petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

ceri123 slot

jp paus hari ini 698Jutaan kata 556325Orang-orang telah membaca serialisasi

《ceri123 slot》

Erick Thohir Merasa Banyak Utang Budi ke Basuki Hadimuljono******

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku banyak utang budi ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku banyak utang budi ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY(,
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)Erick Thohir mengaku banyak utang budi ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Dengan PUPR saya banyak utang budi. Karena saat Asian Games (2018) ketika kita mau dicabut (status tuan rumah) dipindahkan ke China, Pak Basuki (Menteri PUPR) ini figur sentral yang menjanjikan, 'Jangan, Indonesia bisa!" ungkap Erick dalam Akad Massal Serentak KPR BTN di Perumahan Puri Delta Tigaraksa, Tangerang, Banten, Selasa (8/8).

"Akhirnya membangun Wisma Atlet dalam 9 bulan. Alhamdulillah Wisma Atlet juga pada saat covid digunakan sebagai rumah sakit covid terbesar saya rasa di Asia Tenggara," sambungnya.

Iwan membacakan naskah sambutan Menteri PUPR Basuki. Dalam teks sambutannya, Basuki mengingatkan pentingnya memberantas backlog alias kepemilikan rumah yang masih kurang dari kebutuhan.

"Dalam data survei sosial ekonomi nasional (Susenas) 2021, backlog ada 12,7 juta dengan pertumbuhan keluarga baru mencapai 700-800 keluarga per tahun," kata Iwan membacakan teks sambutan Basuki.

Sementara itu, berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 ditargetkan rumah layak huni bisa terus meningkat. Kementerian PUPR menargetkan 70 persen akses rumah layak huni dicapai pada 2024 mendatang.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Bos Waskita Blak******

PT Waskita Karya blak-blakan soal strategi membenahi keuangan perusahaan dengan mengusung tiga pilar yaitu portofolio, innovation, lean dan digitalisasi.
PT Waskita Karya blak-blakan soal strategi membenahi keuangan perusahaan dengan mengusung tiga pilar yaitu portofolio, innovation, lean dan digitalisasi. (iStockphoto/izusek)
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama PT Waskita Karya Mursyid blak-blakan soal strategi membenahi keuangan perusahaan. Dalam pembenahan tersebut Waskita mengusung tiga pilar yaitu portofolio, innovation,leandan digitalisasi.

"Saat ini perseroan sangat selektif dalam memilih proyek terutama dalam hal kepastian pembayaran, terdapat uang muka dan pembayaran bulanan serta sudah melalui Komite Manajemen Resiko Konstruksi sehingga harapannya proyek-proyek yang didapatkan oleh Waskita dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu dan memberikan dampak positif bagi kinerja perusahaan," tutur Mursyid dalam keterangan resmi yang dikeluarkan di Jakarta, Rabu (9/8).

Konsep lean dan digitalisasi juga diusung agar perseroan dalam menjalankan bisnisnya dapat efektif dan efisien sehingga dapat mengurangi biaya yang tidak diperlukan.

"Penerapan digitalisasi SAP (System Analysis and Product in Data Processing) dan ERP (Enterprise Resource Planning) bertujuan supaya semua beban biaya bisa lebih terkontrol dan transparan karena sistem yang terintegrasi secara real-time. Perseroan juga melakukan penerapan BIM di setiap proyek dan mampu bekerja dengan sangat efisien sehingga pekerjaan proyek bisa selesai lebih cepat," tutur Mursyid.

Lihat Juga :
Jokowi Minta Pengembang Belajar dari 'Hancur' Pengusaha Properti China

Adapun perusahaan ini juga tengah menyusun strategi atas penyelesaian pekerjaan Proyek Strategis Nasional (PSN) terutama proyek Jalan Tol.

Diantara penyelesaian proyek jalan tol yaitu ruas tol Bogor - Ciawi - Sukabumi dan Kayu Agung - Palembang Betung yang rencananya menggunakan dana PMN.

