petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara dapat uang di pinterest

timnas slot login 786Jutaan kata 546434Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara dapat uang di pinterest》

Kinerja Manufaktur RI Melambat, Capai 50,3 pada November 2022******

Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur Indonesia berada di level 50,3 November 2022, melambat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 51,8.
Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur Indonesia berada di level 50,3 November 2022, melambat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 51,8. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur Indonesia berada di level 50,3 November 2022. Angka ini melambat jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 51,8.

Meski demikian, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan ekspansi sektor manufaktur nasional masih terjaga dalam 15 bulan secara berturut-turut.

Menurutnya, permintaan dalam negeri diindikasi masih cukup kuat, sebagaimana ditunjukkan oleh stabilitas konsumsi dalam negeri hingga saat ini. Selain itu, pembukaan lapangan kerja juga masih ekspansif dan diharapkan dapat konsisten.

Ia menyebut ekspansi manufaktur Indonesia terjadi di tengah pelemahan PMI manufaktur beberapa negara yang bahkan mulai mengalami kontraksi, seperti Vietnam 47,4 (Oktober 50,6) dan Jepang 49,0 (Oktober 50,7).

Secara keseluruhan, kata Febrio, optimisme dunia usaha masih terjaga dengan terus stabilnya kondisi pandemi serta pemulihan permintaan yang terus menguat meskipun sebagian responden mulai mengantisipasi risiko gejolak ekonomi global.

Lihat Juga :
Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI

Di sisi harga, pada November 2022 inflasi tercatat sebesar 5,42 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan Oktober yang mencapai 5,71 persen. Jika dibandingkan secara bulanan, inflasi November naik tipis sebesar 0,09 persen.

Menurut Febrio, melambatnya laju inflasi ini menunjukkan stabilitas harga domestik yang tetap dapat dijaga di tengah tekanan inflasi global yang masih tinggi.

Inflasi November pun lebih rendah dari prediksi yang dihitung oleh internal Kementerian Keuangan. Febrio menyebut hal ini merupakan hasil positif dari bauran kebijakan pengendalian inflasi, terutama komponen inflasi pangan.

"Keberhasilan tersebut dicapai melalui koordinasi antar otoritas terkait dalam upaya menjaga daya beli masyarakat yang perlu terus diperkuat untuk mendukung pemulihan ekonomi," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Bitcoin dan Ethereum Unjuk Gigi, Harga Kripto Lain Bertekuk Lutut******

Mayoritas harga kripto bertekuk lutut, kecuali bitcoin dan ethereum yang mencatat pertumbuhan masing-masing 0,62 persen dan 0,79 persen.
Mayoritas harga kripto bertekuk lutut, kecuali bitcoin dan ethereum yang mencatat pertumbuhan masing-masing 0,62 persen dan 0,79 persen. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas kripto bertekuk lutut pada Kamis (1/12) pagi. Hanya bitcoin dan ethereum yang berhasil unjuk gigi dengan pertumbuhan masing-masing 0,62 persen dan 0,79 persen.

Mengutip coinmarketcap.com, bitcoin sukses naik 2,44 persen dalam sepekan terakhir mendaki ke level US.109 per keping. Sedangkan ethereum bertumbuh 7,06 persen sepekan terakhir ke posisi US.285 per keping.

Pertumbuhan tertinggi dialami polygon. Kripto ke-10 di papan utama dengan kapitalisasi pasar terbesar itu sukses meningkat 5,52 persen dalam 24 jam terakhir. Saat ini, sekeping polygon dibanderol USMuhadjir Effendy Sepakati Ide Potong Jam Kerja Demi Hindari PHK******

Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy setuju jika pengusaha dan pekerja sepakat untuk memotong jam kerja atau pengaturan shift demi menghindari PHK.
Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy setuju jika pengusaha dan pekerja sepakat untuk memotong jam kerja atau pengaturan shift demi menghindari PHK. (Rusman-Biro Setpres).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy setuju jika pengusaha dan pekerja sepakat untuk memotong jam kerja atau pengaturan shift alih-alih melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) di industri tekstil, garmen, dan alas kaki.

Ia pun mengaku telah berkoordinasi dengan asosiasi pengusaha, asosiasi pekerja, dan pemerintah daerah.

"Boleh dilakukan, pemotongan jam kerja, pembagian shift, waktunya harinya, silahkan, dan yang penting mereka ada kesepakatan antara pihak pekerja dengan pihak perusahaan," ungkap Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (1/12).

