petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

gajah77

indogame 726Jutaan kata 908779Orang-orang telah membaca serialisasi

《gajah77》

Memperkuat kepercayaan diri dan keterampilan lewat pelatihan Prakerja******

Memperkuat kepercayaan diri dan keterampilan lewat pelatihan Prakerja
Alumnus Program Kartu Prakerja, Muhammad Opti Prabina Samosir, membawa hasil daur ulang UMKM miliknya pada Temu Alumni Prakerja di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (29/2). ANTARA/Prisca Triferna
Saya membutuhkan sertifikat yang menyatakan saya bisa, dan satu-satunya yang bisa saya jangkau memang Prakerja karena semua pelatihan lain berbayar, sedangkan Prakerja gratis,
Jakarta (ANTARA) - Kesempatan tidak dapat diraih bila menyerah di tengah jalan. Itulah moto hidup yang diusung Muhammad Opti Prabina Samosir, alumnus dari salah satu skema pelatihan yang kini berjalan di Indonesia, yaitu Program Kartu Prakerja.

Betapa tidak, sejak program tersebut diluncurkan pada 2020 -- ditandai pembukaan gelombang pertama pada 11 April 2020 -- pria 30 tahun itu sudah mendaftar agar dapat menjadi peserta yang mendapatkan kesempatan emas menjalani pelatihan dengan dukungan Pemerintah.

Namun, dia harus menanti 3 tahun hingga akhirnya diterima menjadi peserta ketika Program Kartu Prakerja membuka gelombang ke-58 pada Juli 2023.

"Saya hobi belajar dan haus ilmu. Saya tetap coba karena ini bermanfaat," kata ayah dua anak itu ketika ditemui ANTARA di Medan, Sumatera Utara.

Opti sendiri masih menempuh pendidikan untuk mendapat ijazah sarjana Teknik Informatika di Universitas Budi Darma, yang tertunda penyelesaiannya sampai saat ini karena kondisi keluarga. Untuk mencari pendapatan, dia bekerja sebagai mitra pengemudi aplikasi daring dan juga menyediakan jasa reparasi ponsel.

Dia juga mengajar di sebuah SMK di Medan dan sempat melamar menjadi pemrogram karena sudah memiliki latar belakang sebagai mahasiswa TI.

Akan tetapi belajar sebagai mahasiswa TI saja tidak cukup. Lamarannya ditolak karena ada beberapa faktor, mulai dari belum menyelesaikan kuliah sampai batasan usia.

"Saya membutuhkan sertifikat yang menyatakan saya bisa, dan satu-satunya yang bisa saya jangkau memang Prakerja karena semua pelatihan lain berbayar, sedangkan Prakerja gratis," tegasnya.

Dengan dana pelatihan Rp3,5 juta dari Prakerja, dia memanfaatkannya untuk tiga pelatihan. Yaitu dua pelatihan pemrograman dan satu pelatihan soft skill yang berfokus pada cara berkomunikasi. Alasan Opti memilih pelatihan komunikasi sangat sederhana, dia ingin berbeda dari anggapan bahwa pemrogram kebanyakan tidak dapat berkomunikasi dengan baik.

Efeknya luar biasa. Berbekal sertifikat yang didapat dia melamar untuk bergabung dalam tim yang menyelesaikan proyek pembuatan situs untuk sebuah kecamatan. Sembari bekerja sebagai pemrogram lepas, dia juga memperdalam kompetensi dengan mendaftar pelatihan lain di Alkademi.

Dia dan teman-temannya juga kemudian membuat gerakan jelang Lebaran tahun ini yang diberi nama unik, "Lailatul Coding" yang ingin membantu UMKM dengan membuatkan 1.000 desain situs untuk mereka.

Lulus pelatihan Prakerja dan mengikuti pelatihan yang didukung oleh program itu ternyata mengubah hidup Opti. Dari segi finansial, nilai yang didapat dari pekerjaannya sebagai pemrogram lepas sejak tahun lalu mencapai lebih dari 1.000 dolar atau sekitar Rp15 juta.

Selain aspek finansial, dia juga dapat mengembangkan diri untuk memulai persekutuan komanditer atau CV yang bergerak di bidang multimedia dan pemrograman untuk mendapatkan lebih banyak pekerjaan. Dia juga bersama rekannya tengah terlibat dalam UMKM yang mendaur ulang limbah untuk menjadi barang lain seperti jam.

