petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

ceri188 slot

situs gacor akun baru 980Jutaan kata 56977Orang-orang telah membaca serialisasi

《ceri188 slot》

Kemenperin tingkatkan kesiapan industri makanan dan minuman menuju 4.0******

Kemenperin tingkatkan kesiapan industri makanan dan minuman menuju 4.0
Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika memberikan sambutan pada kegiatan Self Assesment INDI 4.0 dan Launching Program Transformasi Industri 4.0 Sektor Industri Makanan dan Minuman Tahun 2024 di Jakarta, Rabu (28/2/2024). ANTARA/HO-Humas Kemenperin
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meningkatkan kesiapan industri makanan dan minuman (mamin) agar bertransformasi menuju industri 4.0 sehingga memiliki daya saing melalui penerapan teknologi digital.

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika dalam keterangan di Jakarta, Jumat mengatakan industri mamin terpilih sebagai prioritas karena perannya yang penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan potensial untuk diakselerasi lebih jauh lagi melalui penerapan industri 4.0.

“Sektor industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor prioritas dalam peta jalan MakingIndonesia 4.0,” kata Putu.

Dia menyampaikan langkah pertama dalam transformasi menuju industri 4.0 adalah pemetaan tingkat kesiapan industri di Indonesia. Melalui Indonesia Industry 4.0 Readiness Index(INDI 4.0) yang telah diterapkan sejak 2018.

Putu mengatakan melalui INDI4.0, bisa diketahui tingkat kesiapan industri untuk bertransformasi digital ke arah industri 4.0. Sejak INDI4.0 diluncurkan, sebanyak 115 perusahaan perusahaan/pabrik di sektor industri makanan dan minuman telah melakukan Self-Assessment INDI 4.0.

Baca juga: Total investasi perakitan kendaraan listrik RI capai Rp4,49 triliun

“Dari hasil self-assessmenttersebut, skor rata-rata sektor industri makanan dan minuman adalah 2,26 atau menunjukkan tingkat kesiapan dari sedang hingga matang,” ujar Putu.

Ia menerangkan bahwa dalam INDI4.0, terdapat lima pilar yang diukur, yaitu manajemen dan organisasi, orang dan budaya, produk dan layanan, teknologi, dan operasi pabrik. Skor rata-rata INDIindustri mamin menunjukkan di atas nilai rata-rata kumulatif. Namun, nilai pilar teknologi masih di bawah rata-rata.

“Hal ini menjadi pertimbangan penting bagi Direktorat Jenderal Industri Agro untuk melakukan program restrukturisasi mesin/peralatan guna meningkatkan kesiapan teknologi dan mendukung transformasi Industri 4.0 di sektor industri mamin,” ucap Putu.

Ia menambahkan, perusahaan industri dapat menggunakan INDI 4.0 sebagai panduan untuk menentukan posisi perusahaan dalam Industri 4.0, merancang strategi masa depan, menghadapi tantangan transformasi, mengevaluasi efektivitas operasional, serta benchmarkingdengan perusahaan sejenis.

Baca juga: Populasi kendaraan listrik meningkat, roda dua naik 262 persen

Selain itu, asesmen juga dapat meningkatkan pemahaman dan penerimaan industri terhadap konsep Industri 4.0, serta menegaskan komitmen pemerintah dalam mendukung program MakingIndonesia 4.0

“Di sisi lain, pemerintah dapat memanfaatkan INDI4.0 untuk mengetahui komitmen perusahaan dalam mengimplementasikan industri 4.0, menentukan kebijakan Industri 4.0 yang tepat sasaran, dan menentukan insentif bagi industri,” tambah Putu.

Direktorat Jenderal Industri Agro telah mencapai beberapa milestonedalam implementasi Industri 4.0 di sektor industri mamin, termasuk penetapan enam perusahaan industri sebagai National LighthouseImplementasi Industri 4.0, pemberian INDI 4.0 Awards kepada 20 perusahaan, Special INDI 4.0 Awardskepada empat Digital Transformation Manager, serta bimbingan teknis kepada 1.402 orang SDM industri dan SDM koperasi susu mitra Industri Pengolahan Susu.

