petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

demoslot4d2

slot games login 121Jutaan kata 380445Orang-orang telah membaca serialisasi

《demoslot4d2》

Menpora: Kami bersama IMI lakukan talent scouting pembalap powerboat******

Menpora: Kami bersama IMI lakukan talent scouting pembalap powerboat
Menpora Dito Ariotedjo menjawab pertanyaan wartawan dalam konferensi pers F1 Powerboat Danau Toba 2024 di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Minggu (3/3/2024). ANTARA/Donny Aditra.
Kabupaten Toba, Sumatera Utara (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan Kemenpora bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) akan melakukan talent scouting(pencarian bakat) untuk pembalap F1 powerboat Indonesia. Dito membeberkan, pencarian bakat itu merupakan langkah awal untuk mulai membentuk tim F1 Powerboat dari Indonesia yang akan berlaga dalam ajang internasional tersebut. "Tadi malam kami sudah rapat dan akan mengadakan talent scoutingbersama dengan IMI," kata Dito dalam konferensi pers di Media Center F1 Powerboat Danau Toba 2024 di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Minggu. Lebih lanjut, dia membeberkan, untuk mencari pembalap F1 powerboat akan lebih mudah bila calonnya merupakan atlet gokart, motocross, dan pilot pesawat jet tempur. Dengan pengalaman itu, lanjut Dito, para calon pembalap jet air akan semakin mudah untuk beradaptasi. Dia menyampaikan, selain mencari pembalap, pemerintah dan H20 Racing selaku promotor F1 Powerboat juga telah bersepakat membentuk akademi untuk olahraga F1 Powerboat dan aquabike atau jetski. Ia optimistis, kerja sama seluruh pihak dan juga kementerian akan mampu mendorong terbentuknya tim F1 Powerboat Indonesia. Selain itu, Dito juga mengimbau kepada pemerintah daerah lain untuk menjadikan Danau Toba sebagai acuan guna mengembangkan pariwisata olahraga (sport tourism) berskala internasional, khususnya olahraga air (watersport). Menteri termuda Kabinet Indonesia Maju itu menilai penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024 yang dipadukan dengan kejuaraan nasional jetski dan kompetisi perahu dayung tradisional Solu Bolon mampu menyedot minat wisatawan lokal, domestik, dan mancanegara sekaligus. Baca juga: InJourney klaim F1 Powerboat Danau Toba 2024 lebih baik dari tahun lalu

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mengeklaim penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024 lebih baik dari penyelenggaraan tahun sebelumnya pada 2023. Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan perlombaan tahun ini berjalan lancar dan tepat waktu sesuai jadwal yang ditetapkan.
 "Kami sangat bangga karena kejuaraan tahun ini berjalan dengan lancar. Kalau tahun lalu 'kanada beberapa kendala seperti cuaca," kata Maya. Dia menambahkan, pada tahun lalu dampak ekonomi penyelenggaraan ajang internasional tersebut mencapai Rp1,6 triliun. Tahun ini, diharapkan dampaknya bisa meningkat minimal 10-20 persen. Dia optimistis karena telah melihat langsung peningkatan jumlah penumpang di Bandara Internasional Sisingamangaraja XII/ Silangit dalam beberapa hari terakhir. Selain itu, keterlibatan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dipusatkan di sekitar lokasi utama perlombaan membuat masyarakat memiliki banyak pilihan aktivitas selama penyelenggaraan lomba jet air tersebut. Setelah seri Danau Toba 2024, kompetisi dilanjutkan dengan seri berikutnya di Vietnam. Sementara itu, di Indonesia, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menjadi penggawa atau penyelenggara utama kegiatan yang setara dengan balapan jet darat atau Formula 1 (F1) itu.

