petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kingdomtoto8

jam gacor domino higgs 670Jutaan kata 195528Orang-orang telah membaca serialisasi

《kingdomtoto8》

Mayoritas Kripto Perkasa Pagi Ini, Bitcoin Kembali Unjuk Gigi******

Mayoritas aset kripto teratas menguat pagi ini. Penguatan terbesar dialami oleh bitcoin.
Mayoritas aset kripto teratas menguat pagi ini. Penguatan terbesar dialami oleh bitcoin. Ilustrasi. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Mayoritasaset kripto teratas menguat pagi ini. Penguatan terbesar dialami oleh bitcoin.

Mengutip coinmarketcap.com, Senin (26/9), harga bitcoin menguat 1,87 persen dalam sehari ke US.917 per koin. Namun, aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ini melemah 1,45 persen.

Penguatan juga terjadi pada ethereum sebesar 1,18 persen ke US.225,79 per koin dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, ethereum masih merosot 1,92 persen.

Harga dogecoin juga naik 0,59 persen ke USJadwal Diskon Tarif Tol Trans Jawa 20 Persen saat Mudik, Berlaku Besok******

Diskon tarif tol sebesar 20 persen untuk Tol Trans Jawa dari Jakarta ke Semarang dan sebaliknya akan berlaku pada periode arus mudik dan balik Lebaran 2024.
Diskon tarif tol sebesar 20 persen untuk Tol Trans Jawa dari Jakarta ke Semarang dan sebaliknya akan berlaku pada periode arus mudik dan balik Lebaran 2024. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar).
Jakarta, CNN Indonesia--

Diskon tarif tol sebesar 20 persen untuk Jalan Tol Trans Jawadari Jakarta menuju Semarang dan sebaliknya bakal berlaku pada periode arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Potongan ini berlaku untuk tarif jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group yaitu integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek & Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang dan Jalan Tol Semarang Seksi ABC.

Diskon akan berlaku dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada arus mudik dan dari GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang menuju GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus balik.

Diskon diberikan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas dan menghindari penumpukan kendaraan pada tanggal tertentu yang diprediksi menjadi arus puncak mudik dan balik.

"Jasa Marga memprediksi pada puncak arus mudik pada H-4 atau pada Sabtu (6/4), terdapat 259 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta atau meningkat 0,03 persen terhadap Lebaran 2023 dan meningkat 66,8 persen dari kondisi normal. Sedangkan prediksi untuk puncak arus balik yaitu pada H+4 atau pada Senin (15/4). Terdapat 300 ribu kendaraan kembali ke Jakarta atau meningkat 13,2 persen terhadap Lebaran 2023 atau meningkat 131 persen terhadap Normal. Atas dasar tersebut, potongan tarif tol akan diberikan di luar waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik tersebut agar lalu lintas dapat terdistribusi dengan baik," ujar Lisye dalam pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta pada Senin (1/4).

Berikut jadwal diskon tarif tol 20 persen:

- Arus mudik: Mulai Rabu 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat 5 April 2024 pukul 05.00 WIB

- Arus balik: Mulai Rabu 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat 19 April 2024 pukul 05.00 WIB

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr),086 per koin dalam sehari. Harganya juga naik 0,17 persen sejak minggu lalu.

Berikutnya, penguatan harian dialami oleh BNB sebesar 0,41 persen ke US3,05.

Sementara, harga cardano melemah 0,03 persen ke USRI Resmi Ambil Alih Kontrol Ruang Udara Natuna dari Kendali Singapura******

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan RI resmi ambil alih kontrol ruang udara dan segala informasi penerbangannya di Kepri dan Natuna dari kendali Singapura.
Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan RI resmi ambil alih kontrol ruang udara dan segala informasi penerbangannya di Kepri dan Natuna dari kendali Singapura. ( CNN Indonesia/Ryan Hadi Suhendra).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan (Menhub)Budi Karya Sumadi mengatakan Indonesia resmi mengambil alih pengaturan ruang udara dengan segala informasi penerbangannya atau Flight Information Region (FIR) di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) dan Natuna resmi dari kendali Singapura.

