petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

gas138 demo

slot demo pocket game soft 588Jutaan kata 807614Orang-orang telah membaca serialisasi

《gas138 demo》

Rumah Baca Kalioso Sragen Kembangkan Kreativitas Anak Desa Lewat Handlettering******

SRAGEN—Kesempatan libur di akhir tahun ini dimanfaatkan oleh Rumah Baca Kalioso, Kaliyoso RT04/01, Jetis Karangpung, Kecamatan. Kalijambe, Sragen mengadakan Mini Workshop Handletteringuntuk anak-anak desa setempat, Minggu (31/12/2023).

Pegiat Rumah Baca Kalioso, Bisma Fajar Mustofa, menyampaikan tujuan diadakan kegiatan handletteringini untuk mengisi liburan sekaligus mengasah jiwa kreativitas anak-anak agar berkembang.

Promosi Indeks Bisnis UMKM BRI Q3-2023 Ungkap Pelaku UMKM Masih Kuat dan Prospektif

“Tujuannya mengasah jiwa kreativitas anak serta untuk mengisi liburan akhir sebelum kembali ke rutinitas sekolah,”ujar dia dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Minggu (31/12/2023).

Pada kesempatan itu, dia mengundang Kak Willa dan Kak Ara, pemilik bisnis bernama Kado Jogja yang bergerak pada jasa kreasi handmade, untuk memandu anak-anak.

Kak Willa menjelaskan handletteringadalah seni menulis indah. Belajar handletteringini bisa mengasah kreativitas anak sejak dini. Semakin sering mempraktikkan semakin bisa membuat tulisan indah.

Handletteringini kayak seni menulis indah, dapat digunakan untuk mengasah jiwa seni anak,” ujar Willa.

Kak Willa dan Kak Ara menyampaikan dari kegiatan pagi hingga siang ini anak-anak begitu antusias dan bisa mengikuti materi dan praktik secara perlahan.

Anak-anak Desa Kaliyoso begitu antusias mempraktikkan apa yang diajarkan oleh narasumber. Salah satunya David, 9, merasa senang bisa membuat tulisan berseni.

“Senang membuat tulisan Selamat Tahun Baru 2024, mau dibikin topi,”ungkap David

Harapannya dengan kegiatan ini bisa memberikan variasi kegiatan positif selama anak-anak liburan di rumah. Selain itu memantik agar anak-anak berinteraksi dengan teman sebayanya.

Direktur SDM PT Sucofindo Raih Gelar Doktor Ilmu Hukum UNS, Predikat Cumlaude******

SOLO —Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Sucofindo, Yohanes Nanang Marjianto berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Hukum dari Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Hukum Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dengan predikat cumlaude atau dengan pujian.

Berdasarkan rilis yang diterima Nanang berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan dewan penguji yang diketuai oleh Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. dengan judul Rekonstruksi Hukum Pembentukan Holding Badan Usaha Milik Negara Pangan untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan.

Promosi Menilik Indahnya Alam & Pertanian Modern Desa Bansari, Jawara Desa BRILian 2023

Ujian terbuka promosi doktor digelar di Aula FH UNS, Kamis (26/1/2023).

Di hadapan Tim Penguji dan Promotor, Nanang menyampaikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah alat kelengkapan negara yang dibentuk untuk mewujudkan tujuan negara sebagaimana tertuang di dalam alenia IV Pembukaan UUD 1945.

Menurutnya, kondisi BUMN pada umumnya tidak ideal sebagai badan usaha, kebanyakan BUMN tidak mampu memberikan kontribusi positif terhadap keuangan negara.

Di sisi yang lain, BUMN diharapkan lebih banyak berperan dalam program-program Pemerintah yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat. Jumlah BUMN di Indonesia pada akhir tahun 2018 mencapai 143 perusahaan.

Namun dari 143 BUMN, hanya ada 20 BUMN yang mampu berkontribusi menghasilkan 90% dari total pendapatan seluruh BUMN. Sampai dengan bulan Juni 2022, terdapat 91 BUMN di Indonesia (79 Persero dan 12 Perum) yang tersebar di 12 sektor Industri dengan total nilai Kekayaan Negara Dipisahkan yang diinvestasikan kepada BUMN sebesar Rp2.469 triliun sampai dengan tahun 2021.

