petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

buku mimpi 2d abjad bergambar

qq4qq 90Jutaan kata 753819Orang-orang telah membaca serialisasi

《buku mimpi 2d abjad bergambar》

Harga Kripto Papan Atas Rontok Kecuali XRP******

Harga mayoritas aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kompak anjlok pada perdagangan Selasa (28/3) pagi, kecuali XRP.
Harga mayoritas aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kompak anjlok pada perdagangan Selasa (28/3) pagi, kecuali XRP. (istockphoto/Larina Marina)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas aset kripto dengan kapitalisasi pasarterbesar kompak anjlok pada perdagangan Selasa (28/3) pagi, kecualiXRP.

Mengutip coinmarketcap, Bitcoin anjlok 3,4 persen ke harga US.946 per keping. Pelemahan ini diikuti koin lainnya.

Koin dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua, Ethereum, amblas 3,1 persen ke US.710 per koin.

Begitu pula Cardano yang terkoreksi 1,9 persen ke USPegadaian dan PNM Gelar Bazar Dukung UMKM Indonesia Naik Kelas******

Pegadaian bersama PNM menggelar Bazar UMKM Untuk Indonesia untuk memfasilitasi para pelaku UMKM naik kelas dan produk-produknya semakin dikenal luas masyarakat.
Pegadaian bersama PNM menggelar Bazar UMKM Untuk Indonesia untuk memfasilitasi para pelaku UMKM naik kelas dan produk-produknya semakin dikenal luas masyarakat. (Foto: Arsip PNM)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Pegadaian berkolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menggelar Bazar UMKM Untuk Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Bazar UMKM Untuk Indonesia 2023 digelar selama 4 hari, mulai 6 April hingga Minggu April, di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat.

Acara yang menjadi bagian dari rangkaian HUT Kementerian BUMN ke-25 ini bertujuan untuk memfasilitasi para pelaku UMKM Binaan Pegadaian dan PNM dari berbagai daerah agar bisa memperkenalkan produk buatan mereka.

Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan mengatakan, pihaknya akan senantiasa mendukung para pelaku usaha UMKM untuk dapat naik kelas. Salah satunya dengan mengadakan pameran atau bazar seperti Bazar UMKM untuk Indonesia.

Saat ini diketahui Kementerian BUMN tengah gencar mendorong para pelaku usaha untuk berani go digital. Tujuannya agar dapat memperluas akses pasar dan mempermudah transaksi melalui digital. Salah satunya melalui PaDi UMKM.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Perencanaan Strategis & Keuangan PNM, Ninis Kesuma Adriani optimis target transaksi melalui aplikasi PaDi UMKM pada penyelenggaraan Bazar UMKM Untuk Indonesia mampu mencapai Rp50 juta per hari.

"Tahun lalu transaksi melalui PaDi sampai di angka Rp7,2 M yang dihasilkan dari 2.194 nasabah kami," ucapnya.

Karena itu, Ninis melanjutkan, PNM akan terus memberikan modal, finansial maupun skillset, serta pendampingan pengembangan kapasitas usaha bagi nasabah dan monitoring yang dilakukan secara berkala.

"Sehingga produk yang dihasilkan nasabah binaan PNM pasti tidak diragukan lagi kualitasnya," tambah Ninis.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting berharap bazar ini dapat memberikan manfaat bagi para pelaku usaha untuk bisa kembali bergeliat.

Melalui kegiatan ini pula, Kementerian BUMN bersama perusahaan BUMN ingin menunjukkan baktinya untuk negeri melalui pengembangan dan pemberdayaan UMKM.

"Sejalan dengan program pemulihan ekonomi nasional, kami hadir di acara Bazar UMKM Untuk Indonesia hari ini untuk memfasilitasi dan memberikan akses yang lebih luas bagi UMKM dalam memasarkan produknya baik offline maupun online," terag Loto.

"Dengan begitu, para pelaku usaha dapat kembali bergerak bersama untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional," jelas Loto.