Baca juga: Pembalap debutan Rusty Wyatt juara F1 Powerboat Danau Toba 2024
Baca juga: Rusty Wyatt: Saya beruntung dapat momentum untuk menang

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Blu by BCA Digital cetak laba bersih Rp46,04 miliar pada 2023******

Blu by BCA Digital cetak laba bersih Rp46,04 miliar pada 2023
Blu by BCA Digital (blu), salah satu bank digital dari BCA Group telah membukukan laba bersih sebesar Rp46,04 miliar pada 2023 (ANTARA/HO-blu by BCA Digital)
Kami senang blu dapat dipercaya menjadi mitra sobatblu dalam memenuhi kebutuhan transaksi keuangan sehari-hari
Jakarta (ANTARA) - Blu by BCA Digital (blu), salah satu bank digital dari BCA Group membukukan laba bersih sebesar Rp46,04 miliar pada 2023.

Selain itu, perusahaan juga mencatatkan adanya pertumbuhan nasabah sebesar 53,4 persen atau berdasarkan jumlah nasabah saat ini telah mencapai lebih dari 1,7 juta nasabah.

“Kami senang blu dapat dipercaya menjadi mitra sobatblu dalam memenuhi kebutuhan transaksi keuangan sehari-hari,” kata Head of Corporate Planning BCA Digital Yoga Halim di Jakarta, Minggu.

Dukungan blu kepada para nasabah dalam mencapai kedewasaan finansial diwujudkan salah satunya melalui komitmen untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.

Setidaknya, blu mencatat pertumbuhan literasi nasabah lewat inisitaif kelas edukasi bluAcademy yang telah diikuti oleh lebih 3.500 peserta, di mana hampir 40 persen peserta mengatakan telah mendapatkan literasi keuangan yang dibutuhkan.

Baca juga: Ekonom: Media turut pengaruhi manajemen keuangan milenial dan gen z 

Baca juga: Blu dan Talenta Nusantara kolaborasi dukung anak muda pintar finansial

Yoga mengklaim inklusi keuangan nasabah blu tercatat meningkat di sepanjang tahun 2023. Hal itu ditunjukkan dari jumlah frekuensi transaksi sebanyak 73,7 juta kali year to date (ytd), dan jumlah volume transaksi sebesar Rp181,9 triliun yang mengalami pertumbuhan lebih dari tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan volume tersebut juga terlihat dari peningkatan kegiatan transaksi, mulai dari transaksi transfer yang naik 215 persen, pembayaran menggunakan QRIS yang tumbuh lebih dari 367 persen dan transaksi topupuang digital (e-money) yang tumbuh 282 persen.

Peningkatan keseluruhan itu tak lain didukung oleh hadirnya berbagai produk dan fitur terbaru yang mendukung kebutuhan transaksi keuangan para nasabah untuk meraih kedewasaan finansial.

Di antaranya peluncuran kartu blueDebit Card untuk melengkapi kebutuhan transaksi para nasabah, dan bluInvest yang bekerja sama dengan mitra investasi Moduit dan FUNDtastic. Di samping itu, perusahaan juga menyediakan fitur bluInsurance yang bekerja sama dengan BCA Life.

Kemudian, ada bluBisnis untuk mendukung transaksi bisnis sobatblu, pengajuan pinjaman melalui bluExtra Cash, bayar tagihan PLN, PDAM hingga BPJS dan top-up kartu flazz BCA langsung dari aplikasi blu.

Lebih lanjut, Yoga menjelaskan, selain mendukung transaksi keuangan melalui produk dan fitu, blu juga telah memperluas layanan ekosistem digital danin-app paymentguna mempermudah para nasabah melakukan transaksi keuangan dari aplikasi mitra tanpa perlu keluar aplikasi.

Di antaranya adalah peluncuran kerja sama lewat blUnion dengan berbagai mitra dari beragam sektor industri, mulai dari pembayaran kebutuhan investasi emas bersama EmasKita, food and beverage(FnB) bersama Fore dan Kopi Kenangan, hingga pendidikan yang bekerja sama dengan ITHB, UPH, dan Talenta Nusantara.

"Tak hanya itu, blu juga bekerjasama dengan mitra pembayaran kredit kendaraan seperti BAF (Bussan Auto Finance). Di mana, seluruh pembayaran dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan melakukan linkage pada akun rekening blu dengan masing-masing aplikasi mitra," jelas Yoga.

Untuk terus meningkatkan inklusi keuangan nasabah setia, blu juga secara rutin menyelenggarakan promo menarik yang dapat dinikmati nasabah.

