petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

slot qris

rtp pedro4d 889Jutaan kata 720644Orang-orang telah membaca serialisasi

《slot qris》

Eksportir Bisa Potong Gaji Buruh 25 Persen Maksimal 6 Bulan******

Kemnaker memperbolehkan eksportir memotong gaji pekerjanya sampai 25 persen, dengan jangka waktu maksimal enam bulan.
Kemnaker memperbolehkan eksportir memotong gaji pekerjanya sampai 25 persen, dengan jangka waktu maksimal enam bulan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Elisa Valenta Sari)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memperbolehkan eksportirmemotong gajipekerjanya sampai 25 persen, dengan jangka waktu maksimal enam bulan.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 5 Tahun 2023 tentang Penyesuaian Waktu Kerja dan Pengupahan Pada Perusahaan Industri Padat Karya Tertentu Berorientasi Ekspor yang Terdampak Perubahan Ekonomi Global.

"Dan ini hanya enam bulan. Jangan dipikir ini berlaku forever. Ini berlaku hanya enam bulan saja," ujar Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI Jamsos) Indah Anggoro Putri dalam konferensi pers, Jumat (17/3).

Ada lima industri yang diperbolehkan memotong gaji karyawan sampai 25 persen, yakni industri tekstil dan pakaian jadi, alas kaki, kulit dan barang kulit, furnitur, dan industri mainan anak.

"Jadi sekali lagi, tidak semudah itu semua pabrik buruh boleh melakukan penyesuaian gaji upah, boleh memotong gaji, upahnya, akibat terbit Permen ini. Nggak semudah itu," jelasnya.

Ada tiga syarat yang ditetapkan Kemnaker untuk industri bisa melakukan pemotongan gaji. Pertama, industri tersebut memiliki minimal 200 orang pekerja.

Kedua, persentase biaya tenaga kerja terhadap biaya produksi minimal sebesar 15 persen. Ketiga, barang produksi bergantung pada permintaan pesanan dari Amerika Serikat (AS) dan negara di benua Eropa, yang dibuktikan dengan surat permintaan pesanan.

Sedangkan, prosedur penyesuaian upah yang digunakan sebagai dasar perhitungan adalah nilai upah terakhir sebelum pemotongan.

Kemnaker pun memastikan akan terus mengawasi pelaksanaan aturan ini agar tidak ada buruh yang dirugikan. Pengawasan dilakukan bekerja sama dengan berbagai pihak.

"Tidak hanya kami, serikat pekerja, serikat buruh di setiap perusahaan pun juga harus mengawasi implementasinya. Apakah sudah sesuai dengan Permen 5/2023 ini atau tidak," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pop)

Mitratel Cetak Laba Bersih Rp1,79 Triliun Pada 2022******

Mitratel membukukan laba Rp1,79 triliun pada 2022 usai perusahan melakukan serangkaian akuisisi menara dan fiber optik pada tahun lalu.
Mitratel membukukan laba Rp1,79 triliun pada 2022 usai perusahan melakukan serangkaian akuisisi menara dan fiber optik pada tahun lalu. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (Mitratel) Theodorus Ardi Hartoko mengatakan perusahaannya mencatatkan lababersih Rp1,79 triliun pada 2022. Laba ini melonjak 29,3 persen dari periode yang sama pada 2021 (year on year), yaitu sebesar Rp 1,38 triliun.

Selain itu, ia melaporkan pendapatan Mitratel tumbuh 12,5 persen dan EBITDA 18,5 persen.

Menurutnya, manajemen berhasil meletakkan fundamental keuangan yang sehat dan kuat, dengan melakukan serangkaian akuisisi menara dan fiber optik dengan total investasi Rp9,3 triliun di 2022.

Teddy menyampaikan Mitratel juga memiliki utang yang rendah, terlihat dari rasio debt to equityyang hanya 0,45 kali. Menurutnya, seluruh utang pada tahun buku 2022 merupakan pinjaman bersih tanpa agunan, dengan rata-rata maturitas atau jatuh tempo 5,5 tahun.

Rangkaian akuisisi itu juga menambah penguasaan aset menara Mitratel menjadi 35.418 unit. Dampaknya, ada peningkatan porsi penyewaan menara (tower leasing) dari 79 persen atau Rp5,4 triliun menjadi 82 persen atau setara Rp6,37 triliun.

