petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

mantap 88 slot

makan besar erek erek 360Jutaan kata 126015Orang-orang telah membaca serialisasi

《mantap 88 slot》

Luhut Mulai Kembali Ngantor di Kemenko Marves, Belum Full Time******

Purbaya mengatakan Menko Marves Luhut mulai kembali ngantor di Jakarta, meski belum secara penuh, usai jalani perawatan di Singapura.
Purbaya mengatakan Menko Marves Luhut mulai kembali ngantor di Jakarta, meski belum secara penuh, usai jalani perawatan di Singapura. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sudah kembali ke Jakarta dan bekerja di kantornya. Namun, Luhut dipastikan belum bekerja secara penuh atau full time.

Kabar kembalinya Luhut disampaikan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa, sekaligus salah satu orang terdekat Luhut. Ia menjabat deputi bidang koordinasi kedaulatan maritim dan energi Kemenko Marves pada 2018-2020.

Lihat Juga :
Erick Masih Menko Marves Ad Interim Meski Luhut Sudah Balik ke RI

Kendati, Purbaya mengaku belum sempat bertemu Menko Marves Luhut di Jakarta. Ia sebelumnya hanya menyambangi Luhut saat masih perawatan di Singapura.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, dua deputi Kemenko Marves membenarkan keberadaan Luhut yang sekarang sudah tak lagi dirawat di Singapura.

[Gambas:Video CNN]



"(Pak Luhut) sedang di Jakarta," kata Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (16/12).

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto juga memberikan informasi serupa dengan Rachmat.

Namun, keduanya belum menjelaskan lebih rinci Luhut masih perlu kembali ke Singapura atau tidak setelah itu.

Pilihan Redaksi
  • Luhut Is Back, Langsung Hadiri Pelantikan Menantu Jadi KSAD di Istana
  • Luhut Belum Bisa Menetap di RI Karena Masih Harus Kontrol-Fisioterapi

Momen itu bukan kepulangan pertama Luhut ke Jakarta usai sekitar sebulan jalani perawatan di Singapura. Pada Rabu (29/11), Luhut hadir langsung dalam pelantikan menantu, Jenderal Maruli Simanjuntak, jadi KSAD di Istana Negara.

Namun, Juru Bicara Kemenko Marves Jodi Mahardi mengatakan Luhut kala itu langsung kembali ke Singapura untuk melanjutkan perawatan, tepat sehari setelah pelantikan tersebut.

"Beliau (Luhut) sudah membaik kondisinya, recovery-nya bagus, tapi masih harus kontrol ke dokter. Jadi, masih di sana (Singapura) sementara waktu. Ya, fisioterapi antara lain. Terus saja kontrol dengan dokter," kata Jodi saat dikonfirmasi di hari pelantikan Maruli.

"Belum ada info (kapan Luhut bisa menetap permanen di Indonesia), tergantung pemulihan kesehatannya beliau. Enggak, enggak ada (agenda mampir ke Kantor Kemenko Marves), hanya untuk agenda pelantikan Pak Maruli saja. Agenda internal keluarga saja nanti," sambungnya.



(skt/chri)

Menakar Dampak Ekonomi dari Perputaran Uang Lebaran Rp157 T******

Ekonom menilai perputaran uang lebaran yang diperkirakan mencapai Rp157 triliun akan mengerek laju ekonomi paruh pertama 2024.
Ekonom menilai perputaran uang lebaran yang diperkirakan mencapai Rp157 triliun akan mengerek laju ekonomi paruh pertama 2024. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Momen Lebaran akan segera tiba. Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia memperkirakan perputaran uang selama libur lebaran 2024 mencapai Rp157,3 triliun. Nilai ini dengan perhitungan jumlah pemudik yang akan mencapai 193 juta.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang mengatakan berdasarkan data Kementerian Perhubungan jumlah pemudik tahun ini naik menjadi 193,6 juta orang, dengan perkiraan per keluarga menghabiskan Rp3,2 juta.

