petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kredit hp pelajar

mouse 77 slot 539Jutaan kata 688895Orang-orang telah membaca serialisasi

《kredit hp pelajar》

IHSG Diramal Masih Menguat Jelang Pengumuman Suku Bunga******

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Kamis (19/1).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Kamis (19/1). (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Kamis (19/1).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menilai pergerakan IHSG pada perdagangan sebelumnya, terlihat kembali pada rentang konsolidasi pasca meningkat jangka pendek beberapa waktu sebelumnya.

Sedangkan, perkembangan pola pergerakan IHSG masih menunjukkan tren positif dalam jangka panjang.

Melihat sentimen itu, William menilai peluang kenaikan masih terbuka lebar di tengah gelombang capital outflow yang tercatat secara year-to-date.

"Hari ini pergerakan IHSG juga akan diwarnai oleh rilis data perekonomian tingkat suku bunga yang disinyalir belum akan mengalami perubahan," tegasnya.

William memprediksi indeks saham bakal bergerak di rentang support 6.654 dan resistance 6.789.

Lihat Juga :
Kemenhub Respons Amarah Megawati soal Bandara Bali Utara

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan INDF, AALI, ITMG, ASII, JSMR, CTRA, dan BSDE.

Senada, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova memperkirakan IHSG berpeluang bangkit. Ia melihat IHSG sedang berada di antara garis SMA-5 dan SMA-20.

"Diperkirakan akan melanjutkan pergerakan naiknya hari ini apabila chart daily tetap di atas 6.700," kata Ivan.

Ivan memperkirakan hari ini IHSG bakal bergerak dalam rentang support 6.691 dan resistance 6.800. Saham pilihannya adalah ANTM, ASII, dan BBRI.

Lihat Juga :
DPR Kejar RUU PPRT Dibawa ke Paripurna Pekan Depan

IHSG ditutup di level 6.765 pada Rabu (18/1). Indeks saham melemah 1,55 poin atau minus 0,02 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10,16 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 22,50 miliar saham.

Pada penutupan tersebut, tercatat 229 saham menguat, 279 terkoreksi, dan 200 lainnya stagnan. Terpantau, tujuh dari sebelas indeks sektoral kompak menguat, dipimpin oleh sektor industri di angka 0,55 persen.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)

Cara Gojek Jaga Kualitas Layanan Lewat Bengkel Belajar Mitra******

Gojek kembali menggelar program Bengkel Belajar Mitra (BBM) yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
Stella Darmadi, Head of Global Marketing Ride & Transport Brand Experience Gojek dalam pelatihan Bengkel Belajar Mitra (BBM) di Hotel Cosmo Amaroossa, Jakarta, (12/01). Kegiatan BBM ini ditujukan untuk mengasah keterampilan ratusan mitra driver Gojek dalam rangka mempertahankan kualitas mitra driver sebagai kunci Gojek unggul dalam layanan transportasi online Indonesia. (Foto: Gojek).
Jakarta, CNN Indonesia--

Gojek kembali menggelar program Bengkel Belajar Mitra (BBM) yang akan berlangsung di berbagai kota di Indonesia. Sebagai layanan on-demandterdepan di Asia Tenggara, Gojek berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat lewat program BBM ini.

Sebelumnya Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) dalam risetnya menemukan bahwa Gojek telah menjadi layanan transportasi onlineyang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Keunggulan ini menurut INDEF, dilandasi oleh keamanan berkendara dari mitra driver Gojek. Sehingga memberikan rasa aman bagi pengguna layanan transportasi onlineyang menjadi prioritas dari para pengguna layanan transportasi online.

"Bengkel Belajar Mitra (BBM) adalah salah satu dari rangkaian kegiatan terintegrasidan berkelanjutan kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan mitra driver agar semakin menjadi andalan pelanggan dan terbaik di industri," ujar Stella dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/1).

