petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pasti menang slot88

cara pinjam uang di lazada 2022 529Jutaan kata 318649Orang-orang telah membaca serialisasi

《pasti menang slot88》

Kemenperin******

Kemenperin dan Kemendag akan melarang impor barang dari 100 harmonized system (HS) code yang selama ini diduga 'diakali'.
Kemenperin dan Kemendag akan melarang impor barang dari 100 harmonized system (HS) code yang selama ini diduga 'diakali'. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melarangimporbarang dari 100 harmonized system(HS) codeyang selama ini diduga 'diakali'.

Pejabat Fungsional Direktorat Industri Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki Kemenperin Andi Susanto mengatakan pelarangan akan difinalkan dalam bentuk revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 20 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Persetujuan Tipe serta Permendag Nomor 25 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Permendag Nomor 20 Tahun 2021 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

"Terkait pembatasan atau pengendalian impor, beberapa kali rapat dengan Kemendag sudah sepakat bahwa revisi Permendag Nomor 20 dan 25 Tahun 2022 ada sekitar 100 HS (code) lagi yang selama ini kami sinyalir jadi pelarian HS untuk impor," katanya dalam Konferensi Pers Indeks Kepercayaan Industri (IKI) September 2023 di Kemenperin, Jakarta Selatan, Jumat (29/9).

'Permainan' HS code juga sempat dibongkar Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDIP Darmadi Durianto. Ia mengungkap banyak praktik barang impor ilegal yang masuk ke tanah air, termasuk tekstil dengan mengakali kode HS.

Menurut Darmadi, data barang impor yang masuk ke Indonesia tidak tercatat sesuai faktanya. Ia mengaku sudah melaporkan hal tersebut kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

"Saya kemarin sudah cerita ke menteri perdagangan, dari China datanya misal 10, tapi data impor di Indonesia hanya 6. Ada 4 ini ilegal, bukan thrifting. Dengan melakukan pengubahan HS code," bebernya dalam rapat kerja dengan KPPU di DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (13/9).

Terlepas dari itu, Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif mendukung langkah Kemendag melarang TikTok Shop Cs berjualan dan bertransaksi. Menurutnya, media sosial memang seharusnya cukup hanya untuk berjualan.

Apalagi, Febri mengklaim TikTok Shop Cs 'mencekoki' netizen Indonesia dengan promo produk-produk impor. Ini menjadi salah satu penyebab lesunya industri tekstil tanah air.

"Banyak di media sosial kita bisa lihat algoritmanya itu banyak menayangkan produk-produk impor kepada netizen-netizen Indonesia. Kan kendalinya gak di kita, itu juga bukan sepenuhnya kendali pasar, tapi kendali operator aplikasi, di algoritmanya. Itu yang kami cermati. Bisa dibayangkan kalau semua netizen sering terpapar produk-produk impor, misal skincare, tekstil dan produk tekstil (TPT), dll," jelas Febri.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

WHOOSH, Bersusah******

Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang memicu banyak kontroversi; soal dana, keterlibatan China, utang selesai. Masyarakat banyak yang senang setelah proyek jadi.
Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang memicu banyak kontroversi; soal dana, keterlibatan China, utang selesai. Masyarakat banyak yang senang setelah proyek jadi. (NurPhoto via Getty Images/NurPhoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Setelah sempat menimbulkan polemik pada masa awal dan proses pembangunannya, proyek Kereta CepatJakarta-Bandung akhirnya selesai juga.

Kereta yang kini diberi nama WHOOSH itu, pada bulan ini sudah mulai diuji coba. Uji coba melibatkan masyarakat. 

Mereka diperkenankan untuk 'melesat' dari Jakarta ke Bandung secara cuma-cuma. Presiden Jokowi mengatakan uji coba gratis dilakukan demi mengenalkan moda transportasi bernilai investasi US,27 miliar atau Rp110,5 triliun tersebut ke masyarakat. 

Kesempatan itu pun tak disia-siakan masyarakat. Salah satunya Kemal, masyarakat Kecamatan Makassar, Jakarta Timur. 