"Dengan jumlah pemudik mencapai 193,6 juta orang, jika jumlah per keluarga dirata-ratakan 4 orang, maka jumlah pemudik setara dengan 48,4 juta keluarga. Dengan asumsi setiap keluarga membawa uang rata rata Rp3,25 juta, maka perputaran uang selama Ramadan dan Idulfitri 1445 H, tahun ini diperkirakan mencapai Rp157,3 triliun," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (4/4).

Lantas berapa besar pengaruh perputaran uang saat Lebaran terhadap perekonomian?

Ekonom LPEM UI Teuku Riefky menilai biasanya pada kuartal yang terjadi momentum Ramadan dan Lebaran akan memiliki pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dari kuartal lain. Namun, karena Ramadan dan Lebaran kali ini terbagi antara kuartal I dan II, maka ia menilai dampaknya sebagian akan terealisasi di pertumbuhan ekonomi kuartal I.

"Untuk kuartal II kita estimasi di kisaran 5,1 persen sampai 5,2 persen," katanya kepada, Kamis (4/2).

Ia mengatakan pertumbuhan ekonomi akan didongkrak konsumsi rumah tangga yang meningkat saat Ramadan dan Lebaran. Apalagi pekerja mendapat tunjangan hari raya (THR).

Lihat Juga :
BEI Singgung Sidang Sengketa Pilpres di MK Bikin IHSG Loyo

Senada, Ekonom Indef Rizal Taufikurahman menilai peredaran uang yang meningkat saat Lebaran akan memicu menguatnya konsumsi masyarakat. Konsumsi masyarakat yang naik akan mendorong naiknya pertumbuhan ekonomi.

Namun, ia menilai peredaran uang yang tumbuh saat Lebaran tidak bisa dihindari akan menyebabkan naiknya harga barang dan jasa.

"Artinya akan menyebabkan naiknya harga barang dan jasa. Karena dalam jangka pendek volatilitas of money realitasnya konstan, hanya terdorong oleh konsumsi sektor transportasi," katanya.

Untuk kuartal II, Rizal memperkirakan pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dari kuartal I. Pemicunya terbesarnya adalah konsumsi masyarakat yang meningkat saat Lebaran. Mempertimbangkan hal tersebut, ia memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II menyentuh 5,3 persen.

Lihat Juga :
Luhut Bersuara soal Korupsi Timah yang Seret Suami Sandra Dewi

Namun, ia menilai tidak semua rumah tangga loyal dalam membelanjakan THR. Menurutnya, rumah tangga yang mendapatkan THR adalah mereka yang bekerja formal dan berpendapatan menengah ke atas.

"Artinya loyalitas masyarakat dalam membelanjakan THR ini tentu saja sangat cepat. Hanya saja tantangannya adalah rumah tangga berpendapatan menengah saja yang bisa menikmati THR," katanya.

Sementara itu, Direktur Celios Bhima Yudhistira memperkirakan perputaran uang selama Lebaran bisa menjaga konsumsi rumah tangga di kisaran 4,9 persen. Meski sifatnya temporer, momen Lebaran punya andil besar terhadap pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun.

Pasalnya uang dari pekerja di perkotaan, katanya, akan mengalir ke desa-desa dan menghidupi banyak lapangan pekerjaan terutama UMKM. Dengan begitu, konsumsi rumah tangga akan meningkat.

"Apalagi saat ini ekspor maupun investasi belum bisa terlalu diandalkan karena melambatnya pertumbuhan ekonomi mitra dagang, bayang-bayang resesi hingga suku bunga yang masih tinggi. Satu-satunya tumpuan PDB sisi pengeluaran yang harus dijaga adalah konsumsi rumah tangga," katanya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Demografi FEB UI I Dewa Gede Karma Wisana mengatakan jika dibandingkan dengan 2023 di mana tingkat konsumsi rumah tangga yang menjadi pendukung pertumbuhan ekonomi dari sisi pengeluaran tumbuh sebesar 5,23 persen pada kuartal II, maka pada kuartal II/2024 yang bersamaan dengan Lebaran diperkirakan akan tumbuh dengan level yang sama.

