petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

tatabet

magnum777 225Jutaan kata 390429Orang-orang telah membaca serialisasi

《tatabet》

Cara Daftar Uji Coba Kereta Cepat Jakarta******

Kegiatan uji coba ini akan dilakukan hingga 30 September dengan kuota terbatas yakni 500 tempat duduk untuk setiap perjalanan Kereta Cepat.
Masyarakat dipersilakan menguji coba kereta cepat dari Jakarta tujuan Bandung dengan cara mendaftar terlebih dahulu. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membuka pendaftaran uji coba operasional kereta cepatsecara gratis bagi masyarakat umum mulai hari ini, Minggu (17/9).

"Kegiatan uji coba operasional ini memberikan kesempatan kepada masyarakat merasakan pengalaman menggunakan kereta api dengan kecepatan tinggi hingga 350 km per jam," General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam rilis resmi, Sabtu (16/9).

Kegiatan uji coba ini akan dilakukan hingga 30 September dengan kuota terbatas yakni 500 tempat duduk untuk setiap perjalanan Kereta Cepat.

Kemudian pendaftaran tahap 2 dibuka pada 24 September untuk keberangkatan tanggal 25 sampai 30 September 2023.

Eva mengatakan masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan uji coba ini sudah bisa melakukan pendaftaran melalui situs https://ayonaik.kcic.co.id/.

Berikut ketentuan berpartisipasi dalam uji coba kereta cepat.

1. Setelah melakukan pendaftaran, calon penumpang akan mendapatkan email sebagai bukti pendaftaran.

2. Satu pendaftar bisa melakukan pemesanan untuk maksimal dua penumpang.

3. Satu NIK hanya dapat melakukan pemesanan satu kali selama masa uji coba

4. Pemesan wajib mengisi data diri dan memilih jadwal keberangkatan serta menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

5. Perjalanan berlaku pulang pergi dan wajib mengikuti sesuai jadwal KA.

6. Pada hari H perjalanan, calon penumpang wajib melakukan verifikasi kepada petugas KCIC dengan menunjukkan bukti pendaftaran dan kartu identitas.

Lihat Juga :
Operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung Libatkan 852 Pekerja China

Selama masa uji coba terbatas, setiap hari KCIC menyediakan empat jadwal perjalanan pulang pergi (PP) sehingga total terdapat delapan perjalanan yang beroperasi.

Dari empat jadwal tersebut, dua diantaranya merupakan keberangkatan Stasiun Halim dan dua lain keberangkatan Stasiun Tegalluar dengan waktu keberangkatan sebagai berikut :
1. Relasi Stasiun Halim - Tegalluar PP : Pukul 09.00 WIb dan 14.00 WIB

2. Relasi Stasiun Tegalluar - Halim PP : Pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB

Untuk memastikan keselamatan penumpang, masyarakat yang ada dalam manifes perjalanan dilindungi oleh asuransi perjalanan.

"Karena itu penting bagi calon penumpang untuk mengisi data diri dengan baik dan benar ketika melakukan pendaftaran," kata Eva.

KCIC juga mengimbau agar calon penumpang memperhatikan jadwal KA Cepat yang dipilih dan datang selambat-lambatnya satu jam sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari antrean.

Bagi calon penumpang yang ingin menuju Stasiun KA Cepat Halim bisa melalui akses jalan DI Panjaitan yang telah dibuka untuk umum.

Lihat Juga :
DPR ke Erick soal Jokowi Ajak Artis Nikmati Kereta Cepat: Kami Kapan?

Sementara itu, untuk masyarakat yang berada di area Bandung, KCIC bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memudahkan masyarakat menjangkau Stasiun Tegalluar.

Salah satunya dengan Damri. KCIC menyediakan delapan armada shuttle yang bisa digunakan masyarakat menuju Stasiun Tegalluar dengan titik keberangkatan Pool Damri Soekarno-Hatta.

Selain Damri, kerjasama juga dilakukan dengan Summarecon yang menyediakan empat unit medium bus hasil kerja sama dengan Blue Bird dengan titik keberangkatan Mall Summarecon.