"Ketentuan ini telah berlaku efektif mulai 21 Maret 2024 pukul 20.00 UTC atau 22 Maret 2024 pukul 03.00 WIB. Ini kabar gembira bagi dunia penerbangan Indonesia," kata Budi dalam keterangan di Jakarta, Minggu (24/3) seperti dikutip dari Antara.

Budi menyampaikan hal tersebut berlaku setelah menyelesaikan perjanjian pengaturan ulang ruang udara atau re-alignment FIR dengan pemerintah Singapura. Dengan penyelesaian perjanjian itu, Indonesia akan mengatur sendiri ruang udara di atas dua kepulauan tersebut.

"Kini pesawat yang terbang di wilayah pengaturan ulang FIR ini akan mendapatkan layanan navigasi penerbangan dari Indonesia," ujar Budi.

Budi menambahkan kesepakatan ini merupakan perkembangan besar. Pasalnya, sebelum perjanjian dibuat, Indonesia sangat bergantung pada Singapura.

Bahkan, untuk penerbangan domestik seperti dari Jakarta ke Natuna, Indonesia harus kontak navigasi penerbangan Singapura ketika memasuki Kepulauan Riau.

Sedangkan pada penerbangan internasional semisal dari Hongkong ke Jakarta, saat melintas di atas Kepulauan Natuna harus kontak navigasi penerbangan Singapura terlebih dahulu kemudian baru dilayani AirNav Indonesia.

"Setelah dilakukan pengaturan ulang FIR, kedua pesawat tadi akan langsung dilayani oleh AirNav Indonesia, tidak perlu ke Singapura," tutur Budi.

Lihat Juga :
Urai Kepadatan, Kapal Besar Berkecepatan Tinggi Bakal Diprioritaskan

Budi menjelaskan perjalanan negosiasi FIR dengan Singapura telah dimulai sejak 1995, hingga akhirnya tercipta kesepakatan pada tahun 2022. Sehingga menurut Menhub pencapaian ini patut disyukuri.

"Saya berharap dengan berlakunya Persetujuan FIR ini, kerja sama kedua negara dalam meningkatkan keselamatan dan efisiensi layanan navigasi di ruang udara dapat terus berlanjut," kata Budi.

Lebih lanjut Menhub menyatakan pemerintah akan berupaya semaksimal mungkin untuk memastikan pengelolaan ruang udara Indonesia berlangsung selamat, efektif, sesuai kepentingan nasional dan memenuhi pelayanan jasa penerbangan sipil yang berstandar internasional.

Ia optimistis bahwa pengalihan FIR ini akan memberikan dampak positif bagi Indonesia, khususnya dalam hal penerimaan negara.

"Semoga implementasi perjanjian FIR juga akan meningkatkan keselamatan dan keamanan penerbangan serta menjadi momentum yang tepat untuk modernisasi peralatan navigasi penerbangan dan pengembangan sumber daya manusia Indonesia," ujar Budi.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni menyebut pengalihan operasional pelayanan navigasi penerbangan dilakukan usai Indonesia dan Singapura menandatangani perjanjian pengaturan ruang udara di kedua wilayah tersebut di Bintan pada 25 Januari 2022.

Kemudian diratifikasi oleh Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2022 tentang Penyesuaian Batas antara Flight Information Region Jakarta dan Flight Information Region Singapura.

Penyesuaian batas FIR Jakarta dan FIR Singapura tentunya telah melalui pembahasan pada International Civil Aviation Organization (ICAO), dengan keluarnya persetujuan dari ICAO pada 15 Desember 2023.

Kristi menambahkan terkait charge jasa layanan penerbangan, pemerintah akan mengaturnya secara profesional dan kompetitif. Indonesia akan mulai menikmati peningkatan pendapatan negara yang bersumber dari biaya pelayanan jasa navigasi penerbangan yang diberlakukan pada daerah tambahan FIR Jakarta tersebut.

