petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjol legal langsung cair

pinjaman online di instagram yang terpercaya 73Jutaan kata 107537Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjol legal langsung cair》

Maskapai Etihad dan Emirates Dikabarkan Berpotensi Merger******

Maskapai Etihad Airways dan Emirates Airlines dikabarkan akan merger setelah keduanya menyepakati kemitraan 'interline' pada awal Mei.
Maskapai Etihad Airways dan Emirates Airlines dikabarkan akan merger setelah keduanya menyepakati kemitraan 'interline' pada awal Mei. (AFP PHOTO / MARWAN NAAMANI)
Jakarta, CNN Indonesia--

Maskapai Etihad Airwaysdan Emirates Airlinesdikabarkan menjajaki potensi merger. Kabar itu telah lama dibahas di antara para pakar penerbangan, terutama selama masa ekonomi yang sulit.

Melansir CNN, Jumat (12/5), rumor itu kembali muncul setelah kedua maskapai menyepakati kemitraan 'interline' pada awal bulan ini.

Adapun perjanjian interline adalah salah satu langkah paling awal yang diambil dua maskapai ketika mereka berencana untuk membangun kerja sama.

Namun, perjanjian antara Emirates dan Etihad ini tampaknya sedikit lebih luas dari itu.

"Pada tahap awal perluasan interline, masing-masing maskapai akan fokus untuk menarik pengunjung ke UEA dengan mengembangkan lalu lintas inbound interlinedari titik-titik tertentu di Eropa dan China," kata kedua maskapai tersebut dalam pernyataan bersama tentang kemitraan.

Salah satu contohnya bisa dilihat pada penumpang yang berasal dari Eropa atau China. Sebelumnya, penumpang yang terbang ke Bandara Internasional Dubai dan ingin mengunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi harus turun dan terbang pulang dari Dubai.

Namun sekarang, penumpang bisa terbang ke Dubai dan keluar dari Abu Dhabi atau sebaliknya.

"Pelanggan yang bepergian ke UEA juga memiliki opsi 'penerbangan multi-kota', dengan pilihan untuk bepergian dari satu kota di jaringan kedua operator, dan dengan mudah kembali ke titik lain yang dilayani oleh Emirates atau Etihad," kata kedua maskapai tersebut.

Namun, langkah tersebut menimbulkan sejumlah pertanyaan. Salah satu pertanyaan besar yang selalu muncul adalah mengenai kemitraan antara keduanya. Seperti misalnya perjanjian timbal balik untuk keuntungan frequent flyer, penerbangan codeshare, dan bahkan merger.

Addison Schonland, partnerdi konsultan AirInsight Group mengatakan, prospek merger kedua maskapai terbilang kecil. Ia mencirikan perjanjian interlinesebagai 'upaya pemasaran pariwisata regional'.

"Setiap kali Emirates dan Etihad mengumumkan inisiatif bersama, mereka ditanya apakah ini akan mengarah pada integrasi. Setiap kali jawabannya adalah tegas 'tidak'," kata Schonland.

Emirates dan Etihad merupakan maskapai penerbangan Uni Emirat Arab (UEA). Emirates didirikan pada 1985 dan berbasis di Dubai. Sementara Etihad didirikan pada 2003 dan berbasis di Abu Dhabi. Keduanya merupakan beberapa maskapai terbesar di dunia.



(fby/asr)

[Gambas:Video CNN]

Harga Emas Antam Naik Rp4.000 jadi Rp1,064 Juta per Gram Hari Ini******

Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp1,064 juta per gram pada Selasa (16/5) pagi.
Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp1,064 juta per gram pada Selasa (16/5) pagi. (ANTARA FOTO/FAUZAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atauAntam berada di posisi Rp1,064 juta per gram pada Selasa (16/5) pagi. Harga emasterpantau naik Rp4.000 per gram dari perdagangan sebelumnya.

Senada, harga pembelian kembali (buyback) juga naik Rp4.000 dari perdagangan sebelumnya sebesar Rp956 ribu per gram menjadi Rp960 ribu per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp582 ribu, 2 gram Rp2,06 juta, 3 gram Rp3,07 juta, 5 gram Rp5,09 juta, 10 gram Rp10,13 juta, 25 gram Rp25,21 juta, dan 50 gram Rp50,34 juta.