Kehadiran shuttle ini merupakan salah satu bagian dari integrasi antar moda yang juga akan diterapkan saat KA Cepat sudah beroperasi penuh.

Selain menggunakan shuttle, untuk kendaraan yang akan menuju Stasiun Tegalluar juga dapat melalui exit tol KM 149 arah cileunyi yang beroperasi mulai pukul 07.00 s.d 17.00 WIB.

(isa/mik)

[Gambas:Video CNN]

KPPU Sebut Barang Impor Murah Belum Tentu Akibat Predatory Pricing******

Ketua KPPU M Afif Hasbullah menyebut banjir barang impor murah yang belakangan ini banyak membunuh UMKM tak selalu terjadi akibat praktik predatory pricing.
Ketua KPPU M Afif Hasbullah menyebut banjir barang impor murah yang belakangan ini banyak membunuh UMKM tak selalu terjadi akibat praktik predatory pricing. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua KPPUM Afif Hasbullah menyebut banjir barang impormurah yang belakangan ini  banyak membunuh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia tak selalu terjadi akibat praktik predatory pricing.

Dalam bahasa ekonomi, predatory pricing sama dengan praktik jual rugi. Ini merupakan strategi bisnis yang dilakukan pelaku usaha dengan menjual produk mereka semurah mungkin demi menyingkirkan atau menutup celah masuknya pesaing ke bisnis mereka.

Setelah usaha itu berhasil, mereka akan menaikkan harga guna mendapatkan keuntungan. 

"Karena salah satu unsur (predatory pricing) adalah upaya atau niat menyingkirkan pesaing di dalam pasarnya. Oleh karena itu, memang harus juga didalami terkait ini," imbuh Afif.

Ia mengatakan harga barang murah yang diduga predatory pricingbisa saja muncul karena efisiensi dari pelaku usaha. Afif menyebut beberapa efisiensi tersebut, seperti pajak rendah atau tidak kena pajak hingga tidak perlu gudang penyimpanan barang.

Meski begitu, ia mengusulkan skema untuk memberantas banjir barang murah yang masuk ke tanah air. Harapannya, usulan KPPU ini bisa menghambat masuknya barang-barang impor yang mematikan UMKM.

"Contoh kita berikan safe carduntuk dumping, seperti hambatan tarif dan seterusnya yang bisa kita kenakan. Kemudian, persyaratan lain, misal standar nasional Indonesia (SNI) serta pelaku usaha terlibat di sana harus berbadan hukum Indonesia," tandasnya.

Di lain sisi, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki gencar melawan predatory pricing, khususnya yang dilakukan TikTok Shop. Pasalnya, barang-barang yang dijual sangat murah dan merupakan produk luar negeri.

Teten menyebut produk-produk tersebut mematikan napas pelaku UMKM. Pada akhirnya, banyak pelaku usaha di tanah air yang gulung tikar karena tidak mampu bersaing.

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan juga tengah merevisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Mendag Zulkifli Hasan mengatakan pembahasan di pihaknya sudah selesai dan tinggal menunggu harmonisasi.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Sandiaga Uno Tak Setuju TikTok Shop Dilarang Total di RI******

Menparekraf Sandiaga Uno tak setuju kalau TikTok Shop dilarang total di RI karena bisa memicu disrupsi besar.
Menparekraf Sandiaga Uno tak setuju kalau TikTok Shop dilarang total di RI karena bisa memicu disrupsi besar. (CNN Indonesia/Ilham).
Solo, CNN Indonesia--

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Unoangkat bicara mengenai wacana pelarangan TikTok Shop di Indonesia. Pria yang akrab disapa Sandi itu kurang setuju jika TikTokShop dilarang total di tanah air.

Sandi mengatakan pihak pemerintah saat ini masih membahas regulasi tentang TikTok di Indonesia. Kemenparekraf bersama Kementerian Koperasi dan UMKM (Kemenkop UMKM) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tidak ingin TikTok Shop merugikan pelaku UMKM di tanah air.

