petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

berkah4d

agen slot terbaru 111Jutaan kata 378779Orang-orang telah membaca serialisasi

《berkah4d》

Pekerja Kontrak Juga Berhak Dapat Gaji Sesuai UMP Lho******

Pekerja kontrak berhak untuk mendapat bayaran tidak lebih rendah dari Upah Minimum Provinsi (UMP).
Pekerja kontrak berhak untuk mendapat bayaran tidak lebih rendah dari Upah Minimum Provinsi (UMP). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pekerja Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) aliaspekerja kontrakberhak untuk mendapat bayaran tidak lebih rendah dari Upah Minimum Provinsi (UMP).

Mengacu pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, dalam Pasal 88E secara tegas menyatakan upah minimum berlaku bagi pekerja/buruh dengan masa kerja kurang dari satu tahun pada perusahaan yang bersangkutan.

Kemudian, sesuai dengan ketentuan Pasal 23 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, upah minimum adalah upah bulanan terendah, yaitu upah tanpa tunjangan atau upah pokok dan tunjangan tetap, yang ditetapkan setiap tahun sebagai jaring pengaman di suatu wilayah.

"Pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari upah minimum," demikian bunyi Pasal 23 ayat (3) PP Nomor 36 Tahun 2021 seperti dikutip pada Senin (28/11).

Sementara itu, pengusaha yang melakukan pembayaran upah di bawah dari batas upah minimum yang telah ditentukan merupakan tindak pidana kejahatan sebagaimana diatur dalam Pasal 185 Undang-Undang Cipta Kerja.

Pasal 185 UU tersebut menyatakan bahwa barang siapa yang melanggar ketentuan Pasal 42 ayat 2, Pasal 68, Pasal 69 ayat 2, Pasal 80, Pasal 82, Pasal 88A ayat 3, Pasal 88E ayat 2, Pasal 143, Pasal 156 ayat 1, atau Pasal 160 ayat 4 dikenakan sanksi pidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama empat tahun.

Lihat Juga :
Pengusaha Pikir-pikir Tahan Kenaikan UMP DKI 2023

"Dan denda paling sedikit Rp100 juta dan paling banyak Rp400 juta," terang Pasal 185 UU Cipta Kerja.

Ketentuan sanksi dan denda tersebut berlaku pula untuk pengusaha yang membayar upah lebih rendah dari upah minimum sesuai ketentuan Pasal 88E ayat 2.

Pekerja kontrak berhak mendapat upah sesuai UMP juga dibenarkan oleh Pengamat Ketenagakerjaan dari Universitas Airlangga Hadi Subhan. Ia menyebut UMP berlaku untuk semua pekerja.

"UMP berlaku untuk semua pekerja baik pekerja kontrak (PKWT) maupun pekerja tetap (PKWTT)," katanya kepadaCNNIndonesia.com.

Ia menyebut UMP ditujukan bagi pekerja yang masa kerjanya kurang dari satu tahun. Sedangkan, yang lebih dari satu tahun harus di atas UMP sesuai struktur dan skala upah.

Senada, Pengamat Ketenagakerjaan Payaman Simanjuntak mengatakan UMP justru lebih intensif diberlakukan pada pekerja kontrak. pasalnya, banyak pengusaha yang memilih pekerja kontrak supaya dapat memberlakukan UMP secara berkelanjutan.

Namun, kata dia, peraturan baru mewajibkan bila kontrak selesai, pengusaha harus memberikan uang pesangon, sesuai dengan masa kerja kontrak.

Lihat Juga :
Gara-gara Rambut Putih, DPR Sebut Menteri PUPR 'Saingan' Prabowo

"Bila masa kerja kontrak tiga tahun, maka pesangonnya adalah tiga bulan gaji," ujarnya.

Hari ini, pemerintah provinsi di seluruh Indonesia akan menetapkan besaran UMP 2023 di wilayah masih-masing.