Stella mengatakan, selama pandemi Covid-19, program BBM ini sempat dialihkan dari pelatihan tatap muka ke versi onlinemelalui fitur Tips Pintar. Namun, dengan kembali digelarnya pelatihan BBM tatap muka di kota-kota besar di Indonesia, Gojek menargetkan ribuan mitra driver turut berpartisipasi.

"Kami percaya dengan kualitas layanan yang prima, layanan Gojek tetap jadi pilihan pelanggan," jelas Stella.

Tiga Pilar Inisiatif Gojek

Gojek (5/7) - 13 Januari 2023(kiri - kanan) Stella Darmadi - Head of Global Marketing Ride & Transport Brand Experience Gojek, Weimpy Sulendra - Mitra Driver GoCar, Agus Mardianto - Mitra Driver GoRide, Sugeng - Mitra Driver GoRide, Sudira - Mitra Driver GoCar, dalam acara Diskusi Media Bengkel Belajar Mitra di Hotel Cosmo Amaroossa, Jakarta, (12/01). (Foto: Gojek).

Selain pelatihan tatap muka melalui BBM, Gojek juga terus menyediakan pelatihan berbasis onlineyang dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui fitur Tips Pintar di aplikasi mitra driver. Tingginya antusiasme mitra driver dibuktikan dengan ragam modul Tips Pintar yang telah diakses lebih dari 14 juta kali oleh hampir 1 juta mitra driver.

Stella menambahkan, pelatihan BBM dan Tips Pintar menjadi bagian dari tiga pilar inisiatif Gojek dalam menjadikan mitra driver paling andal dan punya kualitas serta perilaku terbaik dalam memberikan layanan kepada pelanggan.

Ketiga pilar inisiatif gojek itu, yakni Pilar Pembelajaran dan Pengembangan (BBM dan Tips Pintar), Pilar Keterlibatan Mitra Driver dan Pelanggan (Forum Kopdar dan Kolom Komentar Pelanggan di Aplikasi), dan Pilar Apresiasi (Driver Jempolan).

"Selain memberikan pelatihan, penting bagi kami untuk terus melibatkan masukan para mitra driver dan pelanggan untuk mengetahui apa yang butuh dilatih dan diperbaiki," jelas Stella.

"Di samping itu, apresiasi harus diberikan kepada mereka yang berhak mendapatkannya untuk menghargai serta memotivasi mitra untuk terus memberikan layanan terbaik bagi pelanggan," tambah Stella.

Tanggapan Antusias dari Mitra Driver

Adapun pelatihan BBM ini disambut antusias mitra driver gojek. Agus Mardianto, Mitra Driver GoRide, yang sebelumnya sempat menjadi perbincangan di media sosial. Video yang ia unggah dalam akun TikTok pribadinya @abangojolbotak menceritakan tentang bagaimana ia membantu menenangkan konsumen yang tengah mengalami depresi.

Menurut Agus, pelatihan BBM sangat penting baginya dan mitra driver lain dalam memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, terutama bagaimana menghadapi konsumen dalam berbagai situasi tertentu.

"Tentu saja dalam menghadapi penumpang itu beda-beda ya caranya, nah dengan adanya program-program seperti Bengkel Belajar Mitra dan Tips Pintar ini, kami sebagai driver merasa terbantu karena kami jadi paham harus bertindak seperti apa di lapangan," ujarnya.

Hal sama diungkapkan Mitra Driver GoCar, Sudira bin Bosan. Dia menjelaskan pelatihan BBM seperti ini sangat membantu dirinya saat melayani penumpang dan bertindak sesuai prosedur di lapangan.

"Mengingat para driver datang dari berbagai latar belakang baik pendidikan maupun sosial, pelatihan seperti BBM ini membantu kami para driver untuk menetapkan standar dan SOP saat di lapangan sehingga para kustomer dapat mengalami tingkat pelayanan yang sama, siapapun drivernya," ungkapnya.