Baca juga: blu by BCA Digital luncurkan bluInsurance bersama BCA Life

Baca juga: Frekuensi transaksi QRIS Blu by BCA tembus 700 ribu per Mei 2023

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024

Getaran banjir lahar dingin Gunung Semeru tercatat 3 jam lebih******

Getaran banjir lahar dingin Gunung Semeru tercatat 3 jam lebih
Banjir lahar dingin Gunung Semeru melintasi jembatan yang berada di DAS Semeru di Lumajang, Minggu (3/3/2024). ANTARA/HO-Warga Lumajang/pri.
Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Getaran banjir lahar dingin Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tercatat 3 jam lebih karena hujan deras mengguyur kawasan puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut, Minggu.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru Mukdas Sofian dalam laporan tertulisnya di Kabupaten Lumajang menyebutkan bahwa pengamatan kegempaan aktivitas Gunung Semeru pada 3 Maret 2024 pukul 12.00-18.00 WIB menunjukkan adanya gempa getaran banjir.

"Memang terjadi satu kali gempa getaran banjir dengan amplitudo 35 mm, dan lama gempa 10.819 detik atau 3 jam lebih," katanya di Lumajang, Minggu.

Baca juga: PVMBG rekam erupsi selama 102 detik di Gunung Semeru

Selain terjadi getaran banjir, aktivitas Gunung Semeru juga mengalami 10 kali gempa letusan/erupsi dengan amplitudo 11-22 mm, dan lama gempa 50-125 detik, kemudian 2 kali harmonik dengan amplitudo 2-6 mm dan lama gempa 75-120 detik.

"Untuk pengamatan secara visual, Gunung Semeru terlihat jelas hingga tertutup kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Cuaca berawan hingga hujan, angin lemah ke arah utara," tuturnya.

Dalam rekaman CCTV yang dipantau oleh BPBD Lumajang terpantau letusan sekunder di daerah aliran sungai Besuk Kobokan dan Kali Lanang, sehingga masyarakat diimbau waspada terhadap aliran lahar panas.

Gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut mengalami erupsi pada Minggu pukul 00.13 WIB dengan visual letusan tidak teramati, namun erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 134 detik.

Baca juga: Gunung Semeru muntahkan abu vulkanik setinggi 900 meter

Kemudian erupsi Gunung Semeru kembali terjadi pada pukul 19.10 WIB dengan visual letusan tidak teramati, erupsi itu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 114 detik.

Status gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut itu masih berstatus siaga atau level III, sehingga masyarakat dilarang melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

Di luar jarak tersebut, masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

Kemudian masyarakat tidak boleh beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

Baca juga: Menparekraf imbau masyarakat tetap waspadai erupsi Gunung Semeru

Masyarakat juga diimbau mewaspadai potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:situs minimal wd 25

Perbarui waktu:2024-06-27

Daftar bab terbaru
situs maxwin malam ini
hobi4d slot gacor
pascol4d 4d
slot promo gacor
voucher pesawat traveloka
sofabet88
situs 123 slot
tokopedia slot88 link alternatif
erek erek copet
Daftar isi semua bab
Bab 1 pinjol resmi ojk
Bab 2 rtp kuy4d
Bab 3 web judi slot online
Bab 4 link terpercaya slot
Bab 5 rtp slot gacor hari ini live
Bab 6 kartugol
Bab 7 www maxwin slot
Bab 8 rtp sihoki
Bab 9 info slot terpercaya
Bab 10 amdbet88
Bab 11 home slot
Bab 12 cara cari duit banyak
Bab 13 mimpi 4d
Bab 14 situs web slot terpercaya
Bab 15 rtp live admin jarwo
Bab 16 nagaslot168
Bab 17 manis 777 slot
Bab 18 pion777
Bab 19 dewaslot99 deposit pulsa tanpa potongan
Bab 20 kuburan 2d bergambar
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6740bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Forum hiburan super

agen slot terpercaya gacor
Pelatih PSS Sleman sayangkan gol cepat Persebaya
Pelatih Kepala PSS Sleman Risto Vidakovic Savic (kanan) memberikan instruksi kepada pemainnya saat pertandingan pekan ke-27 Liga 1 Indonesia di Stadion GBT Surabaya, Minggu (3/3/2024). ANTARA/Rizal Hanafi.
Surabaya (ANTARA) - Pelatih Kepala PSS Sleman Risto Vidakovic Savic menyayangkan gol cepat Persebaya melalui kaki M Iqbal sehingga PSS harus menelan kekalahan 1-2 pada pertandingan pekan ke-27 Liga 1 Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu. 