Mitratel juga menambah 6.000 aset menara, membangun produk baru berupa jaringan fiber to tower sepanjang 10 ribu km.

Menurut Teddy, bisnis menara di Indonesia masih memiliki ruang pertumbuhan yang tinggi. Hal ini didasari beberapa faktor seperti rasio densitas menara terhadap penduduk yang masih sangat rendah, hingga penetrasi 5G yang akan mencapai 27 persen pada 2025.

Ia menargetkan pertumbuhan pendapatan 2023 sebesar 11 persen. Selain itu, Mitratel tetap menjalankan strategi pertumbuhan bisnis dengan melanjutkan mengakuisisi 1.500 menara serta membangun jaringan fiber optik sepanjang 13 ribu km, dengan total belanja modal dianggarkan sekitar Rp7 triliun.

"Kami juga melihat potensi pertumbuhan yang tinggi akan datang dari para operator selular seiring kebutuhan ekspansi mereka ke luar Pulau Jawa," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(fra/pta)

[Gambas:Video CNN]

Pilihan Saham Cuan Pekan Ini, 2 Sektor Bisa Dilirik******

Analis menyebut saham di dua sektor; komoditas dan kesehatan akan berkilau pada pekan ini meskipun mendapat tantangan dari masalah perbankan yang terjadi di AS.
Analis menyebut saham di dua sektor; komoditas dan kesehatan akan berkilau pada pekan ini meskipun mendapat tantangan dari masalah perbankan yang terjadi di AS. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

IndeksHarga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 6.678 pada Jumat (17/3). IHSG menguat sebesar 112,51 poin atau 1,71 persen dari perdagangan sebelumnya.

Berdasarkan data dari RTI, dalam sepekan lalu asing tercatat melakukan aksi jual bersih (net sell) Rp724,31 miliar. Aksi jual merata di seluruh sektor perdagangan.

Adapun rata-rata transaksi pada pekan ketiga Maret kemarin sebesar Rp12,62 triliun. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan pekan sebelumnya yang hanya Rp8,88 triliun.

Menurutnya, pergerakan IHSG ini dipengaruhi oleh sejumlah sentimen. Pertama, uang beredar M2 Indonesia yang pada Februari 2023 diperkirakan bakal tumbuh positif secara tahunan, meski di tengah pengetatan kebijakan moneter.

"Ini bakal menjadi sentimen positif untuk IHSG karena masih adanya kenaikan kredit dan pengeluaran konsumen," ujar Audi kepada CNNIndonesia.com.

Kedua, rilis keputusan suku bunga the Fed pada pertemuan Maret 2023 yang memberikan sentimen negatif untuk pasar karena dikhawatirkan semakin meningkatkan efek domino terhadap sistem perbankan AS dan ekonomi global.

Apalagi, setelah Silicon Valley Bank ambruk, muncul masalah baru dari Credit Suisse Bank. Masalah itu menandakan risiko gagal bayar bank telah melonjak ke tingkat krisis. Serta First Republic bank yang dipicu oleh runtuhnya dua pemberi pinjaman menengah AS lainnya selama sepekan terakhir.

Hal tersebut membuat volatilitas pasar obligasi meningkat tajam dengan mencapai ke level tertinggi sejak krisis keuangan 2008 serta imbal hasil US Treasury 2 tahun telah anjlok lebih dari 100 bps dalam satu setengah minggu.

Gejolak perbankan ini membuat banyak investor beralih ke safe heaven.  Maka tak heran harga emas naik 3,6 persen menjadi 1.988 per ons pada Jumat, tertinggi sejak April 2022, dan menuju kenaikan mingguan 6,44 persen, tertinggi dalam 4,5 bulan.

[Gambas:Video CNN]

Ketiga,indikasi resesi yang makin meningkat tercermin dari pandangan proyeksi ekonomi dan kebijakan the Fed. Ia mengatakan jika terjadi perubahan kebijakan menjadi dovish, maka itu akan mempengaruhi pergerakan market global termasuk IHSG.

"Kami melihat efek domino akibat dari kebijakan moneter yang ketat kian meluas serta indikasi resesi kian meningkat," imbuhnya.

Meski demikian, Audi menilai masih ada beberapa sektor yang bisa dipertimbangkan untuk dikoleksi oleh investor. Setidaknya ada dua sektor bisa dikoleksi, yakni bahan dasar karena kenaikan harga komoditas dan kesehatan karena pergerakannya secara teknikal sangat potensial.