Dia berharap program sebaik Prakerja dapat diluaskan tidak hanya untuk yang tengah mencari kerja dan pekerja, tapi juga membantu menyiapkan siswa-siswa yang berada pada tahun akhir untuk memiliki keahlian khusus.

Alumnus Program Kartu Prakerja, Merlin Milawari Silalahi ketika ditemui usai Temu Alumni Prakerja di kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (29/2). ANTARA/Prisca Triferna

Beri kepercayaan diri

Manfaat Kartu Prakerja juga dirasakan oleh Merlin Milawari Silalahi, ibu rumah tangga asal Medan yang langsung mendaftar pada 2023 setelah melihat konten tersebut di media sosial.

Alasannya sederhana, setelah menjadi ibu rumah tangga selama 7 tahun dan pernah berkarier di sektor perbankan, dia ingin meningkatkan kemampuan setelah sempat merasa tidak ada perkembangan yang berarti selama beberapa tahun terakhir.

Dana pelatihan dimanfaatkan sepenuhnya untuk mengikuti pelatihan pemasaran untuk pengembangan bisnis, mengembangkan konten media sosial untuk pemasaran digital, dan merancang kemasan produk.

Ketiga topik itu dipilih untuk mendukung usaha berjualan daring yang dia lakukan selama ini, di sela mengurus keluarganya. Ibu dari tiga anak itu memanfaatkan kompetensi yang didapat untuk merancang desain promosi untuk produk-produknya yang dia pasarkan melalaui lokapasar atau marketplacesebuah media sosial.

"Untuk ibu rumah tangga, pelatihan Prakerja  meningkatkan kepercayaan diri," ujar perempuan berusia 39 tahun itu.

Pelatihan yang dilakukan karena menjadi peserta Program Kartu Prakerja membuatnya dapat menyerap ilmu baru, membuatnya lebih percaya diri dan merasa lebih berkembang sebagai seorang perempuan sekaligus ibu rumah tangga.

Merlin bertekad untuk memanfaatkan pelatihan dan kemampuan yang sudah didapatnya untuk lebih mengembangkan diri ke depan dan mendapatkan ilmu-ilmu lain.

"Ini bukan hanya masalah kerjaan, melainkan lebih ke jati diri kita sebagai perempuan Indonesia. Jangan hanya terpaku pada pekerjaan semata tapi kita juga seorang ibu yang harus mencerdaskan anak-anak kita, jadi kita perlu wawasan luas," katanya.

Menikmati manfaat yang diberikan dari menjadi peserta Prakerja, dia ingin agar keberadaan program beasiswa pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan itu dapat menjadi wadah bagi para perempuan yang ingin terus mengembangkan kemampuan mereka.

 

Peningkatan produktivitas

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan kebekerjaan para alumnus Prakerja perlu dinilai dari tiga aspek termasuk apakah yang sudah bekerja meningkatkan produktivitas. Begitu juga dengan wirausaha, apakah berhasil juga meningkatkan produktivitasnya dan peserta yang dulu menganggur lalu bisa mendapatkan pekerjaan.

Mengikuti pelatihan Prakerja sendiri tidak menjamin para pekerja mendapatkan pekerjaan, tapi memberikan kesempatan kepada yang terpilih ikut program untuk mendapatkan pelatihan yang dapat membantu meningkatkan diri mereka.

"Prakerja itu bukan hanya untuk memecah telur dari nol ke satu, tapi juga membuat yang bekerja meningkat pendapatannya, yang wirausahawan meningkat omzet dan kualitas bisnisnya," kata Denni kepada ANTARA usai rangkaian acara Program Kartu Prakerja di Medan.

Keberadaan Program Kartu Prakerja memang dapat membantu orang-orang yang ingin mencari pekerjaan dan bagi pekerja yang ingin mendapatkan kemampuan baru atau meningkatkan kompetensi.

Riset Presisi Indonesia pada 2021 menunjukkan penerima Prakerja mengalami peningkatan pendapatan per bulan sebesar 17--21 persen dibanding non-penerima.