Sesuai aturan Kementerian Ketenagakerjaan, kenaikan UMP 2023 maksimal 10 persen.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Luhut Ungkap 29 Ton Garam Ditebar Tolak Hujan di Gala Dinner G20******

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan membeberkan rahasia hujan tidak turun saat penyelenggaraan Gala Dinner G20 di Bali pada 15 November 2022 lalu.
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan membeberkan rahasia hujan tidak turun saat penyelenggaraan Gala Dinner G20 di Bali pada 15 November 2022 lalu. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan membeberkan rahasia hujan tidak turun saat penyelenggaraan Gala Dinner G20 di Bali pada 15 November 2022 lalu.

Pemerintah, kata Luhut, menggunakan teknik modifikasi cuaca menggunakan puluhan ton garam selama forum akbar internasional itu berlangsung.

"Sedikit cerita "flashback" tentang Teknik Modifikasi Cuaca untuk "outdoor event" KTT G20 2022 bagaimana sains dan teknologi yang dipadukan dengan harapan serta doa berbagai pihak berhasil membuktikannya," ujar Luhut melalui unggahan akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan pada Kamis (24/11).

Sembari berteduh dan mendengarkan paparan dari koordinator acara khusus even Gala Dinner G20, Wishnutama Kusubandio, ia melihat wajah presiden yang termenung.

"Tampaknya apa yang beliau pikirkan saat itu sama dengan saya pikirkan, kami ingin acaranya nanti berlangsung meriah dan semarak. Namun bagaimana jika hujan deras seperti ini malah turun di area GWK Cultural Park tanggal 15 November malam ketika acara berlangsung?" ujarnya.

Setelah itu, ia lantas bergegas menggelar rapat dengan tim khusus yang terdiri dari BMKG, BRIN, TNI AU, Kementerian PUPR, dan pakar teknologi modifikasi cuaca, Tri Handoko Seto.

[Gambas:Instagram]

Tim tersebut mendapat tugas besar untuk memastikan agar hujan tidak turun saat gelaran Gala Dinner G20 di GWK Cultural Park.

"Selain tugas tersebut, ada pula tugas lain yang tak kalah penting, yakni mengkondisikan cuaca agar tidak turun hujan ketika para kepala negara anggota G20 berjalan ke arah Bamboo Dome, yang terletak di outdoor area The Apurva Kempinski," ujarnya.

Hari ini, sambung Luhut, ia bertemu dengan tim TMC yang dipimpin Seto untuk mengucapkan terima kasih. Ia mendengar cerita perjalanan tim melakukan perburuan awan di langit Bali.

"Beliau menyampaikan, ketika itu sebenarnya hujan sempat turun di wilayah Bali lainnya pada siang hari," ujarnya.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Ungkap Data Pajak Karyawan Tak Selaras Tren Gelombang PHK

Menurut Seto, kata Luhut, TMC bisa dimanfaatkan secara berkesinambungan. Syaratnya, harus all out, baik dari sisi anggaran maupun teknis seperti pesawat yang digunakan tidak boleh terbang di malam hari.

"Saya kemudian berpikir, kalau melihat mata anggaran beberapa event pemerintah, memang TMC mendapat porsi anggaran yang paling kecil, padahal ini sangat penting," ujarnya.

Saat pelaksanaan Gala Dinner KTT G20, misalnya, ada 4 pesawat dari TNI AU yang ditugaskan dengan berbekal suplai data dari BMKG terkait titik mana saja yang berpotensi hujan.

"Perlu kecermatan perhitungan yang matang untuk mengetahui ketebalan awan dan berapa jumlah garam yang harus ditabur. Hal ini agar hujan yang turun tidak menyebar," ujarnya.

Lihat Juga :
Belanja Negara Baru Capai 75 Persen per Oktober 2022

Saat itu, kata Luhut, ada 11 penerbangan yang membawa 29 ton garam untuk melakukan TMC. "Bisa dibayangkan berapa besar anggaran yang harus dikeluarkan untuk melaksanakan operasi ini," ujarnya.

Selain itu, TMC juga bisa digunakan untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, menurunkan hujan buatan untuk mengairi waduk sebelum musim kemarau tiba, mengantisipasi kekeringan, sampai untuk irigasi pertanian.

Melihat hal itu, Luhut menilai perlu ada lembaga khusus yang menaungi TMC di Indonesia. Hal itu seperti di Thailand, di mana lembaga khusus terkait bertanggung jawab kepada raja.