[Gambas:Twitter]

(osc/osc)

Penduduk Akan Salip China, India Terancam Ledakan Angka Pengangguran******

India terancam ledakan angka pengangguran usai penduduk negeri itu diramal lampaui China pada tahun ini.
India terancam ledakan angka pengangguran usai penduduk negeri itu diramal lampaui China pada tahun ini. (AFP/MONEY SHARMA).
Jakarta, CNN Indonesia--

India diprediksi segera mengambil alih posisi China sebagai negara dengan pendudukterpadat di dunia pada tahun ini.

Prediksi muncul setelah China melaporkan jumlah populasi mereka menyusut untuk pertama kalinya lebih dari 60 tahun pada 2022 kemarin. Padahal, sebelumnya jumlah penduduk ekonomi terbesar kedua dunia ini selalu bertambah setiap tahun.

Prediksi juga dibuat berdasarkan jumlah penduduk kedua negara itu saat ini. MengutipCNN, Rabu (18/1), kedua raksasa Asia ini masing-masing memiliki lebih dari 1,4 miliar penduduk.

Sebab, ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi lebih pesat seiring dengan meningkatnya jumlah pekerja yang sehat.

Namun, di balik kondisi itu, ancaman pengangguran menghantui India. Apalagi, menurut data yang dirilis oleh Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) pada 2021, jumlah populasi usia kerja di negara Asia Selatan itu mencapai lebih dari 900 juta.

Pemerintah India pernah memperkirakan jumlah ini bakal bertambah dan akan mencapai lebih dari 1 miliar pada dekade berikutnya.

Peningkatan itu menimbulkan kekhawatiran tidak bisa diimbangi penciptaan lapangan kerja yang memadai. Apalagi, ada jutaan pencari kerja muda baru yang siap memasuki dunia kerja setiap tahunnya.

Di saat yang sama, data Pusat Pemantauan Ekonomi India (CMIE), tingkat pengangguran India mencapai 8,3 persen per Desember 2022, jauh dibandingkan di AS yang hanya sekitar 3,5 persen.

"India sedang duduk di atas bom waktu. Akan ada keresahan sosial jika tidak dapat menciptakan lapangan kerja yang cukup dalam waktu yang relatif singkat," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

Ia mengakui sebetulnya ancaman ini bisa diantisipasi jika pemerintah bisa menciptakan lapangan kerja baru. Masalahnya, data menunjukkan bahwa keinginan warga India untuk mencari pekerjaan makin rendah.

Hal ini dikarenakan kurangnya kesempatan dan upah rendah. Berdasarkan data Bank Dunia pada 2021, tingkat partisipasi kerja di India hanya 46 persen, termasuk terendah di Asia. Sebagai perbandingan, di China dan Amerika Serikat (AS) masing-masing mencapai 68 persen dan 61 persen di tahun yang sama.

Untuk pekerja wanita, jumlah nya lebih memprihatinkan. Tingkat partisipasi kerja perempuan India hanya 19 persen pada 2021. Angka ini turun dari sekitar 26 persen pada 2005 lalu.

Lihat Juga :
Hilang Minat ke Apartemen, Konsumen Meikarta Kekeh Minta Refund
(sfr/agt)




bab terbaru:receh138

Perbarui waktu:2024-06-03

Daftar bab terbaru
cara pinjam di pegadaian dengan bpkb
maxwin 20 juta
slot demo uban4d
jacktoto
demo slot gacor maxwin
slot3000
trik gacor
pinjaman tunaiku tidak disetujui
nexus engine slot gacor
Daftar isi semua bab
Bab 1 erek bergambar
Bab 2 slot pasti menang hari ini
Bab 3 mampir4d
Bab 4 hiu4d
Bab 5 situs slot gacor alexabet88
Bab 6 buku erek erek tafsir mimpi
Bab 7 mahjong ways pg demo
Bab 8 trisula88
Bab 9 info slot gacor terbaru
Bab 10 cr7slot
Bab 11 cara pinjam uang di paylater
Bab 12 slot yang gacor pagi ini
Bab 13 ver 88 slot login
Bab 14 bet 10 ribu
Bab 15 potongan pinjaman kredivo
Bab 16 51 togel
Bab 17 pokeritudewa
Bab 18 go88
Bab 19 pinjaman online legal cepat cair
Bab 20 voucher tokopedia hari ini
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2703bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Kisah promosi Tiandao