Harga jual emas tersebut belum termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Sementara itu, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX melemah 0,01 persen menjadi US.022 per troy ons. Sedangkan, harga emas di perdagangan spot menguat 0,08 persen ke US.018 per troy ons pada pagi ini.

Lihat Juga :
AnalisisAsa Jokowi dan 'Tangan Besi' Luhut Demi Percepat Investasi IKN

Senior Analis DCFX Lukman Leong memproyeksi harga emas menguat terbatas hari ini. Investor masih menunggu keputusan kenaikan batas utang AS yang diajukan oleh Menteri Keuangan Janet Yellen.

"Dengan absennya data ekonomi penting baik luar dan dalam negeri, investor masih cenderung berkonsolidasi dan menantikan perkembangan dari debt ceiling AS," kata dia kepada CNNIndonesia.com.

Hari ini, ia memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentang support US.000 per troy ons dan resistance US.030 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

Harga Mayoritas Kripto Lesu tapi Tether Masih Stabil******

Mayoritas harga kripto tergelincir di hari kedua pekan ini. Kendati, tether masih stabil di US per keping dengan pergerakan yang bervariasi.
Mayoritas harga kripto tergelincir di hari kedua pekan ini. Kendati, tether masih stabil di US per keping dengan pergerakan yang bervariasi. (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mayoritas harga kripto tergelincir di hari kedua pekan ini. Kendati, tether masih stabil di US per keping dengan pergerakan yang bervariasi.

Mengutip coinmarketcap.com, Selasa (16/5), selain tether, USD Coin masih stabil di USTelkomsel Klarifikasi, 4 Orang Disandera KKB Bukan Karyawannya******

Telkomsel menyampaikan duka cita yang mendalam atas kejadian yang menimpa karyawan PT Inti Bangun Sejahtera (PT IBS) beserta rombongan.
Ilustrasi penyanderaan. KKB di Papua menyandera 4 pekerja BTS. (Istockphoto/ Chaiyapruek2520)
Jakarta, CNN Indonesia--

Telkomsel merespons kabar mengenai nasib empat pekerja proyek Tower BTS yang menjadi korban penyerangan dan penyanderaan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Okbab, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan, Jumat (12/5).

Telkomsel menyampaikan duka cita yang mendalam atas kejadian yang menimpa karyawan PT Inti Bangun Sejahtera (PT IBS) beserta rombongan.

Hal itu disampaikan General Manager Network Operations and Productivity Telkomsel Region Maluku dan Papua, Agus Sugiarto melalui keterangannya, Sabtu (13/5).

Lihat Juga :
Kronologi KKB Sandera Pekerja Tower BTS di Papua

Diberitakan, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady mengungkap penyanderaan pekerja BTS tersebut terjadi pada Jumat (12/5) pukul 09.00 WIT.

Dalam keterangannya, enam orang pekerja Tower BTS Telkomsel, yang dipimpin Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Pegunungan Bintang Alverus Sanuari, berangkat dari Oksibil menuju Distrik Okbab menggunakan Pesawat Elang Air pada pukul 08.30 WIT.

Saat di Lapangan Terbang Okbab, rombongan tersebut langsung dihadang oleh lima orang yang mengaku berasal dari kelompok KKB.

Benny mengatakan kelompok itu menggunakan senjata tajam seperti parang dan melakukan kekerasan fisik terhadap tiga orang pekerja.

"Alverus Sanuari beserta salah satu korban luka yang bernama Benyamin Sembiring, dibebaskan untuk kembali ke Oksibil. Mereka tiba di Bandara Oksibil sekitar pukul 11.00 WIT dan langsung dilarikan ke RS Oksibil untuk mendapatkan perawatan medis," ujar Benny dalam keterangannya, Sabtu (13/5).

Menurut Benny hingga saat ini, masih ada empat orang yang disandera oleh kelompok tersebut. Adapun dua di antaranya mengalami luka akibat penganiayaan.

Identitas pekerja yang masih disandera adalah staf PT IBS, Asmar yang mengalami luka di bahu kanan; staf distrik, Peas Kulka; seorang pemuda dari Distrik Borme, Senus Lepitalem; dan seorang staf PT IBS, Fery yang mengalami luka di bahu kiri.

