petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

mahasiswa terjerat pinjol

cnn slot hari ini 55Jutaan kata 879656Orang-orang telah membaca serialisasi

《mahasiswa terjerat pinjol》

UMRAH jalin kerja sama pengelolaan kawasan konservasi di Pulau Bintan******

UMRAH jalin kerja sama pengelolaan kawasan konservasi di Pulau Bintan
UMRAH, YKCI, Nikoi & Cempedak Private Island melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama pengelolaan konservasi laut di ruangan Fakultas FIKP UMRAH di Senggarang, Kota Tanjungpinang, Kepri, Senin (4/3/2024). (ANTARA/Ogen)
Tanjungpinang (ANTARA) - Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak dalam rangka peningkatan efektifitas pengelolaan kawasan konservasi berkelanjutan di kawasan konservasi Taman Wisata Perairan Timur di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kerja sama tersebut melibatkan Fakultas Ilmu Kelautan Perikanan (FIKP) UMRAH, Yayasan Konservasi Cakrawala Indonesia (YKCI), serta Nikoi dan Cempedak Private Island.

"Kerja sama ini sebagai langkah awal atau pemantik agar mahasiswa lebih peduli dengan lingkungannya, terkhusus biota alam laut," kata Dekan FIKP UMRAH Dr Ersti Yulika Sari usai penandatanganan perjanjian kerja sama di ruangan FIKP UMRAH di Senggarang, Kota Tanjungpinang, Senin.

Ersti berharap melalui kerja sama ini FIKP UMRAH bersama pihak-pihak terkait dapat memaksimalkan pengelolaan konservasi laut yang berkelanjutan di Kepri, karena dengan letak geografis daerah yang 98 persen lautan ini, masih banyak potensi kelautan yang dapat dimaksimalkan demi kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: YKAN ajak masyarakat dukung kampanye konservasi laut global

Ia menjelaskan implementasi kerja sama ini ialah dalam bentuk monitoring kondisi biota laut di sekitar perairan Nikoi dan Cempedak, yang merupakan kawasan resortternama di Pulau Bintan. Seperti, kondisi padang lamun, mangrovedan coral.

Monitoring itu, kata dia, sudah lama dilakukan FIKP UMRAH bermitra dengan pengelola Nikoi dan Cempedak, namun saat ini ditingkatkan dalam bentuk kerja sama dengan YKCI. Bahkan, FKIP UMRAH juga rutin mengirim mahasiswa magang sekaligus mengambil data untuk skripsi di perairan tersebut.

"Dari monitoring kita selama ini, kondisi biota laut di sekitar Nikoi dan Cempedak cukup baik. Apabila terjadi perubahan atau kerusakan karena pembangunan, langsung kita lapor ke Nikoi dan Cempedak, kalau mereka butuh bantuan untuk perbaikan, kita siap bantu," ungkap Ersti.

Sementara itu, Senior Ocean Program Lead YKCI Victor Nikijuluw mengklaim perjanjian kerja sama antara kampus negeri UMRAH, YKCI serta pihak swasta dari Nikoi dan Cempedak Private Islandmerupakan yang pertama kali di Indonesia.

Baca juga: Kalteng-Kalbar bersinergi awasi kawasan konservasi laut

Kerja sama ini menjadi titik awal pengembangan kawasan konservasi lingkungan, pembangunan keberlanjutan, dan pemberdayaan masyarakat, khususnya di Pulau Bintan.

"Mudah-mudahan ini menjadi program pemantik pengembangan konservasi laut yang lebih luas dengan cara melibatkan pemangku kepentingan terkait lainnya di Kepri, baik unsur pemerintah maupun swasta," ujarnya.

Dia menambahkan, dengan adanya kerja sama ini, mahasiswa FIKP UMRAH terutama yang semester akhir dapat melakukan magang hingga penelitian di bidang konservasi lingkungan, baik di Nikoi dan Cempedak maupun Konservasi Indonesia di Jakarta.