Ia memperkirakan ekonomi tumbuh di kisaran 5 persen pada kuartal II/2024. Kondisi itu didukung terutama oleh konsumsi dan belanja domestik.

"Jadi apabila mengikuti informasi bahwa Bank Indonesia telah menyiapkan uang beredar sebesar Rp197 triliun yang berarti meningkat sekitar 4,5 persen dari tahun sebelumnya maka ini akan memberikan sinyal perputaran uang yang meningkat cukup besar untuk memenuhi permintaan masyarakat serta tingginya mobilitas penduduk," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(sfr)

Astra Tol Cipali******

PT Lintas Marga Sedaya (Astra Tol Cipali) bersama Korlantas Polri meresmikan Command Center KM 188 di ex Kantor Gerbang Palimanan pada Senin (1/4).
PT Lintas Marga Sedaya (Astra Tol Cipali) bersama Korlantas Polri meresmikan Command Center KM 188 di ex Kantor Gerbang Palimanan pada Senin (1/4). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Lintas Marga Sedaya (Astra Tol Cipali) bersama Korlantas Polri meresmikan Command CenterKM 188 di ex Kantor Gerbang Palimanan. Command centeritu bertujuan sebagai lokasi pusat kendali operasional arus lalu lintas di wilayah Jawa Barat.

"Penggunaan kembali ex Kantor Gerbang Tol Palimanan ini merupakan salah satu bentuk sinergi ASTRA Tol Cipali dengan Korlantas Polri dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan. Dengan keberadaan Command Center di KM 188 Palimanan ini, kami harapkan informasi lalu lintas di Ruas Tol Cipali bisa ter-capturesecara real time," ungkap Direktur Operasional ASTRA Tol Cipali Rinaldi dalam keterangan resmi, Senin (1/4).

Penguatan sistem informasi melalui command center yang di inisiasi langsung oleh Korlantas Polri pada Nataru 2023 lalu ini disambut baik oleh perusahaan.

Astra Tol Cipali memastikan Command Center KM 188 tak hanya siap digunakan dari sisi prasarana saja untuk mendukung fungsinya sebagai pusat komunikasi dan koordinasi lalu lintas.

Dari sisi visual, pemantauan lalu lintas dapat terlihat melalui 9 wall yang berisikan CCTV Ruas Tol Cipali, CCTV Ruas Tol Cisumdawu, CCTV Ruas Tol Jasamarga, hingga dashboard informasi Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS) serta Monitoring Lalu Lintas Per Jam (MLPJ).

Sedangkan dari sisi komunikasi, Command Center KM 188 dilengkapi dengan meja operator radio oleh Polda Jabar yang berfungsi sebagai alat komunikasi utama antara petugas di Command Center dengan petugas yang berada di lapangan.

"Dengan fasilitas pendukung yang telah siap, ASTRA Tol Cipali yakin koordinasi pengaturan lalu lintas bersama dengan Korlantas Polri akan semakin optimal," tutup Rinaldi.

Agar perjalanan selama arus mudik dan balik lebaran 2024 berjalan lancar, perusahaan mengimbau pengguna jalan untuk memastikan pastikan kondisi kendaraan dan fisik pengemudi dalam kondisi yang prima.

Apabila kondisi fisik lelah dan telah mengemudi lebih dari 4 jam, segera beristirahat di 7 Rest Area Tol Cipali atau keluar gerbang tol terdekat untuk menikmati ragam kuliner dan fasilitas SPBU di 5 wilayah Tol Cipali tanpa tambahan biaya tol.

Bila pengguna jalan mengalami hambatan di sepanjang Ruas Tol Cipali, pengguna jalan dapat menghubungi petugas Traffic Monitoring Center (TMC) yang siap melayani pengguna jalan selama 24 jam melalui nomor +62-260-7600-600 atau 081 1234 7600. Pengguna jalan juga dapat mengetahui informasi terbaru mengenai lalu lintas melalui Instagram official Astra Tol Cipali (@astratolcipali).

