petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

katsu5 slot

livecina 78Jutaan kata 527699Orang-orang telah membaca serialisasi

《katsu5 slot》

Erick Thohir Singgung Copot Direksi Pertamina Akibat Insiden Berulang******

Erick Thohir membuka opsi mencopot direksi Pertamina buntut dari kebakaran Depo Pertamina di wilayah Plumpang, yang berulang.
Erick Thohir membuka opsi mencopot direksi Pertamina buntut dari kebakaran Depo Pertamina di wilayah Plumpang, yang berulang. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membuka opsi mencopot direksi PT Pertamina(Persero). Hal ini merupakan buntut dari kebakaran Depo Pertamina di wilayah Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat (3/3) malam.

"Kalau saya selalu bilang kan saya sudah pernah copot Direksi Pertamina. Kalau saya mesti copot lagi, ya saya copot lagi. Tetapi penyelesaiannya itu kan tidak hanya saling menyalahkan," kata Erick saat menjenguk korban kebakaran yang dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta Selatan, Sabtu (4/3).

Ia menyinggung pencopotan itu saat menjawab pertanyaan wartawan mengenai kebakaran terminal BBM Pertamina kali ini yang merupakan insiden berulang.

"Tidak hanya di keuangan, tetapi di operasional secara menyeluruh. Karena ini ada aset vital nasional. Saya akan review, saya sudah minta investigasi, dan pasti kita lihat apakah ada perbaikan untuk jangka menengah," tegasnya.

Erick mengatakan bahwa kini ia tengah fokus berbenah melakukan perbaikan untuk BUMN, termasuk Pertamina.

"Saya sudah pernah copot direksi. Kalau perlu mencopot, saya lakukan lagi. Tetapi konteksnya justru perbaikan. Tadi yang dipertanyakan sistem bisnis resiko. Percuma kita copot-copot orang tapi tidak memberikan solusi secara menyeluruh," imbuhnya lebih lanjut.

Kebakaran yang melanda Depo Pertamina di Plumpang sebelumnya diberitakan terjadi sekitar pukul 20.11 WIB. Menurut kesaksian warga, tercium aroma bensin yang menyengat sebelum kebakaran terjadi.

Kebakaran tersebut pun memakan korban jiwa. Belasan orang dilaporkan meninggal dunia serta puluhan mengalami luka bakar. Tak hanya itu, musibah kebakaran depo merembet hingga ke permukiman warga sekitar yang menyebabkan ratusan orang harus mengungsi.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

[Gambas:Video CNN]

Harga Emas Anjlok ke Posisi Rp1,020 Juta per Gram Pagi Ini******

Harga jual emas Antam berada di posisi Rp1,020 juta per gram pada Rabu (8/3), turun Rp12 ribu dari Rp1,032 juta pada perdagangan sebelumnya.
Harga jual emas Antam berada di posisi Rp1,020 juta per gram pada Rabu (8/3), turun Rp12 ribu dari Rp1,032 juta pada perdagangan sebelumnya. (ANTARA FOTO/FB Anggoro).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jual emasPT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp1,020 juta per gram pada Rabu (8/3). Harga emas tercatat turun Rp12 ribu dari Rp1,032 juta pada perdagangan sebelumnya.

Senada, harga pembelian kembali (buyback) juga turun Rp15 ribu dari Rp912 ribu menjadi Rp897 ribu per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp560 ribu, 2 gram Rp1,98 juta, 3 gram Rp2,94 juta, 5 gram Rp4,87 juta, 10 gram Rp9,96 juta, 25 gram Rp24,11 juta, dan 50 gram Rp48,14 juta.

Harga jual emas tersebut belum termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Sementara itu, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX melemah 0,21 persen menjadi US.816 per troy ons. Sedangkan, harga emas di perdagangan spot melemah 0,02 persen ke US.813 per troy ons pada pagi ini.

Lihat Juga :
Mutasi Rekening Rafael Alun Tembus Rp500 M Dalam Empat Tahun

Senior Analis DCFX Lukman Leong memproyeksi harga emas melemah hari ini. Menurutnya, pergerakan harga emas akan tertekan oleh penguatan dolar AS dan imbal hasil obligasi AS.

