petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

slot game mudah menang

pinjaman bulanan online langsung cair 215Jutaan kata 566923Orang-orang telah membaca serialisasi

《slot game mudah menang》

3 Taktik Jitu airasia Super App Terbang Tinggi di Pasar Indonesia******

Keberadaan Boni Andika sebagai Head of Marketing berperan signifikan dalam memperkenalkan airasia Super App dan menggaet konsumen di Indonesia.
Head of Marketing airasia Super App, Boni Andika (Foto: Arsip airasia Super App).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejak diluncurkan di Indonesia pada tahun lalu, airasia Super App mengalami perkembangan pesat. Pertama kali meluncur di Malaysia pada 2020, Indonesia merupakan negara ketiga setelah Thailand dan Filipina yang menjadi ekspansi regional airasia Super App.

Perkembangan pesat airasia Super App ini tak lepas dari kemudahan yang diberikan aplikasi ini kepada konsumen di Indonesia.

Selain itu, keberadaan Boni Andika sebagai Head of Marketing airasia Super App juga berperan signifikan terhadap perkembangan aplikasi perjalanan ini. Boni berhasil membawa airasia Super App 'terbang tinggi' di tengah sengitnya persaingan industri digital Tanah Air.

Perlahan tapi pasti, kurang dari setahun airasia food beroperasi di Indonesia, Boni sukses membuat layanan pesan-antar makanan online ini menarik minat jutaan konsumen serta pemilik bisnis kuliner untuk bergabung sebagai mitra merchant.

Berbekal portofolio kesuksesannya, Boni kemudian dipercaya menjadi Head of Marketing airasia Super App.

Peran baru itu kemudian membuat ia mengelola strategi marketing untuk seluruh layanan dan produk yang terdapat di dalam ekosistem airasia Super App Indonesia. Termasuk airasia ride, food, flights, hotels, shop, SNAP, transport, gifts, dan berbagai lainnya yang akan datang.

Berkat strategi tepat sasaran yang dirancangnya, travel super app besutan Capital A ini pun berhasil 'lepas landas' dan 'mengudara' dengan performa yang menjanjikan di pasar Indonesia.

Dalam kesempatan wawancara bersama CNN Indonesia beberapa waktu lalu, Boni membagikan tiga strategi marketing yang ia terapkan di airasia Super App Indonesia.

Lokalisasi Konten Menyesuaikan Behavior Pasar

Memperkenalkan airasia Super App yang notabene berbasis di Malaysia bukan hal yang mudah. Pria yang sempat menjajal karir di perusahaan fintech RinggitPlus.com ini berusaha untuk menarik insight keinginan masyarakat Indonesia dari sebuah platform digital.

Berangkat dari upaya riset dan pengembangan, Boni kemudian merumuskan pesan kampanye terintegrasi yang mampu memvisualisasikan brand dari airasia Super App sendiri, serta membangun unsur kedekatan dengan perilaku pasar yang dituju.

"Tantangannya adalah bagaimana kami dapat mengaitkan benang merah antara key message airasia Super App dengan setiap vertikal bisnis yang terdapat di dalam ekosistem. Saat itu, kami melihat bahwa ekspektasi konsumen Indonesia dari sebuah aplikasi digital, yaitu pengalaman yang luar biasa dan menguntungkan.," ujar Boni.

"Berdasarkan insight tersebut, kami pun menerjemahkannya menjadi sejumlah kampanye turunan, seperti #SUPERisinglyPuas untuk airasia food dan ride, serta #SUPERisinglyHemat untuk vertikal travel bisnis lainnya," tambahnya.

Kemudian pada 2023 ini, pihaknya juga menggaungkan kampanye #AyokemBALI untuk mengundang wisatawan domestik serta mancanegara kembali berwisata ke Pulau Dewata. Apalagi Bali selalu menjadi ikon pariwisata Indonesia di mata dunia.

"Secara garis besar, kampanye ini juga menjadi salah satu strategi praktis kami untuk memperkuat brand positioning airasia Super App sebagai travel super app pilihan bagi para pelancong," sambungnya.

Menurut Boni, lokalisasi konten ini berhasil meningkatkan jumlah pengguna airasia Super App selama 2022 hingga 300 persen. Kenaikan signifikan ini jelas sangat berarti bagi airasia Super App di tahun pertamanya menyelami kompetisi industri digital Indonesia yang begitu dinamis.

