petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

berkah138

gacor slot net 185Jutaan kata 375207Orang-orang telah membaca serialisasi

《berkah138》

Faisal Basri Kritik Keras Rencana Jokowi Larang Ekspor Timah******

Ekonom senior Faisal Basri mengkritik keras rencana Jokowi melarang ekspor timah karena jenis komoditas yang dilarang adalah ingot atau batang timah.
Ekonom senior Faisal Basri mengkritik keras rencana Jokowi melarang ekspor timah karena jenis komoditas yang dilarang adalah ingot atau batang timah. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ekonom senior Faisal Basri mengkritik keras rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang ekspor timah karena jenis komoditas yang dilarang adalah ingot atau batang timah.

Menurut Faisal, Jokowi menyamakan bijih nikel dengan bijih timah. Padahal, bijih timah sudah dilarang sedari dulu alias selama ini Indonesia tidak mengekspor timah dalam bentuk bijih

"Nah, dia mau melarang (ekspor) ingot, batang timah itu yang udah 70 persen. Jadi yang sudah kita ekspor itu timah batangan, itu mau dilarang," paparnya dalam sesi diskusi di ASA Indonesia, Jumat (21/10).

Wacana larangan ekspor timah ini merebak sejak akhir 2021. Saat itu, Jokowi mengatakan akan melarang ekspor timah mulai 2024, setelah pelarangan ekspor bauksit hingga tembaga.

Larangan ekspor bahan mentah ini dilakukan demi membangun hilirisasi di Indonesia. Nantinya, seluruh bahan mentah akan diolah di dalam negeri.

"Nanti kalau sudah hitungannya matang ketemu kalkulasinya akan saya umumkan setop. Misalnya tahun depan atau setop tahun ini bisa terjadi. Saya kira kesiapan-kesiapan dari smelter baik nilai BUMN maupun nilai swasta harus kita kalkulasi semuanya ya terima kasih," kata Jokowi, Kamis (20/10), seiring dengan dibangunnya smelter baru yang dimiliki oleh PT Timah.

Lihat Juga :
Kebijakan BI yang Kurang Agresif Tekan Rupiah ke Rp15.631

Kendati, Faisal tetap tak setuju dengan rencana pelarangan ekspor timah tersebut. "Jadi Pak Jokowi jangan asal. Pak Jokowi ini bukan bapak rumah tangga, istri sama anak-anaknya. Ini rumah tangga 270 juta orang. Ingat itu nasib rakyat-rakyat Bangka Belitung kayak gimana dari larangannya," tegas Faisal sembari menggebrak meja.

Sebelumnya, Jokowi berencana menyetop ekspor timah seiring dengan dibangunnya smelter baru yang dimiliki oleh PT Timah.

"Hari ini saya melihat smelter baru yang dimiliki oleh PT Timah. Ini menunjukkan keseriusan kita dalam rangka hilirisasi timah. Nikel sudah, timah, bauksit," kata Jokowi, Kamis (20/10).

"Ini semuanya akan saya ikuti dan ini nanti akan selesai November yang kita harapkan pergerakan hilirisasi di timah akan segera mengikuti seperti yang kita lakukan di nikel tetapi kita belum berhitung kapan akan kita stop untuk ekspor bahan mentah timah," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Daftar Saham Berkilau Pekan Ini, Consumer Goods Diramal Cuan******

Analis memperkirakan sejumlah saham berkilau pada pekan ini, salah satunya sektor consumer goods. Berikut alasan dan rinciannya.
Analis menyebut sejumlah saham akan berkilau pada pekan ini. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) menguat 37,11 poin atau 0,53 persen ke level 7.017 pada perdagangan pekan lalu.

Investor asing mencatat beli bersih (net buy) Rp2,63 triliun dan jual bersih (net sell) Rp603,42 miliar selama sepekan.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham tercatat menguat lima kali. Secara total, performa indeks saham menguat 2,98 persen.

Peningkatan terjadi pada nilai transaksi harian bursa sebesar 14,75 persen dari Rp12 triliun menjadi Rp13,77 triliun pada pekan sebelumnya.