Hal itu terjadi setelah pernyataan hawkish dari Ketua Dewan Gubernur Bank Sentral AS (The Fed) Jerome Powell yang disinyalir akan menaikkan suku bunga yang lebih besar ke depannya.

"Imbal hasil obligasi AS 2-tahun mencapai level tertingggi baru sejak Juni 2007, sedangkan indek dolar AS tertinggi dalam 3 bulan," imbuh Lukman kepada CNNIndonesia.com.

Hari ini, Lukman memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentang support US.800 per troy ons dan resistance US.830 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Kripto Papan Atas Kompak Bersinar Jelang Akhir Pekan******

Harga mayoritas aset kripto kompak menguat pada perdagangan Jumat (24/3) pagi. Bitcoin menghijau, diikuti 9 koin teratas lainnya.
Harga mayoritas aset kripto kompak menguat pada perdagangan Jumat (24/3) pagi. Bitcoin menghijau, diikuti 9 koin teratas lainnya. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kompak menguat pada perdagangan Jumat (24/3) pagi. Jelang akhir pekan,Bitcoin menghijau, diikuti 9 koin teratas lainnya.

Mengutip coinmarketcap, Bitcoin terbang 3,6 persen ke harga US.221 per keping. Dalam sepekan, Si Raja Koin mencatatkan kenaikan 9,6 persen.

Koin dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua, Ethereum, melonjak 4,1 persen ke US.812 per koin.

Cardano pun naik 2,6 persen ke USCara Daftar Mudik Gratis BUMN untuk 65.603 Orang******

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi meluncurkan mudik gratis untuk 65.603 orang pada Rabu (15/3). Program ini dipimpin PT Jasa Raharja.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi meluncurkan mudik gratis untuk 65.603 orang pada Rabu (15/3) yang dipimpin PT Jasa Raharja. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)Erick Thohir resmi meluncurkan mudik gratis untuk 65.603 orang pada Rabu (15/3). Program ini dipimpin PT Jasa Raharja.

"Melalui mudik bersama BUMN, kami mengalihkan ribuan pengguna kendaraan, terutama sepeda motor ke moda transportasi umum, seperti bus, kereta api, dan kapal laut yang memenuhi standar keselamatan transportasi sehingga masyarakat dapat merasakan mudik yang aman dan nyaman," ujar Erick dalam keterangan resmi.

Erick merinci kuota untuk 65.603 pemudik terbagi ke dalam berbagai moda transportasi yakni bus, kereta api dan kapal laut. Ia mengatakan peserta program mudik gratis ini akan diberangkatkan dari berbagai titik, mulai dari terminal, stasiun, hingga pelabuhan.

Cara daftar mudik gratis BUMN

Mengutip laman resmi mudik.jasaraharja.co.id, calon peserta mudik gratis BUMN bisa mendaftar dengan mengikuti langkah berikut ini:

- Buka situs mudik.jasaraharja.co.id dan buat akun
- Lakukan pencarian tiket transportasi dan destinasi yang diinginkan untuk mengetahui ketersediaan kursi
- Jika tiket tersedia, calon pemudik dapat melengkapi data diri. Pastikan data yang dilengkapi sudah benar
- Sistem akan memverifikasi secara otomatis dan jika lolos verifikasi maka tiket elektronik akan terbit
- Simpan tiket elektronik kamu dengan baik dan tunjukkan kepada petugas saat keberangkatan

Lihat Juga :
Pensiunan BUMN Minta Jokowi Batalkan Restrukturisasi Jiwasraya

Syarat daftar mudik gratis BUMN

- Memiliki akun aplikasi JRku
- Mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Mempunyai surat izin mengemudi (SIM C) yang masih aktif
- Mempunyai sepeda motor yang dibuktikan dengan surat tanda motor kendaraan (STNK)
- Pajak Kendaraan sepeda motor masih berlaku
- Pendaftar dan peserta harus dalam 1 keluarga

Apabila salah satu persyaratan tersebut tidak terpenuhi, maka pendaftaran mudik gratis BUMN tidak bisa dilanjutkan.