Diperlukan restrukturisasi BUMN agar peran BUMN menjadi lebih optimal. Salah satu strategi restrukturisasi adalah pembentukan holding company BUMN, yang merupakan suatu inisiatif value creation. Potensi holding BUMN sangat besar.

Berdasarkan laporan kinerja BUMN tahun 2020 untuk total aset BUMN mencapai Rp8.400 triliun sehingga jumlah itu lebih besar dari aset milik pemerintah dan total pendapatan BUMN Rp2.400 triliun, yang berarti hampir sama dengan pendapatan pemerintah.

Dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2019, Kementerian Keuangan mencatat bahwa pendapatan bagian laba BUMN Perbankan sebesar Rp18,595 triliun dan BUMN Non Perbankan Rp32,038 triliun.

Kementerian BUMN telah berkontribusi memberikan dividen senilai Rp388 triliun sedangkan PNM yang digelontorkan pemerintah senilai Rp148 triliun.

Kontribusi dividen BUMN 2011-2020 tersebut lebih besar daripada PNM yang diberikan, yaitu lebih besar 2,5 kali.

Selama 10 tahun terakhir, kontribusi pajak dari perusahaan BUMN senilai Rp1.864 triliun dan PNBP sebesar Rp1.030 triliun. Jika dijumlahkan, total kontribusi penerimaan negara dari BUMN baik dari dividen, PNBP, dan pajak adalah senilai Rp3.282 triliun.

Dalam mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan, pemerintah melalui BUMN sesuai dengan bidang tugasnya dapat berperan serta melalui pelaksanaan produksi, distribusi, perdagangan, konsumsi pangan, penyelenggaraan cadangan pangan masyarakat, pencegahan dan penanggulangan rawan pangan dan gizi, penyampaian informasi pangan dan gizi, keterjangkauan pangan, penganekaragaman pangan, keamanan pangan, dan/atau peningkatan kemandirian pangan rumah tangga. BUMN juga memastikan kualitas konsumsi pangan masyarakat.

“Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mendapatkan penjelasan tentang urgensi rekonstruksi hukum dalam pembentukan holding BUMN pangan dalam upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia. Lalu juga untuk menganalisis rekonstruksi hukum dalam pembentukan holding BUMN pangan untuk meningkatkan ketahanan pangan,” terang Nanang.

Sementara itu, Ketua Penguji dan Promotor, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, mengucapkan selamat kepada promovendus karena telah melaksanakan ujian terbuka dengan lancar.

“Saudara lulus dengan predikat cumlaude, dengan IPK 3,80, lama studi tiga tahun enam bulan. Doktor Nanang ini merupakan lulusan doktor ke-901 UNS dan ke-193 FH UNS,” ujar Prof. Jamal.

Mewakili seluruh tim penguji dan promotor, Prof. Jamal mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan yang hadir.

“Terima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo serta bupati dan wakil bupati yang hadir dalam sidang terbuka ini. Ini menunjukkan bahwa Doktor Nanang dikenal oleh banyak kalangan,” ujar Prof. Jamal.

Awal 2024, Sejumlah Kampus Swasta di Solo Sudah Jaring Mahasiswa Baru******

SOLO—Sejumlah perguruan tinggi swasta di Solo sudah mulai membuka program penerimaan mahasiswa baru atau PMB untuk menjaring calon lulusan SMA lebih awal.

Kepala Biro Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan Humas ITS PKU Muhammadiyah Solo, Teguh Wahyudi, ketika dihubungi Solopos.com, Selasa (9/1/2023) mengatakan pendaftaran di kampusnya sudah buka sejak 1 Desember 2023.  “Rencana kami tutup di akhir atau 30 Agustus 2024,” kata dia.

Promosi BRI Semakin Kuat: Kredit Tumbuh 12,53%, 9 Bulan Cetak Laba Rp44,21 T

Teguh menjelaskan ITS PKU Muhammadiyah Solo membuka dua jalur. Pertama seleksi berbasis rapor atau prestasi, yaitu seleksi melalui kemampuan akademik yang didasarkan pada nilai rapor semester.

