petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cas 77 slot login

situs slot populer 648Jutaan kata 346075Orang-orang telah membaca serialisasi

《cas 77 slot login》

Pengakuan Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional******

Pengakuan Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional
Arsip Foto - Bahasa Indonesia berhasil ditetapkan menjadi bahasa resmi pada Konferensi Umum UNESCO di Paris, Prancis, Senin (20/11/2023). ANTARA/HO-UNESCO/am.
Jakarta (ANTARA) - Setelah melalui rangkaian panjang usaha dan diskusi, sidang pleno UNESCO pada 20 November 2023 memutuskan untuk menerima usulan Pemerintah Indonesia menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi sidang umum salah satu badan di bawah naungan Perserikatan Banga-Bangsa (PBB) itu.

Dengan demikian, Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi ke-10 pada Sidang Umum badan PBB untuk pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan tersebut, melengkapi sembilan bahasa PBB lainnya, yaitu Bahasa Inggris, Prancis, Arab, China, Rusia, Spanyol, Hindi, Italia, dan Portugis.

Dubes dan Wakil Tetap RI untuk UNESCO Ismunandar, dalam suatu kesempatan mengatakan pengakuan ini sekaligus menunjukkan peran penting Bahasa Indonesia dalam mendorong perdamaian dan solidaritas dunia.

Hal ini sekaligus menyiratkan keyakinan UNESCO terhadap pentingnya bahasa karena perdamaian dunia mustahil dibangun hanya dengan ekonomi dan politik semata.

Salah satu peran penting Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Sidang Umum UNESCO adalah semua keputusan sidang UNESCO harus diterjemahkan ke dalam bahasa resmi, termasuk Bahasa Indonesia.

Pengakuan ini juga ditunjukkan dengan penerjemahan dokumen UNESCO 2023 ke Bahasa Indonesia sebanyak 250 buku dan 29 permainan matematika ke dalam Bahasa Indonesia, yang dilanjutkan ke dalam 27 bahasa daerah untuk mendukung literasi dan pelestarian Bahasa Indonesia di daerah terpencil, demikian Ismunandar.

Prestasi ini menunjukkan peran dan fungsi Bahasa Indonesia yang sudah teruji dalam perjalanan sejarahnya sejak Sumpah Pemuda 1928, sebagai bahasa nasional yang telah memainkan perannya dalam berbagai kepentingan bangsa. Keberhasilan Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu ribuan etnis di Indonesia merupakan modal utama dan menjadi kunci perdamaian dunia melalui bahasa.

Kekuatan lainnya yang menjadi kebanggaan bangsa ini adalah penutur Bahasa Indonesia adalah semua orang di seluruh wilayah Indonesia, yakni sekitar 270 juta.

Dalam tataran akademis, Bahasa Indonesia menjadi pelajaran wajib sejak kelas satu SD sampai perguruan tinggi. Untuk satu mata pelajaran ini tidak boleh ada angka merah atau tidak lulus. Beberapa dosen yang mengampu Bahasa Indonesia di kampus-kampus mengungkapkan betapa lelahnya mereka dalam penyampaian materi Bahasa Indonesia.

Meski mahasiswa sudah belajar Bahasa Indonesia sejak kelas 1 SD, namun pemahaman dan kesadaran berbahasa masih belum memuaskan. Salah satu faktor penghambat adalah sikap menggampangkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu. Selain itu, peran media massa dengan narasumber yang kurang menghargai Bahasa Indonesia juga ikut mempengaruhi sikap mahasiswa.


Perlu pengayaan

Menurut Ismunandar, dengan posisi Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional, maka perlu langkah nyata yang dapat dilakukan, yakni bagaimana meningkatkan minat warga dunia terhadap Bahasa Indonesia, apalagi di tengah maraknya konflik antarnegara.

Belum lama ini, KBRI Canberra di Australia meluncurkan program "Kawan Ngobrol" untuk mempromosikan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Ada 16 sekolah dan dua perguruan tinggi di Canberra yang menawarkan kursus Bahasa Indonesia.

Selain itu, perlu upaya pengayaan kosakata Bahasa Indonesia secara terus menerus serta membangun kesenangan dan kesadaran berbahasa bagi masyarakat luas. Upaya pengayaan itu bisa dilakukan lewat jalur ilmiah dan bahasa daerah.

Berbagai peristiwa komunikasi dalam masyarakat, seperti debat presiden menjelang Pemilu 2024, juga telah melahirkan kosakata yang cukup menyegarkan. Ada joget gemoy, gimik, omon-omon, terkelok-kelok, mea-mea, biu-biu, hilirisasi digital, dan lainnya.

Data Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jumlah kosakata mencapai 120 ribu pada tahun 2023 dan diharapkan mencapai 200 ribu di tahun 2024.