Sedangkan volume transaksi bursa mengalami penurunan 4,70 persen dari 24,05 miliar saham pada pekan lalu menjadi 22,92 miliar saham.

"Rata-rata frekuensi transaksi harian bursa turut meningkat sebesar 3,63 persen menjadi 1.207.882 kali dari 1.165.599 kali transaksi pada minggu yang lalu," katanya seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (21/10).

Lihat Juga :
Faisal Basri soal RI Selamat dari Resesi: Bukan Karena Hebat

Pelatih investasi saham dan derivatif sekaligus CEO Akela Trading System Hary Suwanda mengatakan terjadinya reboundsepekan lalu berpotensi membuat IHSG melanjutkan rally.

Hary memprediksi selama sepekan ke depan IHSG bisa bergerak dalam rentang support6.927 dan resistance7.132. Jika bisa di-breakout, IHSG bakal punya peluang mencapai new high.

Ia menambahkan meski BI menaikkan kembali suku bunga acuan 50 bps hingga 4,75 persen, ini masih relatif rendah dibandingkan dengan suku bunga The Fed, yang pada FOMC 2 November nanti diprediksi kembali menaikkan suku bunga acuannya.

Presiden The Fed San Francisco Mary Daly pada Jumat (21/10) lalu memang menyatakan The Fed tidak perlu terus seagresif sebelumnya dalam menaikkan suku bunga acuan guna meredam inflasi.

Lihat Juga :
Faisal Basri Kritik Keras Rencana Jokowi Larang Ekspor Timah

"Hal ini direspons pasar sebagai sinyal bahwa The Fed akan mulai memperlambat kenaikan suku bunganya atau bahkan berhenti sembari melihat data ekonomi yang akan terjadi," kata Hary kepada CNNIndonesia.com, Minggu (23/10).

Karena sentimen-sentimen itu, Hary merekomendasikan saham sektorconsumer goods dan non-cyclicalyang produknya tetap digunakan masyarakat luas tanpa peduli kondisi inflasi, resesi, atau bahkan stagflasi.

Secara teknikal, ia merekomendasikan saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) yang ditutup melemah 1,85 persen pada pekan lalu ke posisi 5.300. Hary memprediksi UNVR bakal tembus 5.600, dengan stop loss5.175.

Ada juga PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) yang menguat 1,03 persen ke posisi 980 pekan lalu. Ia memperkirakan HMSP bisa tembus 1.035 denganstop loss935.

Lalu, ada PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) yang ditutup melemah 0,79 persen ke posisi 9.425 pekan lalu. Dengan stop loss8.900, ICBP diprediksi bisa tembus 9.850.

Lihat Juga :
Alasan Faisal Basri Pede Indonesia Bisa Selamat dari Resesi Global

Sementara, Analis Pasar Modal Oktavianus Audi memprediksi IHSG sepekan ke depan akan bergerak terbatas dengan kecenderungan menguat. Rentang pergerakan di level support6.900 dan resistance7.170.

Kenaikan suku bunga acuan BI juga sudah ia prediksi. Kemungkinan kebijakan itu bakal jadi pemberat IHSG dalam jangka menengah karena dapat menahan laju ekspansi perusahaan dan daya beli masyarakat.

Sentimen positif dari dalam dan luar negeri mengiringi pergerakan indeks saham pekan ini. Rilis data investasi asing langsung Indonesia pada kuartal III diprediksi masih tumbuh 40 persen. Ini membuat pandangan asing terhadap perekonomian RI masih baik.

Lalu, rilis data PDB China diprediksi tumbuh 3,4 persen pada kuartal III. Jika sesuai ekspektasi, ini menjadi angin segar untuk Indonesia karena neraca dagang kedua negara tersebut merupakan yang terbesar.

"Sektor yang dapat diperhatikan pada pekan ini adalah Perbankan karena merupakan sektor yang sensitif dengan kenaikan suku bunga dan Infrastruktur serta Telekomunikasi," katanya.

Lihat Juga :
Xi Jinping Tiga Periode: Ekonomi China Memiliki Ketahanan Tinggi

Secara teknikal, Oktavianus merekomendasikan saham PT Smartfren Telecom Tbk alias FREN yang menguat 6,58 persen pekan lalu ke posisi 81. Ia memprediksi FREN bergerak di rentang support75 dan resistance89.

