petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

wd138 slot

interbola2 130Jutaan kata 221157Orang-orang telah membaca serialisasi

《wd138 slot》

Data BPS: Ketimpangan Gender Turun karena Makin Banyak Wanita Bekerja******

Ketimpangan gender di Indonesia makin menurun. Hal ini tercermin dari makin banyaknya wanita yang bekerja.
Ketimpangan gender di Indonesia makin menurun. Hal ini tercermin dari makin banyaknya wanita yang bekerja. (iStock/prpicturesproduction).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketimpangan gender di Indonesia makin menurun. Hal ini tercermin dari makin banyaknya wanitayang bekerja.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) ketimpangan gender pada 2022 menjadi 0,459, turun dibandingkan 2021 yang di level 0,465. Penurunan lebih tinggi terjadi dari 2020 yang berada pada posisi 0,472.

Data indeks ini menunjukkan bahwa ketimpangan antara laki-laki dan perempuan makin mengecil atau kesetaraan makin membaik.

Pudji menjelaskan ketimpangan gender ini diukur melalui tiga dimensi yakni kesehatan reproduksi, pemberdayaan gender dan pasar tenaga kerja.

Selain itu, perbaikan indeks gender juga terlihat dari pendidikan. Di mana, persentase perempuan sekolah sampai jenjang minimal SMA meningkat.

Berdasarkan wilayahnya, ada 15 provinsi yang memiliki indeks ketimpangan gender di bawah capaian nasional. Sementara 19 sisanya berada di atas capaian nasional.

Indeks ketimpangan gender turun terdalam terjadi di Provinsi Sulawesi Tenggara 0,064. Sedangkan peningkatan ketimpangan gender tertinggi terjadi di DKI Jakarta 0,126.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

Mengintip Gerilya Jastip Tiket Raup Cuan dari Para Hamba Konser******

Bisnis jasa titip tiket merajalela belakangan ini dengan kisaran cuan Rp100 ribu-Rp1 juta per tiket demi memenuhi Berahi para penggemar konser.
Bisnis jasa titip tiket merajalela belakangan ini dengan kisaran cuan Rp100 ribu-Rp1 juta per tiket demi memenuhi Berahi para penggemar konser. (dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia--

"Jastip tiket konserkeliling, jastip tiket konser keliling!'. Sahut-sahutan penjaja jasa pemuas nafsuhamba konser.

Segala cara dihalalkan demi bisa bertemu sang idola. Keluar duit lebih bukan masalah asal bisa menghirup oksigen yang sama tanpa batasan layar kaca.

Hukum dasar ekonomi pun tak terelakkan. Permintaan tiket konser dibalas penawaran jasa titip (jastip) yang merajalela.

Bahkan, koloni sengaja dibentuk untuk bergerilya di medan perang perburuan tiket konser. Rekrutmen tim jastip tiket lumrah di media sosial, mulai dari Instagram hingga Twitter.

Upah yang dijanjikan untuk satu tiket pun bervariasi, di kisaran satu hingga dua lembar uang merah bergambar Soekarno-Hatta.

"Urgently looking for a freelancer ticket war position! Kerja mobile, mendapatkan penghasilan tidak terbatas sesuai dengan tiket yang kamu dapatkan. Semakin banyak tiket yang didapatkan, semakin banyak penghasilan kamu!" iming-iming iklan di salah satu jejaring sosial.

Izra, salah satu pemilik bisnis jastip tiket konser berkomentar soal fenomena ini. Pria kelahiran 2002 ini sudah menjadi pemain kenamaan di bidang ini, setidaknya sejak 2015 lalu.

Lihat Juga :
Jokowi Angkat Suara Soal Jembatan Lengkung LRT Jabodebek Salah Desain

Ia tak sendiri. Bisnis ini tercipta dari kejelian sang kakak melihat berahi para penggemar fanatik musik. Izra pun hadir sebagai algojo untuk mengeksekusi pesanan sejumlah langganan.

Kakak beradik ini hampir tak pernah meleng dari berbagai informasi konser di Indonesia, utamanya musisi mancanegara. Maklum, penyanyi atau band luar negeri lebih dielu-elukan bak dewa ketimbang sederet nama beken tanah air.

"Kami tidak tiba-tiba buka jastip, buka karena ada demand-nya. Cuan sebenarnya tergantung masing-masing tiket karena beda-beda harganya. Kalau di saya itu satu tiket cuma Rp100 ribu sampai Rp300 ribu tarifnya," ungkapnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (2/8).