Ia pun meminta masukan dari para pelaku UMKM terkait regulasi tersebut.

Sandi sendiri dalam beberapa pelatihan UMKM di berbagai daerah mendorong agar UMKM memanfaatkan media sosial termasuk TikTok untuk mengembangkan usaha. Ia khawatir pelarangan TikTok secara total alias total ban justru akan mengganggu pelaku UMKM yang bermain di sana.

"Kalau total ban, pengguna TikTok ini sudah di atas 100 juta. Pasti akan menghasilkan disrupsi yang terlalu besar pada saat ini," kata Sandi.

Ia menyebut beberapa pelaku UMKM merasa dirugikan dengan keberadaan media sosial asal China tersebut. Mereka mengeluhkan persaingan harga yang tidak sehat setelah TikTok meluncurkan platform jual-belinya. Regulasi terkait TikTok nantinya diharapkan dapat mencegah dampak negatif tersebut.

"Regulasinya sedang digodok, tapi tentunya berpihak kepada UMKM. Regulasi ini harus mampu memberdayakan UMKM dan bisa menciptakan lapangan kerja bagi ekonomi Indonesia," katanya.

"Bagaimana media sosial yang bisa kita gunakan sebagai sarana promosi ini tidak membunuh UMKM kita karena nilai penjualannya semakin menurun, persaingan dari produk impor semakin tinggi," katanya.

Lebih lanjut, Sandi mengatakan Kemenparekraf sudah menandatangani kerja sama dengan pihak TikTok untuk mempromosikan produk-produk UMKM dari Indonesia.

"Kita akan pastikan bahwa TikTok membantu promosinya dan juga membantu peningkatan omset dari pelaku UMKM yang menggunakan platform TikTok Shop," katanya.

Wacana pelarangan TikTok Shop dibahas saat Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas dalam rapat dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Senin (11/9) lalu.

[Gambas:Video CNN]

Rapat tersebut terkait revisi Permendag Nomor 50 tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Zulhas menyebut banyak sekali keluhan masuk soal serbuan barang murah asing di tanah air akibat keberadaan TikTok SHop. Menurutnya, tidak hanya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang tak kuat meladeni banjir barang murah tersebut.

"Banyak sekali yang datang ke saya. Beauty (industri kecantikan) datang, UMKM datang, fesyen juga datang katanya diserbu besar-besaran (produk impor) dari luar sekarang. Jadi, ini akan kita tata lagi, lagi ditata," jelas Zulhas.

Lihat Juga :
Link, Cara, Syarat Daftar Ikut Uji Coba Kereta Cepat Mulai Sabtu Ini
(syd/agt)




bab terbaru:kumis slot

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
demo slot deluna4d
web slot baru
maxwin mahjong berapa
dewaslot388
batarabet
limit akulaku adalah
slot gacor max win
gampang slot
sgn slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs slot tidak maintenance
Bab 2 klik4a
Bab 3 pinjol dengan limit besar
Bab 4 utang pinjol menumpuk
Bab 5 888bola
Bab 6 satriabet
Bab 7 168 slot gacor
Bab 8 fafafa slot demo
Bab 9 desa4d
Bab 10 mpo111
Bab 11 rtp bonus138
Bab 12 muliaslot
Bab 13 situs slot 118
Bab 14 raja555
Bab 15 bandungslot
Bab 16 erek erek tafsir mimpi 2d
Bab 17 slot gacor free spin
Bab 18 buku mimpi 58
Bab 19 live 789 slot
Bab 20 maxbetasia88
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3987bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Sangat pemburu

prediksi togel zurich
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan biaya logistik domestik RI masih jauh lebih mahal dibanding ekspor.
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan biaya logistik domestik RI masih jauh lebih mahal dibanding ekspor. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Muhammad Naufal).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfamengungkapkan biaya logistik domestik RI masih jauh lebih mahal dibanding ekspor.

Ia menuturkan saat ini biaya logistik domestik mencapai 14,1 persen terhadap produk domestik bruto (PDB). Sementara biaya logistik untuk ekspor 8,98 persen terhadap PDB.