"Ini merupakan bagian dari kesepakatan Perjanjian FIR antara Indonesia dan Singapura. Harapannya industri penerbangan nasional dapat tumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu," kata Kristi.

Dia menuturkan pemungutan Route Air Navigation Services (RANS) Charges pada area ruang udara Sektor A dan B, mulai dari ketinggian 0 sampai dengan 37 ribu kaki dilakukan mulai 21 Maret 2024, sesuai kesepakatan antara Indonesia dan Singapura.

[Gambas:Video CNN]

Sementara area ruang udara di luar sektor tersebut, yang terdampak penyesuaian FIR Jakarta-Singapura pemungutannya dilakukan oleh Perum LPPNPI sesuai ketentuan yang berlaku.

Sejalan dengan itu, tambah Kristi, pemerintah Indonesia juga menempatkan personel Civil Military Cooperation in Air Traffic Management (CMAC) di Singapore Air Traffic Control Center (SATCC).

Para personel tersebut telah mendapatkan pembekalan teknis peralatan di Makassar Air Traffic Control Center, simulasi SOP secara langsung di SATCC, dan pelatihan sistem pertahanan udara nasional di Wingdik 700 Surabaya.

"Mereka akan berjaga selama 24 jam penuh untuk memantau pesawat-pesawat dari Indonesia ke Singapura dan sebaliknya," kata Kristi.

Lihat Juga :
Pasrah Driver Ojol Lagi-lagi Tak Dapat THR Lebaran Tahun Ini
(fby/agt),33 per koin dan Polygon turun USBantuan Beras 641 Ribu Ton Sudah Banjiri Masyarakat Januari******
Pemerintah menyalurkan bantuan pangan beras sebanyak 641 ribu ton atau 97,2 persen dari total yang akan disalurkan pada periode Januari-Maret 2024.
Pemerintah menyalurkan bantuan pangan beras sebanyak 641 ribu ton atau 97,2 persen dari total yang akan disalurkan pada periode Januari-Maret 2024. ( ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah menyalurkan bantuan pangan berassebanyak 641 ribu ton atau 97,2 persen dari total yang akan disalurkan pada periode Januari-Maret 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bantuan beras yang disalurkan sejak September 2023 rencananya dilanjutkan. Awalnya, bantuan beras akan dilanjutkan sampai Juni 2024. Tapi dalam perkembangan terbaru, bantuan bisa saja dilanjutkan sampai Desember 2024.

Meskipun demikian, itu semua bergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dalam kesempatan sama, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan ke depan bantuan pangan akan kembali menggunakan beras hasil produksi dalam negeri seiring masuk musim panen raya. Menurutnya, saat ini panen sudah mulai banyak di mana pada Maret sebanyak 3,8 juta ton dan pada April 4,9 juta ton.

Ia menambahkan Perum Bulog sudah diberikan kebijakan fleksibilitas harga pembelian gabah dan beras sehingga bisa menyerap sekaligus menjaga harga di tingkat petani.

"Sehingga masyarakat tidak perlu belanja berlebihan. Belanja sesuai dengan kebutuhan saja, karena stok cadangan pangan kita sangat mencukupi, terutama untuk Lebaran nanti," pungkasnya.

Pemerintah melalui ID FOOD juga sedang mendistribusikan bantuan pangan penanganan stunting berupa paket daging ayam beku seberat 0,9 sampai 1 kg dan 10 butir telur ayam. Per 3 April, realisasinya telah diberikan kepada 13.843 Keluarga Risiko Stunting (KRS).

Melalui program bantuan pangan yang terus digencarkan pemerintah, diyakini akan mampu menjaga tingkat inflasi yang selalu mengalami lonjakan pada saat momentum Ramadan dan Idulfitri.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt),23 per keping.

Lihat Juga :
Pemilik Lapangan Golf Bogor Bantah Aset Disita BLBI Milik Besan Setnov

Adapun koin stabil seperti Binance USD dan USD Coin, masing-masing menguat 0,03 persen dan 0,01 persen ke US.