[Gambas:Video CNN]



(asa/sfr)




bab terbaru:cara pinjam uang di m banking bca

Perbarui waktu:2024-06-30

Daftar bab terbaru
hobispin slot
gacor hari
slot 123 slot
prediksi togel sidney untuk hari ini
poker bonus new member
pola gacor zeus maxwin hari ini
pola gacor lucky lightning
sairsgp
duapoker
Daftar isi semua bab
Bab 1 jasadomino
Bab 2 slot gacor mudah scatter
Bab 3 julo ojk
Bab 4 login kredivo tanpa aplikasi
Bab 5 manilabet365
Bab 6 slot deposit 5000 pulsa
Bab 7 kta kilat online
Bab 8 emas188
Bab 9 slot bisa wd 20 ribu
Bab 10 cara pasang togel via online
Bab 11 qq333bet
Bab 12 bahagia4d
Bab 13 kesawanbola
Bab 14 gas slot login
Bab 15 suku bunga kredivo
Bab 16 sumo777
Bab 17 betting slot login
Bab 18 kasih menang slot
Bab 19 slot gacor gampang menang resmi
Bab 20 akunjp
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9697bab
takutBacaan TerkaitMore+

Dewa Tinju Xingyi

menang menang 88
Hamilton isyaratkan Vettel gantikan posisinya di Mercedes pada 2025
Pembalap Formula 1 tim Mercedes Lewis Hamilton. ANTARA/AFP-Andrej Isakovic/am.
Jakarta (ANTARA) - Pembalap Lewis Hamilton memberikan isyarat bahwa pembalap veteran Sebastian Vettel bisa saja menggantikan posisinya sebagai pembalap utama Mercedes pada musim 2025.

“Saya ingin Seb (Vettel) kembali. Saya pikir dia akan menjadi pilihan yang luar biasa bagi tim untuk memiliki pembalap yang memenangkan banyak kejuaraan dunia, seseorang yang memiliki nilai-nilai luar biasa untuk terus membawa tim ini maju… Saya akan senang jika dia kembali,” ungkap Hamilton, dikutip dari laman resmi Formula 1, Jumat.

Adapun Vettel mengakhiri karir gemilangnya di F1 pada akhir 2022 setelah mencatatkan hampir 300 start dan meraih empat gelar juara dunia, 53 kemenangan, 122 podium, 57 pole position, dan lebih dari 3.000 poin.

Vettel pun dirumorkan sudah berbicara dengan Kepala Tim Mercedes Toto Wolff baru-baru ini, meskipun belum ada kepastian mengenai hal apa yang mereka berdua diskusikan bersama.

Wolff sendiri memang sedang mencari pembalap untuk menemani George Russell mulai tahun depan, menyusul Hamilton yang akan pindah ke Ferrari menggantikan Carlos Sainz.

Baca juga: Tsunoda percaya diri hadapi balapan kandang di Suzuka

Dengan kembalinya pembalap veteran seperti Kimi Raikkonen, Michael Schumacher, dan Fernando Alonso setelah jeda panjang, Hamilton menilai F1 memiliki daya tarik tersendiri bagi para pembalap berpengalaman.

“Ini adalah olahraga terhebat di dunia dan merupakan pengalaman terhebat di dunia. Perasaan yang paling luar biasa bisa bekerja dengan sekelompok orang untuk memenangkan dan mencapai sesuatu,” kata Hamilton.

Berbicara mengenai sosok pembalap ideal yang menggantikannya di Mercedes, juara dunia tujuh kali itu tidak keberatan bila posisinya akan diisi oleh pembalap berpengalaman seperti Vettel atau pendatang baru seperti Andrea Kimi Anontelli

“Saya pikir satu-satunya hal yang benar-benar saya pedulikan adalah tim mengambil seseorang dengan integritas dan nilai-nilai yang selaras dengan tim,“ kata Hamilton.

“Saya yakin mereka (Mercedes) punya banyak pilihan. Saya pikir memberikan kesempatan kepada pembalap baru adalah hal yang baik, jadi gagasan untuk merekrut pemain muda, menurut saya adalah hal yang menarik,” imbuhnya.