Lihat Juga :
ANALISISImpor Pakaian Bekas Bikin Jokowi Kesal, Apa Sih Bahayanya?

Rangkaian mudik gratis BUMN

- Pembukaan pendaftaran dan booking tiket 15 Maret 2023 sampai dengan tiket habis
- Pengambilan merchandise mudik akhir Maret 2023
- Pengiriman kode booking pemudik kereta api awal April 2023 via aplikasi web
- Pemberangkatan mudik kereta api hari pertama 15 April 2023 di Stasiun Pasar Senen
- Pemberangkatan mudik kereta api hari kedua 16 April 2023 di Stasiun Pasar Senen
- Pemberangkatan mudik moda bus pada 18 April 2023

Tujuan mudik gratis BUMN moda bus:

1. Wonogiri
2. Surakarta
3. Klaten
4. Kebumen
5. Purworejo
6. Sragen
7. Boyolali
8. Ngawi
9. Grobogan

Tujuan mudik gratis BUMN moda kereta api:

1. Surabaya
2. Malang
3. Blitar
4. Solo
5. Yogyakarta

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

[Gambas:Video CNN]
,366 per koin dalam 24 jam, serta naik 11 persen jika dilihat tren perdagangan seminggu terakhir. Dogecoin menguat 3,9 persen ke USBawang Putih******
Harga pangan kompak menurun kecuali bawang putih dan cabai rawit hijau yang justru naik pada awal pekan ini.
Harga pangan kompak menurun kecuali bawang putih dan cabai rawit hijau yang justru naik pada awal pekan ini. (ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga pangan kompak menurun kecuali bawang putihdan cabai rawit hijauyang justru naik pada awal pekan ini.

Mengutip hargapangan.id, Senin (27/2), bawang putih ukuran sedang dibanderol Rp31.800 per kg dari sebelumnya Rp30.900 pada awal pekan kemarin. Sedangkan cabai rawit hijau dijual Rp48.650 per kg dari sebelumnya Rp48.300 per kg.

Sementara untuk harga pangan lainnya seperti daging sapi, ayam, telur hingga cabai-cabaian kompak turun.

Daging ayam ras segar turun dari Rp34.200 per kg menjadi Rp33.400 per kg. Telur ayam ras segar turun dari Rp28.950 per kg menjadi Rp28.200 per kg.

Bawang merah ukuran besar turun dari Rp40 ribu menjadi Rp38.750 per kg. Cabai merah keriting turun dari Rp46.750 per kg menjadi Rp44.900 per kg. Cabai rawit merah turun menjadi Rp63.150 per kg.

Beras kualitas super 1 turun dari Rp14.600 per kg menjadi Rp14.150 per kg. Beras kualitas super 2 turun dari Rp14.100 per kg menjadi Rp13.600 per kg.

Lihat Juga :
Pengguna Mengeluh Tol Japek Banyak Lubang, Jasa Marga Minta Maaf

Beras kualitas medium 1 turun dari Rp13.250 per kg menjadi Rp13 ribu per kg. Beras kualitas medium 2 turun dari Rp13.050 per kg menjadi Rp12.900 per kg.

Beras kualitas bawah 1 turun dari dari Rp12 ribu per kg menjadi Rp11.850 per kg, dan beras kualitas bawah 2 sama dengan pekan lalu dijual Rp11.650 per kg.

Adapun harga minyak goreng kemasan bermerek 1 dijual dari Rp21.800 per kg menjadi Rp21.450 per kg. Harga minyak goreng kemasan bermerek 2 turun Rp20.150 per kg menjadi Rp20.100 per kg.

Minyak goreng curah dijual dari sebelumnya Rp15.600 per kg naik tipis menjadi Rp15.700 per kg. Gula pasir premium dijual dari Rp15.900 per kg menjadi Rp15.750 per kg, dan gula pasir lokal dijual dari sebelumnya Rp14.450 per kg menjadi Rp14.500 per kg pada awal pekan ini.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr),0768 per keping. Tren sepekan, koin meme ini naik 4,7 persen.