"Hari ini hasil kajian logistik di Bappenas untuk domestik 14,1 persen dan ekspor logistic cost8,98 persen," kata Suharso dalam acara 'Era Baru Biaya Logistik untuk Indonesia Emas 2045' di Jakarta, Kamis (14/9).

Suharso lantas mengungkapkan pengiriman barang antar wilayah Indonesia juga menghadapi berbagai kendala.

Pertama, skala ekonomi yang rendah. Menurutnya, ketersediaan kapal kecil dan muatan rendah, sehingga mengakibatkan mahalnya ongkos angkut.

Kedua, infrastruktur dan layanan pelabuhan simpul peti kemas domestik belum mampu menampung kapal besar. Ketiga,terbatasnya kawasan ekonomi.

Keempat,belum terbentuk konsolidasi rute secara optimal. Kelima,ketimpangan muatan karena sarana fasilitas di pelabuhan yang tidak merata dan standardisasi fasilitas pendukungnya.

Keenam,skor logistic performance index(LPI) yang semakin menurun dan lebih kecil dibandingkan negara-negara ASEAN.

Meski demikian, Suharso tetap optimistis. Ia mengatakan pemerintah menargetkan biaya logistik domestik bisa turun ke level 8 persen terhadap PDB pada 2045 mendatang.

Menurutnya, hal itu bisa dicapai dengan cara mengintegrasikan ekonomi domestik dan konektivitas global.

Ia menyebut langkah tersebut akan meningkatkan produktivitas perekonomian yang terintegrasi dan mendukung partisipasi dalam rantai pasok global.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Arus balik 2002

situs slot 2018
Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia) menuntut kenaikan upah minimum pekerja 15 persen pada 2024.
Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia) menuntut kenaikan upah minimum pekerja 15 persen pada 2024. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Maulana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia) menuntut kenaikan upah minimum 15 persen pada 2024.

Besaran itu mempertimbangkan inflasi ditambah pertumbuhan ekonomi dan juga hasil survei Kebutuhan Hidup Layak (KHL) yang harus dilakukan oleh Dewan Pengupahan di tingkat provinsi dan kabupaten/ kota di seluruh Indonesia.

"Kebutuhan Hidup Layak yang harus disurvei, minimal menggunakan 64 komponen KHL, didasarkan pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 18 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Kebutuhan Hidup Layak," ujar Presiden ASPEK Indonesia Mirah Sumirat dalam keterangan tertulis, Selasa (12/9).

Sementara untuk kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2023, Kementerian Ketenagakerjaan justru menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023, di mana kenaikan UMP dibatasi tidak boleh melebihi 10 persen. Secara rata-rata, kenaikan UMP 2023 hanya 7,50 persen.

Selama berkuasa, menurut Mirah, Presiden Jokowi menerbitkan peraturan pengupahan yang semakin rendah dan merugikan pekerja.

Lihat Juga :
Melihat Komponen Gaji PNS yang Akan Dilebur Pemerintah Jadi Satu

Jika berdasarkan Undang Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003, kenaikan upah minimum harus dihitung berdasarkan survei KHL, produktivitas dan pertumbuhan ekonomi.

Namun pada 2015, Jokowi menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, yang menghilangkan mekanisme survey KHL, sehingga formula kenaikan upah minimum hanya berdasarkan akumulasi tingkat inflasi dan angka pertumbuhan ekonomi.

Kemudian pada 2021, Jokowi menerbitkan PP 23/ 2021 yang kembali mengurangi dasar perhitungan kenaikan upah minimum hanya berdasarkan variabel pertumbuhan ekonomi atau inflasi (bukan akumulasi).

Menurut Mirah, perubahan formula perhitungan upah minimum yang terus berkurang ini membuktikan pemerintah hanya berpihak pada kepentingan pengusaha dan tunduk pada intervensi kelompok pengusaha.