Pagi ini, kapitalisasi pasar aset kripto mencapai US1,03 miliar secara global. Angka itu naik 1,03 persen dibandingkan kemarin.

Kripto sendiri masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Uang kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Kejutan Jelang Lebaran, Transmart Full Day Sale Hadir 6******

Menjelang Lebaran, Transmart kasih kejutan untuk pelanggan setianya dengan memberikan diskon gede-gedean selama dua hari!
Ilustrasi. Menjelang Lebaran, Transmart kasih kejutan untuk pelanggan setianya dengan memberikan diskon gede-gedean selama dua hari! (CNN Indonesia/Feby Nadeak)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menjelang Lebaran, Transmart kasih kejutan untuk pelanggan setianya dengan memberikan diskon gede-gedean di gelaran bertajuk Transmart Full Day Sale.

Belanja makin puas karena pesta diskon ini akan digelar selama dua hari pada Sabtu (6/4) dan Minggu (7/4) di seluruh gerai Transmart se-Indonesia!

Lihat Juga :
Serbu Transmart Hari Ini, Diskon Gede-gedean Sampai Jam Tutup Toko

Dapatkan juga diskon tambahan sebesar 20 persen yang bisa didapatkan hanya dengan melakukan pembayaran menggunakan Kartu Kredit Bank Mega, Bank Mega Syariah, atau Allo Prime dari Allo Bank.

Jika Anda belum terdaftar, tidak usah khawatir. Cukup kunjungi boothpembukaan kartu instan di gerai Transmart.

Untuk yang belum memiliki Allo Prime, proses pengaturannya mudah dan praktis, loh! Hanya dengan beberapa klik di aplikasi Allo Bank yang dapat diunduh dari PlayStore atau AppStore, kamu bisa langsung menikmati lebih banyak diskon.

Promo ini berlangsung dari jam toko buka sampai tutup pukul 22.00 waktu setempat. Jadi, jangan sampai lewatkan kesempatan ini.

Siap-siap ke gerai Transmart terdekat besok dan belanja sepuasnya dengan diskon besar-besaran Transmart Full Day Sale.

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:333hoki

Perbarui waktu:2024-06-30

Daftar bab terbaru
hoki88cek
demo slot 888
situs slot terbaru hari ini
jokerslot88
pascol4d 4d
link slot yang ada akun demo
hp4d
situs slot amanah
arenaslot99
Daftar isi semua bab
Bab 1 saldoslot
Bab 2 miya4d
Bab 3 slot maniak
Bab 4 dragon303
Bab 5 lotre gacor
Bab 6 pinjam di ovo
Bab 7 situs slot gacor hari ini pragmatic
Bab 8 rtg slot gacor hari ini
Bab 9 keju4d
Bab 10 85 togel
Bab 11 situs slot original
Bab 12 www 77 slot
Bab 13 betwin138
Bab 14 asikslot303
Bab 15 trik jp rezeki nomplok
Bab 16 situs slot top
Bab 17 aromatoto
Bab 18 slot judi terpercaya
Bab 19 pola gacor olympus
Bab 20 situs slot gacor online
Klik untuk melihattersembunyi di tengah332bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

santo

tok99toto
Transmart Full Day Sale kasih diskon dan harga spesial untuk produk fesyen Lebaran seperti gamis dan busana muslim lainnya khusus Minggu (31/3).
Ilustrasi. Transmart Full Day Sale kasih diskon dan harga spesial untuk produk fesyen Lebaran khusus Minggu (31/3). (iStockphoto/rudi_suardi)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mau belanja baju baru untuk dipakai di Hari Raya pakai THR yang sudah cair? Nah, pas banget belanja di Transmart aja, mumpung gelaran Full Day Sale balik lagi pada Minggu (31/3).

Selain memberi diskon untuk produk unggulan seperti produk harian dan elektronik, Transmart Full Day Sale juga kasih diskon dan harga spesial untuk produk fesyen Lebaran.