Bersama dengan rombonganya, pada Jumat (15/9) lalu ia berangkat dari Stasiun Halim Jakarta pada pukul 14.00 WIB dan tiba di Stasiun Padalarang Kabupaten Bandung Barat pukul 14.26 WIB.

Artinya, perjalanan Jakarta-Bandung ditempuh dalam waktu 46 menit. Maklum, dalam beberapa kesempatan kereta melaju dengan kecepatan 351 kilometer (km) per jam.

Uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) untuk masyarakat dimulai hari ini, Jumat (15/9/2023). (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)Uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) untuk masyarakat dimulai Jumat (15/9). (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).

Kemal mengaku puas bisa menjajal kereta kilat itu. Menurutnya, walaupun kereta dipacu dengan kecepatan tinggi, tidak ada guncangan dalam gerbong yang ia rasakan.

"Senyap, tanpa guncangan. Fasilitasnya ini sama saja dengan pesawat, setara dengan pesawat. Mewah," kata Kamal kepada CNNIndonesia.com.

Namun tahukah Anda semua, senyap dan tanpa guncangan yang terjadi dalam uji coba WHOOSH itu tak terjadi pada pembangunannya?

Pasalnya, dari awal pembangunannya, Kereta Cepat Jakarta-Bandung memang banyak memicu kontroversi.

Lihat Juga :
Link dan Cara Daftar Uji Coba Kereta Cepat Whoosh Gratis

1. Dana pembangunan

Kontroversi muncul terkait tudingan ingkar janji Presiden Jokowi terkait penggunaan dana APBN dalam proyek ini. Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan bolak-balik menekankan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung tak sepeser pun menggunakan APBN atau uang rakyat.

Sebab, pembangunannya akan menggunakan dana konsorsium antara CDB dan BUMN.

"Kereta cepat tidak menggunakan APBN. Kita serahkan BUMN untuk business to business," kata Jokowi pada September 2015 lalu.

Tapi dalam perjalanannya, ternyata, pada 2022 pemerintah menggunakan dana APBN mengalokasikan anggaran sebesar Rp4,1 triliun melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk pembangunan KCJB. 



2. Pembangunan yang molor

Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang berlangsung sejak 2016 ini, awalnya ditargetkan bisa selesai dan dioperasikan pada 2019. Namun, rencana ini mundur dan diperkirakan baru rampung pada tahun ini.

Mundurnya operasi kereta cepat ini disebabkan pemerintah pada 2020 menghentikan seluruh pembangunan proyek dan fokus pada penanganan covid-19.

Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung baru kembali dilaksanakan pada pertengahan 2021 setelah kasus pandemi mulai mereda di tanah air.

[Gambas:Video CNN]

3. Pembengkakan biaya proyek

Kontroversi juga muncul terkait pembengkakan biaya proyek yang cukup besar. Sebelumnya, berdasarkan perhitungan dan review BPKP pada 9 Maret 2022, pembengkakan biaya pembangunan proyek hanya sebesar US,17 miliar atau Rp17,64 triliun.

Tapi dalam review BPKP terbaru yang dikeluarkan 15 September 2022, pembengkakan biaya itu naik US3,03 juta menjadi US,449 miliar atau Rp21,74 triliun (asumsi kurs Rp15 ribu per dolar AS).

Lihat Juga :
Pendaftaran Naik Kereta Cepat Gratis Dibuka Lagi, Ini Caranya

4. Pembangunan yang serampangan

Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung berjalan serampangan. Itu salah satunya terjadi pada pembangunan pilar LRT yang dikerjakan oleh PT KCIC di KM 3 +800.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan pembangunan pilar dilakukan tanpa izin dan berpotensi membahayakan keselamatan pengguna jalan.

Selain itu, PUPR juga menilai bahwa pengelolaan sistem drainase dari pengerjaan proyek tersebut buruk karena tidak dibangun sesuai kapasitas.

Akibat masalah itu, proyek telah menimbulkan genangan air pada Tol Jakarta-Cikampek dan kemacetan pada ruas jalan tol.

