petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pjslot168

rtp bioskop777 493Jutaan kata 283801Orang-orang telah membaca serialisasi

《pjslot168》

Jokowi sapa pendengar Tanah Air lewat siaran perdana RRI dari IKN******

Jokowi sapa pendengar Tanah Air lewat siaran perdana RRI dari IKN
Presiden Joko Widodo menyapa pendengar Radio Republik Indonesia dalam siaran perdana di Studio Mini RRI di Hunian Pekerja Konstruksi Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024). ANTARA/HO-Sekretariat Wakil Presiden/aa.
Saya sangat senang ada studio RRI di Ibu Kota Nusantara
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menyapa pendengar Radio Republik Indonesia dalam siaran perdana yang dilakukan dari Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, untuk menyampaikan progres pembangunan infrastruktur di IKN.

"Saya sangat senang ada studio RRI di Ibu Kota Nusantara. Ini akan bisa menginformasikan, menyampaikan berita-berita mengenai perkembangan yang ada di Ibu Kota Nusantara, baik pembangunan, baik penanaman pohonnya, baik pembangunan infrastrukturnya. Saya kira masyarakat di seluruh Tanah Air perlu mendengar mengenai perkembangan yang ada di Ibu Kota Nusantara," kata Presiden Jokowi dalam siaran di studio RRI, seperti disampaikan melalui keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden, Rabu.

Dalam siarannya tersebut, Presiden menyambut baik siaran perdana yang dilakukan RRI di Studio Mini RRI yang berlokasi di Hunian Pekerja Konstruksi Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Presiden Jokowi menilai siaran RRI dapat menyampaikan progres pembangunan IKN ke seluruh Tanah Air.

Baca juga: Jokowi apresiasi investor lokal bangun kompleks pergudangan pintar IKN

Baca juga: Presiden sebut pembangunan Training Center di IKN sudah 20 persen 

Saat menyapa pendengar di beberapa daerah, Kepala Negara berharap setiap progres pembangunan Ibu Kota Nusantara dapat diketahui rakyat dari berbagai pelosok Indonesia.

"Yang paling penting seluruh rakyat Indonesia bisa mengetahui seluruh progres, mengetahui perkembangan yang ada di Ibu Kota Nusantara sehingga baik yang ada di perbatasan, yang ada di Aceh, ada di Papua semuanya tahu mengenai perkembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara kita dan tentu saja informasi-informasi yang lainnya," tutur Presiden.

Dalam siaran perdana tersebut, Kepala Negara turut menyampaikan progres pembangunan sejumlah infrastruktur di IKN, mulai dari kantor-kantor pemerintah hingga hotel.

Dengan banyaknya infrastruktur yang telah dibangun, Presiden Jokowi pun optimistis Upacara Peringatan ke-79 Kemerdekaan RI bisa digelar di IKN.

Baca juga: Jokowi berharap SUN Hub bantu kontraktor kebut infrastruktur IKN

Baca juga: Jokowi optimistis Upacara HUT Ke-79 RI digelar di IKN

"Kita optimistis nanti di 17 Agustus itu insya Allah juga bisa melakukan upacara bendera dalam rangka hari kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara," ujar Presiden.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam siaran tersebut yakni Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Direktur Utama RRI I. Hendrasmo.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024

Dubes RI serahkan surat kepercayaan ke Presiden Turki Erdogan******

Dubes RI serahkan surat kepercayaan ke Presiden Turki Erdogan
Duta Besar RI untuk Turki Achmad Rizal Purnama (kiri) bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) di Ankara, Turki, Rabu (17/1/2024). ANTARA/HO-KBRI Ankara/aa.
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Republik Turki Achmad Rizal Purnama menyerahkan surat kepercayaan dari Presiden RI kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam upacara yang berlangsung di Istana Kepresidenan Turki, Ankara, Rabu (17/1).