"Kita juga punya program merdeka belajar, untuk pengembangan kompetensi diri," katanya pula.

Usai penandatanganan perjanjian kerja sama, acara dilanjutkan dengan pemberian Nikoi Cempedak Konservasi Indonesia (NCKI) Awardsuntuk lima mahasiswa dan satu dosen muda berprestasi di lingkungan FIKP UMRAH.

Baca juga: Pemerintah tatgetkan perluas kawasan konservasi laut hingga 30 persen

Mahasiswa penerima NCKI Awardsialah mereka yang aktif dalam kegiatan kampus sesuai jurusan masing-masing, kemudian mempengaruhi teman-temannya melakukan yang terbaik, serta memiliki prestasi nilai akademik dan nonakademik.
 

Pewarta: Ogen
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024

Tim SAR Gabungan patroli pada wilayah terdampak erupsi Lewotobi******

Tim SAR Gabungan patroli pada wilayah terdampak erupsi Lewotobi
Tim SAR Gabungan memberikan imbauan kepada beberapa warga Desa Nawokote yang belum mengungsi namun terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, NTT, Minggu (7/1/2024). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)
Wulanggitang (ANTARA) - Tim SAR Gabungan melakukan patroli ke beberapa desa yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Sasaran kunjungan ke tenda pengungsian yang ada di sekitar lereng gunung dan kami beri imbauan agar masyarakat berhati-hati," kata Komandan Tim SAR Satuan Brimob Polda NTT, Ipda Hermanus Pati Bean di Wulanggitang, Flores Timur, Minggu.

Tim SAR Gabungan itu terdiri dari Satuan Brimob Polda NTT, Basarnas Maumere, Polairud Polda NTT, PMI Kabupaten Sikka, dan Mapala Universitas Nusa Nipa Maumere Sikka.

Patroli dilakukan ke tiga desa, yakni Desa Hokeng Jaya, Nawokote, dan Hewa.

Selain memberikan imbauan, Hermanus mengatakan Tim SAR Gabungan juga mendata jumlah warga terdampak yang berada di posko-posko yang disiapkan di rumah warga.

Tujuan dari patroli itu, menurut dia untuk memastikan lokasi dan jumlah warga yang belum mengungsi.

Baca juga: Warga diimbau tidak melepas masker antisipasi gas belerang erupsi Lewotobi

Baca juga: Gunung Lewotobi di Flores Timur kembali erupsi setinggi 1.500 meter

Dengan demikian, Tim SAR Gabungan bisa mengambil langkah yang tepat baik penanganan maupun evakuasi apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Selain itu pula, pihaknya dapat melihat rute yang tepat sebagai jalur evakuasi apabila erupsi terus terjadi dan evakuasi tak terhindari.

"Berapa orang yang ada, baik ibu hamil, kemudian orang tua dan anak kita data yang belum mengungsi," ucapnya.

Gunung Lewotobi Laki-laki di Kecamatan Wulanggitang telah berstatus Siaga atau Level III sejak Senin (1/1) pukul 04.00 Wita.

Sampai hari ini, gunung api itu terus menerus mengalami erupsi sehingga warga beberapa desa pada Kecamatan Wulanggitang dan Ile Bura mengungsi pada tenda pengungsian atau posko yang telah disiapkan pemerintah daerah, serta rumah-rumah warga.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Nusa Tenggara mencatat adanya peningkatan Gempa Vulkanik Dalam dan Gempa Vulkanik Dangkal yang cukup signifikan dalam satu minggu terakhir.

Kemunculan gempa-gempa ini mengindikasikan peningkatan tekanan atau stres pada tubuh gunung api yang berkaitan dengan suplai magma pada kedalaman dalam dan dangkal.