Optimalisasi Kekayaan Database Pengguna

Sesuai dengan namanya, airasia Super App, Boni dan tim menilik potensi yang menyeluruh dalam menghadirkan arti 'super' sesungguhnya. Adanya keberagaman lini bisnis, memungkinkan airasia Super App untuk mengoptimalisasi basis data yang mencapai 51 juta penumpang dalam memberikan pengalaman yang terpersonalisasi.

Lebih dari itu, hal ini juga memungkinkan strategi marketing yang dilancarkan untuk melakukan cross-selling, dengan memberikan penawaran yang semakin menarik bagi pengguna.

"Contoh praktisnya, ketika pengguna membeli tiket pesawat ke Denpasar dengan airasia Super App, kami bisa mengirimkan push notification ataupun email penawaran promo hotel favorit, hingga airasia ride untuk pemesanan transportasi mereka selama di Bali," jelas Boni.

"Kami juga memiliki sebuah program loyalitas terintegrasi, airasia rewards, dimana airasia points yang dikumpulkan dari setiap transaksi, dapat digunakan untuk bertransaksi selanjutnya di seluruh layanan dan produk airasia Super App," tutur pria penyuka kuliner dan traveling ini.

Melalui sejumlah program cross-selling yang diterapkan, lanjut Boni, frekuensi transaksi pengguna airasia Super App di Indonesia meroket hingga 150 persen sepanjang tahun 2022.

Omni-channel untuk Perluas Brand Presence

Lebih lanjut Boni menerangkan, dalam dunia marketing, promo menjadi salah satu daya tarik yang dapat menarik konversi transaksi konsumen. Meski begitu, pendekatan marketing harusl mempertimbangkan setiap touchpoints dari customer journey agar dapat terjaga keberlangsungannya.

"Ketika airasia ride mengaspal di Provinsi Bali pada November 2022 lalu, kami ingin memastikan bahwa seluruh turis yang akan berkunjung ke Bali, bahkan dari sebelum kedatangan mereka di Bandara I Gusti Ngurah Rai, dapat mengetahui adanya layanan e-hailing dari airasia Super App ini," ujar Boni.

Selain menargetkan online ads hingga ke negara-negara yang merupakan target mayoritas wisatawan mancanegara, Boni juga melengkapi taktik marketing dari hulu ke hilir.

"Seperti in-flight activation di penerbangan AirAsia menuju Denpasar, car branding, konvoi, offline activation, hingga aktivasi promo khusus dengan sejumlah mitra hotel kami," tutupnya.

Boni mengakui, taktik pemasaran yang ia canangkan terbukti ampuh untuk menjaga konsistensi perkembangan bisnis airasia ride. Hal ini tercermin dari peningkatan pengguna layanan airasia ride oleh wisatawan mancanegara sebanyak 20 persen sejak pertama kali diluncurkan.

"Sedangkan, penumpang domestik airasia ride yang didominasi oleh pelancong asal Jakarta, Surabaya, dan Semarang juga mengalami pertumbuhan sebesar 48 persen," kata dia.

Ke depannya, Boni menjelaskan bahwa airasia Super App akan terus menghadirkan lebih banyak inovasi layanan serta produk-produknya.

"Semuanya itu akan diiringi rangkaian kampanye dan program menarik untuk memberikan pengalaman yang semakin lengkap juga memuaskan bagi para pengguna," pungkas Boni.

(osc/osc)

Anak Usaha Pupuk Indonesia Bangun Pabrik di Aceh Senilai Rp1,7 T******

 PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) membangun pabrik pupuk NPK di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun, Lhoksumawe, Aceh senilai Rp1,7 triliun.
PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) membangun pabrik pupuk NPK di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun, Lhoksumawe, Aceh senilai Rp1,7 triliun. Ilustrasi. (Arsip PT Pupuk Kaltim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Anak perusahaan PT Pupuk Indonesia(Persero), PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM), membangun pabrik pupuk NPK di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun, Lhoksumawe, Aceh senilai Rp1,7 triliun.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman mengungkapkan nilai investasi sekitar Rp1,7 triliun yang meliputi pembangunan pabrik dan fasilitas pendukungnya seperti dermaga, gudang, dan lain-lain.

Ia mengatakan pabrik tersebut berkapasitas 500 ribu ton per tahun dan akan menambah produksi nasional hingga 3,5 juta ton per tahun.

