petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kingslot96

pola gacor gatot kaca 171Jutaan kata 195348Orang-orang telah membaca serialisasi

《kingslot96》

Teten Respons soal OJK Ikut Awasi Koperasi dalam RUU P2SK******

Menkop UKM Teten Masduki angkat suara mengenai masuknya koperasi dalam sistem pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam RUU P2SK.
Menkop UKM Teten Masduki angkat suara mengenai masuknya koperasi dalam sistem pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam RUU P2SK. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki angkat suara mengenai masuknya koperasidalam sistem pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Rancangan Undang-undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (RUU P2SK).

Ia mengusulkan ada kompartemen khusus koperasi di OJK dalam RUU P2SK untuk memastikan pengembangan koperasi sesuai prinsip dasarnya. Pasalnya, koperasi simpan pinjam berbeda dengan lembaga pembiayaan lainnya.

"Koperasi prinsipnya dari anggota untuk anggota, koperasi milik anggota juga, karena itu memberi pinjaman, koperasinya milik anggota tidak terlalu ketat seperti di bank, dan aspek ini yang perlu diberi penekanan," ujar Teten saat Rapat dengan Komisi XI dalam keterangan resmi yang dikutip dariAntara, Jumat (11/11).

Saat ini, sambungnya, ada sejumlah koperasi bermasalah yang menempuh penyelesaian melalui Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). Namun, dalam praktiknya, persoalan tersebut belum terselesaikan.

Padahal, jika bank mengalami masalah, penanganan yang diberikan jelas. Tak ayal, Teten berharap RUU P2SK dapat mengatur tegas penanganan terhadap koperasi bermasalah.

Lihat Juga :
Kalahkan RI, Ekonomi Malaysia Melesat ke 14,2 Persen Kuartal III 2022

Pada saat yang sama, pihaknya akan memastikan tetap akan menjaga keberlangsungan sesuai jati diri koperasi dalam memberikan pembiayaan kepada masyarakat. Sebab, keberadaan koperasi masih sangat dibutuhkan untuk memberikan pembiayaan kepada masyarakat terutama yang belumbankable.

Pada kenyataannya, sambungnya, ada 30 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang belum bisa mengakses pembiayaan formal karena kendala kolateral.

"Kehadiran koperasi masih dibutuhkan, tetapi pemerintah harus melindungi masyarakat dari kegiatan usaha keuangan. Di sisi lain, memang kita terus harus meningkatkan kesehatan koperasi, supaya ada tata kelola yang baik, transparan, akuntabel," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)

Kripto Terbang Kembali, Polygon Melesat 29 Persen******

Harga kripto berterbangan pada akhir pekan ini, dipimpin oleh polygon yang melesat hingga 29 persen.
Harga kripto berterbangan pada akhir pekan ini, dipimpin oleh polygon yang melesat hingga 29 persen. ( iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga kripto bangkit kembali usai terpuruk dalam beberapa waktu belakangan ini. Penguatan dipimpin oleh polygon(MATIC).

Mengutip coinmarket, harga polygon melesat 29 Persen pada 24 jam terakhir. Kini harga kripto ini dijual US,08 per keping.

Dengan penguatan ini, MATIC sudah menguat 5,88 persen sepekan ini. Penguatan MATIC diikuti dogecoin (DOGE) yang menguat 17 persen ke level USPabrik Disebut Relokasi karena Upah, Berapa Beda UMP Banten******

Tiga perusahaan di Serang, Banten, disebut Disnakertrans akan merelokasi pabriknya ke beberapa daerah di Jawa Tengah tahun depan.
Ilustrasi uang. Banyak pabrik saat ini relokasi ke Jateng karena upah buruh yang relatif murah. (CNN Indonesia/Adi Maulana)
Jakarta, CNN Indonesia--

Tiga perusahaan di Serang, Banten, disebut Disnakertrans akan merelokasi pabriknya ke beberapa daerah di Jawa Tengah tahun depan.

Tiga perusahaan itu yakni; PT Nikomas Gemilang yang akan pindah ke Pekalongan, PT KMK Global Sport pindah ke Salatiga dan Temanggung, serta PT Parkland World Indonesia (PWI) pindah ke Pati. Ketiganya merupakan perusahaan alas kaki atau sepatu.

Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri mengatakan alasan utama perusahaan alas kaki mulai hengkang ke Jawa Tengah adalah upah yang murah.

"Relokasi ini sudah berlangsung cukup lama. Alasan utama relokasi kan karena angka kenaikan upah yang sangat tinggi tiap tahunnya," kata Firman.