Baca juga: Pemprov NTT siagakan kapal pengirim bantuan korban erupsi Lewotobi

Baca juga: Jarak pandang terbatas dampak letusan Lewotobi, otoritas larang aktivitas pelayaran

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Undang 1.500 tamu, pernikahan putra Paku Alam X bakal dihadiri Wapres******

Undang 1.500 tamu, pernikahan putra Paku Alam X bakal dihadiri Wapres
Ketua Bidang II Panitia "Dhaup Ageng" Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radyowisroyo saat konferensi pers di Yogyakarta, Senin (8/1/2024) (ANTARA/Luqman Hakim)
Di sini dari dulu tidak pernah melakukan adanya kirab, kecuali kalau jumenengan atau penobatan seorang adipati
Yogyakarta (ANTARA) - Pura Pakualaman memastikan tidak ada kirab pengantin dalam prosesi Dhaup Ageng atau pernikahan agung putra bungsu penguasa Pura Pakualaman Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X, Bendara Pangeran Harya (BPH) Kusumo Kuntonugroho, dengan Laily Annisa Kusumastuti.

Ketua Bidang II Panitia Dhaup Ageng Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radyowisroyo di Yogyakarta, Senin, mengatakan berbeda dengan di Keraton Ngayogyakarta, kirab pengantin memang tidak ada dalam tradisi di Pakualaman.

"Di sini dari dulu tidak pernah melakukan adanya kirab, kecuali kalau jumenengan atau penobatan seorang adipati," katanya. 

Radyowisroyo menuturkan peniadaan kirab juga mengingat pelaksanaan prosesi Dhaup Ageng yang dimulai 7-11 Januari 2024 seluruhnya berlangsung di satu kawasan Pura Pakualaman.

"Berbeda dengan di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, karena selain ada pelaksanaan di Keraton Yogyakarta juga ada pahargyan (resepsi) di Kepatihan, Malioboro," ujarnya. 

Baca juga: Pakualaman akan gelar "Dhaup Ageng" putra bungsu Paku Alam X

Meski tidak ada prosesi kirab pengantin, menurut dia, Panitia Dhaup Ageng bakal menyediakan layar monitor bagi masyarakat agar bisa turut menyaksikan pengantin mulai dari prosesi akad hingga resepsi pada 10 Januari 2024.

Sejumlah layar monitor rencananya dipasang di kawasan Alun-alun Sewandanan yang berada tepat di depan Pura Pakualaman.

"Nanti saya pastikan lagi videotron ada di mana, tapi yang jelas ada videotron yang kami sediakan," kata Radyowisroyo.

Pahargyan atau resepsi hari pertama Dhaup Ageng putra bungsu Paku Alam X pada 10 Januari 2024 itu mengundang 1.500 tamu, termasuk Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, serta tiga pasang capres-cawapres.

Radyowisroyo menuturkan hingga saat ini tamu VVIP yang telah mengonfirmasi hadir diantaranya Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta istri. Selain itu para raja Dinasti Mataram Islam atau Catursagatra juga memastikan hadir yakni Sri Sultan HB X (Keraton Yogyakarta), Sri Susuhunan PB XIII (Keraton Surakarta) dan KGPAA Mangkunegara X (Kadipaten Mangkunegaran).

"Masyarakat adat Kerajaan Nusantara, kurang lebih ada 58 para raja atau pemangku adat se-Nusantara juga konfirmasi hadir," kata Radyowisroyo.

Baca juga: Pasangan pengantin Puro Pakualaman menjalani prosesi panggih
Baca juga: Calon menantu Paku Alam X belajar Adat Pakualaman

 


 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:togel hongkong 2023

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
game slot terbaik 2023
maxwin lgdbet
pandora188
pinjaman online tenor 24 bulan
trik pg soft hari ini
maxwin slot 303
buku togel 4d
pragmatic4d demo slot
mimpi mancing belut togel
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot selalu maxwin
Bab 2 bocoran slot harmonibet
Bab 3 slot situs resmi
Bab 4 harmonibet bocoran
Bab 5 lancar 555 slot
Bab 6 pinjol yang aman dan terdaftar di ojk
Bab 7 pamanslot
Bab 8 kredivo premium adalah
Bab 9 doraslot rtp
Bab 10 kumpulan bonus new member
Bab 11 udin togel
Bab 12 yes4d
Bab 13 sayirhk
Bab 14 slot terlama di indonesia
Bab 15 vespa188
Bab 16 ahlibet88 slot
Bab 17 udin togel
Bab 18 link slot bet 100
Bab 19 10 situs slot gacor
Bab 20 lagi gacor
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5970bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Raja Film, apakah kamu ingin wajah?