Menurutnya, produk pupuk dari pabrik NPK PIM ini dapat membantu memenuhi kebutuhan pupuk di wilayah Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) dan Aceh, termasuk juga untuk kebutuhan pupuk non-subsidi.

Sementara itu, dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan hampir semua negara di dunia saat ini mengalami krisis pangan yang disebabkan oleh mahalnya harga pupuk akibat perang Rusia-Ukraina.

"Akhir-akhir ini setiap saya ke desa dan sawah bertemu para petani selalu ada keluhan tentang pupuk, apalagi pupuk bersubsidi. Kebutuhan pupuk (NPK) di Indonesia 13,5 juta ton sementara yang dipenuhi baru 3,5 juta," kata Jokowi.

Lihat Juga :
DPR Panggil Bos Lippo James Riady Soal Meikarta Hari Ini

Selain membangun pabrik pupuk baru, PIM juga mengoperasikan kembali Pabrik Urea PIM-1 berkapasitas 570 ribu ton. Menurut Jokowi, pabrik ini sempat lama tidak beroperasi karena sulitnya pasokan gas.

"Lalu saya tugaskan Menteri BUMN untuk menjalankan. Soal kebutuhan gas, nanti kita carikan sehingga kendala pupuk bisa diatasi karena bagaimanapun juga pupuk merupakan kebutuhan dasar kita," sambungnya.

Pembangunan pabrik NPK PIM ini diperkirakan mampu memberikan multiplier effect bagi perekonomian masyarakat Aceh dan diproyeksikan menambah PDRB Aceh sebesar 4,13 persen.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)

Mengenal John Riady, Cucu Bos Lippo yang Dipanggil DPR Soal Meikarta******

DPR berencana akan memanggil John Riady, CEO PT Lippo Karawaci, terkait polemik pembelian apartemen Meikarta pada Maret besok.
DPR berencana akan memanggil John Riady, CEO PT Lippo Karawaci, terkait polemik pembelian apartemen Meikarta pada Maret besok. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia--

DPR berencana akan memanggil John Riady, CEO PT Lippo Karawaci, terkait polemik pembelian apartemen Meikarta yang hingga kini kasusnya bak benang kusut. Pemanggilan itu rencananya dilakukan pada Maret besok. 

Mengutip berbagai sumber, John Riady adalah cucu dari bos besar PT Lippo Group Mochtar Riady, sekaligus putra tertua James Riady. 

Mengutip berbagai sumber, pria lulusan Goergetown ini sudah lama disebut-sebut sebagai putra mahkota pewaris kerajaan bisnis Grup Lippo, dan akhirnya dipercaya memegang tampuk pimpinan perusahaan induk untuk industri properti.

Saat masih bekerja sekitar 2007, ayahnya menawarkan kesempatan membangun bisnis media yang baru dirintis. Globe Media Group nama perusahaan itu yang membawahi sejumlah kantor berita seperti Berita Satu, Globe Asia, Suara Pembaruan dan Jakarta Globe.

Tawaran itu disanggupi, ia pun kembali ke Tanah Air. Namun, beberapa tahun kemudian, ia memutuskan kembali ke AS untuk melanjutkan sekolah S2 dan mengambil gelar Master bidang keuangan di Wharton School of Business serta gelar hukum di Columbia University.

Setelah pendidikannya rampung, ia kembali ke Tanah Air dan mengajar beberapa tahun mata kuliah seperti tata negara, hukum hingga ekonomi di Universitas Pelita Harapan.

Sedikit berbeda dari ayah dan kakeknya, John juga tertarik di sektor teknologi. Ia mendirikan Venturra Capital yang beroperasi di bawah PT Multipolar Tbk (MLPL). MLPL digunakan oleh Lippo Group sebagai kendaraan ekspansi ke sektor teknologi dan digital.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)




bab terbaru:temposlot

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
juara jp slot
indahslot
semua togel
pinjol legal ojk bulanan
slot web gacor
slot play 808
bo slot 88
pusat777
indojp168
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs slot terbesar
Bab 2 sultan899
Bab 3 cara mencicil hp di shopee
Bab 4 amanah slot
Bab 5 akun judi gacor
Bab 6 counterwin88
Bab 7 pola slot demo maxwin
Bab 8 top up gampang
Bab 9 layanan pinjaman online
Bab 10 pinjam uang 25 juta di bank bri
Bab 11 aplikasi kredit hp terbaik
Bab 12 bet slot88
Bab 13 hoki505
Bab 14 slot gacor 66
Bab 15 slot gacor itu apa
Bab 16 slot88 alternatif
Bab 17 benua138
Bab 18 situs receh
Bab 19 pekerjaan di internet yang bisa menghasilkan uang
Bab 20 aku laku id
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5624bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Masuk ke filmnya