Dalam pembicaraan bilateral usai Upacara Penyerahan Surat Kepercayaan yang didahului dengan Upacara Penghormatan oleh Pasukan Khusus Kepresidenan, Presiden Erdogan menekankan peran Indonesia dan Turki dalam isu Palestina.

Pembicaraan bilateral antara Presiden Erdogan dengan Dubes RI tersebut berlangsung di ruang tamu Istana Kepresidenan Turki.

"Presiden Erdogan memberikan perhatian khusus kepada Indonesia, yang terus mengawal isu Palestina di berbagai forum internasional" kata Dubes Rizal menceritakan topik diskusi dengan Presiden Erdogan, demikian keterangan tertulis dari KBRI Ankara.

Dalam diskusi yang berlangsung sekitar setengah jam itu, Presiden Erdogan didampingi oleh Kepala Penasihat Kepresidenan Akif Cagatay Kilic dan Kepala Komunikasi Nasional Fahrettin Altun, serta Dirjen Asia Pasifik Kemlu Turki Dubes Esra Cankorur.

Sementara itu, Dubes Rizal didampingi oleh keluarga, Atase Pertahanan KBRI Ankara, Kolonel Kav M. Amir Aliakbar dan Fungsi Politik I KBRI Ankara Dhanny Perkasa.

"Presiden Erdogan terkesan saat saya menunjukkan video kedekatan Presiden Erdogan dan Presiden Jokowi yang bergandengan tangan di sela-sela KTT OKI di Riyadh beberapa waktu lalu, video saat saya mengendarai mobil listrik buatan Turki, TOGG dan masifnya kunjungan saya ke berbagai industri pertahanan di Turki dalam tiga bulan terakhir,” ujar Dubes Rizal.

Presiden Erdogan juga mendoakan Pemilu RI mendatang berjalan dengan lancar dan sukses, serta membawa kebaikan dan kemajuan bagi rakyat Indonesia.

Saat diskusi dengan Presiden Erdogan, Dubes Rizal juga menyampaikan prioritas kerja sama bilateral 1+4 di bidang perdagangan serta kerja sama industri pertahanan dan strategis, energi, konstruksi, dan farmasi.

Dalam pembicaraan bilateral tersebut, Presiden Erdogan dan Dubes Rizal sepakat untuk segera mencapai target perdagangan bilateral 10 miliar dolar AS, penyelesaian negosiasi perjanjian perdagangan bebas kedua negara, perluasan kerja sama industri pertahanan, penguatan kerja sama keamanan dan penanggulangan terorisme, serta pengembangan kerja sama energi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Erdogan juga berbicara dengan putra Dubes Rizal, Ravi Hilmifuad Purnama, mengenai studi dan aktivitas belajar di Turki.

Selain Indonesia, dua dubes lainnya dari Venezuela dan Kanada, mendapat kesempatan menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Erdogan pada hari yang sama. Indonesia mendapatkan giliran pertama untuk menyerahkan surat kepercayaan.

Dubes Rizal mulai menjalankan tugas di Turki sejak awal September 2023. Rizal yang sebelumnya adalah Kepala Biro Dukungan Strategis Pimpinan, dilantik menjadi Dubes RI untuk Turki oleh Presiden RI pada 26 Juni 2023.

Dengan telah menyerahkan surat kepercayaan tersebut, Dubes Rizal telah memenuhi seluruh tahapan tata krama diplomatik untuk menjalankan tugasnya secara penuh sebagai perwakilan pemerintah Indonesia di Turki.

Baca juga: Indonesia-Turki sepakat perbarui MoU Ketenagakerjaan
Baca juga: Indonesia-Turki perkuat kerja sama lawan kejahatan transnasional

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024

Perjalanan KA di Daop Jember normal kembali usai KA Pandalungan anjlok******

Perjalanan KA di Daop Jember normal kembali usai KA Pandalungan anjlok
Ilustrasi - Penumpang menunggu kedatangan kereta di Stasiun Jember pada liburan Tahun Baru 2024. ANTARA/HO-Humas KAI Daop 9 Jember.
Hari ini semua kereta beroperasi normal dan keberangkatannya sesuai jadwal
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Perjalanan seluruh kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Jawa Timur, normal kembali usai kejadian KA Pandalungan anjlok di Stasiun Tanggulangin Sidoarjo pada Minggu (14/1).