Perangkat memadai jadi kunci mengalahkan tangan-tangan cepat jastip lain. Uniknya, Izra mengaku tak perlu internet sengebut mobil Formula 1 untuk memuluskan aksinya.

Lihat Juga :
Erick Thohir Ungkap Alasan Ahok Masih Dipercaya Jadi Komut Pertamina

Tidak tahu kenapa. Tapi mungkin karena jari-jemarinya sudah secepat kilat.

Bagi-bagi upah yang ditetapkan sang kakak bergantung pada tarif jastip. Misal, jastip tiket penyanyi A dihargai Rp300 ribu, maka Izra mengantongi separuhnya alias Rp150 ribu.

"Saya bagian bantu war tiket saja, jadi ya dalam satu tim gitu istilahnya. Biasanya sih berdua (bersama kakak), cuma tergantung dari kakak saya minta bantuan ke siapa lagi. Tapi, kalau ada yang mau bantu gitu belum buka deh karena takut nanti tiketnya dibawa kabur kan mereka belum terpercaya," jelas Izra.

Meski sudah malang melintang di dunia perjastipan, Izra malu-malu kucing merinci angka pasti cuan terbesar yang didapat. Ia berdalih memang tidak ada pembukuan khusus untuk bisnis seru-seruan ini.

Aksinya kadang tak semulus fantasi orang. Dewi fortuna kerap keliling ke jastip lain dan memalingkan muka dari dua saudara ini. Izra pun tak pernah mengumbar janji bakal 100 persen memenangkan peperangan.

Lihat Juga :
Erick Thohir: Ahok Bagus Jaga Pertamina, Makanya Dipercaya Jadi Komut

Hebatnya, antrean tetap mengular. Secercah harapan digantungkan padanya. Persentase keberhasilan yang diklaim cukup tinggi menjadi alasan. Tak tanggung-tanggung, para hamba konser rela mengucurkan uang booking hingga melunasi harga tiket plus tarif jastip di muka.

Meski puas sanggup melayani nafsu penikmat musik, Izra menyimpan setitik amarah. Ia keberatan jika jasanya dicerca banyak orang. Izra bersumpah nyinyiran hingga makian kepada komplotan jastip salah sasaran.

"Yang salah adalah mereka wartiket, dapat, tapi tidak punya pembeli. Itu yang menuh-menuhin server. Saya tidak suka sama orang yang wartiket, tapi tidak punya pembeli. Kalau mau ikut warseharusnya punya pembeli biar gak menuh-menuhin server," ucapnya pedas.

"Saya paling benci kalau lagi wartiket terus di Twitter banyak yang langsung want to sell(WTS). WTS tinggal isi data, tinggal bayar. Itu orang-orang yang cari kesempatan dalam kesempitan. Itu baru orang-orang yang memenuhi server," tutup pria yang bercokol di Depok, Jawa Barat itu.

Jastip bukan cuma mainan para lelaki. Wanita-wanita tangguh juga berani sikut-sikutan dalam sesaknya perburuan tiket konser. Aisyah salah satunya.

Selayaknya kesatuan khusus, ia dibantu tenaga kedua temannya berkomplot dan akan bergerak sesuai pesanan. Tingginya animo masyarakat untuk jingkrak-jingkrakan bersama penyanyi kenamaan menjadi gerbang pembuka cuan.

Lihat Juga :
Salim Group dan Agung Sedayu Garap Pembangunan Tol Rp23 T Menuju PIK 2

Namun, tidak semua pagelaran musik menjadi target operasi. Aisyah sangat mempertimbangkan kesiapan tim untuk turun gunung atau tidak. Di sisi lain, penjualan tiket beberapa konser yang berdekatan menjadi kerikil yang mengadang.

Siapa sangka, iseng-iseng berhadiah membuka jasa war tiket pada 2022 berbuah penghasilan menjanjikan. Wanita asal Tangerang Selatan itu memamerkan salah satu keberhasilannya, yakni jastip fan meet EXO di Jakarta pada 2023 ini.

"Setiap feeuntuk jastip tiket konser itu berbeda, kami menentukan feesesuai dengan seberapa susah peluang war, dilihat dari antusiasme para fans. Normalnya tarif di kisaran Rp250 ribu sampai Rp350 ribu. Incomeyang didapat darifeejastip itu, 40 persen-50 persen per tiket diberikan untuk yang berhasil mendapatkan tiketnya," jelas Aisyah.