Sementara itu, terkait penundaan pencairan dana PMN 2022 sebesar Rp3 triliun adalah karena Waskita sedang dalam proses review Master Restructuring Agreement untuk melakukan restrukturisasi struktur keuangan Perseroan secara komprehensif.

"Saat ini perseroan sedang dalam diskusi intensif dengan kreditur baik dengan perbankan maupun pemegang obligasi dalam proses review secara komprehensif terhadap skenario modifikasi Master Restructuring Agreement (MRA) sehingga pemberian dana PMN tahun ini belum bisa dilakukan," ujarnya.



Mursyid juga mengatakan bahwa dana PMN 2022 sebesar Rp3 triliun belum masuk ke kas perseroan.

"Perseroan berkeyakinan Pemerintah akan tetap membantu dalam rangka percepatan penyelesaian Proyek Strategis Negara (PSN), terutama untuk ruas tol Bogor - Ciawi - Sukabumi dan Kayu Agung - Kapal Betung melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) yang saat ini masih dalam kajian. Disamping itu, Perseroan akan mencari formula yang paling pas untuk kondisi Waskita saat ini," tambah Mursyid.

Selain itu, perbaikan lainnya yang dilakukan yaitu implementasi penerapan SNI ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan, mewujudkan Waskita Karya yang patuh terhadap norma dan peraturan perundangan yang berlaku, bersih dan berintegritas serta mendukung upaya pencegahan korupsi.

Waskita juga akan meningkatkan dan memperbaiki setiap proses bisnis agar sejalan dengan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG)serta menjalankan prinsip zero tolerance terhadap pelanggaran peraturan perundangan yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi.

Termasuk juga dalam penerapan whistle blowing system yang bertujuan untuk mendeteksi secara dini fraudyang terjadi. Melalui tim ini, perseroan mencegah terjadinya frauddengan pola pengawasan yang menyeluruh dan melibatkan seluruh pegawai sehingga memberikan rasa aman bagi seluruh pihak yang berinteraksi dengan Perseroan.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

Arsitek Jembatan Lengkung LRT Respons Tudingan Salah Desain******

Arsitek jembatan lengkung (longspan) Gatot Subroto-Kuningan LRT Jabodebek Arvilla Delitriana angkat suara mengenai tudingan proyek tersebut salah desain.
Arsitek jembatan lengkung (longspan) Gatot Subroto-Kuningan LRT Jabodebek Arvilla Delitriana angkat suara mengenai tudingan proyek tersebut salah desain. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra).
Jakarta, CNN Indonesia--

Arsitekjembatan lengkung (longspan) Gatot Subroto-Kuningan LRT Jabodebek Arvilla Delitriana angkat suara mengenai tudingan proyek tersebut salah desain.

Wanita yang akrab disapa Dina ini menegaskan perencanaan proyek tersebut sudah dilakukan dengan baik dan tidak ada kesalahan dalam perancangan.

"Tidak ada salah desain, tidak ada salah perkiraan, semua sudah direncanakan dengan baik," ujar Dina saat diwawancara CNN Indonesia Bisnis & Referensi pada Selasa (8/8).

"Kecepatan itu sangat tergantung dari trase yang dilewati, apakah trase jalan, trase jembatan, atau track. Trase sangat terkait dengan lingkungan di sekitarnya," terangnya.

"Ada ahlinya yang sudah merancang sedemikian rupa supaya trase LRT Kuningan ini bisa dilewati oleh LRT yang sudah memenuhi syarat-syarat tertentu untuk kecepatan. Kami sebagai perencana jembatan menyesuaikan hal tersebut," sambungnya.

Dina juga memastikan komunikasi antar berbagai pihak terkait sudah dilakukan dengan baik.