"Sebagai manusia, tugas kita hanya bekerja, hasilnya bukanlah kuasa kita. Semoga ke depan bangsa Indonesia bisa semakin menguasai teknologi ini," ujarnya.

BMKG sebelumnya memperkirakan potensi curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Bali selama November 2022. Karenanya, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi meminta untuk melaksanakan operasi TMC selama pelaksanaan KTT G20.

"TMC ini bagian dari skenario mitigasi cuaca yang dipersiapkan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem agar gelaran KTT G20 di Bali berjalan dengan lancar dan sukses, serta semua kepala negara dan delegasi dapat melaksanakan pertemuan dengan aman dan nyaman," ungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Bali lewat keterangan resmi pada Rabu (16/11) lalu.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Imbauan Kemnaker ke Pengusaha: Jadikan PHK Jalan Terakhir******

Kemnaker mendorong pengusaha dan buruh untuk terus melakukan dialog bipartit sehingga ancaman PHK di tengah tekanan ekonomi belakangan ini bisa dihindari.
Kemnaker mendorong pengusaha dan pekerja/buruh untuk terus melakukan dialog bipartit alih-alih PHK dalam menghadapi dinamika yang dihadapi perusahaan. (ANTARA FOTO/JOJON).
Jakarta, CNN Indonesia--

Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker Indah Anggoro Putri mendorong pengusaha dan pekerja/buruh untuk terus melakukan dialog bipartit, supaya badai pemutusan hubungan kerja (PHK) yang mengintai di sejumlah industri belakangan ini bisa dihindari. 

"PHK merupakan jalan paling akhir bila suatu hubungan kerja antara pengusaha dengan pekerja tidak lagi dapat dipertahankan. Karena sebagai jalan paling akhir, maka semua pihak harus berupaya agar tidak terjadi PHK," kata Putri melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, Kamis (24/11/2022).

Putri yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua LKS Tripnas Unsur Pemerintah menilai PHK dilakukan sebagai respons perusahaan akibat adanya perubahan ekonomi global yang menuntut mereka melakukan penyesuaian atas bisnisnya dan efisiensi terhadap pekerjanya.

"Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga keberlangsungan usaha sehingga tidak terjadi PHK seperti mengurangi fasilitas pekerja tingkat manajerial, penyesuaian shift dan jam kerja, pembatasan kerja lembur yang keseluruhannya itu sekali lagi harus didiskusikan dan dimusyawarahkan secara bipartit baik pelaksanaan maupun jangka waktunya" ujar Putri.

Namun andaikan PHK tak dapat dihindarkan, ia mengingatkan agar PHK yang dilakukan harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan, baik secara prosedur maupun hak-hak yang seharusnya diberikan kepada pekerja.

"Berkaitan dengan hal ini, kami akan lakukan pembinaan terlebih dahulu sampai prosedur yang dilakukan benar-benar telah dilaksanakan sesuai aturan," katanya.

Sedangkan untuk pekerja/buruh yang terkena PHK, Putri menyebut bahwa terdapat beberapa bentuk pelindungan yaitu hak atas akibat PHK berupa uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan uang penggantian hak sesuai perat peraturan perundang-undangan.

Kemudian, manfaat Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) berupa uang tunai, akses informasi pasar kerja, dan pelatihan kerja, serta manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) dalam bentuk uang tunai. Selain itu, pemerintah juga telah menyediakan program bantalan sosial lainnya seperti manfaat Kartu Prakerja.

