petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

77 vip slot

cara pinjam di bank mandiri 498Jutaan kata 133525Orang-orang telah membaca serialisasi

《77 vip slot》

Pertamina bakal tutup agen pangkalan bila menjual LPG 3 kg tanpa KTP******

Pertamina bakal tutup agen pangkalan bila menjual LPG 3 kg tanpa KTP
Ilustrasi - Tabung elpiji 3kg bersubsidi. ANTARA/Nova Wahyudi/aa.
Ini kan sistem digitalisasi dan tracing-nya gampang. begitu ada pangkalan yang tidak melaksanakan seperti yang sudah kita instruksikan, itu langsung terdeteksi
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) akan memberlakukan langkah tegas berupa penutupan terhadap agen atau pangkalan yang menjual LPG 3 kilogram (kg) tanpa menggunakan KTP.

“Apabila dia (agen atau pangkalan) juga menjual tanpa NIK itu gampang kita deteksi dan tentu ada tindakan yang tegas dari Pertamina terhadap pangkalan yang melakukan pelanggaran itu dan itu pasti kita tutup,” kata Direktur Logistik dan Infrastruktur PT Pertamina Alfian Nasution saat jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan bahwa pihaknya tidak akan segan-segan menutup setiap pangkalan yang melanggar aturan yang telah ditetapkan. Dimana, pembelian LPG 3 kg wajib menggunakan KTP.

Ia menerapkan pendataan secara digital untuk memperketat sistem pengawasan pembelian tabung gas LPG 3 kilogram (kg) mulai di pangkalan hingga ke pengecer sehingga pendistribusian tepat sasaran.

“Ini kan sistem digitalisasi dan tracing-nya gampang. begitu ada pangkalan yang tidak melaksanakan seperti yang sudah kita instruksikan, itu langsung terdeteksi,” jelas Alfian.

Menurutnya, dengan sistem digitalisasi memungkinkan deteksi cepat terhadap pangkalan yang melanggar aturan. Pangkalan yang tidak mematuhi instruksi akan terdeteksi, dan tindakan tegas akan diambil, termasuk penutupan pangkalan yang melakukan pelanggaran.

Alfian menekankan pentingnya penggunaan KTP dan NIK sebagai langkah untuk memastikan ketepatan sasaran distribusi subsidi LPG 3 kg.

Pertamina juga merencanakan pemasangan aplikasi merchantdi warung untuk memantau dan mengontrol pembelian LPG 3 kg. Hal ini akan memastikan bahwa setiap transaksi tercatat dan terkoneksi dengan sistem data Pertamina.

“Warung ini akan kita buat seperti perpanjangan dari pangkalan dimana kita juga akan memasang merchantappsdi situ. Begitu merchantappsnya ada berartikan data yang di handphone si penjual itu akan terkoneksi ke data P3KE maupun data on demandyang sudah kita tambahkan di sana,” ucap Alfian.

Ia menuturkan dengan pemasangan merchant apps, setiap transaksi dapat terkoneksi dengan data Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dan data on demand, memastikan pembelian yang tepat dan tercatat.
 

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji (tengah, Kepala Biro KLIK Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi (kedua kanan), Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Mustika Pertiwi (kanan), Direktur Logistik dan Infrastuktur PT Pertamina Alfian Nasution (kedua kiri), Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan (kiri) dalam Konferensi Pers terkait Transformasi Subsidi LPG 3 kg tepat sasaran di Jakarta, Rabu (3/1/2024). ANTARA/Harianto
 

Alfian menambahkan dengan sistem digitalisasi, Pertamina dapat dengan mudah mendeteksi pangkalan yang tidak mematuhi instruksi yang telah diberikan.

“Sehingga kita bisa juga mengontrol pembelian di situ, jadi mereka tetap bisa melakukan pembelian di sana di sepanjang merchant appsnyaada di sana dan kita koneksi ke sistem data kita,” tambah Alfian.

Mulai 1 Januari 2024, pembelian LPG 3 kg hanya dapat dilakukan oleh pengguna LPG tertentu yang telah terdata. Bagi pengguna LPG 3 kg yang belum terdata atau ingin memeriksa status pengguna, wajib mendaftar atau memeriksa data diri di sub-penyalur/pangkalan resmi sebelum melakukan transaksi.

