petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara pinjam di dana

kartubet88 240Jutaan kata 377705Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara pinjam di dana》

KPU RI soal kenaikan suara PSI di Sirekap: Foto C.Hasil rujukan utama******

KPU RI soal kenaikan suara PSI di Sirekap: Foto C.Hasil rujukan utama
Anggota KPU RI Idham Holik (tengah) saat memberikan keterangan di Gedung KPU RI, Jakarta, Jumat (1/3/2024). ANTARA/Rio Feisal.
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI turut menanggapi kenaikan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) di Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) DPR RI, seperti tertera dalam laman berikut https://pemilu2024.kpu.go.id/pilegdpr/hitung-suara, yang diperbincangkan oleh warganet dalam beberapa waktu terakhir.

Menurut Anggota KPU RI Idham Holik, rujukan utama perolehan suara tetap berdasarkan foto dokumen formulir Model C.Hasil Plano, meskipun angka yang tertulis dalam laman KPU berbeda.

"Data perolehan suara yang terdapat dalam foto dokumen formulir Model C.Hasil Plano adalah sumber atau rujukan utamanya. Itu adalah data perolehan suara yang ditulis langsung oleh kpps (kelompok penyelenggara pemungutan suara) yang disaksikan langsung oleh saksi peserta pemilu dan pengawas tps (tempat pemungutan suara) serta dipantau langsung oleh pemantau terdaftar," kata Idham saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Minggu.

Idham menjelaskan data perolehan suara partai politik di Sirekap dapat diverifikasi langsung oleh setiap pengaksesnya, sebab Sirekap menampilkan foto formulir model C.Hasil Plano.

"Sampai saat ini sudah ada 65,81persen tps untuk Pemilu Anggota DPR yang datanya sudah diunggah ke Sirekap. Data tersebut menampilkan foto formulir Model C.Hasil Plano yang dapat dicek atau diverifikasi," ujarnya.

Sementara itu, Idham mengatakan bahwa lembaganya belum melaksanakan rekapitulasi nasional untuk suara dalam negeri. Ia menyebut bahwa KPU RI baru melakukan rekapitulasi nasional untuk suara luar negeri.

"Hasil resmi perolehan suara peserta pemilu berdasarkan rekapitulasi berjenjang dimulai dari ppk (panitia pemilihan kecamatan), kpu kabupaten/kota, kpu provinsi sampai dengan KPU RI," kata dia mengingatkan.

Sebelumnya, pengguna akun media sosial X, @overgassedmk12, mencuit soal perbedaan suara PSI di Sirekap dan foto dokumen formulir Model C.Hasil Plano pada Sabtu (2/3), pukul 16.11 WIB.

"Karena banyak yang nemu kejanggalan suara PSI, akhirnya aku nyoba nyari sendiri di sekitaran Daerah Istimewa Yogyakarta.

TPS 020 Wonosari, Wonosari, Gunungkidul, D.I.Y Web KPU: 31 C Hasil: 5
"

Cuitan tersebut hingga Minggu pukul 16.40 WIB telah disukai 11 ribu akun, dikutip 5 ribu akun, dan mencapai impresi sebanyak 892,3 ribu tayangan.

Adapun berdasarkan laman https://pemilu2024.kpu.go.id/pilegdpr/hitung-suara pada pukul 16.40 WIB, PSI memperoleh 2.403.316 suara atau 3,13 persen di Pileg DPR RI.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (dpt) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Selanjutnya, untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai dengan 20 Maret 2024.