Penyelenggaraan Bazar UMKM Untuk Indonesia disambut antusias oleh para pelaku UMKM Binaan PT PNM.

Desi salah satunya. Datang jauh dari Lampung, ia memamerkan produk unggulannya berupa vest buatan tangan berbalut benang emas khas kota berjulukan 'Tapis Berseri'. Bagi Desi, kegiatan ini menjadi momentum berharga untuk membuat produknya naik kelas.

"Saya sangat senang dapat menjadi bagian dalam penyelenggaraan Bazar UMKM ini. Melalui ajang ini, saya bisa memperkenalkan produk buatan tangan, sekaligus memperluas pasar usaha saya untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas," jelas Desi.

Sebagai informasi, dalam rangka merayakan Ulang Tahun PT Pegadaian yang ke 122, sebanyak 122 UMKM binaan Pegadaian dan PNM siap memanjakan mata masyarakat untuk berburu ragam produk yang menarik.

Pegadaian dan PNM mengajak masyarakat yang ingin mendapatkan berbagai ragam produk UMKM seperti fashion, kuliner, kecantikan maupun kriya dapat langsung datang ke lokasi bazar di lantai rubanah dan lantai pusaka Mal Sarinah, Jakarta.

Tak hanya itu, pengunjung yang hadir juga berkesempatan mendapatkan kupon belanja mulai dari Rp25 ribu-Rp122 ribu, syarat dan ketentuan berlaku.

Selain itu, bagi pegiat seni fotografi, juga bisa mengikuti kompetisi foto. Caranya dengan mengunggah foto yang diambil di area bazar dan diunggah di media sosial pribadi dengan melakukan tag akun Instagram Kementerian BUMN, Pegadaian dan PNM disertai tagar #bazarumkmuntukindonesiaapril.

(osc/osc),346 per koin dalam 24 jam, tetapi masih naik 2,1 persen jika dilihat tren sepekan.

Dogecoin pun loyo ke USBahlil Ungkap Minat Volkswagen di Industri Baterai Mobil Listrik RI******

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan Volkswagen berminat investasi di Indonesia.
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan Volkswagen berminat investasi di Indonesia. (REUTERS/BENOIT TESSIER)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan Volkswagenberminat investasi di Indonesia.

Bahlil menyebut Volkswagen melalui anak perusahaannya, PowerCo, berencana membangun industri baterai kendaraan listrik secara terpadu di Tanah Air.

Rencana investasi Volkswagen di Indonesia ditargetkan untuk menyuplai produk baterai listrik kepada sejumlah merek otomotif di bawah naungan VW Group.

Menurutnya, rencana investasi perusahaan asal Jerman ini merupakan momentum yang tepat untuk menyampaikan kepada dunia bahwa Indonesia terbuka dalam menarik investasi. Artinya, Indonesia tidak hanya menggaet investasi dari Asia tapi juga Eropa.

"Saya pikir ini sebagai bentuk investasi inklusif sekaligus dapat menganulir cara berpikir dunia internasional yang menganggap pertambangan di Indonesia tidak memperhatikan kaidah-kaidah internasional," imbuh Bahlil.

Lihat Juga :
Jokowi: 2050 Seluruh Pembangkit Batu Bara Ditutup

PowerCo SE merupakan anak perusahaan Volkswagen yang didirikan pada 2022 dan berkantor pusat di Salzgitter, Jerman. Perusahaan menjalankan semua aktivitas baterai Volkswagen Group, mulai dari memproses bahan mentah, mengembangkan baterai hingga mengelola gigafactories Eropa.

PowerCo ditargetkan menyuplai 80 persen produk baterai listrik kepada sejumlah merek otomotif di bawah naungan Volkswagen Group (Audi, Skoda, Lamborghini, Porsche, Bentley dan Ducati).

Berdasarkan catatan BKPM, selama periode 2018-2022, Jerman menempati posisi ke-16 dalam peringkat negara asing dengan nilai investasi tertinggi dengan total investasi sebesar US1 juta.

