petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

rmk828

borobudurbet 412Jutaan kata 183026Orang-orang telah membaca serialisasi

《rmk828》

Perusahaan Korsel Bakal Relokasi Pabrik di Vietnam ke Jateng******

Perusahaan asal Korea Selatan bakal merelokasi pabriknya yang ada di Vietnam ke Jawa Tengah. Ini adalah bagian dari 97 perusahaan yang bakal pindah ke Jateng.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan asal Korea Selatanbakal merelokasi pabriknya yang ada di Vietnam ke Jawa Tengah. Ini adalah bagian dari 97 perusahaan yang bakal pindah ke Jateng.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebutkan ini menandakan bahwa daerahnya menjadi salah satu primadona investor untuk berinvestasi. Ini akan berdampak baik bagi perekonomian Jateng karena terbukanya lebih banyak lapangan kerja.

"Ada 97 perusahaan yang relokasi ke Jawa Tengah. Dari relokasi tersebut bakal membuka ratusan ribu peluang kerja," ujar Ganjar melalui Instagram resmi, Minggu (11/12).

Ganjar mengatakan kemudahan izin berusaha hingga berbagai insentif lain yang diberikan menjadi daya tarik tersendiri untuk investor datang ke Jawa Tengah.

"Beberapa kawasan industri tentu jadi daya tarik tersendiri bagi para investor. Selain kemudahan perizinan, beberapa fasilitas juga kita siapkan," jelasnya.

Sementara itu, dalam video yang dibagikan Ganjar tersebut, Perwakilan PT Hwaseung Indonesia Lee Se Jong mengungkapkan memilih berinvestasi di Jateng karena melihat kawasan industrinya yang memang bernilai.

"Kami memang melihat dan juga menilai suasananya atau investasi di Jateng ini memang sangat bernilai dan sangat bisa bekerja sama dengan pihak pemerintah maupun masyarakat, makanya ya kami tidak akan lari kemana-mana. Justru orderan yang mulai produksi di Vietnam itu akan pelan-pelan kami relokasi juga ke Jateng ini," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

Catatan redaksi: Manager GA PT Hwa Seung Uyeng Subakdi memberikan klarifikasi terpisah bahwa perusahaan tetap beroperasi di Vietnam sesuai dengan kondisi pasar dunia. 

PT Hwaseung Group melakukan investasi di Indonesia, khususnya Jawa Tengah, untuk meningkatkan kapasitas produksi dan memenuhi permintaan pasar dunia.



(lid/ugo)

Mengintip Pesangon Pekerja Korban PHK JD.ID******

E-commerce JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 30 persen atau 200 karyawan. Mereka lantas berjanji memberikan hak-hak karyawan terdampak.
E-commerce JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 30 persen atau 200 karyawan. Mereka lantas berjanji memberikan hak-hak karyawan terdampak. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

E-commerce JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 30 persen atau 200 karyawan. Mereka lantas berjanji memberikan hak-hak karyawan terdampak.

Head of Corporate Communications & Public Affairs JD.ID Setya Yudha Indraswara mengatakan PHK dilakukan sebagai langkah adaptasi untuk menghadapi tantangan bisnis saat ini.

Setya menuturkan JD.ID bakal terus memberikan dukungan kepada karyawan yang terkena PHK. Dukungan yang dimaksud antara lain dengan tetap memberikan asuransi,talent promoting, dan hak-hak lain.

Pemerintah telah menetapkan aturan terkait pesangon buruh atau pekerja yang terkena PHK. Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2021 tentang dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat, Serta Pemutusan Hubungan Kerja.

Dalam beleid tersebut, pesangon yang berhak diterima korban PHK dirinci melalui pasal 40 ayat (2). Berikut besaran pesangon berdasarkan aturan tersebut:

a. pekerja yang mengalami PHK dengan masa kerja kurang dari 1 tahun, mendapatkan pesangon sebesar 1 bulan upah.
b. pekerja dengan masa kerja 1 tahun atau lebih tetapi kurang dari 2 tahun, mendapatkan pesangon 2 bulan upah.
c. pekerja dengan masa kerja 2 tahun atau lebih tetapi kurang dari 3 tahun, mendapatkan pesangon 3 bulan upah.
d. pekerja dengan masa kerja 3 tahun atau lebih tetapi kurang dari 4 tahun, mendapatkan pesangon 4 bulan upah.
e. pekerja dengan masa kerja 4 tahun atau lebih tetapi kurang dari 5 tahun, mendapatkan pesangon 5 bulan upah.
f. pekerja dengan masa kerja 5 tahun atau lebih, tetapi kurang dari 6 tahun, mendapatkan pesangon 6 bulan upah.
g. pekerja dengan masa kerja 6 tahun atau lebih tetapi kurang dari 7 tahun, mendapatkan pesangon 7 bulan upah.
h. pekerja dengan masa kerja 7 tahun atau lebih tetapi kurang dari 8 tahun, mendapatkan pesangon 8 bulan upah.
i. pekerja dengan masa kerja 8 tahun atau lebih, mendapatkan pesangon 9 bulan upah.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Badai PHK Meluas ke Vietnam, Saatnya Pemerintah RI Ambil Langkah Nyata******