Lebih lanjut, Putu mengatakan Program Transformasi Industri 4.0 juga dilakukan melalui penyiapan SDM Transformasi Industri 4.0, mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Transformasi Industri 4.0 sesuai dengan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 331 Tahun 2020.

Program tersebut berangkat dari pemahaman bahwa SDM industri yang terbuka terhadap perubahan akan lebih siap untuk bertransformasi ke Industri 4.0, sementara mereka yang antipati terhadap perubahan dapat menghambat proses implementasi Industri 4.0 di perusahaan.

“Penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) Transformasi Industri 4.0 melibatkan beberapa tahapan, yaitu Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK), pendalaman dan penyusunan roadmap/pilot project, internalisasi pilot project dan roadmap kepada Board of Director (BoD), Pelaksanaan Sertifikasi, serta Pendampingan dan Verifikasi Nilai INDI 4.0,” kata Putu.

Putu menyampaikan, Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) ditujukan untuk SDM industri di level manajerial agar memiliki pengetahuan tentang industri 4.0, kemampuan menilai kesiapan transformasi industri 4.0, serta kemampuan merancang konsep roadmap atau pilot project transformasi industri 4.0 di perusahaan.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024

Len Blavatnik, Imigran Ukraina yang Sukses Berharta Rp496,7 T di AS******

Leonid Valentinovich Blavatnik (Len Blavatnik) merupakan salah satu orang terkaya di dunia dengan harta mencapai US,8 miliar atau sekitar Rp496,7 triliun.
Leonid Valentinovich Blavatnik (Len Blavatnik) merupakan salah satu orang terkaya di dunia dengan harta mencapai US,8 miliar atau sekitar Rp496,7 triliun. (Basith Subastian/CNNIndonesia).
Jakarta, CNN Indonesia--

Leonid Valentinovich Blavatnik (Len Blavatnik) merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Pundi-pundi hartanya terutama berasal dari perusahaan investasi multisektor, Access Industries.

Forbes memperkirakan total kekayaan Blavatnik mencapai US,8 miliar atau sekitar Rp496,7 triliun (asumsi kurs Rp15.619 per dolar AS) pada Sabtu (20/1).

Dengan kekayaannya itu, Blavatnik menempati peringkat orang terkaya ke-45 di dunia versi media keuangan itu.

Saat berusia 21 tahun, keluarganya memutuskan pindah ke New York, Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam, Blavatnik melanjutkan pendidikan dengan meraih gelar master di bidang ilmu komputer Universitas Columbia pada 1981.

Ia memutuskan untuk melepas kewarganegaraan Rusia dan menjadi warga AS pada 1984.

Lalu, pada 1986, Blavatnik bersama rekannya mendirikan perusahaan investasi Access Industries (AI). Saat awal berdiri, AI banyak berinvestasi di Rusia. Namun, Blavatnik memilih untuk tak terlalu dekat dengan Kremlin dan memilih menyerahkan urusan bisnis di sana ke rekannya.

Pada 1989, Blavatnik memutuskan untuk melanjutkan studi demi meraih gelar MBA di Harvard Business School. Saat itu, Access Industries mulai dilirik sebagai perusahaan investasi ternama.

Lihat Juga :
TAIPANAlfredo Yao, Pernah Terlunta di Jalan Kini Jadi Taipan Berharta Rp4 T

Blavatnik memiliki kepiawaian dalam memilih bisnis tempat perusahaannya berinvestasi dan menyulapnya menjadi lebih menguntungkan. Di tangannya, Access Industries mendapatkan banyak keuntungan.

Hampir empat dekade berdiri, portofolio investasi Access Industries kini sudah mencapai US miliar dari investasi di 200 lebih negara dan teritori.