warganet88 demo
Pembeli berhasil menang gugatan terhadap pengembang Meikarta. MA memenangkan gugatannya dan memerintahkan PT MSU mengembalikan Rp415 juta ke pembeli Meikarta.
Pembeli berhasil menang gugatan terhadap pengembang Meikarta. MA memenangkan gugatannya dan memerintahkan PT MSU mengembalikan Rp415 juta ke pembeli Meikarta. (Istockphoto/Marilyn Nieves).
Jakarta, CNN Indonesia--

Mahkamah Agung (MA) memerintahkan pengembang apartemen MeikartaPT Mahkota Sentosa Utama (MSU) untuk membayar ganti rugi pada seorang konsumen bernama Djuara Pirmaton Siahaan sebesar Rp415 juta.

Hal itu tertuang usai peninjauan kembali (PK) yang diajukan MSU ditolak oleh MA.

Mengutip detik.com, Kamis (16/2), Djuara mengajukan gugatan karena unit yang dibelinya tak kunjung diterima. Dalam putusan yang tercantum di situs MA dijelaskan Djuara mengajukan gugatan di Kepaniteraan PN Cikarang pada 31 Agustus 2020 dengan Register Nomor 162/Pdt.G/2020/PN Ckr.

Mulanya, Djuara telah memesan dua unit apartemen pada 3 September 2017 dengan konfirmasi pesanan unit pertama No. LK-OB0031544 tanggal 3 September 2017, Keyplan dan Floor Plan serta spesifikasi 1 (satu) unit yang berada di Tower S-1, Blok 30026, Lantai 23, No. Unit 23C5, Luas 35.76 m², Tipe CS.

Untuk unit ini, Djuara membayar bertahap dengan tiga termin. Termin I (Booking Fee) sebesar Rp2 juta pada 3 September 2017, termin II (Down Payment) sebesar Rp22.004.229 pada 18 September 2017 dan termin III (pelunasan) sebesar Rp216.038.059 pada 18 Oktober 2017.

Kemudian untuk unit satunya lagi, dengan konfirmasi pesanan No. LK-OB0031484 3 September 2017, Keyplan dan Floor Plan serta spesifikasi 1 (satu) unit yang berada di Tower T-1, Blok 65005, Lantai 26, No. Unit 26B1, Luas 26.46 m², Tipe B1.

Untuk unit kedua, Djuara juga membayar dengan tiga termin. Termin I (Booking Fee) sebesar Rp2 juta pada 3 September 2017, termin II (Down Payment) sebesar Rp15.567.380 pada 18 September 2017 dan termin III (pelunasan) sebesar Rp158.106.418 pada 18 Oktober 2017.

Namun, sampai saat ini tidak ada unit yang diterima oleh Djuara. Bahkan, tidak ada bukti konkrit yang menunjukkan unit itu telah selesai dibangun. Padahal, dalam perjanjian pemesanan disebutkan "selesai dan siap terima tanggal 31 Oktober 2019 dan 31 Desember 2019".

Lebih jauh, ia pun tidak mendapatkan hak atas keterlambatan serah terima dua unit berupa kompensasi keuntungan, denda keterlambatan sebesar lima persen, bunga dan uang penggugat yang tersimpan di rekening tergugat.

Atas gugatan itu, PN Cikarang menyatakan MSU sebagai tergugat melakukan wanprestasi atau ingkar janji kepada penggugat. Meikarta akhirnya dihukum untuk membayar ganti rugi sebesar Rp415.716.086 kepada penggugat. Dengan putusan ini, MSU pun memilih mengajukan PK kepada MA.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/agt)

Dasar perapian

bocoran admin jarwo live
Bahlil Lahadalia memastikan perusahaan asal Korea Selatan, LG, tak kabur dari proyek baterai kendaraan listrik di RI.
Bahlil Lahadalia memastikan perusahaan asal Korea Selatan, LG, tak kabur dari proyek baterai kendaraan listrik di RI. (Setkab.go.id/Jay)
Jakarta, CNN Indonesia--

MenteriInvestasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia memastikan perusahaan asal Korea Selatan, LG, tak kabur dari proyek baterai kendaraan listrik di Indonesia.

