petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

nama pinjol resmi

slot terbaru gacor hari ini 299Jutaan kata 958637Orang-orang telah membaca serialisasi

《nama pinjol resmi》

Rincian Kadar Gula Tambahan pada Sereal******

Rincian kandungan gula tambahan berlebih pada produk bubur dan susu bayi Nestle di negara miskin dan berkembang yang dinilai berlebihan.
Rincian kandungan gula tambahan berlebih pada produk bubur dan susu bayi Nestle di negara miskin dan berkembang yang dinilai berlebihan. (Foto: iStockphoto/HandmadePictures)
Jakarta, CNN Indonesia--

Nestle dilaporkan memakai gula tambahan pada produk susu danbubur bayiyang dinilai membahayakan bagi kesehatan anak di sejumlah negara.

Produk-produk dengan gula berlebih ini utamanya dipasarkan di negara-negara miskin dan berkembang.

Hal ini diungkapkan oleh Public Eye selaku lembaga swadaya masyarakat (LSM) asal Swiss berdasarkan hasil investigasi yang mereka lakukan bersama dengan International Baby Food Action Network (IBFAN).

Kadar gula tersebut berbeda dengan apa yang dijual di Swiss, tempat asal perusahaan tersebut. Temuan itu menyebut tidak ada gula tambahan dalam produk yang dijajakan di Swiss serta beberapa negara Eropa lain seperti Jerman, Inggris dan Prancis.

"Ada standar ganda (kadar gula) di sini yang tidak dapat dibenarkan," kata Ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Nigel Rollins terkait hasil investigasi, dikutip dari laporan Public Eye dan IBFAN yang dirilis Rabu (17/4).

Mirisnya, jumlah gula tambahan pada produk Nestle seringkali tak diungkapkan ke publik. LSM asal Swiss itu mengklaim tak ada informasi soal gula tambahan dalam keterangan nutrisi di kemasan produk tersebut.

Public Eye dan IBFAN pun menguji 115 produk Cerelac atau bubur bayi yang dijual Nestle di pasar utamanya, meliputi Afrika, Asia, dan Amerika Latin. Hasilnya, 108 produk cerelac atau 94 persen terbukti mengandung tambahan gula.

Rata-rata temuannya mengungkapkan tambahan gula itu hampir 4 gram per porsi sajian atau sekitar satu sendok teh.

Lihat Juga :
Nestle Klaim Sukses Turunkan 11 Persen Kadar Gula di Produk Bubur Bayi

Berikut rincian kandungan gula per porsi pada bubur bayi di sejumlah negara: 

1. Filipina 7,3 gram

2. Nigeria 6,8 gram

3. Senegal 5,9 gram

4. Vietnam 5,4 gram

5. Etiopia 5,2 gram

6. Afrika Selatan 4,2 gram

7. Indonesia 3,8 gram

8. Bangladesh 3,3 gram

9. Thailand 3,2 gram

10. Brasil 3 gram

11. India 2,7 gram

12. Pakistan 2,7 gram.

Sementara itu, tambahan gula pada produk Nido atau susu anak, Public Eye dan IBFAN memeriksa 29 produk yang dijual oleh Nestlé di beberapa pasar utama di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah. Hasilnya, 21 produk atau sekitar 72 persen mengandung gula tambahan.

Penelitian itu mengungkapkan rata-rata gula tambahan pada produk susu Nestle mencapai 2 gram per porsi sajian.

Lebih rinci, nilai maksimum sebesar 5,3 gram per porsi sajian terdeteksi pada produk yang dijual di Panama. Di posisi kedua, ada Nikaragua dengan tambahan gula mencapai 4,7 gram.

Berikut rincian kandungan gula pada susu bayi di sejumlah negara:

1.  Panama 5,3 gram

2. Nikaragua 4,7 gram

3. Meksiko 1,8 gram

4. Kosta Rika 1,6 gram

5. Afrika Selatan 0,9 gram

6. Indonesia 0,7 gram

7. Nigeria 0,6 gram

8. Senegal 0,6 gram

Nestlé menyoroti bahwa produk-produk ini tanpa tambahan sukrosa. Tetapi memang mengandung gula tambahan dalam bentuk madu.

Di sisi lain, madu dan sukrosa sama-sama didefinisikan WHO sebagai gula yang tidak boleh ditambahkan ke makanan bayi.