Awalnya, perusahaan banyak bermain di sektor tambang dan energi, salah satunya di perusahaan minyak Rusia TNK-BP. Kemudian, perusahaan terus melakukan diversifikasi bisnis dengan menempatkan investasi pada perusahaan kimia LyondellBasell hingga Warner Music yang dibeli pada 2011 senilai US,3 miliar.

Dalam tempo sembilan tahun, Blavatnik sukses membawa Warner melantai di bursa saham dengan nilai empat kali lipat dari pasa saat dibeli. Sebagai pemilik Warner Music, tak jarang Blavatik berpose dengan sejumlah musisi papan atas dunia seperti Ed Sheeran hingga Chris Martin.

LOS ANGELES, CA - FEBRUARY 07: Len Blavatnik arrives at the Warner Music Group Pre-Grammy Celebration at Nomad Hotel Los Angeles on February 7, 2019 in Los Angeles, California.   Gregg DeGuire/Getty Images/AFP (Photo by GREGG DEGUIRE / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)Leonid Valentinovich Blavatnik (Len Blavatnik) merupakan salah satu orang terkaya di dunia dengan harta mencapai US,8 miliar atau sekitar Rp496,7 triliun. (GREGG DEGUIRE / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Raih Gelar Ksatria Berkat Amal

Selain sebagai pengusaha, Blavatnik juga dikenal sebagai filantropi. Melalui Yayasan Keluarga Blavatnik, ia banyak memberikan donasi untuk mendukung ilmu pengetahuan, pendidikan tinggi, hingga kebudayaan.

Lewat yayasan itu, Blavatnik sudah menyumbangkan lebih dari US miliar ke lebih dari 250 institusi pendidikan dan kebudayaan di dunia.

Berkat sumbangannya pada dunia pendidikan, Blavatnik mendapatkan gelar kehormatan Chavalier of the French Legion d'Hounner.

Kemudian pada 2017 lalu, Blavatnik juga meraih gelar ksatria 'Sir' dari Ratu Elizabeth II berkat sumbangannya ke dunia pendidikan, salah satunya ke Universitas Oxford.

Di usia senja, Blavatnik menghabiskan waktu bersama istrinya, Emily Bavatnik, yang ia nikahi pada 1994. Bersama Emily, Blavatnik memiliki empat orang anak. Saat ini, ia banyak menghabiskan waktu di New York, AS dan London, Inggris.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/bac)

Airlangga Ingin Kontainer ke Priok Dialihkan Sebagian ke Patimban******

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berharap kontainer yang selama ini masuk melalui Pelabuhan Tanjung Priok beralih sebagian ke Patimban.
Airlangga Hartarto berharap kontainer yang selama ini masuk melalui Pelabuhan Tanjung Priok beralih sebagian ke Patimban. (Foto: Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakanPelabuhan Patimban sudah bisa dimanfaatkan secara maksimal. Ia berharap kontainer yang selama ini masuk melalui Pelabuhan Tanjung Priok beralih sebagian ke Patimban.

"Untuk kontainer-kontainer yang selama ini ke Tanjung Priok, mungkin sebagian nanti bisa dialihkan ke Pelabuhan Patimban," katanya saat meninjau operasional Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat pada Rabu (24/1).

Menurutnya, pelabuhan yang termasuk Projek Strategis Nasional (PSN) itu menjadi nadi pengembangan kawasan Rebana Metropolitan, serta penopang kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

Airlangga menjelaskan aktivitas ekspor otomotif Indonesia ke berbagai negara seperti Jepang, Singapura, dan lainnya tercatat terus meningkat setiap tahun. Pelabuhan Patimban dapat menampung 223 ribu CBU atau di atas 100 persen dari target kapasitas yang ditetapkan, yakni sebesar 218 ribu CBU.

Pemerintah juga akan membangun jalan tol untuk memudahkan akses dari dan menuju Pelabuhan Patimban. Tol ini ditargetkan rampung pada 2025 mendatang.

Lebih lanjut, Airlangga menuturkan investasi yang masuk ke Pelabuhan Patimban pada tahap pertama sekitar Rp18 triliun dan tahap kedua sekitar Rp14 triliun. Lalu, investasi untuk jalan tol Rp10 triliun.