Oleh karena itu, ASPEK Indonesia meminta pemerintah untuk menetapkan kenaikan upah minimum 2024 dengan tetap menggunakan formula perhitungan kenaikan upah minimum berdasarkan Undang Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

"Kenaikan Upah Minimum harus berdasarkan survei Kebutuhan Hidup Layak (KHL), produktivitas dan pertumbuhan ekonomi," pungkas Mirah.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)

Keberuntungan membakar langit

promo alodokter
PT Jasamarga Solo-Ngawi (JSN) akan menaikkan tarif Jalan Tol Solo-Ngawi mulai Minggu (17/9) mendatang. Berikut rinciannya.
PT Jasamarga Solo-Ngawi (JSN) akan menaikkan tarif Jalan Tol Solo-Ngawi mulai Minggu (17/9) mendatang. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT JasamargaSolo-Ngawi (JSN) akan menaikkan tarif Jalan Tol Solo-Ngawimulai Minggu (17/9) mendatang.

Direktur Utama PT Jasamarga Solo-Ngawi (JSN) Mery Natacha Panjaitan mengatakan kenaikkan tarif sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 1086/KPTS/M/2023 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Ruas Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi.

"Penyesuaian tarif ini merupakan kompensasi pemerintah untuk menjaga kelayakan investasi sesuai Berita Acara Evaluasi Penyesuaian Tarif Tol Tahun 2023 yang menetapkan pemberlakuan penyesuaian tarif khusus untuk 2023 dan 2025," katanya, dikutip dari Antara, Kamis (14/9).

Berikut beberapa tarif baru Tol Solo-Ngawi per 17 September 2023.

Asal Perjalanan Kartasura

Kartasura - Colomadu: Gol I Rp1.000, Gol II & III Rp1.500, Gol IV & V Rp 2.000

Kartasura - Bandara Adi Soemarmo: Gol I Rp8.000, Gol II & III Rp12.000, Gol IV & V Rp16.000

Kartasura - Ngemplak Gol I Rp 17.000, Gol II & III Rp26.000, Gol IV & V Rp 34.500

Kartasura - Sragen: Gol I Rp51.500, Gol II & III Rp77.500, Gol IV & V Rp 103.000

Asal Perjalanan Colomadu

Colomadu - Bandara Adi Soemarmo: Gol I Rp7.000, Gol II & III Rp10.500, Gol IV & V Rp14 ribu

Colomadu - Sragen Timur: Gol I Rp74.500, Gol II & III Rp111.500, Gol IV & V Rp14 ribu

Colomadu - Purwodadi: Gol I Rp20 ribu, Gol II & III Rp30 ribu, Gol IV & V Rp40 ribu

Asal perjalanan Ngawi

Ngawi - Klitik: Gol I Rp5.500, Gol II & III Rp8.500, Gol IV & V Rp11.500

Ngawi - Ngemplak: Gol I Rp108.000, Gol II & III Rp162.000, Gol IV & V Rp216.00.

Ngawi- Kartasura: Gol I Rp125.000, Gol II & III Rp187.500, Gol IV & V Rp250.000.

Ngawi - Purwodadi: Gol I Rp104 ribu, Gol II & III Rp156 ribu, Gol IV & V Rp208.500.

Ngawi - Sragen: Gol I Rp125 ribu, Gol II & III Rp187.500, Gol IV & V Rp250 ribu

[Gambas:Video CNN]

Asal perjalanan Klitik

Klitik - Kartasura: Gol I Rp131 ribu, Gol II & III Rp196.500, Gol IV & V Rp261.500

Klitik - Purwodadi: Gol I Rp110 ribu , Gol II & III Rp165 ribu , Gol IV & V Rp220 ribu

Klitik - Sragen: Gol I Rp79.500, Gol II & III Rp119 ribu, Gol IV & V Rp158.500.