Karena itulah, Kementerian PUPR melalui Komite Keselamatan Konstruksi sempat menghentikan pelaksanaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang dikerjakan KCIC.

Penghentian dilakukan melalui penerbitan surat bernomor BK.03.03-Komite k2/25 yang dikeluarkan pada 27 Februari 2020. Penghentian efektif pada 2 Maret 2020 dan berlaku selama dua minggu.

Lihat Juga :
Pemerintah Beri Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung 'WHOOSH'

Kontroversi itu pun diakui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Saat Seminar Nasional Strategi Green Financing Sektor Transportasi untuk Daya Saing Perkeretaapian Berkeadilan yang dilakukan Pusat Studi Transportasi dan Logistik UGM beberapa waktu lalu ia mengatakan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan sejumlah transportasi massal lainnya di era Presiden Jokowi memang membuat banyak orang ngomel.

"Kita mau bangun Kereta Cepat banyak yang ngomel, ngapain buang-buang uang," katanya.

Namun, omelan tersebut kata Budi, 180 derajat berubah. Begitu selesai dan banyak orang yang mengendarainya, semua senang. Bahkan ada yang berebut ingin mencoba.

"LRT dan MRT dulu juga begitu," katanya.

Soal coba mencoba Kereta Cepat ini, Komisi VI DPR RI memang pernah berkelakar kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir soal Presiden Jokowi yang menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung bersama para artis ibu kota pada Rabu (13/9).

Lihat Juga :
Arti dan Asal Usul WHOOSH Bisa Jadi Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Kemarin Presiden (Joko Widodo) dan para artis sudah jalan-jalan ke sana (kereta cepat). Pertanyaannya adalah kapan giliran Komisi VI?" kelakar Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi PDIP Harris Turino dalam rapat kerja dengan Kementerian BUMN, Kamis (14/9).

"Dan yang paling penting adalah kapan giliran rakyat menikmati kereta cepat ini?" imbuhnya.

Budi menambahkan kehadiran Kereta Cepat dan juga sejumlah transportasi massal sebenarnya tak lepas dari kengototan Jokowi. Meskipun banyak mendapat kritik, Jokowi tak kendur mewujudkan keinginannya. 

"Dan saya salut sama bos saya, Presiden," katanya. 

(skt/agt)




bab terbaru:logo kakek zeus png

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
playwin123
direktutoto
slot surga
omtogel
link slot kakek merah
paris slot88
peta777
paylater terbaik
cara dapat uang ratusan juta
Daftar isi semua bab
Bab 1 impian togel
Bab 2 dinasti168
Bab 3 maxwin mahjong
Bab 4 link slot hari ini
Bab 5 mendapatkan dana gratis
Bab 6 situs judi gacor hari ini
Bab 7 888 slot login
Bab 8 link slot terbaru
Bab 9 pasti gacor 88 slot
Bab 10 pinjam di pegadaian
Bab 11 situs slot tergacor terpercaya
Bab 12 jambitoto
Bab 13 cuan123
Bab 14 cara melihat tagihan kredivo
Bab 15 tips kredit hp
Bab 16 pinjam di bank bri
Bab 17 daftar slot indonesia
Bab 18 pinjol limit tinggi tenor panjang
Bab 19 cara pinjam uang di jenius
Bab 20 cara pasang colok jitu
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4640bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Paus Bola Basket

hokiplay99 slot
Pemerintah mewajibkan perusahaan melapor lowongan kerja melalui sistem informasi ketenagakerjaan.
Pemerintah mewajibkan perusahaan melapor lowongan kerja melalui sistem informasi ketenagakerjaan. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah mewajibkan perusahaan melapor lowongan kerjamelalui sistem informasi ketenagakerjaan.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2023 tentang Wajib Lapor Lowongan Pekerjaan.

Dalam peraturan yang ditandatangani pada 25 September 2023 itu, perusahaan wajib melaporkan lowongan kerja dalam dan luar negeri.