"Dengan selesainya nanti jalan tol, akses dari jalan Tol Cipali bisa langsung ke pelabuhan, karena itu menjadi penting untuk menurunkan logistic cost kita," imbuh dia.

[Gambas:Video CNN]

(pop/pta)




bab terbaru:voucher goride juni 2022

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
trik main slot supaya gacor
cara pasang joni togel
bar togel
pinjol tidak terdaftar ojk
bolagacorslot
arena369
asiahoky
angka buku mimpi
daftar permainan slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 seribu mimpi 90
Bab 2 langit 123 slot
Bab 3 erek 90
Bab 4 joker138
Bab 5 erek01
Bab 6 paito bangkok 930
Bab 7 slot gacor member baru pasti menang
Bab 8 super win 303 slot
Bab 9 paito germany plus angkanet
Bab 10 rtp aqua365
Bab 11 tempat slot gacor
Bab 12 sgp paito harian
Bab 13 bola888
Bab 14 togel nusantara
Bab 15 slot situs
Bab 16 cara dapat uang dari dana gratis
Bab 17 demo mahjong ways 2 anti lag
Bab 18 osg888
Bab 19 cara pasang nomor 4d
Bab 20 slot gacor terpercaya 2023
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6838bab
takutBacaan TerkaitMore+

Alice di Alam Impian

dewa judi 88
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berharap kontainer yang selama ini masuk melalui Pelabuhan Tanjung Priok beralih sebagian ke Patimban.
Airlangga Hartarto berharap kontainer yang selama ini masuk melalui Pelabuhan Tanjung Priok beralih sebagian ke Patimban. (Foto: Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakanPelabuhan Patimban sudah bisa dimanfaatkan secara maksimal. Ia berharap kontainer yang selama ini masuk melalui Pelabuhan Tanjung Priok beralih sebagian ke Patimban.

"Untuk kontainer-kontainer yang selama ini ke Tanjung Priok, mungkin sebagian nanti bisa dialihkan ke Pelabuhan Patimban," katanya saat meninjau operasional Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat pada Rabu (24/1).

Menurutnya, pelabuhan yang termasuk Projek Strategis Nasional (PSN) itu menjadi nadi pengembangan kawasan Rebana Metropolitan, serta penopang kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

Airlangga menjelaskan aktivitas ekspor otomotif Indonesia ke berbagai negara seperti Jepang, Singapura, dan lainnya tercatat terus meningkat setiap tahun. Pelabuhan Patimban dapat menampung 223 ribu CBU atau di atas 100 persen dari target kapasitas yang ditetapkan, yakni sebesar 218 ribu CBU.

Pemerintah juga akan membangun jalan tol untuk memudahkan akses dari dan menuju Pelabuhan Patimban. Tol ini ditargetkan rampung pada 2025 mendatang.

Lebih lanjut, Airlangga menuturkan investasi yang masuk ke Pelabuhan Patimban pada tahap pertama sekitar Rp18 triliun dan tahap kedua sekitar Rp14 triliun. Lalu, investasi untuk jalan tol Rp10 triliun.

"Dengan selesainya nanti jalan tol, akses dari jalan Tol Cipali bisa langsung ke pelabuhan, karena itu menjadi penting untuk menurunkan logistic cost kita," imbuh dia.

[Gambas:Video CNN]

(pop/pta)

Sungguh merepotkan untuk mengusir setan

pola gacor starlight princess
Staf khusus menteri BUMN Arya Sinulingga menyinggung bawahan yang membanggakan dan mengungkap contekan kepada bos ke publik tak punya etika.
Staf khusus menteri BUMN Arya Sinulingga menyinggung bawahan yang membanggakan dan mengungkap contekan kepada bos ke publik tak punya etika. (Dok. PSSI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Staf khusus menteri BUMN Arya Sinulingga menyinggung etika seorang bawahan terhadap atasan dalam dunia kerja.