Menurutnya, sampai saat ini kerja antara Indonesia dan Korea Selatan masih berjalan dengan baik. Bahkan, empat hari lalu, kedua pihak mengadakan rapat lanjutan di kantor BKPM.

"Empat hari lalu saya rapat sama LG di kantor ini. Prosesnya nggak ada perubahan sama sekali, tetap jalan," ujar Bahlil dalam konferensi pers, Kamis (16/2).

"Jadi saya sampaikan itu nggak benar (LG hengkang), on trackdan jalan terus. Saya sampaikan itu hanya salah persepsi (LG hengkang) dan LG jalan terus. (Pabrik) kapasitas 10 giga-nya sudah bangun di Karawang, masa konstruksi selesai 2023, bagaimana batal coba?" jelasnya.

Isu hengkangnya LG dari proyek baterai mobil listrik berawal dari Rapat Kerja Komisi IV DPR RI bersama Direktur Utama MIND.ID Hendi Prio Santoso. Namun, saat Bahli mengonfirmasi info tersebut kepada Hendi, yang bersangkutan membantah dan mengatakan ada salah persepsi.

Lanjut Bahlil, yang benar adalah adanya perubahan anggota konsorsium. Menurutnya, perubahan tersebut menjadi urusan internal LG dan Indonesia tak bisa ikut campur karena merupakan aksi korporasi biasa.

"Saya tidak bisa jelaskan siapa keluar dan masuk (anggota konsorsium). Bagi pemerintah ini adalah kerjasama Korea dan Indonesia, dan siapa yang ada di konsorsium (LG) pemerintah nggak akan banyak cawe-cawe di dalam selama tidak merugikan kita," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Kronik Ultraman

kredit cicilan 0
Vlogger Israel Nas Daily mempromosikan nikel milik Indonesia yang sekarang dibanggakan dan dihilirisasi Jokowi.
Vlogger Israel Nas Daily mempromosikan nikel milik Indonesia yang sekarang dibanggakan dan dihilirisasi Jokowi. (Screenshot via Instagram/@nasdaily).
Jakarta, CNN Indonesia--

Vlogger IsraelNas Daily mempromosikan nikelmilik Indonesia. Pria bernama asli Nuseir Yassin itu bercerita soal hilirisasi nikel yang merupakan salah satu program unggulan dan kebanggaan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Nas Daily mengatakan mobil listrik seperti Tesla bisa dibuat hanya dari satu negara. Kuncinya adalah baterai yang digunakan untuk mobil listrik, yakni menggunakan nikel. Meski sulit didapatkan, ia menyebut bahwa 25 persen cadangan nikel dunia dimiliki Indonesia.

"Dulu, perusahaan pembuat mobil listrik membeli nikel mentah dari Indonesia. Mereka membuat baterai kendaraan listrik di Eropa dan menjual mobil listrik untuk menghasilkan banyak uang. Sementara itu, negara penghasil nikel hanya mendapat sedikit uang (keuntungan). Perdagangan global yang rusak," katanya di dalam unggahan Instagram @nasdaily, dikutip Rabu (15/2).

"Dengan begitu, Tesla dan semua pabrikan mobil listrik akan membuat baterai di Indonesia. Sehingga setiap mobil listrik baru yang Anda beli akan membuat banyak negara kaya. Seperti itu seharusnya perdagangan global berlangsung," pungkasnya.

Nikel memang menjadi salah satu kebanggaan Jokowi dalam menggenjot ekonomi Indonesia. Agar ekonomi bisa digenjot, Jokowi melarang ekspor nikel dalam bentuk mentah dan melakukan hilirisasi di dalam negeri sejak Januari 2020.

Karena hilirisasi itu, Jokowi mengklaim ekspor produk nikel melompat dari hanya Rp15 triliun hingga Rp20 triliun menjadi Rp300 triliun per tahun.

Meski demikian kebijakan itu mendapatkan tentangan dari Uni Eropa. Mereka menggugat larangan ekspor ini ke World Trade Organization (WTO). Namun, gugatan itu tak membuat Jokowi gentar.

Ia bahkan terus menambah larangan ekspor bahan mentah lain, seperti bauksit hingga timah.