Baca juga: KPU optimistis PSU di Kuala Lumpur digelar sesuai rencana

Baca juga: KPU ancang-ancang gelar pesta demokrasi sesuai jadwal UU Pilkada

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024

Partai Gelora: Ambang batas parlemen dan presiden harus dihapus******

Partai Gelora: Ambang batas parlemen dan presiden harus dihapus
Arsip foto - Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Fahri Hamzah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/10/2023). ANTARA/Melalusa Susthira K
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah mengatakan bahwa ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden (presidential threshold)dan ambang batas parlemen (parliamentary threshold) harus dihapus karena memunculkan jarak dengan rakyat.
 Pernyataan tersebut merupakan tanggapan Fahri atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (29/2) yang memerintahkan besaran angka dan persentase ambang batas parlemen untuk diatur ulang. "Jadi, di masa yang akan datang, tidak saja parliamentary threshold,sebenarnya presidential thresholdjuga harus dihapuskan karena itulah yang menyebabkan rakyat itu berjarak dengan apa yang harus dia pilih dan hak-hak yang melekat pada rakyat itu," kata Fahri dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu. Ia menyebut, segala bentuk ambang batas pada dasarnya mendistorsi hak-hak rakyat untuk memilih pemimpin secara langsung sebab keberadaan-nya membuat rakyat di batas-batasi. Walaupun demikian, ia menilai suara rakyat jauh lebih kuat. "Kalau kita membaca substansi dari argumen MK tentang kedaulatan rakyat, maka seluruh proses demokrasi dan pemilu itu intinya adalah kedaulatan rakyat. Oleh sebab itu, segala jenis pembatasan yang menyebabkan lahirnya perantara antara kekuasaan dengan rakyat itu harus dihentikan," ujarnya.

Baca juga: Peneliti: Putusan ambang batas parlemen perlu didorong di DPR

Baca juga: Peneliti harap putusan ambang batas parlemen bisa wakili suara rakyat Ia juga mengatakan bahwa kedua ambang batas tersebut membuat pilihan rakyat dan orang yang terpilih jadi berbeda. Karena itu, kata dia, tidak heran jika masih ada anggapan bahwa para wakil rakyat sebenarnya bukan betul-betul mewakili rakyat, melainkan masing-masing partai-nya. "Padahal, seharusnya wakil rakyat adalah wakil langsung daripada rakyat karena pada dasarnya rakyat itu memilih orang kemenangan ditentukan oleh perolehan suara terbanyak," ucapnya. Diketahui, MK pada sidang pleno Kamis (29/2) mengabulkan sebagian permohonan uji materi Pasal 414 ayat (1) UU Pemilu yang diajukan oleh Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem). MK dalam amar putusan-nya, meminta pembentuk undang-undang untuk mengatur ulang besaran angka dan persentase ambang batas parlemen dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu agar lebih rasional. MK juga menyatakan norma pasal 414 ayat (1) atau ambang batas parlemen empat persen tetap konstitusional untuk Pemilu DPR 2024 dan konstitusional bersyarat untuk diberlakukan pada Pemilu DPR 2029 dan pemilu berikutnya, sepanjang telah dilakukan perubahan terhadap norma ambang batas parlemen serta besaran angka atau persentase ambang batas parlemen.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024

RSUD Sayang Cianjur berikan pelayanan terhadap 1.000 pasien kanker******

RSUD Sayang Cianjur berikan pelayanan terhadap 1.000 pasien kanker
Kantor Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, Jawa Barat. ANTARA/Ahmad Fikri.
Deteksi dini kanker itu perlu dilakukan terutama kaum perempuan jangan sampai datang terlambat
Cianjur (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur Jawa Barat selama satu tahun terakhir telah memberikan pelayanan maksimal terhadap 1.000 pasien penderita kanker yang setiap tahun jumlahnya terus meningkat.

Dokter penyakit dalam ahli kanker RSUD Sayang Cianjur dr Tri Tuti Hastuti di Cianjur Minggu mengatakan, sejak RSUD Sayang Cianjur membuka layanan pengobatan kanker tahun 2021 sudah memberikan pelayanan terhadap 200 orang pasien.

"Tahun 2022 meningkat menjadi 400 orang dan 2023 sampai 1.000 lebih dengan berbagai macam kanker didominasi kanker payudara, sehingga berbagai pelayanan terkait pasien kanker terus ditingkatkan," katanya.