Hal tersebut ia ungkapkan usai mendengar ada seorang mantan bawahan yang mengatakan atasannya hampir 7 tahun dapat contekan dari sang bawahan.

Berkaca dari kejadian itu, Arya mengingatkan para anak muda yang sedang membangun karir tidak meniru. Sebab, hal tersebut tak beretika.

Lihat Juga :
Daftar 3 Penguasa 1/3 Ekonomi RI yang Siap Menangkan Prabowo

Arya pun mengatakan seorang bawahan tak seharusnya membicarakan mantan atasan ke orang-orang luar. Apalagi sampai mengejek mantan atasan.

"Jadi jangan pernah ditiru buat anak-anak muda sekarang, baik milenial maupun gen Z dalam membangun karir atau Anda pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain," ujar Arya.

Arya sebenarnya tak menyebut nama siapa mantan bawahan yang mengaku memberikan contekan pada atasannya selama 7 tahun.

Namun, sebelumnya Co Captain Timnas AMIN Thomas Lembong adalah sosok yang mengaku memberikan contekan pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama 7 tahun. Contekan itu ia berikan tatkala menjadi anak buah Jokowi.

Pernyataan pria yang kerap disapa Tom itu awalnya merespons calon wakil presiden nomor 2 Gibran Rakabuming Raka yang sering menyebut namanya dalam debat calon wakil presiden pada Minggu (21/1) malam.

Tom memperkirakan banyaknya Gibran menyebut namanya dalam debat terjadi karena anak Jokowi itu kangen dan kemungkinan ingin mendapat masukan berkualitas darinya soal topik yang dibahas di debat.

Ia mengatakan masukan berkualitas itu sebelumnya ia telah sering berikan kepada Jokowi yang merupakan ayah Gibran selama 7 tahun menjadi tangan kanan presiden RI tersebut.

"Saya sangat apresiasi ucapan Mas Gibran yang berkali kali sebut nama saya. Tentunya selama 7 tahun buat contekan nulis pidato untuk ayahnya; presiden, saya deteksi sebuah rasa rindu mungkin karena saya tak di situ lagi untuk memberi masukan berkualitas," katanya Seperti dikutip dari video CNBCIndonesia TV bertajuk Your Money Your Vote.

[Gambas:Video CNN]

Tapi sayang kata Lembong, kerinduan itu tak akan pernah terobati lagi. Pasalnya, ia kini sudah memutuskan untuk 'bercerai' dengan Jokowi dan bergabung dengan pasangan presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

"Sekarang yang menerima manfaat masukan berkualitas saya adalah AMIN," katanya.

Tom Lembong merupakan salah satu tokoh penting yang berperan dalam kemonceran karir politik Jokowi.

Ia merupakan penasihat ekonomi dan penulis pidato untuk Jokowi saat menjadi Gubernur DKI Jakarta. Peran ini diteruskan sepanjang masa jabatan pertama Jokowi sebagai Presiden.

Saat Jokowi menjabat presiden, Tom ditunjuk Jokowi sebagai menteri perdagangan pada 2015-2016. Ia kembali dipercaya masuk kabinet dengan menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 2016-2019, yang kini berganti nama menjadi Kementerian Investasi.

Lihat Juga :
Menebak Ninin, Wanita Kaya yang Kata Boy Thohir Siap Bawa Prabowo RI-1
(mrh/agt)

tuan perak

nama situs slot paling gacor
Belanja produk fresh seperti daging hingga buah kini lebih murah karena kini diskon 20% setiap hari di Transmart.
Belanja produk fresh seperti daging hingga buah kini lebih murah karena kini diskon 20% setiap hari di Transmart. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia--

Belanja produk fresh di Transmart pastinya lebih hemat karena sekarang ada diskon sampai 20 persen. Diskon belanja ini berlaku setiap hari khusus untuk produk segar seperti daging, buah, ikan, makanan beku, hingga kue dan pastry.

