petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

republik77

slot yang lagi gacor malam ini 136Jutaan kata 902942Orang-orang telah membaca serialisasi

《republik77》

Gandeng Swasta, Menhub Kejar Bandara Singkawang Rampung April 2024******

Menhub Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan Bandara Singkawang, Kalimantan Barat rampung dan mulai beroperasi pada April 2024 mendatang.
Menhub Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan Bandara Singkawang, Kalimantan Barat rampung dan mulai beroperasi pada April 2024 mendatang. (Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadimenargetkan pembangunan Bandara Singkawang, Kalimantan Barat rampung dan mulai beroperasi pada April 2024 mendatang.

Uji coba landasan pacu pun telah dilakukan dengan penerbangan kalibrasi perdana dengan pesawat komersial PK-CAN B200GT Super King Air dari Bandara Supadio, Pontianak.

Ia menyebut progres pembangunan bandara itu telah mencapai 95 persen. Sementara, khusus untuk pembangunan runway sepanjang 1.400 meter sudah 100 persen rampung.

"Sehingga yang tadinya hanya bisa didarati pesawat ATR, nanti pesawat Airbus A320 sudah bisa mendarat disini," ujar Budi melalui keterangan resmi, Minggu (28/1).

Pembangunan Bandara Singkawang dilakukan melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan Corporate Social Responsibility (CSR) dari para pengusaha lokal Singkawang.

"Banyak putra-putra Singkawang menjadi donatur untuk mengembangkan bandara ini. termasuk perpanjangan runway dari 1.400 meter menjadi 2.000 meter," tutur Budi.

Ia pun mengapresiasi kepada pihak swasta yang telah berpartisipasi dalam pembangunan bandara ini. Menurutnya, dukungan swasta sangat berarti mengingat keterbatasan APBN.

"Pembangunan Bandara Singkawang dapat menjadi contoh yang baik dari kolaborasi pemerintah pusat, daerah, dan swasta," ucapnya.

Budi berharap pembangunan Bandara Singkawang dapat meningkatkan konektivitas, potensi pariwisata, membuka lapangan pekerjaan, peluang usaha, serta pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat.

Bandara Singkawang dibangun mulai 2019 sampai dengan 2023. Bandara ini memiliki runway sepanjang 1.400 meter x 30 meter, taxiway 200 meter x 18 meter, apron 100 meter x 50 meter, dan terminal kargo seluas 312 meter persegi yang dibangun menggunakan APBN.

Sementara, gedung terminal penumpang seluas 8.000 meter persegi dan perpanjangan runway menjadi 2.000 meter dibangun menggunakan dana CSR.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Bank Neo Commerce salurkan kredit modal kerja ke Moladin Group******

Bank Neo Commerce salurkan kredit modal kerja ke Moladin Group
Manajemen PT Bank Neo Commerce Tbk bersama Manajemen PT Moladin Finance Indonesia setelah acara penandatanganan kerja sama. (ANTARA/HO-Bank Neo Commerce)
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) menyalurkan kredit modal kerja kepada Moladin Group yang diharapkan dapat mendukung pertumbuhan usaha platform fintech dan marketplaceotomotif tersebut.

"Kami berkeyakinan kerja sama dengan berbagai mitra strategis ini dapat mempercepat pengembangan bisnis BNC yang lebih prudentdan pada akhirnya berkontribusi terhadap terwujudnya pembangunan ekonomi nasional yang semakin baik," kata Pejabat Sementara (Pjs.) Direktur Utama PT Bank Neo Commerce Tbk Aditya Windarwo dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Aditya mengatakan bahwa BNC berperan aktif dalam mendukung berbagai upaya pemerintah untuk percepatan laju pertumbuhan inklusi keuangan. Maka, penyediaan berbagai produk keuangan yang bisa diakses masyarakat secara mudah menjadi salah satu langkah strategis BNC lakukan melalui kolaborasi dengan sejumlah mitra.

"Bagi kami, percepatan laju pertumbuhan inklusi keuangan dapat tercapai dengan sinergi dan sejak awal transformasi kami menjadi bank dengan layanan digital, BNC konsisten berkolaborasi dengan berbagai pihak," kata dia.