Selain itu, lembaga riset internasional J-PAL SEA pada tahun yang sama juga menemukan program Prakerja meningkatkan peluang kerja dan kewirausahaan. Program itu tidak hanya berhasil meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan baru sebesar 18 persen, tetapi juga peluang memiliki usaha naik signifikan hingga 30 persen.

Pada saat yang sama, pemanfaatan sertifikat pelatihan dalam pencarian kerja juga meningkat drastis sebesar 172 persen.

Denni mengingatkan Prakerja sendiri bukan merupakan satu-satunya program Pemerintah yang memberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi. Contohnya, pelatihan juga diberikan oleh Balai Latihan Kerja (BLK) yang berada di bawah Kementerian Ketenagakerjaan.

Bersama kementerian dan lembaga lain, Program Kartu Prakerja saling mendukung untuk meningkatkan kompetensi masyarakat Indonesia terutama yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

Peningkatan kompetensi pekerja memang harus dilakukan untuk memanfaatkan momentum bonus demografi Indonesia pada 2030 dan memastikan Indonesia Emas terwujud pada 2045.



 

Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024

Klasemen: Aston Villa jaga posisi empat, Liverpool aman di puncak******

Klasemen: Aston Villa jaga posisi empat, Liverpool aman di puncak
Striker Liverpool Darwin Nunez mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan Liverpool melawan Nottingham Forest pada Sabtu malam tadi, 2 Maret 2024. (AFP/KENZO TRIBOUILLARD)
Jakarta (ANTARA) - Liverpool mempertahankan puncak klasemen Liga Inggris dan Aston Villa mengamankan posisi empat atau zona Liga Champions pada pertandingan pekan ke-27 akhir pekan ini.

The Reds yang tampil dengan keterbatasan pemain menyusul absennya Mo Salah, Alexander-Arnold, Alisson dan Diogo Jota bisa mengamankan tiga poin di kandang Nottingham Forest berkat gol Darwin Nunez pada menit ke-90+9 usai meneruskan umpan Alexis MacAllister.

Pasukan Juergen Klopp mengumpulkan 63 poin atau empat poin di atas tim posisi kedua Manchester City yang akan melakoni laga akbar melawan Manchester United di Ettihad pada Minggu malam.

Liverpool juga unggul lima poin dari Arsenal yang akan bertandang ke markas tim juru kunci Sheffield United pada Senin (4/3).

Baca juga: Chelsea gagal dapatkan poin penuh setelah diimbangi 2-2 oleh Brentford

Aston Villa yang berstatus sebagai tim kejutan musim ini bisa mempertahankan posisi empat seusai menekuk Luton Town 3-2 di Kenilworth Road. Tim racikan Unai Emery itu mengumpulkan 55 poin, hanya tertinggal tiga poin dari Arsenal pada posisi tiga.

Kemenangan di kandang Luton juga menjauhkan posisi Aston Villa dari kejaran Tottenham Hotspur yang menduduki posisi lima dengan 50 poin. Pasukan Ange Postecoglou itu terus membuntuti Aston Villa setelah memastikan kemenangan 3-1 atas Crystal Palace.

Newcastle dan West Ham pun masing-masing naik satu tingkat ke posisi tujuh dan delapan usai meraih kemenangan meyakinkan. The Hammers menekuk Everton 3-1 sedangkan The Magpies menang 3-0 atas Wolves.

Hasil-hasil positif yang diraih tim-tim tersebut tidak dirasakan oleh Chelsea yang harus puas dengan satu poin kala dijamu Brentford.

Baca juga: Darwin Nunez bawa Liverpool menang dramatis 1-0 atas Nottingham Forest

Pelatih Mauricio Pochettino kini berada di bawah tekanan karena belum mampu mengangkat posisi Chelsea dari peringkat 11 klasemen dengan 36 poin.

