petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

slot paling hoki hari ini

situs terbaru paling gacor 743Jutaan kata 92735Orang-orang telah membaca serialisasi

《slot paling hoki hari ini》

Pendukung di Markas Timnas AMIN deklarasi menang dan lawan kecurangan******

Pendukung di Markas Timnas AMIN deklarasi menang dan lawan kecurangan
Sejumlah pendukung Anies-Muhaimin melakukan deklarasi di Markas Pemenangan Timnas AMIN, Jakarta, Rabu (14/2/2024). ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi.
Kalau mereka deklarasi menang, kami juga deklarasi menang.
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pendukung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) di Markas Tim Pemenangan Nasional (Timnas) AMIN, Jakarta, Rabu malam, secara spontan mendeklarasikan kemenangan pasangan AMIN dan melawan kecurangan pada Pemilu 2024. Mereka secara spontan menaiki panggung di lokasi setelah ada sejumlah orang yang melakukan ajakan deklarasi tersebut. Aksi itu merespons pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang menggelar kegiatan di Istora Senayan pada waktu yang bersamaan. "Kalau mereka deklarasi menang, kami juga deklarasi menang," kata sukarelawan AMIN Frits Alor Boy yang merupakan Ketua Relawan Anies Presiden Indonesia (API). Mereka secara bersama-sama menaiki panggung sambil meneriakkan, "Lawan yang curang!"

Dalam deklarasi itu, Frits mengaku memiliki banyak laporan terkait dengan kecurangan dalam pencoblosan yang berlangsung tadi pagi hingga siang. Selain itu, dia lebih mempercayai penghitungan suara resmi oleh KPU ketimbang hasil hitung cepat yang sejauh ini menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran unggul. "Kami percaya kalau kami menang," katanya. Sebelumnya, Anies Baswedan menyatakan bahwa pihaknya akan terlebih dahulu menghormati proses yang sedang dilakukan KPU.

Anies akan melihat terlebih dahulu perkembangan karena saat ini masih terlalu awal. "Kami hormati proses, positive thinkingsaja," kata Anies.

Baca juga: Massa bergemuruh sambut Prabowo-Gibran di Istora Senayan
Baca juga: KedaiKOPI catat Prabowo-Gibran unggul hampir di seluruh provinsi Pemberitaan sebelumnya menyebutkan bahwa hasil dari sejumlah lembaga survei menempatkan pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan suara lebih dari 50 persen dalam hitung cepat. Charta Politika Indonesia mencatat pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 itu unggul 57,11 persen dalam hitung cepat (quick count) dari 60,2 persen data yang masuk per pukul 16.01 WIB. Hasil quick count sementara lembaga survei Indikator Politik Indonesia hingga pukul 15.48 WIB juga menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran memimpin perolehan suara sebanyak 57,97 persen. Selain itu, Populi Center per pukul 15.30 WIB juga merilis hasil quick countdengan menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran memperoleh suara 60,67 persen.

Pemilu 2024 meliputi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI, Pemilu Anggota DPR RI, Pemilu Anggota DPD RI, pemilu anggota DPRD provinsi, dan pemilu anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024

Cara deteksi kelainan jantung berdebar dengan cara mudah******

Cara deteksi kelainan jantung berdebar dengan cara mudah
Tangkapan layar - Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Konsultan Elektrofisiologi (Aritmia) RSUD Tarakan dr. Sebastian A. Manurung, Sp. JP(K) (kiri) memberikan paparan mengenai jantung di YouTube RSUD Tarakan. (ANTARA/Pamela Sakina)
Jakarta (ANTARA) - Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Konsultan Elektrofisiologi (Aritmia) Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan dr. Sebastian A. Manurung, Sp. JP(K) memberikan cara mudah mendeteksi kelainan jantung berdebar.

Melalui gelar wicara daring yang diikuti dari Jakarta, Selasa, Sebastian mengatakan jantung berdebar adalah kondisi jantung yang berdenyut terlalu kuat, terlalu cepat, atau tidak beraturan.

Kondisi jantung berdebar dapat terjadi setelah berolahraga,akibat stres berat, efek samping obat, maupun penyakit tertentu. Namun, ada kasus di mana jantung berdebar tanpa ada pemicu dan sebab yang jelas.

“Terkadang jantung bisa berdebar tanpa sebab, ini yang perlu diwaspadai adanya kelainan jantung," Sebastian menambahkan.