Pasal 5 aturan tersebut menyatakan pelaporan lowongan kerja harus memuat informasi, seperti identitas pemberi kerja, nama jabatan dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, dan masa berlaku lowongan pekerjaan.

Selanjutnya, pelaporan lowongan kerja juga harus memuat informasi jabatan yang meliputi usia, jenis kelamin, pendidikan, keterampilan atau kompetensi, pengalaman kerja, upah dan gaji, domisili wilayah kerja, dan informasi terkait lainnya.

"Dalam hal lowongan pekerjaan telah terisi, pemberi kerja wajib melaporkan kepada menteri melalui sistem informasi ketenagakerjaan," demikian bunyi Pasal 6 aturan tersebut.

Sementara, lowongan pekerjaan yang berasal dari luar negeri dilaporkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai penempatan dan perlindungan pekerja migran Indonesia.

Pemerintah menyebut aturan ini diterbitkan demi meningkatkan pelayanan penempatan tenaga kerja dalam satu kesatuan pasar kerja. Selain itu, informasi lowongan pekerjaan dari pemberi kerja juga perlu diketahui oleh masyarakat.

Pemerintah juga bakal memberikan penghargaan bagi para pemberi kerja yang melaporkan lowongan pekerjaan. Adapun penghargaan yang diberikan dalam bentuk piagam atau bentuk lainnya.

Sebaliknya, pemerintah juga bakal memberikan sanksi bagi pemberi kerja yang tidak memenuhi kewajiban melaporkan lowongan pekerjaan.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Tengkorak, Pahlawan, dan Gadis Ajaib

pinjol paling cepat cair
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan harga jual produk di marketplace jauh lebih murah bahkan dibandingkan dengan grosir offline.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan harga jual produk di marketplace jauh lebih murah bahkan dibandingkan dengan grosir offline. (CNN Indonesia/Feby Febrina)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan harga jual produk di marketplace jauh lebih murah bahkan dibandingkan dengan grosir offline.

"Pusat grosir mestinya tuh paling murah, mestinya. tetapi yang dijual di online itu bisa separuh harganya gitu," katanya saat mengunjungi Pusat Grosir Esemka, Jakarta Barat, Jumat (29/9).

"Jadi kalau tadi satu set itu dijual langsung Rp120 ribu, di online itu harganya bisa Rp60 ribu. Bedak tadi dia jual Rp22 ribu tapi di online bisa Rp12 ribu sampai Rp15 ribu," imbuh Zulhas.

Di sisi lain, meski pemerintah berupaya melindungi UMKM dengan melarang social commerce, Zulhas juga mendorong para pedagang untuk berjualan secara online.

"UMKM, marketplace, lembaga perbankan, kita temukan agar ekosistemnya ketemu. Jadi UMKM belum mengerti marketplace, dilatih jualannya, packagingnnya sehingga nanti selain offline bisa online," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

Selir iblis yang tiada taranya

rtp omtogel
Setelah sukses dengan Full Day Sale periode sebelumnya, Transmart bakal kembali menggelar pesta diskon seharian di seluruh gerai se-Indonesia.
Transmart kembali menggelar pesta diskon seharian di seluruh gerai se-Indonesia pada Minggu (1/10). (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Setelah sukses dengan Full Day Sale periode sebelumnya, Transmart bakal kembali menggelar pesta diskon seharian di seluruh gerai se-Indonesia.

Mesti banget nih ikutan pesta diskon seharian di Transmart. Catat tanggalnya, ya. Transmart Full Day Sale ada lagi pada Minggu (1/10) mulai jam operasional toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Diskon berlaku untuk aneka produk unggulan. Mulai dari pangan segar, kebutuhan rumah tangga, fashion, kosmetik, furnitur, elektronik, sampai sepeda listrik.

Selain itu, diskonnya juga gede banget mencapai 50 persen untuk produk terpilih plus 20 persen.

Diskon tambahan sebesar 20 persen bisa kamu dapat jika melakukan pembayaran menggunakan Allo Prime, kartu kredit Bank Mega, dan Mega Syariah.