"Diketahui KKB mengajukan tuntutan tebusan sebesar Rp 500 juta sebagai syarat pembebasan para sandera. Tuntutan ini menjadi perhatian serius bagi pihak berwenang, dan langkah-langkah sedang diambil untuk menangani situasi ini dengan cepat dan mengamankan keselamatan para sandera," jelas Benny.

Lihat Juga :
TNI-Polri Rapat Bahas 4 Pekerja BTS yang Disandera KKB di Papua

Benny menyebut Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Mohamad Dafi, pejabat pemerintah setempat, tokoh adat dan Satgas Damai Cartenz telah menggelar rapat untuk merumuskan langkah-langkah penanganan.

Pemerintah daerah dan aparat keamanan disebut telah menjalin komunikasi melalui tokoh adat Okbab setempat, untuk mendapatkan informasi terkini mengenai kondisi para korban.

(po/ain)

[Gambas:Video CNN]
,99 per keping.

Adapun bitcoin turun 1,83 persen dalam 7 hari dan 0,4 persen dalam 24 jam. Koin dengan kapitalisasi terbesar itu di level US.140 per keping.

XRP berada di level USPeritel Harap Mendag Revisi Aturan Demi Lunasi Utang Migor Rp344 M******

Aprindo mendukung usulan KPPU kepada Kemendag untuk mengeluarkan regulasi terkait pelaksanaan kewajiban pembayaran rafaksi minyak goreng.
Aprindo mendukung usulan KPPU kepada Kemendag untuk mengeluarkan regulasi terkait pelaksanaan kewajiban pembayaran rafaksi minyak goreng. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mendukung usulan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) kepada Kementerian perdagangan (Kemendag) untuk mengeluarkan regulasi terkait pelaksanaan kewajiban pembayaran rafaksi minyak goreng pada pelaku usaha yang telah selesai diverifikasi.

Pasalnya, Kemendag hingga kini masih berutang Rp344 miliar kepada peritel minyak goreng. Gunungan utang tersebut punya kaitan panjang dengan lonjakan harga minyak goreng pada 2021.

Ketua Umum Aprindo Roy Nicholas Mandey mengatakan pihaknya mendukung bila nanti Kemendag mengeluarkan Permendag, revisi atau produk hukum lainnya guna memuluskan pembayaran utang tersebut.

"Hanya satu yang gak bisa diubah dalam dunia ini, kitab suci. Semua yang namanya aturan apalagi Permendag itu mestinya bisa dilakukan tambahan atau revisi," kata Roy di Kantor Kemendag, Kamis (11/5).

Menurutnya pemerintah harus bertanggung jawab atas polemik minyak goreng yang terjadi sejak 2021. Tahun lalu, pemerintah mengintervensi pasar dengan mewajibkan seluruh ritel modern anggota Aprindo untuk menjual minyak goreng seharga Rp14 ribu per liter.

Hal ini tertuang dalam Permendag Nomor 3 Tahun 2022 tentang Penyediaan Minyak Goreng Kemasan untuk Kebutuhan Masyarakat dalam Kerangka Pembiayaan oleh BPDPKS.



Eks mendag M Lutfi menyebut pemerintah merogoh kocek Rp7,6 triliun untuk subsidi minyak goreng melalui beleid yang terbit Januari 2022 itu. Uang tersebut digunakan untuk mensubsidi 250 juta liter minyak goreng kemasan per bulan atau 1,5 miliar liter selama enam bulan bagi masyarakat.

Namun, pemerintah mencabut kebijakan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng kemasan Rp14 ribu per liter pada Maret 2022. Harga minyak goreng kemasan sederhana dan premium lantas kembali mengikuti mekanisme pasar.

Aprindo lantas mempertanyakan soal uang rafaksi Rp344 miliar. Jumlah tersebut berasal dari selisih harga pembelian minyak goreng kemasan yang lebih tinggi dibandingkan harga jual di ritel modern.

[Gambas:Video CNN]



KPPU menyarankan Kemendag membuat regulasi baru untuk membayar utang itu. Regulasi tersebut sangat mendesak guna menghindari kerugian yang lebih besar pada masyarakat maupun iklim usaha.

Menurut KPPU, gangguan kebijakan berkaitan dengan rafaksi dapat menimbulkan iklim usaha yang tidak kondusif. Hal ini terjadi karena tidak memberikan kesempatan berusaha yang sama bagi para pelaku usaha.