Selain itu, Muhadjir juga meminta pihak BPJS Ketenagakerjaan memastikan jaminan kehilangan pekerjaan (JKP) bisa diberikan kepada pekerja yang terkena PHK.

"Kemarin sudah kami atur. Mudah-mudahan bisa kami hambat lah, kami hambat kemungkinan terjadi PHK besar-besaran di tiga sektor itu terutama," tandas Muhadjir.



Menurutnya, alasan maraknya PHK di industri tekstil, garmen, dan alas kaki karena melemahnya permintaan ekspor.

Ia menyebut 99 persen pangsa pasar industri tersebut adalah ekspor ke Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Menurut Muhadjir, saat ini di AS sedang terjadi over stock.

Sementara, ekspor ke Eropa menurun karena masyarakat di Benua Biru tengah menghadapi krisis, sehingga lebih berhemat dan memprioritaskan belanja makanan.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Wanti-wanti soal Krisis Pangan hingga Energi Tahun Depan

"Untuk PHK kemarin saya langsung berkunjung ke Serang (di Banten), ini yang punya potensi PHK ke depan itu adalah tiga sektor. Pertama, itu tekstil. Kedua, alas kaki. Ketiga, garmen. Kenapa itu terjadi? karena 99 persen produknya itu ekspor dan ekspornya itu ke AS dan Eropa," ujar Muhadjir.

Sebelumnya, badai PHK terus bermunculan seiring prediksi terkait pelemahan ekonomi global di tahun depan. Beberapa waktu belakangan, sejumlah perusahaan mulai mengurangi karyawan, baik startup maupun pabrik berorientasi ekspor.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu),9194 per keping.

XRP dan cardano juga merosot masing-masing 0,95 persen dan 0,34 persen. Sekeping XRP saat ini dihargai USPerombakan Direksi JakPro, Iwan Takwin Jadi Dirut Pilihan Heru Budi******

PT Jakarta Propertindo (JakPro) merombak jajaran direksinya dan memilih Iwan Takwin sebagai Direktur Utama JakPro.
PT Jakarta Propertindo (JakPro) merombak jajaran direksinya dan memilih Iwan Takwin sebagai Direktur Utama JakPro. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Jakarta Propertindo (JakPro) merombak jajaran direksinya pada Senin (28/11). Iwan Takwin pun ditunjuk sebagai Direktur Utama JakPro pilihan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Iwan Takwin menggantikan posisi Widi Amanasto. Penunjukan Iwan tersebut dilakukan setelah pencopotan jajaran direktur JakPro di luar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Para pemegang saham menyetujui untuk memberhentikan dengan hormat empat direktur perusahaan lainnya.

Sebagai pengganti, pemegang saham mengangkat empat direktur JakPro lainnya, yakni I Gede Adi Adnyana T, Adrian Rusmana, Solihin, dan Adi Santosa. Selain itu, Heru juga mengangkat Dwi Wahyu Daryoto sebagai Komisaris Perseroan.

"Dengan pembaruan kepengurusan ini, diharapkan agar Direksi bersama Dewan Komisaris PT Jakarta Propertindo (Perseroda) mengupayakan percepatan pembangunan atas proyek-proyek strategis sesuai tata kelola perusahaan yang baik," kata Plt Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) Provinsi DKI Jakarta Fitria Rahadiani, Senin (28/11).

"Proses pengangkatan dan pemberhentian Direksi dan Komisaris PT Jakarta Propertindo (Perseroda) telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," sambung Fitria.



Berikut ini nama-nama Direksi dan Komisaris baru JakPro:

Direktur Utama: Iwan Takwin
Direktur: I Gede Adi Adnyana T
Direktur: Adrian Rusmana
Direktur: Solihin
Direktur: Adi Santosa

Komisaris: Dwi Wahyu Daryoto

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu),4013 dan cardano menjadi USDato Sri Tahir Jual Gedung Rp1 T ke Bank Mayapada******
Dato Sri Tahir menjual gedung ex Plaza Bali senilai Rp1 triliun melalui PT Gatsu Griya Megatama ke entitas usahanya sendiri, PT Bank Mayapada Internasional Tbk.
Dato Sri Tahir menjual gedung ex Plaza Bali senilai Rp1 triliun melalui PT Gatsu Griya Megatama ke entitas usahanya sendiri, PT Bank Mayapada Internasional Tbk. (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama).
Jakarta, CNN Indonesia--

Dato Sri Tahirmenjual gedung ex Plaza Bali senilai Rp1 triliun melalui PT Gatsu Griya Megatama (GGM) ke entitas usahanya sendiri, PT Bank Mayapada Internasional Tbk (MAYA).