Langkah tersebut merupakan upaya pemerintah untuk pelaksanaan transformasi pendistribusian LPG 3 kg tepat sasaran. Kebijakan ini bertujuan agar besaran subsidi yang terus meningkat dapat dinikmati sepenuhnya oleh kelompok masyarakat tidak mampu atau tepat sasaran.

Kementerian ESDM mencatat dari 2020-2022, realisasi volume LPG subsidi terus meningkat rata-rata sebesar 4,5 persen. Sedangkan realisasi LPG non-subsidi rata-rata mengalami penurunan sebesar 10,9 persen.

Berdasarkan tren penyaluran LPG subsidi, prognosa volume penyaluran LPG subsidi di 2023 sebesar 8,22 juta metrik ton (MT), namun dengan adanya transformasi pendistribusian LPG 3 kg Tepat Sasaran, realisasinya bisa ditekan menjadi 8,07 juta MT meskipun masih melebihi kuota yang ditetapkan untuk 2023.

Hal tersebut disebabkan karena faktor ekonomi yang terus meningkat dari sekitar 3 persen di 2021 menjadi sekitar 5 persen di 2023 akibat terjadinya pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19.


Baca juga: KESDM catat 31,5 juta NIK telah daftar sebagai konsumen LPG 3 kg
Baca juga: Pemerintah sampaikan alasan kebijakan beli LPG 3 kg perlu mendaftar
Baca juga: Beli LPG 3 kg wajib daftar, Ekonom singgung pentingnya pembaruan data

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024

Gempa Jepang akibat pergerakan patahan sepanjang 150 km, sebut pakar******

Gempa Jepang akibat pergerakan patahan sepanjang 150 km, sebut pakar
Kondisi jalan raya yang retak akibat gempa dahsyat berkekuatan magnitudo 7,6 terlihat di Wajima, prefektur Ishikawa, Jepang (2/1/2024). ​​​​​​​ANTARA FOTO/Kyodo melalui REUTERS/aww.
Jepang (ANTARA) - Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,6 magnitudo yang mengguncang Jepang tepat pada tahun baru lalu diakibatkan oleh pergerakan sebuah patahan atau sesar yang membentang sekitar 150 kilometer di bawah Semenanjung Noto, kata para pakar Jepang.

Faktor lainnya, kata para pakar itu seperti dilaporkan kantor berita Kyodo pada Rabu, adalah aktivitas seismik yang kemungkinan akan terus berlanjut untuk sementara waktu.

Kyodo, dan juga sejumlah media massa Jepang, tak mengungkapkan nama patahan atau sesar yang memicu gempa pada Minggu itu.

Para pakar meyakini gempa berkekuatan 7,6 M itu disebabkan oleh sesar terbalik, ketika dinding atas sesar bergeser ke atas menjauhi footwall(bagian sesar yang berada di bawah bidang sesar).

Area aktivitas tektonik itu meluas di dalam dan sekitar Semenanjung Noto sehingga penduduk di sekitar daerah ini diharuskan tetap waspada menghadapi kemungkinan gempa susulan yang bisa berkekuatan 7 pada skala intensitas gempa Jepang, kata panel pakar tersebut.

Aktivitas seismik kuat sudah terdeteksi di bagian utara Semenanjung Noto yang terletak di Prefektur Ishikawa, sejak Desember 2020, ungkap para ahli.

Kawasan ini sudah pernah diguncang gempa berkekuatan 5,4 magnitudo pada Juni 2022 dan gempa berkekuatan 6,5 magnitudo pada Mei 2023.
Baca juga: 62 penduduk Ishikawa tewas akibat gempa Jepang

Gempa berkekuatan 7,6 magnitudo tepatnya mengguncang kota Shika di Prefektur Ishikawa pada Senin sore, dan Semenanjung Noto serta sekitarnya mengalami gempa susulan sampai berkekuatan 5 magnitudo.

"Sampai saat ini belum diketahui secara pasti bagian mana dari patahan itu yang bergerak," kata Naoshi Hirata dari Universitas Tokyo yang memimpin panel pakar tersebut.

Sementara itu, Japan Times melaporkan bahwa beberapa pembangkit listrik tenaga nuklir di sepanjang pantai Laut Jepang terhindar dari kerusakan serius akibat gempa bumi dahsyat itu.