Jika ditelusuri, UMP Banten dan Jawa Tengah memang berbeda jauh. Pada tahun 2022, UMP Banten sebesar Rp2.501.203,11, sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Banten Nomor 561/kep.280-huk/2021.

Dari keputusan tersebut juga diketahui bahwa Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Banten 2022 tertinggi ada di Kota Cilegon dengan nilai sebesar Rp4.430.254,18.

Kemudian disusul Kota Tangerang sebesar Rp4.285.789,90, dan Kota Tangerang Selatan sebesar Rp4.280.214,51. Sedangkan, UMK Banten 2022 terendah di Kabupaten Lebak sebesar Rp2.773.590,40.

Sementara, UMP Jateng pada tahun 2022 hanya sebesar Rp1.813.011. Angka ini masih jauh di bawah dari UMK di Kabupaten Lebak, Banten.

UMK tertinggi di Jawa Tengah pada 2022 adalah Kota Semarang dengan nilai sebesar Rp2.835.021,29.

Kemudian, disusul Kabupaten Demak sebesar Rp2.513.005,89, dan Kabupaten Kendal sebesar Rp2.340.312,28. UMK Kabupaten Banjarnegara tahun 2022 menjadi yang terendah di Jawa Tengah dengan nominal sebesar Rp1.819.835,17.

Untuk Kota Pekalongan yang jadi lokasi baru PT Nikomas Gemilang, UMK pada tahun 2022 sebesar Rp2.156.213,77.

Kemudian, UMK Kota Salatiga dan Kabupaten Temanggung yang jadi lokasi baru PT KMK Global Sport masing-masing Rp2.128.523,19 dan Rp1,887.832,11.

Selanjutnya, UMK tahun 2022 Kabupaten Pati yang jadi lokasi baru PT PWI I dan II sebesar Rp1.968.339,04.

(dmi/vws)

[Gambas:Video CNN]
,08787. Meski demikian, kripto ini melemah 26,15 persen sepekan ini. 

Untuk cardano, harga menguat 9,72 persen ke level USApa Itu Bantuan Bedah Rumah dari Pemerintah dan Cara Mendapatkannya******

BSPS adalah bantuan bedah rumah gratis dari pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Berikut syarat dan cara mendapatkannya.
Ilustrasi. BSPS adalah bantuan bedah rumah gratis dari pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Berikut syarat dan cara mendapatkannya. (Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah menyediakan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau kurang mampu untuk merenovasi rumah agar semakin layak untuk ditinggali.

Mengutip situs resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), singkatnya BSPS atau bedah rumah adalah program dana bantuan renovasi rumah dengan pagu senilai Rp20 juta.

Lihat Juga :
Atasi Kemiskinan, PUPR Bongkar Rumah Tak Layak Huni di 212 Kota

Tujuan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya 2022 untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar bisa memiliki rumah yang layak huni, baik dari sisi prasarana, sarana, dan utilitas umumnya.

Sebab, rumah yang layak huni berperan besar terhadap tumbuh kembang keluarga ke depan.

Sementara hasil survei Kementerian PUPR menemukan jumlah rumah yang layak huni di Indonesia baru berkisar 54 persen. Harapannya, jumlah rumah yang layak huni di dalam negeri bisa meningkat menjadi 74 persen pada 2024.

Selain itu, program bantuan renovasi rumah 2022 ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas lingkungan permukiman di berbagai daerah di Indonesia.

Siapa Saja yang Berhak Mendapatkan BSPS?

Melansir Modul BSPS, berikut syarat dan kriteria penerima dana BSPS.

Syarat Subjek Penerima

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Sudah berkeluarga
  • Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)
  • Bersedia membentuk kelompok
  • Belum pernah menerima bantuan sejenis dari pemerintah
  • Diutamakan yang telah memiliki keswadayaan dan berencana membangun atau meningkatkan kualitas rumahnya

Syarat Objek Penerima

  • Rumah milik sendiri, satu-satunya, dan dihuni
  • Kerusakan pada komponen utama bangunan rumah, seperti atap, lantai, dan dinding
  • Ada kelengkapan komponen struktural bangunan
  • Ada kepemilikan lahan tempat bangunan rumah berada atau akan dibangun
  • Lokasi sesuai dengan rencana tata ruang
Lihat Juga :
PUPR Realisasikan Bedah 154 Ribu Unit Rumah Tak Layak Huni

Cara Mendapatkan BSPS

Berikut cara mendapatkan BSPS.