Lebih lanjut, Putri menjelaskan bahwa Pemerintah saat ini tengah menggodok sejumlah opsi kebijakan yang mendukung resiliensi industri dalam negeri dalam menghadapi gejolak ekonomi global.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:8080sport

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
sarang777 slot
slot maxwin 2023
slotgacor889
game online deposit
mplay777
slot gacor gampang menang
situs gacor resmi
situs slot infini gacor
slot terbaru bonus new member
Daftar isi semua bab
Bab 1 kingslot96
Bab 2 situs maxwin
Bab 3 situs aplikasi aman
Bab 4 daftar slot gacor
Bab 5 siji4d
Bab 6 totomaco
Bab 7 meja138
Bab 8 gacor club slot
Bab 9 sultantogel
Bab 10 slot deposit dana 1k
Bab 11 bonus new member pg soft
Bab 12 jago33 situs slot gacor 10k via pulsa terbesar indonesia
Bab 13 slot gacor x500
Bab 14 pola slot gacor gatot kaca
Bab 15 pinjol legal terbaru
Bab 16 bmw slot88
Bab 17 pasti menang 123
Bab 18 cara menggunakan voucher zalora
Bab 19 gacor malam ini
Bab 20 mobile slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5836bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Sistem pahlawan yang tak terkalahkan

ug500 slot
Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan para pengusaha di wilayah DKI Jakarta pecah suara terkait kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2023.
Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan para pengusaha di wilayah DKI Jakarta pecah suara terkait kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2023. (CNN Indonesia/Harvey Darian).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan para pengusaha di wilayah DKI Jakarta pecah suara terkait kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2023.

Menurutnya, ada dua kubu pengusaha terkait dengan besaran kenaikan UMP 2023 bagi pekerja di DKI Jakarta. Pertama usulan dari Apindo naik sebesar 2,62 persen menjadi Rp4.763.293 per bulan.

Versi Apindo dikatakan masih menggunakan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021. Padahal, pemerintah sudah mengganti perhitungan UMP 2023 menggunakan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 Tahun 2022.

Kedua, usulan dari Kadin Indonesia UMP 2023 DKI Jakarta bisa naik sebesar 5,11 persen menjadi Rp4.879.053 per bulan. Hal tersebut pun diapresiasi oleh buruh karena dinilai lebih baik dibandingkan Apindo dalam pengupahan.

"Di sini terlihat, Kadin lebih memahami dunia usaha, yakni usaha akan berkembang kalau daya beli naik. Dari sini kelihatan, siapa yang selama ini mengeksploitasi upah buruh. Di mana Apindo maunya upah murah," jelasnya.

Lihat Juga :
145 Orang Kena PHK Usai Produsen Minuman Alto Tutup Pabrik di Sukabumi

Meski demikian, buruh DKI Jakarta tetap tidak mau kenaikan upah berdasarkan usulan kedua pengusaha tersebut. Buruh menuntut kenaikan UMP 2023 DKI Jakarta sebesar 10,55 persen.

"Partai Buruh dan organisasi Serikat Buruh meminta Pejabat Gubernur DKI mengabulkan usulan serikat pekerja yaitu (UMP 2023 naik) 10,55 persen karena sangat realistis berdasarkan inflasi dan pertumbuhan ekonomi," tegasnya.

Sementara itu, CNNIndonesia.comtelah menghubungi Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang melalui pesan singkat untuk meminta penjelasan soal perpecahan suara tersebut. Namun, hingga berita ini diturunkan Sarman belum merespons.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

[Gambas:Video CNN]

penyelamatan ekstrem

situs pinjol terpercaya
Dua analis Mandiri Sekuritas memberi rekomendasi beli untuk saham GOTO dengan target harga Rp415/saham, 98 persen di atas harga saham GOTO saat riset Mansek.
Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Mandiri Sekuritas (Mansek) merilis riset terbaru saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menyusul induk perusahaan Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial yang merilis laporan keuangan kuartal III 2022 yang di luar ekspektasi para analis.

Dua analis Mandiri Sekuritas, yakni Adrian Joezer dan Ryan Aristo memberi rekomendasi beli untuk saham GOTO dengan target harga Rp415/saham. Target harga itu 98 persen di atas harga saham GOTO saat riset Mansek, yang dihitung di level Rp210/saham.

"Kami memberikan rekomendasi beli untuk saham GOTO dengan target harga Rp415/saham. Menurut kami, hasil kinerja kuartal III sangat menunjukkan eksekusi GOTO yang sangat cepat dalam mencapai target waktu menuju profit," demikian pernyataan Adrian dan Ryan dalam riset per 22 November, dikutip Kamis (24/11).