Namun gempa yang memicu peringatan tsunami dari Hokkaido hingga Kyushu dan keluarnya perintah evakuasi di sembilan prefektur di Jepang itu, dapat memicu kekhawatiran publik mengenai keselamatan tenaga nuklir di negara rawan gempa itu.

Padahal saat bersamaan Perdana Menteri Fumio Kishida berencana meningkatkan pemanfaatan PLTN sebagai bagian dari kebijakan "transformasi hijau" yang tengah diambil pemerintah Jepang.

Di Prefektur Ishikawa, pembangkit listrik tenaga nuklir Hokuriku Electric Power di Shika mengalami gangguan sebagian sistem kelistrikannya, namun tidak ada kejanggalan besar.

Reaktor No. 1 dan No. 2 di PLTN itu sudah tak beroperasi sebelum gempa pada Minggu itu terjadi, tulis Japan Times.

Baca juga: KBRI pastikan tidak ada WNI jadi korban jiwa gempa Ishikawa Jepang
Baca juga: 114 WNI berada di tempat perlindungan pascagempa Jepang

Sumber: Kyodo-OANA

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024

Kemenag minta dai sampaikan pesan sejuk saat tahun politik******

Kemenag minta dai sampaikan pesan sejuk saat tahun politik
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin. (ANTARA/HO-Kemenag)
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama meminta para dai atau penceramah agar menyampaikan pesan-pesan yang menyejukkan dan meneduhkan bagi masyarakat pada musim kampanye politik.

"Kami sudah sampaikan kepada mereka untuk sekali lagi menyampaikan pesan-pesan keagamaan yang mencerahkan yang meneduhkan, yang tidak berpotensi menimbulkan konflik, tidak berpotensi menimbulkan perpecahan horizontal," ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin di Jakarta, Rabu.

Kamaruddin mengatakan Kemenag kini telah memiliki lembaga yang mewadahi para dai yang dinamai Majelis Dai Kebangsaan (MDK). Majelis dai tersebut telah beranggotakan sekitar 12 ribu penceramah dan tersebar di seluruh pelosok Indonesia.  

Ada tiga poin yang menjadi peta jalan MDK, pertama dakwah menyasar masyarakat perkotaan. Ia menyebut pengurus dan anggota MDK hendaknya memiliki strategi khusus dalam menyampaikan dakwah kepada masyarakat perkotaan yang dinamis.  

Kedua, dakwah akan menyasar anak muda. Ia menyebutkan, generasi muda yang terdiri dari generasi milenial dan Z ini berjumlah 52 persen dari total penduduk Indonesia.  

Terakhir, para dai juga harus menyampaikan ceramah secara progresif dengan tidak berkutat pada tema ritual semata. Menurutnya, tanpa meninggalkan tema ritual, masyarakat harus diberikan pencerahan berbagai isu kekinian dengan pendekatan agama.

Guru Besar Ilmu Hadis UIN Alauddin Makassar mengatakan para dai, khususnya yang tergabung dalam MDK, harus menjadikan agama sebagai instrumen perekat sosial.

Para dari, kata dia, memang memiliki pandangan politik yang berbeda-beda dan hal tersebut merupakan hak mereka. Namun saat mengisi ruang-ruang majelis keagamaan, mereka harus menyampaikan keteduhan.

"Itu pesan yang terus-menerus kita sampaikan agar mereka tetap netral. Soalnya di masyarakat itu juga terjadi kombinasi (pandangan politik)," kata dia.

Beberapa waktu lalu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan tantangan dai dan penceramah agama ke depan sangat kompleks di tengah kehidupan umat beragama.

Menag berharap MDK sebagai organisasi dan mitra pemerintah dapat memberikan sumbangsih pemikiran untuk bergerak bersama merawat kebhinnekaan, menciptakan harmoni, dan membangun moderasi dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara.