"Gula tidak boleh ditambahkan ke makanan yang diberikan kepada bayi dan anak kecil karena tidak diperlukan serta sangat membuat ketagihan," komentar Ahli Epidemiologi di Departemen Nutrisi Universitas Federal Paraiba Brasil Rodrigo Vianna.

"Anak-anak (yang) terbiasa dengan rasa manis mulai mencari makanan yang lebih manis. Ini memulai siklus negatif yang meningkatkan risiko gangguan gizi di masa dewasa, termasuk obesitas dan penyakit tidak menular kronis lainnya, seperti diabetes atau darah tinggi," wanti-wanti sang profesor.

Lanjut ke halaman berikutnya...

Tanggapan Nestle soal Kandungan Gula Berlebih

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Mentan Siagakan 500 Embung Hingga 629 Perpompaan Hadapi El Nino******

Mentan Syahrul Yasin Limpo akan mengalokasikan 500 unit embung dan 629 unit perpompaan guna menghadapi El Nino pada Agustus mendatang.
Mentan Syahrul Yasin Limpo akan mengalokasikan 500 unit embung dan 629 unit perpompaan guna menghadapi El Nino pada Agustus mendatang. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri PertanianSyahrul Yasin Limpo akan mengalokasikan 500 unit embung dan 629 unit perpompaan guna menghadapiEl Nino pada Agustus mendatang.

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan 250 uni perpipaan, serta Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) sebanyak 3.213 unit.

Ia juga meminta jajarannya mendampingi petani dan menyiapkan sumber pengairan baik yang berasal dari sumur bor maupun aliran irigasi.

Pada periode 2020 sampai 2022, ia menjelaskan Kementan telah mengalokasikan kegiatan irigasi peningkatan ketersediaan air RJIT sebanyak 11.866 unit, perpompaan 2.177 unit, perpipaan 439 unit, dan embung 1.531 unit.

Ia mengerahkan gerakan mitigasi El Nino melalui penggunaan pompa air di wilayah-wilayah rentan kekeringan, serta mendorong percepatan tanam dengan menggunakan varietas tahan kering serta mekanisasi seperti penggunaan traktor roda empat dan traktor roda dua.

Selain itu, kata Syahrul, para petani juga bisa menggunakan akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian sebagai permodalan utama dalam meningkatkan produktivitas budidaya. Menurutnya, petani bisa memperbaiki lahan kering dengan membeli alsintan maupun mesin pencacah untuk panen.

Lihat Juga :
Kemendag Ungkap Indomie 'Bermasalah' yang Ditarik Taiwan Berstandar RI

"Kita harus memperkokoh kekuatan SDM (sumber daya manusia) kita melalui KUR. Kemudian memperkokoh produksi kita dengan benih unggul dan pengembangan pupuk organik," katanya.

Syahrul juga terus mendorong para petani untuk mengikuti program asuransi usaha tani padi (AUTP).

El Nino memang tengah diwaspadai oleh pemerintah. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyiapkan 'senjata' melawan El Nino yang berpotensi membuat Indonesia kekeringan hingga didera inflasi pangan.

Menurutnya Luhut, ancaman El Nino berkorelasi terhadap penurunan produksi pertanian RI. Padahal, inflasi pangan berkontribusi besar terhadap inflasi keseluruhan.

"Belum lagi dampak luas terhadap inflasi Indonesia dikarenakan besarnya kontribusi inflasi pangan terhadap inflasi keseluruhan. Hal ini terjadi karena diperkirakan 41 persen lahan padi mengalami kekeringan ekstrem di tahun tersebut," kata Luhut di akun Instagram resminya, Rabu (26/4) lalu.

Ia menegaskan pemerintah bakal bersiap menghadapi ancaman paling ekstrem. Luhut meminta seluruh kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah memulai persiapan 'perang' melawan El Nino sejak dini.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

[Gambas:Video CNN]

Kemendag Ungkap Biang Kerok Gula Langka di Ritel Modern******

Kemendag menyebut kelangkaan gula di ritel modern terjadi akibat pelaku usaha kesulitan mendapatkan pasokan dan harga gula impor yang tinggi.
Kemendag menyebut kelangkaan gula di ritel modern terjadi akibat pelaku usaha kesulitan mendapatkan pasokan dan harga gula impor yang tinggi. (CNN Indonesia/William).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengungkap biang kerok penyebab kelangkaan guladi ritel modernbelakangan ini.