Wanita kelahiran 2000 itu punya setidaknya dua senjata utama, yakni laptop dan HP. Berperang dengan banyak orang, Aisyah cs juga kudu pintar-pintar mengolah emosi.

Tak kalah tanggung dengan komplotan Aisyah, Audi nyebur ke kolam bisnis jastip tiket konser sejak 2022 silam. Ia pun tak sungkan membagikan asam garam di medan perang. Audi bersama seorang temannya tak pernah luput mencari formula jitu demi memperbesar peluang menyegel tiket.

"Persiapan awalnya kami cuma mengandalkan laptop, HP, sama koneksi internet di rumah. Tapi lama-lama kita belajar kalau gagal coba pindah untuk wardi warung internet (warnet), terus di dalam dua perangkat itu tidak boleh pakai koneksi yang sama," tuturnya.

Lihat Juga :
Pemerintah Akan Bangun Tol Rp23 T untuk Sambung Kamal-Teluknaga-Rajeg

Kendati sudah punya reputasi, Audi ogah mematok tarif selangit. Harga jasanya paling mentok Rp200 ribu per tiket, yaitu saat war tiket konser Suga BTS di Agust D 'D-DAY' Tour pada 2023 ini. Ia juga membatasi antrean hamba konser yang ingin meminang jasanya.

Wanita kelahiran 2001 itu paling ogah mengecewakan pelanggan dengan slot jastip terlalu banyak. Niat mulianya ingin membantu para fans yang kebelet nonton konser, bukan fokus menjaring pundi-pundi rupiah.

Fenomena jastip tiket konser memang bak buah simalakama. Sekilas jasa ini memang membantu para penggemar yang rela mati-matian bertemu sang idola.

Tetapi di sisi lain, keberadaan mereka justru membuat harga tiket bengkak tak karuan.

Syafira, salah satu pengguna jastip, bahkan rela mengeluarkan ongkos sampai Rp1 juta demi menonton musisi idolanya. Setidaknya ada 4 tiket konser di 2023 yang ia kantongi dari tangan sakti jastip, yakni NCT Dream Tour: The Dream Show 2, jumpa fans EXO, Suga BTS di Agust D 'D-DAY' Tour, hingga SMTOWN Live.

Lihat Juga :
ANALISISMenakar Besaran Ideal Gaji PNS agar Tak Jadi Air Mata

Wanita asal Jakarta Timur itu yakin jastip sudah berpengalaman dalam peperangan tiket. Oleh karena itu, ia percaya diri dan menggantungkan harapan kepada perjastipan sebagai jalan pintas bertemu idola.

Sejumlah gaya main jastip sudah pernah ia cicipi. Umumnya, Syafira diminta membayar biaya bookingsekitar Rp50 ribu-Rp100 ribu dan diharuskan melunasi pada H-2 atau H-1 ticketing.

"MostlyRp200 ribu sampai Rp1 juta (tarif jastip). Rp1 juta itu sudah mahal banget karena masih jastip kan, masih ada peluang tidak dapat. Tapi kalau jastip tidak dapat tiket, biasanya dikurangi sama pihak jastip sekitar Rp50 ribu sampai Rp100 ribu," tutur Syafira.

Bahkan, Syafira tak merasa gerah dengan kehadiran jastip. Ia menilai jastip-jastip berpengalaman muncul ke permukaan sebagai juru selamat untuk memenuhi permintaan pasar.

Ia juga keberatan jika jastip disamakan dengan calo. Menurutnya, calo adalah pihak yang memang tak berminat nonton konser, tetapi sengaja ikut wardan dapat tiket. Syafira menyebut harga tak masuk akal lahir dari tindakan para calo, bukan jastip.

Lihat Juga :
Mengintip Gaji Pejabat PNS yang Disebut Timpang dengan Direksi

Di lain sisi, Melati, bukan nama sebenarnya, mengaku pertama kali mencicipi jastip ketika menonton konser Taeyeon SNSD di Jakarta pada Juli 2023 lalu.

Meski baru sekali, ia mengaku mendapat banyak bisikan soal besaran tarif jastip yang berkisar Rp100 ribu hingga Rp350 ribu. Bahkan, ada yang tembus Rp1 juta, tergantung tingginya permintaan.

Wanita kelahiran 2000 itu mengaku demand wartiket konser sang idola tidak terlalu besar. Percobaan pertamanya pun hanya merogoh kocek Rp100 ribu.