Baca juga: Dirjen Bimas Islam: MDK tingkatkan pemahaman warga tentang agama

Baca juga: Jokowi minta PP Parmusi ikut ciptakan situasi kondusif tahun politik

Baca juga: MUI minta dai ambil peran wujudkan pemilu yang damai

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:csb135

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
pinjol resmi ojk 2022 cepat cair limit tinggi
saham 777 slot
rtp marettoto
selot212
auto wd slot
ayomain138
pinjol gampang cair ilegal
belanja di shopee pakai home credit
pinjaman teman legal atau ilegal
Daftar isi semua bab
Bab 1 w69slot
Bab 2 mpo007
Bab 3 paktuaslot
Bab 4 slot lagi viral
Bab 5 linetohel
Bab 6 erek erek ikan lele 3d
Bab 7 zoomslot88
Bab 8 5758slot
Bab 9 betwin188
Bab 10 tips slot gacor
Bab 11 akun slot tergacor hari ini
Bab 12 download gacor
Bab 13 www bonanza88
Bab 14 limit 30 juta kredivo
Bab 15 bapautoto
Bab 16 situs slot bonus new member 100 di awal
Bab 17 demo slot pragmatic maxwin
Bab 18 macan slot login
Bab 19 link slot terbaik 2023
Bab 20 777slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5359bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Dinasti Tang yang makmur tanpa setan

bagi hoki4d
Menkeu sebut defisit APBN 2023 turun jadi 1,65 persen
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat konferensi pers Kinerja dan Realisasi APBN 2023 di Jakarta, Selasa (2/1/2024). (ANTARA/Imamatul Silfia)
Meski belanja negara naik cukup tinggi, tapi penerimaan kita tumbuh kuat, jadi kita mampu menurunkan defisit
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023 turun menjadi Rp347,6 triliun atau 1,65 persen.

“Defisit APBN 2023 kita desain sebesar Rp598,2 triliun atau 2,84 persen, pertengahan tahun kita revisi agak rendah Rp479,9 triliun atau 2,27 persen, ternyata realisasi kita jauh lebih kecil yaitu Rp347,6 triliun atau 1,65 persen. Itu hampir setengahnya dari desain awal,” kata Sri Mulyani saat konferensi pers Kinerja dan Realisasi APBN 2023 di Jakarta, Selasa.

Realisasi pendapatan negara tercatat sebesar Rp2.774,3 triliun. Nilai tersebut setara 112,6 persen terhadap target APBN 2023 sebesar Rp2.463 triliun atau 105,2 persen terhadap Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2023 yang sebesar Rp2.637,2 triliun.

Realisasi pendapatan negara pada APBN 2023 tumbuh 5,3 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp2.635,8 triliun.

Pendapatan negara utamanya ditopang oleh penerimaan perpajakan yang tumbuh 5,9 persen secara tahunan menjadi Rp2.155,4 triliun serta pendapatan negara bukan pajak (PNBP) yang tumbuh 1,7 persen menjadi Rp605,9 triliun.

Sementara itu, belanja negara tercatat sebesar Rp3.121,9 triliun, setara 102,0 persen terhadap target APBN 2023 sebesar Rp3.061,2 triliun atau 100,2 persen terhadap Perpres 75/2023 sebesar Rp3.117,2 triliun.

Belanja negara tumbuh 0,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp3,096,3 triliun. Dengan rincian belanja pemerintah pusat turun 1,7 persen menjadi Rp2.240,8 triliun dan transfer ke daerah naik 8 persen secara tahunan menjadi Rp881,3 triliun.

“Meski belanja negara naik cukup tinggi, tapi penerimaan kita tumbuh kuat, jadi kita mampu menurunkan defisit,” ujar Sri Mulyani.

Adapun keseimbangan primer APBN 2023 tercatat surplus Rp92,2 triliun. Keseimbangan primer adalah selisih dari total pendapatan negara dikurangi belanja negara di luar pembayaran bunga utang.

Menkeu mengatakan surplus keseimbangan primer pada 2023 merupakan yang pertama kalinya sejak 2012.