Ribuan kosakata ini diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi kebersamaan antarwarga, seiring dengan alasan UNESCO menjadikan Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi UNESCO, yakni sebagai pendorong perdamaian dunia.

Dalam konteks ini, maka peran dan fungsi Bahasa Indonesia agaknya tidak cukup hanya memperkaya kosakata, karena banyak sekali peristiwa komunikasi yang cukup meresahkan masyarakat karena faktor bahasa.

Tawuran antarwarga di beberapa kawasan di Jakarta dan daerah-daerah lainnya sampai sekarang masih sering terjadi. Berita kekerasan terhadap anak dan perempuan, ayah memperkosa anak kandung, ibu membunuh bayi, juga belum berhenti. Manakah bahasa media yang dapat mengubah perilaku sadis masyarakat? Sebuah penelitian mengungkapkan bahasa media justru memperparah kesadisan dalam masyarakat.

Ini artinya, bahasa tidak cukup hanya memperkaya kosakata, tapi juga perlu pengayaan makna di balik kosakata, karena setiap kata atau kalimat adalah tindak tutur dan berpengaruh pada perilaku pembaca.

Dari sisi pragmatik, setiap kata atau kalimat mengandung tiga tindak tutur sekaligus, yakni lokusi, ilokusi dan perlokusi. Artinya, setiap tuturan kata atau kalimat yang disampaikan pastilah memiliki pesan dan tujuan tertentu serta efek yang diharapkan. Di sinilah sering terjadi kesalahpahaman antara pembicara dan pendengar, yang dapat memicu tindak kekerasan.

Pengayaan kosakata dan makna di balik kata atau kalimat tuturan, langsung atau lewat media, seperti "kawan ngobrol" yang dilakukan kampus di Canberra perlu didukung tindakan nyata semua pihak, agar Bahasa Indonesia yang sudah diakui UNESCO sebagai bahasa resmi internasional dapat menjadi kebanggaan bagi Bangsa Indonesia.


*) Dr Artini adalah pimpinan Lembaga Pendidikan Jurnalistik ANTARA 2003-2006


 

Copyright © ANTARA 2024

Rumah Sakit Semen Padang belum ketahui penyebab ledakan******

Rumah Sakit Semen Padang belum ketahui penyebab ledakan
Situasi di Rumah Sakit Semen Padang pascaledakan, Selasa (30/1/2024). ANTARA/Muhammad Zulfikar.
Padang (ANTARA) - Pihak Rumah Sakit (RS) Semen Padang, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menyampaikan belum mengetahui pasti penyebab ledakan yang terjadi di rumah sakit tersebut pada Selasa sore sekitar pukul 15.30 WIB.

"Kami belum bisa memastikan sumber dan penyebab ledakan ini," kata Direktur Utama RS Semen Padang dr Selfi Farisha di Padang.

Saat ini, sambung dr Farisha, manajemen rumah sakit sedang mengevakuasi seluruh pasien rawat inap yang terdata sebanyak 102 orang. Seluruh pasien tersebut dipindahkan ke beberapa rumah sakit terdekat untuk perawatan lebih lanjut.

Selain itu, pihak rumah sakit juga mengambil tindakan untuk memulangkan seluruh pasien baik rawat jalan maupun pasien di unit gawat darurat. Sebab, pascaledakan tersebut operasional Rumah Sakit Semen Padang sementara waktu dihentikan.

Baca juga: RS Semen Padang pindahkan pasien ke rumah sakit lain pascaledakan

Baca juga: Pasien BPJS Kesehatan tak lagi dilayani RS Semen Padang

Farisha memastikan akibat ledakan tersebut tidak ada korban jiwa. Hanya saja dua pasien diketahui mengalami luka-luka yang diduga akibat terkena pecahan kaca atau benda lainnya.

"Sembari menunggu proses rujukan ke rumah sakit lain, manajemen RS Semen Padang tetap berupaya mengambil tindakan medis khususnya bagi pasien yang harus segera mendapatkan tindakan di sekitar pekarangan rumah sakit itu. Setelah mendapatkan kepastian rujukan dari rumah sakit yang dituju, pasien langsung dibawa," kata.

"Semua dirujuk ke rumah sakit lain karena sekarang ini tidak ada pelayanan sama sekali di rumah sakit ini," ucap dia.

Senada dengan itu, salah seorang admin bagian Laboratorium RS Semen Padang Aad mengaku sempat mendengar suara gemuruh dan ledakan sebelum seluruh pasien di lantai dua dievakuasi petugas.

"Saya sempat mendengar seperti gemuruh dan letusan," ujarnya.

Hingga saat ini petugas pemadam kebakaran Kota Padang masih terus bertugas di dalam area rumah sakit. Hingga berita ini diturunkan belum diketahui pasti sumber dugaan ledakan tersebut.