Wah, belanja dijamin semakin hemat dan untung besar deh! Uang gajian meski masih awal bulan jadi tetap bisa dihemat.

Makanya, tunggu apalagi? Langsung aja ke gerai Transmart terdekat di kotamu! Jangan sampai kelewatan, soalnya pesta diskonnya benar-benar cuma sehari aja.

Kapan lagi kan belanja lebih hemat untuk aneka produk kalau bukan di Transmart Full Day Sale.

Bahkan, jangan lupa sekalian ajak saudara dan keluarga untuk sama-sama rasakan kemeriahan pesta diskon seharian di Transmart Full Day Sale!

Gif banner Allo Bank
(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Pertempuran yang tak terkalahkan

markasmpo
Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) berada di Spanyol untuk membahas kerja sama di sektor pertanian saat rumah dinasnya sedang digeledah KPK.
Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) berada di Spanyol untuk membahas kerja sama di sektor pertanian saat rumah dinasnya sedang digeledah KPK. (Foto: CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) berada di Spanyol untuk membahas kerja sama di sektor pertaniansaat rumah dinasnya sedang digeledah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Pertanian pada Sabtu (30/9), Syahrul mengusulkan ke Menteri Pertanian dan Perikanan Spanyol Luis Planas Puchades untuk membuat MoU dalam bentuk Joint Taskforce untuk memajukan sektor pertanian kedua negara.

Menurutnya, ada banyak aspek yang bisa dikerjasamakan antara Indonesia dan Spanyol.

Ia menyampaikan Jokowi terus mendorong hilirisasi produk turunan bermutu agar bisa bersaing di pasar domestik maupun internasional.

"Karena itu, kami terus berkolaborasi dengan asosiasi bisnis maupun korporasi swasta. Bulan lalu, kami bekerjasama dengan Pemerintah Denmark untuk menguatkan produksi susu dan keju organik. Sementara di hortikultura, kami mendorong pengembangan dan komersialisasi produk herbal dari hulu ke hilir," katanya.

Lihat Juga :
Geledah Kantor Kementan, KPK Amankan Dokumen dan Bukti Elektronik

Sementara itu, rumah dinas Syahrul di Jalan Widya Chandra V Nomor 28, Jakarta Selatan digeledah KPK sejak Kamis (28/9) sore. KPK menemukan uang total senilai Rp30 miliar saat menggeledah rumah dinas Syahrul.

Uang puluhan miliar itu dibawa penyidik lembaga antirasuah untuk kepentingan proses penyidikan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian yang menyeret nama Syahrul Limpo.

"Total uangnya Rp30 miliar," kata salah satu sumber CNNIndonesia.com di KPK, Jumat (29/9) malam.

Sumber itu menyatakan uang tersebut diduga berasal dari para kepala dinas pertanian berbagai pemerintah daerah untuk promosi dan mutasi jabatan.

Menurutnya, para kepala dinas itu butuh rekomendasi agar mendapat persetujuan dari gubernur ataupun bupati dan wali kota.

"Sedang didalami dugaan penerimaan uang lain," ujarnya.

(asa/asa)

[Gambas:Video CNN]

Legenda Pembunuh Setan

ss077 slot
Indeks harga saham gabungan diperkirakan menguat pada Senin (2/10) pagi.
Indeks harga saham gabungan diperkirakan menguat pada Senin (2/10) pagi. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga saham gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Senin (2/10) ini.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memaparkan data perekonomian tentang cadangan devisa yang diperkirakan akan lansir dalam kondisi stabil dapat memberikan sentimen positif dan dapat mendongkrak pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang.

Di sisi lain, menurutnya, masih ada sentimen negatif dari melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap USD serta masih tercatatnya capital outflow secara year to date yang tetap perlu diwaspadai oleh para investor.

William memprediksi indeks saham bakal bergerak di rentang support6.889 dan resistance7.054. Untuk saham pilihan, William merekomendasikan BBNI, ITMG, ICBP, TLKM, BMRI, PWON, ASII, dan AKRA.