Direktur Utama PT Moladin Finance Indonesia Mulyadi mengatakan kemitraan yang dijalin bersama BNC itu menandai tonggak penting dalam perjalanan Moladin. Dia meyakini, kolaborasi tersebut memungkinkan perusahaan untuk mencapai dan menghasilkan dampak yang lebih besar.

"Dengan menggabungkan keahlian dan sumber daya kami, kami dapat memberdayakan individu, memungkinkan lebih banyak UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka, dan membangun lanskap keuangan yang lebih inklusif di Indonesia," kata Mulyadi.

BNC juga menyalurkan kredit modal kerja kepada Home Credit Indonesia. Kerja sama dengan perusahaan pembiayaan itu merupakan kerja sama yang berkelanjutan sejak tahun 2022.

Selain itu, BNC juga berkolaborasi dengan platform pinjaman Cairin untuk menyalurkan pinjaman multiguna kepada masyarakat. Kolaborasi itu dilakukan BNC sebagai upaya untuk meningkatkan ketersediaan akses layanan keuangan yang lebih luas.

Baca juga: Bank Neo Commerce lengkapi layanan untuk nasabah korporasi hingga UMKM
Baca juga: Bank Neo Commerce sediakan layanan tarik tunai "cardless" di Indomaret
Baca juga: RUPSLB Bank Neo Commerce angkat Aditya Windarwo jadi Pjs Dirut
 

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024

Alasan KAI Commuter Resmi Impor Tiga Rangkaian KRL China******

KAI Commuter resmi impor 3 unit KRL senilai Rp783 miliar dari perusahaan China, CRRC Sifang Co., Ltd pada Rabu (31/1).
KAI Commuter resmi impor 3 unit KRL senilai Rp783 miliar dari perusahaan China, CRRC Sifang Co., Ltd pada Rabu (31/1). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

KAI Commuter resmi impor 3 unit KRL senilai Rp783 miliar dari perusahaan China, CRRC Sifang Co., Ltd pada Rabu (31/1).

Dengan kerja sama tersebut, China kembali menikung Jepang di proyek pengadaan kereta di Indonesia, setelah proyek kereta cepat beberapa tahun silam.

Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto mengatakan tiga KRL itu adalah tipe KCI-SFC120-V. Ia juga menyebut impor dilakukan guna memenuhi kuota angkut penumpang yang saat ini membludak.

Ia menyebut impor tiga rangkaian KRL baru itu juga bagian dari rangkaian pemenuhan sarana KRL Jabodetabek yang dibahas dalam Rapat Koordinasi yang dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan pada Juni 2023 lalu.

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, BPKP, PT INKA, dan stakeholder lainnya.

Selain membeli tiga rangkaian KRL baru dari China, KAI Commuter juga sudah melakukan penandatangan kerja sama pengadaan 16 rangkaian sarana KRL baru oleh PT INKA dengan total investasi hampir sebesar Rp3,83 triliun.

Selain itu, KAI Commuter juga telah melakukan penandatanganan kerja sama pengadaan 19 rangkaian KRL Retrofit oleh PT INKA dengan total investasi lebih dari Rp2,23 triliun.

Lihat Juga :
ANALISISTabungan Orang Kaya di Atas Rp5 M Melandai, Alarm Bahaya Ekonomi RI?

Adapun seluruh pembiayaan pengadaan tersebut berasal dari pinjaman KAI Commuter, Shareholder Loan dari PT KAI, dan bantuan dari Pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara (PMN).

"Pengadaan impor sarana KRL baru ini juga merupakan proses terakhir dari rangkaian pengadaan sarana KRL oleh KAI Commuter sesuai hasil Rapat Koordinasi yang dipimpin Menko Marves tersebut," tutur Asdo.

Ia mengungkapkan pengadaan KRL ini dilakukan untuk penambahan kapasitas angkut pengguna dan replacement kereta yang akan diretrofit oleh PT INKA.

Menurutnya, sarana KRL yang sudah memasuki masa peremajaan secara bertahap akan terus dilakukan penggantiannya dengan proses retrofit. Hal ini untuk menjaga kebutuhan operasional layanan Commuter Line Jabodetabek dengan target 1,2 juta pengguna per hari pada 2025.