Sekitar 1.200 perusahaan Vietnam sudah mem-PHK puluhan ribu buruh 4 bulan ini. Apa yang sudah dilakukan pemerintah RI agar badai itu tak menjalar ke Indonesia?
Sekitar 1.200 perusahaan Vietnam sudah mem-PHK puluhan ribu buruh 4 bulan ini. Apa yang sudah dilakukan pemerintah RI agar badai itu tak menjalar ke Indonesia? Ilustrasi. ( CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Konfederasi Umum Perburuhan Vietnammencatat sebanyak 1.200 perusahaandi negara itu telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam empat bulan belakangan. Selain itu, lebih dari 470 ribu pekerja juga telah dipangkas jam kerjanya.

Mengutip AFP, Rabu (14/12), PHK itu sebagian besar terjadi di sektor garmen, alas kaki, furnitur, serta elektronik.

Salah satunya, perusahaan raksasa Taiwan Pouyuen, produsen sepatu Nike. Mereka telah merumahkan 20 ribu pekerjanya secara bergiliran. Bahkan, perusahaan sepatu lainnya yakni Ty Hung Company juga memecat 1.200 dari 1.800 stafnya.

PHK ini terjadi karena penurunan pesanan dari negara negara Barat yang mencapai 30 hingga 60 persen. Penurunan itu pu diklaim lebih parah dibandingkan tahun lalu di mana pandemi covid-19 masih merajalela.

Kondisi ini pun serupa dengan yang terjadi di Indonesia. Anggota Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sekaligus Wakil Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Anne Patricia Sutanto mengatakan buruh industri sektor Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) yang terkena PHK mencapai 58.572 orang per November 2022.

Ia mengungkapkan jumlah itu mencakup seluruh pabrik TPT di seluruh Indonesia.

Lihat Juga :
Bahlil Beberkan Alasan Softbank Mundur dari IKN: Mau Untung Sendiri

"Itu (PHK 58.572 karyawan) seluruh Indonesia, bukan seluruh Jawa Barat. Member Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Asosiasi Produsen Serta Benang Filamen Indonesia (APSyFI), dan Asosiasi Pengusaha Korea Garmen (KOGA)," terang dia kepada CNNIndonesia.combeberapa waktu lalu.

Anne mengatakan data tersebut diperoleh dari survei yang dilakukan terhadap 78 anggota non-API dan 146 anggota API.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri mengungkapkan 25.700 pekerja sudah terkena PHK per Oktober 2022 ini. Jumlah ini pun diproyeksi terus bertambah hingga 2023.

Firman menyebut PHK massal ini terjadi karena penurunan permintaan industri sepatu yang sudah menyentuh 50 persen. Permintaan menurun dan order yang masuk masih kecil juga didorong oleh negara-negara tujuan ekspor Indonesia yang masih mengalami kelebihan stok.

Lihat Juga :
Hindari Tanggal Ini Jika Tak Ingin Bermacet Ria saat Libur Nataru

"Masing-masing dari retailer, brandsemua pegang inventori. Kemudian pabrik kita juga sedang di-holddulu jangan ekspor. Jadi stoknya menumpuk. Ini kalau belajar di 2020 lalu, ketika pasar domestik kita stoknya penuh semua dan tidak laku, butuh waktu 1 tahun lebih untuk ordermasuk lagi ke pabrik," jelas Firman.

Melihat kondisi tersebut, pemerintah pun belum melakukan intervensi secara nyata untuk mencegah gelombang PHK terjadi kian masif. Menteri Keuangan Sri Mulyani misalnya. Ia baru akan berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk menyiapkan kebijakan dalam menangkal PHK ini.

Berdasarkan data yang ia miliki, memang ada usaha yang mulai mengalami tekanan, yakni industri TPT. Sementara untuk industri alas kaki masih relatif baik.

"Sampai Oktober memang ada tekanan terutama untuk TPT, kalau alas kaki relatif masih cukup baik. TPT terlihat mulai ada tekanan terhadap beberapa korporasi, ini yang akan kita waspadai dengan langkah-langkah apa yang harus disiapkan," katanya.