"Hari ini semua kereta beroperasi normal dan keberangkatannya sesuai jadwal," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro di Jember, Senin.

Jalur bisa dilalui setelah proses evakuasi lokomotif dan gerbong KA Pandalungan di Stasiun Tanggulangin yang mengalami anjlok selesai dilakukan pada Senin dini hari pukul 00.22 WIB.

KA pertama yang melintasi jalur tersebut yakni KA Blambangan Ekspres relasi Ketapang Banyuwangi - Semarang Tawang Bank Jawa Tengah dengan kecepatan terbatas 20 km/jam pada jam 03.11 WIB.

Sebelumnya sejumlah rangkaian kereta api keberangkatan dari Daop 9 Jember seperti KA Ranggajati relasi Jember - Cirebon, KA Logawa relasi Jember - Purwokerto, KA Sritanjung relasi Ketapang – Lempuyangan dan KA Wijayakusuma relasi Ketapang – Cilacap terpaksa harus memutar lewat Bangil – Malang – Kertosono.

Baca juga: KAI Jember: 127.654 penumpang gunakan KA saat libur Natal-tahun baru

Baca juga: KAI Jember prediksi puncak arus balik liburan pada 1 Januari 2024

Beberapa kereta tersebut mengalami keterlambatan tiba di stasiun tujuan yakni KA Sritanjung tiba di Stasiun Ketapang pada pukul 22.20 WIB, mengalami kelambatan 122 menit, kemudian KA Logawa datang di Stasiun Jember pada pukul 22.20 WIB, mengalami kelambatan 225 menit.

Selanjutnya KA Ranggajati datang di Stasiun Jember pukul 23.34 WIB dengan mengalami kelambatan 179 menit, KA Wijayakusuma tiba di Stasiun Ketapang pukul 05.51 WIB mengalami kelambatan 123 menit, dan KA Blambangan Ekspres tiba di Stasiun Ketapang 11.20 WIB dengan mengalami kelambatan 385 menit.

"Semua KA yang mengalami kelambatan tersebut, diberangkatkan kembali dari Daop 9 Jember pada Senin ini tepat sesuai dengan jam keberangkatan masing-masing," ujarnya.

Cahyo mengatakan pihak KAI menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang yang mengalami keterlambatan di sejumlah stasiun tujuan di wilayah Daop 9 Jember akibat proses evakuasi KA Pandalungan tersebut.

KA Pandalungan relasi Gambir- Jember mengalami kecelakaan berupa anjloknya kereta di Emplasemen Stasiun Tanggulangin pada Minggu (14/1) pukul 07.57 WIB, sehingga jalur KA tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut.

Baca juga: KAI Jember temukan 17 penumpang miliki tiket tidak sesuai identitas

Baca juga: KAI Jember catat 61.422 tiket kereta untuk libur natal sudah dipesan
 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:situs 388 slot login

Perbarui waktu:2024-07-12

Daftar bab terbaru
pakar777
trik slot 777
daftar airbet88
buku erek erek mimpi
dunia gacor88
trik bermain slot zeus
dtmacau
rtp slot88
erek 88
Daftar isi semua bab
Bab 1 daftar link slot tergacor
Bab 2 pasaran togel
Bab 3 qq988
Bab 4 138 slot
Bab 5 bunga kredito
Bab 6 bo slot gacor
Bab 7 tenor akulaku hanya 3 bulan
Bab 8 pola maxwin malam ini
Bab 9 daftar pinjaman online resmi ojk 2022
Bab 10 qqmamibet
Bab 11 slot pagi ini
Bab 12 slot tanpa dana
Bab 13 beraniqq
Bab 14 360kredi ditolak
Bab 15 bwo99
Bab 16 info slot tergacor
Bab 17 yuki138
Bab 18 pinjaman 30 hari kredivo
Bab 19 pinjaman ilegal 2023
Bab 20 slot bosku
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8906bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