Syarat dapat diskon 20 persen ini gampang banget. Cukup belanja produk segar sesuai kebutuhan dan bayarnya pakai Allo Prime dari Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

Lihat Juga :
Produk Segar Selalu Diskon 20% Setiap Hari di Transmart

Anda cukup download aplikasi Allo Bank di App Store atau Google Play Store di hp masing-masing. Kemudian registrasi akun dan upgrade ke Allo Prime supaya bisa klaim diskon belanja di Transmart.

Atau bisa juga mengajukan pembuatan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah secara instan melalui booth yang tersedia di gerai Transmart.

Jadi, tunggu apa lagi? Mampir ke Transmart terdekat sekarang juga, karena cuma Transmart yang siap memenuhi kebutuhan produk segar keluarga Indonesia setiap hari dengan harga terjangkau!

Gif banner Allo Bank
(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Kacamata ajaib dunia film

pinjol lewat web
Boy Thohir mengklaim sejumlah perusahaan seperti Djarum Grup, Sampoerna dan wanita terkaya RI siap memenangkan Prabowo-Gibran 1 putaran.
Boy Thohir mengklaim sejumlah perusahaan seperti Djarum Grup, Sampoerna dan Adaro siap memenangkan Prabowo-Gibran 1 putaran. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengusaha Garibaldi Thohir atauBoy Thohir mengklaim sepertiga penyumbang perekonomian Indonesia siap membantu memenangkan pasangan calon nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Sepertiga penyumbang ekonomi itu termasuk Djarum Group, Sampoerna Strategic Group, hingga Adaro Group.

Hal itu disampaikan Boy dalam acara relawan Erick Thohir Alumni Amerika Serikat yang juga dihadiri oleh Prabowo, Senin (22/1) malam.

"Mulai dari Djarum Group, Sampoerna Group, Adaro Group, siapa lagi, pokoknya grup-grup semua ada di sini. Ada Ninin, the richestwanita in Indonesia, dan semuanya," sambungnya.

Boy kemudian mengatakan siap memenangkan Prabowo-Gibran sekali putaran.

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo mengaku merasa terhormat telah diundang.

Prabowo sempat berkelakar dirinya kalah di dua Pilpres sebelumnya karena tidak pernah diundang dalam acara serupa. Prabowo pun mengaku optimis dalam Pilpres kali ini.

"Kehormatan besar, baru saya paham sekarang kenapa saya dua kali kalah pilpres, karena dulu saya enggak diundang ke sini," kata Prabowo.

CNNIndonesia sudah berupaya untuk meminta tanggapan dari Head of Corporate Communication Adaro Febriati Nadira, Corporate Communication Djarum Group Budi Darmawan. 

CNNIndonesia.com juga berupaya menghubungi Marketing Communication Putera Sampoerna Dian Ilmi Amaliyah.

Namun, hingga berita diturunkan, yang bersangkutan belum memberikan tanggapannya.

[Gambas:Video CNN]



(yoa/del)

Tuan Surgawi Bintang Kutub

apa itu bonus new member
Forbes merilis daftar terbaru perempuan terkaya RI pada 2023 kemarin. Mereka adalah; Dewi Kam, Jenny Quantero & Engki Wibowo, Arini Subianto, Marina Budiman.
Forbes merilis daftar terbaru perempuan terkaya RI pada 2023 kemarin. Mereka adalah; Dewi Kam, Jenny Quantero & Engki Wibowo, Arini Subianto, Marina Budiman. (CNN Indonesia/Agust Supriadi).
Daftar Isi
  • 1. Dewi Kam
  • 2. Jenny Quantero & Engki Wibowo
  • 3. Arini Subianto & family
  • 4. Marina Budiman
Jakarta, CNN Indonesia--

Forbes beberapa lalu merilis daftar terbaru orang terkaya di Indonesia.

Dalam daftar, terdapat beberapa srikandi yang memiliki harta hingga triliunan.   