Lihat Juga :
Daftar Harga BBM Terbaru per 1 Februari 2024, Shell - BP Naik

Berdasarkan catatan Asdo, KAI Commuter mencatat total pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 290.890.677 orang pada 2023 lalu. Angka tersebut lebih besar 38 persen jika dibanding volume pada 2022 yaitu sebanyak 239.254.813 orang.

KAI Commuter juga memprediksi pertumbuhan volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebesar 4 persen per tahun atau bertambah sebanyak 16,98 juta pengguna setiap tahunnya.

Kerja sama KAI Commuter dengan Sifang bukan yang pertama. Pada 9 November 2023 lalu, kedua perusahaan telah menandatangani MoU kerja sama dalam pengembangan sarana perkeretaapian Indonesia.

Kerja sama itu mulai dari pengadaan sarana Electric Multilple Unit (EMU) atau sarana kereta berpenggerak dengan tenaga listrik maupun Diesel Multiple Unit (DMU) atau sarana kereta berpenggerak dengan tenaga diesel.

Lihat Juga :
Bos Bappenas Bantah Cak Imin soal Hilirisasi Ugal-Ugalan: Kami Rancang

Pengadaan tiga rangkaian KRL baru ini sebenarnya sudah ramai dibicarakan sejak tahun lalu. Saat itu, KAI Commuter mengungkapkan impor bakal berasal dari Jepang dan baru bisa tiba di Tanah Air pada 2024.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan mulai Juli 2023 pihaknya melakukan asesmen administrasi, teknis, dan negosiasi dengan pabrikan Jepang. Meski demikian, ia belum membocorkan dari pabrikan mana KRL itu akan dibeli.

Kala itu, Anne menargetkan pada Agustus-September 2023, tanda tangan kontrak untuk impor KRL bisa dilakukan. Kemudian, dalam 14 bulan hingga 15 bulan setelahnya akan dilakukan proses produksi, pengiriman, hingga sertifikasi kereta untuk siap dipakai.

"Kami akan mengadakan tiga KRL baru tahun ini dan mudah-mudahan nanti 2024 sudah bisa didatangkan. Ini butuh waktu 14-15 bulan," ucap Anne di Depo KRL Depok, Jawa Barat, Selasa 11 Juli 2023.

Lihat Juga :
Mengenal PT TSI, Produsen Rokok SIN yang Buat Ustaz Solmed Kaya Raya

Seorang sumber CNNIndonesia.com yang mengetahui soal rencana impor KRL mengatakan ada dugaan sikut-sikutan antara China dengan Jepang di balik kisruh rencana impor KRL bekas. China mengancam akan menahan gelontoran pinjaman untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) jika Indonesia ngotot mengimpor KRL bekas dari Jepang.

"Dilema kalau ambil dari Jepang, China (CDB) katanya enggak mau kasih pinjaman utang buat proyek KCJB," kata sumber tersebut.

Namun, pernyataan sumber tersebut dibantah Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Septian Hario Seto.

Ia mengatakan setiap keputusan yang diambil pemerintah terkait impor KRL bekas dari Jepang dilandaskan pada kehati-hatian pemerintah. Pemerintah tidak ingin kasus korupsi impor KRL bekas Jepang yang pernah terjadi pada 2006-2007 lalu terulang lagi.

"Tidak ada, tidak ada (sikut-sikutan). Tidak ada hubungannya, saya jamin tidak ada (sikut-sikutan) itu. Kita kan hanya hati-hati impor KRL bekas ini karena dulu sempat ada kasus. Kami tidak mau ini terulang," katanya.

Sebelumnya, China juga menikung Jepang di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, yang kini bernama Whoosh.

Awalnya, Jepang yang akan menggarap proyek ini namun batal di tengah jalan. Setelahnya, China masuk.

Pada 2020, Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan mengaku ditugasi Presiden Jokowi untuk melobi China agar mau mendanai proyek kereta cepat tersebut.