istri parit

situs receh gacor
KPU telusuri dugaan surat suara tercoblos lebih dulu di Taipei
Ilustrasi -- Petugas Pos Malaysia memasukkan sejumlah kardus berisi surat suara yang akan dikirimkan ke pemilih tetap di Kedutaan Besar RI Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (15/1/24). ANTARA FOTO/VIRNA PUSPA SETYORINI/nz
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sedang menelusuri surat suara yang diduga sudah tercoblos lebih dulu di Taipei, Taiwan.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan klarifikasi itu dilakukan dengan menelusuri pihak panitia penyelenggara luar negeri (PPLN) dan panitia pengawas pemilihan (panwaslu).

"Nanti kalau sudah ada hasilnya akan dilaporkan oleh teman-teman PPLN dan Panwaslu. Dan bisa rilis kepada teman-teman media, karena sdang ditelusuri dulu," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan penelusuran itu akan dilakukan langsung ke pemilih yang bersangkutan. KPU pun masih memastikan apakah surat suara itu memang benar sudah tercoblos lebih dulu atau tidak.

Menurut Hasyim, apabila surat suara itu benar tercoblos lebih dulu saat berada di dalam amplop, maka KPU akan menyatakan surat suara itu ke dalam kategori surat suara rusak. Surat suara itu akan langsung diganti dengan yang baru.

Adapun surat suara di dalam amplop merupakan salah satu metode pencoblosan untuk pemilu luar negeri. Para pemilih akan menerima lebih dulu amplop dari KPU yang berisikan surat suara.

Selanjutnya, surat suara yang dicoblos itu akan dikirim kembali oleh pemilih ke alamat yang sudah dilampirkan KPU pada amplop.

“Iya tentu saja ke pemilih yang bersangkutan. Kalau memang benar bahwa memang itu sudah tercoblos itu, itu kan metode pos, nah sebagaimana kemudian di metode TPS nanti kita akan kategorikan surat suara rusak dan kemudian akan kita ganti dengan surat suara baru,” katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md, sebagai peserta Pilpres 2024.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024

Orang-orang biasa melakukan perjalanan melalui dimensi kedua

topanbet
Retno dampingi Jokowi hadiri resepsi pernikahan Pangeran Mateen
Foto arsip - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kiri) bersama Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Jodi Mahardi (kanan) saat menyampaikan keterangan pers di ruang media center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 di Nusa Dua, Bali, Selasa (10/10/2023). ANTARA FOTO/Media Center KTT AIS Forum 2023/Jessica Wuysang/nym (Jessica Wuysang/Jessica Wuysang)
Suatu kehormatan dapat hadir di perayaan pernikahan Pangeran Abdul Mateen @tmski Putera Sultan Brunei Darussalam dengan Anisha Rosnah binti Adam di Bandar Seri Begawan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendampingi Presiden Joko Widodo ketika "jagong manten" atau menghadiri resepsi pernikahan Pangeran Brunei Abdul Mateen dan istrinya Anisha Rosnah.

Lewat akun Instagramnya, Senin, Retno membagikan momen  berada di Bandar Seri Begawan pada Minggu (14/1) ketika menghadiri puncak perayaan pernikahan kerajaan di Istana Nurul Iman.

Perempuan pertama Indonesia yang menjadi menteri luar negeri itu mengenakan kebaya janggan hitam dengan bawahan batik hitam bermotif cokelat.

"Suatu kehormatan dapat hadir di perayaan pernikahan Pangeran Abdul Mateen @tmski Putera Sultan Brunei Darussalam dengan Anisha Rosnah binti Adam di Bandar Seri Begawan," tulis Retno.