Baca juga: Dokter kemukakan perbedaan aritmia dan perasaan berdebar-debar

Cara mudah untuk mendeteksi irama dan detak jantung tersebut, menurut Sebastian, adalah dengan melakukan metode “Menari”, yakni tindakan rutin memeriksa jantung sendiri. Sebastian mengarahkan untuk menggunakan dua hingga tiga jari meraba urat nadi yang berada di pergelangan tangan samping, selurusan dengan ibu jari.

Tekan nadi selama minimal tiga puluh detik dan hitung berapa kali nadi berdenyut dalam kurun waktu tersebut. Sebastian menyebut, jantung yang normal umumnya berdetak sebanyak 60 hingga 100 kali selama tiga puluh detik.

Bila dirasa irama denyut nadi tidak normal, terlalu cepat atau bahkan tidak beraturan, perpanjang waktu meraba hingga satu menit untuk memastikan detak jantung benar-benar tidak normal.

“Pertama yang kita rasakan adalah berapa kali per menit, kemudian yang kedua, yang kita rasakan apakah iramanya normal atau tidak, karena ada juga gangguan irama jantung, di mana iramanya sudah cepat, berdebar, tapi juga tidak teratur,” ujar Sebastian.

Untuk cara yang lebih mudah, Sebastian menganjurkan untuk menggunakan smartwatch alias jam tangan pintar yang dapat secara otomatis mendeteksi detak jantung seseorang. Namun, dia mengakui bahwa tidak semua orang memiliki gawai tersebut, untuk itu, teknik “Menari” adalah cara yang paling mudah dan sederhana.

“Bila dirasa jantung berdebar tidak normal, segeralah periksakan ke dokter spesialis jantung karena ini bukan hal yang bisa disepelekan,” dia menambahkan.

Jantung berdebar terkait tanda adanya penyakit jantung seperti aritmia, kardiomiopati, penyakit katup jantung, gagal jantung hingga serangan jantung.

Baca juga: Kemenkes: Waspadai irama detak jantung yang tak beraturan

Baca juga: Dokter ajak masyarakat kenali gejala gangguan irama jantung

Baca juga: Pasien gangguan irama jantung boleh minum kafein?

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024

Badan Geologi: Sesar Meratus pemicu gempa Banjar tergolong sesar aktif******

Badan Geologi: Sesar Meratus pemicu gempa Banjar tergolong sesar aktif
Peta tapak lokal pusat gempa bumi merusak yang mengguncangkan Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (13/2/2024). (ANTARA/HO-Badan Geologi)
Sesar itu berarah relatif utara timur laut hingga selatan barat daya
Jakarta (ANTARA) - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan Sesar Meratus yang mengguncang Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, terbentuk pada zaman pra-tersier dan mengalami reaktivasi sehingga tergolong sesar aktif.
"Sesar itu berarah relatif utara timur laut hingga selatan barat daya," kata Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid dalam laporan di Jakarta, Selasa. Pada 13 Februari 2024, pukul 08:22 WIB, gempa berkekuatan 4,7 magnitudo dengan kedalaman 10 kilometer mengguncang Kabupaten Banjar.

Baca juga: BMKG: Aktivitas sesar lokal timbulkan gempa dangkal di Alor Kejadian gempa bumi itu telah mengakibatkan kerusakan bangunan di Desa Sungkai Baru, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar. Guncangan gempa bumi diperkirakan terasa di sekitar lokasi pusat gempa bumi pada skala intensitas III-IV modified mercally intensity (MMI). Berdasarkan data Badan Geologi, morfologi daerah terlanda guncangan gempa bumi tersebut umumnya berupa dataran, dataran bergelombang, dan perbukitan bergelombang hingga terjal pada bagian timur-timur laut. Daerah itu tersusun oleh dominan tanah lunak (kelas E) dan tanah sedang (kelas D), sedangkan pada morfologi perbukitan tersusun oleh tanah keras (kelas C). Daerah tersebut pada umumnya tersusun oleh batuan berumur pra-tersier (berupa batuan metamorf, batuan meta sedimen), batuan berumur tersier (berupa batuan sedimen, batu gamping), dan endapan kuarter berupa endapan aluvial sungai, aluvial pantai serta rombakan.