Saham PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) yang pekan lalu menguat 0,23 persen ke angka 4.360 juga direkomendasikan. TLKM diproyeksi menembus 4.500.

Terakhir ada rekomendasi dari sektor perbankan, yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang tumbuh 0,91 persen ke posisi 4.430 pekan lalu. Oktavianus memperkirakan BBRI bergerak di rentang support4.340 dan resistance4.600.rek

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

[Gambas:Video CNN]

Telkom Unjuk Keunggulan Ekosistem Digital di SOE International 2022******

Telkom memperlihatkan keunggulan ekosistem digital yang dikembangkan pada acara SOE International Conference 2022 melaui booth Digital Ecosystem Zone.
Direktur Consumer Service sekaligus Plt Direktur Enterprise & Business Service Telkom FM Venusiana melakukan pemaparan di booth Digital Ecosystem Zone kepada Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, dan Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo. (Foto: Arsip Telkom)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) unjuk kebolehan dan keunggulan ekosistem digital yang dimilikinya pada boothDigital Ecosystem Zone di event SOE International Conference 2022, Nusa Dua, Bali.

Direktur Consumer Service sekaligus Plt Direktur Enterprise & Business Service Telkom, FM Venusiana berkesempatan memaparkan dukungan digitalisasi yang Telkom berikan untuk Indonesia di depan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair. Pada waktu yang sama, juga didemokan 5G Artificial Intelligence(AI) Robot.

Mengangkat tema Economic Transformation through Digitalization: Empowering Society to Accelerate Digital Economy, Telkom membawa tiga narasi besar dukungan untuk mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital, yakni lingkungan digital, masyarakat digital, dan ekonomi digital.

Saat ini layanan IndiHome telah menjangkau 499 IKK dan Telkomsel lebih dari 98 persen populasi. Untuk masyarakat dan ekonomi digital, Telkom menampilkan platform dan layanan digital yang memberikan kemudahan bagi berbagai lapisan masyarakat, baik personal, UMKM hingga korporasi.

Adapun beberapa produk unggulan yang disajikan adalah PaDi UMKM, BigBox, Agree, Logee, Pijar, dan lainnya. Ketiga aspek penting ini dikemas dalam format video, demo produk dan maket proyeksi.

"Ini adalah bentuk nyata dari implementasi digitalisasi Indonesia. TelkomGroup ingin memperlihatkan kepada publik dunia bahwa Indonesia adalah negara yang besar, tidak hanya dari potensi ekonomi digitalnya yang akan terus berkembang, tapi juga dari sumber daya khususnya BUMN melalui berbagai inovasi dan transformasi yang dilahirkan," ungkap SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza dalam keterangannya, Rabu (19/10).

MetaNesia Experience Center pun turut hadir dalam expo ini. metaNesia, dunia virtual yang menjadi penghubung ekonomi digital Indonesia milik Telkom ini hadir untuk memberikan pengalaman terkini melalui dunia Metaverse yang dapat dimanfaatkan untuk pasar yang masif.

MetaNesia dapat membantu membangun solusi bisnis dengan cara-cara kreatif yang baru dan khas sehingga para pelaku usaha dapat membangun komunikasi yang lebih mendalam dengan target audiens, menciptakan ekonomi digital bagi bisnisnya, dan membangun dampak yang relevan dan berharga bagi audiensnya.

Saat ini, metaNesia didukung smarteye.id yang sudah berpengalaman dalam mengembangkan augmented realitydan virtual reality.

Tak ketinggalan, berbagai skenario implementasi 5G (use-cases) milik Telkomsel pun turut ditunjukkan, seperti 5G Smart Mining dan 5G Artificial Intelligence(AI) Robot. Untuk use-caseutama, Telkomsel mengusung beberapa teknologi dalam skenario 5G Smart Mining, yakni 5G in The Box, 5G Connected Worker,dan 5G Computer Vision.

Teknologi 5G Smart Miningtersebut membuka peluang besar terhadap transformasi digital serta peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional perusahaan. Seperti pada implementasi untuk industri pertambangan bersama PT Freeport Indonesia dan MIND ID melalui penerapan 5G Underground Smart Mining pertama di Indonesia pada September 2022.