"Pertandingan tadi sangat ketat, sangat disayangkan kami kemasukan gol terlalu cepat, dan kemasukan gol kedua juga di babak pertama," ucap Savic saat konferensi pers usai pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu.

Meskipun, pada babak kedua PSS Sleman sudah mengubah taktik permainan dan menciptakan gol balasan melalui tendangan Esteban Vizcarra tetap tidak bisa mengubah keadaan.

"Hal itu tidak cukup untuk membawa PSS meraih poin, para pemain sudah bermain bagus di babak kedua namun tidak mampu menambah gol," katanya.

Selain itu, pelatih asal Serbia tersebut mengapresiasi permainan Persebaya yang bagus saat menyerang dan baik dalam bertahan.

"Persebaya bagus dalam menyerang di babak pertama dan bagus dalam pertahanan di babak kedua, sehingga bisa mendapat tiga poin," ujarnya.

Selain itu, kata dia, klub yang berjuluk Bajol Ijo tersebut juga mempunyai pemain yang mumpuni baik dari lini belakang hingga depan.

"Persebaya memang mempunyai pertahanan yang bagus, punya pemain tengah yang kuat, sangat bagus saat berhadapan satu lawan satu," tuturnya.

Baca juga: Persebaya memenangi laga kandang 2-1 atas PSS Sleman

Sementara itu, penjaga gawang PSS Sleman Anthony Pinthus mengatakan tidak menyangka gawangnya dibobol dengan mudah pada menit awal pertandingan.

"Saya tidak habis pikir kenapa bisa kemasukan gol begitu mudahnya dan sangat berat saat kebobolan lagi lewat titik penalti pada babak pertama," ucap penjaga gawang asal Filipina tersebut.

Namun, dirinya mengapresiasi rekan-rekannya yang tidak berhenti berjuang untuk meraih poin di kandang Persebaya.

"Kami mencoba bangkit pada babak kedua meskipun itu sangat berat untuk mencetak gol, teman-teman terus berjuang, meski mencetak gol, namun tetap tidak bisa menyamakan kedudukan dan mau tidak mau kami tidak bisa membawa pulang poin," ujarnya.

Pada pertandingan itu, dua gol Persebaya tercipta melalui M Iqbal pada menit ke-1 dan Bruno Moreira pada menit ke-30. Sedangkan gol balasan PSS Sleman dicetak oleh Esteban Vizcarra pada menit ke-47.

Dari hasil pertandingan tersebut, pada klasemen sementara Liga 1 Indonesia, PSS Sleman tetap di peringkat ke-14 dengan total 31 poin dari 27 pertandingan. Sementara, Persebaya naik ke posisi sembilan dengan meraih total 35 poin dari 27 pertandingan.

Pada pertandingan selanjutnya PSS Sleman juga akan melakoni laga tandang ke markas PSM Makassar pada 8 Maret. Sedangkan Persebaya akan melawat ke kandang Borneo FC pada 7 Maret.

Baca juga: Bali United kumpulkan tenaga untuk hadapi Barito Putera
Baca juga: Persik Kediri fokus ke pemulihan fisik sebelum hadapi PSIS

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Tuan Perang Xuanwu

demo slot fafafa
KPU Sulsel rampungkan 14 daerah penghitungan suara Pemilu 2024  
Suasana pembukaan rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dihadiri pihak KPU, Bawaslu dan perwakilan Forkopimda Sulsel di Hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (3/3/2024). ANTARA/
Makassar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan telah merampungkan sinkronisasi data 14 daerah untuk rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara Pemilu 2024 tingkat provinsi dari total 24 kabupaten kota se-Sulsel.