Baca juga: BRIN gandeng BGS manfaatkan teknologi penginderaan jauh mitigasi gempa Endapan kuarter dan batuan berumur pra tersier dan tersier yang telah mengalami pelapukan pada umumnya bersifat urai, lunak, lepas, belum kompak, dan memperkuat efek guncangan, sehingga rawan gempa bumi. Menurut data Badan Geologi, sebaran permukiman penduduk yang terlanda guncangan gempa bumi terletak pada kawasan rawan bencana gempa bumi rendah. "Kejadian gempa bumi itu tidak menyebabkan terjadinya tsunami karena lokasi pusat gempa bumi terletak di darat," kata Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid. Lebih lanjut dia mengimbau masyarakat untuk menggunakan konstruksi bangunan tahan gempa bumi guna menghindari dari risiko kerusakan dan juga harus dilengkapi dengan jalur serta tempat evakuasi. Mitigasi gempa bumi melalui mitigasi struktural dan non struktural harus ditingkatkan mengingat wilayah Kabupaten Banjar tergolong rawan gempa bumi.
Baca juga: BMKG: Gempa M5,6 di Laut Flores, NTT dipicu sesar naik Flores

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:abangda88

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
slot gacor online pragmatic play
upgrade akun kredivo
cara cicil barang di tokopedia
tiara4d
senang4d demo slot
wd 123 slot
mega slot88 login
fanta168
yowestogel
Daftar isi semua bab
Bab 1 hokbet
Bab 2 erek erek 95 2d
Bab 3 slot gacor 33
Bab 4 trik main tembak ikan
Bab 5 slot termudah menang
Bab 6 pinjaman online 20 juta langsung cair
Bab 7 angka jitu pocong
Bab 8 juragan178
Bab 9 erek 51
Bab 10 berlian slot gacor
Bab 11 situs win slot login
Bab 12 pinjaman online langsung cair
Bab 13 mangga slot
Bab 14 server thailand demo slot
Bab 15 situs judi ceme online terpercaya
Bab 16 kaisarhoki
Bab 17 pinjaman kilat ojk
Bab 18 kredit hp tanpa ribet
Bab 19 slot gacor malam ini
Bab 20 mahjong ways demo
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8939bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Diamond Ace Raja Kursus

top 55 slot
Ganjar minta masyarakat coblos sesuai hati nurani
Calon presiden, Ganjar Pranowo, menunjukkan surat suara saat mencoblos di TPS 11 Kelurahan Lempongsari, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (14/2/2024). ANTARA/IC Senjaya
Semarang (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, meminta masyarakat memberikan suaranya pada pemilu 14 Februari 2024 sesuai dengan hati nurani. "Masyarakat tenang dan datang mencoblos sesuai dengan hati nurani," kata Ganjar usai mencoblos di TPS 11 Kelurahan Lempongsari, Semarang, Jawa Tengah, Rabu.

Dengan demikian, lanjut dia, hal tersebut menunjukkan kualitas demokrasi Indonesia hari ini.

Baca juga: Anies Baswedan salurkan hak suaranya di TPS 60 Lebak Bulus

Ia juga meminta masyarakat untuk saling menjaga dalam pelaksanaan Pemilu hari ini. "Semua saling jaga sehingga berjalan luber dan jurdil," tambahnya.

Ia juga meminta semua pihak siap untuk menerima apapun hasil pemilu. "Kita tunggu. Kalau hasilnya kami menang, memang ada yang nggak siap," katanya.

Baca juga: Warga Depok tetap antusias datangi TPS walaupun hujan

Ganjar Pranowo mencoblos di TPS bersama dengan istri Siti Atikoh dan putranya, Muhammad Zinedine Alam Ganjar.

Pemungutan suara Pemilu 2024 dijadwalkan digelar pada 14 Februari 2024. Masyarakat Indonesia akan memberikan suaranya pada pemilihan presiden-wakil presiden, anggota DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR, serta DPD.

Baca juga: Hujan tak hentikan niat warga memilih di TPS tempat Megawati "nyoblos"

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024

Brahmacharya

menang bos slot login
Ganjar minta masyarakat coblos sesuai hati nurani
Calon presiden, Ganjar Pranowo, menunjukkan surat suara saat mencoblos di TPS 11 Kelurahan Lempongsari, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (14/2/2024). ANTARA/IC Senjaya
Semarang (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, meminta masyarakat memberikan suaranya pada pemilu 14 Februari 2024 sesuai dengan hati nurani. "Masyarakat tenang dan datang mencoblos sesuai dengan hati nurani," kata Ganjar usai mencoblos di TPS 11 Kelurahan Lempongsari, Semarang, Jawa Tengah, Rabu.