Hadir pula dalam acara ini Yang Dipertuan Agong Malaysia, Perdana Menteri Malaysia, Presiden Filipina, Perdana Menteri Singapura, dan Raja Bhutan.

Baca juga: Menlu Retno: Kunjungan Presiden Jokowi ke Vietnam sangat strategis

Presiden Joko Widodo juga didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto.

Dalam video yang diunggah Retno, Pangeran Mateen mengenakan seragam militer putih lengkap dengan atribut berwarna kuning dan emas, sementara Anisha memakai gaun pengantin berwarna putih dengan garis leher tinggi.

Tiara dengan kerudung putih, kalung, dan sepasang anting berlian melengkapi penampilan sang mempelai perempuan dalam upacara Istiadat Bersanding Pengantin Diraja itu.

"Setelah perayaan, kedua mempelai melakukan parade di jalan besar Bandar Seri Begawan," kata Retno.

Baca juga: RI siap bekerja sama dengan Filipina untuk segera selesaikan CoC LCS

"Selamat berbahagia Pangeran Mateen," sambungnya.

Mateen adalah anak kesepuluh Sultan Hassanal Bolkiah yang berada pada urutan ke-6 dalam garis pewaris takhta kesultanan Brunei Darussalam.

Pangeran Mateen dikenal publik karena sering diajak mendampingi ayahnya dalam kunjungan kenegaraan dan menghadiri berbagai forum internasional.

Anisha Rosnah, cucu salah seorang penasihat khusus Sultan Brunei, adalah  pebisnis. Ia memiliki sebuah merek fesyen sendiri dan juga berbisnis pariwisata.

Baca juga: Retno bertemu Menlu Filipina bahas peningkatan kerja sama ekonomi

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024

Satu kehidupan

bonus slot 100 di depan
KemenKopUKM mulai bentuk ekosistem pemberian KUR tanpa agunan
Deputi Bidang Usaha Mikro KemenKopUKM Yulius saat konferensi pers di Kantor KemenKopUKM, Jakarta, Jumat (18/1/2024). ANTARA/Kuntum Riswan/aa.
Maka, langkah pemerintah dalam meningkatkan penyaluran KUR tanpa agunan tambahan untuk membantu pertumbuhan usaha UMKM, salah satunya dengan pemanfaatan credit scoring
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) memulai pembentukan ekosistem credit scoring yang memungkinkan debitur dapat mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa mempunyai agunan.

“Kita set up dari bulan Januari mengumpulkan data, Februari-April kita membangun modelnya pakai machine learning, Aritificial Intelligence. Setelah itu kita membuat score-nya. Setelah itu kita membangun API (Antarmuka Pemograman Aplikasi), itu sekitar bulan 6 bulan 7 bisa digunakan untuk pilot project,” kata Deputi Bidang Usaha Mikro KemenKopUKM Yulius saat konferensi pers di Kantor KemenKopUKM, Jakarta, Jumat.

Deputi Yulius menjelaskan credit scoring merupakan sistem penilaian terhadap kemampuan seseorang dalam membayar kewajiban pinjamannya yang dilakukan oleh Lembaga Penilaian Kredit. Hingga saat ini credit scoring hanya menggunakan data konvensional, seperti data identitas, data biro kredit dan data perbankan.

Skema tersebut mewajibkan calon debitur untuk mempunyai agunan sebagai jaminan. Sementara, pelaku usaha mikro dan kecil kerap kali tidak mempunyai agunan. Sehingga, pelaku usaha mikro dan kecil kesulitan mengakses pembiayaan.

Oleh karena itu, sesuai arahan Presiden Joko Widodl dalam Pembukaan Rapat Nasional HIPMI ke-18 pada tanggal 31 Agustus 2023, kepada lementerian terkait, BI, OJK dan perbankan agar dapat meningkatkan pembiayaan UMKM tanpa agunan dengan menggunakan sistem credit scoring.