Pekan ini, Audi merekomendasikan empat saham yang bisa dipilih oleh investor. Rinciannya adalah ANTM (trading buy) di rentang Rp1.815-Rp2.070, MDKA (BoB 3.930) di rentang Rp3.690-Rp4.180, KLBF (speculative buy) di rentang Rp2.140-Rp2.390, dan SMGR (speculative buy) di rentang Rp5.850-Rp6.600.

Lihat Juga :
Aturan Baru Sri Mulyani: PNS Wafat Dapat Asuransi Kematian Rp8 Juta

Senada, Associate Director PT Universal Broker Indonesia Sekuritas Hadrian Maynard Taslim juga melihat IHSG bakal menguat ke level 6.543-6558 pada pekan ini.

Dari dalam negeri, penguatan akan ditopang pengumuman kinerja dan pembagian dividen empat bank besar.

Kemudian, ada juga sentimen dari kebijakan normalisasi jam perdagangan di awal April 2023. Perubahan ini akan memberikan jam perdagangan yang lebih panjang untuk para investor bertransaksi sehingga diharapkan bertambahnya likuiditas pasar modal.

Sedangkan, sentimen dari global pekan ini akan dipengaruhi oleh Federal Open Market Committee (FOMC) Economic Projection dari The Fed dan pengumuman suku bunga bank sentral AS itu pada Kamis, 23 Maret 2023 dini hari (Jumat WIB).

Berdasarkan konsensus Trading Economics, suku bunga The Fed diperkirakan naik 25 bps (basis poin) ke 5 persen dari sebelumnya 4,75 persen. Perkiraan suku bunga ini tentu akan dicermati investor dan bakal dampaknya terhadap likuiditas perbankan AS yang mengalami krisis seperti SVB (Silicon Valley Bank) dan Signature Bank.

Lihat Juga :
Mandor Masjid Zayed Lunasi Utang ke Warung Sambil Minta Maaf ke Gibran

"Hal ini berdampak juga ke Credit Suisse Bank dan memicu kekhawatiran investor," imbuhnya.

Dengan adanya sentimen positif dari dalam negeri, dan volatilitas dari luar negeri ini, maka Hadrian menyarankan agar investor mencermati pergerakan saham yang ingin dikoleksi.

Menurutnya, untuk pekan ini sektor saham yang bisa dikoleksi oleh investor adalah sektor energi dan keuangan. Sedangkan, sektor yang perlu dipilih secara cermat dan hati-hati adalah properti dan teknologi yang masih menguji level supportnya dan belum bisa keluar dari downtrend atau tren penurunan.

Atas sentimen-sentimen itu, Hadrian merekomendasikan beberapa saham pilihan. Berikut rinciannya;

Lihat Juga :
Hari Raya Nyepi, Mesin ATM di Bali Nonaktif Mulai Selasa 21 Maret

A. ANTM

Trading buy entry area: Rp1.860-Rp1.895
Target: Rp1.950-Rp2.110
Support: Rp1.760-Rp1.805

B. INCO

Trading buy entry area: Rp6.250-Rp6.350
Target: Rp6.550-Rp6.925
Support: Rp5.750-Rp6.000

B. ITMG

Trading buy entry area: Rp38.900-Rp39.150
Target: Rp41.400-Rp42.350
Support: Rp36.725-Rp37.100.

Lihat Juga :
Luhut soal Kades Minta Dana Desa Jadi Rp300 T: Jangan Picu Pertikaian
(agt/agt)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:rajanyapoker

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
rtp sarang777
bola erek erek
situs gacor mudah jp
daftar pinjaman di akulaku
98toto
kingplay77 website
malam 88 slot login
raja paito sydney
bocoran jam gacor slot olympus
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs paling gacor
Bab 2 slot368
Bab 3 prediksi togel indiana evening
Bab 4 slot demo 86
Bab 5 bidadari slot
Bab 6 kode alam cicak kawin
Bab 7 nyicil di shopee
Bab 8 link resmi slot
Bab 9 situs slot mudah menang
Bab 10 tafsir mimpi 00 sampai 99
Bab 11 pinjaman online mudah cair 2022
Bab 12 suara4d
Bab 13 prediksi maroko togel 18.00
Bab 14 cara pinjam uang di neo
Bab 15 kumpulan situs mpo bonus 100
Bab 16 macou
Bab 17 situs slot terbaik indonesia
Bab 18 lebah4d
Bab 19 dana coin pinjol
Bab 20 slot 128
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8141bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Cincin bela diri abadi