Dengan demikian, lanjut dia, hal tersebut menunjukkan kualitas demokrasi Indonesia hari ini.

Baca juga: Anies Baswedan salurkan hak suaranya di TPS 60 Lebak Bulus

Ia juga meminta masyarakat untuk saling menjaga dalam pelaksanaan Pemilu hari ini. "Semua saling jaga sehingga berjalan luber dan jurdil," tambahnya.

Ia juga meminta semua pihak siap untuk menerima apapun hasil pemilu. "Kita tunggu. Kalau hasilnya kami menang, memang ada yang nggak siap," katanya.

Baca juga: Warga Depok tetap antusias datangi TPS walaupun hujan

Ganjar Pranowo mencoblos di TPS bersama dengan istri Siti Atikoh dan putranya, Muhammad Zinedine Alam Ganjar.

Pemungutan suara Pemilu 2024 dijadwalkan digelar pada 14 Februari 2024. Masyarakat Indonesia akan memberikan suaranya pada pemilihan presiden-wakil presiden, anggota DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR, serta DPD.

Baca juga: Hujan tak hentikan niat warga memilih di TPS tempat Megawati "nyoblos"

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024

sistem perdagangan paksa

herek herek togel
Prabowo tak peduli tuduhan kecurangan yang ditujukan ke paslon 02
Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menunjukkan jarinya usai menggunakan hak pilihnya di TPS 033, Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). Pemilu 2024 untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota tersebut dilaksanakan secara serentak di 38 provinsi dengan jumlah DPT sebanyak 204.807.222 pemilih. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom/pri.
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden Prabowo Subianto mengaku tak peduli terhadap berbagai tuduhan yang dialamatkan kepada pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, pada pemilu 2024.

Prabowo menyerahkan penilaian itu kepada masyarakat Indonesia yang pada hari ini memilih presiden dan wakil presiden untuk periode 2024–2029.

“Bagi saya gakada masalah (tuduhan curang). Saya yang penting rakyat. Saya gakpeduli. Saya ingin menegakkan kebenaran kok mereka takut? Saya ingin rakyat saya tidak lapar. Saya membela kebenaran. Saya hanya mau membela rakyat,” kata Prabowo menjawab pertanyaan wartawan di kediamannya di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Baca juga: Prabowo harap hujan bawa berkah untuk kemenangan 02

Dia juga menilai berbagai tuduhan kecurangan itu merupakan bagian dari risiko perjalanan sejarah.

“Demikianlah risikonya dalam sejarah, pergantian pimpinan di setiap tempat mengandung ada yang berhasil dan tidak berhasil. Kedua, negara sebesar dan sekaya, sepenting kita pasti banyak yang melirik. Janganlah kita masuk perangkap suatu permainan besar ini. Selalu, dalam sejarah kalau tidak bisa bunuh orangnya, bunuh karakternya,” kata Prabowo.

Bagi Capres nomor urut 02 itu, pemilu 2024 bukan sebatas persaingan, melainkan ada tujuan yang lebih besar.

“Saya berharap semua pihak mengerti ini untuk tujuan yang besar. Janganlah mungkin ada dalam setiap persaingan pasti ada yang kecewa, tidak mencapai hasil yang diinginkan dan selalu saya kira kita harus kedepankan kepentingan besar, kepentingan anak-anak dan cucu-cucu kita,” kata dia.

Baca juga: Prabowo ucapkan terima kasih ke KPPS selepas berikan suaranya di TPS

Pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sejauh ini masih unggul dalam hasil hitung cepat (quick count) sementara dari beberapa lembaga survei.

Beberapa lembaga survei seperti Charta Politika, KedaiKOPI, dan Populi Center dalam hasil hitung cepat (quick count) mereka memprediksi pasangan Prabowo-Gibran unggul dalam perolehan suara Pilpres 2024. Lembaga-lembaga itu, berdasarkan hasil hitung cepat, juga memperkirakan pemilihan presiden-wakil presiden berlangsung satu putaran dimenangkan oleh pasangan Prabowo-Gibran.