"Tahu jastip dari Twitter. Caranya ya cari aja keywordkonser yang diinginkan, nanti pasti keluar dengan keterangan WTS. Bisa percaya jastip karena isinya pakai data sendiri dan bayar langsung ke situs jual tiketnya, bukan ke rekening jastip. Kalau yang transfer ke jastip rawan penipuan soalnya," cerita Melati.

Namun, wanita asal Jakarta itu sejatinya tak setuju dengan cara main jastip. Menurutnya, para fans yang benar-benar haus bertemu idola kudu kena sikut para jastip.

Ia pun menggerutu masuk antrean tiket di situs onlinesudah sangat susah. Anehnya, para jastip tetap bisa melenggang anggun dan memborong banyak tiket. Melati berpendapat penggunaan jastip dilakukan oleh orang-orang yang sangat kepepet.

Artis Korea Selatan adalah target borongan banyak orang. Tak cuma Syafira dan Melati, Lia juga rela merogoh kocek lebih demi bertatap muka langsung dengan NCT Dream dan hadir di konser SMTown Live pada 2023 ini, di mana salah satunya menyedot Rp600 ribu.

Lihat Juga :
Kemenpan RB Akui Gaji PNS Belum Adil: Ada Dapat Mata Air dan Air Mata

Bisikan dari mulut ke mulut meyakinkan Lia untuk menjajal jastip, meski harus rela membayar mahal. Sistem yang ditawarkan umumnya mirip, di mana ia diminta menaruh biaya pemesanan senilai Rp100 ribu.

"Sejauh ini jastip dapat terus sih, kalau gagal dapat tiket pasti refund. Cuma ada beberapa jastip yang tetap keepuang bookingkurang lebih Rp50 ribu-Rp100 ribu, tapi ada juga yang full refund100 persen," curhatnya.

Lia mengaku tak keberatan dengan menjamurnya jastip tiket konser. Ia menilai jastip membantu orang-orang yang tak punya waktu untuk war tiket, tapi sangat ingin menyaksikan aksi panggung idolanya.

Jastip dinilai tak selevel dengan calo pengemplang harga tiket konser. Ia merasa feeyang dibebankan jastip masih masuk di kantong karena lebihnya tidak sampai berkali-kali lipat dari harga tiket asli.

Lihat Juga :
Kemenpan RB Nilai Gaji Pejabat PNS Timpang dengan Direksi Perusahaan

Membuat Marah Pemerintah Brasil

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Transmart Bakal Kasih Diskon Seharian, Wajib Borong Belanjaan******

Yuk, serbu Transmart Full Day Sale besok Selasa (8/8) dan borong belanjaan sebanyak-banyaknya di gerai terdekat.
Yuk, serbu Transmart Full Day Sale besok Selasa (8/8) dan borong belanjaan sebanyak-banyaknya di gerai terdekat. (Transmart)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart bakal kasih diskon selama seharian penuh di gelaran Full Day Sale besok, Selasa (8/8). Diskonnya sampai 50% + 20% lho dan digelar serentak di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Berbagai macam produk di Transmart bakal mendapat diskon sampai 50 persen, mulai dari daging, fashion item, kosmetik dan fragrance, furnitur, peralatan dapur, hingga produk elektronik seperti TV, AC, kulkas, mesin cuci, sampai sepeda listrik!

Lihat Juga :
Wow Transmart Full Day Sale Datang Lagi Besok, Diskon 50% + 20%!

Jika belum punya Allo Prime, caranya gampang banget. Tinggal download saja aplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

Ingat ya, serbu Transmart Full Day Sale besok dan borong belanjaan sebanyak-banyaknya di gerai Transmart terdekat.

Diskon besar-besaran ini cuma berlaku besok, sejak gerai Transmart buka hingga pukul 22.00 waktu setempat.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank ya supaya bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:188bet