  1. Pemilik rumah bisa mengajukan diri untuk menerima BSPS ke kepala desa/lurah setempat
  2. Kepala desa/lurah juga mendapat jumlah rumah tidak layak huni di daerahnya untuk diusulkan menerima BSPS
  3. Hasil usulan dan pendataan diteruskan ke bupati/wali kota, lalu ke kementerian
  4. Kementerian menetapkan jumlah penerima bantuan dan lokasinya
  5. Kementerian melakukan rekrutmen, pelatihan, dan penetapan tenaga fasilitator lapangan (TFL)
  6. Tim Teknis dan TFL melakukan verifikasi fisik dan administrasi calon penerima bantuan
  7. Calon penerima bantuan menyusun proposal renovasi dibantu Tim TFL
  8. Kementerian menetapkan Surat Keputusan (SK) jumlah penerima bantuan dan lokasi
  9. Tim Teknis dan TFL memberi sosialisasi dan membentuk kelompok penerima bantuan dengan maksimal 20 orang per kelompok
  10. Tim Teknis dan TFL melakukan musyawarah kelompok, survei toko, dan harga bahan bangunan
  11. Tim TFL membuat daftar rencana pembelian bahan bangunan
  12. Penerima bantuan membuat rekening untuk menerima dana bantuan
  13. Pengiriman bahan bangunan tahap 1 dan 2
  14. Penerima bantuan mentransfer dana pembelian bahan bangunan ke toko bangunan (tahap 1 dan 2) dan penarikan upah tukang
  15. Pelaksanaan renovasi rumah.

Itulah informasi seputar BSPS, syarat penerima, dan cara mendapatkannya. Semoga membantu.

(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]
,3599 per keping. Namun, sepekan ini, cardano masih melemah 10,44 persen. 

Sementara itu untuk BNB, dalam 24 jam terakhir menguat 8,01 persen. Sama dengan kripto lain, penguatan tersebut belum mampu menutupi pelemahan yang terjadi selama sepekan in.

Sepekan ini, BNB masih melemah 12,67 persen. Untuk ethereum, sehari ini menguat 9,90 persen. Sementara untuk sepekan ini, harga ethereum masih melemah 18,86 persen.

[Gambas:Video CNN]

Yang terakhir, bitcoin yang harganya menguat 6,17 persen. Namun sepekan ini, bitcoin masih melemah 15,53 persen. 

Saat ini, kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tidak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

Lihat Juga :
Buruh Tolak Keras Putusan Menaker soal UMP 2023 Pakai PP 36/2021
(agt/dzu)

Apa Itu Bantuan Bedah Rumah dari Pemerintah dan Cara Mendapatkannya******

BSPS adalah bantuan bedah rumah gratis dari pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Berikut syarat dan cara mendapatkannya.
Ilustrasi. BSPS adalah bantuan bedah rumah gratis dari pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Berikut syarat dan cara mendapatkannya. (Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah menyediakan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau kurang mampu untuk merenovasi rumah agar semakin layak untuk ditinggali.

Mengutip situs resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), singkatnya BSPS atau bedah rumah adalah program dana bantuan renovasi rumah dengan pagu senilai Rp20 juta.

Lihat Juga :
Atasi Kemiskinan, PUPR Bongkar Rumah Tak Layak Huni di 212 Kota

Tujuan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya 2022 untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar bisa memiliki rumah yang layak huni, baik dari sisi prasarana, sarana, dan utilitas umumnya.

Sebab, rumah yang layak huni berperan besar terhadap tumbuh kembang keluarga ke depan.

Sementara hasil survei Kementerian PUPR menemukan jumlah rumah yang layak huni di Indonesia baru berkisar 54 persen. Harapannya, jumlah rumah yang layak huni di dalam negeri bisa meningkat menjadi 74 persen pada 2024.

Selain itu, program bantuan renovasi rumah 2022 ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas lingkungan permukiman di berbagai daerah di Indonesia.

Siapa Saja yang Berhak Mendapatkan BSPS?

Melansir Modul BSPS, berikut syarat dan kriteria penerima dana BSPS.

Syarat Subjek Penerima

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Sudah berkeluarga
  • Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)
  • Bersedia membentuk kelompok
  • Belum pernah menerima bantuan sejenis dari pemerintah
  • Diutamakan yang telah memiliki keswadayaan dan berencana membangun atau meningkatkan kualitas rumahnya

Syarat Objek Penerima

  • Rumah milik sendiri, satu-satunya, dan dihuni
  • Kerusakan pada komponen utama bangunan rumah, seperti atap, lantai, dan dinding
  • Ada kelengkapan komponen struktural bangunan
  • Ada kepemilikan lahan tempat bangunan rumah berada atau akan dibangun
  • Lokasi sesuai dengan rencana tata ruang
Lihat Juga :
PUPR Realisasikan Bedah 154 Ribu Unit Rumah Tak Layak Huni

Cara Mendapatkan BSPS

Berikut cara mendapatkan BSPS.