"Presiden perintahkan saya untuk pergi ketemu Tiongkok. Kita lihat kalau mereka setuju dan prinsipnya setuju bagaimana kita," kata Luhut.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)




bab terbaru:harga voucher telkomsel 2.5 gb 5 hari

Perbarui waktu:2024-05-29

Daftar bab terbaru
demo mahjong ways 1
link slot aman dan terpercaya
untung308
01 togel
pola slot yang gacor
situs slot selalu menang
situs slot777 asia
situs slot filipina
pinjol tanpa vermuk dan rekening pribadi
Daftar isi semua bab
Bab 1 idngg
Bab 2 cara cairkan uang di kredivo
Bab 3 hoki1881
Bab 4 daftar situs togel terpercaya
Bab 5 garuda999 slot
Bab 6 suster4d
Bab 7 ibok4d
Bab 8 slot surga dewa
Bab 9 slot slot online
Bab 10 gacor 138
Bab 11 rtp grandbet88
Bab 12 pinjam uang di neobank
Bab 13 trik pasang togel selalu menang
Bab 14 horebet
Bab 15 situs slot paling gacor mudah menang
Bab 16 warungcash189
Bab 17 slot deposit via gopay 5000
Bab 18 komunitas slot gacor
Bab 19 pinjam ke bank
Bab 20 69 slot online
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1710bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Orang yang dipilih oleh bumi

banner kakek zeus
Selandia Baru catatkan pemulihan pariwisata yang luar biasa
(Xinhua)
Wellington (ANTARA) - Sektor pariwisata telah berkembang menjadi penghasil ekspor terbesar kedua di Selandia Baru, menghasilkan 3,7 persen dari produk domestik bruto (PDB) negara itu, demikian disampaikan Menteri Pariwisata Selandia Baru Matt Doocey pada Kamis (29/2).

Neraca Satelit Pariwisata (Tourism Satellite Account/TSA) departemen statistik Stats NZ menunjukkan betapa kuatnya pemulihan pariwisata pascapandemi, dengan total belanja pariwisata di Selandia Baru mencapai 37,7 miliar dolar Selandia Baru (1 dolar Selandia Baru = Rp9.579) atau setara 23,02 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.715) untuk periode tahun yang berakhir pada Maret 2023.

Angka tersebut meningkat 10,7 miliar dolar Selandia Baru atau 6,53 miliar dolar AS dari tahun sebelumnya.

Data menunjukkan bahwa setelah perbatasan dibuka kembali sepenuhnya, arus pariwisata Selandia Baru mulai kembali normal dengan pengunjung internasional dari lebih banyak negara berbondong-bondong datang, yang disertai dengan peningkatan pengeluaran yang kuat di sektor layanan perhotelan dan restoran serta pengalaman pengunjung, kata Doocey.
 
   (Xinhua)


Hasil tersebut menunjukkan pentingnya konektivitas internasional bagi perekonomian Selandia Baru, serta mendemonstrasikan pentingnya pariwisata bagi kawasan dan pusat-pusat utama, kata sang menteri

Laporan tersebut menunjukkan bahwa belanja wisatawan mancanegara meningkat sebesar 8,9 miliar dolar Selandia Baru (setara 5,43 miliar dolar AS) menjadi 10,8 miliar dolar Selandia Baru (setara 6,59 miliar dolar AS), dan jumlah pekerja di industri pariwisata melonjak 49,2 persen menjadi 318.000 orang.

"Sebagian besar wilayah mengandalkan pariwisata serta perhotelan dan restoran, yang menciptakan lapangan kerja dan peluang bagi warga Selandia Baru," kata Doocey.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024

Raja Bela Diri Abadi

kredit pintar pinjaman online
Emisi CO2 penggunaan energi global catat rekor tertinggi pada 2023
Ilustrasi industri penghasil emisi karbon (ANTARA/Pexels)
Moskow (ANTARA) - Emisi karbon dari penggunaan energi secara global mencapai rekor tertinggi 37,4 miliar ton tahun lalu, kata Badan Energi Internasional (IEA) pada Jumat.

Namun, pertumbuhannya pada tahun itu lebih lambat daripada 2022 berkat meningkatnya penggunaan teknologi energi bersih.

"Emisi CO2 energi global meningkat 1,1 persen pada 2023, meningkat 410 juta ton (Mt) dan mencatat rekor tertinggi 37,4 miliar ton (Gt). Peningkatan ini (lebih rendah jika) dibandingkan dengan penambahan 490 Mt pada 2022 (1,3 persen)," kata IEA dalam laporan emisi tahunannya.