Lihat Juga :
Luhut Soal KCIC Minta Konsesi Kereta Cepat jadi 80 Tahun: Gak Masalah

Menyikapi hal tersebut, Kementerian Perindustrian membentuk Satuan Tugas Pengamanan Krisis Industri Tekstil, Kulit dan Alas Kaki. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan tim bertugas menginventarisasi industri TPT serta alas kaki yang terdampak oleh krisis perekonomian global.

Tim juga bertugas mempersiapkan langkah-langkah mitigasi untuk industri tekstil dan produk tekstil dan alas kaki yang dilaporkan sejumlah asosiasi mengalami perlambatan.

"Satgas juga berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait dalam pelaksanaan strategi mitigasi yang diambil tersebut," kata Agus.

Ia mengatakan agar badai PHK di sektor padat karya itu tak mengganas, pihaknya akan menjalankan beberapa strategi.

Lihat Juga :
OC Kaligis Akui Jadi Korban Asuransi Jiwasraya, Rp25 M Raib

"Pertama, kami upayakan pencarian pasar baru untuk ekspor bagi sektor industri. Kami mencoba buka akses untuk pasar ke Amerika Latin dan Selatan, Afrika, negara-negara Timur Tengah, dan Asia," katanya.

Kedua, memperkuat penguasaan pasar dalam negeri, dengan menggencarkan dan mendorong promosi serta kerja sama lintas sektoral agar program peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) semakin tumbuh.

"Melalui program ini juga akan menumbuhkan sektor industri itu sendiri," imbuhnya.

Ketiga, memperkuat daya saing industri dengan kemudahan akses bahan baku, penguatan ekosistem usaha, dan penguatan sistem produksi.

"Kita bisa lihat dengan berbagai instrumen seperti BMDTP (Bea Masuk Ditanggung Pemerintah), juga larangan terbatas (lartas), dan banyak lagi instrumen lain yang bisa kita pergunakan," ujarnya.

Sementara itu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan memperbarui kebijakan trade remediesguna mencegah dan memulihkan kerugian para pelaku industri dalam negeri, khususnya sektor TPT.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Sebut Digitalisasi Bisa Tekan Risiko Korupsi Bansos

Trade remediesmerupakan instrumen yang digunakan untuk melindungi industri dalam negeri dari kerugian akibat praktik perdagangan tidak sehat (unfair trade). Bentuk kebijakan ini bisa berupa bea masuk anti dumping (BMAD) maupun bea masuk tindak pengamanan sementara (BMTP) atau safeguards.

Di sisi lain, OJK juga memberi sedikit angin segar bagi pelaku industri TPT dan alas kaki dengan memperpanjang kebijakan restrukturisasi kredit dan pembiayaan dari yang semula berakhir pada Maret 2023 menjadi 31 Maret 2024.

Menyinggung upaya pencarian pasar baru untuk ekspor yang disebut menteri perindustrian, Analis Senior Indonesia Strategic and Economic Action Institution Ronny P Sasmita mengatakan persoalannya bukan cuma itu. Menurutnya, Indonesia juga harus menyiapkan produknya agar tidak kalah saing dari China dan India.

Jika tidak, niatan menjajaki pasar Timur Tengah atau Afrika hanya menjadi angan. Sebab, di negara-negara tersebut produk padat karya dari China dan India pun masih dominan.

"Kalau produk manufaktur kita lebih mahal dan kualitasnya kalah saing, maka jangan berharap bisa memenangkan persaingan di sana. Yang jelas, China telah lebih dulu melakukan penetrasi pasar ke Timur Tengah dan Afrika," kata Ronny.

Selain itu, pemerintah juga harus memberikan dukungan dengan cara membangun diplomasi ekonomi yang lebih serius. Hal ini perlu dilakukan agar upaya melebarkan pasar produk-produk ekspor nasional bisa berkelanjutan.

Ronny mengatakan selama ini perdagangan Indonesia dengan negara lain terjadi karena faktor 'butuh' saja. Artinya, negara tujuan ekspor membeli produk RI karena sebatas memerlukan barang yang dipesan. Atau Indonesia menjadi destinasi investasi asing yang hasil produksinya diekspor kembali ke negara asal investasi tersebut.

"Artinya, niat untuk melebarkan pasar baru sebatas wacana, tidak didukung oleh kebijakan dan kelembagaan yang jelas," imbuh Ronny.

Lihat Juga :
Biaya Perawatan Orang Miskin Sedot Kantong BPJS Kesehatan Rp27 T

Lebih lanjut, ia juga mengatakan pemerintah perlu memberikan insentif yang lebih cocok kepada pelaku usaha. Ronny menilai insentif-insentif untuk sektor padat karya belum berjalan dengan baik.