1. Dewi Kam

Dewi Kam adalah orang terkaya nomor 10 di Indonesia dengan total kekayaan US,45 miliar atau Rp68 triliun (asumsi kurs Rp15.500 per dolar AS). Ia menjadi satu-satunya wanita yang masuk dalam daftar 10 besar crazy richdi tanah Air.

Pundi-pundi dikumpulkan Dewi utamanya dari kepemilikan saham di perusahaan tambang batu bara PT Bayan Resources Tbk. Dewi juga eksis berbisnis di sektor pembangunan dan pengoperasian pembangkit listrik.

Ia merupakan pemilik PT Sumbergas Sakti Prima (SSP) yang bermitra dengan PT Bosowa Energi dalam proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeneponto. Selain itu, Dewi juga terdaftar sebagai pemegang saham Birken Universal Corporation Virgin Islands Inggris.

2. Jenny Quantero & Engki Wibowo

Jenny Quantero & Engki Wibowo menempati posisi ke-31 orang terkaya di Indonesia. Tercatat kekayaan Jenny dan suaminya itu mencapai US,5 miliar atau sekitar Rp23,48 triliun.

Jenny merupakan direktur dari perusahaan yang sama dengan Dewi Kam, PT Bayan Resources Tbk. Pundi-pundi kekayaannya pun ia peroleh dari perusahaan tersebut.

Keduanya membantu Low Tuck Kwong mendirikan perusahaan tersebut pada 2004. Kesuksesan perusahaan kian melejit usai go public di Bursa Efek Indonesia pada 2008.

3. Arini Subianto & family

Arini Subianto dan keluarganya menjadi orang terkaya nomor 36 di Indonesia dengan total kekayaan US,34 miliar, setara Rp20 triliun. Ia adalah anak taipan Tanah Air, Benny Subianto yang meninggal pada Januari 2017 lalu.

Arini merupakan Presiden Direktur perusahaan induk keluarganya, Persada Capital Investama yang berinvestasi di berbagai bidang mulai dari produk pengolahan kayu dan kelapa sawit hingga pengolahan karet dan batu bara.

Persada Capital Investama mencakup saham minoritas di raksasa batubara Adaro Energy.

4. Marina Budiman

Marina Budiman menjadi wanita ketiga yang masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Ia berada di posisi ke-47 dengan total kekayaan US,01 miliar atau Rp15 triliun.

Wanita berusia 62 tahun ini adalah salah satu pendiri dan Presiden Komisaris perusahaan pusat data DCI Indonesia.

Marina mendirikan DCI pada 2011 bersama Otto Toto Sugiri. Ia bekerja dengan Otto Toto Sugiri di Bank Bali pada 1985 dan bergabung dengan Sigma Cipta Caraka pada 1989.

Ia ikut mendirikan Indonet, penyedia layanan internet pertama di Indonesia pada 1994 silam.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Rekor pertempuran inti

cara menggunakan cicilan kartu kredit di shopee
Kemenperin tingkatkan kesiapan industri makanan dan minuman menuju 4.0
Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika memberikan sambutan pada kegiatan Self Assesment INDI 4.0 dan Launching Program Transformasi Industri 4.0 Sektor Industri Makanan dan Minuman Tahun 2024 di Jakarta, Rabu (28/2/2024). ANTARA/HO-Humas Kemenperin
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meningkatkan kesiapan industri makanan dan minuman (mamin) agar bertransformasi menuju industri 4.0 sehingga memiliki daya saing melalui penerapan teknologi digital.

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika dalam keterangan di Jakarta, Jumat mengatakan industri mamin terpilih sebagai prioritas karena perannya yang penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan potensial untuk diakselerasi lebih jauh lagi melalui penerapan industri 4.0.

“Sektor industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor prioritas dalam peta jalan MakingIndonesia 4.0,” kata Putu.

Dia menyampaikan langkah pertama dalam transformasi menuju industri 4.0 adalah pemetaan tingkat kesiapan industri di Indonesia. Melalui Indonesia Industry 4.0 Readiness Index(INDI 4.0) yang telah diterapkan sejak 2018.