Tuti menjelaskan, jumlah penderita kanker yang tercatat setiap tahun, belum mewakili keseluruhan karena banyak yang tidak memeriksakan diri atau memilih berobat ke rumah sakit di luar Cianjur.

Pihaknya menilai dengan banyaknya pasien memeriksakan diri ke RSUD Cianjur, membuat pihak rumah sakit dapat lebih meningkatkan pelayanan khusus pasien penderita kanker yang selama ini datanya sulit didapat karena masyarakat memilih upaya lain.

"Kami bersama dinas kesehatan menggencarkan sosialisasi pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan terutama perempuan ketika mendapati benjolan di tubuhnya terutama payudara, sehingga saat ini banyak yang datang untuk melakukan pemeriksaan dan penanganan," katanya.

Seiring dengan Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada 4 Februari mengusung tema "Close the Care Gap" penanganan terhadap pasien kanker tidak boleh ada kesenjangan, RSUD Sayang sudah dapat menangani kanker melalui pengobatannya berupa operasi, kemoterapi dan hipnoterapi.

Sedangkan untuk radioterapi pihaknya masih mengirim sampel data atau hasilnya ke Rumah Sakit di Bandung, sehingga pihaknya mengimbau warga yang menemukan gejala kanker di tubuhnya dapat segera datang ke RSUD Sayang guna mendapat pelayanan pengobatan.

"Deteksi dini kanker itu perlu dilakukan terutama kaum perempuan jangan sampai datang terlambat, kalau stadiumnya sudah tinggi penanganan-nya lebih susah dari saat datang masih dalam stadium satu dan stadium dua," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:dapat penghasilan dari hp

Perbarui waktu:2024-07-03

Daftar bab terbaru
yuk slot
fortuna189
cara cairkan uang di kredivo
sgo777
kumpulan situs togel terpercaya
situs slot gampang menang hari ini
cara mudah pinjam uang online
kokoslot
slot gacor minggu ini
Daftar isi semua bab
Bab 1 panen 268 slot
Bab 2 erek erek rok
Bab 3 demo slot 5000
Bab 4 rog777 co
Bab 5 apk slot online terpercaya
Bab 6 erek 3d angka
Bab 7 erek mancing
Bab 8 hobiqq
Bab 9 pinjaman online ojk langsung cair
Bab 10 pola pola maxwin
Bab 11 link slot mudah jackpot
Bab 12 ebobet
Bab 13 slot emas 168
Bab 14 cara agar dapat uang dari shopee
Bab 15 trik bermain tembak ikan
Bab 16 golden link slot
Bab 17 link slot tanpa deposit
Bab 18 link kakek zeus gratis
Bab 19 vitalslot77
Bab 20 situs judi on
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4271bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Alam Dewa Kegelapan

masuk slot online
Din Syamsuddin: Jangan beri justifikasi pada perampas hak rakyat
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin memberikan ceramah dalam tablik akbar bertema "Strategi Dakwah Muhammadiyah pasca-Pemilu" yang dilaksanakan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tangerang, di Masjid Al-Muhajirin, Catalina, Tangerang, Minggu (3/3/2024). ANTARA/HO-PD Muhammadiyah Tanggerang.
Seperti tampil dengan merampas hak rakyat dalam Pemilu 2024, Muhammadiyah tidak tinggal diam, juga terhadap kemungkaran menampilkan kelaliman, nir-etika dan nir-kenegarawanan
Jakarta (ANTARA) - Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin mengingatkan kepada seluruh anggota organisasi itu jangan pernah memberi justifikasi kepada para perampas hak rakyat pada Pemilu 2024.

“Seperti tampil dengan merampas hak rakyat dalam Pemilu 2024, Muhammadiyah tidak tinggal diam, juga terhadap kemungkaran menampilkan kelaliman, nir-etika dan nir-kenegarawanan,” kata Din Syamsuddin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurutnya, sikap demikian merupakan salah satu bentuk pengamalan Muhammadiyah dalam menegakkan kebenaran dan mencegah kemungkaran atau yang dikenal dengan beramar makruf nahyi munkar.