"Sudah ada 14 daerah yang telah menyampaikan rekapitulasi di tingkat Kabupaten dan Kota," ujar Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sulsel Ahmad Adiwijaya di lokasi rekapitulasi tingkat provinsi, di Makassar, Ahad malam.

Untuk 14 daerah tersebut, sebut dia, pertama Kabupaten Sidrap, disusul Kota Parepare, berturut-turut Kabupaten Bantaeng, Takalar, Kepulauan Selayar, Enrekang, Barru, Soppeng, Tana Toraja, Pinrang, Pangkep, Kota Palopo, Kabupaten Luwu Utara, dan Kabupaten Wajo.

Daerah tersebut sesuai urutan KPU yang sudah menyetorkan formulir D1 hasil ke tingkat KPU Sulsel untuk dilanjutkan rekapitulasi tingkat provinsi.

Baca juga: KPU Jatim gelar pleno penghitungan suara selama lima hari

Baca juga: Mengawal suara rakyat demi Pemilu berkualitas

Baca juga: KPU akan gelar rekapitulasi penghitungan suara nasional dua panel

Mengenai dengan kendala daerah yang saat ini belum menyetorkan D1 hasil ke KPU Sulsel, kata Ahmad, itu dikarenakan dinamika yang terjadi di lapangan berbeda-beda pada setiap wilayah.

"Mungkin saja proses rekapitulasi di tingkat kabupaten kota membutuhkan koreksi dari saksi terhadap rekap tingkat kecamatan. Sebab itu bagian dari mekanisme akuntabilitas kita menjaga kemurnian suara rakyat yang sudah disalurkan melalui TPS tanggal 14 Februari lalu," tuturnya menjelaskan.

Kendati KPU Sulsel baru membuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara hari ini, namun masih ada waktu KPU kabupaten kota menyelesaikan rekapitulasi-nya sampai batas akhir 5 Februari 2024 hingga pukul 00.00 WITA.

Sedangkan untuk masa rekap tingkat provinsi di mulai 3 Februari sampai 10 Februari 2024 hingga pukul 00.00 WITA. Pihaknya memastikan untuk proses rekap di tingkat provinsi diselesaikan tepat waktu.

"Insya-Allah, bisa diselesaikan sampai di tanggal lima. Sebab, berdasarkan Undang-undang nomor 7 tahun 2017 mengamanahkan khususnya pada pasal 413 bahwa pelaksanaan rekapitulasi tingkat provinsi berlangsung selama 25 hari, berarti berakhir di tanggal sepuluh," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Sulsel Hasbullah mengemukakan bahwa urutan sinkronisasi D1 Hasil dari setiap KPU daerah berdasarkan urutan daerah yang telah menyerahkan D1 ke KPU Sulsel.

Meski KPU Kota Parepare telah menyerahkan D1 Hasil dan berada di urutan ke dua, tetapi sinkronisasi-nya ditunda sementara karena ada permintaan dari Bawaslu Sulsel.

"Ada permintaan Bawaslu, teman-teman ikut sidang administrasi kayak Parepare diminta nanti hari Senin. Sebenarnya teman-teman KPU Pare-Pare sudah siap menyampaikan. Tapi karena ada permintaan Bawaslu untuk fokus menyelesaikan sidang administrasi, jadi digeser ke hari Senin," tuturnya.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024

Yin Zu

live draw togel sdy
Partisipasi pemilih Pemilu 2024 di Lumajang capai 83,5 persen
Foto dok, Ketua KPU Lumajang Yuyun Baharita saat memberikan sambutan dalam rekapitulasi suara di tingkat kabupaten. ANTARA/HO-Diskominfo Lumajang.
Alhamdulillah partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 cukup tinggi yakni mencapai 83,5 persen dan melampaui target KPU RI sebesar 78 persen
Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum 2024 di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mencapai 83,5 persen berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara yang sudah dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Alhamdulillah partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 cukup tinggi yakni mencapai 83,5 persen dan melampaui target KPU RI sebesar 78 persen," kata Ketua KPU Lumajang Yuyun Baharita saat dihubungi per telepon di Lumajang, Minggu.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Lumajang pada Pemilu 2024 sebanyak 837.666 orang yang terdiri dari pemilih perempuan sebanyak 427.559 orang dan pemilih laki-laki sebanyak 410.107 orang dengan jumlah TPS sebanyak 3.322 TPS yang tersebar di 21 kecamatan.