Pembelian aset yang berlokasi di Jalan By Pass I Gusti Ngurah Rai, Kuta, Bali tersebut dilakukan pada 23 November 2022.

Pembelian gedung tersebut merupakan transaksi afiliasi karena gedung PT Gatsu Griya Megatama merupakan milik anak Dato Sri Tahir, Jonathan Tahir. Dato Sri Tahir juga merupakan salah satu pemegang saham perusahaan tersebut.

Adapun alasan Bank Mayapada membeli gedung tersebut lantaran harganya terbilang ekonomis. Selain itu, gedung itu selama ini juga disewa Bank Mayapada sebagai kantor cabang guna menunjang operasional perseroan.

Manajemen menyebut transaksi itu tidak termasuk transaksi material dan perubahan kegiatan usaha karena nilainya kurang dari 20 persen atas ekuitas perseroan senilai Rp13,85 triliun per Juni 2022.

Sementara GGM berkomitmen menggunakan dana penjualan gedung tersebut sebanyak-banyak Rp1 triliun untuk disetor kembali ke Bank Mayapada melalui rights issue yang akan digelar perseroan.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr),3163.

Binance dan USD coin juga serupa masing-masing melorot 0,03 persen dan 0,01 persen menjadi US per keping.

Lihat Juga :
Harga Emas Lompat ke Rp991 Ribu per Gram Kamis Pagi

Saat ini, kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tidak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(bir/bir)

Daftar Tol yang Siap Beroperasi Akhir 2022******

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono merinci beberapa ruas tol yang siap beroperasi sebelum 2022 berakhir. Berikut daftarnya.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono merinci beberapa ruas tol yang siap beroperasi sebelum 2022 berakhir. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/AJI STYAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPRBasuki Hadimuljonomerinci beberapa ruas tolyang siap beroperasi sebelum 2022 berakhir.

"Saya harapkan itu Bengkulu-Curup (Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu), Pekanbaru-Bangkinang, dan Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) seksi 1, 2, dan 3," katanya kepada wartawan di Kompleks Gedung DPR RI, Senin (28/11).

Namun, Basuki menjelaskan ruas Tol Cisumdawu seksi 4,5, dan 6 masih akan dikebut prosesnya. Harapannya, proses pembangunan akan selesai dan bisa beroperasi pada Januari 2023.

Berikut daftar ruas tol yang ditargetkan beroperasi pada akhir 2022 ini:

Jabodetabek

1. Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 (Kukusan-Cinere)sepanjang 5,5 km
2. Tol Cimanggis-Cibitung Seksi IIA (on/off Ramp Jatikarya-SS Cikeas) sepanjang 3,5 km
3. Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4 (Tarumajaya Cilincing) sepanjang 7,29 km
4. Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket III (Kutanegara-Sadang) sepanjang 8,5 km.

Trans Jawa

1. Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A (Probolinggo Timur-SS Gending) sepanjang 8,55 km

Non Trans Jawa

1. Tol Semarang-Demak Seksi 2 (Sayung-Demak) sepanjang 16,31 km
2. Tol Ciawi-Sukabumi Seksi II (Cigombong-Cibadak) sepanjang 11,9 km
3. Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Junction Wringin Anom Tahap I sepanjang 7,45 km
4. Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 2-6 dan Junction Dawun, dengan total panjang 50,27 km

Trans Sumatra

1. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Junction Tebing Tinggi dan Seksi 1-2), dengan total panjang 38,45 km
2. Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5-6 (Blang Bintang-Baitussalam), dengan total panjang 12,31 km
3. Tol Simpang Indralaya-Muara Enim Seksi 1 (Simpang Indralaya-Prabumulih) sepanjang 65 km