Berikut hasil pertandingan sebagaimana dilansir laman Liga Inggris:

Luton Town 2-3 Aston Villa
Brentford 2-2 Chelsea
Everton 1-3 West Ham United
Fulham 3-0 Brighton
Newcastle United 3-0 Wolves
Nottingham Forest 0-1 Liverpool
Tottenham Hotspur 3-1 Crystal Palace

Baca juga: Tottenham Hotspur balikkan keunggulan Palace untuk menang 3-1

Jadwal pertandingan:

Burnley vs Bournemouth (20.00 WIB)
Manchester City vs Manchester United (23.30 WIB)
Sheffield United vs Arsenal (Selasa 03.00 WIB)

Baca juga: Fans Chelsea sebut nama Mourinho saat serukan pecat Pochettino 

Klasemen sementara:
PosKlubMainMenangSeriKalahPoin
1Liverpool27196263
2Man City26185359
3Arsenal26184458
4Aston Villa27174655
5Tottenham26155650
6Man United261421044
7West Ham27126942
8Newcastle271241140
9Brighton27109839
10Wolves271151138
11Chelsea261061036
12Fulham271051235
13Bournemouth25771128
14Crystal Palace27771328
15Brentford27751526
16Everton *27871225
17Nottingham27661524
18Luton Town26551620
19Burnley26341913
20Sheffield Utd26341913



 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:trik gacor mahjong ways 2

Perbarui waktu:2024-06-16

Daftar bab terbaru
cara menghasilkan uang tiap hari
ie777
erek erek gunting
aon338
erek erek padi 2d
akulaku cicilan 0 persen
mega4d
hadiah4d
cara melihat skor kredit pinjaman online
Daftar isi semua bab
Bab 1 rtp permata4d
Bab 2 jeger88
Bab 3 slot gacor untuk malam ini
Bab 4 indojp888
Bab 5 cekislot
Bab 6 pinjaman 5 menit cair legal
Bab 7 slot terbaik indonesia
Bab 8 togel 43
Bab 9 link slot gacor dan terpercaya
Bab 10 buku mimpi jam tangan
Bab 11 situs slot maxwin
Bab 12 pinjol biaya admin rendah
Bab 13 erek 72
Bab 14 situs slot gacor
Bab 15 situs slot online resmi
Bab 16 adaro4d
Bab 17 kredit laptop kredivo
Bab 18 wedebola
Bab 19 trik 88 slot
Bab 20 info slot gacor malam ini
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4660bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Kelahiran Kembali dan Mimpi

probet88
Polisi terapkan sistem buka tutup jalur di lokasi longsor Liwa-Krui
Petugas kepolisian dari Polres Lampung Barat berjaga di lokasi longsor di jalan lintas barat Liwa-Krui. ANTARA/HO-Humas Polres Lampung Barat
buka tutup jalur akibat material tanah longsor yang masih menutupi separuh jalan
Lampung Barat (ANTARA) - Kepolisian Resor Polres Lampung Barat, melakukan sistem buka tutup jalur, di lokasi tanah longsor yang menutupi bahu jalan lintas barat Liwa Lampung Barat menuju Krui Kabupaten Pesisir Barat.

"Tidak ditutup. Hanya diberlakukan buka tutup jalur akibat material tanah longsor yang masih menutupi separuh jalan, Kecuali roda 6 atau lebih hanya diperbolehkan melintas di atas pukul 17.00 WIB," kata Kasat Lantas Polres Lampung Barat Iptu David Pulner saat dihubungi dari Lampung Selatan, Sabtu.

Ia menyebut bahwa saat ini sebagian material longsor sudah dievakuasi petugas dari ruas jalan dan hingga kini proses evakuasi material masih terus berlangsung.

Baca juga: Longsor, jalur lintas Liwa-Krui Lampung ditutup untuk kendaraan besar
Baca juga: Polisi evakuasi ibu hamil terjebak macet akibat longsor Lampung Barat

Ia juga mengatakan, hingga saat ini petugas gabungan penanggulangan bencana alam Kabupaten Lampung Barat yang terdiri dari TNI, Polri dan dinas terkait bahu membahu untuk membantu masyarakat yang akan melintas di jalur tersebut.

Untuk itu, ia mengimbau warga yang tidak memiliki kepentingan mendesak untuk tidak melakukan perjalanan, baik dari Lampung Barat menuju Pesisir Barat, maupun sebaliknya.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menuju Krui ataupun sebaliknya agar selalu waspada dan berhati-hati," katanya.