Lihat Juga :
Menhub Akan Undang Konsultan untuk Cek LRT Jabodebek

"Selalu ada pembahasan mengenai kriteria desain, jembatan ini mau berfungsi sebagai apa kemudian nanti apa yang akan lewat, berapa kecepatannya itu sudah dibahas di awal," ujarnya.

Sebagai perencana jembatan, ia menilai lebih sulit untuk merancang jembatan yang lengkungnya kecil. Namun, untuk proyek ini, dari awal disampaikan bahwa kondisi terbatas. Apabila ingin lengkung besar maka ada kendala pembebasan lahan.

"Gedung-gedung di sekitar harus menyingkir dulu. Saya yakin pembebasan lahannya pasti akan sangat mahal," ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga memastikan keamanan dari jembatan lengkung itu. Dalam pembangunan, jembatan itu dirancang untuk bisa dilewati LRT dengan kecepatan sekitar 35 km per jam. Selain itu, serangkaian uji coba, termasuk dengan beban, yang melibatkan pihak kompeten juga sudah dilakukan.

Lihat Juga :
ANALISISPahami Rambu-rambu Kripto agar Tak Terlilit Utang dan Jadi Kriminal

"Disampaikan ke kami itu (kecepatan) sekitar 35 km per jam, aturan untuk lengkung seperti ini, tetapi ada faktor-faktor lain terkait safety, yang sepahaman kami ini dari LRT yang paham, mungkin ada softwarenya, sehingga disepakati 20 km per jam," ujarnya.

Kesalahan desain LRT Jabodebek disampaikan oleh Kartika Wirjoatmodjo Selasa (1/8) lalu.

"Itu salah desain karena dulu Adhi sudah bangun jembatannya, dia tidak mengetes sudut kemiringan keretanya. Jadi sekarang kalau belok harus pelan sekali, karena harusnya lebih lebar tikungannya," kata Tiko seperti dikutip dari detik.com.

"Kalau tikungannya lebih lebar dia bisa belok sambil speed up, karena tikungannya sekarang udah terlanjur dibikin sempit, mau enggak mau keretanya harus jalan hanya 20 km per jam, pelan banget," tambahnya.

Lihat Juga :
Pemprov DKI Beri Keringanan Bayar PBB Sampai Akhir Tahun

Lanjutnya, hal itu terjadi karena pembangunan prasarana tidak berkomunikasi dengan pihak yang membangun sarananya.

Selain desain, Tiko juga menyebut LRT Jabodebek memiliki 2 masalah lain. Pertama terkait ketersediaan sistem integrator.

Ia mengatakan ada enam komponen dalam proyek LRT Jabodebek.

Mereka adalah prasarana yang disiapkan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk, kereta yang disiapkan oleh PT INKA (Persero), software development yang digarap oleh Siemens, persinyalan oleh PT Len Industri (Persero), dan lain-lain.

Namun, Tiko mengatakan tidak ada sistem integrator pada proyek ini. Padahal, pada proyek besar seharusnya ada.

"Jadi semua komponen project ini berjalan liar, tanpa ada integrator di tengah," katanya.

Untuk mengatasi masalah ini, ia sudah membuat project management office (PMO). PMO ia tugaskan untuk memastikan integrasinya tercipta.

Masalah kedua terkait spesifikasi kereta yang digunakan dalam proyek LRT. Ia sempat menerima keluhan dari Siemens. Hal itu lantaran spesifikasi kereta antara satu dengan yang lain berbeda-beda.