Putu mengatakan melalui INDI4.0, bisa diketahui tingkat kesiapan industri untuk bertransformasi digital ke arah industri 4.0. Sejak INDI4.0 diluncurkan, sebanyak 115 perusahaan perusahaan/pabrik di sektor industri makanan dan minuman telah melakukan Self-Assessment INDI 4.0.

Baca juga: Total investasi perakitan kendaraan listrik RI capai Rp4,49 triliun

“Dari hasil self-assessmenttersebut, skor rata-rata sektor industri makanan dan minuman adalah 2,26 atau menunjukkan tingkat kesiapan dari sedang hingga matang,” ujar Putu.

Ia menerangkan bahwa dalam INDI4.0, terdapat lima pilar yang diukur, yaitu manajemen dan organisasi, orang dan budaya, produk dan layanan, teknologi, dan operasi pabrik. Skor rata-rata INDIindustri mamin menunjukkan di atas nilai rata-rata kumulatif. Namun, nilai pilar teknologi masih di bawah rata-rata.

“Hal ini menjadi pertimbangan penting bagi Direktorat Jenderal Industri Agro untuk melakukan program restrukturisasi mesin/peralatan guna meningkatkan kesiapan teknologi dan mendukung transformasi Industri 4.0 di sektor industri mamin,” ucap Putu.

Ia menambahkan, perusahaan industri dapat menggunakan INDI 4.0 sebagai panduan untuk menentukan posisi perusahaan dalam Industri 4.0, merancang strategi masa depan, menghadapi tantangan transformasi, mengevaluasi efektivitas operasional, serta benchmarkingdengan perusahaan sejenis.

Baca juga: Populasi kendaraan listrik meningkat, roda dua naik 262 persen

Selain itu, asesmen juga dapat meningkatkan pemahaman dan penerimaan industri terhadap konsep Industri 4.0, serta menegaskan komitmen pemerintah dalam mendukung program MakingIndonesia 4.0

“Di sisi lain, pemerintah dapat memanfaatkan INDI4.0 untuk mengetahui komitmen perusahaan dalam mengimplementasikan industri 4.0, menentukan kebijakan Industri 4.0 yang tepat sasaran, dan menentukan insentif bagi industri,” tambah Putu.

Direktorat Jenderal Industri Agro telah mencapai beberapa milestonedalam implementasi Industri 4.0 di sektor industri mamin, termasuk penetapan enam perusahaan industri sebagai National LighthouseImplementasi Industri 4.0, pemberian INDI 4.0 Awards kepada 20 perusahaan, Special INDI 4.0 Awardskepada empat Digital Transformation Manager, serta bimbingan teknis kepada 1.402 orang SDM industri dan SDM koperasi susu mitra Industri Pengolahan Susu.

Lebih lanjut, Putu mengatakan Program Transformasi Industri 4.0 juga dilakukan melalui penyiapan SDM Transformasi Industri 4.0, mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Transformasi Industri 4.0 sesuai dengan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 331 Tahun 2020.

Program tersebut berangkat dari pemahaman bahwa SDM industri yang terbuka terhadap perubahan akan lebih siap untuk bertransformasi ke Industri 4.0, sementara mereka yang antipati terhadap perubahan dapat menghambat proses implementasi Industri 4.0 di perusahaan.

“Penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) Transformasi Industri 4.0 melibatkan beberapa tahapan, yaitu Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK), pendalaman dan penyusunan roadmap/pilot project, internalisasi pilot project dan roadmap kepada Board of Director (BoD), Pelaksanaan Sertifikasi, serta Pendampingan dan Verifikasi Nilai INDI 4.0,” kata Putu.

Putu menyampaikan, Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) ditujukan untuk SDM industri di level manajerial agar memiliki pengetahuan tentang industri 4.0, kemampuan menilai kesiapan transformasi industri 4.0, serta kemampuan merancang konsep roadmap atau pilot project transformasi industri 4.0 di perusahaan.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024