Pengamalan itu mesti dijalankan, kata dia, mengingat merupakan amanat Muktamar Muhammadiyah Yogyakarta pada 2010 dan amanat Al Quran Surah Ali Imran Ayat 104 sebagaimana yang sering dibacakan dalam forum-forum Muhammadiyah.

Baca juga: Muhammadiyah Sumut tegaskan LBH-AP layani seluruh masyarakat

Din Syamsuddin tidak menginginkan organisasi keagamaan yang pernah ia pimpin itu permisif dan legitimatif, meninggalkan kebenaran, dan kejujuran. Karena bila demikian maka akan berujung menjadi malapetaka besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Jangan karena ada yang datang membawa janji materi ataupun janji posisi tinggi, lidah kita kelu, kaki kita kaku. Tapi justru inilah saatnya kemungkaran struktural dihadapi dengan amar makruf-nahyi munkaryang bersifat struktural pula,” ujarnya dalam Tabligh Akbar yang bertema “Strategi Dakwah Muhammadiyah pasca-Pemilu” yang turut dihadiri jamaah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tangerang.

Sari kondisi itulah, menurut Din, yang mengharuskan Muhammadiyah meluruskan kembali arah pergerakan bangsa dari kemungkaran yang bahkan berjalan secara terstruktural. Sebab di mata Muhammadiyah, kata dia, kemungkaran struktural ialah penyimpangan dan penyelewengan terhadap nilai-nilai dasar berbangsa dan bernegara yang telah disepakati oleh para pendiri, termasuk di dalamnya sejumlah tokoh Muhammadiyah.

Baca juga: Muhammadiyah imbau pihak keberatan hasil pemilu ambil jalur konstitusi
Baca juga: Ketum Muhammadiyah sebut capres harus beretika luhur dan siap kalah

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

Invasi ekstradimensi tanpa akhir

voucher belanja superindo
Ratusan peserta ikuti BTN Dash Aquathlon 2024 di Kompleks GBK
Salah seorang peserta yang mengikuti ajang BTN Dash Aquathlon 2024 yang digelar di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Minggu (3/3/2024). ANTARA/HO-Dash Sports
Jakarta (ANTARA) - Ratusan peserta yang terdiri dari keluarga dan komunitas berkompetisi pada ajang BTN Dash Aquathlon 2024 yang diadakan di Indonesia Arena dan Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Minggu.

“Kurang lebih 400 peserta memulai lomba tepat pukul 06.15 WIB dan tampil seru basah-basahan untuk menyelesaikan lomba. Jelang bulan suci Ramadhan ini, Dash Sports menggandeng BTN menghelat Dash Aquathlon, sebuah perlombaan olahraga multisports yang mengombinasikan olahraga lari dan renang yang dilakukan secara terus menerus (continuously),” kata CEO Dash Sports Alit Aryaguna dalam keterangan resmi.

Adapun kompetisi yang menggabungkan olahraga renang dan lari ini diinisiasi oleh hub olahraga Dash Sports bersama Bank Tabungan Negara (BTN) untuk mempromosikan gaya hidup sehat di tengah masyarakat.

“Bersama BTN, Dash Sports begitu senang untuk menghadirkan sebuah ajang olahraga dan hiburan yang dikemas sedemikian seru dan fun mempromosikan gaya hidup sehat dan bugar melalui renang. Hari ini terlihat begitu hangat antusiasme dan semangat berkompetisi seluruh peserta,” kata Alit.

Sementara itu, Corporate Secretary Bank BTN Ramon Armando mengatakan olahraga lari dan renang cukup populer di masyarakat dan sesuai dengan gaya hidup kaum urban.

“Tahun ini Bank BTN kembali menggelorakan sekaligus mendukung penyelenggaraan Dash Aquathlon yang menggabungkan lari dan renang bertepatan dengan momen acara puncak HUT BTN 2024,” ujar Ramon.

Baca juga: Enam triathele Indonesia siap berlaga di Asian Triathlon Cup 2024

Lebih lanjut, ia memaparkan semangat aquathlon juga menjadi inspirasi baru BTN dalam melalukan rebranding.