Selain 5G Smart Mining, Telkomsel juga menghadirkan use-case 5G AI Robot, sebuah robot dengan kemampuan menyerupai manusia.

(rir/rir)




bab terbaru:senang77 slot login

Perbarui waktu:2024-06-24

Daftar bab terbaru
web judi bola parlay
maxwin 5000 login
situs slot pasti jp
erek35
prediksi togel quezon
erek erek 4d angka
maxwin terbaru
slot gacor 338
slot gacor 4d rtp
Daftar isi semua bab
Bab 1 pasti200m
Bab 2 gampang menang
Bab 3 shienslot
Bab 4 slo138
Bab 5 judi slot gacor 2022
Bab 6 gacor 118
Bab 7 limit kredivo 12 bulan tidak bisa digunakan
Bab 8 link judi gacor
Bab 9 slot receh gampang menang
Bab 10 link alternatif surga slot
Bab 11 airbet88 slot login
Bab 12 biowin69 rtp
Bab 13 jayaslot4d
Bab 14 situs gacor hari ini
Bab 15 qqindobet
Bab 16 doinobet
Bab 17 cara pinjam dana di ovo
Bab 18 slot luar gampang maxwin
Bab 19 situs pragmatic play resmi
Bab 20 murahqq
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4070bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Angin datang dari hati

daftar game online slot
IHSG menguat 1,75 persen ke level 6.980 pada Kamis (20/10) akibat terdorong penguatan 350 saham.
IHSG menguat 1,75 persen ke level 6.980 pada Kamis (20/10) akibat terdorong penguatan 350 saham. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 6.980  pada Kamis (20/10) sore. Indeks saham menguat 120,23 poin atau plus 1,75 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp14,84 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 24,83 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 350 saham menguat, 196 terkoreksi, dan 158 lainnya stagnan. Terpantau, keseluruhan sebelas indeks sektoral kompak menguat, dipimpin oleh sektor energi di angka 2,84 persen.

Bursa saham Eropa mayoritas melemah. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris minus 0,04 persen, indeks CAC 40 di Prancis plus 0,07 persen, dan indeks DAX di Jerman melemah 0,70 persen.

Sementara, bursa Amerika kompak menguat. Indeks S&P 500 naik 1,14 persen, indeks NYSE menguat 1,19 persen, dan indeks NASDAQ Composite tumbuh 0,90 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Pecinta kuliner tidak terbatas

akun paling gacor slot
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta maskapai Batik Air tidak hanya menanggapi keluhan dari penumpang ternama seperti Ari Lasso.
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta maskapai Batik Air tidak hanya menanggapi keluhan dari penumpang ternama seperti Ari Lasso. Ilustrasi. (Dok. Batik Air).
Jakarta, CNN Indonesia--

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta maskapai Batik Airtidak hanya menanggapi keluhan dari penumpang ternama seperti Ari Lasso.

Pengurus Harian YLKI Agus Suyatno meminta Batik Air merespons keluhan pelanggan secara menyeluruh.

"YLKI berharap respons positif yang dilakukan oleh maskapai (Batik Air) terhadap pengaduan konsumen bersifat menyeluruh, tidak hanya pada konsumen yang memiliki nama besar," ujar Agus kepada CNNIndonesia.com, Jumat (21/10).

Dalam perubahan jadwal penerbangan secara sepihak seperti yang dialami Ari Lasso, konsumen disebut berhak mendapatkan informasi secara utuh, jelas dan benar sehingga tak terjadi disinformasi.

"Jika informasi disampaikan tidak dengan benar, yang mengakibatkan kerugian pada konsumen, maka maskapai wajib memberikan bentuk kompensasi kepada konsumen," ujarnya.

Ari Lasso sebelumnya mengungkapkan ia sempat ditinggal pesawat Batik Air ketika hendak pulang ke Indonesia dari Singapura. Ia tidak berhasil naik pesawat setelah adanya perubahan jam terbang dan gerbang masuk.

