di dinding kereta. Kemudian, Joni mengatakan kereta new generationini mendapatkan penambahan toilet dari satu menjadi dua.

Kereta makan di rangkaiannew generationjuga lebih mewah dengan interior dan furnitur premium.

KA Argo Dwipangga yang baru dari PT KAI
KA Argo Dwipangga yang baru dari PT KAI. (Arsip PT KAI).

Joni mengatakan kereta makan kini didominasi sentuhan kayu, di mana kursi yang tersedia disebut lebih empuk dan lembut.

"Upgrade kenyamanan kereta yang sedang KAI lakukan ini diharapkan dapat membuat transportasi perkeretaapian semakin maju. Sehingga dapat lebih menarik animo masyarakat untuk tetap setia menggunakan jasa kereta api," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Q menghancurkan langit

pede4d
Petani membeberkan masalah penyaluran pupuk subsidi sehingga membuat ketersediaannya langka.
Petani membeberkan masalah penyaluran pupuk subsidi sehingga membuat ketersediaannya langka. (Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia--

Petani membeberkan masalah penyaluranpupuk subsidisehingga membuat ketersediaannya langka.

Kepala Pusat Pengkajian dan Penerapan Agroekologi Serikat Petani Indonesia (SPI) Muhammad Qomarun Najmi mengatakan permasalahan mendasar terletak pada validitas data petani yang bisa membeli pupuk subsidi.

Ia mengatakan ada petani yang memiliki lahan tetapi tidak mendapatkan Kartu Tani yang digunakan untuk menebus pupuk subsidi.

Mengutip temuan Ombudsaman RI, Qomarun mengatakan belum semua petani mendapatkan Kartu Tani karena tidak semua bergabung dalam kelompok tani. Baru 60 persen petani bergabung dalam kelompok tani.

Ia mengatakan pupuk subsidi di kios resmi dijual seharga Rp130 ribu - Rp140 ribu per sak (50 kilogram). Itu pun petani sulit mendapatkannya karena distribusinya lama.

"Bahkan pernah dua bulan tidak ada distribusi," katanya.

Padahal, lanjut Qomarun, di kios-kios tidak resmi tersedia pupuk subsidi dengan harga Rp270 ribu per sak. Sementara pupuk nonsubdisi jenis urea dijual Rp340 ribu per sak.

Lihat Juga :
Ganjar-Prabowo Sepakat Perlu Investasi Besar Buat Atasi Pengangguran

Carut marutnya data penerima Kartu Tani, membuat sejumlah petani menggunakan KTP untuk membeli pupuk subsidi Karenanya, ia menilai rencana Jokowi untuk mempermudah petani mendapatkan pupuk dengan bermodalkan KPT bukan yang baru.

"Itu bukan hal yang baru, banyak juga yang sudah melakukan itu, meskipun belum ada aturan untuk itu," katanya.

Jokowi berjanji akan mempermudah pembelian pupuk subsidi bagi petani dengan cukup menunjukkan KTP atau Kartu Tani.

"Saya sudah menyetujui untuk pembelian pupuk asal di KTP-nya ada tulisan petani silakan itu dipakai. Jadi, bisa pakai Kartu Tani, bisa memakai juga KTP," ujarnya saat menemui para petani di Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/12).

Jokowi mengakui saat ini ketersediaan pupuk memang menjadi masalah para petani beberapa tahun terakhir. Ia pun berguyon akan memberikan sepeda bagi petani yang tidak menghadapi masalah pupuk.

"Ini memang semuanya mengeluhkan, para petani, urusan pupuk. Benar ya? Ada yang masalah pupuknya tidak bermasalah? Tunjuk jari, saya beri sepeda," kata Jokowi.

Para petani pun tertawa mendengar ucapan Jokowi tersebut. Tak ada satu pun dari mereka yang mengacungkan jari atau merasa urusan pupuk baik-baik saja.

Karenanya, Jokowi meminta Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk memastikan pasokan pupuk. Ia juga berjanji akan menambah subsidi pupuk untuk para petani.

"Pak menteri pertanian hitung dulu. Memang prosedurnya seperti itu, minta persetujuan dari DPR RI, baru menteri keuangan bisa menambah. Tapi saya janji pupuk akan ditambah subsidinya," ujar Jokowi.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)