Berdasarkan bidang usaha, investasi Jerman paling tinggi ada pada sektor industri mesin, elektronik, instrumen kedokteran, peralatan listrik, presisi, optik dan jam senilai US8,4 juta dan investasi terbesar berada di Jawa senilai US9,8 juta.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu),0723 per keping. Tren sepekan, koin meme ini naik tipis 0,3 persen. Polygon juga ambruk 5,2 persen ke US,04 per keping.

Trio koin stabil yakni Tether, Binance USD dan USD Coin masih setia di harga US per koin. Ketiganya berfluktuasi tipis di bawah 1 persen.

Satu-satunya koin yang menguat adalah XRP. Harganya melesat ke USBuwas Sebut Bulog Pernah Rugi Rp300 M Akibat Tugas Impor Daging Kerbau******

Direktur Utama Bulog Budi Waseso atau Buwas mengungkapkan pihaknya pernah merugi Rp300 miliar imbas penugasan impor daging kerbau.
Buwas Blak-blakan Bulog Sempat Rugi Rp300 M karena Penugasan Impor Daging Kerbau. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama PerumBulogBudi Waseso atau Buwas mengungkapkan pihaknya pernah merugi Rp300 miliar imbas penugasan impordaging kerbau.

Ia menjelaskan pemerintah menugaskan Bulog untuk melakukan impor daging kerbau pertama kali pada 2016. Namun, saat itu pihaknya belum bisa melaksanakannya.

Adapun kerugian yang dialami Bulog kala mengimpor daging kerbau terjadi pada 2018. Menurut Buwas, Bulog rugi karena dipermainkan oleh perusahaan yang akan membeli daging tersebut.

Alhasil, Bulog harus merogoh kocek Rp300 miliar per tahun untuk menyewa cold storageatau ruangan yang dirancang khusus dengan kondisi suhu tertentu demi menyimpan daging.

Dari kerugian itu, Buwas mengatakan pihaknya mengambil pelajaran dan akhirnya mengubah kebijakan dalam urusan daging kerbau. Ia menyebut saat ini pihaknya hanya mendatangkan daging kerbau setiap bulannya sesuai permintaan saja.

Dengan kata lain, perusahaan pembeli harus membuat perjanjian dengan Bulog dan membayar uang muka 40 persen. Jika nanti saat daging kerbau sudah tersedia dan perusahaan menghilang, maka uang muka pun hangus.

"Tapi pembelinya tidak sembarangan, (perusahaan) yang punyadownline, punya cold storage. Downline-nya jelas, dan dia menandatangani pernyataan bahwa dia mendiskusikannya dengan harga yang sudah kami tentukan," kata Buwas.

Untuk tahun ini, Perum Bulog akan mengimpor daging kerbau beku sebanyak 100 ribu ton. Buwas menjelaskan daging kerbau impor itu akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan saat puasa dan lebaran yang akan datang. Dengan begitu, terdapat keseimbangan dengan pasokan daging sapi yang akan dipenuhi juga oleh BUMN pangan PT RNI.

Meski begitu, per 6 April 2023, realisasi impor daging kerbau oleh Bulog baru mencapai 13.692 ton.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt),474 per koin imbas kenaikan 4,4 persen. Tren sepekan, koin buatan Ripple Labs ini mencatatkan penguatan 24 persen.

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]

(pta/dzu)

Bahlil: Kondisi Global Agak Berat, Ada Perang Geng AS dan China******

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengungkapkan kondisi ekonomi global agak berat di tengah ketegangan kubu Amerika Serikat (AS) dan China.
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengungkapkan kondisi ekonomi global agak berat di tengah ketegangan kubu Amerika Serikat (AS) dan China. (Bloomberg via Getty Images/Bloomberg).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia enggan memberi harapan palsu mengenai investasike depan. Pasalnya, kondisi ekonomi global tengah diliputi ketegangan antara kubu Amerika Serikat (AS) dan China.