"Siemens suatu hari call meeting, komplain sama saya 'Pak ini software-nya naik cost-nya, kenapa, spec keretanya INKA ini baik dimensi, berat maupun kecepatan dan pengeremannya berbeda-beda satu sama lain' Jadi 31 kereta beda spesifikasinya semua, jadi software-nya mesti dibikin toleransinya lebih lebar supaya bisa meng-captureberbagai macam spesifikasi tadi itu," paparnya.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)




bab terbaru:mojok34

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
slot gacor hari ini terpercaya
pinjol bulanan
agus rtp live
voucher gratis ongkir gofood
link terbaru gacor
link situs slot online
jam gacor nexus engine
ayah4d
situs terbaru slot online
Daftar isi semua bab
Bab 1 limit cicilan kredivo
Bab 2 maxwin bet
Bab 3 surga play 88
Bab 4 murahqq
Bab 5 situs judi aman dan terpercaya
Bab 6 slot 0
Bab 7 total wd slot
Bab 8 cara pasang di line togel
Bab 9 judi tergacor
Bab 10 wa365bet
Bab 11 amanah slot
Bab 12 zoomslot88
Bab 13 kingdomototo
Bab 14 gacor 680 slot login
Bab 15 slot gacor via dana
Bab 16 hdpbet
Bab 17 slot bonus besar
Bab 18 trik bermain qq agar menang
Bab 19 megalux138
Bab 20 bigwin333
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2447bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Wanita Pedang Cang Lei

prediksi angka jitu sdy
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengusulkan kepada anggota negara ASEAN untuk mempertimbangkan pengiriman impor gandum dari Rusia melalui China atau India.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengusulkan kepada anggota negara ASEAN untuk mempertimbangkan pengiriman impor gandum dari Rusia melalui China atau India. (Reno Esnir)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengusulkan kepada anggota negara ASEAN untuk mempertimbangkan pengiriman impor gandumdari Rusia melalui China ataupun India.

Usulan tersebut disampaikan Zulkifli pada pertemuan konsultasi Menteri Ekonomi ASEAN (AEM) dan Rusia di Semarang, Jawa Tengah, Senin (21/8).

"Tadi kami mendiskusikan kalau mau lebih mudah bisa melalui India atau melalui China itu bisa lebih mudah," ujarnya usai acara tersebut dikutip dari Antara.

Menurutnya, Indonesia tidak mengkhawatirkan jika terjadi hambatan impor gandum Rusia karena memiliki cadangan negara lain untuk mendapatkan stok. Misalnya, dari negara-negara di Benua Amerika seperti Kanada dan Amerika Serikat yang bisa mencukupi kebutuhan gandum nasional.

Namun, ia tak memungkiri meski Indonesia cukup santai, negara ASEAN lainnya khawatir sehingga pembahasan pasokan pertanian dari Rusia ke negara Asia Tengah menjadi topik penting.

Sementara itu, beberapa topik lain yang dibahas oleh negara ASEAN dan Rusia dalam pertemuan ini adalah implementasi kerja sama perdagangan dan investasi ASEAN-Rusia seperti workshop perdagangan daring ASEAN-Rusia.

Kemudian ada juga sektor pariwisata, konektivitas via penerbangan langsung, keamanan digital khususnya pembayaran elektronik dan animasi kreatif.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

Terima kasih! Orang-orang berada di zaman prasejarah dan baru saja menjadi Daluo!

agen 138
Gajian tiba, saatnya membeli kulkas impian di Transmart Full Day Sale karena ada harga sale yang bikin Anda hemat sampai Rp3 jutaan.
Transmart Full Day Sale balik lagi menggelar diskon gede- gedean pada Selasa (29/8). Ada kulkas dua pintu harganya hemat sampai Rp3 jutaan!(CNN Indonesia/Patricia Diah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Gajian tiba, saatnya membeli kulkas impian di Transmart Full Day Sale karena ada harga saleyang bikin Anda hemat sampai Rp3 jutaan, loh.

Transmart Full Day Sale balik lagi menggelar gebyar diskon gede-gedean, 50 persen plus 20 persen pada Selasa (29/8).

Lihat Juga :
Diskon AC di Transmart Rp1,1 Juta, Bisa Pasang Gratis di Rumah

Ada kulkas side by side 450L dengan harga normal Rp11 jutaan menjadi Rp7,8 jutaan, Anda bisa hemat Rp3,4 jutaan. Harga tersebut berlaku untuk pembelian di Transmart Pulau Jawa, Bali, Lampung.