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024

Biografi pejabat wanita Dayun

mainan gacor slot
Man City selangkah lagi dapatkan pemain bintang Piala Dunia U-17 2023
Arsip Foto - Pesepak bola Timnas Argentina Claudio Echeverri (10) melewati pesepak bola Brasil Joao Henrique (16) pada perempat final Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium, Jakarta, Jumat (24/11/2023). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom/aa.
Jakarta (ANTARA) - Manchester City dikabarkan akan mengamankan jasa pemain bintang Piala Dunia U-17 2023 asal Argentina, Claudio Echeverri dari River Plate. Berdasarkan laporan pakar transfer Fabrizio Romano, City sepakat menebus Echeverri dengan nilai transfer 20 poundsterling (sekitar Rp 394 miliar) sekaligus mengalahkan dua raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona untuk mendapatkan pemain berusia 18 tahun itu. "Claudio Echeverri ke Manchester City, here we go! City dan River Plate masih mengurus sejumlah dokumen untuk menyepakati transfer tersebut," kata Romano di akun resmi X-nya pada Kamis. Namun, Romano mengatakan bahwa sang pemain akan tetap bermain di Argentina hingga Desember 2024 sebelum pindah ke Eropa. City dilaporkan mengikat Echeverri dengan kontrak berdurasi enam tahun.

Baca juga: Ruberto dan Echeverri pimpin daftar top skor Piala Dunia U-17 Selain dua klub Spanyol tersebut, City juga mengalahkan Paris Saint-Germain yang tertarik dengan Echevarri. Nama Echeverri mulai diperhatikan saat ia tampil brilian saat bermain untuk timnas Argentina di ajang Piala Dunia U-17 yang digelar di Indonesia tahun lalu. Ia menunjukkan kemampuannya ketika mencetak trigol di perempatan final melawan Brazil. Sayangnya Argentina hanya mampu meraih peringkat empat dalam turnamen tersebut. Dengan transfer ini, City sendiri kembali melanjutkan hubungan baik mereka dengan River Plate sejak transfer Julian Alvarez pada 2022. Echeverri akan mengikuti jejak Alvarez, tetapi bisa saja bergabung dengan Barcelona di masa depan setelah sempat mengakui ingin memiliki jejak karier yang sama dengan Lionel Messi.

Baca juga: Echeverri seolah mengajari Brazil U-17 menari Samba
Baca juga: Kapten Argentina U-17 Echeverri dedikasikan tiga golnya untuk keluarga

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

Saya sangat ingin mati sebagai guru

warga88
Kemenag minta dai sampaikan pesan sejuk saat tahun politik
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin. (ANTARA/HO-Kemenag)
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama meminta para dai atau penceramah agar menyampaikan pesan-pesan yang menyejukkan dan meneduhkan bagi masyarakat pada musim kampanye politik.

"Kami sudah sampaikan kepada mereka untuk sekali lagi menyampaikan pesan-pesan keagamaan yang mencerahkan yang meneduhkan, yang tidak berpotensi menimbulkan konflik, tidak berpotensi menimbulkan perpecahan horizontal," ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin di Jakarta, Rabu.

Kamaruddin mengatakan Kemenag kini telah memiliki lembaga yang mewadahi para dai yang dinamai Majelis Dai Kebangsaan (MDK). Majelis dai tersebut telah beranggotakan sekitar 12 ribu penceramah dan tersebar di seluruh pelosok Indonesia.  

Ada tiga poin yang menjadi peta jalan MDK, pertama dakwah menyasar masyarakat perkotaan. Ia menyebut pengurus dan anggota MDK hendaknya memiliki strategi khusus dalam menyampaikan dakwah kepada masyarakat perkotaan yang dinamis.  

Kedua, dakwah akan menyasar anak muda. Ia menyebutkan, generasi muda yang terdiri dari generasi milenial dan Z ini berjumlah 52 persen dari total penduduk Indonesia.  

Terakhir, para dai juga harus menyampaikan ceramah secara progresif dengan tidak berkutat pada tema ritual semata. Menurutnya, tanpa meninggalkan tema ritual, masyarakat harus diberikan pencerahan berbagai isu kekinian dengan pendekatan agama.

Guru Besar Ilmu Hadis UIN Alauddin Makassar mengatakan para dai, khususnya yang tergabung dalam MDK, harus menjadikan agama sebagai instrumen perekat sosial.

Para dari, kata dia, memang memiliki pandangan politik yang berbeda-beda dan hal tersebut merupakan hak mereka. Namun saat mengisi ruang-ruang majelis keagamaan, mereka harus menyampaikan keteduhan.

"Itu pesan yang terus-menerus kita sampaikan agar mereka tetap netral. Soalnya di masyarakat itu juga terjadi kombinasi (pandangan politik)," kata dia.