"Meskipun kita digugat, tidak apa-apa. Nikel digugat, ini nanti yang kita umumkan hari ini digugat lagi, tidak apa-apa. Suruh gugat terus. Yang kedua digugat belum rampung, ketiga kita setop lagi. Digugat, tidak apa-apa," kata Jokowi dalam Outlook Perekonomian Indonesia 2023 di Jakarta, Desember 2022.

Tak hanya menambah larangan ekspor, agar nikel bisa bermanfaat bagi ekonomi dalam negeri, Jokowi bahkan menjanjikan konsesi nikel ke Tesla milik Elon Musk jika mereka mau berinvestasi membangun industri kendaraan listrik di Indonesia. Jokowi percaya diri Tesla akan menyelesaikan kesepakatan untuk berinvestasi di Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

Kepercayaan diri itu ia ungkapkan setelah menawarkan insentif mulai dari keringanan pajak hingga konsesi menambang nikel di Indonesia kepada produsen mobil AS tersebut. Jokowi juga mengungkapkan terkait keunggulan yang dimiliki Indonesia, seperti memiliki cadangan nikel besar dan pasar atau konsumen yang menjanjikan.

"Saya bilang ke dia kalau bapak investasi di Indonesia, saya kasih konsesi nikel," kata Jokowi kepada Reuters pada awal Januari 2023, merujuk pada tawaran konsesi pertambangan Indonesia.

Jokowi mengatakan terserah kepada Tesla untuk menerima tawaran untuk menambang nikel atau tidak. Ia menggarisbawahi bahwa Indonesia terbuka untuk investasi dalam rantai pasokan baterai kendaraan dan mobil listrik.

"Kalau mereka mau mulai dari baterai EV, tidak apa-apa," imbuhnya.

Lihat Juga :
Profil John Riady, CEO Lippo Karawaci yang Dipanggil DPR soal Meikarta
(skt/agt)

Gambar Dewa Takdir

paito 16
Bahlil Lahadalia memastikan perusahaan asal Korea Selatan, LG, tak kabur dari proyek baterai kendaraan listrik di RI.
Bahlil Lahadalia memastikan perusahaan asal Korea Selatan, LG, tak kabur dari proyek baterai kendaraan listrik di RI. (Setkab.go.id/Jay)
Jakarta, CNN Indonesia--

MenteriInvestasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia memastikan perusahaan asal Korea Selatan, LG, tak kabur dari proyek baterai kendaraan listrik di Indonesia.

Menurutnya, sampai saat ini kerja antara Indonesia dan Korea Selatan masih berjalan dengan baik. Bahkan, empat hari lalu, kedua pihak mengadakan rapat lanjutan di kantor BKPM.

"Empat hari lalu saya rapat sama LG di kantor ini. Prosesnya nggak ada perubahan sama sekali, tetap jalan," ujar Bahlil dalam konferensi pers, Kamis (16/2).

"Jadi saya sampaikan itu nggak benar (LG hengkang), on trackdan jalan terus. Saya sampaikan itu hanya salah persepsi (LG hengkang) dan LG jalan terus. (Pabrik) kapasitas 10 giga-nya sudah bangun di Karawang, masa konstruksi selesai 2023, bagaimana batal coba?" jelasnya.

Isu hengkangnya LG dari proyek baterai mobil listrik berawal dari Rapat Kerja Komisi IV DPR RI bersama Direktur Utama MIND.ID Hendi Prio Santoso. Namun, saat Bahli mengonfirmasi info tersebut kepada Hendi, yang bersangkutan membantah dan mengatakan ada salah persepsi.

Lanjut Bahlil, yang benar adalah adanya perubahan anggota konsorsium. Menurutnya, perubahan tersebut menjadi urusan internal LG dan Indonesia tak bisa ikut campur karena merupakan aksi korporasi biasa.

"Saya tidak bisa jelaskan siapa keluar dan masuk (anggota konsorsium). Bagi pemerintah ini adalah kerjasama Korea dan Indonesia, dan siapa yang ada di konsorsium (LG) pemerintah nggak akan banyak cawe-cawe di dalam selama tidak merugikan kita," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Gelombang naga di zaman makmur

briobola
Transmart memberi promo diskon 10 persen untuk pembelian produk ayam dan sayur setiap Rabu. Jika bayar pakai Allo Bank, dapat tambahan diskon 10 persen.
Ilustrasi. Transmart memberi promo diskon 10 persen untuk pembelian produk ayam dan sayur setiap Rabu. Jika bayar pakai Allo Bank, dapat tambahan diskon 10 persen. (iStockphoto/hanieriani)
Jakarta, CNN Indonesia--

Promo harga dari Transmart memang tidak pernah habis. Setiap hari ada saja promo yang diberikan untuk produk-produk tertentu.