Menurut Direktur Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim, kelangkaan terjadi karena pelaku usaha kesulitan mendapatkan stok gula dari impor dan harga yang tinggi.

"Ya karena lebih kesulitan memperoleh gula di sana (dari impor) dengan harga yang boleh di Indonesia kan. Harganya kan di luar tinggi," kata di Kementerian Perdagangan, Jumat (19/4) seperti dikutip dari detikfinance.

Lihat Juga :
IHSG Ambruk ke Posisi 7.087 Usai Israel Balas Serangan Iran

"Sekarang juga udah memasuki musim giling kan Mei," jelasnya.

Meski begitu, menurut data yang dimilikinya, stok gula konsumsi masih cukup sampai bulan depan. Stok yang dimaksud adalah berada di BUMN hingga swasta sebanyak 330 ribu ton.

"Kalau dari sisi stok masih cukup sampai bulan depan, karena dari stoknya dari 300 (ribu ton) kan, dari catatan kami di BUMN dan swasta itu lebih dari 330 (ribu ton). Artinya cukup untuk satu bulan. Ketahanan stok itu kan 1,5 bulan hampir 2 bulan, jadi cukup lah itu stoknya," terangnya.

Menurut Isy pemerintah dengan pelaku usaha juga tengah membahas terkait kelangkaan gula yang saat ini terjadi. Namun memang soal ketersediaan berada pada ranah Badan Pangan Nasional.

"Saya sudah ke Kemenko (Bidang Perekonomian), sekarang ada rapat gula di sana mengenai roadmap pergulaan. Sekalian ngobrolin ini karena sudah mulai ada kelangkaan. Tapi penanganannya di Bapanas. Kami menyampaikan hasil pemantauan kami," jelas dia.

Gula di sejumlah toko ritel modern langka dalam beberapa waktu terakhir.

Salah satu kelangkaan terjadi di Indomaret di kawasan Otista, Jakarta Timur. Ardita, petugas di Indomaret tersebut mengatakan kelangkaan terjadi sejak beberapa waktu belakangan ini.

"Banyak banget yang nanyain gula, setiap hari pasti ada yang bertanya 1 atau 2 orang," katanya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (19/4).

Tapi sayang barangnya lagi tidak ada. Ia bercerita pasokan gula terakhir masuk ke toko yang dijaganya sejak seminggu sebelum Lebaran lalu. Saat itu pasokan masuk sebanyak 2 karung gula.

Karung berisi 20 kg. Saat masuk, harga gula berangsur naik dari Rp16 ribu menjadi Rp17.500 per kg.

[Gambas:Video CNN]

"itu terjadi seminggu sebelum Lebaran," katanya.

Tak hanya di Indomaret, kekosongan juga terjadi di Alfamidi di kawasan yang sama. Pegawai bernama Vera mengungkap pasokan gula di tempatnya pun kosong dalam beberapa hari terakhir.

Padahal, banyak masyarakat yang mencari gula.

"Habis mas, gulanya belum datang. Puluhan orang ada mas yang nanyain gula. Biasanya sekali datang, kita dapat 3 karung gula, tapi memang ini belum ada" ujar Vera.

Namun pemandangan berbeda terjadi di Alfamart Otista Raya. Di sana, pasokan gula baru masuk.

"Itu baru datang mas 2 karung, sudah dibuka karungnya," pungkas Bimas yang merupakan karyawan di sana.

Selanjutnya, harga di ketiga ritel tersebut dibanderol dengan harga yang sama, yakni Rp17.500 per kilogram (kg).

Lihat Juga :
Luhut-Menlu China Bahas Kereta Cepat Sambil Makan Durian
(agt/agt)




bab terbaru:menang maxwin

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
situs slot jerman
link alternatif tangkas
senopatibola
pinjol tanpa slik ojk 2022
situs paling mudah maxwin
slot tergacor terbaru
raja88
gacor slot 168 login
pinjaman online legal bunga rendah
Daftar isi semua bab
Bab 1 cara limit akulaku
Bab 2 anugrahtoto
Bab 3 penjelasan tentang kredivo
Bab 4 situs slot extra chilli
Bab 5 cara menang higgs domino rejeki nomplok
Bab 6 dominoqq
Bab 7 96 togel
Bab 8 slot terpercaya dan gacor
Bab 9 agenslot77
Bab 10 seribu mimpi 65
Bab 11 pakd4d
Bab 12 rtp garuda138
Bab 13 pinjaman now ojk
Bab 14 situs slot terbaik dan terpercaya
Bab 15 pinjol tanpa potongan awal
Bab 16 rekomendasi situs slot gampang menang
Bab 17 bandarslot88
Bab 18 kumpulan slot88
Bab 19 cara pasang togel pakai pulsa
Bab 20 gudang casino slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7785bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