Lihat Juga :
ANALISISMencari Biang Kerok Maju Mundur Investor di IKN

Dalam salah satu video yang diunggah Ari Lasso di Instagram pribadinya, ia mengatakan ia membeli tiket bisnis untuk pulang pergi Singapura-Indonesia. Tapi, ternyata pesawat sudah terbang dan meninggalkannya yang masih di Singapura.

"Pesawat saya mestinya 17.35, (nomor penerbangan) 7150. Tapi, kemudian saya mendapat WhatsApp di pagi hari bahwa pesawat saya diubah menjadi jam 19.35," kata Ari Lasso pada Rabu (19/10).

"Ketika saya di depan gate, saya masuk gate, diubah gate-nya. 'Eh, this is not your flight'. Saya pindah ke gate satunya, 'Your flight is already fly'," lanjutnya.

Batik Air kemudian menanggapi keluhan Ari Lasso itu. Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan keberangkatan pesawat mengalami penyesuaian karena alasan operasional yakni cuaca buruk.

Lihat Juga :
Nilai Pembelian PLTU PLN oleh PTBA Capai Rp12 T

"Menanggapi keluhan dari salah satu penumpang atas nama Lasso, Ari Bernadus dan perkembangan berita bahwa penerbangan ID-7150 rute SIN-CGK pada Rabu 19 Oktober mengalami penyesuaian keberangkatan dikarenakan alasan operasional yaitu dampak dari cuaca kurang baik pada rotasi rute sebelumnya," kata Danang melalui pernyataan yang didapatCNNIndonesia.compada Kamis (20/10).

Atas kejadian itu, Batik Air meminta maaf dan mengalihkan penerbangan ID-7150 rute SIN-CGK pada Rabu (19/10) ke penerbangan ID-7152 Singapura - Jakarta pada Kamis (20/10).

Danang mengatakan pihaknya tengah melakukan proses investigasi di internal mengenai insiden yang dialami Ari Lasso tersebut. Hasil penyelidikan disebut berupa rekomendasi atau referensi yang akan diterapkan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada penumpang.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

tukang sampah pesawat

link bo slot terpercaya
PT Kimia Farma Tbk menghentikan penjualan obat sirop buntut penyebaran gagal ginjal akut progresif atipikal di Indonesia yang menimpa 206 orang.
PT Kimia Farma Tbk menghentikan penjualan obat sirop buntut penyebaran gagal ginjal akut progresif atipikal di Indonesia yang mencapai 206 orang. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kimia Farma Tbk menghentikan penjualanobat siropbuntut penyebaran gagal ginjalakut progresif atipikal di Indonesia yang mencapai 206 orang per Selasa (18/10).

"Menindaklanjuti arahan dari pemerintah, untuk saat ini kami menghentikan sementara distribusi dan penjualan produk obat sediaan cairan/sirop," kata Sekretaris Perusahaan Kimia Farma Ganti Winarno Putro kepada CNNIndonesia.com, Rabu (19/10).

Kendati, Ganti belum bisa memastikan sampai kapan penghentian penjualan obat sirup ini.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menginstruksikan agar apotek maupun tenaga kesehatan di Indonesia untuk sementara ini tidak menjual atau meresepkan obat bebas dalam bentuk cair atau sirop kepada masyarakat.

Upaya itu dilakukan sebagai kewaspadaan atas temuan gangguan ginjal akut progresif atipikal yang mayoritas menyerang usia anak di Indonesia.

Lihat Juga :
Mengenal IMF, 'Dokter' bagi Negara yang Ekonomi Sedang 'Sakit'

"Untuk sementara ini Kemenkes sudah mengambil langkah untuk menyelamatkan kasus yang lebih banyak, atau kematian yang berikutnya. Kita berhentikan sementara penggunaannya sampai selesai penelitian atau penelusuran kami," ujar Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril, Rabu (19/10).