“Maka, langkah pemerintah dalam meningkatkan penyaluran KUR tanpa agunan tambahan untuk membantu pertumbuhan usaha UMKM, salah satunya dengan pemanfaatan credit scoring,” ucapnya.

Melalui penerapan credit scoring, sambung Yulius, nantinya penilaian kelayakan kredit dalam pemberian KUR menggunakan sumber data diluar data konvensional atau data alternatif. Data tersebut diantaranya jaminan sosial (BPJS), data penggunaan listrik, data transaksi e-commerce, data media sosial, data perpajakan dan data lain tersedia dari Sistem Satu Pintu (SSO).

Lebih lanjut Yulius menuturkan bahwa saat ini sudah terdapat 20 fintech yang telah menggunakan skema credit scoring. Nantinya, pasca uji coba yang akan dimulai pada Juli mendatang, penggunaan credit scoring akan diperluas kepada perbankan, koperasi dan lembaga keuangan non bank. Plafon KUR pun rencananya akan ditingkatkan dari Rp100 juta menjadi Rp500 juta jika credit scoring telah diberlakukan.

“Program credit scoring ini dijalankan tahun 2024 dengan tujuan meningkatkan persetujuan penilaian kredit untuk masyarakat dan meningkatkan pencapaian target penyaluran KUR,” tutur dia.

Baca juga: UMKM perlu "go digital" untuk dapat skor kredit yang akurat
Baca juga: Indef: "Innovative credit scoring" penting tingkatkan akses kredit

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024

Buku Dunia Lain

tafsir mimpi 3 angka
Sainz semakin dekat dengan gelar keempatnya di Dakar
Pebalap tim Audi Sport Carlos Sainz asal Spanyol dan co-pilot Lucas Cruz dari Spanyol menjalani etape 11 Reli Dakar 2024 dari Al-Ula ke Yanbu, Kamis (18/1/2024). ANTARA/AFP/Patrick Hertzog/am.
Jakarta (ANTARA) - Carlos Sainz semakin dekat dengan gelar keempatnya di Reli Dakar setelah rival utamanya, Sebastien Loeb tersandung masalah teknis pada etape 11 di Yanbu, Arab Saudi, Kamis.

Apabila tidak mengalami kendala di etape terakhir, Sainz akan menambah koleksi trofinya setelah memenangi reli ketahanan tersebut pada edisi 2010, 2018, dan 2020, serta kesuksesan yang pertama kali bagi mobil listrik.

Mengendarai purwarupa RS Q E-Tron E2 Audi, Sainz menuju special stage sejauh 175km pada etape terakhir di Yanbu dengan keunggulan satu jam 26 menit dari pembalap tim Overdrive Guillaume De Mevius.

Sedangkan Loeb, mendapati harapannya merebut gelar pertama di Dakar terjegal kendala mekanik yang membuatnya terdampar di gurun pasir selama lebih dari satu jam pada etape 11.

Baca juga: Guerlain Chicherit menangi etape 11 Reli Dakar 2024

Padahal juara dunia reli sembilan kali itu terpaut hanya 13 detik dari Sainz saat start special stage sejauh 420km dari Al Ula ke Yanbu hari itu.

"Ini etape yang sulit bagi kami. Kami kehilangan lebih dari satu jam duduk di atas batu pada awal etape ini. Kami sempat mengira ini sudah berakhir," kata Loeb yang masih berpeluang sebagai runner-up karena terpaut hanya sembilan menit di belakang De Mevius.

"Pada akhirnya, kami sedikit beruntung saat seorang pembalap China yang mengendarai Hunter memiliki suku cadang yang kami butuhkan, jadi kami mengambilnya, dan memperbaikinya, dan melaju lagi.

"Lalu kami mendapati sejumlah ban bocor. Bahkan mengemudi dengan pelan, kami sering mendapati ban bocor. Etape hari ini sangat menyiksa ban. Kami sampai di garis finis dengan ban bocor, tapi kami akhirnya sampai finis."