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
promo gojek maret 2022
demo fishing god
kampuspoker
buku mimpi jeruk
cara mengajukan kredit di akulaku
daftar nama situs slot gacor
raja indo slot login
gamepols
freespbo
Daftar isi semua bab
Bab 1 apakah situs judi online aman
Bab 2 rtp slot paling gacor
Bab 3 pinjaman hp tanpa dp
Bab 4 cara pinjam uang di mandiri
Bab 5 slo888
Bab 6 gacor 368
Bab 7 10001 tafsir mimpi 4d
Bab 8 dewa judi 88
Bab 9 claim a voucher alfamart
Bab 10 hobi69
Bab 11 situs slot gampang menang terpercaya
Bab 12 link airbet
Bab 13 slot mudah jackpot 2022
Bab 14 induk303
Bab 15 siagus88
Bab 16 slot bonus new member tanpa turnover
Bab 17 cara pinjam di lazada
Bab 18 pinjaman yang pasti di acc
Bab 19 abo777
Bab 20 grup prediksi togel jitu
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2287bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Aku, si penjelajah bayangan

slot mudah
Pakar Ekonomi Universitas Gadjah Mada, R.M. Gunawan Sumodiningrat menjadi salah satu pembicara di FGD yang digelar Satgas UU Cipta Kerja di Batam.
Pakar Ekonomi Universitas Gadjah Mada, R.M. Gunawan Sumodiningrat saat menjadi pembicara di FGD yang digelar Satgas UU Cipta Kerja di Batam. (Foto: Arsip Satgas UU Cipta Kerja).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pakar Ekonomi Universitas Gadjah Mada, R.M. Gunawan Sumodiningrat memberi pandangannya terhadap misi besar yang dibawa Undang-Undang Cipta Kerja. Dia menganalogikan misi besar UU Cipta Kerja itu untuk menghapus kemiskinan di Indonesia dengan tujuan utama dalam hidup, yakni mencapai kebahagiaan.

"Filosofi tujuan hidup itu sederhana, ingin bahagia," ujar Gunawan saat hadir dalam Focus Group Discussion 'Aspek Kemitraan Bagi Usaha Mikro Kecil dengan Usaha Menengah dan Besar dalam UU Cipta Kerja' di Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat (4/8) lalu.

Menurut Gunawan, manusia dapat meraih kebahagian jika hidupnya nyaman. Menirutnya, pondasi kenyamanan pada umimnya, yakni tidak kelaparan, sehingga agar tidak lapar, maka orang harus bekerja.

Sebagai salah satu kalangan akademisi yang terlibat dalam pembuatan UU Cipta Kerja, Gunawan mengakui sejumlah pihak menentang kehadiran regulasi ini. Di mata Gunawan, mereka yang menolak karena belum paham tujuan utamanya, yakni mengentaskan kemiskinan.

"Karena itu, harus berubah dulu mindset-nya. Bahwa, manusia itu kalau ingin mencapai bahagia ya harus mampu menghidupi dirinya sendiri, harus bekerja agar dapat makan, dapat mencapai kesejahteraan," ujarnya.

Meski begitu, sebuah usaha yang menghasilkan lapangan kerja tidak dapat bergerak sendiri, karena dibutuhkan kerja sama dengan banyak pihak. Untuk itu kemitraan menjadi kunci utama dalam mencapai target UU Cipta Kerja.

Gunawan menuturkan, upaya mengubah paradigma ini ia juga lakukan saat berbicara di berbagai desa. Kepada warga desa, ia menjelaskan bahwa sangat penting memenuhi kebutuhan pangan secara bersama, serta memakmurkan desa.

"Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) muncul sebagai perwujudan kemitraan warga desa, sekaligus bermitra dengan banyak pihak lainnya agar produksi desa tersebut dapat dipasarkan lebih luas sehingga berujung pada peningkatan ekonomi desa," lanjut Gunawan.

Dalam UU Cipta Kerja, terdapat sejumlah pasal yang secara khusus mengatur tentang kemitraan usaha menengah besar dengan UMKM. Adapun, tujuannya untuk memperkuat sektor UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Pertama, fasilitasi akses pembiayaan. Kedua, pengembangan kapasitas UMKM. Ketiga, akses ke pasar yang lebih luas. Keempat, penyediaan sumber daya dan teknologi. Kelima, peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

"Kemitraan ini menjadi salah satu upaya untuk membangun Indonesia dari desa, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih adil dan berkeadilan," kata Gunawan.

Senada, Presiden Institut Otomotif Indonesia (IOI), Made Dana Tangkas menyatakan pentingnya membangun kemitraan untuk menaikkan kelas UMKM. Ia memberi contoh perusahaan otomotif Toyota dari Jepang, sebelum sukses mendunia berasal dari bisnis UMKM.

"Raja otomotif dunia ini datangnya dari UMKM. Dari perusahaan tenun berubah menjadi perusahan otomotif. Jadi saya harap dari Batam juga muncul pelaku UMKM yang berhasil membawa produknya mendunia," kata Made Dana.