Baca juga: Semen Padang Hospital jadi rumah sakit pusat layanan kecelakaan kerja

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

KCIC buka lowongan kerja pada 16 posisi bagi lulusan D3 sampai sarjana******

KCIC buka lowongan kerja pada 16 posisi bagi lulusan D3 sampai sarjana
Petugas PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memeriksa rangkaian kereta cepat Whoosh. ANTARA/HO-PT KCIC/aa.
....Kami mencari kandidat dengan dedikasi yang sama dengan kami dalam memberikan layanan transportasi kelas dunia ...
Bandung (ANTARA) - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membuka lowongan pekerjaan untuk 16 posisi di berbagai bidang, bagi lulusan D3 hingga sarjana baik lulusan baru (fresh graduate) maupun berpengalaman.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan seleksi penerimaan karyawan baru akan dilakukan bagi lowongan seperti Railway Business Development, SSHE, Internal Audit, Humas Resources, Finance & Budget Controling, Fixed Asset, General Affair, EMU Maintenance, dan Interpreter.

"Sebagai leader dalam operator kereta cepat di Asia Tenggara dengan Kereta Cepat Whoosh, KCIC berkomitmen terhadap keunggulan dalam semua aspek operasional. Kami mencari kandidat dengan dedikasi yang sama dengan kami dalam memberikan layanan transportasi kelas dunia dan mendorong inovasi di sektor ini," kata Eva dalam keterangan di Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Baca juga: KCIC hadirkan dua intermoda baru di Stasiun Whoosh Padalarang

Eva mengungkapkan bahwa masyarakat dapat membaca persyaratan selengkapnya mengenai posisi yang dibuka melalui laman resmi https://kcic.co.id/karir/.

"Perhatikan tata cara dan dokumen yang harus disiapkan dan lakukan registrasi jika sudah sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan," katanya.

Eva menekankan bahwa seluruh proses rekrutmen pegawai gratis, tanpa biaya apapun, karenanya dia meminta masyarakat tidak percaya kepada pihak yang mengklaim bisa memuluskan seleksi atau menjamin pekerjaan di PT KCIC.

"Pembukaan lowongan pekerjaan ini merupakan salah satu bentuk manfaat lain dari kehadiran Whoosh di Indonesia. KCIC terus berkomitmen mencari individu yang terbaik dan memiliki semangat yang sama dengan visi kami untuk masa depan transportasi di Indonesia," tutur Eva.

Disebutkan bahwa Kereta Cepat Whoosh adalah layanan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang akan beroperasi dengan kecepatan hingga 350 km/h.

Baca juga: KCIC : 220.227 penumpang gunakan Whoosh saat libur Natal-tahun baru

Moda transportasi ini memiliki jalur sepanjang 142,3 km dengan 13 terowongan dan akan melayani empat Stasiun yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

​​​​​​​Untuk meningkatkan konektivitas, Kereta Cepat Whoosh akan terkoneksi dengan LRT Jabodebek, KA Feeder, Commuter Line Bandung Raya, Bus Rapid Transit, Shuttle, dan Taksi.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:rtp panenjp

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
angsa4d
pinjaman online cepat cair
cara pinjam adakami
apk slot terpercaya
pinjam uang 300 juta
deposit 25 bonus new member 100
slot gacor situs
tafsir mimpi 1001 macam
alexistogel
Daftar isi semua bab
Bab 1 kakakslot88
Bab 2 bo slot online
Bab 3 deposit bonus 100 persen
Bab 4 hitogel
Bab 5 cara kredivo
Bab 6 slot member baru dapat bonus tanpa deposit
Bab 7 joker138
Bab 8 situs slot sweet bonanza gacor
Bab 9 gacor judi
Bab 10 cara menggunakan voucher shopee dari bca
Bab 11 mencairkan kredivo
Bab 12 buku mimpi 07
Bab 13 menang menang 88
Bab 14 murai 77 slot
Bab 15 top1toto togel login
Bab 16 slot 5000 pro
Bab 17 awan4d
Bab 18 slot kakek zeus gacor jam berapa
Bab 19 hkg99
Bab 20 slot 5000 tanpa potongan
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8470bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

Yin Zu

ind168
Menaker mengingatkan perusahaan lakukan PHK sebagai jalan terakhir
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat memberikan keterangan kepada wartawan, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (31/1/2024). ANTARA/Farhan Arda Nugraha/aa.
Jika ternyata tidak bisa dihindarkan, maka PHK harus sesuai dengan ketentuan peraturan kementerian, di antaranya ada kesepakatan.
Cikarang (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengingatkan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada karyawan menjadi jalan terakhir yang dilakukan perusahaan saat menghadapi permasalahan.