erek 70
Tottenham Hotspur menang tipis 1-0 atas Burnley di Piala FA
Selebrasi Pedro Porro setelah mencetak gol untuk Tottenham Hotspur dalam pertandingan Piala FA lawan Burnley di Tottenham Hotspur Stadium pada Sabtu (06/1/2024). ANTARA/REUTERS/Action Images/Paul Childs/aa.
Jakarta (ANTARA) - Tottenham Hotspur berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas Burnley dalam laga putaran ketiga Piala FA yang digelar di Tottenham Hotspur Stadium pada Sabtu dini hari WIB. Gol tunggal dalam pertandingan ini dicetak oleh Pedro Porro pada akhir babak kedua. Tottenham sendiri bermain tanpa diperkuat sang kapten, Son Heung-min yang sudah harus membela timnas Korea Selatan di Piala Asia 2023. Tuan rumah pun mengandalkan Richarlison sebagai ujung tombak di lini depan. Beberapa kali Tottenham mampu menciptakan peluang, salah satunya pada menit ke-7 lewat tendangan Richarlison di kotak penalti setelah mendapatkan umpan terobosan. Sayangnya bola masih melebar ke sisi kanan gawang Burnley. Tottenham kesulitan untuk membongkar pertahanan rapat yang digalang tim asuhan Vincent Kompany. Skor 0-0 pun tak berubah hingga laga memasuki jeda turun minum. Kembali dari kamar ganti, Tottenham terus berupaya menekan pertahanan Burnley. Usaha tuan rumah akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-79 lewat tendangan jarak jauh Pedro Porro. Diawali dengan aksinya mencuri bola dari pemain lawan, Porro mengambil ancang-ancang sebelum melepas tembakan keras yang membuat kiper Arijanet Muric tidak berkutik melihat bola masuk ke gawangnya. Skor menjadi 1-0. Tidak ada gol tambahan yang tercipta di sisa waktu. Skor 1-0 pun menjadi hasil akhir laga ini. Berkat kemenangan ini, Tottenham melaju ke putaran keempat. Susunan pemain Tottenham (4-2-3-1): Guglielmo Vicario; Pedro Porro, Emerson Royal, Ben Davies, Destiny Udogie; Oliver Skipp (Pierre-Emile Hojbjerg 77'), Rodrigo Bentancur (Jamie Donley 83'); Dejan Kulusevski, Giovani Lo Celso (Bryan Gil 59'), Brennan Johnson (Ryan Sessegnon 83'); Richarlison (Dane Scarlett 83'). Burnley (4-4-2): Arijanet Muric; Vitinho, Dara O'Shea, Hannes Delcroix, Charlie Taylor (Ameen Al-Dakhil 68'); Anass Zaroury (Mike Tresor 68'), Aaron Ramsey (Nathan Redmond 68'), Josh Cullen, Wilson Odobert (Josh Brownhill 58'); Lyle Foster (Jacob Bruun Larsen 46'), Zeki Amdouni. Baca juga: Tottenham kembali ke jalur kemenangan setelah hajar Bournemouth 3-1
Baca juga: Tottenham Hotspur perpanjangan kontrak Pape Matar Sarr hingga 2030