Syahril menjelaskan dari temuan 206 kasus yang berdasarkan laporan 20 provinsi di Indonesia, 99 orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

pengolahan mayat

slot gacor modal receh hari ini
Pemerintah tengah mengembangkan moda transportasi umum seperti Transjakarta atau busway di 10 kota besar di RI, seperti; Palembang, Solo, Denpasar.
Pemerintah tengah mengembangkan moda transportasi umum seperti Transjakarta atau busway di 10 kota besar di RI, seperti; Palembang, Solo, Denpasar. Ilustrasi. ( CNN Indonesia/Poppy Fadhilah).
Denpasar, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan memastikan akan ada transportasi bus umum seperti Transjakarta atau dikenal dengan nama busway di 10 kota besar di Indonesia, sepertiMedan, Bandung, Surabaya hingga Palembang.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Suharto mengatakan pemerintah memang telah mengembangkan transportasi bus ini sejak 2020 dan terus dipercepat. Langkah transformasi transportasi umum ini tertuang dalam dokumen RPJMN 2020-2024.

"Fokus kami adalah bagaimana pengguna bus bisa merasa nyaman layaknya menggunakan kendaraan pribadi, sehingga perpindahan moda transportasi ini dapat terjadi," ujarnya dalam acara Sustainable Transportation Forum 2022 di Bali International Convention Center, Jumat (21/10).

Selain itu, proporsi penggunaan transportasi umum di Indonesia masih kecil, yakni hanya 20 persen dari total penduduk. Angka ini masih sangat kecil dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Oleh karenanya, pemerintah dibantu oleh banyak pemangku kepentingan, termasuk lembaga-lembaga internasional untuk dapat menyukseskan program 'busway' ini dan memperluas wilayah-wilayah cakupan di kota-kota lainnya.

[Gambas:Video CNN]

Mereka yang membantu adalah lembaga pembangunan internasional pemerintah Jerman, Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ). Dalam hal ini, GIZ melakukan kajian di lima kota percontohan dari 10 kota sasaran pemerintah.

Sementara, untuk tarif busway di 10 kota tersebut akan berbeda dengan Transjakarta. Pasalnya ia menilai setiap daerah memiliki kondisi dan kemampuan masyarakat yang berbeda.

Menurut Suharto, kemenhub telah melakukan survei untuk melihat berapa kemampuan membayar masyarakat di 10 kota tersebut. Hasilnya sudah disampaikan ke Kementerian Keuangan untuk menghitung berapa besaran subsidi yang bakal diberikan.

"Sekarang hasil survei (kemampuan bayar masyarakat) sudah ada di anggaran Kemenkeu. Kami masih menunggu berapa tarif yang tepat. Jadi regulasi PMK nya sedang disusun. Jadi sabar dulu saja, nanti akan kita rilis kalau sudah ada angka final," tegasnya.

Lihat Juga :
5 Dampak Kenaikan Suku Bunga BI yang Bikin Beban Hidup Makin Berat

Berikut 10 kota yang bakal memiliki 'busway' seperti Jakarta:

1. Palembang
2. Surakarta
3. Denpasar
4. Bandung
5. Makassar
6. Banjarmasin
7. Medan
8. Yogyakarta
9. Surabaya
10. Banyumas

Lihat Juga :
Konimex Tarik Termorex Terkait Kasus Gagal Ginjal Akut
(ldy/agt)

[Gambas:Video CNN]

Sistem Vampir di Kota Berbeda

situs slot thailand terpercaya
Pelemahan rupiah dikhawatirkan akan berdampak pada ekonomi dalam negeri di mana permintaan akan turun karena harga barang yang makin mahal.
Pelemahan rupiah dikhawatirkan akan berdampak pada ekonomi dalam negeri di mana permintaan akan turun karena harga barang yang makin mahal. (Gunawan Wibisono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Nilai tukar rupiahambrol 0,24 persen hingga tembus Rp15.500 per dolar ASpada Rabu (19/10) pukul 15.07 WIB. Pelemahan rupiah ini merupakan yang terdalam sejak 2,5 tahun terakhir.

Tercatat, rupiah pernah melemah hingga menyentuh level Rp16.400 per dolar AS pada Maret 2020. Ambrolnya rupiah kala itu dipicu oleh gejolak pasar akibat pandemi covid-19.

Kini, melihat rupiah yang kembali anjlok, apakah mata uang Garuda akan menyentuh ke titik terendahnya? Mengingat ancaman resesi sudah nampak di depan mata sebagaimana ramalan Dana Moneter Internasional (IMF) dan sejumlah lembaga internasional.