Sementara untuk Transmart di luar Pulau Jawa, Bali, Lampung, ada juga kulkas side by side 450L dari harga normal Rp11,8 jutaan jadi cuma Rp8 jutaan. Anda bisa hemat Rp3,7 jutaan.

Murah-murah banget kan? Bagi Anda yang belum gajian di akhir bulan ini, jangan khawatir sebab bisa mendapatkan diskon dan bayar nanti dengan Allo PayLater.

Pelanggan berkesempatan mendapatkan ekstra diskon sampai 20 persen dan bayar belakangan dengan Allo PayLater, kartu kredit Bank Mega, dan mega Syariah.

Masih belum punya Allo Bank atau Bank Mega? Tenang, cukup downloadaplikasi Allo Bank di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akun ke Allo Prime supaya bisa mengaktifkan Allo Pay Later.

Bagi yang belum memiliki Kartu Kredit Bank Mega Anda bisa membuatnya di unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Transmart atau kantor cabang Bank Mega terdekat.

Jadi, jangan sampai ketinggalan buat belanja di Transmart Full Day Sale besok yang berlangsung cuma satu hari aja ya!

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank agar Anda bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik.

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Waktu yang tepat untuk menghidupkan kembali

cara terbebas dari pinjol
IHSG ditutup di level 7.328 pada Jumat (15/3) sore. Indeks saham melemah 105,2 poin atau minus 1,42 persen dari perdagangan sebelumnya.
IHSG ditutup di level 7.328 pada Jumat (15/3) sore. Indeks saham melemah 105,2 poin atau minus 1,42 persen dari perdagangan sebelumnya. (CNN Indonesia/ Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 7.328 pada Jumat (15/3) sore. Indeks saham melemah 105,2 poin atau minus 1,42 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp17,79 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 25,68 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 226 saham menguat, 312 terkoreksi, dan 230 lainnya stagnan.

Beralih ke asing, bursa saham Asia kompak bergerak di zona merah. Tercatat Nikkei 225 di Jepang melemah 0,26 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong minus 1,24 persen, dan indeks Kospi Korea Selatan minus 1,91 persen.

Sementara, bursa saham Eropa bergerak bervariasi. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris melemah 0,04 persen, indeks DAX di Jerman stagnan, sementara indeks CAC 40 di Prancis menguat 0,16 persen.

Menyusul Asia, bursa saham AS juga kompak ambruk. Indeks S&P 500 melemah 0,29 persen, indeks NYSE Composite minus 0,73 persen, dan indeks NASDAQ Composite minus 0,3 persen.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Lewati tahun-tahun untuk mencintaimu

erek90
Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menyebut 50 persen produk skincare di marketplace Indonesia adalah barang impor dari China.
Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menyebut 50 persen produk skincare di marketplace Indonesia adalah barang impor dari China. Ilustrasi. (iStock/photoguns).
Jakarta, CNN Indonesia--

Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menyebut 50 persen produk perawatan kulit dan kecantikan (skincare) yang dijual di lokapasar (marketplace) Indonesia adalah barang impor dari China.

"Kalau lihat data saat ini, produk skincareatau kecantikan itu 50 persen impor dari China. Itu sangat berbahaya untuk kelangsungan industri lokal," kata Kepala Peneliti Center of Digital Economy INDEF Nailul Huda dalam konferensi pers di Kemenkop UKM, Jakarta Selatan, Senin (14/8).

Huda ikut dalam diskusi pelaku UMKM bersama Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki hari ini. Ia pun mengusulkan dua opsi untuk memberantas banjir produk impor dari China cs.

Kedua,Huda ingin pemerintah tak hanya fokus soal revisi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020 tentang Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Elektronik (PPMSE).