Pada Senin (21/11) malam, manajemen GoTo menyebut kemungkinan percepatan timelinetitik impas untuk margin kontribusi positif, mencapai 1-2 kuartal dari target kuartal 1/2024. Sehingga, GoTo diperkirakan bisa mencetak margin kontribusi positif lebih cepat dari perkiraan Mandiri Sekuritas, yakni pada kuartal III atau IV di 2023.

Margin kontribusi adalah rasio nilai dari profitabilitas masing-masing produk yang ada di perusahaan, sebelum dikurangi biaya headquarteratau operationalexpenses.

Sebelumnya, Direktur Utama Grup GoTo Andre Soelistyo mengatakan, perseroan mencatat kinerja kuat di kuartal III. Hal ini berhasil mempercepat raihan profitabilitas, seiring pertumbuhan pendapatan dan berkurangnya rugi EBITDA yang disesuaikan.

"Margin kontribusi secara grup melampaui pedoman yang kami sampaikan kuartal sebelumnya, dengan margin kontribusi positif di segmen on-demand servicetercapai (Gojek) pada bulan September, jauh lebih cepat dibandingkan dengan target," kata Andre, Senin (21/11).

Adapun pertimbangan Adrian dan Ryan selanjutnya adalah peningkatan nilai transaksi bruto atau GTV (gross transaction value) di tengah upaya perusahaan mengurangi insentif dan faktor makroekonomi, yang mencapai Rp161 triliun atau naik 33 persen dari periode yang sama tahun lalu dan melampaui target Rp151 triliun hingga Rp156 triliun.

Selain itu, pendapatan bruto QIII/2022 juga naik 30 persen dari periode yang sama tahun lalu mencapai Rp5,9 triliun, mencapai batas atas pedoman yang ditetapkan antara Rp5,7 triliun hingga Rp6,0 triliun.

Selama sembilan bulan tahun ini, GTV GoTo mencapai Rp451,47 triliun dari periode yang sama tahun tahun lalu Rp324,94 triliun (proforma), naik 38,94 persen, sedangkan pendapatan kotor juga naik 42,01 persen, dari sebelumnya Rp11,71 triliun (proforma) menjadi Rp16,63 triliun.

Pencapaian kinerja itu mendekati catatan GTV dan pendapatan kotor di sepanjang tahun lalu. Pada 2021, GTV perusahaan menembus Rp461,60 triliun, dengan pendapatan bruto mencapai Rp17 triliun.

Efisiensi dan Penguatan Sinergi

Hal berikut yang juga jadi perhatian Adrian dan Ryan adalah efisiensi dan penghematan biaya yang secara konsisten dilakukan perusahaan. Dari performa selama sembilan bulan tahun 2022, GoTo mengidentifikasi potensi penghematan biaya tetap opex(operatingexpenditure) atau fixed-cash-opexsebesar 14 persen.

Potensi itu pun di luar penghematan sebelumnya yang sebesar Rp144 miliar.

Berdasarkan basis proforma selama sembilan bulan, penghematan yang bisa dilakukan yakni sebesar Rp775 miliar dari pos biaya kepegawaian (Rp1 triliun secara tahunan) dan Rp271 miliar dari pos non-kepegawaian (Rp400 miliar tahunan).

Apabila digabungkan dengan realisasi langkah penghematan yang sudah dilakukan selama 9M-22, penghematan biaya proforma 9M-22 seharusnya setara dengan Rp1,2 triliun atau bisa mencapai Rp1,6 triliun secara tahunan, setara 16 persen dari penghematan biaya fixed-cash-opex9M-22.

Pada Jumat lalu, GOTO mengurangi karyawan sebanyak 12 persen atau setara 1.300 orang.

Pertimbangan ketiga Mansek merekomendasikan saham GOTO adalah penguatan sinergi ekosistem dan monetisasi dengan fokus ke bisnis inti dan inisiatif berbasis produk.

Tingkat take rate (komisi) pun masih sama secara kuartalan, yakni 3,7 persen di QIII/2022, didorong kontribusi layanan on-demanddan take ratebisnis e-commerce (Tokopedia) yang naik masing-masing 0,6 ppt dan 0,1 ppt menjadi 22,2 persen dan 3,2 persen secara QoQ.