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

gelang musim semi ilahi

prediksi togel berjaya
Kebakaran hanguskan rumah kontrakan empat pintu di Jakarta Timur
Petugas Sudin Gulkarmat berupaya memadamkan api yang membakar rumah kontrakan di Kecamatan Jatinegara, Jakarta, Minggu (7/1/2024). ANTARA/Ho-Sudin Gulkarmat Jakarta Timur/am.
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur berhasil memadamkan api yang menghanguskan rumah kontrakan empat pintu dan lima motor di RT/ RW 05/09 Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu. "Empat kepala keluarga dengan 12 jiwa yang mendiami lokasi tersebut terselamatkan," kata Kasie Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman di Jakarta, Minggu. Gatot menduga peristiwa kebakaran dipicu dari korsleting dari salah satu kamar tidur dan pihaknya mendapat laporan dari warga yang datang pada pukul 06.10 WIB. "Awalnya ada penyalaan dari kamar tidur, lalu makin lama makin membesar," ucapnya. Ia menuturkan pihaknya menerjunkan 50 personil beserta 10 Unit kendaraan pemadam untuk mengatasi kebakaran tersebut. "Operasi pemadaman dimulai pukul 06.14 WIB dan selesai pukul 07.07 WIB," tutur Gatot. Gatot mengungkapkan tidak terdapat korban dari penduduk dalam peristiwa kebakaran tersebut. "Total kerugian mencapai kurang lebih Rp300 juta," ungkap dia. 

Baca juga: Toko bahan bangunan di Kramat Jati ludes terbakar
Baca juga: Gulkarmat Jaktim temukan jasad bocah yang tenggelam di Kali Ciliwung

Baca juga: 13 kios di Kompleks Skuadron Halim terbakar, satu orang terluka

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024

Setan Langit Bersayap Hitam

situs receh slot
Tottenham resmi pinjam Timo Werner dari RB Leipzig hingga akhir musim
Timo Werner saat diumumkan sebagai pemain baru Tottenham Hotspur di London, Inggris pada Rabu (10/1/2024). ANTARA/Tottenhamhotspur.com
Jakarta (ANTARA) - Klub Liga Premier Inggris, Tottenham Hotspur, mengumumkan transfer Timo Werner sebagai pemain pinjaman dari klub Jerman RB Leipzig, Rabu.

"Kami dengan senang mengumumkan kedatangan Timo Werner dengan status pinjaman dari RB Leipzig," tulis Spurs dalam situs resmi mereka.

Penyerang asal Jerman itu akan bermain bersama Spurs sampai akhir musim, dengan opsi dipermanenkan pada bursa transfer musim panas 2024 dengan nilai 17 juta euro (Rp288 miliar). Timo juga akan mengenakan nomor punggung 16 di klub berjuluk The Lilywhites itu.

Timo memulai karirnya bersama TSV Steinhaldenfeld sebelum bergabung dengan tim junior VfB Stuttgart, ia kemudian menembus tim senior dan melakoni debutnya pada Agustus 2013 dalam pertandingan Kualifikasi Liga Europa, sekaligus menjadi pemain debutan termuda dalam sejarah klub.

Bersama VfB Stuttgart, Timo mencatatkan 103 penampilan dan mencetak 14 gol. Ia lalu direkrut RB Leipzig pada musim 2016/17 saat klub tersebut untuk pertama kalinya berkompetisi di Bundesliga Jerman.

Baca juga: Timo Werner dikabarkan setuju untuk gabung Tottenham

Saat itu, Timo menjalani musim yang produktif dengan mencetak 21 gol dari 32 pertandingan di semua kompetisi untuk RB Leipzig dan membantu klub finis peringkat dua klasemen Liga Jerman yang otomatis lolos kualifikasi Liga Champions UEFA.

Sejak bermain untuk RB Leipzig, Timo menjadi top skor di empat musim berturut-turut. Catatan terbaiknya adalah pada musim 2019/20 ketika ia mencetak 34 gol dari 45 laga di semua kompetisi.

Performa itu membuat Timo direkrut Chelsea di musim berikutnya. Ia kemudian memainkan laga perdananya di Liga Premier Inggris pada September 2020 melawan Brighton and Hove Albion.