Sementara itu, Analis Teknikal MNC Sekuritas Herditya Wicaksana melihat indeks saham masih rawan bergerak terkoreksi di awal pekan ini. Ia memprediksi IHSG bergerak di level support6.900 danresistance6.968.

Saham pilihannya adalah AKRA, BMRI, dan INDY.


IHSG ditutup di level 6.939 pada Jumat (29/9). Indeks saham menguat 2,06 poin atau 0,03 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp11,07 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 21,54 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 269 saham menguat, 265 terkoreksi, dan 215 lainnya stagnan.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)

tukang sampah pesawat

kopi4d
Garuda Indonesia Group bekerja sama dengan Capital A, perusahaan induk AirAsia, mengembangkan bisnis penerbangan murah hingga layanan logistik.
Garuda Indonesia Group bekerja sama dengan Capital A, perusahaan induk AirAsia, mengembangkan bisnis penerbangan murah hingga layanan logistik. (CNN Indonesia/Fajrian)
Jakarta, CNN Indonesia--

Garuda Indonesia Group bekerja sama dengan Capital A, perusahaan induk AirAsia, mengembangkan bisnis penerbangan murah hingga layanan logistik. 

President & CEO Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menuturkan kerja sama kedua entitas itu untuk memperluas jaringan dalam berbagai aspek bisnis penerbangan berbiaya hemat.

Mulai dari AirAsia dan Citilink di sektor penerbangan komersial berbiaya hemat, hingga layanan logistik melalui Teleport dan Garuda Indonesia Cargo.

Menurutnya, kemitraan tersebut menjadi langkah yang optimis dalam menghadapi perkembangan positif di industri aviasi.

"Kami yakin bahwa pasca pandemi, kolaborasi dalam ekosistem aviasi menjadi hal yang penting untuk dioptimalkan. Melalui komitmen ini, kami berharap kerja sama dengan Capital A tidak hanya akan memperkuat fondasi bisnis kedua perusahaan tetapi juga akan meningkatkan komitmen kami untuk memberikan layanan penerbangan terbaik kepada masyarakat," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (28/9).

Sementara itu, CEO Capital A Tony Fernandes mengatakan hubungan antar dua perusahaan itu dimulai saat Citilink bergabung dalam aplikasi Airasia Superapp.

"Kami sangat bersemangat untuk terus memperkuat hubungan ini dengan menggabungkan kekuatan dan sumber daya kami untuk meningkatkan pengalaman terbaik bagi masyarakat," kata Tony.

Lihat Juga :
Komisi Perdagangan AS Gugat Amazon Buntut Dugaan Monopoli Pasar

Adapun dari kerja sama tersebut, kedua perusahaan akan memberikan akses tanpa batas bagi pelanggan yang melakukan perjalanan udara ke berbagai kota di Indonesia.

Dengan lebih dari 50 destinasi domestik yang dijangkau oleh Citilink dan 150 destinasi internasional milik AirAsia di Asean, layanan ini direncanakan akan beroperasi mulai kuartal I 2024.

Layanan terintegrasi ini akan membuat proses transfer lebih mudah dan nyaman bagi pelanggan dengan kemudahan check-in bagasi dan penerbitan boarding pass dari kota keberangkatan.

Dari sisi kerja sama logistik, dua entitas itu akan menggabungkan jaringan logistik yang memungkinkan mereka untuk mengangkut barang melintasi wilayah Asia Pasifik dengan lebih efisien.

Kolaborasi ini juga membahas layanan Maintenance Repair and Overhaul (MRO) pesawat, antara Asia Digital Engineering (ADE), yang merupakan bagian dari Capital A, dan GMF AeroAsia, yang dimiliki oleh Garuda Indonesia.

Keduanya sedang menjajaki cara untuk memanfaatkan kapabilitas dan efisiensi masing-masing entitas untuk memberikan layanan MRO yang lebih baik dan ekonomis bagi maskapai penerbangan.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/dzu)