Persilangan bisnis atau cross-pollinationmelalui GoPay Coin berhasil menunjukkan hasil positif dalam mengoptimalkan tingkat penggunaan dan akuisisi konsumen atau LTV/CAC (customer lifetime value/customer acquisition cost), sementara penetrasi pengguna GoPay telah mencapai 60 persen di Gojek dan 58 persen di Tokopedia.

Ditambahkan, GoTo memiliki layanan BNPL atau buy now pay later(GoPayLater Cicil) yang dirilis pada Juli 2022, di mana GOTO memasukkan 4 juta pelanggan berstatus layak dan akan meningkatkan pinjamannya pada 2023. Selain itu, perseroan juga telah memulai uji coba pinjaman tunai pada awal Oktober 2022.

CEO GoTo Andre mengatakan, pencapaian kinerja di kuartal III/2022 didorong oleh fokus perusahaan dalam memberikan produk terbaik kepada pelanggan loyal, serta kedisiplinan GoTo dalam mengelola beban usaha secara efisien.

Contohnya, perluasan layanan GoPay Coins secara langsung mendorong rasionalisasi beban promosi, sekaligus memberikan apresiasi bagi konsumen pengguna layanan GoTo.

"Perbaikan margin usaha sejalan dengan pertumbuhan pendapatan perseroan, yang menunjukkan resiliensi bisnis kami dan kekuatan perekonomian Indonesia. Capaian kinerja keuangan dan operasional pada kuartal ini menegaskan bahwa perseroan berada di jalur pertumbuhan yang tepat sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia," kata Andre dalam rilis resmi.

(rea/rea)

Naga Akhir

duit gampang slot login
Menaker Singapura Tan See Leng menyebut 1.270 orang tenaga kerja di industri teknologi dan startup terkena PHK selama Juli-November 2022.
Menaker Singapura Tan See Leng menyebut 1.270 orang tenaga kerja di industri teknologi dan startup terkena PHK selama Juli-November 2022. (AFP PHOTO/Toh Ting Wei)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Tenaga Kerja SingapuraTan See Leng mengatakan sebanyak 1.270 orang tenaga kerjadi industri teknologi dan startup terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) pada Juli-pertengahan November 2022.

Ia mengklaim sebagian besar dari pekerja yang terkena PHK itu merupakan buruh yang memiliki peran non-teknis, seperti penjualan dan pemasaran. Selain itu, mayoritas pekerja yang juga berusia di bawah 35 tahun.

Dilansir dari CNA, Senin (28/11), Tan mengatakan tingginya angka PHK itu bertalian dengan Twitter, Meta, dan Shopee dan beberapa perusahaan teknologi lainnya yang telah melakukan PHK di Singapura.

Kendati angka PHK meningkat, kata dia, data jumlah PHK selama lima tahun terakhir relatif rendah, yakni rata-rata 790 pekerja per tahun.

Lebih lanjut Tan menuturkan sebagian besar pekerja yang kena PHK di sektor informasi dan komunikasi sudah mendapatkan pekerjaan baru.

Berdasarkan data yang diterima, tingkat masuk kembali pekerja dalam waktu enam bulan setelah PHK untuk pekerja informasi dan komunikasi jauh lebih tinggi.

Lihat Juga :
UMP Jatim Naik 7,8 Persen Jadi Rp2,04 Juta

"Hal ini menunjukkan bahwa pekerja non-teknis yang di-PHK juga menemukan kesempatan kerja di sektor I&C (informasi dan komunikasi) dan ekonomi yang lebih besar," kata Tan.

Ia menambahkan lowongan kerja di sektor tersebut juga meningkat pada paruh pertama tahun ini. Tercatat lowongan meningkat dari 11.100 pada Desember 2021 menjadi 12.100 pada Juni 2022.

"Selain itu, sektor lain, seperti layanan keuangan, termasuk bank lokal, juga membuka lowongan untuk peran teknologi. Secara keseluruhan, ini mencerminkan bahwa ada daya serap yang kuat di seluruh ekonomi yang lebih besar dan peluang bagi pekerja yang terkena dampak untuk mengisi peran sesuai permintaan," terang Tan.