Hal ini juga bertentangan dengan salah satu tujuan pembentukan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999. Untuk itu penting bagi KPPU dalam ikut serta dalam mengatasi persoalan tersebut.

(mrh/dzu)

[Gambas:Video CNN]
,424 per keping, naik tipis 0,04 persen dalam seminggu tapi turun 0,87 persen dalam 24 jam. Cardano berada di level USLockbit 3.0 Diduga Curi Data dan Password 15 Juta Nasabah BSI******
Bank Syariah Indonesia (BSI) diduga menjadi korban serangan ransomware Lockbit 3.0 dengan total data yang dicuri mencapai 1,5 TB.
Ilustrasi serangan siber. Bank Syariah Indonesia (BSI) diduga menjadi korban serangan ransomware Lockbit 3.0. Total data yang dicuri dari serangan diduga mencapai 1,5 TB. (REUTERS/Kacper Pempel)
Jakarta, CNN Indonesia--

Bank Syariah Indonesia (BSI) diduga menjadi korban serangan ransomware Lockbit 3.0 dengan total data yang dicuri dari serangan diduga mencapai 1,5 TB.

Data pelanggan yang bocor di antaranya adalah nama, nomor ponsel, alamat, saldo di rekening, riwayat transaksi, tanggal pembukaan rekening, informasi pekerjaan, dan beberapa data lainnya.

Hal tersebut disampaikan oleh pakar keamanan siber sekaligus pendiri Ethical Hacker Indonesia Teguh Aprianto, Sabtu (13/5), berdasarkan rilis Lockbit dalam situs mereka. Situs ini tidak bisa diakses lewat browser biasa, dan harus menggunakan browser yang bisa mengakses deepweb.

Pilihan Redaksi
  • DPR Desak Direksi BSI Dievaluasi Buntut Layanan ATM dan M-Banking Eror
  • YLKI Minta OJK Tegur Keras BSI: Harus Beri Kompensasi ke Nasabah
  • Ransomware Lockbit 3.0 Klaim Lumpuhkan BSI dan Curi Data Pengguna

"Selain itu, kebocoran ini juga termasuk data karyawan, dokumen keuangan, dokumen legal, NDA dll," ujar Teguh.

LockBit adalah salah satu geng ransomware yang sangat aktif dan berbahaya seperti disebutkan oleh Kantor Polisi Kriminal Federal Jerman.

Sejumlah perusahaan di beberapa negara sempat jadi korban penyerangan, di antaranya pabrik ban Continental hingga perusahaan pertahanan besar Prancis, Thales Group.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, layanan perbankan BSI dilaporkan eror selama beberapa hari sejak Senin (8/5) lalu. Sejumlah nasabah mengeluh tak bisa mengakses aplikasi mobile banking maupun ATM.

BSI sempat berdalih bahwa gangguan tersebut terjadi akibat proses pemeliharaan sistem yang tengah dilakukan. Akibatnya, sistem tak dapat diakses sementara waktu.

Namun, lewat cuitan yang sama, Teguh mengkonfirmasi keterlibatan Lockbit 3.0 dalam gangguan tersebut.

"Setelah kemarin seluruh layanan @bankbsi_id offline selama beberapa hari dengan alasan maintenance, hari ini confirm bahwa mereka menjadi korban ransomware," tulis Teguh.

Cuitan itu juga diunggah bersamaan dengan tangkapan layar pengumuman yang disampaikan oleh Lockbit 3.0.

CNN Indonesia telah berusaha mengontak Direktur Utama BSI Hery Gunardi untuk mengonfirmasi serangan ransomware Lockbit 3.0 ini, tapi belum mendapat respons hingga berita tayang.

(lmy/asr)

[Gambas:Video CNN]
,365 per keping, naik 0,13 persen dalam sepekan tapi anjlok 1,78 persen dalam sehari.

Adapun dogecoin, solana, dan polygon masing-masing berada di level US234 Saham Melemah, IHSG Terperosok ke Posisi 6.707******

Jelang akhir pekan, IHSG ditutup melemah ke level 6.707 pada Jumat (12/5) imbas 292 saham terkoreksi.
IHSG ditutup melemah ke level 6.707 pada Jumat (12/5) imbas 292 saham terkoreksi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 6.707 pada Jumat (12/5). Indeks saham melemah 48,17 poin atau minus 0,71 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,32 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 24,43 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 234 saham menguat, 292 terkoreksi, dan 205 lainnya stagnan. Terpantau, empat dari 11 indeks sektoral melemah dipimpin sektor barang baku, yakni minus 1,39 persen.