"Yang dilakukan oleh kementerian (Kementerian Ketenagakerjaan, Red) itu mengupayakan bahwa PHK itu adalah jalan terakhir," kata Ida saat ditemui di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu.

Ida menyampaikan hal tersebut saat menanggapi maraknya kasus PHK. Salah satunya yang dilakukan oleh pabrik ban asal Korea Selatan, PT Hung-A Indonesia di Kawasan Hyundai Cikarang.

Menurut Ida, pemangkasan karyawan dilakukan setelah perusahaan berusaha menempuh berbagai upaya penyelesaian masalah, tetapi masih belum mendapat solusi. Ida juga mengingatkan PHK harus dilakukan dengan mengikuti aturan yang berlaku.

"Jika ternyata tidak bisa dihindarkan, maka PHK harus sesuai dengan ketentuan peraturan kementerian, di antaranya ada kesepakatan," ujar Ida.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Dirjen PHI JSK) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Indah Anggoro Putri meminta Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) setempat untuk memberikan pendampingan kepada para pekerja yang terdampak PHK.

Indah juga menyampaikan, Kemnaker siap untuk mendampingi dan memantau proses pendampingan yang dilakukan Disnaker.

"Kami tetap mendampingi para dinas-dinas tenaga kerja, seperti misal PHK di Bekasi yang handleDisnaker, tapi kami juga memantau apa yang kira-kira Kemnaker bisa lakukan," ujar Indah.

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mendampingi pekerja terdampak PHK oleh PT Hung-A Indonesia di Kawasan Hyundai Cikarang sebagai upaya pemenuhan hak karyawan.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan Pemkab Bekasi telah menerima laporan mengenai PHK yang dilakukan oleh pabrik ban asal Korea Selatan tersebut, dan langsung menginstruksikan jajaran Dinas Ketenagakerjaan mendampingi para karyawan yang menjadi korban PHK.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi Edi Rochyadi mengatakan ada 1.170 karyawan PT Hung-A Indonesia terkena PHK berdasarkan laporan yang masuk.

Menurut laporan yang diterima Disnaker Kabupaten Bekasi, PHK tersebut dilakukan karena PT Hung-A Indonesia akan menutup perusahaan lantaran tidak ada pesanan dari para pembeli.
Baca juga: Menkeu: Anggaran kesehatan terealisasi Rp183,2 triliun pada 2023
Baca juga: Dirut BRI: Digitalisasi tidak sebabkan PHK, justru tingkatkan efisiensi dan produktivitas pekerja

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024

Mendampingi Putri Serangga

daftar pinjol slik ojk
Kate Middleton dan Raja Charles III keluar dari rumah sakit
Princess of Wales Kate Middleton (kiri), Raja Charles III (kanan) (ANTARA/X/The Royal Family)
Jakarta (ANTARA) - Raja Charles III dan menantunya Princess of Wales Kate Middleton telah keluar dari rumah sakit dan kembali ke rumah pasca perawatan intensif, demikian dikonfirmasi oleh Istana Buckingham sebagaimana disiarkan laman Eonline, Selasa (30/1) waktu setempat.

Sang Raja sebelumnya menjalani prosedur rutin untuk pembesaran prostat di The London Clinic akhir pekan lalu, sementara Kate melakukan operasi perut di rumah sakit yang sama.

"Yang Mulia ingin mengucapkan terima kasih kepada tim medis dan semua pihak yang terlibat dalam mendukung kunjungannya ke rumah sakit, dan berterima kasih atas semua pesan baik yang ia terima dalam beberapa hari terakhir." kata Istana dalam sebuah pernyataan, Senin (29/1).

Meskipun telah kembali ke rumah, pria berusia 75 tahun ini tidak akan menghadiri acara-acara kerajaan di tengah-tengah pemulihannya yang terus berlanjut karena Istana menambahkan bahwa Charles telah menjadwalkan ulang agenda publik yang akan datang untuk memungkinkan masa pemulihan.

Baca juga: Kate Middleton dirawat di rumah sakit usai jalani operasi perut

Operasi Raja pertama kali diumumkan pada 17 Januari, dengan Istana mencatat pada saat itu, "Kondisi Yang Mulia tidak berbahaya dan beliau akan masuk rumah sakit minggu depan untuk prosedur korektif."

Sementara itu, Kate dikabarkan mengalami kemajuan kesehatan yang baik. Dia dan suaminya Pangeran William, mengucapkan terima kasih atas perawatan yang dilakukan seluruh tim rumah sakit, dan segala ucapan doa dari seluruh dunia, yang mereka sampaikan melalui juru bicara Istana.

Hal yang menarik, selama keduanya tinggal di rumah sakit, Charles memastikan untuk mengunjungi menantunya.