  1. Pemilik rumah bisa mengajukan diri untuk menerima BSPS ke kepala desa/lurah setempat
  2. Kepala desa/lurah juga mendapat jumlah rumah tidak layak huni di daerahnya untuk diusulkan menerima BSPS
  3. Hasil usulan dan pendataan diteruskan ke bupati/wali kota, lalu ke kementerian
  4. Kementerian menetapkan jumlah penerima bantuan dan lokasinya
  5. Kementerian melakukan rekrutmen, pelatihan, dan penetapan tenaga fasilitator lapangan (TFL)
  6. Tim Teknis dan TFL melakukan verifikasi fisik dan administrasi calon penerima bantuan
  7. Calon penerima bantuan menyusun proposal renovasi dibantu Tim TFL
  8. Kementerian menetapkan Surat Keputusan (SK) jumlah penerima bantuan dan lokasi
  9. Tim Teknis dan TFL memberi sosialisasi dan membentuk kelompok penerima bantuan dengan maksimal 20 orang per kelompok
  10. Tim Teknis dan TFL melakukan musyawarah kelompok, survei toko, dan harga bahan bangunan
  11. Tim TFL membuat daftar rencana pembelian bahan bangunan
  12. Penerima bantuan membuat rekening untuk menerima dana bantuan
  13. Pengiriman bahan bangunan tahap 1 dan 2
  14. Penerima bantuan mentransfer dana pembelian bahan bangunan ke toko bangunan (tahap 1 dan 2) dan penarikan upah tukang
  15. Pelaksanaan renovasi rumah.

Itulah informasi seputar BSPS, syarat penerima, dan cara mendapatkannya. Semoga membantu.

(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:sultan303

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
situs slot server thailand 2023
situs gacor siang hari ini
trik main zeus slot
kumpulan situs slot 4d
doku lucky pinjol legal atau ilegal
bandarpkv
angka jitu kim malam ini
vegasslot77
slotmacau
Daftar isi semua bab
Bab 1 paito cambodia
Bab 2 togel on
Bab 3 slot ug
Bab 4 coin138
Bab 5 joinsini
Bab 6 agen69 login
Bab 7 link sering maxwin
Bab 8 buku taysen 2d
Bab 9 raya108
Bab 10 slot yang gacor hari ini
Bab 11 ada kami pinjaman online
Bab 12 ak4d slot game
Bab 13 aguaslot
Bab 14 jedar88
Bab 15 situs terbaik hari ini
Bab 16 fixbet88
Bab 17 gambar pola maxwin olympus
Bab 18 cara pembayaran bukalapak dengan akulaku
Bab 19 neng4d club
Bab 20 jagoan69
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3586bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Mendekonstruksi dunia lain

bunga pinjam uang di kredivo
DAMRI akan mengoperasikan 24 bus listrik untuk menunjang mobilisasi para peserta dan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.
DAMRI akan mengoperasikan 24 bus listrik untuk menunjang mobilisasi para peserta dan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. ( IStockphoto/Vector).
Jakarta, CNN Indonesia--

DAMRI akan mengoperasikan 24 bus listrikuntuk menunjang mobilisasi para peserta dan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Corporate Secretary DAMRI Akhmad Zulfikri menyebut pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan dalam pengoperasian bus listrik untuk mendukung acara yang berlangsung pada 15-16 November 2022 di Bali itu.

Persiapan tersebut di antaranya melakukan pelatihan untuk para pengemudi, seperti memastikan standar minimum pelayanan dalam keamanan dan kesiapan selama berkendara.

"Kami optimis bus listrik dapat beroperasi secara prima, dengan persiapan yang matang dan pengecekan secara berkala, semoga pengoperasian armada ini mampu menunjang kelancaran agenda KTT G20," ungkap Akhbar melalui keterangan resmi, Kamis (10/11).

Rute yang akan dilalui oleh bus listrik yang akan dioperasikan DAMRI di Nusa Dua tersebut dibagi menjadi tiga. Berikut di antaranya:

- Rute ND 1, bus akan melewati Lapangan Lagoon - Sofitel Hotel & Resort - BNDCC - Bali Collection - Hotel St. Regis - Mulia Resort - Hotel Hilton - The Apurva Kempinski - Samabe Bali Suites & Villas.

- Rute ND 2, bus akan melewati Nusa Dua Beach Hotel - The Westin Hotel - Hotel The Laguna - Hotel Melia Bali - Bali Collection - Hotel Grand Hyatt - Ayodya Resort Bali - Hotel Merusaka - The Apurva Kempinski.