Sama seperti hari ini. Setiap Rabu, Transmart memberi promo diskon 10 persen untuk pembelian produk ayam dan sayur.

Lihat Juga :
Belanja di Transmart via Allo Fresh, Dijamin 2 Jam Sampai

Jadi jangan lupa pantau terus promo harian dari Transmart. Soalnya, promo ini umumnya berlaku secara nasional di seluruh toko cabang Transmart se-Indonesia.

Jangan lupa pakai juga Allo Bank atau kartu kredit Bank Mega saat pembayaran karena ada diskon tambahan 10 persen.

Tips Simpan Daging Ayam

Berikut tips menyimpan daging ayam di kulkas agar awet dari Transmart.

  1. Jangan mencuci daging ayam.
  2. Gunakan wadah tertutup.
  3. Simpan dengan suhu kulkas di bawah 5 derajat Celcius.
  4. Simpan di rak bawah kulkas.

Tunggu apalagi? Yuk, segera beli produk ayam dan sayur di Transmart hari ini dan dapatkan diskonnya.

Gif banner Allo Bank
(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]

Legenda manusia ikan besar

hokiwin77 demo
Ford Motor Co. berencana melakukan PHK terhadap 3.800 karyawan perusahaan di seluruh Eropa demi menyiasati kondisi ekonomi saat ini yang tengah sulit.
Ford Motor Co. berencana melakukan PHK terhadap 3.800 karyawan perusahaan di seluruh Eropa demi menyiasati kondisi ekonomi saat ini yang tengah sulit. ( Getty Images via AFP/SCOTT OLSON).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ford Motor Co. berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 3.800 karyawan perusahaan di seluruh Eropademi menyiasati kondisi ekonomi saat ini yang tengah sulit.

Pemangkasan juga dilakukan seiring rencana industri otomotif itu yang akan mendukung pengembangan kendaraan listrik.

Mengutip CNN.com, pemangkasan itu dilakukan terhadap 2.300 pekerjaan di Jerman, 1.300 di Inggris, dan 200 di seluruh Eropa dalam tiga tahun ke depan. PHK akan dilakukan di divisi pengembangan produk dan administrasi perusahaan.

Dikutip dari keterangan tertulis, rencana PHK itu adalah upaya perusahaan untuk menciptakan struktur biaya yang lebih ramping dan kompetitif untuk Ford di Eropa. Selain itu, pengurangan karyawan juga akan dilakukan melalui redudansi sukarela.

Menurut perusahaan itu, PHK besar-besaran dipicu oleh peralihan ke kendaraan listrik. Untuk itu, Ford berencana mulai memproduksi mobil penumpang listrik buatan Eropa pertama pada akhir tahun ini.

Targetnya pada 2035 mendatang seluruh penjualan Ford di Eropa berasal dari mobil listrik.

"Ini adalah keputusan yang sulit dan tidak dianggap enteng. Kami menyadari ketidakpastian yang kami ciptakan. Namun, saya meyakinkan mereka bahwa kami akan menawarkan dukungan penuh dalam beberapa bulan mendatang," kata Manajer Umum Ford Model e di Eropa Martin Sander dalam pernyataannya.

[Gambas:Video CNN]

Lebih jauh, juru bicara Ford mengungkapkan PHK terjadi karena haluan ekonomi dan geopolitik yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Terlebih, sepanjang 2022 merupakan tahun sulit bagi manufaktur Eropa. Biaya energi yang meroket setelah invasi Rusia ke Ukraina pada Februari tahun lalu, mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar €338 (US3 atau Rp5,44 juta) per megawatt jam pada Agustus.

Selain itu, harga bahan baku juga melonjak. Peningkatan biaya ini terus membebani produsen. Akibatnya, terjadi pengurangan produksi, pemindahan sebagian operasi mereka ke luar Eropa, dan memangkas sejumlah staf.

Namun kini, inflasi energi telah melambat dalam beberapa bulan terakhir. Harga gas pun kini kembali ke tingkat yang sama seperti sebelum perang.



(cfd/agt)

[Gambas:Video CNN]