Dianhuang

raja138 slot
Produk Nestle dituding memakai gula berlebih yang berbahaya bagi kesehatan anak, terutama yang dipasarkan di negara-negara berkembang.
Produk Nestle dituding memakai gula berlebih yang berbahaya bagi kesehatan anak, terutama yang dipasarkan di negara-negara berkembang. ( iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Produk Nestledituding memakai gulaberlebih yang berbahaya bagi kesehatan anak, terutama yang dipasarkan di negara-negara miskin dan berkembang.

Tudingan itu disampaikan Public Eye selaku lembaga swadaya masyarakat (LSM) asal Swiss berdasarkan hasil investigasi yang mereka lakukan bersama dengan International Baby Food Action Network (IBFAN) terhadap sejumlah produk Nestle.

Hasil investigasi menunjukkan ada kadar gula tambahan atas produk Nestle yang dijual di negara miskin dan berkembang. Produk utama Nestle yang mereka sorot mengandung gula tambahan adalah; Cerelac dan Nido atau biasa disebut Dancow di Indonesia.

Rollins menegaskan perbedaan kadar gula di masing-masing negara yang menjajakan Nestle merupakan hal yang tidak pantas. Menurutnya, ini bermasalah dari segi kesehatan juga etika.

Parahnya, jumlah gula tambahan pada produk Nestle seringkali tak diungkapkan ke publik. LSM asal Swiss itu mengklaim tak ada informasi soal gula tambahan dalam keterangan nutrisi di kemasan produk tersebut.

Non-governmental organization (NGO) itu bersama IBFAN mencoba menguji kadar gula Cerelac di laboratorium Swiss. Anehnya, sejumlah laboratorium menolak karena takut muncul dampak negatif jika hasil pengujian diungkap ke khalayak.

Mereka pun bergeser ke laboratorium di Belgia dan menguji 115 produk yang dijual Nestle di pasar utamanya, meliputi Afrika, Asia, dan Amerika Latin. Hasilnya, 108 produk cerelac atau 94 persen terbukti mengandung tambahan gula.

Rata-rata gula tambahan itu mencapai 4 gram per produk. Bahkan, ada 7,3 gram gula tambahan per porsi pada produk yang dijual di Filipina untuk bayi enam bulan.

Ini merupakan volume tertinggi gula yang ditambahkan ke suatu produk. Persentase kandungan gula tertinggi kedua terjadi pada produk Nestle di Nigeria. Total kandungannya mencapai 6,8 gram. 

Sementara itu persentase tertinggi ketiga diduduki oleh produk Nestle yang dijual di Senegal dengan kandungan 5,9 gram. 

Sedangkan untuk produk susu bubuk yang ditujukan untuk balita berusia satu hingga tiga tahun, rata-rata kandungan gulanya mencapai 2 gram per porsi.

Kandungan gula tertinggi tercatat untuk produk susu yang dijual di Panama. Tercatat kandungan gulanya mencapai 5,3 gram.

Sedangkan kandungan gula tertinggi kedua dan ketiga ditempati Nikaragua dan Meksiko dengan jumlah 4,7 gram gula per porsi dan 1,8 gram.

"Gula tidak boleh ditambahkan ke makanan yang diberikan kepada bayi dan anak kecil karena tidak diperlukan serta sangat membuat ketagihan," komentar Ahli Epidemiologi di Departemen Nutrisi Universitas Federal Paraiba Brasil Rodrigo Vianna.

"Anak-anak (yang) terbiasa dengan rasa manis mulai mencari makanan yang lebih manis. Ini memulai siklus negatif yang meningkatkan risiko gangguan gizi di masa dewasa, termasuk obesitas dan penyakit tidak menular kronis lainnya, seperti diabetes atau darah tinggi," wanti-wanti sang profesor.

[Gambas:Video CNN]

Khusus di Indonesia, mereka menyebut ada kadar gula tambahan lebih dari 0,7 gram per porsi. Ini ditemukan pada produk Dancow.