ilegal pinjol
Indeks harga saham gabungan (IHSG) melemah 0,94 persen ke 6.565 pada Kamis (16/3) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) melemah 0,94 persen ke 6.565 pada Kamis (16/3) sore. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.565 pada Kamis (16/3). Indeks saham melemah 62,40 poin atau minus 0,94 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10,27 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 17,55 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 97 saham menguat, 473 terkoreksi, dan 130 lainnya stagnan. Terpantau sembilan dari sebelas indeks sektoral melemah, dipimpin sektor energi yang anjlok 2,85 persen.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia mayoritas melemah. Tercatat, indeks Nikkei 225 di Jepang minus 0,80 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong turun 1,78 persen, dan indeks Kospi di Korea Selatan minus 0,08 persen.

Bursa saham Eropa juga terpantau ambruk. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris minus 3,83 persen, indeks CAC 40 di Prancis turun 3,58 persen, dan indeks DAX di Jerman melemah 3,27 persen.

Tak beda jauh, bursa Amerika juga lesu. Indeks S&P 500 turun 0,70 persen, indeks NYSE melemah 1,89 persen, dan indeks NASDAQ Composite plus 0,05 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Pegadaian kecil Wanjie

game gacor malam ini
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan LRT Jabodebek bakal mulai beroperasi pada kuartal III 2023.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan LRT Jabodebek bakal mulai beroperasi pada kuartal III 2023. ( Dok. Istimewa).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan LRTJabodebek bakal mulai beroperasi pada kuartal III 2023. Saat ini progres pembangunan LRT disebut telah mencapai 90 persen.

"Untuk LRT Jabodebek saya bisa melaporkan sekarang sudah 90 persen dan mudah-mudahan di kuartal III ini bisa mulai operasi," kata Erick dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR, Senin (20/3).

Pada Januari lalu, progres pembangunan LRT Jabodebek dilaporkan telah mencapai 88,38 persen. Manager Public Relation LRT Jabodebek Kuswardojo mengungkapkan layanan transportasi publik itu ditargetkan rampung mulai beroperasi pada Juli tahun ini.

Kuswardojo memaparkan LRT Jabodebek akan dioperasikan menggunakan sistem Communication-Based Train Control (CBTC)dengan Grade of Automation (GoA) level 3.

Sistem CBTC merupakan sistem pengoperasian kereta berbasis komunikasi, sehingga sistem dapat mengoperasikan kereta dan memproyeksikan jadwal secara otomatis dari pusat kendali operasi serta tanpa masinis.

"Walau tanpa masinis, perjalanan LRT Jabodebek tetap terdapat petugas yang disebut train attendantuntuk memberikan pelayanan kepada pelanggan dan jika dibutuhkan untuk penanganan dalam kondisi darurat," ungkapnya melalui keterangan resmi, Jumat (13/1).

Dalam melayani masyarakat, kata dia, LRT Jabodebek akan mengoperasikan 31 trainset atau rangkaian. Adapun setiap trainset terdiri atas enam kereta. LRT Jabodebek pun mampu mengangkut 1.308 penumpang.

Dalam operasionalnya, LRT Jabodebek menerapkan sistem cashless menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) Transportasi yang sudah ada, misalnya KMT, Kartu Uang Elektronik ataupun dompet digital alias e-wallet.

"KAI juga menyiapkan petugas pengawas stasiun, petugas loket, passanger service, cleaning service, petugas kesehatan dan security untuk mengoptimalkan pelayanan pada pelanggan di semua stasiun LRT Jabodebek," kata Kuswardojo.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Buku Harian Masalah Aize

demo slot solo to
Satu hari menjelang Ramadan 2023 sejumlah pedagang di pasar Palmerah, Jakarta Barat mengeluhkan sulitnya mendapat setok minyak goreng kemasan Minyakita.
Pedagang Pasar Palmerah keluhkan stok Minyakita yang menipis jelang Ramadan 2023. (CNN Indonesia/Chandra Erlangga)
Jakarta, CNN Indonesia--

Satu hari menjelang Ramadan 2023atau 1444 Hijriah sejumlah pedagang di pasar Palmerah, Jakarta Barat mengeluhkan sulitnya mendapat setok minyak goreng kemasan Minyakita.