Baca juga: Hamilton pertimbangkan tekuni dunia film setelah pensiun
Baca juga: Leclerc tak khawatir dengan masa depan Sainz setelah Ferrari

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Keabadian

liga 365
LRT Jabodebek mengalami gangguan operasional di Stasiun LRT Jabodebek Cikoko. Imbas gangguan, 18 perjalanan LRT tersendat.
LRT Jabodebek mengalami gangguan operasional di Stasiun LRT Jabodebek Cikoko. Imbas gangguan, 18 perjalanan LRT tersendat. (ANTARA FOTO/RIFQI RAIHAN FIRDAUS).
Jakarta, CNN Indonesia--

LRT Jabodebek mengalami gangguan operasional di Stasiun LRT Jabodebek Cikoko.

Gangguan operasional dialami TS 24 relasi Dukuh Atas -Harjamukti pada pukul 13.31. Ia mengatakan gangguan operasional itu dipicu kendala teknis pada sistem pengereman.

Lihat Juga :
Siapa Pemilik RBT, Penyeret Suami Sandra Dewi ke Kasus Korupsi Timah?

Ia menambahkan TS 24 yang mengalami gangguan sudah dievakuasi dan sedang dilakukan pemeriksaan serta evaluasi oleh tim KAI dan INKA. Saat ini perjalanan LRT Jabodebek sudah berangsur normal kembali, dan tim KAI sedang berupaya semaksimal mungkin untuk mengurangi kelambatan.

"Berkat kesigapan tim KAI dan INKA, TS 24 yang mengalami gangguan sudah dapat dievakuasi, dan saat ini sedang dalam perbaikan. Namun demikian, akibat gangguan tersebut masih akan berimbas pada kelambatan perjalanan LRT Jabodebek," ungkapnya.

[Gambas:Video CNN]



(agt/agt)

Armada Abyss EVE

kura kura 2d togel
Tarif Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Semarang dan sebaliknya diskon 20 persen saat periode Lebaran 2024. Tapi ada syarat untuk dapat diskon itu.
Tarif Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Semarang dan sebaliknya diskon 20 persen saat periode Lebaran 2024. Tapi ada syarat untuk dapat diskon itu. ( ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar).
Jakarta, CNN Indonesia--

Tarif Jalan Tol Trans Jawadari Jakarta menuju Semarang dan sebaliknya diskon 20 persen saat periode Lebaran2024.

Diskon berlaku untuk tarif jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group yaitu integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang, dan Jalan Tol Semarang Seksi ABC.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan diskon berlaku dengan sejumlah syarat. Yakni untuk semua semua golongan kendaraan dan hanya untuk kendaraan asal GT Cikampek Utama dan transaksi keluar di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada periode mudik mulai 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 5 April 2024 pukul 05.00 WIB.

"Potongan tarif ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (1/4).

Lisye mengatakan pemberian diskon untuk semua golongan kendaraan berfungsi untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas dan menghindari penumpukan kendaraan pada tanggal tertentu yang diprediksi menjadi arus puncak mudik dan balik. Jasa Marga sendiri memprediksi puncak arus mudik terjadi pada H-4 Lebaran atau 6 April di mana diperkirakan 259 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta.

Sedangkan arus balik diprediksi terjadi pada H+4 Lebaran atau 15 April dengan perkiraan 300 ribu kendaraan kembali ke Jakarta.

"Atas dasar tersebut, potongan tarif tol akan diberikan di luar waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik tersebut agar lalu lintas dapat terdistribusi dengan baik," ujar Lisye.

Jasa Marga mengimbau agar pengguna jalan mengatur kembali waktu perjalanan dengan menghindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan arus balik. Pengguna jalan juga diimbau menggunakan pemberlakuan diskon semaksimal mungkin.

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan agar menghindari perjalanan di waktu favorit, seperti sehabis waktu sahur atau berbuka puasa.

"Patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol. Gunakan waktu dengan bijak dengan tidak berlama-lama di rest area dan selalu menerapkan protokol kesehatan," tutup Lisye.