Dalam hasil hitung cepat Populi Center, misalnya, pasangan Prabowo-Gibran memperoleh 60,67 persen suara dari data yang masuk sebesar 40,40 persen per 15.30 WIB.

Dari data yang sama, pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,57 persen, dan pasangan calon nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md 16,76 persen.

Kemudian, hasil hitung cepat Charta Politika menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan suara 57,11 persen dari 60,2 persen data yang masuk per 16.01 WIB.

Dari hasil hitung cepat yang sama, pasangan Anies-Muhaimin memperoleh 26,22 persen suara, sementara pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud memperoleh 16,67 persen.

Baca juga: Prabowo langsung berenang selepas nyoblos di TPS dekat rumahnya

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, dan anggota DPRD kabupaten/kota, dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Kemudian, ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara Pemilu 2024 dilakukan secara serentak untuk memilih calon anggota legislatif serta presiden dan wakil presiden pada tanggal 14 Februari 2024.

Sementara itu, untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, Pemilu 2024 diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 01, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 02, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 03.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024

Kode Istri Militer

shopee gratis ongkir 0
Bawaslu ingatkan PPLN Kuala Lumpur taati rekomendasi soal pos dan KSK
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dalam konferensi pers di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024). ANTARA/Abdu Faisal
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengingatkan panitia pemilihan luar negeri (PPLN) Kuala Lumpur agar menaati rekomendasi soal tidak menghitung jumlah suara yang masuk dari proses pemungutan suara metode pos dan kotak suara keliling.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja saat konferensi pers di gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Rabu, mengaku resah mendapat kabar kalau PPLN Kuala Lumpur tetap menghitung jumlah suara yang masuk dari proses pemungutan suara dengan metode tersebut.

"Jika kemudian teman-teman PPLN masih saja, dalam proses ini, kemudian menentang rekomendasi Panwaslu Kuala Lumpur, kami akan mengambil tindakan-tindakan sesuai peraturan perundang-undangan," kata Bagja.

Bawaslu juga merekomendasikan untuk dilakukan pemungutan suara ulang di Kuala Lumpur, Malaysia.
Baca juga: Bawaslu rekomendasikan pemungutan suara ulang di Kuala Lumpur

Baca juga: Dubes: Antusiasme WNI pemilih di Kuala Lumpur cukup tinggi
 Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan surat suara yang sudah dicoblos, terhimpun dari kotak suara keliling (KSK) maupun pos, tidak dihitung. "Tidak dilakukan penghitungan dan diulang prosesnya dengan metode pos dan kotak suara keliling," kata Bagja. Bagja menyebut kejadian dalam video tentang sejumlah surat suara yang dikuasai lalu dicoblos di Kuala Lumpur adalah benar dan menjadi salah satu alasan Bawaslu merekomendasikan pemungutan suara ulang di sana. "Karena terdapat banyaknya rangkaian peristiwa pelanggaran yang kemudian memberikan dampak terhadap pemungutan suara metode pos dan kotak suara keliling di Kuala Lumpur," kata Bagja.

Untuk itu, Bawaslu merekomendasikan agar pelaksanaan pemungutan suara ulang di Kuala Lumpur diawali lebih dulu dengan pemutakhiran data pemilih untuk metode pos dan kotak suara keliling. Pemilih yang sudah terdaftar memilih di tempat pemungutan suara (TPS) tidak boleh masuk dalam basis data pencocokan dan penelitian (coklit) untuk pemutakhiran data pemilih, serta tidak diikutkan dalam pemungutan suara metode pos dan kotak suara keliling. "Ini untuk menghindari adanya kegiatan mencoblos dua kali," kata Bagja. Bawaslu juga merekomendasikan panitia pemungutan suara luar negeri (PPLN) Kuala Lumpur untuk mencari metode selain pos untuk menghindari kejadian yang sama dalam video kembali terulang.