Meski begitu, Tan tetap mengingatkan pekerja non-teknis yang di-PHK perlu mempertimbangkan program konversi karir dan peningkatan keterampilan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan peluang mereka kembali ke dunia kerja.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/bir)

Legenda manusia ikan besar

situs gampang jp 2022
Apindo menuntut pemerintah mempersiapkan bantuan sosial bagi masyarakat. Itu untuk merespons imbauan pemerintah agar pengusaha menjadikan PHK langkah terakhir.
Apindo menuntut pemerintah mempersiapkan bantuan sosial bagi masyarakat, merespon imbauan pemerintah yang meminta pengusaha agar menjadikan PHK angkah terakhir. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) menuntut pemerintah mempersiapkan bantuan sosialbagi masyarakat. Hal ini merupakan respons atas imbauan pemerintah yang meminta pengusaha agar menjadikan PHKsebagai langkah terakhir.

Ketua Bidang Ketenagakerjaan APINDO Anton J Supit meminta pemerintah agar tidak membebankan seluruhnya kepada pengusaha. Ia menyebut tanpa imbauan yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan pun, pengusaha sudah memiliki ikatan emosional dengan para pekerjanya.

"Tanpa diimbau kita tahu, itu hubungan emosional kita dengan pekerja sudah seperti keluarga. Tanpa diimbau pun kita paham, tapi tolong pemerintah pahami juga, supaya bantuan-bantuan sosial dipikirkan juga," kata Anton saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (25/11).

Menurutnya, bantuan serupa bisa dilakukan di Indonesia untuk menjaga daya beli masyarakat.

"Kita tahu lah kesusahan buruh, tapi nggak bisa semua dibebankan ke pengusaha. Kalau semua dibebankan (ke pengusaha), sudah tidak ada pekerjaan di dalam pabrik, terus ditambah kenaikan (UMP) yang cukup memberatkan, ya gimana kita kan nggak bisa tahan terus," tuturnya.



Lebih jauh, Anton mengaku pengusaha yang melakukan PHK berarti gagal dalam menjalankan bisnis. Meski demikian, ia menuntut pemerintah untuk ambil peran lewat pemberian insentif.

"Artinya kalo sampe PHK artinya kita gagal dalam arti menjalankan bisnis. Tetapi kalau ordernya menurun sampai dengan 50 persen, dan kita harus membayar keseluruhan pekerja yang puluhan ribu, atau ribuan, itu pun kita tidak sanggup," tegasnya.

Diketahui, Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker Indah Anggoro Putri mendorong pengusaha dan pekerja/buruh untuk terus melakukan dialog bipartit, supaya badai pemutusan hubungan kerja (PHK) yang mengintai di sejumlah industri belakangan ini bisa dihindari.

Lihat Juga :
Pemerintah Dapat Rp43,8 T dari 28 Kesepakatan Industri Migas di Bali

Putri yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua LKS Tripnas Unsur Pemerintah menilai PHK dilakukan sebagai respons perusahaan akibat adanya perubahan ekonomi global yang menuntut mereka melakukan penyesuaian atas bisnisnya dan efisiensi terhadap pekerjanya.

Padahal menurutnya, ada berbagai langkah yang bisa diambil perusahaan untuk menghindari efisiensi pekerja atau PHK.

"Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga keberlangsungan usaha sehingga tidak terjadi PHK seperti mengurangi fasilitas pekerja tingkat manajerial, penyesuaian shift dan jam kerja, pembatasan kerja lembur yang keseluruhannya itu sekali lagi harus didiskusikan dan dimusyawarahkan secara bipartit baik pelaksanaan maupun jangka waktunya" ujar Putri.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Mendobrak Alam Kesengsaraan Surgawi

kumbang4d
Harga aset kripto menguat berjemaah dalam 24 jam terakhir. BNB menjadi kripto dengan kenaikan harga yang paling tinggi.
Harga aset kripto menguat berjemaah dalam 24 jam terakhir. BNB menjadi kripto dengan kenaikan harga yang paling tinggi. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga asetkripto menguat berjemaah dalam 24 jam terakhir. BNB menjadi kripto dengan kenaikan harga yang paling tinggi.