Batu bara menyumbang lebih dari 65 persen peningkatan emisi pada 2023, menurut laporan itu.

Diperkirakan, anjloknya penggunaan pembangkit listrik tenaga air secara global akibat kemarau menjadi salah satu faktor penyumbang kenaikan emisi CO2 tahun lalu sehingga emisi bertambah 170 juta ton.

Pada saat yang sama, meluasnya penggunaan tenaga surya, tenaga angin, tenaga nuklir, pompa uap, dan kendaraan listrik ikut mencegah peningkatan penggunaan energi berbahan fosil sehingga emisi dari energi perlahan-lahan berkurang, kata IEA.

"Antara 2019 dan 2023, total emisi dari energi meningkat sekitar 900 Mt. Tanpa penerapan lima teknologi energi bersih utama sejak 2019… pertumbuhan emisi mungkin akan naik tiga kali lipat," tulis laporan itu.

Negara-negara dengan ekonomi terbesar mencatat penurunan drastis emisi CO2 tahun lalu hingga mencapai angka terendah dalam 50 tahun, bahkan ketika produk domestik bruto (PDB) mereka meningkat.

Mereka dan China juga menyumbang 90 persen jumlah pembangkit listrik tenaga surya dan angin, dan 95 persen penjualan kendaraan listrik pada 2023 secara global, kata IEA.

Sumber: Sputnik
Baca juga: Singapura akan kenakan retribusi promosikan sustainable aviation fuel
Baca juga: Koridor energi bersih terbesar di dunia catatkan kenaikan listrik
Baca juga: Kapasitas energi bersih di Qinghai terpasang lampaui 51 juta kilowatt
 

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024

Raja Keberuntungan

kebun777
Sejumlah pengunjung di Transmart Cibubur, Kabupaten Bogor memburu AC dengan harga miring dalam rangka Transmart Full Day Sale, Minggu (28/1).
Ilustrasi. Sejumlah pengunjung di Transmart Cibubur, Kabupaten Bogor memburu AC dengan harga miring dalam rangka Transmart Full Day Sale, Minggu (28/1). (CNN Indonesia/Chandra Erlangga)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah pengunjung Transmart Cibubur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat memburu AC1/2 PK yang dibanderol hanya pada kisaran Rp2 jutaan. Harga miring itu didapat lantaran diskon dari Transmart Full Day Saleyang kembali digelar hari ini, Minggu (28/1).

Andri (47), pria asal Cilangkap, Jakarta Timur memutuskan membeli AC Polytron 1/2 PK di Transmart yang berada di Trans Studio Cibubur ini.

"Memang sudah seminggu ini nyari AC, tapi kebetulan aja kali di sini cocok jenis sama harganya, ya," kata dia saat ditemui CNNIndonesia.com, Minggu (28/1).

Pilihan Redaksi
  • Baju Pria dan Wanita Didiskon Berlipat di Transmart Full Day Sale
  • Diskon Gede, Pengunjung Beli Sepeda Listrik di Transmart Full Day Sale
  • Deretan Diskon Barang Elektronik di Transmart Full Day Sale Cibubur

Tak hanya Andri, Rudi (50), warga asal Bekasi, Jawa Barat, juga membeli AC split 1/2 PK merek Sharp. AC itu didapatkannya dengan hanya Rp2,9 juta dari harga normal hampir Rp4 juta.

"Enggak cuma beli AC, sih. Tadi memang lagi nemenin istri belanja aja di sini. Ternyata cocok ajasama AC ini," tuturnya.

Transmart Full Day Sale kembali digelar hari ini. Ada diskon besar-besaran buat sejumlah produk terpilih, salah satunya pendingin ruangan alias AC.

Sejumlah merek ternama seperti LG, Polytron, Panasonic, Sharp, sampai Samsung bisa didapatkan dengan harga spesial mulai dari Rp2 jutaan saja di Transmart.