"Harus diakui juga bahwa kondisi global sekarang ini agak berat, saya gak bisa memberikan harapan palsu. Terjadi ketegangan, perang geng Amerika dan China," ujarnya di Kementerian Investasi, Jakarta Selatan, Jumat (28/4).

Bahkan, Bahlil mengatakan AS sekarang menerbitkan regulasi bahwa industri baterai kendaraan listrik yang mendapatkan suntikan modal China tidak berhak mengantongi insentif di Negeri Paman Sam. Menurutnya, aturan itu bakal berdampak kepada peluang memasarkan produk baterai tersebut ke AS.

"Ekosistem logistik rantai pasok ini harus betul-betul kita jaga. Kalau enggak, negara kita ada masalah baru dalam tarik menarik kekuatan Amerika dan China. Kita tidak ingin terjebak di situ. Saya ingin mengatakan Indonesia harus menganut asas ekonomi bebas aktif, kita tidak cenderung ke mana, tapi kita berkawan kepada semua," tegasnya.

Terlepas dari itu, Bahlil melaporkan tingkat realisasi investasi di Indonesia pada kuartal I 2023 mencapai Rp328,9 triliun atau tumbuh 16,5 persen secara year on year(yoy). Sedangkan realisasi ini menyerap tenaga kerja Indonesia (TKI) sekitar 384.892 orang dan tenaga kerja asing (TKA) 5.334 orang.

Berdasarkan negara, Singapura menduduki posisi pertama realisasi investasi terbesar di RI sebesar US,3 miliar. Kemudian, ada Hong Kong senilai US,5 miliar, China US,2 miliar, Jepang US miliar, dan Amerika Serikat (AS) sebesar US0 juta.

"Jadi Hong Kong menggeser Tiongkok. Mungkin Hong Kong ini di beberapa negara Eropa dijadikan hub. Kalau Singapura, teman-teman sudah tahu kan ini uang sebagian orang Indonesia dan saya tidak akan pernah bosan menyampaikan itu, jadi mereka tidak paten-paten juga," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Tutup Toko, Books & Beyond Diskon Buku Sampai 80 Persen******

Toko buku Books & Beyond akan menutup gerai di RI secara permanen. Buku-buku didiskon hingga 80 persen tanpa batas waktu.
Toko buku Books & Beyond akan menutup gerai di RI secara permanen. Buku-buku didiskon hingga 80 persen tanpa batas waktu. (Foto: Tangkapan layar web booksbeyond.co.id)
Jakarta, CNN Indonesia--

Toko bukuBooks & Beyondmengumumkan akan lanjut menutup gerainya yang ada di Indonesia secara permanen. Karenanya, saat ini untukbuku yang masih ada akan di diskonsampai 80 persen.

"Biar kamu nggak sedih, mulai hari ini kamu bisa nikmati diskon super hemat dari Books & Beyond! Diskon 50 persen hingga 80 persen + 50 persen untuk semua buku," tulis Books & Beyond dalam unggahan Instagramnya, yang dikutip Kamis (4/5).

Diskon sampai 80 persen diberikan untuk semua buku lokal. Namun, untuk buku impor diskon diberikan sampai 50 persen.

Tak hanya pembelian melalui toko offline, diskon besar-besaran juga berlaku untuk pemesanan buku melalui online, seperti melalui pesan kepada admin dan platform Shopee. Kendati demikian, Books & Beyond menyarankan masyarakat yang ingin membeli langsung mendatangi gerai yang masih buka, agar bisa memilih buku yang diinginkan secara leluasa.

Books & Beyond memastikan tidak ada batasan waktu diskon buku tersebut. Promo akan diberikan sampai semua buku yang dimiliki habis terjual.