IMF pun memperkirakan ekonomi global hanya tumbuh 3,2 persen tahun ini atau turun nyaris separuh dari capaian tahun lalu sebesar 6,1 persen. Sedangkan pada tahun depan, diperkirakan hanya 2,9 persen.

Pengamat Ekonomi dari Indonesia Strategic and Economics Action Institution Ronny P Sasmita membenarkan jika pelemahan rupiah disebabkan ketidakpastian ekonomi global.

Kendati, menurutnya, pelemahan rupiah ini bukan karena buruknya fundamental mata uang Garuda. Tapi, karena tendensi bullish dolar AS yang semakin kuat.

Lihat Juga :
IHSG Diprediksi Masih Perkasa Jelang Pengumuman BI

Menurutnya, secara teknikal, level Rp15.500 per dolar adalah level resistance terdekat rupiah. Jika level ini berhasil pecah hari ini, besar kemungkinan level resistance kedua akan menjadi target selanjutnya, yakni sekitar level Rp15.700-an per dolar AS.

"Jika tren bearish rupiah dan bullish dolar ini tak segera diantisipasi, saya kira tak menutup kemungkinan rupiah akan ke level Rp16 ribu per dolar di akhir tahun atau awal tahun depan," imbuh Ronny kepada CNNIndonesia.com, Rabu (19/10). Alasannya, kata dia, teknikal dan psikologi market.

Secara teknikal, sinyal bearish atau jual rupiah sudah menyala sejak beberapa minggu ini dengan pecahnya beberapa batas atas harga (break out). Sementara secara psikologi market, ketidakpastian global mendorong investor untuk mencari instrumen safe haven dan hard currency, terutama dolar.

Dalam hal ini, Ronny menyebut ada dampak yang cukup mengkhawatirkan dari penguatan dolar tersebut.

Lihat Juga :
Biden Bakal Lepas Cadangan Minyak Strategis AS 15 Juta Barel

Pertama, penguatan dolar akan berefek pada pembengkakan biaya impor, baik BBM, bahan baku, dan barang modal, yang semuanya akan mempengaruhi harga-harga di dalam negeri.

Menurutnya, jika rupiah sudah menembus Rp15.500 per dolar, kalkulasi harga BBM bisa berubah lagi. Sebab, nilai subsidinya akan naik lagi.

"Artinya, boleh jadi harga BBM akan naik lagi. Begitu juga dengan harga barang yang berbahan baku impor dan nilai proyek yang barang modalnya diimpor," kata Ronny.

Ia yakin ujung dari kenaikan harga-harga adalah pelemahan permintaan domestik. Hal ini pun akan berpengaruh langsung pada pertumbuhan ekonomi. "Ekonomi bisa kontraksi," tegas Ronny.

Lihat Juga :
Netflix Setop Berbagi Password 2023, Tak Bisa Sharing Akun Lagi?

Kedua, jika ekonomi kontraksi, demand menurun. Alhasil, dunia usaha dan UMKM juga akan kena imbas.

Ia menjelaskan bisnis dunia usaha dan UMKM akan melemah karena minim permintaan. Selanjutnya, produksi akan dikurangi, sehingga potensi PHK pun muncul.

"Ujungnya akan ada 'layoff' tenaga kerja di satu sisi dan ancaman kredit macet di sisi lain," paparnya.

Ketiga, meningkatnya nominal utang luar negeri, baik utang pemerintah maupun swasta.

Lihat Juga :
PLN Gandeng Lembaga Keuangan Asing Pensiunkan PLTU 6,7 GW

"Meski nominal dolarnya tetap, tapi nominal rupiahnya bertambah. Jika terlalu parah depresiasinya, peningkatan nominal rupiah atas utang luar negeri semakin melebar, lama-lama perusahaan-perusahaan bisa kekurangan likuiditas atau bahkan 'insolvent' satu per satu alias bangkrut," jelas Rony.

Kendati, meskipun nominal utang luar negeri pemerintah bertambah, kemungkinan besar Indonesia tidak akan gagal bayar alias default.

Hal ini karena performa perekonomian RI masih cukup bagus dan penerimaan negara, baik pajak atau PNBP, plus berkah pajak dari ekspor juga terus meningkat. Artinya, ruang fiskal bagi pemerintah untuk bermanuver masih ada, walaupun tak terlalu luas.