Lihat Juga :
Menhub soal Kereta Cepat Lanjut ke Surabaya: Cenderung Lewat Selatan

 

(fby/agt)

Tangkap Alam Abadi

slot mudah menang jackpot
Habis kerja jangan langsung pulang, mampir dulu ke Transmart terdekat ya! Soalnya Transmart Full Day Sale yang diskonnya 50%+20%.
Habis kerja jangan langsung pulang, mampir dulu ke Transmart terdekat ya! Soalnya Transmart Full Day Sale yang diskonnya 50%+20% (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Habis kerja jangan langsung pulang, mampir dulu ke Transmart terdekat ya! Soalnya Transmart Full Day Sale balik lagi dengan diskon gede-gedean 50 persen plus 20 persen.

Pesta diskon bertajuk September Ceria ini berlangsung dari toko buka sampai tutup pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Lihat Juga :
Beli AC di Transmart Full Day Sale Lebih Untung, Diskon Sejutaan Lho

Belum punya Allo Bank? Langsung aja unduh aplikasinya di Apps Store atau Play Store dan upgrade akun ke Allo Prime untuk mengaktifkan Allo Pay Later supaya bisa belanja sekarang bayar belakangan.

Atau bisa juga mengajukan pembukaan kartu kredit instan Bank Mega atau Mega Syariah yang tersedia di setiap gerai Transmart. Jangan sampai ketinggalan diskonnya ya!

Tunggu apalagi, langsung aja ke Transmart terdekat sepulang kerja nanti ya buat borong belanjaan!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Wu Po Jiu Huang

situs gacor hari
Bos BP Batam Muhammad Rudi curhat bolak-balik menghadap ke Menko Polhukam Mahfud MD dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia membahas ganti rugi warga Rempang.
Bos BP Batam Muhammad Rudi curhat bolak-balik menghadap ke Menko Polhukam Mahfud MD dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia membahas ganti rugi warga Rempang. (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) Muhammad Rudi curhat bolak-balik menghadap ke Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia membahas ganti rugi warga Rempang.

Rudi mengatakan hanya akan merelokasi 3 kampung seluas 2.000 hektare untuk kepentingan PT Makmur Elok Graha (MEG), yakni membangun pabrik kaca dan solar panel hasil investasi Xinyi Group. Lalu, ada 1 kampung lain di luar Rempang yang bakal dibangun tower PT MEG.

"Sosialisasi dalam waktu April-Juni sebenarnya sudah berjalan baik, tapi kami masih tunggu regulasi untuk kami kira-kira apa yang bisa kami berikan kepada mereka. Karena kalau hanya mengganti sesuai peraturan kepala BP (Batam) ini uangnya kecil sekali. Sedangkan tempat tinggal mereka 3 kampung yang akan dipindahkan ini menurut saya tidak pas (uang ganti rugi)," tuturnya dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta Pusat, Rabu (13/9).

Selain itu, Rudi menyebut awalnya BP Batam akan memberikan 200 meter persegi tanah kepada warga terdampak. Namun, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil meminta tanah yang diberikan kepada warga Rempang terdampak menjadi 500 meter persegi.

Setelah perhitungan ulang, Rudi menyebut lahannya siap dan menjalankan titah Bahlil tersebut. Ia mengatakan BP Batam menyiapkan 450 hektare, termasuk buat fasilitas pendukung lainnya, untuk tanah relokasi 500 meter persegi bagi 2.632 KK terdampak.



Namun, ia mengaku pihaknya tidak punya uang cukup banyak untuk merelokasi 700 KK sekaligus yang harus selesai 28 September 2023. Rudi menyebut pihaknya masih menggunakan uang BP Batam, di mana pengajuan tambahan anggaran Rp850 miliar belum disetujui Badan Anggaran DPR RI.

"Karena waktunya cepat kami harus menyelesaikan, kami tidak punya uang cukup banyak untuk sekaligus kami selesaikan. Tadi sudah kita laporkan kita butuh uang cukup besar Rp1,6 triliun kalau sekaligus kita bangun," curhat Rudi.

Ia mengklaim yang dilakukan BP Batam seluruhnya untuk rakyat. Rudi menyinggung uang sewa per 30 tahun dari seluruh investasi pada 7.572 hektare lahan di Batam senilai Rp1,4 triliun. Sedangkan total biaya untuk merelokasi warga terdampak ke Dapur 3 Sijantung menyentuh Rp1,6 triliun.