(osc/osc)

Saya berada di kerajaan hiburan Xianxia

tips pasang togel
Kepala Badan Pangan Nasional (NFA) Arief Preasetyo Adi menyorot soal pemborosan makanan yang dilakukan di Indonesia.
Kepala Badan Pangan Nasional (NFA) Arief Preasetyo Adi menyorot soal pemborosan makanan yang dilakukan di Indonesia. Ilustrasi. (AFP/LUIS ROBAYO).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Badan Pangan Nasional(NFA) Arief Prasetyo Adi menyoroti pemborosan makananyang dilakukan di Indonesia.

Mengutip studi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, ia mengungkapkan total sampah makanan Indonesia mencapai 23 juta hingga 48 juta ton per tahun selama periode 2000-2019.

Seharusnya, apabila tidak terbuang, sampah makanan itu bisa menghidupi 61 juta - 125 juta orang atau setara 29 hingga 47 persen populasi rakyat Indonesia.

"Dengan estimasi kerugian yang ditimbulkan dari adanya sampah pangan tersebut, tentunya harus kita cegah dengan memanfaatkan pangan yang berpotensi terbuang melalui gerakan setop boros pangan," ujar Arief saat menghadiri Forum United Nation Food Systems Summit (UNFSS) +2 Stocktacking Moment di Roma, Italia, seperti dikutip dari keterangan resmi, Kamis (27/7).

Menurut Arief, Indonesia menaruh perhatian serius pada masalah penyusutan pangan (food loss) dan sampah makanan (waste) yang bisa berdampak pada ketahanan pangan dan gizi. Terlebih, Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) telah mengingatkan soal ancaman krisis pangan global.

"Sangat penting bagi setiap negara untuk mencegah dan mengurangi food loss and waste. Sekitar 14 persen dari total produksi pangan global mengalami penyusutan (food loss) , dan 17 persen pangan terbuang percuma karena perilaku boros pangan (food waste)," ungkapnya.

Lihat Juga :
Susah Cari Kerja, Pemuda di China Pilih 'Mager' dan Digaji Orang Tua

Karenanya, ia menilai perlu kolaborasi global demi menekanfood loss and waste.

Berdasarkan mata rantai produksi pangan, poin terbesar yang berpengaruh dalam food loss and wasteterjadi pada tahap konsumsi. Hal ini menjadi acuan pemerintah dalam merumuskan kebijakan pemerintah dalam menangani food loss and wastesecara efektif.

"Dalam menghadapi isu food loss and waste, Indonesia telah mengidentifikasi beberapa kebijakan, antara lain dengan mengubah perilaku, peningkatan support system,penguatan regulasi, optimalisasi pendanaan, pemanfaatan food loss and waste, pengembangan kajian, serta pendataanfood loss and waste," ujarnya.

Arief memaparkan sejumlah strategi mencegahfood loss and wasteantara lain dengan membuat platform dan berkolaborasi lintas sektor yang melibatkan tiga kelompok pelaku.

Kelompok pertama adalah penyedia makanan/donator yang meliputi restoran, hotel dan retail dan penjual makanan lainnya. Kelompok kedua adalah organisasi sosial yang menjadi foodhub yang bertugas dalam menghubungkan penyedia/donor makanan dengan kelompok penerima, seperti FoodBank of Indonesia, Yayasan Surplus, Badan Amil Zakat Nasional, dan lain-lain.

"Kelompok terakhir adalah kelompok penerima manfaat yang tengah menghadapi masalah kekurangan pangan di antaranya anak-anak, lansia, panti asuhan dan pihak-pihak yang membutuhkan," ungkapnya.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga menyediakan dan memfasilitasi kendaraan logistik pangan untuk pendistribusian pangan berlebih dari pendonor ke penerima manfaat.

"Tidak kurang dari 27 ton pangan berlebih telah didistribusikan kepada kelompok penerima manfaat di Jakarta sepanjang Desember 2022-Februari 2023. Ini tentunya akan kita perluas ke berbagai wilayah sehingga gerakan ini terus bergulir dan berdampak positif pada ketahanan pangan kita," terangnya.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)

penghancur proses

situs judi resmi terpercaya
Kementerian Perhubungan bakal mengundang konsultan untuk membahas proyek LRT Jabodebek. Hal itu dilakukan di tengah isu salah desain jembatan lengkung LRT.
Kementerian Perhubungan bakal mengundang konsultan untuk membahas proyek LRT Jabodebek. Hal itu dilakukan di tengah isu salah desain jembatan lengkung LRT. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan bakal mengundang konsultan untuk membahas proyek LRT Jabodebek. Pembahasan salah satunya terkait konstruksi jembatan lengkung (longspan) LRT yang disebut Wakil MenteriBUMNKartika Wirjoatmodjo salah desain.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan LRT Jabodebek sejatinya sudah dilakukan dengan hati-hati, mengutamakan aspek keselamatan, dan menggunakan desain perencanaan yang dihasilkan oleh konsultan internasional.