Polygon juga bangkit 2,8 persen ke US,14 per keping, kemudian Solana menguat 3,5 persen ke US,15 per koin.

Duo koin stabil yakni Tether dan USD Coin masih setia di harga US. Ketiganya berfluktuasi tipis di bawah 1 persen.

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:togeltaiwan

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
manis77 login
ramai slot
cara agar bisa menghasilkan uang dari internet
superindo88
slot deposit 5000 tanpa potongan
situs airbet88
voucher sodexo bisa dipakai di indomaret
link slot asia
situs slot 76
Daftar isi semua bab
Bab 1 replay pragmatic maxwin
Bab 2 bataravip
Bab 3 liga99
Bab 4 cara memakai akulaku
Bab 5 88asia
Bab 6 mahjong178
Bab 7 wajikslot
Bab 8 cara live chat kredivo
Bab 9 fun 4d slot
Bab 10 cara pinjam uang di linkaja syariah
Bab 11 garuda999 pro
Bab 12 benua togel
Bab 13 presidenselot
Bab 14 paito warna hk
Bab 15 situs slot server hongkong
Bab 16 tafsir mimpi 62
Bab 17 bermain slot online
Bab 18 mpogacor slot
Bab 19 saldo kredivo tidak bisa digunakan
Bab 20 judi slot pakai akun dana
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1090bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

Kaisar Dewa Abadi

pinjaman online 40 juta
Pengusaha menyebut negara telah dirugikan Rp19 triliun akibat pakaian impor bekas. Pasalnya, impor tak kena PPn, bea masuk dan BMTP.
Pengusaha menyebut negara telah dirugikan Rp19 triliun akibat pakaian impor bekas. Pasalnya, impor tak kena PPn, bea masuk dan BMTP. (CNN Indonesia/Poppy Fadhilah).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Umum Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filament Indonesia (APSyFI) Redma Gita Wirawasta mengatakan pakaian impor bekastak hanya memukul industri tekstiltapi juga merugikan negara. Potensi kehilangan pendapatan negara bahkan mencapai Rp19 triliun sepanjang 2022.

Menurut Redma, potensi Rp19 triliun tersebut berdasarkan impor pakaian bekas yang tak tercatat sebanyak 320 ribu ton. Sebab, impor tersebut tak kena Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 11 persen, Bea Masuk (BM) 20 persen, dan Bea Masuk Tindakan Pengamanan (BMTP) sebesar 25 persen.

"Pelaku usahanya juga tak bisa dipungut PPh (pajak penghasilan). Jadi pemerintah kehilangan pendapatan sampai Rp19 triliun di 2022 dari impor ilegal pakaian bekas ini," ujarnya dalam Konferensi Pers terkait Importasi Tekstil Ilegal di Indonesia, Jumat (31/3).

Padahal jika diproduksi di dalam negeri, industri tekstil tetap tumbuh, penerimaan negara bertambah dan tenaga kerja bisa terserap lebih banyak lagi. Sehingga, dengan larangan pemerintah ini diharapkan industri tekstil yang saat ini sakit bisa bangkit.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjelaskan pemerintah tak akan ragu-ragu membasmi impor ilegal pakaian bekas. Menurutnya, ini harus dilakukan untuk melindungi industri tekstil menengah ke bawah.

Ia menilai pakaian produk lokal sebenarnya tak kalah saing dengan baju bekas impor. Kualitas dari sisi kesehatan juga lebih terjamin.

"Kalau nanti ditutup sama sekali nggak ada pakaian bekas selundupan dan dikhawatirkan ganggu rezeki pedagang pakaian bekas, tidak usah khawatir karena produsen lokal siap isi pakaian bekas ilegal tersebut," pungkas Teten.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

tujuh belas lagi

permainan slot 88
PT Zhi Sheng Indonesia (Vivo Communication Indonesia) digugat senilai Rp606 miliar terkait masalah pemasangan iklan.
PT Zhi Sheng Indonesia (Vivo Communication Indonesia) digugat senilai Rp606 miliar terkait masalah iklan. Ilustrasi. (Jakub Porzycki/NurPhoto via Getty Images).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Zhi Sheng Indonesia (Vivo Communication Indonesia) digugat senilai Rp606 miliar terkait masalah iklan.