Kontras dengan apa yang dialami Loeb, Sainz hanya mendapati satu ban bocor menuju finis dan mendapat cukup ruang menuju etape pemungkas.

Baca juga: Sainz perlebar jarak di puncak klasemen seusai etape 8 Dakar 2024

"Setelah kami melihat Seb, kami mengemudi dengan hati-hati. Etape ini sangat sulit karena banyaknya batuan... Bahkan mengemudi dengan pelan di sini Anda bisa kena ban bocor," kata Sainz.

"Tersisa 170km lagi. Saya paham betul bahwa reli ini Anda harus benar-benar melintasi finis dan ini yang akan kami lakukan.

"Gap-nya satu jam, maka saya tidak perlu buru-buru," kata Sainz.

Di kategori sepeda motor, pembalap Botswana Ross Branch merebut kemenangan di etape 11 demi memangkas 32 detik dari Ricky Brabec yang finis kedua hari itu.
m
Mengincar gelar keduanya di Dakar, Brabec kini terpaut 10 menit 22 detik dari Branch dan 14 menit 31 detik dari rekannya sesama pembalap HOnda, Adrien Van Beveren.

"Persaingannya ketat... Tapi rasanya ini akan jadi pertarungan antara saya, Adrien dan Ross di tiga besar besok," kata Brabec.

Baca juga: Loeb terus beri tekanan Sainz jelang dua etape terakhir Dakar 2024
Baca juga: Harapan Loeb untuk meraih kesuksesan di Reli Dakar semakin menguap 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024

Sistem Superstar Seni Bela Diri

asiawin88
Jokowi sapa pendengar Tanah Air lewat siaran perdana RRI dari IKN
Presiden Joko Widodo menyapa pendengar Radio Republik Indonesia dalam siaran perdana di Studio Mini RRI di Hunian Pekerja Konstruksi Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024). ANTARA/HO-Sekretariat Wakil Presiden/aa.
Saya sangat senang ada studio RRI di Ibu Kota Nusantara
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menyapa pendengar Radio Republik Indonesia dalam siaran perdana yang dilakukan dari Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, untuk menyampaikan progres pembangunan infrastruktur di IKN.

"Saya sangat senang ada studio RRI di Ibu Kota Nusantara. Ini akan bisa menginformasikan, menyampaikan berita-berita mengenai perkembangan yang ada di Ibu Kota Nusantara, baik pembangunan, baik penanaman pohonnya, baik pembangunan infrastrukturnya. Saya kira masyarakat di seluruh Tanah Air perlu mendengar mengenai perkembangan yang ada di Ibu Kota Nusantara," kata Presiden Jokowi dalam siaran di studio RRI, seperti disampaikan melalui keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden, Rabu.

Dalam siarannya tersebut, Presiden menyambut baik siaran perdana yang dilakukan RRI di Studio Mini RRI yang berlokasi di Hunian Pekerja Konstruksi Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Presiden Jokowi menilai siaran RRI dapat menyampaikan progres pembangunan IKN ke seluruh Tanah Air.

Baca juga: Jokowi apresiasi investor lokal bangun kompleks pergudangan pintar IKN

Baca juga: Presiden sebut pembangunan Training Center di IKN sudah 20 persen 

Saat menyapa pendengar di beberapa daerah, Kepala Negara berharap setiap progres pembangunan Ibu Kota Nusantara dapat diketahui rakyat dari berbagai pelosok Indonesia.

"Yang paling penting seluruh rakyat Indonesia bisa mengetahui seluruh progres, mengetahui perkembangan yang ada di Ibu Kota Nusantara sehingga baik yang ada di perbatasan, yang ada di Aceh, ada di Papua semuanya tahu mengenai perkembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara kita dan tentu saja informasi-informasi yang lainnya," tutur Presiden.