Kedua yakni jalur reguler atau Computer Based Test(CBT), seleksi yang dilakukan dalam bentuk pengerjaan soal ujian melalui komputer

Pelayanan berbasis digital juga diutamakan untuk mempermudah calon mahasiswa baru. Seperti layanan E-Seleksi, yang memungkinkan melakukan pendaftaran tanpa harus ke kampus. Teguh menjelaskan calon mahasiswa bisa mendaftar melalui laman resmi pmb.itspku.ac.id.

Selain pendaftaran berbasis daring, pihaknya juga memberikan layanan One Day Service(ODS) yang memungkinkan calon mahasiswa bisa melakukan pendaftaran, tes, sampai registrasi hanya dalam 1 hari. 

ITS PKU membuka delapan program studi seperti DII Keperawatan, S1 Gizi, DIV Anestesiologi, DIV Elektromedik, S1 Keperawatan, Profesi Keperawatan, S1 Informatika, dan S1 Kebidanan. Sedangkan rentang biaya uang kuliah tunggal atau UKT yang dipatok yakni mulai dari Rp7 juta sampai Rp13,75 juta.

“Pembayaran cukup UKT saja per semester dan itu pun bisa diangsur dua kali, ketika diterima secara onlinemaka bisa pembayaran 50% dulu dari UKT. Dan UKT kami sudah all indengan semua biaya yang ada, sudah SPP, praktik, ujian, seragam, dan alat-alat kesehatan,” kata dia. 

Teguh mengatakan nantinya mahasiswa yang dinyatakan diterima tidak perlu membayar uang gedung dan pembangunan. Sejak dibuka pada Desember 2023, calon mahasiswa yang sudah mendaftar di kampusnya sudah mencapai sekitar 500 orang. “Ini dari total delapan prodi, yang sudah registrasi 40 sampai 50 orang,” kata dia. 

Sementara itu, perguruan tinggi swasta lain seperti Universitas Tunas Pembangunan juga sudah membuka program PMB 2024/2025. Hal itu ditandai dengan acara seremonial di kampus setempat, Senin (8/1/2024).

Rektor UTP Solo, Winarti, menekankan sinergi dan inovasi sebagai elemen untuk memperkokoh pondasi civitas akademika UTP Solo dalam melakukan promosi. Sehingga, kata dia, luarannya dapat meningkatkan jumlah mahasiswa serta mendapatkan mahasiswa baru.

“Saya percaya, jika bapak dan ibu mau bersama-sama untuk kerja keras, tekun, dan semangat kolaboratif, goals kita untuk bisa meningkatkan perolehan jumlah mahasiswa di tahun ini dapat tercapai. Tidak hanya secara kuantitas tapi kita bisa mendapatkan calon-calon mahasiswa yang unggul, berkompeten, berkarakter dan berkualitas,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Selasa (9/1/2024).

Dia mengatakan mahasiswa yang akan belajar di UTP kebanyakan adalah Gen Z yang memiliki karakter mudah bosan, banyak mau, tapi bagus dalam berkreativitas. Maka untuk menyiasati ini perlunya pembaharuan dalam pembelajaran. Dia berpesan agar dosen dan tenaga pendidik bisa lebih adaptif.

“Maka kita harus terus melakukan peningkatan baik dalam layanan akademik, Tri Dharma, dan lain sebagainya, termasuk fasilitas kita harus mencerminkan hal-hal yang inovatif, sehingga kita sebagai perguruan tinggi swasta bisa terus eksis diminati dan dipercaya oleh masyarakat,” imbuh dia. 

Kepala UPT Humas dan Promosi UTP Solo, Fatkhul Imron mengatakan sudah banyak calon mahasiswa yang menanyakan tentang pendaftaran di UTP. “Ini waktunya yang tepat, membuka awal tahun 2024 dengan semangat yang baru dan juga persiapan tim dalam mempersiapkan acara launching ini,” kata dia.