Sementara Kate-yang memiliki anak Pangeran George, 10 tahun, Putri Charlotte, 8 tahun, dan Pangeran Louis, 5 tahun, bersama William sudah keluar dari rumah sakit dan dalam masa pemulihan, mungkin masih perlu waktu beberapa saat lagi sebelum para penggemar dapat melihatnya keluar rumah.

“Berdasarkan saran medis saat ini, Kate tidak mungkin kembali ke tugas publik sampai setelah Paskah. Princess of Wales ingin meminta maaf kepada semua pihak yang terkait karena dia harus menunda agendanya yang akan datang, dia berharap dapat kembali bekerja sebanyak mungkin, sesegera mungkin." ujar Istana Kensington.

Baca juga: Raja Charles III jenguk Kate Middleton saat dirawat di RS yang sama

Baca juga: Raja Charles akan jalani perawatan di RS karena pembesaran prostat

Baca juga: Kedubes Inggris akan gelar pesta ulang tahun Raja Charles III

Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024

Protagonis wanita melakukan serangan balik, protagonis pria silakan pergi

cara pinjam uang di linkaja syariah
Round up hari ke-60, capres-cawapres bergerak ke tengah dan timur
Sejumlah pekerja melipat dan menyortir surat suara untuk Pilpres 2024 di gudang logistik Pemilu Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Jumat (12/1/2024). ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/rwa/aa.
Jakarta (ANTARA) - Masa kampanye Pilpres 2024 tersisa 15 hari lagi, beberapa pasangan calon presiden dan calon wakil presiden bergerak ke wilayah Indonesia tengah dan timur, meskipun ada juga yang memilih tetap di Jakarta untuk bekerja.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024, sementara masa tenang berlangsung hanya tiga hari pada 11-13 Februari 2024.

Pemungutan suara untuk presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif berlangsung serentak di seluruh wilayah Indonesia pada 14 Februari 2024, sedangkan di luar negeri pemungutan suara berlangsung pada 5-14 Februari bergantung pada negara tempat para pemilih menetap.

Anies-Muhaimin

Dari kubu pasangan calon nomor urut 1, calon presiden Anies Baswedan berkampanye di Ternate, Maluku Utara, pada hari ke-60 kampanye Pilpres 2024, Jumat (26/1).

Dalam agenda kampanye itu, Anies menemui Sultan Ternate Ke-49 Hidayat M. Syah dan keduanya berdiskusi membahas isu-isu kebangsaan, termasuk mengenai masa depan Indonesia yang lebih adil dan sejahtera.

Sultan Ternate, dalam pertemuan itu, juga menyampaikan langsung kekagumannya terhadap Anies.

Dia pun berharap jika Anies terpilih menjadi presiden, maka dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat di Maluku Utara.

Sementara itu, Anies pun menyoroti peran Kesultanan Ternate, yang usianya kurang lebih 800 tahun, dalam menjaga persatuan dan merawat tradisi serta budaya yang saat ini mengakar kuat di Ternate.

"Kesultanan ini memiliki adat, tradisi yang mengakar kuat, jadi kami datang ke sini untuk memberikan rasa hormat, menyampaikan penghormatan dan kami berharap agar Kesultanan Ternate terus menjadi pilar penopang bagi kekuatan kebudayaan Indonesia, kekuatan persatuan Indonesia," kata Anies ke Sultan Ternate.

Anies menyebut Ternate dulu dikenal sebagai daerah yang makmur, sehingga dia berjanji jika terpilih sebagai presiden, maka dia akan mengembalikan lagi kejayaan Ternate.

Sementara itu, dari pulau yang berbeda, calon wakil presiden Muhaimin Iskandar berkampanye di beberapa lokasi di Bali pada Jumat. Pada Jumat pagi, bertemu para relawan untuk konsolidasi di daerah Kuta, Kabupaten Badung.

Selepas acara, Muhaimin bertemu wartawan dan menjawab beberapa pertanyaan terkait pemilu, salah satunya soal stiker pasangan calon tertempel di beras bantuan dari Bulog. Muhaimin menyebut aksi tempel stiker itu perbuatan yang "miskin etika".

Dari Kuta, Muhaimin bergerak ke wilayah utara Bali, tepatnya di Bandar Udara Letkol Wisnu, Gerokgak, Buleleng. Di tempat itu, Muhaimin memimpin kampanye terbuka atau rapat umum se-Provinsi Bali.


Prabowo-Gibran

Dari kubu pasangan calon nomor urut 2, calon presiden Prabowo Subianto memilih tetap di Jakarta pada hari ke-60 kampanye Pilpres 2024, karena dia menyempatkan diri untuk bekerja di kantornya, Kementerian Pertahanan, sejak Jumat pagi sampai siang hari.