“Karena kami menyadari bahwa kesehatan adalah basis utama masa depan yang lebih baik, karena hidup tidak cuma tentang hari ini,” kata Ramon.

Wakil Ketua I Federasi Triathlon Indonesia Arlan Lukman pun turut mengapresiasi ajang BTN Dash Aquathlon 2024.

“Salut kepada keluarga Dash Sports yang secara konsisten menggelar sports event dan community based sport training, seru dan berkualitas. Kita sepaham bahwa komunitas adalah pondasi industri olahraga, khususnya aquathlon (dan triathlon),” ujar Arlan.

Adapun BTN Dash Aquathlon melombakan tiga kategori, yaitu Junior (peserta dengan usia 13-16 tahun), Umum (17-39 tahun), dan Master (berumur di atas 40 tahun).

Lomba yang berformat run-swim-run ini menuntut peserta untuk berlari sejauh 2,5 km kemudian langsung berenang di kolam renang olimpik di Stadion Akuatik sejauh 500 meter dan menyelesaikan sesi lari akhir sejauh 2,5 km lagi menuju garis finis.

Baca juga: Akuatik Indonesia proyeksikan lima atlet lolos kualifikasi Olimpiade
Baca juga: Akuatik Indonesia jadikan kompetisi domestik kunci pembinaan atlet

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Perjalanan ke Barat: Guru Surgawi Penakluk Setan

cara pinjaman kur bri online 2022
Masyarakat Belitung lestarikan tradisi Beruah sambut Ramadhan
Kegiatan "Beruah Massal" Desa Perawas dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah. ANTARA/Kasmono-Apriliansyah/pri.
Kegiatan pagi ini merupakan upaya kita bersama dalam melestarikan adat budaya Beruah di Belitung kepada generasi yang akan datang agar tidak melupakan dan meninggalkan tradisi ini
Belitung (ANTARA) - Masyarakat Desa Perawas, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), melestarikan tradisi Beruah atau Ruwahan dalam menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah/2024.

Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Desa Perawas, Adriadi, di Tanjung Pandan, Minggu, mengatakan tradisi Beruah menjadi wahana mempertahankan dan menghidupkan kembali nilai-nilai adat dan budaya yang hampir terlupakan.

"Melalui tradisi Beruah ini mari kita bangkitkan kembali nilai-nilai adat dan budaya yang hampir tenggelam secara bersama-sama," katanya.

Menurut dia, Pemerintah Desa Perawas menyelenggarakan kegiatan Beruah Massal dalam rangka menyambut datangnya Ramadhan 1445 Hijriah/2024.

Baca juga: Warga Bangka Belitung melaksanakan tradisi ruwahan

Kegiatan Beruah Massal Desa Perawas diselenggarakan di rumah adat panggung Melayu Belitung.

"Kegiatan pagi ini merupakan upaya kita bersama dalam melestarikan adat budaya Beruah di Belitung kepada generasi yang akan datang agar tidak melupakan dan meninggalkan tradisi ini," ujarnya.

Kegiatan Beruah Desa Perawas diisi dengan pembacaan doa bersama, ramah tamah, dan makan bedulang atau bersama-sama.

"Semoga melalui kegiatan Beruah ini ikatan silaturahmi dan persaudaraan ke depannya akan semakin kuat," katanya.

Baca juga: Sambut Ramadhan, Gubernur hadiri tradisi ruwah kubur warga Babel

Kepala Desa Perawas Yahya di Tanjung Pandan, Minggu, mengatakan kegiatan Beruah Massal menjadi langkah dan bukti nyata Pemerintah Desa Perawas dalam melestarikan nilai-nilai adat dan budaya Melayu Belitung.

"Tidak hanya sebatas silaturahmi, namun kegiatan untuk memperkaya kebudayaan masyarakat Belitung secara keseluruhan," ujarnya.