Dia mengatakan terkait informasi pendaftaran kuliah, biaya kuliah, serta program studi di UTP Solo bisa didapatkan melalui website www.utp.ac.idatau Instagram @utp_surakarta. 

UTP membuka program reguler, kelas karyawan dan juga tersedia banyak program beasiswa salah satunya adalah beasiswa TPS [Tunas Pembangunan Scholarship],” kata dia.




bab terbaru:7meter link

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
depo 50 bonus 50 to rendah
apk angka jitu hk
daftar nama situs slot gacor
situs terbaru slot online
gbo007
rtp jarwo live
situs slot sering kasih maxwin
slot gacor gampang menang hari ini
kitkat 777 slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 judi slot terbaik dan terpercaya
Bab 2 situs game judi
Bab 3 server thailand gacor hari ini
Bab 4 situs slot offline
Bab 5 cicilan samsung tanpa kartu kredit
Bab 6 10 slot gacor
Bab 7 virginia paito
Bab 8 link situs slot online
Bab 9 situs judi slot online indonesia
Bab 10 jam gacor pg
Bab 11 jagoan303
Bab 12 rtp deluna4d
Bab 13 cara kredit hp di dana
Bab 14 ljo777
Bab 15 akslot
Bab 16 togelhome
Bab 17 buaya angka togelnya
Bab 18 edm togel
Bab 19 cara pinjam uang di pegadaian tanpa jaminan
Bab 20 jitu189
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9281bab
takutBacaan TerkaitMore+

Ekstra: Bos terlahir kembali dan kehilangan rompinya

dewaslot88

SOLO—Di tengah Desa Jetiskarangpung, Kecamatan. Kalijambe, Sragen ada satu rumah tembok yang sederhana. Di depan rumah kuning berbentuk Joglo itu tertulis spanduk kecil “Rumah Baca Kaliyoso”.

Rumah itu difungsikan sebagai tempat kegiatan literasi yang melibatkan masyarakat terutama anak-anak sekitar. Ada sekitar 500 koleksi buku yang tersusun rapi di rak.

Promosi Digitalisasi, Layanan Keuangan Holding Ultra Mikro BRI Group Lebih Efisien

Separuh dari koleksi itu merupakan buku anak seperti buku cerita, komik, dan buku pelajaran SD. Lalu sisanya ada novel, buku pengembangan diri, buku religi, kamus dan teknologi.

Mayoritas koleksi buku itu hasil sumbangan dari orang-orang yang peduli dengan dunia literasi. Sedangkan hanya seperempat koleksi buku hasil dari membeli. Itupun hanya ketika ada diskon.

Rumah Baca Kaliyoso ini didirikan, salah satunya, atas inisiatif pemuda setempat, Afif Muchlisin yang menggunakan rumah milik keluarganya untuk kegiatan literasi. “Rumah itu merupakan warisan dari kakek, terus dibeli oleh ayah saya dan direnovasi,” kata dia ketika berbincang dengan Solopos.com, Kamis (11/1/2024).

Afif mendirikan Rumah Baca Kaliyoso tiga tahun lalu, tepatnya pada 17 September 2020 saat kasus pandemi sedang naik-naiknya. Waktu itu dia melihat anak-anak di desa tempatnya tinggal terpaksa Pembelajaran Jarak Jauh (PPJ) di rumah untuk meminimalisasi penyebaran virus.

Dia melihat ketika masa PPJ itu banyak anak yang membutuhkan akses Internet dan bimbingan. Sebab tidak mungkin bagi anak usia SD belajar secara mandiri tanpa pembimbing.

“Atas dasar hal tersebut kami ingin menyediakan fasilitas dan ruang publik yang bisa digunakan oleh anak-anak untuk proses pembelajaran online, sekaligus dijadikan pusat literasi,” kata dia.

Di sisi lain, setelah pada 2021 lalu Afif menamatkan kuliah S2 program studi Sosiologi di UNS, terbesit di pikirannya untuk mempraktikkan ilmu yang dia miliki. Semangat yang dia pegang adalah memberikan manfaat kepada sekitar.