"Salah satu yang kami usulkan ada tagging asal barang, bukan cuma asal penjual. Jadi, kita bisa memetakan mana barang impor dan lokal. Sehingga nanti akan mendorong semua platform wajib mendukung barang-barang lokal, dengan cara memberikan diskon dan insentif harga untuk produsen-produsen lokal," tutur Huda.

"Kami juga meminta untuk mengenakan biaya, baik administrasi, pajak, dan sebagainya untuk produk-produk impor. Sehingga pemerintah melindungi dan di sisi lain juga memberatkan produk impor," terangnya.

Di lain sisi, Teten menegaskan pemerintah tidak hanya berurusan dengan banjir barang impor di TikTok Shop, tetapi juga di e-commerce lain. Oleh karena itu, ia ingin produk UMKM Indonesia dilindungi dengan sederet kebijakan.

Ia mengakui memang pemerintah belum bisa melindungi UMKM dari segi kebijakan impor. Oleh karena itu, selain revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020, Teten ingin negara mengenakan bea masuk lebih tinggi bagi barang-barang impor.

"Kita memang harus betul-betul memproteksi sedemikian rupa, jangan sampai produk lokal kalah bersaing dengan produk luar. Negara manapun juga sama memberlakukan seperti itu, baik nanti dijual secara online maupun offline," jelasnya.

"Seperti tadiskincare,kita kan sebenarnya sudah bagus. Local brand itu sedang kuat-kuatnya, tapi sekarang derasnya barang dari luar yang harganya lebih murah. Kita kurang melindungi dari kebijakan bea masuk, kebijakan impor, kita kurang melindungi UMKM kita," imbuh Teten.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Mitos super datang

erek10
Analis memperkirakan sejumlah saham bersinar pada pekan ini, salah satunya sektor perbankan dan pertambangan. Mereka karena itu menyarankan pasar mengoleksinya.
Analis memperkirakan sejumlah saham bersinar pada pekan ini, salah satunya sektor perbankan dan pertambangan. Mereka karena itu menyarankan pasar mengoleksinya. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) menguat 3,56 poin atau minus 0,05 persen ke level 6.900 pada perdagangan Jumat (28/7) lalu. Investor melakukan transaksi sebesar Rp9,87 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 17,21 miliar saham.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham menguat empat kali, sementara satu hari sisanya melemah.

Tak heran, performa indeks pun menguat 0,28 persen. Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia Yulianto Aji Sadono mengatakan perdagangan saham ditutup bervariasi selama periode 24 sampai dengan 28 Juli 2023 lalu.

Lalu, penguatan juga diikuti oleh rata-rata nilai transaksi harian bursa, yakni sebesar 3,54 persen dari Rp9,715 triliun menjadi Rp10,059 triliun. Di sisi lain, rata-rata volume transaksi bursa selama sepekan melemah 4,04 persen dari 17,084 miliar menjadi 16,394 miliar lembar saham.

"Investor asing pada hari ini mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp727,05 miliar dan sepanjang 2023 investor asing mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp20,4 triliun," terang Yulianto seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (28/7).

Pengamat Pasar Modal Riska Afriani memproyeksi IHSG berpotensi menguat terbatas pada pekan ini di level support6.856 danresistance6.970. Menurutnya, pergerakan indeks saham bakal ditopang oleh optimisme pelaku pasar terhadap pasar modal.

Keyakinan tersebut sejalan dengan kinerja dan ketahanan ekonomi Indonesia yang terjaga di tengah ketidakpastian global.

Lihat Juga :
Sidak di Bali, Dirut Pertamina Siap Tindak Tegas Pangkalan LPG 'Nakal'

"Hal ini seiring dengan Indonesia yang mampu menekan inflasi dan defisit fiskal untuk kembali dalam target lebih cepat dari perkiraan, stabilitas keuangan yang terjaga, serta tren penurunan rasio utang pemerintah," terang Riska kepadaCNNIndonesia.com, Minggu (30/7).