Baca juga: Waspada 10 ruas jalan nasional rawan banjir dan longsor di Lampung
Baca juga: Basarnas Lampung: Dua korban longsor Desa Juku Batu ditemukan
Baca juga: Alat berat buka jalan salurkan bantuan usai longsor Lampung Barat

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024

Cinta setelah Masehi

pinjaman online danamas
UI wisuda 4.507 lulusan siap dedikasikan ilmu atasi masalah global
Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D. memberikan ucapan selamat kepada isudawan UI (ANTARA/ Foto: Humas UI)
UI terus berupaya memantapkan diri sebagai advokator yang mampu berkontribusi dalam menjawab permasalahan dan tantangan bangsa serta global,
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan upacara wiisuda tahun akademik semester Gasal 2023/2024 selama dua hari (Jum’at-Sabtu, 1-2 Maret) di Balairung, Kampus UI Depok dengan meluluskan 4.507 wisudawan yang siap mendedikasikan ilmunya atasi permasalahan global.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., dalam pidatonya, Sabtu menyampaikan, pada Upacara Wisuda Program Sarjana dan Vokasi kemarin, sebanyak 13 lulusan program Diploma, 1.732 lulusan program sarjana, 200 lulusan program kelas internasional, dan sebanyak 87 lulusan dari ekstensi.

Pada saat menyampaikan pidatonya, Prof. Ari menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2023, UI telah membukukan berbagai pencapaian baik di bidang akademik, maupun non-akademik.

QS World University Ranking menempatkan UI pada peringkat 237 di dunia, dari posisi sebelumnya di peringkat 290. Kabar baik datang juga dari Times Higher Education (THE) Impact Ranking 2023 yang menempatkan UI pada urutan pertama di tanah air, nomor 5 di Asia, atau posisi ke-20 di dunia.

UI terus berupaya memantapkan diri sebagai advokator yang mampu berkontribusi dalam menjawab permasalahan dan tantangan bangsa serta global, ujar Prof. Ari.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa UI terus berupaya menghadirkan lingkungan kampus sehat yang diimplementasikan dalam berbagai program dan kebijakan yang mendukung kelestarian alam, seperti konservasi air, konservasi hutan, penghematan energi, dan pengurangan emisi karbon.

Di akhir pidatonya, Prof. Ari mengajak para wisudawan untuk terus menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta berkarya menghasilkan inovasi-inovasi yang mampu menjawab permasalahan bangsa dan global.

Seusai pidato rektor, Arrizqy Nadya Khairunnisa Yulianto wisudawan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), mewakili rekan-rekannya menyampaikan pidato dan ucapan terima kasih. Sejalan dengan semangat yang diusung pada Dies Natalis ke-74 UI Sinambung Membangun Indonesia Lestari menjadi momentum yang tepat untuk mengingatkan bahwa institusi pendidikan memiliki peran penting dalam menyuarakan dan menanggapi isu-isu keberlanjutan.

Di tengah rangkaian acara dilakukan penyerahan secara simbolik Program Penghimpunan Dana Abadi Universitas Indonesia. Dana ini merupakan kontribusi dari wisudawan selaku alumni baru kepada UI senilai Rp1.467.700.000.

Dana tersebut diperoleh melalui penyisihan biaya wisuda yang dibayarkan setiap wisudawan. Nantinya, dana ini akan digunakan untuk usaha memajukan almamater UI termasuk pemberian beasiswa bagi mahasiswa UI yang membutuhkan.
Baca juga: Mahasiswa UI pamerkan karya inovasi di ajang ARCH:ID
Baca juga: UI-Grab adakan penelitian keamanan soal ojek daring
Baca juga: UI ciptakan platform Si-Cuhal untuk pantau curah hujan

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024

Penjahat super yang tak terkalahkan di alam semesta

situs slot zeus 138
Jabar: Solusi terbaik dicarikan untuk warga korban tanah bergerak KBB
Situasi bangunan roboh pasca pergerakan tanah tanggal 29 Februari 2024 di Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (2/3/2024). ANTARA/HO-BPBD Jawa Barat
yang utama adalah keselamatan warga
Bandung (ANTARA) - Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengungkapkan bahwa solusi terbaik akan dicarikan untuk warga korban terdampak bencana tanah bergerak di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

"Terkait dengan relokasi atau apakah mereka boleh kembali, kita menunggu hasil asesmen dari BNPB, BMKG dan juga PVMBG. Besok hari Senin dari hasil itu dilihat apakah direlokasi atau tetap di sana tetapi tetap yang utama adalah keselamatan warga," kata Bey saat meninjau lokasi, Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu.