Beberapa waktu lalu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan tantangan dai dan penceramah agama ke depan sangat kompleks di tengah kehidupan umat beragama.

Menag berharap MDK sebagai organisasi dan mitra pemerintah dapat memberikan sumbangsih pemikiran untuk bergerak bersama merawat kebhinnekaan, menciptakan harmoni, dan membangun moderasi dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara.

Baca juga: Dirjen Bimas Islam: MDK tingkatkan pemahaman warga tentang agama

Baca juga: Jokowi minta PP Parmusi ikut ciptakan situasi kondusif tahun politik

Baca juga: MUI minta dai ambil peran wujudkan pemilu yang damai

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024

Catatan Kenaikan oleh Ratusan Pemurni

situs slot gacor terkini
Timnas Indonesia telan kekalahan telak 0-4 kontra Libia
Pemain Indonesia Saddil Ramdani (17) berebut bola dengan pemain Libia Elmahdi Elkout (11) pada laga uji coba di Stadion Titanic Mardan, Antalya, Turki, Selasa (2/1/2024). Timnas Indonesia takluk dengan skor telak 0-4. (HO-PSSI)
Jakarta (ANTARA) - Timnas Indonesia harus rela menelan kekalahan telak dengan skor 0-4 kontra Timnas Libia pada laga uji coba di Stadion Titanic Mardan, Antalya, Turki, Selasa. Pada pertandingan ini kemenangan Libia hadir berkat gol-gol yang dicetak oleh Ahmed Ekrawa, Omar Al Khouja, Nour Alquaib dan Alaa Alqijdar, demikian catatan PSSI. Secara keseluruhan Indonesia dapat memberikan perlawanan, namun kesalahan-kesalahan dari pemain skuad Garuda membuat Libia dapat keluar sebagai pemenang.

​​​Pada babak pertama Indonesia mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sempat memberikan ancaman lewat tendangan Saddil Ramdani yang masih dapat dihalau kiper Libia Murad Alwuheesi.

Baca juga: Timnas Indonesia mantapkan latihan taktik jelang lawan Libya Libia berbalik memberikan ancaman lewat tendangan penyerang Ahmed Ekrawa, namun bola masih menyamping tipis dari gawang Indonesia. Ekrawa berhasil membawa Libia unggul terlebih pada menit 25 setelah tendangannya memanfaatkan kesalahan bek Indonesia Wahyu Prast dapat membobol gawang Syahrul Trisna sehingga skor berubah menjadi 1-0. Libia terus menekan dan kembali memiliki peluang lewat tendangan Ekrawa, akan tetapi bola masih melambung tipis di atas mistar gawang Indonesia. Pada sisa waktu babak pertama, Libia tetap mendominasi jalannya pertandingan, namun hingga turun minum skor 1-0 tetap bertahan. Memasuki babak kedua, pelatih Indonesia Shin Tae-yong melakukan perombakan besar-besaran dan hanya menyisakan Syahrul Trisna di posisi penjaga gawang.

Baca juga: Jordi optimis timnas terbang di Piala Asia meski berstatus underdog Perombakan ini hampir membawa Indonesia berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan Adam Alis, namun bola masih membentur tiang gawang Libia. Libia sempat kembali membobol gawang Indonesia lewat Ekrawa melalui skema sepak pojok, namun pada akhirnya dianulir oleh wasit. Skuad asuhan Milutin Sredojevic berhasil menambah keunggulan lewat tendangan Omar Al Khouja yang tak dapat dibendung Syahrul Trisna sehingga skor berubah menjadi 2-0 pada menit 58. Libia dapat menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit 89 setelah kesalahan Justin Hubner dapat dimanfaatkan Nour Al Qulaib untuk membobol gawang Indonesia. Kesalahan lini belakang Indonesia kembali menyebabkan gawang Indonesia kembali jebol, kali ini tendangan jarak jauh Alaa Alqijdar mengoyak jala gawang Syahrul Trisna pada menit 90+2 sehingga laga berkesudahan dengan skor 4-0. Selanjutnya Indonesia akan kembali meladeni Libia pada uji coba kedua yang digelar di Stadion Titanic Mardan, Antalya, Turki, Jumat (5/1) mendatang.