"Tingginya partisipasi pemilih karena semua pihak bekerja optimal dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menyalurkan hak pilih baik penyelenggara pemilu, pemerintah daerah hingga peserta Pemilu 2024," tuturnya.

Ia menjelaskan KPU Lumajang gencar melakukan sosialisasi kepada pemilih agar menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2024 dan hal tersebut mendapat dukungan dari semua pihak baik pemerintah daerah dan partai politik sebagai peserta Pemilu 2024.

Baca juga: KPU Jabar targetkan partisipasi pemilih bisa mencapai 85 persen

Baca juga: Bupati Jember targetkan partisipasi pemilih 80 persen lebih

Baca juga: Bawaslu: Partisipasi pemilih PSU di 10 TPS Surabaya 50 persen lebih

Partisipasi pemilih di Kota Pisang tersebut pada Pemilu 2024 lebih tinggi dibandingkan pada Pemilu 2019 yang tercatat berdasarkan data KPU Lumajang sebesar 79 persen dari jumlah DPT sebanyak 835 ribu lebih pemilih.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Lumajang Agus Triyono mengatakan partisipasi pemilih pemula di berbagai TPS di Lumajang sangat baik karena banyaknya pihak yang terlibat dalam meningkatkan hal tersebut.

"Dukungan yang kuat dari TNI-Polri, para pemangku kepentingan, dan kebijakan menggratiskan masuk wisata pasca-nyoblos menjadi faktor utama dalam kesuksesan partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu 2024," ujarnya.

Ia juga mengapresiasi inisiatif sejumlah masyarakat yang memberikan kuliner gratis bagi pemilih pemula pasca-nyoblos. Hal itu dapat menjadi dorongan positif, tidak hanya sebagai bentuk apresiasi, tetapi juga sebagai sarana untuk mendorong partisipasi aktif dalam proses demokrasi.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024

Pendekar Binatang

ratu3388
Peziarah dari Timur Tengah hadiri puncak ziarah kubro di Palembang
Arak-arakan tradisi ziarah kubro di Palembang. ANTARA/Yudi Abdullah.
Palembang (ANTARA) - Peziarah tamu dari Timur Tengah seperti Arab Saudi dan Yaman menghadiri puncak ziarah kubro atau tradisi ziarah kubur 10 hari menjelang bulan suci Ramadhan di Palembang, Sumatera Selatan.

"Ratusan peziarah tamu dari Yaman dan Arab Saudi menghadiri ziarah kubro ke makam ulama serta aulia Palembang Darussalam yang digelar di Ibu kota Sumsel itu selama tiga hari pada 1-3 Maret 2024," kata Ketua Panitia Pelaksana Ziarah Kubro Habib Abdulrahman bin Hasan Alhabsy, di Palembang, Ahad.

Selain dihadiri peziarah tamu dari Timur Tengah, menurut dia, ziarah kubro 2024 juga dihadiri ribuan peziarah dari sejumlah provinsi di Tanah Air, di antaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Kepulauan Bangka Belitung.

"Khusus untuk melayani peziarah dari Timur Tengah dan beberapa provinsi di Tanah Air panitia menyiapkan tim penyambutan tamu," katanya.

Baca juga: Ziarah kubro di Palembang agendakan tiga kegiatan

Dia menjelaskan, tradisi ziarah kubro adalah kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan warga Kota Palembang khususnya para ulama atau habib secara bersama-sama 10 hari terakhir bulan Sya'ban.

Dalam kegiatan tersebut para ulama dan habib berziarah mengunjungi makam-makam ulama terkemuka di Kota Palembang seperti pemakaman habib di daerah Kambang Koci, Kawah Tekurep hingga pemakaman ulama di Telaga Swidak.