Menurutnya, baik insentif untuk melakukan transformasi teknologi maupun insentif fiskal berupa kelonggaran pajak belum terlihat imbasnya. Buktinya, industri padat karya RI masih kalah bersaing di tingkat global.

"Nah, dengan kondisi yang demikian, sangat masuk akal jika pelan-pelan untuk industri-industri tertentu di sektor padat karya kita akan mengalami hal yang sama dengan Vietnam," imbuh Ronny.

Ia menambahkan upaya-upaya tadi seharusnya sudah dilakukan pemerintah sejak tahun lalu atau saat pandemi covid-19 agar gelombang PHK pun bisa dihindari. Namun, Ronny juga menyebut saat ini belum terlambat untuk membenahi sektor padat karya. Asalkan, pemerintah serius dan setiap kebijakan yang dikeluarkan jelas arahnya.

Maksimalkan Pasar Dalam Negeri

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:slot gacor 96

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
situs tergacor sedunia
pinjaman aman
katsu5
rebrand slot
cara dapat uang hari ini juga
garuda slot 89
prediksi togel china
abadi dana legal atau ilegal
pinjol monas
Daftar isi semua bab
Bab 1 togel1001
Bab 2 kredit di akulaku
Bab 3 smartjitu
Bab 4 asian4d demo slot
Bab 5 slot murah 5000
Bab 6 klik win 138
Bab 7 pialasport
Bab 8 kredit hp tanpa bunga
Bab 9 hokiom88
Bab 10 berkah138
Bab 11 cara pola slot gacor
Bab 12 7meter link
Bab 13 malam 88 slot
Bab 14 dapat duit dari shopee
Bab 15 garuda4d
Bab 16 uang55 situs slot auto bikin kaya
Bab 17 bisa dapat uang
Bab 18 link 188bet terbaru
Bab 19 dapat uang dari neo+ bank
Bab 20 pasangjitu
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3589bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Saya telah menutup telepon selama puluhan juta tahun

cara bayar pinjam gampang
Arab Saudi mengumumkan proyek ambisius mereka demi menggenjot ekonomi dan pariwisatanya. Apa saja proyek tersebut?
Arab Saudi mengumumkan proyek ambisius mereka demi menggenjot ekonomi dan pariwisatanya. (REUTERS/Ahmed Yosri).
Jakarta, CNN Indonesia--

Arab Saudi kembali mengumumkan proyek ambisius dalam rangka menggenjot ekonomidan pariwisatanegaranya.

Terbaru, Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) mengatakan akan segera membangun 'Pulau Surga' di Pulau Sindalah Saudi sebagai bagian dari proyek ambisius NEOM.

Sindalah merupakan satu dari sekian banyak gugusan kepulauan di Arab Saudi dengan luas 840 ribu meter persegi. Dikutip dari Arab News, pulau ini bakal jadi 'rumah' bagi deretan yacht hingga apartemen super mewah di negara tersebut.

Pembangunan pulau ini diproyeksikan menyerap hingga 3.500 kesempatan kerja di sektor pariwisata dan jasa pelesiran.

Kawasan tersebut rencananya dibuat sedemikian mewah untuk menyambut para pelancong asing pada 2024 mendatang.

"Ini adalah momen penting dari NEOM dan langkah besar di Kerajaan (Saudi) untuk mewujudkan ambisi pariwisata di bawah Visi 2030," tutur Pangeran MbS.

Lihat Juga :
140 Rekening Bank Warga Diblokir Karena Nunggak Pajak Rp69 M

MbS yang juga merupakan Ketua Dewan Direksi NEOM menyebut pulau itu akan jadi destinasi di mana para pelancong merasakan pengalaman luar biasa dengan keindahan pemandangan di sana.

"Dengan pemandangan yang tersaji di atas dan bawah laut, membuat Sindalah jadi masa depan wisata mewah," katanya.

Di pulau itu, sedikitnya bakal ada 86 dermaga dengan 413 kamar hotel mewah ditambah 333 unit apartemen kelas dunia. Pulau Sindalah juga akan menjadi area golf kelas atas yang diyakini akan memanjakan para pelancong berdompet tebal.

Proyek ini merupakan satu bagian dari NEOM. Namun, NEOM phanya salah satu dari proyek megah yang dicita-citakan Arab Saudi. Apa saja proyek tersebut, berikut:

Lihat Juga :
Menkeu soal Inflasi dari Kenaikan Cukai Rokok: Sangat Terbatas

NEOM

NEOM sendiri merupakan kota futuristik yang akan dibangun Arab Saudi di Provinsi Tabuk. Wilayah ini berada di barat laut negara yang menghadap Mesir di seberang Laut Merah.