jempolqq
Lebih dari 500 pengiklan menghentikan layanannya di twitter setelah dicaplok oleh Elon Musk pada akhir tahun lalu.
Lebih dari 500 pengiklan menghentikan layanannya di twitter setelah dicaplok oleh Elon Musk pada akhir tahun lalu. ( REUTERS/DADO RUVIC).
Jakarta, CNN Indonesia--

Lebih dari 500 pengiklan menghentikan layanannya di twittersetelah dicaplok oleh Elon Muskpada akhir tahun lalu.

Berdasarkan laporan reuters, Rabu (18/1), hal ini mengakibatkan pendapatan harian twitter pada 2022 kemarin anjlok hingga 40 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Penurunan pendapatan twitter pertama kali dilaporkan oleh buletin teknologi Platformer pada hari Selasa. Namun, sampai saat ini twitter belum memberikan respons terkait laporan tersebut.

Musk juga menimbulkan berbagai kontroversi setelah membeli twitter. Ia pun sempat dituntut ramai-ramai oleh mantan karyawan yang dipecat. Namun, musk menang dalam tuntutan tersebut.

Selain itu, platform media sosial itu baru-baru ini juga membatalkan larangan iklan politik 2019 dan mengatakan akan melonggarkan kebijakan periklanan di Amerika Serikat dan menyelaraskan kebijakan iklannya dengan TV dan outlet media lainnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

[Gambas:Video CNN]

Makam Peri

buku mimpi 2d 86
Mendag Zulkifli Hasan mendorong Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi untuk membentuk harga acuan CPO sebelum Juni 2023.
Mendag Zulkifli Hasan mendorong Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi untuk membentuk harga acuan CPO sebelum Juni 2023. (Arsip Humas Kementerian Perdagangan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri PerdaganganZulkifli Hasan mendorong Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) untuk membentuk referensi harga komoditi di bursa berjangka milik Indonesia sendiri, salah satunya minyak kelapa sawit mentah (CPO).

Ia menargetkan harga referensi pertama yang akan dibuat adalah untuk produk kelapa sawit. Adapun bursa CPO itu ditargetkan bisa selesai pada Juni 2023.

Zulkifli mengatakan saat ini Indonesia masih merujuk pada bursa Malaysia terkait harga CPO. Padahal, produksi CPO RI jauh lebih besar dari Negeri Jiran.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PAN itu menuturkan dalam sidang kabinet pihaknya disinggung terkait patokan harga CPO yang masih bergantung pada Malaysia.

"Yang jelek siapa? Ya Bappebti. Punya Bappebti tapi kok ikuti Malaysia. Loh, Bappebti nya ngapain aja kan gitu," kata Zulkifli.

Menurutnya, Bappebti harus bisa membuat referensi harga komoditi di bursa berjangka milik Indonesia sendiri. Dengan begitu patokan harga komoditas tersebut tidak perlu lagi mengacu pada bursa Malaysia.

Setelah CPO, kata Zulkifli, Bappebti juga membentuk bursa untuk karet, kopi, hingga lada.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Naga Tersembunyi di Kota

pola gacor bonanza xmas
PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk mengklaim belum menerima surat pengunduran diri Geisz Chalifah dari kursi komisaris.
PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk mengklaim belum menerima surat pengunduran diri Geisz Chalifah dari kursi komisaris. (Detikcom/Tiara Aliya).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Pembangunan JayaAncolTbk mengklaim belum menerima surat pengunduran diriGeisz Chalifah dari posisi komisaris.

"Sampai saat ini perseroan belum menerima surat pengunduran diri yang bersangkutan," ungkap Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Ariyadi Eko Nugroho kepada CNNIndonesia.com, Rabu (18/1).