[Gambas:Video CNN]



(agt/agt)

Panggilan Sihir

erek erek 2d 37
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan tarif tol di luar Jawa akan didiskon 20 persen pada 5-19 April demi mendukung arus mudik dan balik lebaran.
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan tarif tol di luar Jawa akan didiskon 20 persen pada 5-19 April demi mendukung arus mudik dan balik lebaran. ( CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK)Muhadjir Effendy mengatakan tarifjalan toldi luar Pulau Jawa juga didiskon 20 persen saat musim mudikLebaran Idulfitri 2024 nanti.

Penerapan diskon tarif tol di luar Jawa justru lebih lama. 

"Untuk gerbang tol non-Jawa, pemberian diskon akan berlaku selama 17 hari mulai 5 April 2024 sampai dengan 19 April 2024," kata Muhadjir dalam konferensi pers daring, Selasa (2/4).

Untuk arus balik, diskon tarif tol 20 persen berlaku pada 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Muhadjir mengatakan diskon tarif tol diberlakukan pada ruas jarak jauh. Hal itu merujuk data historis 41 persen pemudik menggunakan jalur tersebut.

"Kebijakan diskon tarif tol ini akan disosialisikan secara masif sebelum pelaksanaan mudik sehingga masyarakat bisa menjadwalkan mudik dengan memanfaatkan diskon tersebut," ujarnya.

Muhadjir meminta kepolisian menyiapkan antisipasi penumpukan kendaraan di musim mudik Lebaran Idulfitri. Dia ingin pemudik bisa melaksanakan perjalanan dengan hambatan seminim mungkin.

"Polri perlu melakukan pengaturan yang baik saat memberlakuan one way, agar pemudik tidak menunggu dari titik awal, namun bisa langsung dari semua titik feeder," ucap Muhadjir.

[Gambas:Video CNN]



(dhf/agt)

Kunang-kunang yang selalu berubah menari selama bertahun-tahun

pasar gacor slot
Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani menyampaikan keluhan yang dirasakan para pekerja migran Indonesia (PMI).
Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani menyampaikan keluhan yang dirasakan para pekerja migran Indonesia (PMI). (Dwi Rahmawati/detikcom).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani menyampaikan keluhan yang dirasakan para pekerja migran Indonesia (PMI) atau tenaga kerja Indonesia (TKI).

Salah satunya soal biaya penempatan yang ditanggung PMI. Padahal, berdasarkan UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, biaya penempatan tidak boleh dibebankan ke pekerja.

Atas dasar itu, ia menyebut negara pelit terhadap PMI.

Benny membeberkan selama ini PMI masih dibebankan berbagai jenis biaya seperti untuk mengurus paspor, visa, medical checkup, pelatihan, hingga tes psikologi. Semua biaya itu katanya sangat membebani para PMI.

Padahal, Benny mengatakan PMI memberikan devisa sebesar Rp159,6 triliun per tahun ke negara. Sementara negara hanya menggelontorkan Rp8,2 triliun untuk biaya penempatan 270 ribu PMI per tahun.

"Negara belum mampu mewujudkan perintah UU yaitu PMI tidak dapat dibebani biaya penempatan. Semoga tahun berikutnya pemerintah konsisten terhadap perintah UU untuk membebaskan biaya penempatan PMI," katanya.

Tak hanya soal biaya penempatan, Benny juga meminta pemerintah mengalokasikan dana abadi bagi PMI.

"Mereka boleh bekerja di luar negeri tapi negara harus menjamin tidak ada masalah sosial yang dihadapi keluarga PMI dan tidak ada masalah pendidikan terputus yang dialami anak-anak PMI," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Negeri dongeng

pinjol bunga rendah ojk 2022
Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengungkap empat masalah krusial perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.
Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengungkap empat masalah krusial perkembangan ekonomi syariah di Indonesia. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT).
Jakarta, CNN Indonesia--

Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengungkap empat masalah krusial perkembangan ekonomi syariahdi Indonesia.