Bey mengharapkan hasil asesmen itu cepat keluar agar masyarakat segera mendapatkan kepastian. Apabila hasilnya nanti para warga harus direlokasi, Bey mengaku telah berkorban dengan Kepala BNPB dan akan membantu relokasi hunian.

"Saya berkoordinasi dengan Kepala BNPB setelah hasil quickasesmen seperti apa akan memberikan bantuan juga ke masyarakat yang terdampak. Terutama kalau relokasi, BNPB akan membantu untuk membangun rumah," ucap Bey.

Dalam peninjauannya ke lokasi pergerakan tanah di Desa Cibedug dan Desa Cibitung, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Bey menemukan bahwa pergeseran tanah di Desa Cibedug, terjadi pada tanggal 19 Februari 2024 dan terjadi pergeseran susulan pada 29 Februari 2024.

Baca juga: Tanggap Darurat diberlakukan di Cigombong KBB terkait tanah bergerak
Baca juga: Badan Geologi paparkan analisis pergerakan tanah di Bandung Barat
Baca juga: Tanah bergerak di Kandangan telah dilaporkan ke Badan Geologi

Sementara di Desa Cibitung, Bey mengungkapkan bahwa terjadi juga pergerakan tanah yang hampir serupa.

Meskipun dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun puluhan rumah dan fasilitas umum terdampak, termasuk bangunan sekolah yang hancur dan jalan kampung retak, sehingga 192 warga mengungsi.

"Sejak ada tanda-tanda pergeseran (tanah) itu mereka (warga) sudah mengungsi jadi alhamdulillah tidak ada korban jiwa," ucapnya.

Atas hal tersebut, Bey mengapresiasi kesadaran masyarakat Desa Cibedug dan Desa Cibitung yang mau mengungsi setelah adanya tanda-tanda akan terjadinya pergerakan tanah, hingga membuat tidak adanya korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Dan ini salah satu contoh bagaimana masyarakat sudah mengantisipasi jadi kesadaran akan terjadinya bencana dan sudah mau masyarakat itu bersama sama untuk mengamankan bahwa yang utama adalah keamanan yang penting masyarakat langsung mau untuk mengungsi setelah adanya tanda tanda akan terjadinya pergeseran tanah," tutur Bey.

Tidak lupa, Bey mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dengan cuaca ekstrem, mengingat BMKG memprediksi curah hujan tinggi akan terjadi sampai Maret-April.

"Sejak awal BMKG memprediksi bahwa curah hujan ekstrem akan terjadi sampai April. Nah itu memang harus berhati-hati, kurangi kegiatan di luar ruang terutama kalau sedang terjadi hujan," tuturnya menambahkan.

Baca juga: PVMBG: Waspada bencana tanah bergerak saat musim hujan
Baca juga: Longsor dan pergerakan tanah landa sejumlah wilayah di Sukabumi
Baca juga: Warga bongkar rumah di area bencana tanah bergerak Banjarnegara

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024

kunci ajaib

genk680
BRIN: Minyak sawit paling memungkinkan diolah jadi energi
Sejumlah truk pengangkut tandan buah segar (TBS) kelapa sawit mengantre untuk pembongkaran di salah satu pabrik minyak kelapa sawit. (ANTARA/Syifa Yulinnas)
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebutkan minyak sawit merupakan bahan baku energi baru terbarukan yang paling memungkinkan untuk menggantikan posisi bahan bakar fosil.
 "Hasil assesmentyang dilakukan oleh tim energi terbarukan BRIN, minyak sawit merupakan bahan yang paling memungkinkan untuk dikembangkan," kata Kepala Pusat Riset Tanaman Pangan BRIN Yudhistira Nugraha di Jakarta, Sabtu. Yudhistira mengatakan ada tiga faktor yang menjadikan minyak sawit potensial, yakni kesiapan bahan baku; kesiapan teknologi dan hilirisasi; serta kebijakan pemerintah baik dari segi insentif, pendanaan, dan investasi.