MbS mengklaim Kota Neom akan dibangun seluas 26.500 kilometer (km) di atas tanah gurun yang gersang lengkap dengan teknologi tinggi dan memiliki kapasitas untuk 450 ribu orang pada 2026 serta sembilan juta penduduk pada 2045.

Beberapa proyek 'gila' akan dibangun di kota ini di antaranya gedung pencakar langit The Line, kompleks Oxagon, resor di Pulau Sindalah, dan resort ski Trojena.

Lihat Juga :
Peternak Demo, Protes Harga Ayam 'Kemurahan'

The Line merupakan gedung pencakar langit berbentuk garis memanjang dengan tinggi 500 meter, selebar 200 meter, dan sepanjang 170 km.

Sementara itu, Saudi juga berencana membangun kota berbentuk segi delapan bernama Oxagon di NEOM yang sebagian wilayahnya dibangun melayang di atas Laut Merah.

Menurut situs mega proyek NEOM, Oxagon akan menjadi struktur di atas permukaan laut terbesar di dunia. Saudi juga berencana menerapkan 100 persen sumber energi bersih di Oxagon seluas 48 km persegi itu.



Kota Berhantu hingga Laut Merah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

perjalanan penyihir

buku mimpi 12
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengisyaratkan kemunduran Softbank dari IKN karena mau untung sendiri, tapi tidak untung bagi Indonesia.
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengisyaratkan kemunduran Softbank dari IKN karena mau untung sendiri, tapi tidak untung bagi Indonesia. (ANTARAFOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia membeberkan alasan Softbank Group mundur dari proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Salah satunya, karena Indonesia ingin model investasi yang adil. Menurutnya, permintaan proposal dari Softbank tidak menguntungkan bagi Indonesia.

Bahlil juga menyebut Founder dan CEO Softbank Masayoshi Son sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia mencontohkan tawaran dari Softbank yang dirasa tidak menguntungkan Indonesia. Misalnya, Softbank menentukan internal rate of return (IRR) atau tingkat pengembalian modal sendiri.

"Contoh nih ya, dia mau bangun, IRR ditentukan sendiri, nanti pemerintah tinggal sewa ke dia. Nggak fair (adil) dong, nggak cincai dong," kata Bahlil.

Ia menyebut Indonesia hanya mau bekerja sama jika itu sama-sama menguntungkan. Selain itu, menurut Bahlil, tidak boleh pengusaha atau investor mengatur negara. Sejatinya pengusaha dan pemerintah saling membutuhkan.

Lihat Juga :
Biaya Perawatan Orang Miskin Sedot Kantong BPJS Kesehatan Rp27 T

"Jadi kita mencari model investasi yang fair. Artinya yang investornya juga hidup tapi negara juga jangan dibuat berat. Win-win (sama-sama menguntungkan)," ungkapnya.

Bahlil menuturkan meski Softbank hengkang, proyek IKN masih menarik minat investor lain. Ia mencatat saat ini sudah ada sejumlah investor global yang berkomitmen untuk menanamkan modalnya di ibu kota baru.

"IKN itu investornya sudah ada, dari UEA, China, beberapa negara Eropa, Taiwan, Korea Selatan, itu ada," terang dia.

Sebelumnya, Softbank mundur dari proyek IKN pada Maret 2022. Meski keluar dari proyek di IKN, perusahaan asal Jepang itu memastikan tetap berkomitmen dan mendukung pengembangan perusahaan rintisan (startup) di Indonesia.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/bir)

Bajingan Hiburan China

cara melakukan cicilan di shopee
Menko Marinves Luhut B Panjaitan menilai pernikahan Kaesang dan Erina membuat ekonomi bergerak, dari PO bus hingga jasa laundry dan suvenir.
Menko Marinves Luhut B Panjaitan menilai pernikahan Kaesang dan Erina membuat ekonomi bergerak, dari PO bus hingga jasa laundry dan suvenir. (REUTERS/STAFF).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menilai pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono membuat ekonomibergerak.

"Dari pemilik PO bus lokal, pemilik UMKM, seperti pedagang makanan, jasa laundry, parkir, sampai perajin lokal yang membuat suvenir pernikahan kedua mempelai, ikut merasakan kebahagiaan karena dagangan dan jasa mereka habis terbeli oleh para tamu dan panitia penyelenggara acara," ujarnya lewat unggahan akun Instagram @luhut.pandjaitan, Senin (12/12).