Seperti Asia, bursa Amerika juga bergerak bervariasi. Indeks S&P 500 melemah 0,17 persen, indeks NYSE Composite melemah 0,56 persen, dan indeks NASDAQ Composite menguat 0,18 persen.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/pta),071 per keping, US,87 per keping, dan USDaftar BUMN Punya Utang Jumbo******
Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih memiliki utang jumbo hingga kuartal I-2023 ini, bahkan jumlahnya mencapai puluhan triliun.
Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih memiliki utang jumbo hingga kuartal I-2023 ini, bahkan jumlahnya mencapai puluhan triliun. (iStockphoto/izusek)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih memiliki utangjumbo hingga kuartal I-2023 ini, bahkan jumlahnya mencapai puluhan triliun.

Berdasarkan laporan keuangan yang sudah diterbitkan para perusahaan plat merah tersebut, dikutip Rabu (17/5), setidaknya ada tiga BUMN yang masih memiliki utang besar. BUMN lainnya seperti PT PLN, PT Pertamina, hingga Garuda Indonesia belum menerbitkan laporan keuangannya per kuartal I ini.

Ketiga BUMN ini adalah yang perusahaan negara di bidang konstruksi dan bertugas atau bertanggung jawab penuh untuk melaksanakan pengembangan infrastruktur.

1. Waskita Karya

Dalam laporan keuangannya, per 31 Maret 2023, Waskita Karya masih memiliki liabilitas termasuk utang sebesar Rp84,37 triliun. Meski masih besar, namun jumlah ini turun dibandingkan per akhir Desember 2022 yang sebesar Rp83,98 triliun.

Liabilitas termasuk utang tersebut terdiri dari, jangka pendek sebesar Rp21,23 triliun dan jangka panjang sebesar Rp63,13 triliun.



2. Wijaya Karya

Wijaya Karya sampai akhir Marte 2023 ini memiliki total liabilitas termasuk utang sebesar Rp55,76 triliun. Jumlah ini turun dibandingkan akhir Desember 2022 yang sebesar Rp57,57 triliun.

Secara rinci, utang dan liabilitas ini terdiri dari, kewajiban jangka pendek sebesar Rp34,07 triliun dan jangka panjang sebesar Rp21,69 triliun.

3. Adhi Karya

Adhi Karya tercatat memiliki jumlah liabilitas termasuk utang sebesar Rp30,29 triliun per akhir Maret 2023. Jumlah tersebut juga turun dibandingkan per akhir Desember 2022 yang sebesar Rp31,16 triliun.

Dari laporan keuangan yang dirilis, liabilitas termasuk utang tersebut terdiri dari kewajiban jangka pendek sebesar Rp23,37 triliun dan jangka panjang Rp6,91 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu),856 per kepingnya.

Lihat Juga :
11 Warga Aceh Akhirnya Dapat Ganti Rugi dari ExxonMobil Usai 20 Tahun

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/dzu)




bab terbaru:situs303

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
biowin69
slot top
menang 77 slot
pragmatic slot gacor
emas slot 88
pubtogel login
erek jeruk
makmur bet77
situs online slot gacor
Daftar isi semua bab
Bab 1 serba138
Bab 2 pinjaman e wallet
Bab 3 slot merah 789
Bab 4 slot gacor 99
Bab 5 voucher shopee express
Bab 6 situs slot terbaru tergacor
Bab 7 slot hari ini
Bab 8 slot terupdate
Bab 9 seribu mimpi 42
Bab 10 link baru slot
Bab 11 situs slot top
Bab 12 depo bonus 100 persen
Bab 13 game slot terpercaya
Bab 14 trik menang gates of olympus
Bab 15 buku mimpi 94
Bab 16 voucher belanja tokopedia
Bab 17 apk yang bisa kredit barang
Bab 18 seribu mimpi 88
Bab 19 daftar pinjol masuk bi checking
Bab 20 situs slot terpercaya dan mudah menang
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3404bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Budidaya kembali: Saya adalah Tuhan yang sejati

doku lucky pinjol legal atau ilegal
Pengamat menilai Indonesia bisa menjadi salah satu negara yang warganya terancam kelaparan di tengah krisis pangan.
Pengamat menilai Indonesia bisa menjadi salah satu negara yang warganya terancam kelaparan di tengah krisis pangan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan 345 juta orang di dunia terancam kelaparan akibat krisis pangan.