Ia lalu mencatatkan 89 penampilan bersama Chelsea, mencetak 23 gol, dan membantu timnya meraih gelar juara Liga Champions musim 2020/21, Piala Super UEFA pada August 2021, dan Piala Dunia AntarKlub pada Februari 2022.

Meski begitu, Timo kesulitan untuk menunjukkan performa terbaiknya di Chelsea sehingga memutuskan kembali ke Leipzig pada Agustus 2022.

Bersama klub Jerman itu, ia berhasil menjuarai Piala Jerman musim 2022/23 dan Piala Super Jerman pada Agustus 2023. Selama dua musim di RB Leipzig, ia telah bermain 213 kali di semua kompetisi dan mencetak 113 gol.

Di tingkat internasional, Timo telah membela timnas senior Jerman sebanyak 57 penampilan dan menyumbangkan 24 gol.

Baca juga: Tottenham Hotspur menang tipis 1-0 atas Burnley di Piala FA
Baca juga: Manchester United resmi pulangkan Sergio Reguilon ke Tottenham Hotspur

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2024

sistem Qixia

cara cepat dapat uang 100 juta
Makna mode konsistensi visual hingga "Top Gan"  di debat ketiga
Tangkapan layar Capres dan Cawapres Nomor Urut Tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menggunakan tampilan "Top Gan" dalam debat ketiga Capres yang dilangsungkan di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)
Jakarta (ANTARA) - Pengamat mode Dewi Utari mengungkapkan pandangannya terhadap gaya berbusana dari ketiga Calon Presiden (Capres) pada debat ketiga yang telah berlangsung pada Minggu (7/1) malam di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Menurutnya ketiga Capres yakni Anies Baswedan dari nomor urut 1, Prabowo Subianto dari nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo dari nomor urut 3 tetap membawa pesan tersendiri untuk pilihan busananya.

Salah satu yang paling menyita perhatian ialah pilihan Ganjar Pranowo dan pasangannya Mahfud Md yang memilih tampil dengan busana yang dinamai dengan "Top Gan".

"Seakan selaras dengan tema debat semalam paslon nomer urut 3 ini tak dipungkiri tak hanya tampil gagah namun juga unik," kata Utari kepada ANTARA, Senin.

Baca juga: Baju adat hingga jas jadi pilihan para cawapres pada debat kedua

Ia berpendapat elemen yang memperkuat keunikan busana dari pasangan yang diusung oleh partai PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura itu terletak pada emblem-emblem yang menghiasi jaket bomber hijau tua seakan berperan sebagai statement fashion.

Emblem-emblem itu juga meresonansi setiap program yang diusung Ganjar dan Mahfud untuk bidang pertahanan, hubungan internasional, serta geopolitik.

Selanjutnya untuk tampilan Capres dari nomor urut 1 Anies Baswedan dan Prabowo Subianto dari nomor urut 2 yang konsisten, dinilai Dewi sebagai bagian untuk memperkuat citra kedua Capres di mata pemilihnya.

Keduanya tetap menjaga ciri khas mereka selama masa kampanye berlangsung, untuk Anies tetap dengan setelan jasnya yang berwarna hitam putih. Sementara Prabowo juga setia dengan kemeja biru muda langitnya dan celana hitamnya.

"Konsistensi padanan busana tersebut menurut saya juga suatu hal yang baik, karena dapat berperan sebagai pengingat visual bagi para pendukungnya," kata Dewi.

Adapun debat ketiga merupakan debat Capres pertama yang berlangsung di 2024. Sebelumnya, debat pertama berlangsung pada 12 Desember 2023 dan debat kedua pada 22 Desember 2023.