Pada 2022 lalu, WHO melarang penambahan gula dan pemanis pada produk makanan untuk bayi serta anak di bawah usia tiga tahun. Mereka mendesak industri terkait untuk proaktif dan mendukung kesehatan masyarakat dengan memformulasi ulang produk makanan bayi yang dijual.

CNNIndonesia.commengkonfirmasi hasil investigasi itu kepada Direktur Corporate Affairs Nestle Indonesia Sufintri Rahayu.

Wanita yang akrab disapa Fifin itu mengatakan dalam beroperasi Nestle selalu menerapkan prinsip gizi, kesehatan dan keafiatan yang sama di mana pun. Hal itu katanya sejalan dengan pedoman dan regulasi internasional.

Lihat Juga :
Blak-blakan Bos Indofarma soal Tunggak Gaji Karyawan per Maret 2024

"Hal ini termasuk kepatuhan terhadap persyaratan label dan ambang batas pada kandungan karbohidrat yang mencakup gula," katanya.

"Makanan bayi merupakan kategori yang diatur secara ketat, dan kami menyampaikan secara transparan mengenai produk-produk kami kepada konsumen dan selalu menyatakan total kandungan gula produk kami," katanya.

Ia mengatakan Nestle telah melakukan upaya signifikan untuk mengurangi gula di seluruh produk perusahaan. Dalam beberapa tahun, ia mengklaim bahwa Nestle berhasil mengurangi sebanyak 11 jumlah total gula tambahan pada produk bubur bayi kami di seluruh dunia," katanya. 

Lihat Juga :
Iran-Israel Memanas, Erick Thohir Minta Pertamina, PLN Borong Dolar
(skt/agt)

Shenglongxu

qqaxio
Sulaiman Al Rajhi, taipan Arab yang 2011 lalu disebut berharta Rp112 triliun rela miskin demi amal karena ia percaya harta hanya titipan Allah.
Sulaiman Al Rajhi, taipan Arab yang 2011 lalu disebut berharta Rp112 triliun rela miskin demi amal karena ia percaya harta hanya titipan Allah. llustrasi. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menikmati kekayaandari hasil kerjakeras di masa tua mungkin itu menjadi impian setiap orang. Tapi itu tidak sama halnya dengan yang dilakukan olehSulaiman Al Rajhi.

Pengusaha sukses Arab itu memilih untuk jatuh miskin lagi dengan menyumbangkan hartanya, baik dalam bentuk uang, saham maupun properti untuk beramal.

Lalu siapa sebenarnya Sulaiman Al Rajhi dan bagaimana dia bisa kaya raya dan menyumbangkan banyak hartanya?

Maklum, Al Rajhi kecil memang berasal dari kalangan keluarga miskin. Karena keadaan tersebut, ia sudah harus bekerja sebagai porter di Pasar Al Khadra Riyadh meski baru berusia 9 tahun.

Di usianya yang masih hijau, ia harus mondar mandir membawa barang belanjaan untuk pembeli di pasar tersebut. Kemudian pada saat usianya menginjak 12 tahun, Al Rajhi harus bekerja sebagai pengumpul kurma dengan bayaran tak lebih dari 6 rial per bulan.

Lihat Juga :
Daftar Teranyar 10 Orang Terkaya RI, Ada 1 Pendatang Baru

Kondisi hidup yang demikian membuatnya juga tidak jarang harus tidur beralas kerikil di tempat kerja. Tak hanya itu, karena kondisi tersebut ia sering tidur dengan mengenakan pakaian yang ia kenakan saat bekerja.

Pada satu titik, Al Rajhi juga pernah bekerja sebagai juru masak di salah satu hotel di Riyadh dan pelayan di salah satu perusahaan kontraktor Saudi dengan bayaran 60 rial sebulan.

Setelah mempunyai tabungan dari hasil jerih payahnya, Al Rajhi banting setir menjadi pedagang grosir minyak tanah impor. Ia kemudian membuka toko kelontong sendiri untuk melancarkan bisnisnya.

Namun, itu tak berlangsung lama. Pada saat berusia 15 tahun, ia memutuskan untuk menjual tokonya. Langkah tersebut dilakukan terkait keputusannya untuk menikah. Ia memerlukan banyak uang untuk biaya pernikahan sehingga harus menjual tokonya dan menguras tabungannya.