Inflasi RI sendiri berada di level 3,42 persen (year-on-year/yoy) pada Juni lalu. Realisasi ini turun dibandingkan Mei 2023 yang tercatat 4 persen (yoy).

Lebih lanjut, Riska menuturkan sentimen dari global masih diwarnai ketidakpastian. Sebab, pernyataan bank sentral Amerika Serikat (AS) (The Fed) masih akan bersikap hawkish.

The Fed masih membuka opsi kenaikan suku bunga jika didukung oleh data ekonomi AS. Hal ini berbanding terbalik dengan ekspektasi pelaku pasar yang sudah optimis tidak akan ada lagi kenaikan setelah pertemuan Juli lalu.

Riska menilai dalam kondisi pasar seperti di atas, investor dapat melakukan akumulasi saham yang memiliki kinerja baik secara bertahap, mengingat akan ada risiko profittaking setelah penguatan yang terjadi pada sejumlah saham LQ45.

Lihat Juga :
ANALISISMenimbang Kemampuan Ahok Jika Jadi Bos Baru Pertamina

LQ45 adalah indeks berisikan saham dengan likuiditas tinggi, memiliki kapitalisasi besar, dan fundamental perusahaan yang bagus.

Adapun sejumlah saham yang ia rekomendasikan untuk dikoleksi, seperti PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk atau ICBP yang pada pekan lalu ditutup menguat 0,22 persen ke posisi 11.200.

Kemudian, Riska juga merekomendasikan saham emiten perbankan, yakni PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang melemah 1,08 persen ke posisi 6.125 pada pekan lalu.

Saham perbankan lain yang ia rekomendasikan adalah PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS). BRIS melemah 0,6 persen ke posisi 1.650 pada pekan lalu.

Selanjutnya, ada PT Astra International Tbk atau ASII yang menguat 1,53 persen ke posisi 6.625 pada pekan lalu.

Terakhir, Riska merekomendasikan emiten sektor ritel, yakni PT Map Aktif Adiperkasa Tbk atau MAPA yang melemah 3,7 persen ke posisi 780 pada pekan lalu..

Lihat Juga :
Menaksir Gaji Ahok Kalau Jadi Dirut Pertamina

Saham Tambang Juga Cuan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

penghancur proses

cara cicil hp di lazada
Arsitek jembatan lengkung (longspan) Gatot Subroto-Kuningan LRT Jabodebek Arvilla Delitriana angkat suara mengenai tudingan proyek tersebut salah desain.
Arsitek jembatan lengkung (longspan) Gatot Subroto-Kuningan LRT Jabodebek Arvilla Delitriana angkat suara mengenai tudingan proyek tersebut salah desain. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra).
Jakarta, CNN Indonesia--

Arsitekjembatan lengkung (longspan) Gatot Subroto-Kuningan LRT Jabodebek Arvilla Delitriana angkat suara mengenai tudingan proyek tersebut salah desain.

Wanita yang akrab disapa Dina ini menegaskan perencanaan proyek tersebut sudah dilakukan dengan baik dan tidak ada kesalahan dalam perancangan.

"Tidak ada salah desain, tidak ada salah perkiraan, semua sudah direncanakan dengan baik," ujar Dina saat diwawancara CNN Indonesia Bisnis & Referensi pada Selasa (8/8).

"Kecepatan itu sangat tergantung dari trase yang dilewati, apakah trase jalan, trase jembatan, atau track. Trase sangat terkait dengan lingkungan di sekitarnya," terangnya.

"Ada ahlinya yang sudah merancang sedemikian rupa supaya trase LRT Kuningan ini bisa dilewati oleh LRT yang sudah memenuhi syarat-syarat tertentu untuk kecepatan. Kami sebagai perencana jembatan menyesuaikan hal tersebut," sambungnya.

Dina juga memastikan komunikasi antar berbagai pihak terkait sudah dilakukan dengan baik.