KPU menggelar debat ketiga yang dirancang untuk mempertemukan para capres. Tema debat ketiga meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Baca juga: Pesan tersembunyi para Capres lewat fesyen dalam debat ketiga

Baca juga: Tampilan capres debat pertama, dari yang serius hingga "eye catching"

Baca juga: Gaya berbusana Jokowi dan Prabowo menurut konsultan fesyen

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024

Ciptakan kerajaan besar

trik mesin slot online
UMRAH jalin kerja sama pengelolaan kawasan konservasi di Pulau Bintan
UMRAH, YKCI, Nikoi & Cempedak Private Island melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama pengelolaan konservasi laut di ruangan Fakultas FIKP UMRAH di Senggarang, Kota Tanjungpinang, Kepri, Senin (4/3/2024). (ANTARA/Ogen)
Tanjungpinang (ANTARA) - Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak dalam rangka peningkatan efektifitas pengelolaan kawasan konservasi berkelanjutan di kawasan konservasi Taman Wisata Perairan Timur di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kerja sama tersebut melibatkan Fakultas Ilmu Kelautan Perikanan (FIKP) UMRAH, Yayasan Konservasi Cakrawala Indonesia (YKCI), serta Nikoi dan Cempedak Private Island.

"Kerja sama ini sebagai langkah awal atau pemantik agar mahasiswa lebih peduli dengan lingkungannya, terkhusus biota alam laut," kata Dekan FIKP UMRAH Dr Ersti Yulika Sari usai penandatanganan perjanjian kerja sama di ruangan FIKP UMRAH di Senggarang, Kota Tanjungpinang, Senin.

Ersti berharap melalui kerja sama ini FIKP UMRAH bersama pihak-pihak terkait dapat memaksimalkan pengelolaan konservasi laut yang berkelanjutan di Kepri, karena dengan letak geografis daerah yang 98 persen lautan ini, masih banyak potensi kelautan yang dapat dimaksimalkan demi kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: YKAN ajak masyarakat dukung kampanye konservasi laut global

Ia menjelaskan implementasi kerja sama ini ialah dalam bentuk monitoring kondisi biota laut di sekitar perairan Nikoi dan Cempedak, yang merupakan kawasan resortternama di Pulau Bintan. Seperti, kondisi padang lamun, mangrovedan coral.

Monitoring itu, kata dia, sudah lama dilakukan FIKP UMRAH bermitra dengan pengelola Nikoi dan Cempedak, namun saat ini ditingkatkan dalam bentuk kerja sama dengan YKCI. Bahkan, FKIP UMRAH juga rutin mengirim mahasiswa magang sekaligus mengambil data untuk skripsi di perairan tersebut.

"Dari monitoring kita selama ini, kondisi biota laut di sekitar Nikoi dan Cempedak cukup baik. Apabila terjadi perubahan atau kerusakan karena pembangunan, langsung kita lapor ke Nikoi dan Cempedak, kalau mereka butuh bantuan untuk perbaikan, kita siap bantu," ungkap Ersti.

Sementara itu, Senior Ocean Program Lead YKCI Victor Nikijuluw mengklaim perjanjian kerja sama antara kampus negeri UMRAH, YKCI serta pihak swasta dari Nikoi dan Cempedak Private Islandmerupakan yang pertama kali di Indonesia.

Baca juga: Kalteng-Kalbar bersinergi awasi kawasan konservasi laut

Kerja sama ini menjadi titik awal pengembangan kawasan konservasi lingkungan, pembangunan keberlanjutan, dan pemberdayaan masyarakat, khususnya di Pulau Bintan.

"Mudah-mudahan ini menjadi program pemantik pengembangan konservasi laut yang lebih luas dengan cara melibatkan pemangku kepentingan terkait lainnya di Kepri, baik unsur pemerintah maupun swasta," ujarnya.

Dia menambahkan, dengan adanya kerja sama ini, mahasiswa FIKP UMRAH terutama yang semester akhir dapat melakukan magang hingga penelitian di bidang konservasi lingkungan, baik di Nikoi dan Cempedak maupun Konservasi Indonesia di Jakarta.

"Kita juga punya program merdeka belajar, untuk pengembangan kompetensi diri," katanya pula.