Ia berharap tradisi Beruah dapat terus dilestarikan ke depannya sehingga tidak dilupakan atau ditinggalkan oleh generasi yang akan datang.

"Partisipasi aktif dari masyarakat dapat menjadi kekuatan dalam menjaga dan mengangkat budaya Melayu Belitung," katanya.

Baca juga: Bupati Bangka Tengah minta "ruwah kubur" masuk agenda wisata

Pewarta: Kasmono
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

Sahabat di sebelah

pinjaman online tanpa dp
Gunung Semeru erupsi semburkan abu vulkanik setinggi 800 meter
Gunung Semeru erupsi pada Minggu pukul 21.07 WIB terpantau dari CCTV di Pos Pengamatan Gunung api Semeru di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang. ANTARA/HO-PVMBG/pri.
Terjadi erupsi Gunung Semeru dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 800 meter di atas puncak atau 4.476 mdpl
Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 800 meter di atas puncak pada Minggu pukul 21.07 WIB.

"Terjadi erupsi Gunung Semeru dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 800 meter di atas puncak atau 4.476 mdpl," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung api Semeru Ghufron Ali dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang, Jawa Timur, Minggu.

Menurutnya, kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah tenggara dan erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 140 detik.

Pada hari yang sama, gunung tertinggi di Pulau Jawa itu mengalami erupsi pada pukul 00.13 WIB dengan visual letusan tidak teramati, namun erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 134 detik.

Letusan kembali terjadi pada pukul 19.10 WIB dengan visual letusan tidak teramati, erupsi itu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 114 detik.

Baca juga: Empat truk penambang pasir terjebak aliran lahar dingin Gunung Semeru

Baca juga: Getaran banjir lahar dingin Gunung Semeru tercatat 3 jam lebih

Berdasarkan data, jumlah letusan Gunung Semeru sejak 1 Januari hingga 3 Maret 2024 pukul 21.30 WIB tercatat sebanyak 92 kali erupsi, namun erupsi tersebut tidak mengganggu aktivitas warga di lereng gunung yang berada di perbatasan Lumajang dengan Malang.

Gunung Semeru masih berstatus siaga atau level III, sehingga masyarakat dilarang melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

Di luar jarak tersebut, masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

Kemudian masyarakat tidak boleh beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

Masyarakat juga diimbau mewaspadai potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

Baca juga: Gunung Semeru muntahkan abu vulkanik setinggi 900 meter

Baca juga: Gunung Semeru kembali erupsi dengan letusan setinggi 1 km

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024

Sistem Tuhan yang Tak Berujung

777 dragon slot
BPBD Sulteng: Empat kecamatan di Kabupaten Buol terendam banjir
Rumah warga terendam banjir di Kabupaten Buol, Minggu (3/3/2024). ANTARA/HO-BPBD Sulteng/pri.
Dari laporan yang kami terima, empat kecamatan yang terendam banjir tersebut yaitu Kecamatan Keramat, Lakea, Biau, dan Momonu
Palu (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Sulawesi Tengah (Sulteng) menyebutkan empat kecamatan di Kabupaten Buol dengan 14 desa atau kelurahan terendam banjir.
"Dari laporan yang kami terima, empat kecamatan yang terendam banjir tersebut yaitu Kecamatan Keramat, Lakea, Biau, dan Momonu," kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulteng Andy Sembiring di Kota Palu, Minggu. Ia mengemukakan intensitas curah hujan yang tinggi telah menyebabkan air sungai di masing-masing daerah setempat meluap ke pemukiman warga dan cuaca buruk juga menyebabkan gelombang pasang pada sepanjang pesisir pantai. Andy Sembiring menjelaskan tiga desa terdampak di Kecamatan Keramat yakni Desa Busak 1, Busak 2 dan Monano. Begitu juga di Kecamatan Lakea ada tiga desa terdampak yaitu Desa Ngune, Lakea II, dan Tuinan.