Dalam pengumuman di Instagram booksbeyond_id, memang beberapa gerai sudah ditutup, misalnya yang ada di Maxxbox Lippo Village pada 28 April 2023, Siloam Makassar pada 2 Mei 2023, Siloam Kebun Jeruk pada 2 Mei 2023, dan Siloam Karawaci pada 3 Mei 2023.

Sebelumnya, gerai yang ada di Bandung Indah Plaza (BIP) juga sudah ditutup.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:nx303 slot

Perbarui waktu:2024-07-02

Daftar bab terbaru
gacor 508 slot
situs judi slot resmi dan terpercaya
slot bonus new member 100 di awal
new slot88
pinjam uang tenor 12 bulan
demo 5lion
slot gacor sekarang ini
indoslot88
akun slot resmi gacor
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs slot asia gacor
Bab 2 download situs slot
Bab 3 bola138
Bab 4 cara daftar youtube menghasilkan uang
Bab 5 kode alam kucing berkelahi
Bab 6 situs slot mudah jackpot 2023
Bab 7 pinjaman online legal 2022
Bab 8 cara mengisi kuota voucher indosat
Bab 9 zoom slot88
Bab 10 daftar terbaru pinjol resmi ojk 2022
Bab 11 dunia slot77
Bab 12 keras4d
Bab 13 harga voucher axis 8gb 30 hari
Bab 14 slot gacor cheat
Bab 15 situs slot bonus setiap hari
Bab 16 buku mimpi 3d bergambar percobaan
Bab 17 jenis situs slot
Bab 18 situs judi slot online mudah menang
Bab 19 asiabagus
Bab 20 mencairkan kredivo
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5485bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

keyakinan abadi

eorotogel
Pemegang saham Sritex memutuskan untuk memecat seluruh dewan direksi dan komisaris lama dalam RUPSLB yang digelar pada Jumat (17/3) lalu.
Pemegang saham Sritex memutuskan untuk memecat seluruh dewan direksi dan komisaris lama dalam RUPSLB yang digelar pada Jumat (17/3) lalu. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman).
Jakarta, CNN Indonesia--

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex memutuskan untuk memecat seluruh dewan direksi dan komisaris lama. Adapun RUPSLB Sritex digelar pada Jumat (17/3) lalu, dengan agenda rapat adalah perubahan susunan direksi dan dewan komisaris.

Rapat tersebut dihadiri oleh 13.212.355.802 pemegang saham, yang memiliki hak suara yang sah atau setara dengan 64,60 persen dari jumlah saham dengan hak suara yang sah yang telah dikeluarkan perseroan.

"Rapat menyetujui pemberhentian secara hormat seluruh dewan komisaris dan direksi yang lama," bunyi ringkasan risalah dilaporkan dalam keterbukaan Bursa Efek Indonesia, Selasa (23/3) lalu.

Lalu, Karunakaran Ramamoorthy selaku direktur produksi, Eddy Prasetyo Salim selaku direktur operasional dan M. Nasir Tamama Tamimi selaku direktur independen.

Meski begitu, beberapa nama yang dicopot tetap masuk dalam susunan dewan komisaris dan direksi baru, meski dengan jabatan berbeda.

Dewan Komisaris dan Direksi Baru:

Komisaris Utama: Iwan Setiawan
Komisaris: Megawati
Komisaris Independen: Liem Konstantinus

Direktur Utama: Iwan Kurniawan Lukminto
Direktur Operasional: Mira Christina Setiady
Direktur Keuangan: Welly Salam
Direktur Umum: Supartodi
Direktur Independen: Regina Lestari Busono
Direktur Bisnis Benang: Karunakaran Ramamoorthy
Direktur Bisnis Kain: Sandeep Kr Gautam
Direktur Bisnis Pakaian Jadi: Teo Khek Thuan

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)

Naga Akhir

go8et
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan pemerintah tak hanya melarang impor pakaian bekas, tetapi juga untuk sepatu dan tas bekas.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan pemerintah tak hanya melarang impor pakaian bekas, tetapi juga untuk sepatu dan tas bekas. (CNN Indonesia/Wella Andany).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koperasi dan UKMTeten Masduki mengungkapkan pemerintah tak hanya melarang imporpakaian bekas, tetapi juga untuk sepatudan tas bekas. Larangan ini sudah diberlakukan sejak delapan tahun lalu.