Namun, jika kemudian ada yang mengatakan ada salah desain dalam proyek itu, maka akan dilakukan review kembali.

Menurut Budi, desain maupun hasil pekerjaan LRT Jabodebek sebenarnya telah mendapatkan persetujuan dan sertifikasi dari Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Kementerian PUPR.

Selain itu, seluruh pekerjaan dari proyek ini juga telah diuji Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, serta telah mendapatkan penilaian sistem manajemen keselamatan perkeretaapian.

"Untuk suatu karya baru anak bangsa, ini termasuk luar biasa. Jadi dibuat oleh orang Indonesia dan driverless. Untuk membangun ini memang banyak tantangan yang dilalui," jelas Budi.

Kesalahan desain LRT Jabodebek disampaikan oleh Kartika Wirjoatmodjo Selasa (1/8) lalu.

"Itu salah desain karena dulu Adhi sudah bangun jembatannya, dia tidak mengetes sudut kemiringan keretanya. Jadi sekarang kalau belok harus pelan sekali, karena harusnya lebih lebar tikungannya," kata Tiko seperti dikutip dari detik.com.

"Kalau tikungannya lebih lebar dia bisa belok sambilspeed up, karena tikungannya sekarang udah terlanjur dibikin sempit, mau nggak mau keretanya harus jalan hanya 20 km/jam, pelan banget," tambahnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

zaman prasejarah yang tak terbatas

mentaripoker
KAI Commuter merekayasa perjalanan commuter line Rangkasbitung karena insiden truk yang menabrak tiang listrik sehingga menghalangi perjalanan kereta.
KAI Commuter merekayasa perjalanan commuter line Rangkasbitung karena insiden truk yang menabrak tiang listrik sehingga menghalangi perjalanan kereta. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia--

KAI Commuter merekayasa perjalanan commuter line Rangkasbitung karena insiden truk yang menabrak tiang listrik sehingga menghalangi perjalanan kereta.

Manager External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan mengatakan untuk sementara, perjalanan commuter line dari arah Rangkasbitung/Parung Panjang ke arah Tanah Abang hanya sampai Stasiun Sudimara.

Sementara, perjalanan commuter line dari arah Tanah Abang arah Rangkasbitung/Parung Panjang hanya bisa sampai Stasiun Kebayoran.

Hingga Pukul 09.15 WIB perjalanan commuter line Rangkasbitung yang terimbas antara lain:

1. Commuter Line No.1671 perjalanannya hanya sampai Stasiun Sudimara, untuk kembali menjadi Commuter Line No.1672 relasi Sudimara - Ranngkasbitung

2. Commuter Line No.1656 Relasi Tanah Abang - Parung Panjang berhenti di sinyal masuk Stasiun Pondok Ranji

3. Commuter Line No.1658 relasi Rangkasbitung - Tanah Abang berhenti di Stasiun Kebayoran

Lihat Juga :
Bukan Langka, Pertamina Ungkap Konsumsi LPG Naik 2 Persen di Juli 2023

4. Commuter Line No.1660 relasi Tanah Abang - Rangkasbitung perjalananya tertahan di Stasiun Palmerah.

5. Commuter Line No.1665 relasi Parung Panjang - Tanah Abang terhenti di Stasiun Pondokranji

6. Commuter Line No.1667 relasi Rangkasbitung - Tanah Abang terhenti di Stasiun Sudimara

7. Commuter Line No.1669 relasi Parung Panjang - Tanah Abang terhenti di Stasiun Sudimara

"KAI Commuter mengimbau pengguna commuterline untuk selalu ikuti arahan petugas di lapangan. Tidak memaksakan naik jika keadaan commuterline sudah padat," katanya dalam keterangan resmi.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Kembali ke masa kecil

daftar pinjol resmi ojk 2022 bunga rendah
Pemerintah mengkaji subsidi konversi motor listrik Rp7 juta bisa dinikmati semua warga. Hal ini dipertimbangkan mengingat serapan subsidi masih minim.
Pemerintah mengkaji subsidi konversi motor listrik Rp7 juta bisa dinikmati semua warga. Hal ini dipertimbangkan mengingat serapan subsidi masih minim. (Arsip Staf Khusus Kementerian Investasi Tina Talisa).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah mengkaji subsidi konversi motor listrik Rp7 juta bisa dinikmati semua warga. Hal ini dipertimbangkan mengingat realisasi konversi masih minim.