Baca juga: Timnas lakoni tiga laga pada fase penyisihan grup Piala Asia 2023

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

Pertempuran yang tak terkalahkan

cara kredit di tokopedia tanpa kartu kredit
Jasa Marga terapkan "lawan arus" di Jalan Tol Jakarta-Cikampek
PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) memberlakukan contraflow di kilometer (km) 70 sampai dengan km 36 Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 16.20 WIB, Senin, Karawang (1/1/2024). ANTARA/Bayu Saputra/aa.
Karawang (ANTARA) - Atas diskresi kepolisian, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) memberlakukan rekayasa lawan arus atau contraflow di kilometer (km) 70 sampai dengan km 36 Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 16.20 WIB.

Sebelumnya sempat diberlakukan contraflow km 55 sampai dengan km 47 arah Jakarta Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 15.40 WIB.

"Dilanjutkan dengan perpanjangan lawan arus km 47 sampai dengan km 36 untuk 1 lajur pada pukul 16.01 WIB dan km 70 sampai dengan km 47 untuk 2 lajur arah Jakarta Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 16.20 WIB," kata VP Corporate Secretary and Legal JTT Ria Marlinda Paallo di Karawang.

Terpantau volume lalu lintas kendaraan arah Jakarta pada Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai meningkat.

Berdasarkan data terakhir dari Jasa Marga, hingga pukul 17.18 WIB tercatat 27.247 kendaraan kembali ke Jakarta dari arah Palimanan melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama I (Cikatama).

Baca juga: 48.584 kendaraan tinggalkan Jakarta pada H-3 libur Tahun Baru

Sedangkan 17.680 kendaraan tercatat menuju arah Palimanan melalui GT Cikatama.

Adapun puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada Senin ini.

Ria mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area.

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," ujarnya.

Pengguna jalan tol juga dapat memperbarui informasi perjalanan dengan mengunduh aplikasi Travoy 4.1 serta hubungi One Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080 untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini.

Baca juga: Sebanyak 135.039 kendaraan kembali ke Jakarta melalui GT Cikatama

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024

Menjadi seorang Buddha

urban slot188
Jabar identifikasi dampak pada terowongan Tol Cisumdawu pascagempa
Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono saat meninjau terowongan Tol Cisumdawu di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (1/1/2024). ANTARA/Handout/aa.
Bahwa pascagempa di Kabupaten Sumedang tadi malam, itu tidak menunjukkan adanya perubahan struktur yang berarti
Kabupaten Sumedang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melakukan identifikasi terhadap konstruksi terowongan Tol Cisumdawu pascagempa yang mengguncang Kabupaten Sumedang pada Minggu (31/12).

“Bahwa pascagempa di Kabupaten Sumedang tadi malam, itu tidak menunjukkan adanya perubahan struktur yang berarti,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono di Kabupaten Sumedang, Senin.

Menurut dia, saat ini pihak dari PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) sebagai pengelola jalan Tol Cisumdawu sedang menginvestigasi struktur terowongan terhadap dampak yang terjadi pascagempa tersebut.

Bambang menambahkan, pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) maupun Kementerian PUPR untuk menindaklanjuti kemungkinan yang terjadi pada struktur terowongan.

“Sudah menurunkan tim dan sekarang juga masih ada di lapangan untuk mengindentifikasi secara cepat kemungkinan-kemungkinan adanya kerusakan,” katanya.

Lebih lanjut, dia memastikan untuk kendaraan masih aman untuk melintas, baik di jalan tol maupun saat memasuki terowongan di Tol Cisumdawu.

“Saya ingin memastikan apakah pascagempa jalan Tol Cisumdawu tetap dibuka? Ternyata memang masih tetap dibuka,” katanya.

Sebelumnya, Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengungkapkan bahwa pascagempa di Kabupaten Sumedang, telah menyebabkan terjadinya keretakan di terowongan ganda Tol Cisumdawu.

"Gempa bumi yang M 4.8, ketiga menyebabkan adanya sedikit keretakan di dinding Terowongan Kembar Tol Cisumdawu. Pihak pengelola melakukan asesmen dan tindakan lainnya yang dianggap perlu. Namun atas keretakan itu, dipastikan sementara tidak mengganggu lalu lintas dan kondisi masih aman terkendali," katanya.

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024