Jangan sampai lewatkan kesempatan ini. Transmart Full Day Sale masih tetap berlangsung hingga jam operasional tutup pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Penawaran dengan harga spesial ini bisa didapatkan dengan pembelian menggunakan Allo Prime, Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

(can/asr)

[Gambas:Video CNN]

Warisan langit berbintang di kota

game judi terpercaya
OIKN mengklaim Stanford University Amerika Serikat akan melakukan peletakkan batu pertama pusat ekosistem digital di ibu kota baru dalam dua bulan ke depan.
OIKN mengklaim Stanford University Amerika Serikat akan melakukan peletakkan batu pertama pusat ekosistem digital di ibu kota baru dalam dua bulan ke depan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengklaim Stanford University Amerika Serikat akan melakukan peletakkan batu pertama (groundbreaking) pusat ekosistem digital di ibu kota barudalam dua bulan ke depan.

"Kami sudah melakukan MoU (nota kesepahaman) dengan Stanford University dan Insya Allah dalam dua bulan ke depan groundbreaking untuk membuat sebuah pusat ekosistem digital yang kekinian," ujar Kepala OIKN Bambang Susantono dalam konferensi pers di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Jakarta yang ditayangkan secara virtual, Selasa (30/1).

Pusat ekosistem digital itu akan menjadi tempat bagi pengembangan talenta digital di Indonesia. Rencananya, di sana akan ada universitas hingga perusahaan rintisan.

Selain Universitas Stanford, Bambang mengatakan bahwa OIKN juga menjalin kerja sama dengan beberapa pusat riset ternama di dunia seperti Centre for Liveable Cities di Singapura yang akan mengukur jejak karbon hingg Hyundai untuk menggodok pilot project taksi terbang.

OIKN menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Stanford University, California, Amerika Serikat, pada Rabu (15/11) waktu AS lalu.

MoU ditandatangani oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Anindya Bakrie selaku alumnus Stanford dan Arun Majumdar dari Stanford Doerr School of Sustainability.

Dengan MoU ini, Stanford dan para alumninya berkomitmen membangun pusat riset di IKN. Riset yang akan dilakukan di antaranya terkait pengelolaan air, sustainable urban development dan robotic.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/pta)

Biografi Wan Zhen'er

trik jitu bermain slot
Kemenkominfo tegaskan kreator konten tak terimbas "Publisher Rights"
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong di Kantor Kementerian Kominfo, Jumat (1/3/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika menegaskan bahwa kreator kreator tidak akan terimbas Peraturan Presiden nomor 32 tahun 2024 tentang Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital Untuk Jurnalisme Berkualitas atau Perpres Publisher Rights.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong saat ditemui di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat, meluruskan bahwa aturan itu hanya berefek pada perusahaan pers dan platform digital agar keduanya memiliki posisi yang setara dalam hal mengatur kerja sama.

"Konten kreator kan tidak bekerja untuk perusahaan pers. Jadi, dia tidak terdampak oleh Perpres ini. Dia bisa melaksanakan kegiatan seperti biasa, dan Presiden sudah menegaskan hal itu, jangan khawatir konten kreator, kira2 begitu kata Presiden," kata Usman.

Baca juga: Wamenkominfo: Perpres Publisher Rights tak bungkam kebebasan pers

Dalam Perpres Publisher Rights, menurut Usman sudah dijelaskan ruang lingkup di mana aturan ini berlaku.

Pihak-pihak yang terdampak Perpres Publisher Rights telah dijelaskan di dalam BAB I tentang Ketentuan Umum. Pada Pasal I tidak disebutkan sama sekali mengenai kreator konten.

Pasal tersebut justru memuat pengertian dari perusahaan pers dan perusahaan platform digital.

Perusahaan pers dalam aturan tersebut dijelaskan sebagai badan hukum Indonesia yang menyelenggarakan usaha pers yang meliputi media cetak, media elektronik, dan kantor berita, serta perusahaan media lainnya yang secara khusus menyelenggarakan, menyiarkan, atau menyalurkan informasi.

Sementara platform digital dijelaskan sebagai penyelenggara sistem elektronik lingkup privat yang menyediakan dan menjalankan layanan platform digital serta memanfaatkannya untuk tujuan komersial melalui pengumpulan dan pengolahan data.

Secara lebih rinci dalam pasal 6 ditegaskan bahwa aturan itu hanya dapat berlaku bagi perusahaan pers yang telah terverifikasi oleh Dewan Pers.