Usai penandatanganan perjanjian kerja sama, acara dilanjutkan dengan pemberian Nikoi Cempedak Konservasi Indonesia (NCKI) Awardsuntuk lima mahasiswa dan satu dosen muda berprestasi di lingkungan FIKP UMRAH.

Baca juga: Pemerintah tatgetkan perluas kawasan konservasi laut hingga 30 persen

Mahasiswa penerima NCKI Awardsialah mereka yang aktif dalam kegiatan kampus sesuai jurusan masing-masing, kemudian mempengaruhi teman-temannya melakukan yang terbaik, serta memiliki prestasi nilai akademik dan nonakademik.
 

Pewarta: Ogen
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024

Tianni Shenwu

slot gacor eropa
Undang 1.500 tamu, pernikahan putra Paku Alam X bakal dihadiri Wapres
Ketua Bidang II Panitia "Dhaup Ageng" Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radyowisroyo saat konferensi pers di Yogyakarta, Senin (8/1/2024) (ANTARA/Luqman Hakim)
Di sini dari dulu tidak pernah melakukan adanya kirab, kecuali kalau jumenengan atau penobatan seorang adipati
Yogyakarta (ANTARA) - Pura Pakualaman memastikan tidak ada kirab pengantin dalam prosesi Dhaup Ageng atau pernikahan agung putra bungsu penguasa Pura Pakualaman Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X, Bendara Pangeran Harya (BPH) Kusumo Kuntonugroho, dengan Laily Annisa Kusumastuti.

Ketua Bidang II Panitia Dhaup Ageng Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radyowisroyo di Yogyakarta, Senin, mengatakan berbeda dengan di Keraton Ngayogyakarta, kirab pengantin memang tidak ada dalam tradisi di Pakualaman.

"Di sini dari dulu tidak pernah melakukan adanya kirab, kecuali kalau jumenengan atau penobatan seorang adipati," katanya. 

Radyowisroyo menuturkan peniadaan kirab juga mengingat pelaksanaan prosesi Dhaup Ageng yang dimulai 7-11 Januari 2024 seluruhnya berlangsung di satu kawasan Pura Pakualaman.

"Berbeda dengan di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, karena selain ada pelaksanaan di Keraton Yogyakarta juga ada pahargyan (resepsi) di Kepatihan, Malioboro," ujarnya. 

Baca juga: Pakualaman akan gelar "Dhaup Ageng" putra bungsu Paku Alam X

Meski tidak ada prosesi kirab pengantin, menurut dia, Panitia Dhaup Ageng bakal menyediakan layar monitor bagi masyarakat agar bisa turut menyaksikan pengantin mulai dari prosesi akad hingga resepsi pada 10 Januari 2024.

Sejumlah layar monitor rencananya dipasang di kawasan Alun-alun Sewandanan yang berada tepat di depan Pura Pakualaman.

"Nanti saya pastikan lagi videotron ada di mana, tapi yang jelas ada videotron yang kami sediakan," kata Radyowisroyo.

Pahargyan atau resepsi hari pertama Dhaup Ageng putra bungsu Paku Alam X pada 10 Januari 2024 itu mengundang 1.500 tamu, termasuk Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, serta tiga pasang capres-cawapres.

Radyowisroyo menuturkan hingga saat ini tamu VVIP yang telah mengonfirmasi hadir diantaranya Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta istri. Selain itu para raja Dinasti Mataram Islam atau Catursagatra juga memastikan hadir yakni Sri Sultan HB X (Keraton Yogyakarta), Sri Susuhunan PB XIII (Keraton Surakarta) dan KGPAA Mangkunegara X (Kadipaten Mangkunegaran).

"Masyarakat adat Kerajaan Nusantara, kurang lebih ada 58 para raja atau pemangku adat se-Nusantara juga konfirmasi hadir," kata Radyowisroyo.

Baca juga: Pasangan pengantin Puro Pakualaman menjalani prosesi panggih
Baca juga: Calon menantu Paku Alam X belajar Adat Pakualaman

 


 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024