Lihat Juga :
TAIPANAbdulsamad Rabiu, Konglomerat Muslim Asal Nigeria Berharta Rp124 T

Usai menikah, Sulaiman bekerja di perusahaan penukaran uang milik saudaranya Saleh Al Rajhi. Kolaborasi Al Rajhi dan saudaranya itu membuahkan hasil gemilang. Berkat kerja sama mereka berdua, usaha jasa penukaran uang berkembang pesat.

Mereka memutuskan untuk membuka cabang baru demi menopang perkembangan usaha tersebut. Namun, perkembangan itu tak lantas membuat Al Rajhi berpuas diri.

Pada 1970, Al Rajhi memutuskan untuk mencari tantangan baru; berpisah dengan saudaranya dan kemudian membuka perusahaan penukaran uang sendiri.

Berkat Kepiawaiannya, bisnis tersebut membuat usahanya berkembang pesat. Hanya dalam waktu singkat, ia berhasil mengembangkan usaha penukaran uang yang dikembangkannya menjadi 30 cabang yang tersebar di seluruh Arab Saudi.

Lihat Juga :
Mengenal Nassim Road, Tempat Taipan RI Beli Rumah Rp2,3 T di Singapura

Bahkan, ia berhasil melebarkan sayap usahanya ke beberapa negara Arab, seperti Mesir dan Lebanon. Setelah sukses dengan pengembangan jasa penukaran uang itu, pada 1978, Al Rajhi kemudian kembali berkolaborasi dengan ketiga saudara; Saleh Al Rajhi, Mohammed Al Rajhi dan Abdullah Al Rajhi membentuk payung Perusahaan Perdagangan dan Penukaran Al Rajhi.

Setelah dua tahun berjalan, perusahaan tersebut berubah nama jadi Al Rajhi Banking and Investment, yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya Al Rajhi Bank, salah satu bank syariah terbesar di dunia.

Bank tersebut tumbuh besar hingga memiliki 600 cabang yang tersebar di Arab Saudi, Kuwait, Yordania hingga Malaysia dan memiliki aset hingga US miliar.

Kegemilangan kinerja banknya tersebut membuat kekayaannya melejit. Berdasarkan catatan Forbes, kekayaan Al Rajhi pada 2011 kemarin tembus US,7 miliar. Kalau dirupiahkan dengan kurs Rp14.674 per dolar AS, kekayaan itu tembus Rp112,9 triliun. 

Lihat Juga :
TAIPANLiu Qiangdong, 'Anak Ubi Jalar' Berharta Rp190 T dari China

Namun, pada 2015 kekayaan itu turun menjadi tinggal US,1 miliar atau Rp30,8 triliun. Penurunan kekayaan terjadi setelah 2011 lalu, Al Rajhi menyatakan komitmennya untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk amal, mendanai upaya pengentasan kelaparan dan pendidikan di Arab Saudi. 

Puncak dari komitmen itu, ia mentransfer 20 persen sahamnya di Al-Rajhi Bank pada 2013 lalu ke lembaga amal. 

Karena amalnya tersebut, Al Rajhi harus rela terlempar dari daftar orang kaya versi Forbes.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Undangan Pemerintah Arab dan Hiburan Tak Sesuai Syariat Islam

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Riasan merah di seluruh dunia

erek erek 10001 mimpi
Jokowi menelepon Menhub Budi Karya setiap hari untuk mengecek kondisi di lapangan dan memberi semangat Kemenhub Cs dalam mengamankan mudik.
Jokowi menelepon Menhub Budi Karya setiap hari untuk mengecek kondisi di lapangan dan memberi semangat Kemenhub Cs dalam mengamankan mudik. (Foto: CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi cerita 'diteror' Presiden Joko Widodo (Jokowi) setiap hari di masamudik Lebaran2024.

Budi mengatakan sang Kepala Negara ingin terus mengecek bagaimana kondisi di lapangan saat mudik. Jokowi juga memberi semangat kepada Kemenhub dan stakeholder terkait dalam mengamankan gelaran mudik.

"Saya bisa katakan ini suatu keberhasilan, berhasil kita semua. Tidak lain juga karena kepemimpinan Presiden (Jokowi) yang dari ke hari memantau. Tentu beliau tahu persis apa yang terjadi di lapangan, tapi memberikan semangat, dari hari ke hari kami ditelepon," ucapnya dalam Penutupan Posko Angkutan Lebaran 2024 di Kemenhub, Jakarta Pusat, Jumat (19/4).