Mengutip coinmarketcap.com, Kamis (24/11), BNB melonjak 10,45 persen dalam 24 jam terakhir dan naik 10,08 persen dalam 7 hari terakhir. Kripto itu ada di level US9,8 per keping.

Dogecoin yang tumbuh 3,47 persen dalam 24 jam terakhir ke USPengusaha Gandeng Denny Indrayana Gugat Aturan Kenaikan UMP 2023 ke MA******

Pengusaha menggandeng Wakil Menteri Hukum dan HAM era SBY, Denny Indrayana untuk menggugat permenaker soal kenaikan UMP 2023 ke MA.
Pengusaha menggandeng Wakil Menteri Hukum dan HAM era SBY, Denny Indrayana untuk menggugat permenaker soal kenaikan UMP 2023 ke MA. (Diolah dari detik visual).
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menggandeng Wakil Menteri Hukum dan HAM era Presiden SBY, Denny Indrayanasebagai kuasa hukum untuk menggugat Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) 18/2022 tentang Penetapan Upah MinimumTahun 2023 ke Mahkamah Agung.

Menurut Denny, permenaker soal kenaikan UMP 2023 itu disusun tanpa partisipasi publik yang seharusnya. Ia menilai permenaker bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi seperti UU 13/2003 tentang Ketenagakerjaan dan UU 11/2020 tentang Cipta Kerja.

"Bahwa terbitnya Permenaker 18/2022 menjelang ujung masa penetapan Upah Minimum 2023 telah mengubah berbagai rumusan hukum yang telah ada pada peraturan yang lebih tinggi, dan karenanya bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi tersebut, serta menimbulkan ketidakpastian hukum yang memperburuk iklim usaha di tanah air," tutur Denny lewat keterangan tertulis, Jumat (25/11).

Denny juga menyarankan kepada kepala daerah yang akan menentukan untuk tetap menggunakan PP 36/2021 sebagai dasar penetapan upah minimum di tiap daerah.

"Guna menghindari gugatan pembatalan penetapan upah minimum ke Pengadilan Tata Usaha Negara, disebabkan Permenaker 18/2022 yang bertentangan dengan peraturan-peraturan yang lebih tinggi tersebut," ucap Denny.

Lebih jauh, ia berargumen gugatan yang dilakukan pengusaha terhadap permenaker itu tidak hanya karena bermasalah dari sisi hukum. Alasan lain; juga dari sisi ekonomi dan keadilan.

"Karena makin memberatkan dunia usaha, yang pada gilirannya dapat menyebabkan hilangnya peluang kerja, dan bahkan gelombang Pemutusan Hubungan Kerja massal, yang tentunya sama-sama tidak kita harapkan akan terjadi," tegasnya.

Sementara itu, merespons rencana gugatan permenaker itu, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengancam akan menggeruduk kantor Apindo di seluruh Indonesia.

Pasalnya, Presiden KSPI Said Iqbal menilai permenaker ini merupakan jalan tengah yang mengakomodasi pengusaha dan para buruh. Permenaker itu dianggap jalan tengah sebab permintaan buruh adalah kenaikan upah sebesar 13 persen.

Namun demikian, pemerintah mengakomodir kebutuhan pengusaha untuk tidak menaikkan upah minimum di atas 10 persen. Said Iqbal mengungkapkan langkah Apindo menggugat Permenaker 18/2022 sebagai tindakan yang serakah.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/agt)

[Gambas:Video CNN]
.082 per keping. Tepat di belakangnya ada ethereum yang menguat 3,66 persen dalam semalam ke posisi US,200 per keping.

XRP berada di level US<句子>.380 per keping menyusul penguatan 0,77 persen dalam semalam. Sementara itu, bitcoin menguat 1,39 persen dalam 24 jam terakhir ke posisi US,701.

Cardano juga tercatat menguat 0,79 persen dalam semalam, berada di level US<句子>.318 per keping.

Tether masih stabil di level US0,99 per keping dengan pergerakan yang bervariasi. Begitu pun dengan binance USD dan USD coin yang masih stabil di US per keping.



Saat ini, kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tidak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)