"Artinya apa yang kami dapat dari Pulau Rempang sewa lahannya semua kami habiskan untuk membangun, demi kesejahteraan rakyat Rempang semuanya," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Pitcher Diamond Ace Kembali

pinjol legal resmi ojk
Tim Percepatan Reformasi Hukum bentukan Menko Polhukam Mahfud MD mengusulkan ke Jokowi untuk mencabut PP Nomor 26 Tahun 2023 yang mengatur ekspor pasir laut.
Tim Percepatan Reformasi Hukum bentukan Menko Polhukam Mahfud MD mengusulkan ke Jokowi untuk mencabut PP Nomor 26 Tahun 2023 yang mengatur ekspor pasir laut. (iStockphoto/jakkapan21).
Jakarta, CNN Indonesia--

Tim Percepatan Reformasi Hukum bentukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MDmengusulkan kepada Presiden RIJokowi untuk mencabut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut.

Dalam rekomendasi jangka pendeknya, Tim Percepatan Reformasi Hukum, khususnya yang membidangi isu reformasi sektor agraria dan sumber daya alam (SDA), mengusulkan kepada Jokowi agar pencabutan pp itu dilakukan pada Desember 2023.

Dalam dokumen rekomendasi yang diserahkan kepada Presiden RI yang dipublikasikan Antara, Sabtu (16/9), Tim Percepatan Reformasi Hukum menyoroti masih ada kebijakan-kebijakan yang berisiko berdampak pada kerusakan lingkungan yang tidak dapat dipulihkan kembali (irreversible).

Dalam pengelolaan agraria dan SDA lainnya, Tim juga memandang bahwa tidak berarti yang paling mendesak adalah untuk menyelesaikan persoalan yang bersifat jangka pendek.

Dalam dokumen rekomendasinya, Tim memandang perlu perbaikan kebijakan maupun peningkatan kapasitas kelembagaan serta penyesuaian terhadap pola administrasi baru, yang semuanya memerlukan waktu lebih panjang.

Apabila perbaikan yang memerlukan waktu relatif lebih panjang ini tidak dilaksanakan secara konsisten dan terus-menerus, lanjut isi pertimbangan Tim Percepatan Reformasi Hukum, perbaikan jangka pendek meski secara fundamental, akan bersifat sporadis dan cenderung kembali pada kondisi awalnya, seperti yang selama ini telah terjadi.

Terkait dengan pencabutan PP No. 26/2023, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi diusulkan menjadi kementerian yang merumuskan kebijakan itu untuk kemudian disampaikan kepada Presiden.

Lihat Juga :
Link, Cara, Syarat Daftar Ikut Uji Coba Kereta Cepat Mulai Sabtu Ini

PP Nomor 26 Tahun 2023 yang resmi berlaku sejak diteken oleh Presiden RI Joko Widodo pada 15 Mei 2023, memperbolehkan ekspor pasir laut sepanjang kebutuhan dalam negeri terpenuhi dan sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Ketentuan itu diatur dalam Pasal 9 ayat (2) huruf d PP 26/2023. Ketentuan dalam pasal itu juga mengizinkan pemanfaatan pasir laut untuk reklamasi di dalam negeri, pembangunan infrastruktur pemerintah, serta pembangunan sarana dan prasarana oleh pelaku usaha.



Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam beberapa kesempatan menjelaskan ekspor pasir laut merupakan opsi terakhir. Dia menilai ketentuan itu justru mengatur pemanfaatan pasir laut agar pemanfaatannya, yang ditujukan salah satunya untuk reklamasi, tidak ilegal dan masif.

"Kalau tidak (diatur) nanti semua main diambil saja untuk kepentingan reklamasi. Ingat, ya. Saya tidak bicara ekspor," kata Trenggono di sela-sela kegiatannya di Batam, Kepulauan Riau, 9 Juni 2023 lalu.

[Gambas:Video CNN]



(Antara/agt)

[Gambas:Video CNN]