Baca juga: Ketua KPU: Pemungutan suara di Kuala Lumpur lancar, terlayani semua

Baca juga: Panwaslu KL selidiki dugaan tumpukan surat suara pos sudah dicoblos
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Asimilasi Tertinggi

pinjol tidak ojk
Hasil hitung cepat KedaiKOPI tunjukkan Prabowo-Gibran unggul sementara
Communication Specialist KedaiKOPI Rossi Rahardjo di Jakarta, Rabu. ANTARA/Tri Meilani AmeliyaCommunication Specialist KedaiKOPI Rossi Rahardjo di Jakarta, Rabu (14/2/2024). ANTARA/Tri Meilani Ameliya/aa.
Ini data per pukul 15.03 WIB, data masuk 34,25 persen
Jakarta (ANTARA) - Hasil hitung cepat sementara lembaga survei KedaiKOPI menunjukkan pasangan calon presiden nomor urut 2 Prabowo-Gibran unggul sementara dengan perolehan suara sebesar 59,25 persen dari data masuk 34,25 persen. "Ini data per pukul 15.03 WIB, data masuk 34,25 persen," kata Communication Specialist KedaiKOPI Rossi Rahardjo di Jakarta, Rabu. Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh pasangan calon presiden nomor urut 3 Ganjar-Mahfud dengan perolehan suara sebesar 20,60 persen. Yang ketiga, ada pasangan calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan perolehan suara sebesar 20,16 persen. Hasil hitung cepat itu diperoleh berdasarkan informasi pada hasil penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

Baca juga: KedaiKOPI: Hak suara yang tak dipakai akan berpotensi disalahgunakan Dalam hitung cepatnya, sampel yang digunakan KedaiKOPi adalah sebanyak 2.000 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia atau 38 provinsi. Proses samplingdilakukan secara acak melalui metode penarikan acak bertingkat (multistage random sampling) yang dilakukan dari tingkat daerah pemilihan (dapil) sampai tingkat kelurahan. Dengan penarikan acak bertingkat itu, hasil hitung cepat tersebut memiliki batas kesalahan (margin of error) kurang lebih 0,18 persen. Pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3. Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024

Lancer dari Arad

danamu ojk
Pan Zhanle pecahkan rekor dunia renang 100m gaya bebas putra
Perenang China Zhanle Pan saat berlomba dalam final estafet 4X100m gaya bebas putra dalam World Aquatics Championships 2024 di Aspire Dome, Doha, Qatar, pada 11 Februari 2024. (AFP/OLI SCARFF)
Jakarta (ANTARA) - Perenang China Pan Zhanle memecahkan rekor dunia renang nomor 100 meter gaya bebas putra saat tampil dalam Kejuaraan Akuatik Dunia atau World Aquatics Championships 2024 di Doha, Qatar, pada Senin.

Pan Zhanle yang juga turun  dalam nomor estafet 4x100 meter gaya bebas putra menorehkan waktu 46,80 detik untuk memecahkan rekor dunia yang sebelumnya dipegang  perenang Rumania, David Popovici yang menggenggam rekor 46,86 detik.

"Memecahkan rekor dunia adalah sebuah kehormatan bagi saya. Ini adalah motivasi bagi perenang muda dan tua. Saya yakin saya bisa melaju lebih cepat dari waktu hari ini. Memecahkan rekor dunia terjadi secara alami dan sekarang tujuan saya adalah berenang lebih cepat," kata Pan Zhanle dalam laman World Aquatics Championships.

Pan Zhanle yang satu tim dengan Ji Xinjie, Zhang Zhanshuo dan Wang Haoyu menyegel medali emas estafet 4x100 meter gaya bebas putra dengan mencatatkan waktu 3 menit 11 detik.

Baca juga: Kim Woo-min sabet gelar juara dunia renang gaya bebas 400m putra

Sementara itu tim Italia memperoleh medali perak dengan catatan waktu 3 menit 12,08 detik, sedangkan Amerika Serikat mendapatkan medali perunggu dengan catatan waktu 3 menit 12,29 detik.

"Saya beruntung memiliki rekan-rekan satu tim yang luar biasa dan kami melakukannya dengan sangat baik hari ini. Ini baru hari pertama dan saya merasa sangat bersemangat. Saya akan terus bekerja keras demi  Olimpiade Paris," kata atlet berusia 19 tahun tersebut.

Rekor yang dicetak Pan juga membuat dirinya satu-satunya perenang China yang memegang rekor dunia. 

Pan juga masuk daftar lima perenang sepanjang sejarah yang bisa mencatatkan waktu di bawah 47 detik dalam nomor 100 meter gaya bebas.

Catatan waktu Pan juga mempertajam catatan pribadinya Asian Games 2023 ketika di sana dia membukukan waktu 46,97 detik untuk memboyong medali emas.

Baca juga: Beijing jadi tuan rumah Kejuaraan Akuatik Dunia 2029

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024