Baca juga: BRIN teliti pemanfaatan limbah sawit sebagai sumber energi terbarukan Menurut dia, Indonesia merupakan penghasil minyak sawit mentah atau crude palm oil(CPO) terbesar di dunia dengan produksi diperkirakan mencapai 44,2 juta ton. "Potensi tersebut merupakan sumber yang sangat melimpah untuk digunakan sebagai sumber biodisel," kata Yudhistira. Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa pemerintah sudah dan sedang menjalankan konversi bahan bakar minyak berbasis CPO, yaitu biodiesel B20 dan B30, serta ke depan B100 (green solar).

Baca juga: BRIN ungkap potensi rumput laut jadi sumber energi alternatif "Pengembangan teknologi produksi biofuelatau bahan bakar nabati berbasis minyak sawit mentah memerlukan biaya investasi yang tinggi, sehingga hal itu menjadi tantangan tersendiri dalam pengembangan bahan bakar alternatif tersebut," ujarnya. Yudhistira menuturkan pengembangan co-processingdalam memproduksi biofuelberbasis CPO perlu didorong agar dapat mewujudkan kemandirian energi di dalam negeri.

Baca juga: BRIN terus kembangkan riset energi baru terbarukan "Efisiensi produksi fossil fuelsaat ini masih lebih tinggi daripada biofuelperlu dipertimbangkan terkait green inflation, sehingga perlu kebijakan hati-hati dalam penerapan secara nasional agar tidak mempengaruhi keseluruhan perekonomian nasional," tuturnya.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024

langit keputusasaan

fyrewin
Klub Baggot dan Sandy petik tiga poin, Asnawi gagal bawa Port menang
Pemain timnas Indonesia Asnawi Mangkualam ketika tampil membela Thai Port FC melawan Khon Kaen United pada pekan ke-20 di Stadion Khon Kaen Provincial, Sabtu (2/3/2024) (ANTARA/Port FC Official)
Jakarta (ANTARA) - Dua pemain timnas Indonesia, Elkan Baggot dan Sandy Walsh sama-sama mengantarkan tiga poin untuk timnya, Bristol Rovers dan KV Mechelen pada laga tandang yang dimainkan Sabtu.

Sementara itu, kapten Garuda Asnawi Mangkualam yang mulai mendapatkan kepercayaan dari pelatihnya, gagal membawa timnya Thai Port FC meraih kemenangan. setelah hanya bermain sama kuat 0-0 dengan Khon Kaen United 0-0 pekan ke-20 Thai League 1 atau kasta tertinggi sepak bola Thailand, Sabtu.

Baggot bersama Bristol Rovers pada ajang League One atau kasta ketiga sepak bola Inggris, memetik kemenangan tipis 1-0 saat bertamu ke di Stadion Brisbane Road, Sabtu, melawan Layton Orient.

Satu-satunya gol Bristol dicetak pada menit ke-30 melalui Christopher Hugh Martin. Keunggulan satu gol The Pirates berhasil dijaga hingga akhir laga meskipun mereka sempat bermain dengan 10 pemain setelah patner Baggot di jantung pertahanan, James Wilson, dihukum kartu merah pada menit ke-83.

Baggot bermain penuh pada laga itu dengan penampilan solid 13 sapuan, dua cegatan, tiga tekel, membuat 54 sentuhan, memiliki 68 persen akurasi umpan , memenangkan empat  duel dari lima kesempatan, dan melakukan satu tembakan tidak tepat sasaran, demikian catatan Sofascore.

Kemenangan ini membawa Bristol berada di posisi ke-11 klasemen sementara League One dengan 49 poin.

Baca juga: Asnawi, Elkan, dan Idzes berikan kemenangan untuk klubnya di liga

Beralih ke Belgia, Sandy Walsh yang hanya tampil pada menit-menit akhir mengantarkan timnya KV Mechelen meraih kemenangan dengan skor 3-2 atas Cercle Brugge pada pekan ke-28 Pro League atau kasta tertinggi sepak bola Belgia di Stadion Jay Breydel, Sabtu.

Bilal Bafdill menjadi penentu kemenangan melalui gol pada menit akhirnya (85') setelah sebelumnya Alan Minda (21') dan Felipe Ausgusto (44') dari Brugge dan Kerim Mrabti (41') dan Geoffry Hairemans (45+1') dari Mechelen membuat laga sama kuat 2-2.