Lihat Juga :
Baju Koko buat Lebaran Diskon di Transmart Full Day Sale

Kalau belum punya Allo Prime dari Allo Bank gak perlu khawatir. Soalnya, kamu tinggal unduh aplikasinya di App Store atau Google Play Store.

Kemudian, buat akun dan upgrade ke Allo Prime dengan mudah. Begitu juga dengan kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah, tinggal apply aja di booth kedua bank yang ada di Transmart.

Tunggu apalagi? Yuk, siapkan THR untuk baju Lebaran di Transmart Full Day Sale hari ini! Pesta diskon berlaku mulai dari toko buka hingga jam tutup toko pukul 22.00. Cus, belanja sekarang.

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

momok ilmu hitam

voucher shopee gratis ongkir
Kementerian Ketenagakerjaan memperpanjang pengumuman kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2023 dari yang seharusnya 21 November 2022 menjadi 28 November 2022.
Kementerian Ketenagakerjaan memperpanjang pengumuman kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2023 dari yang seharusnya 21 November 2022 menjadi 28 November 2022. (CNN Indonesia/Lina Itafiana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Ketenagakerjaan memperpanjang pengumuman kenaikanupahminimum provinsi (UMP) 2023 dari yang seharusnya 21 November 2022 menjadi 28 November 2022.

Perpanjangan itu diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 18 Tahun 2023 tentang Penetapan Upah Minimum Provinsi, yang diteken Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah pada Rabu (16/11) kemarin.

"Penetapan dan pengumuman UMP 2023 saya perlu sampaikan bahwa yang sebelumnya paling lambat dilakukan 21 November 2022 diperpanjang menjadi paling lambat 28 November 2022," ungkap Ida melalui keterangan resmi yang disiarkan secara virtual dikutip pada Senin (21/11).

Ida mengatakan hal tersebut dilakukan untuk memberikan kesempatan dan waktu yang cukup bagi dewan pengupahan daerah untuk menghitung upah minimum 2023 sesuai formula baru.

"Upah minimum provinsi dan upah minimum kabupaten/kota yang telah ditetapkan mulai berlaku 1 Januari 2023," ujar Ida.

Permenaker Nomor 18 Tahun 2023 juga berisi beberapa ketentuan soal penentuan upah minimum bagi pemerintah daerah.



Pertama, kewajiban bagi pemerintah daerah menetapkan upah minimum 2023 berdasarkan aturan ini. Artinya, upah minimum 2023 harus terdiri atas;

a. Upah tanpa tunjangan atau

b. Upah pokok dan tunjangan tetap.

Kedua, rumus perhitungan upah minimum. Berdasarkan beleid ini, upah minimum 2023 harus dihitung dengan rumus yang sudah diatur pemerintah.

Rumus kenaikannya = Upah tahun sekarang + (Penyesuaian Nilai Upah Minimum (UM) x UM(tahun sekarang).

Penyesuaian upah minimum dihasilkan dari dari inflasi+ (pertumbuhan ekonomi x indeks kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi dengan nilai tertentu dalam rentang tertentu yaitu 0,10 sampai dengan 0,30).

Lihat Juga :
REKOMENDASI SAHAMPilihan Saham Cuan, Sektor Konsumer Jadi Unggulan

Ketiga, provinsi yang telah memiliki upah minimum, penetapannya dilakukan dengan penyesuaian nilai upah minimum yang besaran kenaikannya tidak boleh melebihi 10 persen.

Kemudian, jika pertumbuhan ekonomi bernilai negatif, kenaikan upah hanya mempertimbangkan variabel inflasi.

Ida berharap formula ini dapat membuat daya beli dan konsumsi masyarakat tetap terjaga serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, yang pada akhirnya akan menciptakan lapangan kerja.

Lihat Juga :
IHSG Diramal Menguat Terbatas Awal Pekan Ini

Selain itu, ia juga berharap penyesuaian penghitungan upah minimum 2023 ini dapat menjadi jalan tengah atas dinamika sosial ekonomi masyarakat yang berkembang.