Syaiful (47) salah satu pedagang sembilan bahan pokok (sembako) mengeluhkan sudah dua minggu pihak distributor tak kunjung mengirim stok Minyakita.

Lihat Juga :
Penumpang Pesawat Diprediksi Tembus 8,6 Juta Selama Mudik Lebaran

[Gambas:Video CNN]

Senada dengan Syaiful, salah satu pedagang sembako lainnya Rahmadi (54) mengaku sudah memesan Minyakita sejak seminggu lalu ke pihak sales.

Namun hingga kini minyak tak kunjung datang. Di tokonya, hanya tersisa tiga kemasan Minyakita berukuran 1 liter yang dijual Rp16 ribu.

Lihat Juga :
Fakta-fakta Laporan PPATK soal Transaksi Janggal ke Kemenkeu

"Sudah seminggu enggadatang. Biasanya order dua hari tiga hari sudah datang. Paling saya nanti cari di agen," ujar dia kepada CNNIndonesia.com, Rabu (22/3).

Namun ia mengeluhkan jika membeli Minyakita di agen, pihak agen kerap mewajibkan untuk membeli bahan pokok lain.

"Kalau di agen misalnya mau beli Minyakita, kita harus beli barang lainnya. Rata-rata begitu kalau beli di agen, harus beli mentega atau beli juga soun," ujarnya.

Lihat Juga :
Libur Nyepi, Jasa Marga Prediksi 899 Ribu Kendaraan Keluar Jabodetabek

Ia menjelaskan saat ini minyak goreng kemasan dengan berbagai merek masih melimpah. Harganya bervariasi mulai dari Rp16 ribu per liter hingga Rp 20ribu per liter.

"Minyak lainnya banyak. Curah masih masuk. Tapi jarang orang beli, semua pindah ke kemasan," tutupnya.

(bac/bac)

[Gambas:Video CNN]

Saya telah menutup telepon selama puluhan juta tahun

rtp pedro4d
IHSG diprediksi menguat dalam jangka pendek. Namun penguatan bisa terjadi bila indeks bisa terjaga di atas level 6.543.
IHSG diprediksi menguat dalam jangka pendek. Namun penguatan bisa terjadi bila indeks bisa terjaga di atas level 6.543. ( ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi melanjutkan penguatan pada Selasa (21/3).

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan potensi itu terjadi karena indeks masih mempertahankan peluang melanjutkan uptrend jangka pendek. Namun itu bisa terjadi apabila indeks bisa terjaga di atas level 6.543.

Jika yang terjadi sebaliknya, maka kemungkinan IHSG kembali melemah.

Atas sentimen itu, Ivan merekomendasikan beberapa saham pilihan, seperti; ASII (trading buy), BBNI (accumulative buy), ESSA (buy on weakness), GOTO (buy on weakness), dan INDF (buy on weakness).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan IHSG masih terlihat betah dalam masa konsolidasi setelah melemah cukup besar sejak bulan lalu. Karenanya, pergerakannya juga masih akan terbatas apalagi sejumlah sentimen negatif masih membayangi.

Ia memproyeksikan IHSG bakal bergerak di rentang 6.598-6.732 pada hari ini.

Lihat Juga :
Menkeu Ungkap Dua Figur Punya Transaksi Jumbo Triliunan Rupiah

"IHSG masih dibayangi dengan potensi tekanan yang masih cukup besar dalam rentang jangka pendek," ujarnya 

Namun, ia mengatakan momentum pelemahan ini  bisa dimanfaatkan dengan baik oleh investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target investasi jangka panjang. Sebab, capital inflowsecara year to date masih akan menopang pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang.

Karenanya, William merekomendasikan sejumlah saham untuk dikoleksi, yakni ICBP, ASII, TBIG, BBCA, AALI, ASRI, INDF, dan AKRA.

IHSG ditutup di level 6.612 pada Senin (20/3). Indeks saham melemah 65 poin atau 0,98 persen dari perdagangan sebelumnya.

[Gambas:Video CNN]

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp7,48 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 18,73 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 175 saham menguat, 346 terkoreksi, dan 189 lainnya stagnan.