Selepas itu, Prabowo bergerak ke Kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) untuk bertemu dengan pengurus KWI dan Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo.

Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup itu, Prabowo didampingi oleh adiknya, Hashim Djojohadikusumo, menyampaikan niatan, tekad, visi misi, dan program-programnya di Pilpres 2024.

Usai pertemuan, Prabowo dan Mgr. Suharyo sepakat untuk penting menjaga suasana tetap rukun dan damai selama pemilihan umum.

Dalam kesempatan yang sama, Mgr. Suharyo memastikan gereja-gereja Katolik di Indonesia mendukung siapa pun yang terpilih di Pilpres 2024.

Dia menegaskan pimpinan gereja tidak boleh memihak kepada salah satu pasangan calon, karena itu dapat merusak persatuan dan kerukunan di antara umat Katolik.

"Jadi, dalam gereja Katolik, pilihan politik itu macam-macam. Kami pimpinan-pimpinan gereja tidak boleh berpihak karena tugas kami adalah mempersatukan. Nanti, kalau berpihak, fungsi pemersatu itu hilang. Kami akan mendukung siapa pun yang akan terpilih lewat proses yang memang sudah diatur oleh undang-undang," kata Mgr. Suharyo setelah pertemuan dengan Prabowo di Jakarta, Jumat.

Usai pertemuan itu, Prabowo menemui para pendukungnya yakni sekitar 4.000 pengacara dari Aliansi Advokat Indonesia Bersatu pimpinan Otto Hasibuan.

Aliansi itu menyampaikan dukungan mereka kepada pasangan Prabowo-Gibran dan para pengacara itu berjanji membantu memenangkan pasangan itu sekali putaran di Pilpres 2024.

Di lokasi acara, mertua Kaesang Pangarep, Sofiatun Gudono terlihat duduk di kursi barisan depan. Dia langsung berdiri dan tepuk tangan ketika dipanggil oleh Otto dan Prabowo dari atas panggung.

Sementara itu, calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka berkampanye di Bali, Jumat, tetapi di lokasi yang berbeda dengan tempat kampanye Muhaimin.

Gibran, yang untuk kedua kalinya berkunjung ke Bali selama masa kampanye, berdiskusi dengan beberapa pelaku wisata.

Diskusi yang berlangsung di Kota Denpasar pada Jumat malam itu menyoroti persoalan overtourismdi wilayah selatan. Gibran menilai pentingnya ada pemerataan untuk wilayah selatan dan utara di sektor pariwisata.


Ganjar-Mahfud
​​​​​​​
Dari kubu pasangan calon nomor urut 3, calon presiden Ganjar Pranowo mendarat di Bandara Frans Sales Lega di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Jumat, untuk berkampanye di beberapa lokasi.

Setibanya di Manggarai, Ganjar langsung bertemu dengan Uskup Ruteng Mgr. Siprianus Hormat di Istana Keuskupan Ruteng.

Dalam pertemuannya dengan Ganjar, Uskup Ruteng menyampaikan pesan-pesan pentingnya merawat alam.

"Kami Gereja Keuskupan Ruteng tahun ini fokus pastoralnya pada ekologi integral, artinya ekologi bukan hanya soal tanam-menanam, bukan, ekologi adalah perwujudnyataan iman. Nah,karena sampai orang babat hutan, rakus makan hutan itu orang yang sama membunuh kehidupan," kata Mgr. Siprianus kepada Ganjar.

Dari Istana Keuskupan Ruteng, Ganjar melanjutkan perjalanan ke Stadion Golo Dukal untuk kampanye akbar.

Di hadapan pendukungnya, Ganjar mengingatkan mereka untuk tak gentar manakala menghadapi tekanan-tekanan dan intimidasi.

Ganjar juga berpesan kepada warga di Manggarai, termasuk para pendukungnya, untuk menggunakan hak suara mereka di Pemilu 2024.

Selepas itu, Ganjar lanjut berdialog dengan tokoh agama dan masyarakat adat Ruteng Pu’u di Kampung Adat Ruteng Pu’u.

Dari NTT, Ganjar pada Jumat sore terbang ke Semarang, Jawa Tengah, untuk menghadiri Ruwatan Rajab di Bawen. Kemudian, dia menutup kegiatannya dengan beramah-tamah dengan warga.

Sementara itu, calon wakil presiden Mahfud MD tidak berkampanye selama sehari penuh pada Jumat. Informasi dari protokoler Mahfud, dia hanya menghadiri beberapa kegiatan internal.