“Sehingga saya putuskan untuk memberikan fasilitas belajar, terutama lewat buku dan kegiatan literasi lainnya. Kami berharap dengan adanya rumah baca dapat menarik masyarakat untuk berkunjung dan berkenalan dengan buku,” kata dia.

Selain meminjam buku, Afif menjelaskan ada beberapa kegiatan yang biasa dilakukan di Rumah Baca Kaliyoso, seperti dongeng, kreasi hand madeatau origami, mewarnai, dolanan tradisional di halaman rumah baca. Termasuk kegiatan berbasis literasi hasil kerja sama dengan universitas dan Non Governmental Organization (NGO).

Dirinya juga mengajak pemuda dan Karang Taruna untuk ikut membantu mengelola rumah baca. Dia mengatakan hal itu dilakukan sebagai salah satu cara melibatkan anak muda agar lebih peduli terhadap isu literasi.

Sejauh ini, kegiatan yang dilakukan di Rumah Baca Kaliyoso masih banyak menyasar anak-anak. Dia mengakui lebih mudah mengajak anak-anak ketimbang orang dewasa.

“Kemampuan kami di usia yang masih muda ini agaknya sulit mengajak orang yang lebih dewasa. Tapi kami tidak menutup peluang untuk orang dewasa. Kami sediakan juga buku-buku untuk masyarakat umum dan orang dewasa,” kata dia.

Upaya Afif dan kawan-kawan memantik minat baca anak-anak tidak mulus. Sejauh ini ada yang antusias, namun ada juga yang kurang. Beberapa anak lebih memilih memegang mainan ketimbang buku. Afif memang sengaja menaruh mainan di rumah seperti seperti puzzle, lego, ular tangga, bola kecil, basket mini, bowling dan lainnya.

“Mainan yang kami sediakan untuk menarik perhatian mereka. Sejauh ini kami berusaha dengan awalan mengajak anak-anak bermain di rumah baca, kemudian setelah bermain, baru kita arahkan untuk membaca bersama sama,” kata dia.

Cara itu lumayan efektif karena sudah ada seperti tiga anak di desa yang rajin meminjam dan mengembalikan buku setiap pekan. Afif bercerita sisanya, anak-anak masih sebentar memegang buku dan lanjut bermain.

“Supaya tertib dalam berkunjung biasanya kami adakan kegiatan bersama seperti dongeng, kreasi hand made, mewarnai,” kata dia.

Keberadaan Rumah Baca Kaliyoso yang sederhana itu sebetulnya penting untuk menjawab persoalan akses bacaan di desa-desa yang terkadang sangat sulit. Desa yang memiliki perpustakaan dengan koleksi yang lengkap bisa dihitung jari.

“Iya rumah baca membuka akses seluas luasnya, pernah ada rencana untuk meminjamkan buku dengan konsep deliveryatau ketemu COD. Namun tentu hal itu butuh orang dan tenaga yang lebih. Sehingga untuk saat ini masih dalam lingkup desa saja,” kata dia.

Legenda Pembunuh Setan

olb88

Solo—SMAN 9 Solo belum mendapatkan anggaran operasional dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng. Kepala Cabang Dinas Pendidikan VII, Agus Triyanto mengatakan proses pengajuan anggaran untuk oprasional masih diajukan ke Pemprov Jateng.

“Sampai sekarang belum, itu masuknya anggaran tahun depan,” kata dia ketika dihungi Solopos.com, Jumat (15/12/2023).

Promosi Rayakan HUT ke-128, BRI Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Berbagai Wilayah

Dia mengatakan anggaran tersebut tetap akan diusulkan ke Dinas Pendidikan Jawa Tengah. Sedangkan saat ini biaya operasional menggunakan anggaran yang ada di SMAN 5 Solo.

“Jadi masih gabung, ya mudah-mudahan semuanya lancar. Karena ya semuanya harus pakai proses. Ini juga SMAN 9 Solo itu termasuk pengerjaan sangat cepat,” kata dia.

Meski begitu dia mengatakan proses kegiatan belajar mengajar di SMAN 9 Solo dipastikan belajaran lancar. Saat ini sekolah tersebut baru saja menyelesaikan semester pertama.