Ia mengatakan kolaborasi Kemenhub, Polri, dan kementerian/lembaga (K/L) terkait tak hanya sebatas Pulau Jawa, tetapi juga mencakup Aceh hingga Papua.

Budi menyinggung pengamanan mudik dan balik pada setiap momen Lebaran merupakan amanat negara.

"Dan saat akhir saya juga sudah laporkan kepada Bapak Presiden (Jokowi) bahwa kami sudah menjalankan kegiatan ini, beliau menyampaikan apresiasi. Dari awal, dari hari ke hari, (Presiden Jokowi) memberikan catatan dan ingin mendapatkan informasi secara detail," tutur Budi.

Sebelumnya, Budi mengatakan Presiden Jokowi memberikan catatan khusus dalam masa mudik Idulfitri 1445 H.

Presiden Jokowi disebut menyoroti kemacetan yang masih cukup panjang di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Budi mengatakan catatan itu bakal menjadi evaluasi untuk mudik tahun-tahun berikutnya. Catatan lainnya dari Jokowi soal kemacetan di sejumlah ruas tol pada saat mudik.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Era seni bela diri super

mahongtogel
Menhub Budi Karya Sumadi mengungkap data pergerakan pemudik pada Lebaran 2024 tembus 242 juta, melampaui survei awal Kemenhub.
Menhub Budi Karya Sumadi mengungkap data pergerakan pemudik pada Lebaran 2024 tembus 242 juta, melampaui survei awal Kemenhub. (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkap data pergerakan pemudik pada Lebaran 2024tembus 242 juta. Angka ini melampaui survei awal Kemenhub.

Ia mengatakan survei awal Kemenhub menunjukkan akan ada 193 juta pemudik selama Lebaran ini. Jumlah yang mencapai 70 persen penduduk Indonesia itu mulanya dinilai tak mungkin terjadi oleh sejumlah pihak.

"Tapi kami bekerja sama dengan provider (operator telekomunikasi) terbesar di negara ini dan tercatat 242 juta pergerakan, baik mudik maupun aglomerasi. Ini menunjukkan jumlah itu memang ada," ucap Budi dalam Penutupan Posko Angkutan Lebaran 2024 di Kemenhub, Jakarta Pusat, Jumat (19/4).

Di lain sisi, ia mengatakan mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub sangat diminati. Budi menyebut minat yang tinggi ini terjadi di berbagai moda transportasi, mulai dari darat hingga kereta api.

Budi mencontohkan betapa antusias masyarakat saat pelepasan mudik gratis di darat. Bahkan, okupansi mudik gratis di laut meningkat peminatnya dibanding tahun-tahun sebelumnya yang hanya 90 persen.

"Kami juga akan menambahkan (kuota mudik gratis) secara signifikan, bisa sampai dua kali lipat. Mudik gratis itu signifikan diterima masyarakat, sangat senang sekali," jelasnya

"Kepada pak sekjen, anggaran dari kami mungkin harus dua kali lipat (untuk mudik gratis). Kepada pihak-pihak lain juga seyogyanya menganggarkan, selain hadiah lebaran juga ada angkutan mudik gratis," tambah Budi.

Berdasarkan data pergerakan pemudik yang melonjak tersebut, Budi mengatakan perlu ada perubahan persiapan. Ia memprediksi pasti jumlah pemudik di tahun-tahun berikutnya akan meningkat.

Ia menyebut pergerakan masyarakat ini tak bisa teratasi, jika pemerintah dan stakeholder terkait hanya mengandalkan sarana dan prasarana yang sudah ada.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Arus balik 2002

sedayu138
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bakal mendorong ekspor durian ke China.
Ilustrasi. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bakal mendorong ekspor durian ke China. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bakal mendorong ekspor durianke China.

Menurut Luhut, Indonesia memiliki potensi untuk melakukan hal tersebut. Di sisi lain, China merupakan importir durian hingga US miliar atau sekitar Rp129,47 triliun (asumsi kurs Rp16.184 per dolar AS).

Lihat Juga :
RI-China Segera Bentuk Tim Garap Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

"Bisa ekspor durian senilai Rp1,5 triliun itu akan membuat kesejahteraan rakyat di sana," tutur Luhut.

Lihat Juga :
Luhut Tagih Janji Investasi China Terkait Proyek di Kaltara

Pernyataan ini ia sampaikan usai pertemuan ke-4 High Level Dialogue and Cooperation Mechanism (HDCM) RI Republik Rakyat China (RRC) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pekan ini.