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)




bab terbaru:situs slot malam ini

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
pinjaman online 300 ribu
akun baru slot
cara dapat uang dari populix
arya88
pinjol paling murah
lazuri88
rtp gacor77
nama situs slot terbaru
pion togel
Daftar isi semua bab
Bab 1 permainan dapat uang dana
Bab 2 buku impian
Bab 3 magnumtogel
Bab 4 kodok erek erek
Bab 5 link situs slot terpercaya
Bab 6 hago bisa menghasilkan uang
Bab 7 bayar kredivo lewat shopee
Bab 8 ayah4d
Bab 9 mpo108
Bab 10 mansion77
Bab 11 mpo365
Bab 12 labubet
Bab 13 zoomengine
Bab 14 slotqu88
Bab 15 angka jitu angka keramat
Bab 16 mpo338
Bab 17 jam gacor bonanza hari ini
Bab 18 168jacpot
Bab 19 rajaqq
Bab 20 liga slot login
Klik untuk melihattersembunyi di tengah11bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Raja Tianjiu

benefit 88 slot
PT Jakarta Propertindo (JakPro) merombak jajaran direksinya dan memilih Iwan Takwin sebagai Direktur Utama JakPro.
PT Jakarta Propertindo (JakPro) merombak jajaran direksinya dan memilih Iwan Takwin sebagai Direktur Utama JakPro. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Jakarta Propertindo (JakPro) merombak jajaran direksinya pada Senin (28/11). Iwan Takwin pun ditunjuk sebagai Direktur Utama JakPro pilihan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Iwan Takwin menggantikan posisi Widi Amanasto. Penunjukan Iwan tersebut dilakukan setelah pencopotan jajaran direktur JakPro di luar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Para pemegang saham menyetujui untuk memberhentikan dengan hormat empat direktur perusahaan lainnya.

Sebagai pengganti, pemegang saham mengangkat empat direktur JakPro lainnya, yakni I Gede Adi Adnyana T, Adrian Rusmana, Solihin, dan Adi Santosa. Selain itu, Heru juga mengangkat Dwi Wahyu Daryoto sebagai Komisaris Perseroan.

"Dengan pembaruan kepengurusan ini, diharapkan agar Direksi bersama Dewan Komisaris PT Jakarta Propertindo (Perseroda) mengupayakan percepatan pembangunan atas proyek-proyek strategis sesuai tata kelola perusahaan yang baik," kata Plt Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) Provinsi DKI Jakarta Fitria Rahadiani, Senin (28/11).

"Proses pengangkatan dan pemberhentian Direksi dan Komisaris PT Jakarta Propertindo (Perseroda) telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," sambung Fitria.



Berikut ini nama-nama Direksi dan Komisaris baru JakPro:

Direktur Utama: Iwan Takwin
Direktur: I Gede Adi Adnyana T
Direktur: Adrian Rusmana
Direktur: Solihin
Direktur: Adi Santosa

Komisaris: Dwi Wahyu Daryoto

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Orang-orang menggali emas di Ghana, Afrika

maxwim
Pemerintah provinsi di berbagai daerah telah menetapkan upah minimum provinsi 2023 dengan kenaikan maksimal 10 persen dari besaran saat ini.
Pemerintah provinsi di berbagai daerah telah menetapkan upah minimum provinsi 2023 dengan kenaikan maksimal 10 persen dari besaran saat ini. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah provinsi di berbagai daerah telah menetapkan upah minimumprovinsi (UMP) 2023 dengan kenaikan maksimal 10 persen dari besaran saat ini.

Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 tahun 2022 tentang Penetapan UMP 2023.

Dalam beleid tersebut, upah minimum 2023 dihitung berdasarkan upah 2022 ditambah penyesuaian upah minimum dikalikan UMP saat ini. Dalam perhitungan ini, jika ada wilayah yang besaran kenaikan UMP di atas 10 persen, maka dibatasi menjadi maksimal 10 persen.

Pantauan CNNIndonesia.com, dari seluruh provinsi yang telah mengumumkan besaran UMP 2023, ada lima wilayah yang memiliki nilai UMP terendah, yaitu;

1. Jawa Tengah

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menetapkan UMP 2023 sebesar Rp1,95 juta. UMP tersebut mengalami kenaikan 8,01 persen dibandingkan tahun ini yang sebesar Rp1,81 juta.

Ketentuan itu tertuang dalam Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 561/50 Tahun 2022 tentang Upah Minimum Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023.

"Upah Minimum Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023 sebesar Rp.1.958.169,69," bunyi ketentuan tersebut.

Lihat Juga :
Khofifah Wanti-wanti Pengusaha Bayar Gaji Minimal UMP

2. D.I Yogyakarta

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga telah menetapkan UMP 2023 sebesar Rp1,981 juta. UMP tersebut naik 7,65 persen dibandingkan tahun ini yang sebesar Rp1,84 juta.

Pengumuman UMP 2023 ini disampaikan oleh Plh Asisten Sekda Bidang Administrasi dan Umum Beny Suharsono, di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Senin (28/11).