"Hati-hati di sektor ini (pertanian) juga sekarang ini sangat rawan. Kita tahu krisis pangan di mana-mana 345 juta orang di dunia terancam kekurangan pangan dan kelaparan karena perubahan iklim karena perang," kata Jokowi di Pencanangan Pelaksanaan Sensus Pertanian 2023, Senin (15/5).

Menanggapi hal itu, Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira mengatakan Indonesia bisa menjadi salah satu negara yang terancam kelaparan karena adanya ancaman el nino. Tak hanya soal el nino, kelaparan di Indonesia juga bisa terjadi karena tingginya inflasi pangan.

"Jadi tanpa bantuan pemerintah mereka akan terancam kelaparan juga. Jadi (ancaman kelaparan) juga termasuk di Indonesia," kata Bhima kepada CNNIndonesia.com, Selasa (16/5).

Bhima mengatakan kondisi ini menjadi peringatan bagi Indonesia yang merupakan produsen pangan, tetapi justru mengimpor pangan termasuk beras, gandum, dan bawang putih.

Ia menyebut jika sebuah negara masih menjadi importir pangan dan jumlah penduduk miskinnya cukup besar maka negara tersebut rentan mengalami kelaparan.

Lihat Juga :
Bappenas Usai Disindir Luhut: Semua Bukan Bahasa Mengecat Langit

Karenanya, Bhima menganjurkan pemerintah segera melakukan antisipasi ancaman kelaparan dan el nino yang berpotensi menurunkan produktivitas pangan. Langkah yang bisa dilakukan dengan irigasi. Selain itu, pemerintah harus menggelontorkan anggaran khusus untuk mengatasi krisis pangan.

"Perlu paket kebijakan khusus yang di dalamnya berkaitan dengan alokasi subsidi pupuk, subsidi bibit unggul, atau bantuan permodalan bagi petani. Kemudian memberikan subsidi BBM yang lebih besar. Menurunkan harga BBM subsidi saja itu sudah membantu dari sisi pengendalian biaya produksi dan transportasi," kata Bhima.

Sementara itu, mengutip rilis Indeks ketahanan Pangan Global yang diterbitkan Economist Impact, 10 negara yang ketahanan pangannya terancam yaitu Suriah, Haiti, Yamen, Sierra Leone, Madagascar, Burundi, Nigeria, Venezuela, Sudan, dan Congo.

Analis Senior Indonesia Strategic and Economic Action Institution Ronny P Sasmita mengatakan ancaman kelaparan seperti yang disebut sudah terjadi di beberapa lokasi terutama di Afrika karena cuaca ekstrim yang mengakibatkan gagal panen.

Kelaparan disebut bisa terjadi lantaran gagal panen terjadi bersamaan dengan kondisi pemerintahan di negara tersebut tidak dalam kondisi stabil karena perang sipil, perang antar faksi politik, pemberontakan, yang mengakibatkan sistem ekonominya.

"Risikonya, saat terjadi gagal panen atau kekurangan pasokan bahan makanan domestik, mereka tak memiliki devisa untuk melakukan impor bahan makanan serupa untuk menambal kekurangan tersebut," kata Ronny.

Ronny mengatakan Indonesia masih cukup beruntung karena memiliki cukup devisa. Dengan begitu, saat terjadi el nino atau gagal panen yang mengakibatkan kekurangan cadangan pangan, pemerintah bisa langsung membuka keran impor.

"Tugas lanjutan bagi pemerintah hanya masalah stabilisasi harga pangan agar tetap terjaga dan terjangkau, sehingga tak menggores daya beli masyarakat," kata Ronny.

[Gambas:Video CNN]



 

(fby/sfr)

[Gambas:Video CNN]

seribu pemburu

pinjaman awal kredivo

Yi Ming Li Yueyue

303hoki terbaru terpercaya

Tuan Gila Abadi

pinjaman produktif easycash

Dominasi Kaisar

prediksi togel raja dunia

Mengorbankan gunung dan sungai

slot gacor 45