"Jadi, jelas Perpres ini tidak menyasar kreator kreator maupun konten yang diproduksi oleh kreator konten tersebut. Tidak berdampak pada mereka. Jadi, mereka tidak masuk dalam ruang lingkup Perpres ini," kata Usman.

Baca juga: Dewan Pers nilai Perpres "Publisher Rights" jawaban konten berkualitas

Baca juga: Sekali lagi tentang urgensi Perpres "Publisher Rights"

Baca juga: Komite independen awasi implementasi Perpres "Publisher Rights"

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024

Ikan asin bercampur dalam industri hiburan

daftar shopee dapat uang
Tenun sutra lokal Gowa Cura Labba ditampilkan di Inacraft 2024
Arsip foto. Ketua Dekranasda Gowa Priska Paramitha Adnan saat berada di JCC Jakarta mengikuti kegiatan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2023. ANTARA/HO/Pemkab Gowa
Makassar (ANTARA) - Dekranasda Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan turut memamerkan produk unggulannya yakni tenun sutra Cura' Labba dalam pameran kerajinan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 yang berlangsung dari 28 Februari hingga 3 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta.

Sekretaris Dekranasda Kabupaten Gowa Suryanti melalui keterangannya yang diterima di Makassar, Jumat, mengatakan, pada pameran itu booth Kabupaten Gowa memamerkan sarung sutra Cura' Labba, Cura' Tangga maupun Cura' Ca'di yang berbahan material kanvas dari Kecamatan Barombong.

"Ada banyak produk unggulan yang kami pamerkan, salah satunya sarung sutra Cura' Labba yang menjadi keunggulan kami," ujarnya.

Suryanti menyampaikan, Inacraft 2024 mengangkat tema "From Smart Village to Global Market" di mana program itu dilandasi dengan peningkatan tren, mengharuskan para pengrajin daerah atau dari desa untuk mandiri dan mampu membuat inovasi untuk produknya.

Dia mengatakan produk unggulan Kabupaten Gowa itu sudah menggunakan teknologi informatika sehingga dapat menghasilkan produk-produk yang bisa bersaing dengan pasar global atau pasar internasional.

"Meskipun Cura' Labba kita adalah warisan dari leluhur, tetapi kain sutra yang memiliki ciri khas sendiri itu sudah punya pasar dan sudah diekspor juga. Ini tentu dengan bantuan teknologi itu sendiri dalam pengembaraannya," katanya.

Baca juga: Inacraft 2024 perkenalkan keindahan kerajinan Toba di mata dunia

Baca juga: Hulu Sungai Tengah kenalkan marmer di pameran terbesar se-ASEAN

Dengan adanya pameran itu Dekranasda Kabupaten Gowa berharap dapat menjadi perpanjangan tangan untuk pelaku UMKM atau UKM dalam memberikan pembinaan informasi.

Melalui pameran tersebut juga diharapkan bisa memberi informasi kepada para pelaku UMKM terkait proses produksi produk-produk yang berkualitas berstandar internasional yang lolos kurasi dengan ketat.

Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gowa bersama dengan dinas terkait dalam hal ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perdastri) dan Dinas Koperasi dan UMKM senantiasa memberikan pembinaan kepada para pelaku UKM dan UMKM dan juga membantu memasarkan produk mereka.

"Ini juga tidak lepas dari perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa dalam hal ini bapak bupati dan Ketua Dekranasda Kabupaten Gowa yang senantiasa tanpa bosan memberikan support kepada para pelaku UKM," ujar Mussadiyah.

Salah satu bukti nyata dukungan Pemkab Gowa kepada Dekranasda adalah dengan berdirinya gerai Dekranasda di Mal Pelayanan Publik yang baru saja diresmikan oleh Bupati Gowa.

"Di situ ada gerai yang bisa memfasilitasi para pelaku UMKM untuk memajang produk mereka dan memamerkan ataupun menjual kepada masyarakat pengunjung mall tersebut," ucapnya.

Baca juga: Dekranasda Bogor pamerkan sembilan produk kerajinan di Inacraft 2024

Baca juga: Pelaku UMKM asal Wonosobo olah rami jadi kain batik di Inacraft 2024

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024