Gugatan diajukan oleh H. Yana Sunaryana di Pengadilan Negeri (PN) Bandung pada 14 Februari 2023 dengan nomor perkara 94/Pdt.G/2023/PN Bdg.

Dalam petitumnya, penggugat meminta pengadilan mengabulkan seluruh gugatan.

Maka dari itu, penggugat meminta hakim menghukum PT Zhi Sheng Indonesia membayar ganti rugi Rp600,6 miliar.

"Menghukum tergugat untuk membayar ganti rugi materil dan imateril kepada penggugat sebesar Rp600.600.000.000," tulis petitum gugatan tersebut.

Lihat Juga :
Kemendag Temukan Minyakita Palsu yang Dijual di Atas HET di Sragen

Selain menjatuhkan hukuman itu, mereka juga meminta pengadilan untuk memerintahkan Vivo  membayar uang paksa sebesar Rp10 juta dikali tiga titik menjadi Rp30 juta per hari keterlambatan pembayaran.

Penggugat juga meminta pengadilan menyatakan sah dan berharga peletakan sita jaminan (conservatoir beslag) terhadap banngunan milik PT Zhi Sheng Indonesia yang terletak di Gedung Gold Coast Office Tower Liberty, Lantai 23, Jalan Pantai Indah Kapuk (PIK) Boullevard, Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Selain itu, para penggugat juga meminta putusan tersebut dapat dilaksanakan terlebih dahulu (uit voerbaar bij voerraad) meskipun ada upaya hukum banding, verzet maupun kasasi.

Terakhir, penggugat juga meminta pengadilan memerintahkan kepada tergugat dan turut tergugat untuk tunduk, taat dan patuh terhadap putusan tersebut.

CNNIndonesia.com berupaya menghubungi Head of PR Vivo Indonesia Alexa Tiara untuk meminta tanggapan. Namun, hingga berita ini diturunkan, yang bersangkutan belum merespons.

[Gambas:Video CNN]



 

(fby/sfr)

[Gambas:Video CNN]

produsen internasional

togel result
PNM bersama KPPPA mengungkapkan rahasia sukses pengelolaan Manajemen Pemberdayaan Perempuan segmen prasejahtera dalam sidang CSW ke-67 di New York, Rabu (8/3).
PNM bersama KPPA dalam sidang CSW ke-67 di New York, Amerika Serikat pada Rabu (8/3). (Foto: PNM)
Jakarta, CNN Indonesia--

Permodalan Nasional Madani (PNM) bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) mengungkapkan rahasia sukses pengelolaan Manajemen Pemberdayaan Perempuan segmen prasejahtera dalam sidang Comission On The State of Women(CSW) 67 di New York, Amerika Serikat pada Rabu (8/3).

Diikuti oleh 75 perwakilan berbagai negara, CSW 67 menghadirkan empat pembicara kunci dari Indonesia yang diwakili oleh Sunar Basuki selaku Direktur Operasional PNM, Menteri Negara Pengembangan Sosial dan Keluarga Republik Singapura, Sun Xueling, Deputi Menteri Perempuan, Keluarga dan Pengembangan Komunitas Malaysia, Senutha Ratthinan, serta Vice President Organisasi Perempuan Singapura, Noorfarahin Ahmad.

Sunar mengatakan, peran wanita saat ini memerlukan dukungan yang kuat dan peran aktif dari seluruh stakeholderyang concern terhadap pemberdayaan perempuan.

Sebagai hasil akhir, keempat pembicara kunci sepakat memperkuat kerja sama bilateral, baik melalui platform G2G maupun B2G, sehingga negara tersebut dapat mengembangkan strategi implementasi pemberdayaan dan kesetaraan perempuan.