Sementara itu, Geisz mengaku telah menyerahkan surat pengunduran diri kepada para pemegang saham pada 2 Januari 2023 lalu. Pemprov DKI merupakan pemegang saham terbesar di BUMD itu.

Sosok yang dikenal sebagai relawan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini mengatakan dengan pengunduran diri itu, ia bisa lebih memperingan langkah Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

"Kalau yang diganti cuma saya sendiri kan ada kemungkinan enggak baik secara publik ya, jadi ya kalau saya mengundurkan diri, enggak perlu ganti yang lain juga," imbuhnya.

Usai mengundurkan diri, Geisz mengaku akan turut membantu pemenangan Anies pada Pilpres 2024.

Selain itu, ia mengaku masih aktif di bisnis properti hingga lembaga sosial.

"Iya kalau itu jelas, kalau bantu Pak Anies jelas. (Komunikasi dengan Anies) sudah, bahkan sebelum saya mundur, saya komunikasi dengan Pak Anies dulu, dengan semua saya komunikasi," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Taojun

wd 138 slot
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso atau Buwas menuding ada mafia yang menjual beras Bulog kepada pedagang dengan harga mahal.
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso atau Buwas menuding ada mafia yang menjual beras Bulog kepada pedagang dengan harga mahal. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso atau Buwas menuding ada mafia yang menjual beras Bulog kepada pedagang dengan harga mahal. Mafia tersebut sengaja menghalangi pedagang membeli beras langsung dari Bulog.

Buwas mengatakan Bulog menjual beras Rp8.300 per kg, sehingga seharusnya beras tersebut dijual paling mahal ke konsumen sesuai harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp9.400.

Namun, penjual yang terhalangi membeli beras dari Bulog harus membeli beras dari mafia dengan harga di atas Rp8.300 per kg. Hal ini membuat harga di tingkat konsumen mahal.

"Tidak ada (lagi) mafia-mafiaan, ngapain kumpulin pedagang diintimidasi. Jangan dipikir saya tidak tahu, ada rekamannya semua, siapa yang hadir saya tahu, di mana tempatnya saya tahu. Masalah beras untuk masyarakat dipakai mainan. Jangan merasa hebat, ngancam-ngancam," tegas Buwas di Kantor Bulog, Jumat (20/1).

Maka dari itu, Buwas mengatakan seluruh pedagang beras sekarang bisa langsung membeli beras ke Bulog dengan harga beras Rp8.300 per kg. Ia pun menegaskan tidak akan memberikan beras kepada para mafia tersebut.

"Orang yang mengintimidasi (pedagang) tidak akan saya kasih sebutir (beras) pun," lanjutnya.

Lihat Juga :
Erick Thohir: Agen BRILink per Bulan Rp20 Juta, Gaji Menteri Rp19 Juta

Buwas mengatakan masalah mafia tersebut ia serahkan kepada pihak berwenang. Ia pun yakin masalah tersebut akan terungkap.

Dalam kesempatan itu, Buwas juga kembali menjelaskan alasan Bulog mengimpor 500 ribu ton beras. Ia mengatakan beras impor digunakan untuk cadangan beras pemerintah (CBP) karena produksi dalam negeri tidak mencukupi.

"Impor bukan maunya Bulog karena itu perintah negara. Kenapa keputusan itu dibuat? Karena situasi beras sedang tidak normal," ujar Buwas.

Bulog sebelumnya mengimpor 500 ribu ton yang terbagi atas 200 ribu ton pada tahap pertama dan 300 ribu ton tahap kedua yang digunakan sebagai bridging untuk memenuhi kebutuhan beras sebelum panen raya.

Adapun beras impor tahap kedua sebesar 300 ribu ton berasal Vietnam, Thailand, Pakistan, dan Myanmar.

Sementara itu, beras impor tahap pertama sebanyak 200 ribu ton yang awalnya ditargetkan rampung masuk pada Desember lalu, saat ini baru masuk 120 ribu ton karena kendala cuaca.