Puncak ziarah kubro ulama dan aulia Palembang Darussalam dimulai Ahad pagi dari Kampung Sungai Bayas, kemudian dilanjutkan ke pemakaman Pangeran Syarif Ali BSA Kelurahan 5 Ilir, pemakaman Kesultanan Kawah Tengkurep, dan penutup di pemakaman Aulia Kambang Koci.

Kompleks makam Kambang Koci merupakan pemakaman para raja atau sultan yang berasal dari Kesultanan Palembang yang juga terdapat makam putra-putri dari Sultan Mahmud Badaruddin I.

Selain itu, di Kambang Koci juga turut dimakamkan para ulama dan wali sehingga menarik peziarah dari berbagai daerah dan luar negeri datang ke tempat tersebut.

Ulama yang dimakamkan di Kambang Koci di antaranya Habib Muhammad bin Ahmad Al-Muhdor, Habib Muhammad bin Husin Al-Idrus, Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi, Habib Abdul Qodir bin Ahmad Assegaf, serta beberapa habib terkemuka lainnya.

Baca juga: Bangka Tengah lestarikan tradisi "ruah kubur"

Kambang Koci sebagai zanbal yang diartikan sebagai pemakaman wali di Kota Tarim, dan Kota Palembang dijuluki oleh para habib sebagai Hadramaut Tsani atau Hadramaut kedua.

Sedangkan di Kawah Tekurep terdapat beberapa makam para sultan seperti Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo berserta empat istrinya yakni Ratu Sepuh dari Demak, Ratu Gadung dari Malaysia, Ratu Mas Ayu dari China, dan Nyai Mas Naimah dari Palembang.

"Selain itu, juga di areal pemakaman yang memiliki luas kurang lebih satu hektare itu, juga terdapat makam ulama besar kala itu yakni Imam Sayid Al Idrus yang dikenal guru besar Sultan Mahmud Badaruddin," kata Habib Abdulrahman.

Sementara Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa ketika menghadiri acara puncak ziarah kubro menjelaskan bahwa untuk menyukseskan tradisi tersebut pihaknya membantu panitia mulai dari keamanan, kebersihan, kesehatan, dan lainnya.

Selain itu, juga menyiapkan fasilitas pendukung seperti mobil ambulans, mobil tanki air, kipas angin, dan lampu penerangan di sejumlah makam yang dijadikan lokasi kegiatan.

Menurut dia, ziarah kubro ulama dan aulia Palembang Darussalam masuk top 10 kalender event pariwisata di Bumi Sriwijaya ini.

Baca juga: Pemkab Pasaman Barat gelar kegiatan "maapam" upaya lestarikan tradisi

"Ziarah kubro dimasukkan dalam kalender event pariwisata karena tercatat menyumbang sektor PAD yang cukup besar dan meningkatkan pendapatan pelaku UMKM selama kegiatan berlangsung," kata dia.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024

Yan Shuai

kode alam cicak
Fans Ajax bentangkan "Oom Simon Terima Kasih" pada sang legenda
​​​​​​​Fans Ajax Amsterdam memberikan salam perpisahan dengan membentangkan banner bertuliskan "Oom (paman) Simon Terima Kasih" pada legendanya keturunan Indonesia tepatnya Maluku, Simon Tahamata sesaat sebelum laga melawan FC Utrecht dalam lanjutan Liga Belanda di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda, Minggu WIB (3/3/2024). (ANTARA/Ajax Amsterdam)
Jakarta (ANTARA) - Fans Ajax Amsterdam memberikan salam perpisahan dengan membentangkan banner bertuliskan "Oom (paman) Simon Terima Kasih" pada legendanya keturunan Indonesia tepatnya Maluku, Simon Tahamata sesaat sebelum laga Ajax melawan FC Utrecht dalam lanjutan Liga Belanda di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda, Minggu WIB.

Sang legenda dipanggil masuk oleh pembawa acara di Johan Cruyff Arena untuk masuk ke dalam stadion. Tahamata yang meninggalkan Ajax per 1 Maret akan menjadi pelatih muda di Deutsche Football Academy di Berlin, kemudian melangkah masuk dengan suasana yang emosional dengan diiringi riuh sambutan penonton yang bertepuk tangan.

"Terima kasih, Simon Tahamata," tulis dari media sosial resmi Ajax, Minggu.