Kemenangan ini membuat posisi Mechelen mendekati zona Championship Round atau peringkat satu sampai enam, dengan menempati posisi ke delapan dengan koleksi 42 poin, terpaut satu poin dari Genk yang berada di posisi keenam.

Dari Thailand, Asnawi mempersembahkan tiga poin timnya setelah hanya bermain imbang kacamata dengan tim tuan rumah Khon Kaen United pada pekan ke-20 di Stadion Khon Kaen Provincial, Sabtu.

Asnawi bermain 87 menit pada laga itu bermain 87 menit dengan statistik 63 sentuhan, membuat 69 akurasi passing, satu tembakan tidak tepat sasaran, memenangkan lima ground duel dari delapan kesempatan, tiga duel udara dari empat kesempatan, enam clearances, lima interceptions, dan tiga tekel.

Hasil ini membuat Port FC terus menempel Buriram United di posisi kedua dengan 40 poin, selisih dua poin dari sang pemuncak klasemen itu yang menyimpan satu laga belum dimainkan.

Baca juga: Baggot:Kami dapatkan pembelajaran berharga dari laga melawan Iran

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024

pengamat dunia

slot gacor 2022 mudah jackpot
Prawira kembali menang usai kalahkan Borneo
Pemain Prawira Harum Bandung Yudha Saputera. ANTARA/HO-IBL
Jakarta (ANTARA) - Prawira Harum Bandung akhirnya kembali ke jalur kemenangan, setelah menundukkan Borneo Hornbills 82-78, melalui babak overtime dalam laga lanjutan IBL di C-Tra Arena Bandung, Sabtu.

Prawira yang pada dua laga sebelumnya menelan kekalahan berturut-turut sekaligus menempatkannya di papan tengah klasemen, akhirnya kembali meraih kemenangan dengan perubahan para pemain asing.

Borneo yang punya peluang untuk menumbangkan juara bertahan, ternyata harus menelan kekalahan ketujuh berturut-turut. Mereka kembali gagal memenangkan laga overtime ketiganya musim ini.

Di laga debutnya bersama Kepala Pelatih Ismael, Borneo tampil lebih agresif. Khususnya di babak kedua, di mana setelah tertinggal 43-47 saat turun minum, Borneo bangkit untuk membalikkan keadaan di kuarter keempat.

Baca juga: Prawira Harum curi kemenangan 73-66 dari kandang Amartha Hangtuah

Borneo hampir menang dan masih unggul 70-65 di sisa satu setengah menit waktu normal. Tetapi gagal mempertahankan keunggulan tersebut, dan kembali harus bertarung di babak tambahan waktu.

Di babak overtime, Yudha Saputera menggila dengan mencetak 10 poin, termasuk dua kali tembakan tripoin. Mengutip statistik pertandingan, secara total Prawira menambahkan 12 poin di babak overtime.

Yudha sendiri menyelesaikan laga dengan torehan 15 poin, serta sukses memasuki 1.000 Points Club di IBL, atau pemain yang mencetak 1.000 poin dalam kariernya.

Antonio Hester pada laga debutnya bersama Prawira mencetak 16 poin dan 13 rebound. Sedangkan Brandon Francis yang kembali masuk roster Prawira, menambahkan 16 poin yang memulai laga dari bangku cadangan.

Sebaliknya dari kubu Borneo, ada empat pemain dengan catatan double digit poin. Mereka adalah Michael Qualls (23 poin), Jamarr Andre Johnson (16 poin), Agam Subastian (15 poin), dan Steve Taylor Jr. (12 poin).

Di antara mereka berempat, Taylor juga menyumbang 15 rebound, 7 assist, 5 steal, dan 2 blok. Sedangkan Jamarr menambahkan 11 poin, 3 assist, 4 steal, dan 1 blok. Tetapi Borneo harus kembali menerima kenyataan bahwa mereka kalah lagi di overtime ketiga, sekaligus kekalahan ketujuh berturut-turut (0-7) di IBL 2024.

Baca juga: Format laga kandang-tandang IBL tingkatkan jumlah penonton
Baca juga: Rajawali Medan takluk 75-94 dari tamunya Pelita Jaya

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024