Selain itu, semua guru yang mengajar di SMAN 9 Solo juga masih berasal dari SMA lain. Meski pembelajaran sudah berjalan satu semester, belum ada pengangkatan guru tetap dari pemerintah.

“Pengadaanya baru proses, ini masih menunggu juga. Ini nanti untuk guru [baru] kemungkinan besar akan ada pada awal tahun ajaran baru,” kata dia.

Meski begitu, pihaknya pun belum bisa memastikan lantaran untuk pengadaan guru sangat berkaitan dengan penambahan anggaran.

Sementara itu Plt. Kepala SMAN 9 Solo, Harmani mengatakan selama satu semester berjalan memang anggaran dari Pemprov Jateng dan dana BOS belum bisa cair.

Guna memenuhi kebutuhan sarana pembelajaran, pihaknya mengajukan proposal ke instansi swasta dan pemerintah kota agar mendapat bantuan berupa kursi, komputer, sampai perabot untuk kebutuhan kantor.

Dia berharap tahun depan sudah bisa mengelola dana untuk kebutuhan kegiatan siswa, pemenuhan sarana prasarana, sampai kebutuhan penting lain.

Bisikan Penyihir

link main slot online

SOLO—-Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sebelas Maret atau BEM UNS Solo menanggapi pengajuan pengunduran diri Jamal Wiwoho sebagai pucuk pimpinan tertinggi di kampus kentingan itu.

Ketua BEM UNS Solo, Hilmi Ash Shidiqi mengatakan pengajuan pengunduran diri Jamal sebagai rektor definitif sebetulnya sudah dinarasikan sejak awal ketika jabatannya diperpanjang oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Promosi Solo Technopark & Penajam Paser Utara Kerja Sama Siapkan Tenaga Kerja Kompeten

“Sebetulnya apa yang dilakukan oleh Prof Jamal dengan mengundurkan diri itu, adalah yang selama ini sudah dinarasikan teman-teman BEM lakukan,” kata dia ketika dihubungi Solopos.commelalui WhatsApp, Jumat (19/1/2024). 

Perpanjangan masa jabatan Jamal Wiwoho sebagai rektor definitif atau sementara itu tertuang pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi atau Mendikbudristek No. 23167/m/06/2023 yang berbunyi perpanjangan Rektor UNS periode 2009-2023 sampai terpilihnya Rektor baru yang terpilih. 

Surat itu menyusul adanya pembekuan Majelis Wali Amanat (MWA) yang diputuskan melalui Peraturan Mendikbudristek No. 24/2023 tentang Penataan Peraturan Internal dan Organ di Lingkungan UNS.

Lantaran MWA dibekukan pada Maret 2023 lalu, secara otomatis hasil pemilihan rektor pun ikut batal. Hasilnya rektor terpilih Periode 2023-2028, Sajidan batal dilantik dan masa jabatan Jamal Wiwoho diputuskan diperpanjang sampai rektor baru terpilih kembali.

“Jadi kami sendiri sudah menyuarakan itu, dimana perpanjangan masa jabatan rektor itu sudah tidak sesuai dengan PP No. 56/2020 dan kami selalu mendorong agar Pak Jamal ini patuh dan berdiri di asas good goverment dan juga asas. Akan tetapi selama ini Prof Jamal masih melanjutkan jabatannya dan akhirnya mengundurkan diri sekarang,” kata Hilmi.

Sebelumnya, kabar pengunduran diri Jamal Wiwoho sebagai rektor definitif disampaikan melalui surat terbatas untuk awak media. Surat itu disampaikan melalui Humas UNS Solo, Kamis (18/1/2024).

Berdasarkan surat tersebut, Jamal sudah menyampaikan pengunduran diri kepada Mendikbudristek per 16 Januari 2024. Sekretaris Senat Akademik UNS Solo, Mohammad Jamin mengatakan terkait pengajuan pengunduran diri tersebut sepenuhnya hak pribadi. Namun keputusan akhir tetap ada di Kemendikbudristek untuk menyetujui atau malah menolak pengunduran diri itu. 