Lihat Juga :
Menhub Akan Undang Konsultan untuk Cek LRT Jabodebek

"Selalu ada pembahasan mengenai kriteria desain, jembatan ini mau berfungsi sebagai apa kemudian nanti apa yang akan lewat, berapa kecepatannya itu sudah dibahas di awal," ujarnya.

Sebagai perencana jembatan, ia menilai lebih sulit untuk merancang jembatan yang lengkungnya kecil. Namun, untuk proyek ini, dari awal disampaikan bahwa kondisi terbatas. Apabila ingin lengkung besar maka ada kendala pembebasan lahan.

"Gedung-gedung di sekitar harus menyingkir dulu. Saya yakin pembebasan lahannya pasti akan sangat mahal," ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga memastikan keamanan dari jembatan lengkung itu. Dalam pembangunan, jembatan itu dirancang untuk bisa dilewati LRT dengan kecepatan sekitar 35 km per jam. Selain itu, serangkaian uji coba, termasuk dengan beban, yang melibatkan pihak kompeten juga sudah dilakukan.

Lihat Juga :
ANALISISPahami Rambu-rambu Kripto agar Tak Terlilit Utang dan Jadi Kriminal

"Disampaikan ke kami itu (kecepatan) sekitar 35 km per jam, aturan untuk lengkung seperti ini, tetapi ada faktor-faktor lain terkait safety, yang sepahaman kami ini dari LRT yang paham, mungkin ada softwarenya, sehingga disepakati 20 km per jam," ujarnya.

Kesalahan desain LRT Jabodebek disampaikan oleh Kartika Wirjoatmodjo Selasa (1/8) lalu.

"Itu salah desain karena dulu Adhi sudah bangun jembatannya, dia tidak mengetes sudut kemiringan keretanya. Jadi sekarang kalau belok harus pelan sekali, karena harusnya lebih lebar tikungannya," kata Tiko seperti dikutip dari detik.com.

"Kalau tikungannya lebih lebar dia bisa belok sambil speed up, karena tikungannya sekarang udah terlanjur dibikin sempit, mau enggak mau keretanya harus jalan hanya 20 km per jam, pelan banget," tambahnya.

Lihat Juga :
Pemprov DKI Beri Keringanan Bayar PBB Sampai Akhir Tahun

Lanjutnya, hal itu terjadi karena pembangunan prasarana tidak berkomunikasi dengan pihak yang membangun sarananya.

Selain desain, Tiko juga menyebut LRT Jabodebek memiliki 2 masalah lain. Pertama terkait ketersediaan sistem integrator.

Ia mengatakan ada enam komponen dalam proyek LRT Jabodebek.

Mereka adalah prasarana yang disiapkan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk, kereta yang disiapkan oleh PT INKA (Persero), software development yang digarap oleh Siemens, persinyalan oleh PT Len Industri (Persero), dan lain-lain.

Namun, Tiko mengatakan tidak ada sistem integrator pada proyek ini. Padahal, pada proyek besar seharusnya ada.

"Jadi semua komponen project ini berjalan liar, tanpa ada integrator di tengah," katanya.

Untuk mengatasi masalah ini, ia sudah membuat project management office (PMO). PMO ia tugaskan untuk memastikan integrasinya tercipta.

Masalah kedua terkait spesifikasi kereta yang digunakan dalam proyek LRT. Ia sempat menerima keluhan dari Siemens. Hal itu lantaran spesifikasi kereta antara satu dengan yang lain berbeda-beda.

"Siemens suatu hari call meeting, komplain sama saya 'Pak ini software-nya naik cost-nya, kenapa, spec keretanya INKA ini baik dimensi, berat maupun kecepatan dan pengeremannya berbeda-beda satu sama lain' Jadi 31 kereta beda spesifikasinya semua, jadi software-nya mesti dibikin toleransinya lebih lebar supaya bisa meng-captureberbagai macam spesifikasi tadi itu," paparnya.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)