 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024

Menarik seorang pria tunawisma di pesta pernikahan untuk menyelesaikan pernikahan

slot asli indonesia
Dubes Najib ajak WNI kawal pemilu jurdil
Arsip Foto - Duta Besar RI untuk Spanyol Muhammad Najib (kanan) menerima kunjungan kehormatan Dubes Palestina untuk Spanyol Husni Abdel Wahed (kiri) di Madrid, Spanyol pada Senin (11/7/2022). ANTARA/HO-KBRI Madrid/am.
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol dan Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO)  Muhammad Najib mengajak masyarakat Indonesia  melakukan pengawalan agar Pemilu 2024 berlangsung secara jujur dan adil.

"Mari kita kawal agar pemilu berlangsung secara jujur dan adil supaya dapat melahirkan pemerintahan yang legitimate," kata Dubes Najib saat dihubungi ANTARA pada Selasa.

Dubes Najib juga mengimbau kepada seluruh home staff, staf lokal dan staf honorer KBRIuntuk tidak membawa atau menggunakan simbol-simbol partai atau pasangan capres-cawapres ke KBRI atau ke wisma duta.

"Pilihan pribadi cukup disimpan di hati sebagai bentuk netralitas sebagai ASN," katanya menambahkan.

Najib menjelaskan bahwa KBRI terus berupaya agar penyebaran informasi dan edukasi tentang pentingnya pemilu menjangkau WNI, bukan hanya di Madrid saja, namun di seluruh wilayah Spanyol.

"PPLN bersama Panwaslu juga sudah aktif melakukan berbagai sosialisasi dengan mendatangi kota-kota tempat WNI tinggal dan mengorganisasi pertemuan-pertemuan," katanya.

KBRI, lanjut Najib, juga memanfaatkan media sosial dan kekonsuleran untuk berkomunikasi dengan WNI, menyebarkan informasi serta menjawab sejumlah pertanyaan lainnya.

"Kita juga menyediakan informasi terkait pemilu, termasuk informasi teknis seperti proses pendaftaran, pemilihan, jadwal serta informasi penting lainnya", kata Dubes.

Najib mengaku bahwa sebagai Dubes, dirinya juga aktif membagikan di media sosial tentang pemikirannya lewat saluran Youtube Wisma Duta RI Madrid.

"Saya aktif mendorong pendidikan kritis terhadap media mengenai pemilu untuk membantu masyarakat memahami dan menilai informasi dengan bijak. Semua itu upaya untuk menciptakan iklim politik yang kondusif dan mendukung pelaksanaan pemilu yang damai".

Sementara itu, menurut laporan tim PPLN, antusiasme WNI di Spanyol ini terhadap pemilu sangat tinggi dan itu terbukti dari banyaknya pertanyaan seputar pemilu.

"Saya berharap semua bisa menggunakan hak pilihnya. Kita perlu menunjukkan kepada dunia bahwa kita sudah dewasa dalam berdemokrasi," katanya.

Dubes menambahkan bahwa pemilu bukan saja jujur dan adil, namun harus dilakukan dengan riang gembira, sesuai dengan namanya, Pesta Demokrasi. Oleh karenanya, KBRI Madrid akan mengadakan acara silaturahmi dengan menyajikan masakan Indonesia pada hari pelaksanaan pemilu.

"Saya juga mengajak agar WNI yang datang nanti bisa berpakaian sesuai dengan daerah asalnya masing-masing, sehingga akan nampak warna-warni suasana gembira pada saat pemilu nanti".

Menurut data yang diperoleh dari KBRI Madrid, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di sana sebanyak 1.567 orang berdasarkan penetapan tahun 2023.

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024

Jingfangnian

buku mimpi 2 angka abjad
Leo/Daniel segel tiket final usai menang rubber game dari Fajar/Rian
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Daniel Marthin (kiri) dan Leo Rolly Carnando (kanan) berpose usai melawan Daniel Lundgaard dan Mads Vestergaard asal Denmark pada pertandingan babak perempat final turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2024 di Istora Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat (26/1/2024). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww/aa. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Indonesia Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menyegel tiket final Daihatsu Indonesia Masters 2024, usai menang rubber game dari seniornya Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.
Dalam pertandingan yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu Malam, Leo/Daniel menundukkan Fajar/Rian melalui drama tiga gim, 2-1 (19-21, 21-14 dan 21-17).
Memulai gim pertama, Fajar/Rian terus menekan Leo/Daniel dan tidak memberikan ruang. Namun Leo/Daniel kerap mampu membaca pola serangan yang dilancarkan Fajar/Rian dan mengunci interval gim pertama dengan keunggulan 11-9.

Usai interval, Fajar/Rian melancarkan serangan dan memperoleh enam poin beruntun untuk membalikkan keadaan menjadi 18-13. Meski Leo/Daniel sempat mencatat empat poin beruntun, Fajar-Rian menutup gim pertama dengan keunggulan 21-19.

Di gim kedua, Leo/Daniel lebih dominan menguasai tempo permainan. Leo/Daniel menutup interval dengan keunggulan tujuh poin, 11-4.