"Ini adalah bukti bahwa perekonomian Indonesia terus bergerak," lanjutnya seraya menegaskan pernikahan Kaesang dan Erina membawa kebahagiaan bagi seluruh warga Yogyakarta dan Solo.

Ia mengatakan pesta pernikahan Kaesang dan Erina sebagai pesta rakya, mengingat kedua mempelai bukan hanya menjamu para tamu undangan. Tapi juga seluruh warga bisa melihat bagaimana budaya Indonesia dijunjung tinggi dalam acara tersebut.

"Saya amati setiap kali momen pernikahan putra-putri Presiden Jokowi selalu menampilkan budaya dan tradisi yang selama ini ini sering dilupakan karena tergerus oleh tempaan zaman," jelasnya.

"Ini adalah hal bagus karena sebagai anak muda, mereka menjadi contoh bagi anak-anak muda lain di Indonesia bahwa setinggi apapun pendidikan maupun status sosialmu, jangan lupa pada budaya dan tradisi bangsamu sendiri," sambung Luhut.

Lihat Juga :
Profil Kepulauan Meranti, Kabupaten dengan 47 Ribu Orang Miskin

Ia pun mengaku bangga bisa diundang dan menghadiri momen penting dalam rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina, mulai dari siraman hingga ngunduh mantu yang berlangsung hangat dan sakral.

"Selain hadir sebagai tamu undangan, saya juga turut mendampingi Presiden Jokowi menyambut tamu undangan dari negara sahabat, UAE, yaitu Putra Mahkota Pangeran Khalid bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan yang kali ini ditemani oleh sahabat saya, Menteri Energi UAE Suhail Al Mazrouei," imbuh dia.

Bukan hanya datang sebagai tamu undangan, Putra Mahkota Pangeran Khalid dan Menteri Suhail juga melihat Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo.

"Selamat berbahagia dan menempuh hidup baru bagi kedua mempelai Kaesang dan Erina, teladani lah kehidupan rumah tangga kedua orang tua kalian. Semoga Tuhan YME selalu melimpahkan kasih sayang dan berkat dalam cinta yang sudah kalian pertautkan," pesan Luhut.

[Gambas:Video CNN]



(bir/bir)

Empat Langkah Kuda dan Langit yang Tak Terkendali

erek senter
PT KAI (Persero) menggelar promo tiket kereta 12.12 dalam program KAI Access 12.12 Online Promo.
PT KAI (Persero) menggelar promo tiket kereta 12.12 dalam program KAI Access 12.12 Online Promo. (CNN Indonesia/ Hafidz).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT KAI(Persero) menggelar promotiket kereta12.12 dalam program KAI Access 12.12 Online Promo.

Total ada 16.128 tiket kereta api dengan diskon khusus menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada Senin (12/12).

"Semoga dengan hadirnya KAI Access 12.12 Online Promo akan membuat KAI Access akan semakin diminati oleh masyarakat serta membantu masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api dengan tarif yang menarik," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam pernyataan tertulis, Jumat (9/12), dikutip dari situs resmi KAI.

Lebih lanjut, ada 44 kereta api yang tersedia dalam tiket promo 12.12 ini. Berbagai kereta api dengan tujuan dari dan menuju Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan kota-kota lainnya bisa didapatkan dengan tarif terjangkau.

Tak sampai di sana, Anda juga bisa mengikuti kuis berhadiah merchandise atau voucher tiket gratis melalui live Instagram di akun resmi KAI @kai121_ pada Senin (12/12) pukul 12.00 WIB sampai 13.00 WIB.

Berikut daftar KA dan rute yang mendapatkan tarif tiket promo 12.12 dan flash sale:

[Gambas:Video CNN]