Ida menekankan pentingnya penciptaan hubungan industrial yang harmonis antara pekerja dengan pengusaha dalam menghadapi tantangan ekonomi ke depan.

"Saya juga meminta kepada seluruh kepala daerah untuk melaksanakan kebijakan penghitungan upah minimum 2023 sesuai dengan Permenaker Nomor 18 Tahun 2022 ini," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Xiao Yun Xi Chunyu

situs togel aman dan terpercaya
Satgas Pangan Polri menyebut ada 47 perkara terkait penyelewengan distribusi pupuk dalam lima tahun terakhir yang turut membuat harga beras melonjak.
Satgas Pangan Polri menyebut ada 47 perkara terkait penyelewengan distribusi pupuk dalam lima tahun terakhir yang turut membuat harga beras melonjak. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Satgas Pangan Polri membongkar biang kerok yang menjadi pemicu lonjakan harga berasbelakangan ini. Biang kerok itu adalah kecurangan dalam distribusi pupukdan bahan bakar minyak (BBM) subsidi.

Kecurangan itu memicu lonjakan biaya produksi beras. Wakil Kepala Satgas Pangan Polri Brigjen Pol. Helfi Assegaf mengatakan dalam lima tahun terakhir ada 47 perkara terkait penyelewengan distribusi pupuk subsidi yang menyebabkan kelangkaan di beberapa daerah.

"Di 2024 saja ada tujuh perkara. Ada di Babel (Bangka Belitung), Kalbar (Kalimantan Barat), Sumut (Sumatera Utara), dan beberapa daerah lain," katanya dalam Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idulfitri di Jakarta, Senin (1/4).

Akibatnya biaya produksi meningkat dan harga beras menjadi mahal.

"Imbasnya dibebankan kepada konsumen," katanya.

Tak hanya pupuk subsidi, ia mengatakan juga terjadi penyimpangan distribusi BBM subsidi yang menyebabkan kelangkaan. BBM subsidi yang harusnya masuk ke SPBU untuk kendaraan pengangkut hasil pertanian, justru masuk ke pertambangan.

Akhirnya petani menanggung biaya transportasi yang lebih tinggi.

"Akhirnya ini dibebankan juga ke konsumen. Jadi banyak elemen yang mempengaruhi kenaikan harga di petani," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan pemerintah tengah mengkaji revisi harga pembelian pemerintah (HPP) gabah.

Arief mengatakan pemerintah harus menjaga harga di tingkat petani maupun konsumen. Harga di petani katanya harus disesuaikan dengan agroinput dan margin yang cukup sehingga petani mau meningkatkan produksi. Namun, harga di hilir atau konsumen juga tetap harus dijaga.

"Jangan sampai di petani tinggi sekali misalnya GKP kemarin sampai Rp9.000, harga berasnya Rp20 ribu, kasihan yang di hilir. Kebalikannya pada saat ini harga beras yang cenderung turun jangan sampai di bawah Rp5.000 GKP-nya," katanya.

Arief mengatakan pemerintah tidak bisa menyenangkan semua pihak. Namun pemerintah berusaha menyeimbangkan harga di hulu, tengah, dan hilir.

"Izinkan kami review supaya harga ini juga jangan terlalu jatuh di tingkat petani tetapi di hilirnya harga yang masih bisa diterima masyarakat,"katanya.

Pemerintah menetapkan HPP lewat Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 6 Tahun 2023 tentang Harga Pembelian Pemerintah dan Rafaksi Harga Gabah dan Beras. Dalam aturan itu, HPP untuk gabah kering panen (GKP) ditetapkan Rp5.000 per kg di tingkat petani dan di tingkat penggilingan Rp5.100 per kg.

Lalu harga gabah kering giling (GKG) ditetapkan Rp6.200 per kg di tingkat penggilingan dan di gudang Perum Bulog Rp6.300 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Catatan Budidaya Keabadian

dewa hoki slot 777

Longsheng yang santai

cara memakai voucher