Usai interval, Leo/Daniel tidak mengendurkan serangan dan memperoleh empat poin berturut-turut untuk menutup gim kedua dengan kemenangan 21-14.

Di gim ketiga, Leo/Daniel saling berbalas serangan dengan Fajar/Rian. Terjadi kejar mengejar poin hingga Leo/Daniel mengunci interval dengan keunggulan tiga poin, 11-9.

Usai interval Leo/Daniel memperoleh empat poin berturut-turut dan dibalas oleh Fajar/Rian yang memperoleh empat poin beruntun untuk kedudukan sama 15-15. Leo/Daniel mampu menguasai tempo permainan di akhir gim dengan mencetak tiga poin beruntun untuk menutup gim ketiga dengan kemenangan 21-17.

Selanjutnya Leo/Daniel akan berhadapan dengan ganda tangkis ganda putra Denmark Kim Astrup/Anders Rasmussen yang sebelumnya menaklukkan ganda China Yu Chen Liu/Xuan Yi Ou dua gim 21-14,21-19.
Baca juga: Leo/Daniel amankan tiket babak 16 besar Indonesia Masters 2024
Baca juga: Leo/Daniel tumbang di babak pertama India Open 2024
Baca juga: Fajar/Rian melangkah ke semifinal usai tekuk Bagas/Fikri
Baca juga: Fajar/Rian kalah, Indonesia kembali tak sumbang wakilnya di semifinal

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024

Sejarah perjuangan Lu Mingfei di ruang dewa utama

pinjaman online terpercaya bunga rendah tenor panjang
Ini rekomendasi wisata libur akhir pekan di DKI Jakarta
Ilustrasi - Jajaran tim penyelenggara dan sponsor gelaran Art Jakarta 2023 saat resmi membuka pameran seni ini di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (17/11/2023). ANTARA/Vinny Shoffa Salma
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membagikan rekomendasi wisata libur akhir pekan di DKI Jakarta bagi masyarakat yang ingin menghabiskan waktu bersama teman maupun keluarga.

Rekomendasi ini diunggah melalui akun Instagram @disparekrafdki dan @jakarta_tourism yang memamerkan memberikan beberapa pilihan.

Berikut lima rekomendasinya : ​​​​


1. Collector moments - Season of life

Pameran koleksi para kolektor ini memajang kembali puluhan karya dari seniman nasional dan internasional yang telah dikoleksi kolektor.

Layaknya sebuah perjalanan, beragam koleksi melukiskan perjalanan panjang kehidupan ke dalam tiga siklus waktu kepada para pengunjung.

Pameran yang diinisiasi ArtMoments ini dibuka untuk umum hingga 11 Februari 2024 di SPAC8 ASHTA District 8.


2. Pasar Peranakan

Pasar Peranakan yang diselenggarakan oleh Pasar Keliling dan SenyuMuseum di Toko Merah, Kota Tua dari 26-28 Januari 2024.

Pengunjung bisa menikmati kegiatan tradisi dan budaya peranakan secara gratis pukul 10.00-20.00 WIB.

Kegiatan ini menghadirkan pasar keliling (pop-up market), museum, "worskhop", hingga pertunjukan musik akustik langsung yang menambah kentalnya nuansa peranakan.


3. The Addams Family Musical Comedy

Sebuah komedi musikal keluarga berdasarkan kisah The Addams Family, yang menggambarkan keluarga unik dengan ketertarikan terhadap hal-hal aneh yang dibalut dalam cerita komedi klasik.

Pertunjukan akan digelar pada 27-28 Januari 2024 di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki.


4. Xindrome Music

Sejumlah musisi papan atas, yakni Setia Band, Band Wali, Candil & Ale Funky, dan Ayuenstar akan meramaikan Xindrome Music 2024 di Plaza Barat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur pada Sabtu (27/1), pukul 19.00 WIB.

Direktur Utama TMII Claudia Ingkiriwang saat jumpa pers di TMII, Jumat, mengatakan kesiapan konser musik dengan genre campuran (mix) tersebut sudah 100 persen.

Pihak penyelenggara pun menyajikan tawaran tiket gratis bagi para calon pembeli, jika calon pengunjung membelinya dengan paket komunitas.


5. Art Cooltour

Pameran bertajuk "Art Coolture" di Jakarta Art Hub, Jakarta Pusat ini menggandeng para seniman untuk menorehkan tinta warna-warni dengan objek imajinasi masa kecil.

Eksibisi lainnya yang dipamerkan sejak 14 Januari-10 Februari 2024 mulai pukul 12.00-19.00 WIB.

Para pengunjung dapat menikmati eksibisi ini secara gratis dengan hanya mengikuti Instagram dari ARTLOKA.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024