Teten menyebutkan larangan impor pakaian, sepatu dan tas bekal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 51/M-DAG/PER/7/2015 tentang Larangan Impor Pakaian Bekas dan Permendag nomor 40 Tahun 2022 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor.

Menurutnya, pakaian bekas yang boleh masuk ke dalam negeri berupa bawaan dari warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di luar negeri, seperti pelajar yang menempuh pendidikan di negara lain.

Selain berdampak pada industri tekstil dalam negeri, larangan ini diterapkan pemerintah sebagai upaya pencegahan dampak negatif pakaian bekas terhadap kesehatan, keselamatan, keamanan, dan lingkungan karena komoditas ini dikategorikan sebagai limbah.

"Ya kan pakaian bekas sama saja seperti sampah. Jadi janganlah, kita bisa pakai produk lokal masih banyak yang bagus," kata Teten.

Ia mengatakan agar pedagang pakaian bekas saat ini tak perlu khawatir kehilangan penghasilan atau mata pencahariannya mati. Sebab, pemerintah telah berkoordinasi dengan pelaku IKM yang siap memasok produk lokal.

"Kalau nanti ditutup sama sekali tidak ada pakaian bekas selundupan dan dikhawatirkan ganggu rezeki pedagang pakaian bekas, tidak usah khawatir karena produsen lokal siap isi pakaian bekas ilegal tersebut," pungkas Teten.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

[Gambas:Video CNN]

Penyihir Abadi

trik pola gacor olympus hari ini
BPS mencatat neraca perdagangan RI surplus US,91 miliar pada Maret 2023, tetapi tekor dengan Thailand, Australia dan Korea Selatan untuk nonmigas.
BPS mencatat neraca perdagangan RI surplus US,91 miliar pada Maret 2023, tetapi tekor dengan Thailand, Australia dan Korea Selatan untuk nonmigas. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatneraca perdagangan RI surplus US,91 miliar pada Maret 2023. Namun, di tengah kinerja yang positif ini, Indonesia masih mengalamidefisitdagang dengan tiga negara.

Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS Imam Machdi mengatakan pada Maret ini Indonesia tekor dengan Thailand, Australia dan Korea Selatan untuk perdagangan nonmigas.

"Kita lihat ada tiga negara dengan defisit neraca perdagangan nonmigas terdalam yang terjadi pada Maret 2023, yaitu negara Australia, Thailand, dan Korea Selatan," ujar Imam dalam konferensi pers, Senin (17/4).

Komoditas penyumbang defisit terbesar ke Thailand adalah gula dan kembang minus US4,7 juta, mesin dan peralatan mekanis serta bagiannya minus US,2 juta, serta plastik dan barang dari plastik minus US,3 juta.

Kedua, defisit dagang terbesar dengan Australia sebesar US5,5 juta, disebabkan oleh ekspor yang lebih rendah sebesar US0,1 juta dari impor sebesar US5,6 juta.

Komoditas penyumbang defisit terdalam ke Australia adalah bahan bakar mineral minus US1,8 juta, serealia minus US3,7 juta, serta bijih logam, terak, dan abu minus US,5 juta.

Ketiga, defisit dagang dengan Korea Selatan yang minus US6,4 juta. Penyebabnya ekspor sebesar US4 juta, lebih rendah dari impor yang sebesar US0,4 juta.

Komoditas penyumbang defisit terdalam adalah mesin dan perlengkapan elektrik serta bagiannya minus US8,4 juta, mesin dan peralatan mekanis serta bagiannya minus US0,1 juta, serta plastik dan barang dari plastik minus US,2 juta.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Dewa gila pertama

casaqq

luar biasa mulia

wslot888