Menteri KPPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan apresiasi atas kontribusi strategis PNM yang secara konsisten meningkatkan peran perempuan di bidang ekonomi, antara lain lewat pendampingan, pemberian edukasi serta literasi terkait kesetaraan gender.

"Melalui kerja sama KPPPA dan PNM di tahun 2021 dalam hal sosialisasi kesetaraan gender, program ini telah berhasil memberikan literasi kesetaraan gender bagi nasabah PNM," katanya.

Sebagai informasi, hingga 28 Februari 2023 PNM telah menyalurkan pembiayaan Rp12,06 triliun kepada 14.250.921 juta nasabah PNM Mekaar. Saat ini PNM memiliki 3.725 kantor layanan PNM Mekaar dan 706 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia untuk melayani UMK di 34 provinsi, 513 kabupaten/kota, dan 6.657 kecamatan.

(rea/rea)

Lagu Pemakaman Para Dewa

syarat bikin kredivo
Menko Airlangga Hartarto mengimbau perusahaan segera membayarkan THR kepada para karyawan, paling lambat seminggu sebelum Lebaran 2023.
Menko Airlangga Hartarto mengimbau perusahaan segera membayarkan THR kepada para karyawan, paling lambat seminggu sebelum Lebaran 2023. (CNN Indonesia/ Panji Septo)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang PerekonomianAirlangga Hartarto mengimbau pihak perusahaan segera membayarkan tunjangan hari raya (THR) kepada para karyawan. Ia berharap THR tersebut cair sebelum Lebaran 2023.

"THR swasta diharapkan bisa diberikan sebelum Lebaran. Minimal seminggu sebelum Lebaran," kata Airlangga di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/4).

Menurutnya, pencairan THR H-7 Lebaran memang sudah lazim dilakukan pengusaha.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah resmi mewajibkan pengusaha untuk membayar tunjangan hari raya (THR) Lebaran 2023 paling lambat H-7 Idulfitri 1444 H atau 15 April 2023 (asumsi 1 Syawal 1444 H jatuh pada 22 April 2023).

Ida mengatakan hal ini sesuai dengan Surat Edaran Nomor M/2/HK.0400/III/2023 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2023 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Lihat Juga :
Warga Bisa Ajukan Banyak Motor untuk Dikonversi ke Kendaraan Listrik

"THR keagamaan wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan. THR harus dibayar penuh, tidak boleh dicicil," ujar Ida dalam konferensi pers di kantornya yang disiarkan secara virtual, Selasa (28/3).

Ida mengungkapkan THR ini diberikan untuk membantu pekerja dalam memenuhi kebutuhan dalam menyambut hari raya.

"Pemberian THR adalah kewajiban yang harus dilaksanakan pengusaha kepada pekerja," ujarnya.

THR sendiri diberikan kepada pekerja atau buruh yang sudah bekerja di perusahaan minimal satu bulan atau lebih, serta pekerja yang memiliki perjanjian hubungan kerja dengan pengusaha selama paruh waktu tertentu ataupun tidak tentu.

Untuk pekerja atau buruh yang memiliki masa kerja 12 bulan atau lebih, diberikan THR sebesar gaji satu bulan. Sedangkan untuk pekerja atau buruh yang masa kerjanya kurang dari 12 bulan, THR diberikan secara proporsional sesuai perhitungan berapa bulan masa kerja dibagi 12 bulan dan dikali besaran gaji satu bulan.

Besaran gaji satu bulan untuk pekerja atau buruh yang memiliki perjanjian kerja harian lepas dapat dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima selama 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan. Hal yang sama diterapkan pada pekerja yang upahnya ditetapkan berdasarkan satuan hasil.

Jika pekerja harian memiliki masa kerja kurang dari 12 bulan, maka gaji satu bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima setiap bulan selama masa bekerja.

Sesuai Pasal 79, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, perusahaan akan dikenakan sanksi apabila tidak memberikan THR kepada pekerjanya. Sanksi itu bertingkat mulai dari teguran hingga pembekuan operasional.

[Gambas:Video CNN]

(dhf/pta)

Teknik Bintang Kuno

pinjam uang lazada

Lukisan Raja Roh

neng4d club