“Beliau [Jamal] memang sudah membuat surat pengunduran diri, tinggal nanti memutuskannya seperti apa, apakah akan diterima dan ada pergantian, atau tetap diteruskan, itu tergantung kementerian [Kemendikbudristek],” kata dia ketika dihubungi Kamis (18/1/2024).

Dalam surat pengunduran diri yang ditulis Jamal Wiwoho kepada awak media disebutkan salah satu alasannya adalah untuk menghindari pandangan dan kekhawatiran bahwa Jamal memiliki kepentingan pribadi dalam proses pemilihan anggota MWA dan pemilihan Rektor,

“Itu karena beliau sensitif supaya tidak ada kecurigaan bahwa beliau ikut bermain di dalam proses pembentukan MWA atau pemilih rektor yang akan datang. Itu karena sikap kehati-hatian Pak Rektor,” kata Jamin.

Jamin juga memastikan sejauh ini Rektor UNS Solo, Jamal Wiwoho tidak pernah campur tangan dan intervensi pemilihan anggota MWA. Rektorat sepenuhnya menyerahkan prosesnya sesuai aturan yang berlaku. “Prof. Jamal tidak terlibat dalam proses pembentukan [MWA] ini. Karena ini kewenangannya di ranah senat,” kata dia.

Selain itu, Jamin mengatakan kegiatan belajar mengajar di UNS Solo tidak terganggu dengan adanya surat pengunduran diri dari rektor. “Saya yakin kementerian mengambil keputusan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya,” kata dia.

CEO bertemu dengan gadis malang itu

judi online kakek zeus

SOLO–Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Chatarina Muliana menjadi Plt Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggantikan Jamal Wiwoho yang mengundurkan diri per 16 Januari 2024.

Keputusan Pj Rektor UNS Solo itu berdasarkan Surat Perintah Mendikbud Nadiem Makarim bernomor 2055/M/06/2024 tertanggal 18 Januari 2024 dan ditandatangani Mendikbud Nadiem Makarim.

Promosi Transformasi Digital Bawa BRIBRAIN Raih Future of Intelligence se-Asia Pasifik

Dalam surat perintah itu yang diperoleh Jumat (19/1/2024), disebutkan Chatarina selain menjadi Plt Rektor UNS juga masih tetap melaksanakan tugas sebagai Irjen Kemendikbudristek. Pada point 3 dalam pengambilan keputusan strategis harus berkonsultasi dengan Mendikbud melalui Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Selain itu, melaporkan pelaksanaan tugas kepada Mendikbudristek melalui Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Sebelumnya, Jamal Wiwoho mengundurkan diri sebagai Rektor UNS Solo karena tidak ingin ada intervensi atau hal-hal lain dalam pembentukan MWA UNS dan proses pemilihan rektor UNS.

Novel Mo Ji Jiu Yao

bot slot online

SOLO—Para siswa SMAN 7 Solo mengadakan aksi menghias dan membersihkan taman untuk mengimplementasikan program Hasthalaku di sekolah setempat, Rabu (13/12/2023). 

Sembari menunggu hasil Penerimaan Hasil Akhir Sumatif Gasal Tahun Ajaran 2023/2024 anak-anak menghias taman yang ada di sekolah. Dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Selasa (19/12/2023) Kepala SMAN 7 Solo, Sukamto mengatakan Hasthalaku adalah Program yang ada di Jawa Tengah. 

Promosi Catat! Ini Daftar Desa BRILian Terbaik yang Siap Bersaing di Nugraha Karya 2023

“Program ini sangat penting sekali guna mengenalkan budaya-budaya Jawa di tengah gempuran era sekarang. Anak-anak generasi yang biasa disebut Strawberry atau mungkin anak Generasi Z ini membutuhkan sentuhan perilaku-perilaku dan prinsip Hasthalaku,” kata dia.

Dia menjelaskan terkait apa yang dimaksud Hasthalaku adalah delapan nilai budaya Jawa yang meliputi Gotong Royong, Guyub Rukun, Grapyak Semanak, Lembah Manah, Ewuh Pekewuh, Pangeran, Andhap Ashor, dan Tepa Selira.

“Nah kata-kata itu mungkin di era sekarang jarang terdengar bahkan sudah luntur untuk diterapkan,” kata dia.