Dalam siaran perdana tersebut, Kepala Negara turut menyampaikan progres pembangunan sejumlah infrastruktur di IKN, mulai dari kantor-kantor pemerintah hingga hotel.

Dengan banyaknya infrastruktur yang telah dibangun, Presiden Jokowi pun optimistis Upacara Peringatan ke-79 Kemerdekaan RI bisa digelar di IKN.

Baca juga: Jokowi berharap SUN Hub bantu kontraktor kebut infrastruktur IKN

Baca juga: Jokowi optimistis Upacara HUT Ke-79 RI digelar di IKN

"Kita optimistis nanti di 17 Agustus itu insya Allah juga bisa melakukan upacara bendera dalam rangka hari kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara," ujar Presiden.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam siaran tersebut yakni Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Direktur Utama RRI I. Hendrasmo.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024

Budaya menaklukkan dunia lain

sembilandewa88
BPBD: Longsor terjang sejumlah wilayah di Kabupaten Sukabumi
Petugas gabungan tengah mengevakuasi material tanah yang longsor dan menutup akses jalan desa di Kampung Kutabatu, RT 04/06, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Sabtu (20/1/2024). ANTARA/Aditya Rohman
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menyebutkan hujan deras yang turun hampir sepanjang hari di Kabupaten Sukabumi mengakibatkan tanah longsor di sejumlah wilayah, Sabtu.

"Kami mendapat laporan dari Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK), bencana tanah longsor menerjang sejumlah lokasi yang berada di beberapa kecamatan," kata Humas BPBD Kabupaten Sukabumi Sandra Fitria di Sukabumi, Sabtu.

Adapun kejadian bencana tanah longsor tersebut terjadi di Kampung Cibinongpancalan, Desa Bojongtugu, Kecamatan Curugkembar mengakibatkan jalan di wilayah itu tertutup material longsor. Petugas gabungan sudah membersihkan tanah yang menutupi jalan sehingga saat ini sudah bisa dilalui kembali oleh kendaraan.

Baca juga: Bencana tanah longsor rusak rumah warga di Kampung Kebonkerep Sukabumi

Kejadian serupa juga terjadi di Kampung Pasirsuit, RT 01/02, Desa Cimenteng, Kecamatan Curugkembar. Akibat longsor tebing sepanjang 12 meter dengan tinggi 18 meter akses jalan desa sempat tertutup tanah, namun sudah ditangani oleh masyarakat bersama petugas gabungan.

Selanjutnya tebing sepanjang 15 meter dengan tinggi 6 meter dan dan lebar 5 meter di Kampung Pasirjati RT 03/05, Desa Cihelangtongoh, Kecamatan Cibadakmenyebabkan longsor sehingga akses jalan yang menghubungkan Kecamatan Caringin dan Cibadak tertutup material longsor dan untuk membersihkannya membutuhkan alat berat.

Baca juga: BPBD: Hujan deras picu longsor di sejumlah titik di Kabupaten Sukabumi

Namun demikian, jalan penghubung dua kecamatan itu yang awalnya tidak bisa dilalui kendaraan roda empat saat ini sudah bisa dilalui. Pengendara diimbau waspada terhadap longsor susulan.

Bencana tanah longsor juga terjadi di Kampung Kutabatu, RT 04/06, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh. Dampak dari tebing sepanjang 5 meter tinggi dan 3 meter yang longsor tersebut akses jalan desa tidak bisa dilalui oleh berbagai jenis kendaraan bermotor.

Sandra mengatakan meskipun tidak ada bangunan seperti rumah yang terdampak dan tidak ada korban jiwa maupun luka, bencana tanah longsor itu mengakibatkan aktivitas warga sempat terganggu.

Baca juga: BPBD: Bencana di Kabupaten Sukabumi didominasi longsor & angin kencang

"Kami mengimbau warga agar selalu waspada karena potensi terjadinya bencana serupa bisa dikatakan tinggi, karena hujan deras diprediksi akan kembali turun dalam beberapa hari ke depan," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024