Luhut juga sebelumnya mengaku menikmati durian bersama Menteri Luar Negeri China Wang Yi di sela-sela pertemuan itu.

Sambil menikmati durian, Luhut mengaku membahas banyak hal bersama Yi. Selain kelanjutan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, ia bersama dengan menlu China juga membahas rencana proyek penanaman padi di kawasan Food Estate Kalimantan Tengah (Kalteng).

Lihat Juga :
Luhut-Menlu China Bahas Kereta Cepat Sambil Makan Durian

Tak hanya itu, keduanya juga membahas terkait pengembangan Taman Sains dan Teknologi Herbal (TSTH) di Toba, Sumatera Utara dan rencana pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung.

"Tak jarang kami membahas hal-hal ringan seperti bagaimana kesamaan akan prinsip saling terbuka, juga keanekaragaman budaya yang Indonesia dan China miliki, mampu mendekatkan hubungan bilateral antara kedua negara sahabat ini," kata Luhut, Jumat (19/4).

Luhut menyampaikan sebagai bangsa yang memiliki kekayaan budaya di Asia, Indonesia dan China sepakat bahwa hubungan antar negara harus mempunyai semangat yang sama dalam keterbukaan. Baik itu terkait komunikasi dan dialog maupun transfer ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Dengan keterbukaan, maka kita akan mencari persamaan dan mengesampingkan perbedaan, agar tercipta rasa saling mendukung dan bekerja sama, sehingga peradaban yang maju bukan hanya tercipta dan dinikmati oleh Indonesia dan China, tetapi juga untuk seluruh negara di dunia," jelas Luhut.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dmi)

[Gambas:Video CNN]

Saya memiliki manik-manik ajaib untuk ditanami

ada pundi legal
Menko Marves Luhut blak-blakan soal tugas anyar dari Jokowi untuk menjadi koordinator investasi Apple di IKN Nusantara.
Menko Marves Luhut blak-blakan soal tugas anyar dari Jokowi untuk menjadi koordinator investasi Apple di IKN Nusantara. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan InvestasiLuhut Binsar Pandjaitan blak-blakan soal tugas anyar dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi koordinator investasi Apple di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Luhut menyebut dirinya ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan CEO Apple Tim Cook di Istana Negara, Jakarta Pusat. Salah satu hasil pertemuan pada Rabu (17/4) itu adalah menunjuk Luhut menjadi wakil dari Indonesia untuk mengawal investasi Apple.

"Presiden (Jokowi) memerintahkan saya untuk segera merespons rencana mereka mau investasi dalam jumlah yang cukup besar di Indonesia. Dia (Tim Cook) sangat tertarik dengan IKN, itu juga yang menarik. Dia bilang, kami (Apple) mau investasi, terutama dalam bidang artificial intelligence (AI) di IKN," ucap Luhut di Instagram pribadinya, Kamis (18/4).

Luhut mengatakan Cook takjub dengan Indonesia. Menurutnya, bos Apple itu baru sadar negara pimpinan Presiden Jokowi ini sangat potensial.

Menko Marves Luhut merinci sejumlah aspek ekonomi Indonesia yang dinilai menjanjikan sebagai pintu masuk investasi Apple. Ada penduduk yang melimpah hingga 282 juta orang, pertumbuhan ekonomi yang stabil, bagusnya aspek makroekonomi, serta inflasi yang baik.

Berdasarkan sederet aspek tersebut, Tim Cook berjanji akan menanamkan modalnya di Indonesia. Salah satu yang dilirik adalah IKN Nusantara.

"Malah Presiden (Jokowi) perintahkan saya, katakan 'Pak Luhut ini masa kompetisi, jadi kalau di Thailand atau India dia (Apple) dapat dua (insentif), ya kalau kita bisa kasih lebih dua koma berapa, harus bisa kita," beber Luhut soal arahan Jokowi.

"Saya pikir sangat benar sekali arahan presiden. Tinggal kami dan tim menggodok ini. Saya berharap dalam beberapa waktu ke depan kita akan bertemu teknis dengan tim dari Apple," tutupnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan Apple bakal berinvestasi Rp1,6 triliun di Indonesia. Penanaman modal ini dalam bentuk pembangunan infrastruktur pendidikan, yakni Apple Developer Academy.

Apple Developer Academy bakal dibangun di empat daerah, yakni Bali, Batam, Surabaya, dan Tangerang Selatan.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)