"Kami tadi mempertimbangkan untuk setiap KTP. Satu KTP, satu (konversi) motor listrik, tadi kita lagi ada mempertimbangkan seperti itu," ujar Menteri Investasi Bahlil Lahadalia usai menghadiri rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin (31/7).

Pemerintah menduga penyebab minimnya realisasi adalah ketentuan teknis di lapangan belum jelas. Selain itu, kelompok yang bisa mengakses bantuan tersebut juga terbatas.

Dalam rapat yang sama, sambung Bahlil, pemerintah juga merumuskan sejumlah langkah komprehensif, baik terkait regulasi maupun insentif.

"Tadi kita sudah membahas agar bagaimana caranya kita bisa kompetitif dengan negara negara lain seperti di Thailand, kemudian Malaysia. Kalau tidak kita segera membahas ini maka pasti kita akan melakukan ketertinggalan dari negara negara tetangga kita," ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebelumnya mengakui aturan konversi motor listrik masih perlu diperbaiki, terutama dari sisi syarat.

Hal ini tercermin dari target 50 ribu konversi motor listrik hingga akhir tahun, per 27 Juli 2023, baru 4.578 masyarakat yang daftar untuk ikut program tersebut. Artinya, masih sekitar 45 ribuan lagi konversi yang harus dikejar dalam lima bulan ke depan.

"Kita sadar masih ada ruang untuk perbaikan yang perlu dilaksanakan agar program konversi dapat memenuhi target 50 ribu unit pada akhir 2023," ujar Luhut melalui tayangan video dalam acara Gelar Konversi Sepeda Motor Listrik Perdana di Kementerian ESDM, Jumat (28/7) lalu.

[Gambas:Video CNN]



(dhf/sfr)

Guru Surgawi yang Tersembunyi

apk prediksi togel 2023
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengonfirmasi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diteruskan hingga Surabaya.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengonfirmasi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diteruskan hingga Surabaya. (AFP via Getty Images/TIMUR MATAHARI)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengonfirmasi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandungakan diteruskan hingga Surabaya.

Hal itu diutarakan juru bicara Kemenhub, Adita Irawati, saat mengklarifikasi soal kabar proyek Kereta Api Jakarta-Surabaya akan didepak dari daftar proyek strategis nasional (PSN). 

Adita mengatakan proyek yang didepak dari PSN ini adalah kereta semi cepat, spesifikasinya sedikit berbeda dengan kereta cepat Jakarta-Bandung yang sebentar lagi akan beroperasi.

Adita juga mengatakan nantinya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung bakal diteruskan sampai Surabaya.

"KA Semi Cepat diusulkan dikeluarkan dari PSN mengingat dalam PSN sudah ada kereta cepat Jakarta-Bandung yang akan diteruskan sampai Surabaya," paparnya menambahkan.

Sebelumnya, Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Wahyu Utomo, mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya kemungkinan dihapus dari PSN.

Salah satu faktor, kata Wahyu, adalah karena belum ada kejelasan soal pihak yang bakal memodali proyek kereta semi cepat ini.

Lihat Juga :
Alasan Pemerintah Batal Pungut Cukai Minuman Berpemanis Tahun Ini

"Kereta Api Jakarta-Surabaya pasti lah nggakbisa selesai, pembiayaannya juga belum," kata Wahyu, Rabu (26/7) .

Tak hanya itu, Wahyu mengatakan proyek ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan jangka waktu yang tidak sebentar. Ditambah lagi, belum ada keputusan pasti apakah proyek tersebut akan menjadi kereta semi cepat, kereta cepat, atau dengan konsep lainnya.

"Waktunya pasti panjang itu. Putusannya juga apakah itu mau kereta cepat, atau kereta semi cepat, atau seperti apa," tutur Wahyu.

Lihat Juga :
Teten Klaim TikTok Janji Tak Garap Project S yang Matikan UMKM RI

Baca selengkapnya di sini.

(rds/rds)

[Gambas:Video CNN]