Ia menyarankan dalam kondisi saat ini, pemerintah harus memperbesar anggaran belanja, terutama untuk bantalan konsumsi publik. Selain itu, anggaran untuk investasi publik yang menyerap banyak tenaga kerja juga perlu diperbesar.

Lihat Juga :
Tiang Sensor Bayar Tol Tanpa Setop Mulai Dipasang di Jagorawi

BI Harus Hati-hati dalam Mengerek Suku Bunga

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Kaisar adalah surga

tembus slot
Kemenperin menyebut China, India, dan Vietnam sebagai eksportir propilen glikol dan polietilen glikol yang memang tidak diproduksi di Indonesia.
Kemenperin menyebut China, India, dan Vietnam sebagai eksportir propilen glikol dan polietilen glikol yang memang tidak diproduksi di Indonesia. (iStockphoto/PORNCHAI SODA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Plt Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil (IKFT) Kementerian Perindustrian Ignatius Warsito mengatakan propilen glikol dan polietilen glikol yang beredar di Indonesia berasal dari China, India, dan Vietnam.

Dua bahan inilah yang diduga jadi sumber cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) dalam obat sirop anak -- yang kemudian memicu anak terkena gangguan ginjal akut.

Hanya saja, Ignatius tidak menjelaskan lebih rinci asal negara propilen glikol dan polietilen glikol untuk industri farmasi, karena kedua zat tersebut juga digunakan industri lain seperti tekstil. 

Lihat Juga :
Kasus Gagal Ginjal Akut, Erick Minta BUMN Farmasi Cek Ulang Obat

"Ada yang dari China, India, dan Vietnam. Kemarin kita komunikasi ke mereka, Kementerian Perdagangan (Kemendag)," kata Warsito kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (22/10).

Warsito menjelaskan bahwa impor propilen glikol dan polietilen glikol ini sebenarnya tidak hanya untuk kebutuhan farmasi, melainkan juga tekstil. Ia juga menjelaskan sebenarnya kedua bahan baku tersebut tidak berbahaya.

Lihat Juga :
Faisal Basri Sebut Indonesia Aman dari Resesi, Kok Bisa?

Namun, ia tidak merinci apakah ketiga negara yang merupakan produsen propilen glikol dan polietilen glikol, hanya memasok khusus untuk obat atau bercampur dengan kebutuhan tekstil.

Sementara itu, Direktur Impor Kementerian Perdagangan Sihard Hadjopan Pohan mengatakan masih perlu melakukan pembahasan lebih lanjut dengan tim terkait impor dua produk yang disinyalir menyebabkan gagal ginjal akut tersebut.

"Saya mau bahas dengan tim yang tangani terkait importasi bahan berbahaya (B2) dan sejenisnya. Kami harus cek lebih detail lagi," jelasnya saat dikonfirmasi.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Pede Ekonomi RI Tembus 5,5 Persen pada Kuartal III 2022

Di lain sisi, Kemenperin telah melakukan koordinasi dengan industri farmasi yang produknya mengandung cemaran EG dan DEG melewati ambang batas aman.

Industri menyatakan tidak ada penggunaan bahan baku EG maupun DEG pada proses produksi, sehingga adanya EG dan DEG diduga berasal dari cemaran bahan baku tambahan lain yang disebutkan tadi.

"Sebagai tindak lanjutnya, industri terus melakukan evaluasi internal, pengujian kandungan cemaran bahan baku pada laboratorium independen, serta berkoordinasi untuk melakukan penarikan produk dari pasar. Hal ini sejalan dengan komitmen industri farmasi untuk memproduksi produk obat yang aman, berkhasiat, dan bermutu," jelas Agus melalui keterangan resmi, Jumat (21/10).

[Gambas:Video CNN]



Catatan redaksi:Judul berita dan paragraf pertama dikoreksi pada pukul 19.30 WIB karena terjadi kesalahan. Semula judul berita: "China, India, dan Vietnam Kirim Cemaran EG dan DEG ke Indonesia".

(skt/dzu)

[Gambas:Video CNN]