1. Ambarawa Ekspres (Semarang Poncol - Surabaya Pasar Turi pp)
2. Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasar Turi pp)
3. Argo Cheribon (Gambir - Cirebon/Tegal pp)
4. Argo Dwipangga (Gambir - Solo Balapan pp)
5. Argo Lawu (Solo Balapan - Gambir pp)
6. Argo Muria (Gambir - Semarang Tawang pp)
7. Argo Sindoro (Gambir - Semarang Tawang pp)
8. Argo Wilis (Bandung - Surabaya Gubeng pp)
9. Bangunkarta (Pasar Senen - Jombang pp)
10. Bima (Gambir - Surabaya Gubeng pp)
11. Brantas (Pasar Senen - Blitar pp)
12. Brawijaya (Gambir - Malang pp)
13. Ciremai (Bandung - Semarang Tawang pp)
14. Dharmawangsa (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi pp)
15. Fajar Utama Solo (Pasar Senen - Solo Balapan pp)
16. Fajar Utama Yk (Pasar Senen - Yogyakarta pp)
17. Gajayana (Gambir - Malang pp)
18. Gaya Baru Malam Selatan (Pasar Senen - Surabaya Gubeng pp)
19. Gumarang (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi pp)
20. Harina (Bandung - Surabaya Pasar Turi pp)
21. Jayabaya (Pasar Senen - Malang pp)
22. Jayakarta (Pasar Senen - Surabaya Gubeng pp)
23. Kertajaya (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi pp)
24. Kertanegara (Purwokerto - Malang pp)
25. Kutojaya Utara (Jakarta Kota - Kutoarjo pp)
26. Lodaya (Bandung - Solo Balapan pp)
27. Logawa (Purwokerto - Jember pp)
28. Malabar (Bandung - Malang pp)
29. Mataram (Pasar Senen - Solo Balapan pp)
30. Matarmaja (Pasar Senen - Malang pp)
31. Mutiara Selatan (Bandung - Surabaya Gubeng pp)
32. Pasundan (Kiaracondong - Surabaya Gubeng pp)
33. Progo (Pasar Senen - Lempuyangan pp)
34. Purwojaya (Gambir - Cilacap pp)
35. Ranggajati (Cirebon - Jember pp)
36. Sancaka (Yogyakarta - Surabaya Gubeng pp)
37. Sancaka Fakultatif (Yogyakarta - Surabaya Gubeng pp)
38. Sawunggalih (Pasar Senen - Kutoarjo pp)
39. Sembrani (Gambir - Surabaya Pasar Turi pp)
40. Senja Utama Solo (Solo Balapan - Pasar Senen pp)
41. Senja Utama Yk (Yogyakarta - Pasar Senen pp)
42. Singasari (Pasar Senen - Blitar pp)
43. Turangga (Bandung - Surabaya Gubeng pp)
44. Wijayakusuma (Cilacap - Banyuwangi pp)

Lihat Juga :
Gusar Bupati Meranti, Ancam Gabung Malaysia dan Angkat Senjata
(skt/agt)

Kronik Penulis Lucu

slot resmi indonesia
Industri manufaktur global termasuk Levi Strauss & Co mulai memperkerjakan robot untuk memproduksi pakaian jadi.
Industri manufaktur global termasuk Levi Strauss & Co mulai memperkerjakan robot untuk memproduksi pakaian jadi. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman).
Jakarta, CNN Indonesia--

Industri manufaktur global termasuk Levi Strauss & Co mulai memperkerjakan robotuntuk memproduksi pakaian jadi.

Kepala proyek di laboratorium Siemens di San Francisco Eugen Solowjow mengatakan sektor pakaian jadi adalah industri bernilai triliunan dolar AS yang hingga kini belum menggunakan otomasi.

"Pakaian adalah industri bernilai triliunan dolar AS terakhir yang belum terotomatisasi," kata Eugen Solowjow yang telah mengerjakan otomatisasi pembuatan pakaian jadi sejak 2018.

Meski demikian, banyak pelaku usaha pakaian jadi bungkam saat disinggung tentang rencana penggunaan otomasi. Sebab, rencana otomasi jelas menimbulkan kekhawatiran pekerja di negara berkembang.

Jonathan Zornow, yang telah mengembangkan teknik untuk mengotomatisasi beberapa bagian pabrik jin, mengatakan bahwa dia telah menerima kritik online dan satu ancaman pembunuhan.

Sementara itu, seorang juru bicara Levi's mengonfirmasi perusahaannya berpartisipasi dalam fase awal proyek otomasi, tetapi menolak berkomentar lebih lanjut.

Lihat Juga :
Adu Data DBH Bupati Meranti versus Kemenkeu

Dalam proyek otomasi tersebut, Siemens bekerja sama dengan Advanced Robotics for Manufacturing Institute di Pittsburgh, yang didanai oleh Departemen Pertahanan untuk membantu pabrikan lama menemukan cara menggunakan teknologi baru.

Mereka mengidentifikasi startup San Francisco dengan pendekatan yang menjanjikan untuk masalah floppy fabric.

Alih-alih mengajari robot cara menangani kain, perusahaan rintisan bernama Sewbo Inc., mengeraskan kain dengan bahan kimia sehingga dapat ditangani lebih seperti bemper mobil selama produksi. Setelah selesai, pakaian jadi dicuci untuk menghilangkan zat yang kaku.

"Hampir setiap potongan denim dicuci setelah dibuat, jadi ini cocok dengan sistem produksi yang ada," kata Zornow, penemu Sewbo.