3. Jawa Barat

Ridwan Kamil resmi menaikkan upah minimum provinsi (UMP) Jawa Barat 2023 menjadi Rp1,986 juta. Nilai tersebut naik 7,88 persen dari sebelumnya sebesar Rp1,84 juta.

Kenaikan UMP 2023 tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur yang ditandatangani Ridwan Kamil pada 25 November 2022. Rincinya dalam Keputusan Gubernur Nomor 561/Kep.752-Kesra/2022 Tentang Upah Minimum Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.



4. Jawa Timur

Pemprov Jawa Timur menetapkan UMP 2023 sebesar Rp2,04 juta. Jumlah ini naik Rp148.677 atau 7,8 persen dari UMP 2022 sebesar Rp1,89 juta.

Kenaikan UMP 2023 tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Jatim Nomor 188/860/KPTS/013/2022 yang ditandatangani Khofifah Indar Parawansa pada 21 November.

5. Nusa Tenggara Barat

Pemprov NTB menetapkan UMP 2023 sebesar 2,37 juta. Besaran tersebut naik sebesar 7,44 persen dari UMP 2022 sebesar Rp2,2 juta.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

Prajurit terkuat

doremibet
KPPU siap melakukan pengawasan dalam pengadaan barang dan jasa di IKN Nusantara, termasuk di sektor konstruksi, demi mencegah praktik monopoli.
KPPU siap melakukan pengawasan dalam pengadaan barang dan jasa di IKN Nusantara, termasuk di sektor konstruksi, demi mencegah praktik monopoli. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga).
Jakarta, CNN Indonesia--

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) siap melakukan pengawasan dalam pengadaan barang dan jasa di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, termasuk di sektor konstruksi, demi mencegah praktik monopoli.

"Tentu saja yang bisa dilakukan oleh KPPU adalah dalam bidang pengawasan, yaitu mengenai pengadaan barang dan jasa. Jangan sampai nanti terjadi praktik monopoli, atau persaingan tidak sehat," kata Ketua KPPU M Afif Hasbullah, Kamis (1/12), dikutip dari Antara.

Gus Afif, sapaan akrabnya, menjelaskan KPPU telah melakukan audiensi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu dan menyatakan kesiapan melakukan pengawasan di IKN.

"Kita dorong mengikuti program kepatuhan, misalnya dengan KPPU. Sehingga saat ramai-ramai mengerjakan IKN, semua pelaku usaha yang ada di sana sudah well-informed terkait dengan persaingan usaha yang sehat," tuturnya.

Berdasarkan Lampiran Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2022 Tentang Perincian Rencana Induk Ibu Kota Nusantara, pembangunan IKN dibagi ke dalam lima tahap hingga 2045.



Rinciannya, pembangunan tahap pertama pada 2022-2024, tahap kedua pada 2025 hingga 2029, tahap ketiga pada 2030-2034, tahap keempat pada 2035-2039, dan terakhir tahap kelima pada 2040 hingga 2045.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan progres pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hingga November 2022. Tercatat ada 18 proyek baru yang akan terkontrak.

Ada 18 kegiatan yang akan terkontrak pada November sampai Desember 2022 senilai Rp9,68 triliun. Mulai dari 1 kegiatan sumber daya air (SDA) senilai Rp500 miliar, 4 kegiatan bina marga sebesar Rp1,59 triliun, 12 cipta karya senilai Rp7,08 triliun, dan 1 kegiatan perumahan sebesar Rp510 miliar.

Lihat Juga :
ESDM Kejar Buka Blokir Anggaran Bagi-bagi Rice Cooker Awal April 2023

Basuki juga meminta dana tambahan Rp12,7 triliun untuk mempercepat pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal itu sejalan dengan minat investasi di IKN yang meningkat.

Ia menjelaskan Presiden Jokowi memerintahkan Kementerian PUPR untuk melakukan percepatan pembangunan, tidak hanya di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) alias wilayah 1A, melainkan di wilayah 1B dan 1C juga.

"Pembangunan di wilayah 1B dan 1C akan difokuskan dulu pada land development dan pembangunan akses jalan saja dulu. Sedangkan perumahan ASN TNI-Polri itu Rp9,4 triliun, kami fokuskan dulu pada land development dan jalan," jelasnya dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi V DPR RI, Senin (28/11).

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Invasi ekstradimensi tanpa akhir

persyaratan pinjam ke bank bri

Tahun itu, jangkrik itu, pedang itu

tafsir mimpi 22