Baca juga: BPBD: Warga terdampak banjir-longsor di Buol Sulteng butuh logistik Sementara itu terdapat lima kelurahan terdampak di Kecamatan Biau juga terdampak banjir yakni Kelurahan Leok I, Kumaligon, Leok II, Kali, dan Kulango, serta satu desa di Kecamatan Momonu yaitu Desa Pinamula. Dia menyebut Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBP Sulteng masih berkoordinasi dengan aparat desa setempat dan melakukan asesmen di lapangan. Berdasarkan hasil asesmen sementara, kata dia, sebanyak 50 jiwa atau 10 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir dengan empat rumah rusak berat dan enam rumah rusak ringan di Desa Busak 1, Kecamatan Keramat. "Untuk Desa Ngune, Kecamatan Lakea, sebanyak 228 KK atau 948 jiwa dengan 91 balita, 31 bayi, dan 22 lansia, terdampak banjir," katanya.

Baca juga: BPBD Sulteng: 4 kecamatan terdampak banjir hingga satu meter di Buol Selain itu 191 rumah,  tiga madrasah, satu fasilitas kesehatan, dua masjid, dan tiga unit perkantoran, juga terendam banjir. Selanjutnya sebanyak 78 KK dan 78  rumah terendam banjir dengan tujuh rumah rusak di Kelurahan Kumaligon, Kecamatan Biau. "Untuk daerah lainnya yang terdampak, saat ini masih sementara dilakukan asesmen," ujar Andy. Dia menyebut tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun 25 keluarga atau 90 orang di Desa Ngune mengungsi ke tempat aman. Menurut dia, warga terdampak banjir di Kabupaten Buol membutuhkan logistik berupa tenda, pakaian, makanan siap saji, pakaian, dan selimut, untuk warga dalam kondisi darurat ini. Karena itu dia mengimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan apabila bermukim di daerah yang rawan terjadi banjir dan tanah longsor.

Baca juga: 3.570 warga terdampak banjir di Desa Pinamula Kabupaten Buol
 

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

Pemasok Dewa dan Iblis

man 55 slot
TP PKK pusatkan "Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia" di Bogor
Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Bogor Siti Chomzah di Cibinong, Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bogor)
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) memusatkan "Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia" di Alun-alun Cirimekar, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Senin, 4 Maret 2024.

"Kabupaten Bogor sebagai tuan rumah pencanangan Gertam Cabai yang dirangkaikan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52," ungkap Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Bogor Siti Chomzah di Cibinong, Bogor, Minggu.

Sedikitnya ada 1.000 bibit cabai diserahkan dalam kegiatan yang akan dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang juga Istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wury Estu Handayani.

Siti Chomzah menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan gerakan tanam cabai kepada warga karena cabai merupakan salah satu komoditas yang kerap berdampak pada terjadinya inflasi setiap tahun.

"Kabupaten Bogor insya Allah siap menjadi tuan rumah, dan sudah menyiapkan lokasi kegiatan yang tentunya representatif," kata Siti Chomzah.

Pada kegiatan pencanangan Gertam Cabai, Iriana Joko Widodo bersama Wury Estu Handayani dijadwalkan menanam cabai sebagai tanda dimulainya Gertam Cabai Nasional.

Kemudian, keduanya akan menyerahkan 1.000 paket sembako, tiga buah bantuan kursi roda, dokumen kependudukan, serta 500 buku resep kudapan tinggi protein secara simbolis.

Lalu, kegiatan akan dilanjutkan dengan penebaran 50 ribu benih ikan di Situ Citata, peninjauan food truck, mobil ATI (Ahli Teknologi dan Informasi), rapid test keamanan pangan, serta penanaman tujuh benih pohon alpukat miki.

Selanjutnya, Iriana Joko Widodo bersama Wury Estu Handayani akan menutup kegiatan dengan meninjau berbagai kegiatan lain seperti gerakan pangan murah, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), serta stan-stan edukasi.


Baca juga: Pemprov Sulbar luncurkan gerakan tanam sejuta cabai

Baca juga:   Bank Indonesia dan Provinsi Banten lakukan gerakan tanam cabai 
 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024