Sementara Simon, pada hari yang sama juga mengucapkan kata-kata perpisahannya melalui Instagram story-nya "Terima kasih untuk semuanya pada hari terakhir di Ajax sebelum berangkat ke akademi sepak bola Deutsche."

Tahamata sendiri merupakan orang yang berjasa menerbitkan pemain-pemain muda potensial Ajax melalui akademi yang ditanganinya pada periode 2004 hingga 2009 dan 2014 hingga 2024.

Tahamata telah memperkuat Ajax sejak kelompok umur mulai 1971 hingga 1980 sebelum kemudian ia pidah ke klub Belgia Standart Liege. Semasa membela Ajax, pria yang kini berusia 67 tahun itu mencetak 17 gol dan 33 asis dari 149 penampilannya di semua kompetisi dengan total sumbangan trofi 3x Liga Belanda (1976/1977, 1978/1979, 1979/1980) dan 1x Piala KNVB (1978/1979).

Selain Ajax, Tahamata juga memperkuat empat klub lainnya yaitu Standard Liege dimana ia mendapatkan gelar 2x Liga Belgia (1981/1982, 1982/1983) dan 1x Piala Belgia (1981), Germinal Ekeren, VAR Beerschot, dan Feyenoord.

Selama karier menjadi pemain sepak bola, Tahamata juga memiliki 22 caps dengan timnas Belanda dengan torehan dua gol dan satu asis.

Baca juga: Simon Tahamata Pulang Kampung
 

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Legenda tangan dan mata

situs slot deposit qris
Balai Pelestarian Kebudayaan survei batu berlapis di Rejang Lebong
Batu berlapis yang ditemukan di Desa Kampung Melayu, Kecamatan Bermani Ulu, Kabupaten Rejang Lebong. ANTARA/HO-Diskominfo Rejang Lebong
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Peneliti dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VII Bengkulu-Lampung melakukan survei lapangan penemuan batu berlapis di wilayah Kabupaten Rejang Lebong.

Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah VII Bengkulu-Lampung Nurmatias di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan survei lapangan penemuan batu berlapis di Desa Kampung Melayu, Kecamatan Bermani Ulu, Kabupaten Rejang Lebong tersebut dilakukan bersama peneliti dari Universitas Indonesia (UI).

"Survei lapangan dilakukan karena biasanya ada temuan prasejarah pasti ada hal-hal yang berkaitan dengan artefak lainnya yang bisa kita jadikan sebagai konteks dari temuan yang ada," kata dia.

Baca juga: Pemkab Rejang Lebong rencanakan pengembangan objek wisata Bukit Basah

Dia menjelaskan, survei lapangan penemuan batu berlapis di Desa Kampung Melayu tersebut dilakukan guna melihat langsung kondisi bebatuan serta lokasi di sekitarnya.

Survei lapangan ini, kata dia, dilakukan tim peneliti Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah VII bersama Guru Besar Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI Prof Cecep Eka Permana dan Dosen Arkeologi UI Roma Roi Lubis.

Prof Cecep Eka Permana menyatakan penemuan batu berlapis di wilayah itu merupakan hal yang menarik yang terjadi dari proses pembentukan magma yang membeku pada masa lalu.

Baca juga: Arkeolog BPK Jatim temukan tiga arca di Situs Gondang Trenggalek

Setelah melihat langsung objek di lapangan, kata dia, tim peneliti mengambil dokumentasi studi situs, kemudian melakukan pengeboran ke pusat bukit, menggali parit, serta mengambil sampel tanah.

Pada penelitian lapangan ini pihaknya menggunakan radar menembus tanah untuk mengambil gambar bawah permukaan dengan menggunakan teknik pengeboran inti dan teknik penggalian parit. Upaya ini dilakukan guna membantu peneliti untuk menyelami lapisan pertama.

Baca juga: Pemkab Boyolali teliti penemuan situs benda purbakala di Tlawong

Sebelumnya, masyarakat Desa Kampung Melayu menemukan situs batu berlapis yang diperkirakan peninggalan peradaban kuno dengan ketinggian mencapai 40 meter.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024