Hal ini diungkap dalam diskusi yang berjudul Mengonkretkan Omon-Omon Ekonomi Syariah: 5 Tantangan Utama dan Opsi Solusi yang digelar INDEF, Kamis (5/4).

Masalah pertamaadalah kelembagaan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kementerian/lembaga di mana pimpinan ekonomi syariah perlu eselon I.

Ketiga, ekonomi syariah dinilai perlu digeneralkan sehingga menjadi bagian terintegrasi dengan ekonomi nasional secara keseluruhan.

Keempat,masalah sumber daya manusia (SDM) dan kebijakan pendidikan di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

Associate Peneliti INDEF Nur Hidayah mengemukakan dari data masterplan ekonomi keuangan syariah 2019-2024, terlihat jumlah lulusan tenaga ahli yang tersertifikasi masih minim, yakni hanya 231 orang pada 2018.

Data lainnya, dari perbankan juga menunjukkan adanya permasalahan di sisi kesesuaian kualifikasi pendidikan dengan bidang tugas. Hanya sekitar 9,1 persen pegawai keuangan syariah yang berlatar belakang pendidikan ekonomi syariah.

Lihat Juga :
OJK Cabut Izin Usaha BPR Bali Artha Anugrah

"Artinya, 90 persen supplytenaga kerja perbankan dan keuangan syariah bukan berasal dari prodi ilmu ekonomi dan keuangan syariah," kata Nur.

Tren yang terjadi saat ini, sambung dia, industri keuangan dan ekonomi syariah lebih memilih untuk memanfaatkan lulusan yang ada, kemudian diberikan pengetahuan dan keterampilan industri ekonomi dan keuangan syariah.

Selain dari minim latar belakang ekonomi syariah, menurutnya, SDM juga perlu kemampuan teknologi digital yang mumpuni bagi alumni ekonomi dan keuangan/perbankan syariah. Hal ini agar bisa memenuhi tuntutan industri keuangan dan ekonomi syariah.

Untuk itu, Nur meminta pemerintah sebagai pemegang kebijakan perlu melakukan hal-hal yang konkret untuk program peningkatan SDM ekonomi perbankan dan keuangan syariah.

Lihat Juga :
Hadiri Sidang MK, Risma Beber Alasan Penyaluran Bansos Lewat PT Pos

"Perlu perombakan kurikulum ekonomi dan keuangan syariah agar lebih matchdengan kebutuhan industri keuangan dan ekonomi syariah," tuturnya.

Perombakan itu dilakukan antara lain dengan mendesain kurikulum yang memadai untuk mengintegrasikan bobot ilmu ekonomi syariah dengan ilmu ekonomi keuangan dan perbankan murni, sehingga lulusan memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan, tak hanya ilmu syariah tapi juga ilmu murni ekonomi keuangan dan perbankan.

Menurutnya, perlu juga pengembangan dosen-dosen yang berkualifikasi di bidang ilmu ekonomi dan keuangan syariah, yang akan mengisi kebutuhan tenaga-tenaga pendidik di prodi ilmu ekonomi dan keuangan syariah.

"Dibutuhkan policyyang memihak misalnya pos-pos anggaran yang diperbesar untuk beasiswa ke luar negeri pada prodi-prodi terbaik dunia, di bidang ekonomi dan keuangan syariah," katanya.

Dalam kesempatan sama, associate peneliti INDEF Hakam Naja mengusulkan agar lebih konkret urusan ekonomi syariah ini perlu diurus langsung di bawah satu menteri koordinator. Menurutnya, hal itu perlu segera dikaji.

"Oleh karena itu di Indonesia saat ini nampak tidak adanya upaya serius untuk membangun ekosistem ekonomi syariah. Baiknya ke depan hal itu menjadi agenda yang dimasukkan dalam program salah satu menteri koordinator. Agar pertanggungjawabannya jelas, pelaksanaannya juga terjadwal dan tidak ada ego sektoral antar kementerian," tegas Hakam.

Ia menambahkan semua itu dibutuhkan agar ada satu mainstream (arus utama) ekonomi syariah yang diurus dengan benar.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)