Seluruh beras impor ditargetkan masuk ke Indonesia paling lama Februari mendatang, sebelum panen raya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Manual Pengembangan Tuhan

slot 00
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meminta Bappebti segera merampungkan pembentukan bursa kripto sebelum Juni 2023.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meminta Bappebti segera merampungkan pembentukan bursa kripto sebelum Juni 2023. (Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meminta Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) segera merampungkan pembentukan bursa kripto sebelum Juni 2023.

Hal ini karena kehadiran bursa kripto telah banyak dinantikan masyarakat.

"Bursa kripto juga mudah-mudahan sebelum Juni launching, bagaimana pun itu diperlukan," kata Zulkifli di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Kamis (19/1).

Semula, Bappebti menargetkan peluncuran bursa kripto pada akhir 2022. Namun, target itu tak terealisasikan.

Beberapa waktu lalu, Plt Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko mengatakan pihaknya sedang mengupayakan realisasi bursa kripto sebelum pengawasan beralih ke OJK.

Didid menegaskan, absennya bursa kripto membuat Bappebti harus bekerja dua hingga tiga kali lebih keras. Oleh karena itu, kehadiran bursa kripto sangat diharapkan. Namun, pihaknya masih harus melihat situasi dan kondisi saat ini.

Lihat Juga :
Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan Senilai Rp1,9 T

"Gak ada bursa, kami kerjanya jadi 2-3 kali lebih keras. Dengan adanya bursa itu sudah setengah kerjaan kami sudah akan (selesai). Artinya kami berkeinginan keras tapi harus bisa melihat situasi kondisi ini harus diperhitungkan," katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti Tirta Karma Senjaya mengatakan untuk mewujudkan bursa kripto perlu revisi Peraturan Bappebti (Perba) 8 tahun 2021 Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto di Bursa Berjangka.

"Kesiapan sistem kemarin harusnya kita cek lagi karena ada beberapa perubahan, terutama dari revisi Perba 8/2021 harus menyesuaikan lagi," kata Tirta.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Biografi pejabat wanita Dayun

liga228
Amazon memecat 18 ribu karyawan yang tersebar di Amerika Serikat, Kanada, dan Kosta Rika pada Rabu (18/1) kemarin. PHK terbesar melampaui Meta.
Amazon memecat 18 ribu karyawan yang tersebar di Amerika Serikat, Kanada, dan Kosta Rika pada Rabu (18/1) kemarin. (AP/Reed Saxon).
Jakarta, CNN Indonesia--

Raksasa e-commerce, Amazon, memutus hubungan kerja (PHK) terhadap 18 ribu karyawan yang tersebar di Amerika Serikat, Kanada, dan Kosta Rika pada Rabu (18/1) kemarin. Saham Amazon tercatat turun 1 persen hari ini, Kamis (19/1).

Dilansir dari Reuters, PHK besar-besaran itu dipublikasikan melalui sebuah memo yang dikirimkan kepada seluruh karyawannya.

Sementara, menurut Undang-undang Ketenagakerjaan AS, perusahaan diwajibkan memberi tahu karyawan yang di-PHK 60 hari sebelum pemutusan kerja.

Ia menjelaskan sebagian besar yang terdampak PHK adalah karyawan dari divisi e-commercedan sumber daya manusia.

Langkah ini menjadikan Amazon sebagai perusahaan terbaru sektor teknologi AS yang memangkas tenaga kerja mereka. PHK massal ini dilakukan sejak tahun lalu untuk memangkas biaya operasional.

Selain itu, PHK dilakukan guna membalikkan ekses era pandemi dan mempersiapkan kondisi ekonomi global yang memburuk.

PHK Amazon ini juga melampaui pemangkasan yang dilakukan perusahaan induk Facebook, Meta. Meta sudah lebih dulu memecat 11 ribu karyawan.

[Gambas:Video CNN]

(cfd/pta)