Terkoreksinya IHSG ini terpantau juga dari 11 sebelas indeks sektoral, hanya satu yang menguat yakni kebutuhan dasar plus 0,38 persen. Sedangkan, 10 sektor lainnya melemah dipimpin oleh teknologi minus 3,47 persen.

(ldy/agt)

teramat

paito 3d
SEHATI yang digelar di Gedung Menara PNM, Jakarta, sekaligus menjadi ajang silaturahmi yang meningkatkan keakraban dan keharmonisan antara keluarga insan PNM.
PNM menggelar Sehat Bersama Insan PNM atau SEHATI PNM yang merupakan bagian kampanye #AKSIPNM di Gedung Menara PNM, Jakarta, pada Sabtu (18/3). (Foto: Arsip PNM)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menggelar Sehat Bersama Insan PNM atau SEHATI PNM yang merupakan bagian kampanye #AKSIPNM di Gedung Menara PNM, Jakarta, pada Sabtu (18/3).

SEHATI sekaligus menjadi ajang silaturahmi, yang meningkatkan keakraban dan keharmonisan antara keluarga insan PNM. Anak dan pasangan karyawan PNM pun terlibat dalam berbagai kegiatan, seperti olahraga bersama, menyaksikan penampilan musik, mengunjungi bazaar UMKM, hingga cek kesehatan gratis.

Arief Mulyadi selaku Direktur Utama PNM juga turut hadir. Saat itu, Arief menyapa hangat seluruh keluarga karyawan.

(rea/rea)

Tuan Perang Penciptaan

tango77
PT Angkasa Pura I (AP I) dan PT Angkasa Pura II (AP II) memprediksi penumpang pesawat tembus 8,6 juta orang selama periode mudik Lebaran 2023.
PT Angkasa Pura I (AP I) dan PT Angkasa Pura II (AP II) memprediksi penumpang pesawat tembus 8,6 juta orang selama periode mudik Lebaran 2023. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Angkasa PuraI (AP I) dan PT Angkasa Pura II (AP II) memprediksi penumpang pesawattembus 8,6 juta orang selama periode mudik Lebaran 2023.

Jumlah tersebut terbagi atas 3,38 juta penumpang yang dilayani AP I dan 5,24 juta penumpang oleh AP II.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan pihaknya memprediksi puncak arus mudik terjadi pada 18 April 2023 dan arus balik pada 26 April. Sementara trafik penerbangan diproyeksikan mencapai 27.510 penerbangan atau naik sekitar 28 persen.

Awaluddin memproyeksikan puncak arus mudik akan terjadi pada 21 April 2023 yang diperkirakan akan ada 281.261 penumpang. Sementara arus balik akan terjadi pada 30 April 2023 yang diproyeksikan akan melayani 257.671 penumpang.

Kemudian trafik pergerakan pesawat diprediksi akan mencapai 36.585 penerbangan atau naik sekitar 11 persen. Untuk jam operasional bandara, Awaluddin mengatakan bandara AP II sangat fleksibel dan bisa beroperasi lebih pagi atau lebih malam untuk melayani pemudik.

"Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) dan Bandara Kualanamu (Deli Serdang) tetap beroperasi 24 jam setiap harinya, begitu juga dengan Bandara Halim Perdanakusuma yang dipersiapkan beroperasi 24 jam. Bandara-bandara ini diperkirakan akan menjadi yang paling sibuk selama Angkutan Lebaran 2023," ujar Awaluddin dalam keterangan resmi, Selasa (22/3).

Sementara itu, Direktur Operasi AirNav Indonesia Mokhammad Khatim memastikan siap melayani trafik mudik Lebaran 2023. Khatim memproyeksikan akan ada 4.900 penerbangan.

"SDM dan fasilitas kami siap. Kami juga menyiapkan sistem kami untuk mengantisipasi cuaca dan proteksi petir yang menimbulkan gangguan," kata Khatim.

Khatim menambahkan penerbangan di Surabaya, Yogyakarta, dan Semarang diprediksi berkurang. Hal itu disebabkan karena operasional tol yang sudah memadai dan bisa menjadi pilihan bagi pemudik.

Ia menegaskan AirNav juga siap melayani penerbangan tambahan pada masa mudik tahun ini. Khatim memastikan ada beberapa bandara yang tidak beroperasi 24 jam dan melebihi 24 jam sesuai trafik penerbangan.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr/bac)

[Gambas:Video CNN]