Lihat Juga :
Stafsus Sri Mulyani Ajak Bupati Meranti Duduk Bareng Imbas Iblis-Setan

Upaya penelitian ini akhirnya berkembang hingga mencakup beberapa perusahaan pakaian, termasuk Levi's dan Bluewater Defense LLC pembuat seragam militer kecil yang berbasis di AS.

Mereka menerima hibah US,5 juta dari Institut Robotika Pittsburgh untuk bereksperimen dengan teknik tersebut.

Upaya lainnya seperti dilakukan Software Automation Inc, sebuah perusahaan rintisan di Georgia, yang telah mengembangkan mesin yang dapat menjahit kaus dengan menarik bahannya ke atas meja yang diperlengkapi secara khusus.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/bir)

[Gambas:Video CNN]

Aroma dingin kamar kerja musim semi

bigbos77
Tukang bunga di Solo kebanjiran order jelang Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12).
Tukang bunga di Solo kebanjiran order jelang Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12). Foto: CNN Indonesia/Rosyid
Solo, CNN Indonesia--

Pengusaha bunga di Solo kebanjiran order untuk pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Pemilik Rumah Kembang Budi Rejo mengaku menikmati berkah dari pernikahan Kaesang dan Erina hari ini, Sabtu (10/12).

"Sehari ini saya dapat 21," katanya di Solo, Sabtu (10/12).

Jumlah tersebut diperkirakan masih bisa bertambah mengingat karangan bunga bisa dikerjakan dalam waktu cepat.

Hal itu dikarenakan Solo merupakan kota tujuan perayaan Kaesang dan Erina setelah resmi menjadi suami istri pada Minggu (11/12).

Di Solo, keluarga Presiden Joko Widodo akan mengadakan ngunduh mantu yang kemudian dilanjutkan dengan kirab dengan kereta kencana dan berakhir dengan tasyakuran di Pura Mangkunegaran.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com pada Sabtu (10/12), karangan bunga berisi ucapan selamat terus berdatangan di lokasi tasyakuran, Pura Mangkunegaran.

Panjang temboknya yang mencapai lebih dari 1 km itu nyaris rata tertutup karangan bunga dari berbagai kalangan dari kedutaan besar negara-negara sahabat, menteri-menteri negara, kepala instansi pemerintah, hingga pengurus rumah-rumah ibadah.

Hal itu membuat pemilik rumah kembang yang lain, yakni rumah kembang Pawiroredjo Santo mengaku beberapa hari terakhir ia kecipratan berkah dari pernikahan Kaesang dan Erina.



Santo mengatakan bisa mengerjakan lebih dari 50 orderan karangan bunga dalam satu hari untuk pernikahan Kaesang dan Erina.

"Biasanya kami sehari dapat (order) paling-paling 7 sampai 10. Sekarang kami mengerjakan di atas 50," kata Santo.

Tak hanya kebanjiran orderan, harga karangan bunga kali ini juga disebut tinggi. Santo mengatakan satu karangan bunga dibanderol seharga Rp750 ribu-Rp5 juta.

"Alhamdulillah harganya lebih bagus dari (pernikahan) Gibran dan Kahiyang," katanya.

Lihat Juga :
Mengenal Gending hingga Tari-tarian Panggih Pengantin Kaesang Erina

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono resmi menikah dan menjadi suami dan istri, usai ijab kabul yang dilangsungkan di Pendopo Agung Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12).

"Saya terima nikah Erina Sofia Gudono binti Mohammad Gudono dengan mas kawin tersebut, dibayar tunai," kata Kaesang mantap mengucapkan ijab kabul sembari menggenggam tangan Allen selaku wali nikah Erina.

Tepat setelah ijab kabul, Kaesang Pangarep langsung menengok ke arah saksi, yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Sah," terdengar samar ucapan dari para saksi disambut tepuk tangan dari para tamu undangan.

Lihat Juga :
Hela Napas Lega Kaesang Sah Menikah dengan Erina: Alhamdulillah

Setelah ijab kabul, acara dilanjutkan dengan doa syukur dan penandatanganan dokumen nikah, berupa buku nikah.

Kaesang memberikan mahar berupa uang tunai Rp300 ribu; empat batang emas dengan berat 10, 12, 20, 22 gram; dan seperangkat alat salat.

Setelah akad nikah di Yogyakarta, pernikahan Kaesang dan Erina akan berlanjut di Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (11/12).

Di Solo, keluarga Presiden Joko Widodo akan mengadakan ngunduh mantu yang kemudian dilanjutkan dengan kirab dengan kereta kencana dan berakhir dengan tasyakuran di Pura Mangkunegaran.

Prosesi ini akan ditayangkan di sejumlah televisi nasional, termasuk CNN Indonesia TV.

[Gambas:Video CNN]



(syd/chri)