Dia mengatakan kegiatan ini bertujuan memunculkan ide kreatif, gotong Royong dengan teman sekelasnya terkait dengan konsep taman dan jenis tanamannya, dan yang pasti juga melatih sikap pangerten kepada lingkungan. 

“Karena hakikatnya pangerten bukan hanya kepada manusia. Lingkungan juga butuh dihargai dan dirawat dengan baik. Manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungan. Kondisi ini harus ada simbiosis mutualisme,” kata dia.

Waka Kurikulum SMAN 7 Solo, M. Khasan Tiarani mengatakan ingin menghapuskan stigma anak muda hari ini yang bisa berkecimpung dalam teknologi saja. Melalui kegiatan tersebut pihaknya juga mendorong kreativitas para siswa.

“Secara nyata mereka memilih konsep tanaman yang ingin ditanam, memilih hiasan seperti batu hias, pola taman yang dibentuk. Program ini akan akan dilaksanakan secara terus menerus setiap tahunnya, agar siswa juga terlatih secara nyata untuk terjun dalam merawat tanaman,” kata dia.

Penguasa segala sesuatu

slot yg pakai dana

SOLO–SMA Negeri 7 Solo menggelar kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter dan Implementasinya di kehidupan sehari-hari sebagai cerminan sikap Hasthalaku di Taman Budaya Jawa Tengah pada Selasa (12/12/2023).

Kegiatan ini berupa pembekalan pendidikan karakter oleh Korem 074 Warastratama untuk seluruh siswa kelas X dan XI SMAN 7 Solo. Selama pembekalan, murid-murid tersebut mendapatkan ilmu tatacara Baris Berbaris dalam PBB serta wawasan kebangsaan.

Promosi Semakin Populer di Internasional, BRI & Pegadaian Dukung UMKM Kopi Go Global

Sekretaris kegiatan, Anis Setyawati, mengatakan para siswa juga diberi pendisiplinan dalam melaksanakan ibadah secara bersama-sama.

Anis menjelaskan hasthalaku adalah sikap andhap asor dan menjunjung tinggi toleransi. Lewat penguatan karakter tersebut para murid juga mendapatkan pendidikan hasthalaku.

“Para siswa diajarkan untuk meningkatkan kedekatan dengan Tuhan dan agama yang mereka anut, tentunya tidak melupakan sikap toleransi kepada agama lainnya. Pada acara kemarin siswa-siswa diajarkan tertib beribadah dan lokasi beribadah dibagi di tempat-tempat sesuai agamanya masing-masing,” tutur Anis saat dihubungi Solopos.comsecara terpisah, Kamis (14/12/2023).

Menurut dia, cara tersebut dilakukan untuk meningkatkan iman dan takwa murid-murid kelas X dan XI SMAN 7 Solo sesuai agama yang mereka anut, dan juga mengajarkan pengenalan agama lainnya yang ada di Indonesia.

Melihat kesuksesan acara, Anis mengatakan pihak SMAN 7 Solo akan menggelar kegiatan serupa di tahun berikutnya untuk mendidik karakter murid-murid mereka. Namun, dia memastikan kegiatan akan diselenggarakan menyesuaikan jadwal kegiatan belajar dan mengajar (KBM).

“Generasi murid-murid sekarang adalah generasi Z atau genzet yang secara 24 jam terpapar teknologi dan Internet, menyebabkan perilaku dan karakter mereka tidak sesuai dengan karakter orang Jawa lagi yang luhur dan berbudaya. Tentunya dengan penguatan karakter ini bisa menumbuhkan karakter yang sudah luntur tersebut,” ujar Anis.

Anis mengatakan murid-murid menerima pelatihan karakter tersebut dengan antusiasme yang tinggi, menurut dia, hal itu karena pelatihan dilakukan secara kolektif dan tidak ada rasa saling menggurui dalam pertemanan antarmurid.

Anis berharap lewat pelatihan dan penguatan karakter tersebut, para siswa belajar bahwa sejatinya setiap agama itu baik, maka kita sebagai manusia harus baik juga dalam menerapkan ajaran agama.