- Rute ND 3, bus akan melewati Bali Collection - The Mulia Resort - The Apurva Kempinski - Hotel Ritz Carlton.

[Gambas:Video CNN]



(tim/agt)

[Gambas:Video CNN]

Cermin iblis serba bisa

78 situs slot demo gratis
Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayu Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese untuk bekerja sama memproduksi mobil listrik di Indonesia.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayu Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese untuk bekerja sama memproduksi mobil listrik di Indonesia. (Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayu Perdana Menteri (PM) AustraliaAnthony Albanese untuk bekerja sama memproduksi mobil listrikdi Indonesia. Jokowi meminta Albanese untuk langsung membawa lithium ke Indonesia.

"Saya hanya menawarkan kepada PM Anthony Albanese. Kita (Indonesia) punya nikel, kalau digabung itu bisa jadi baterai mobil listrik. Saya minta kepada PM Albanese untuk lithiumnya bisa dibawa ke Indonesia. Kita bersama-sama melakukan hilirisasi di Indonesia," kata Jokowi dalam acara B20 Summit Indonesia di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi membahas soal rencana hilirisasi dan industrialisasi bahan-bahan mentah yang dimiliki Indonesia. Strategi besar tersebut kekeh dijalankan Jokowi demi mendapatkan nilai tambah di dalam negeri, baik untuk pendapatan negara maupun penciptaan lapangan kerja.

Selain itu, Jokowi juga menyinggung soal rencana pembangunan kawasan industri hijau di Kalimantan Utara (Kaltara) yang dibangun di atas tanah seluas 30 ribu hektare.

"Inilah kesempatan bagi investor untuk menjalin kerja sama dengan Indonesia. Membawa investasi, membawa teknologi karena ini memerlukan uang yang tidak sedikit untuk bersama-sama membangun ekonomi hijau di Indonesia," jelas Jokowi.

"Dan kami sudah menyiapkan di Kalimantan Utara 30 ribu hektare lahan untuk green industrial farm yang nantinya saya yakin akan berbondong-bondong investor datang untuk membangun produk-produk hijau dari Indonesia," sambungnya.

Lihat Juga :
INA Investasi ke Produsen Baterai Listrik China Rp31 T

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Indonesia siap memproduksi baterai untuk 3 juta kendaraan listrik. Hal itu diungkapkan Luhut ketika memaparkan rencana pembangunan kawasan energi baru Kaltara Industrial Estate di acara 4th Indonesia Fintech Summit (IFS) 2022.

"Dulu kita hanya ekspor ini saja (bijih nikel), sekarang kita sudah masuk sini (besi dan baja), nanti kita akan berada di sini (baterai untuk kendaraan listrik). Kuartal III 2024 kita akan memproduksi lithium battery," kata Luhut, Kamis (10/11).

"Kita akan (produksi) electric alumina dan yang paling penting kita akan produksi new energy battery yang ekuivalen dengan 3 juta electric vehicle (EV)," sambungnya soal proyeksi industri Indonesia.

Luhut dengan tegas mengatakan bahwa investasi di Kaltara Industrial Estate menyentuh US2 miliar. Di kawasan tersebut, akan dibangun juga solar panel 10 GW hingga 11 ribu GW hydro power.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Lucunya menumbuhkan keabadian, rubah lucu tidak diizinkan melarikan diri

1001 arti mimpi togel
Tiga perusahaan di Serang, Banten, merelokasi pabriknya ke beberapa daerah di Jawa Tengah tahun depan.
Tiga perusahaan di Serang, Banten, merelokasi pabriknya ke beberapa daerah di Jawa Tengah tahun depan. (morgueFile/click).
Banten, CNN Indonesia--

Tiga perusahaandi Serang, Banten, merelokasi pabriknya ke beberapa daerah di Jawa Tengahtahun depan.

Kepala Disnakertrans Banten Septo Kalnadi menyebutkan tiga perusahaan tersebut yaitu PT Nikomas Gemilang, PT KMK Global Sport dan PT Parkland World Indonesia (PWI).

Septo mengatakan untuk PT Nikomas Gemilang akan memindahkan pabriknya ke Pekalongan. PT KMK Global Sport akan pindah ke Salatiga dan Temanggung. Kemudian PT PWI 1 dan 2 pindah ke Pati.

Ia mengatakan hengkangnya ketiga perusahaan tersebut berpotensi menambah angka pengangguran di Banten. Pasalnya, relokasi tak hanya berdampak pada PHK pekerja melainkan efek domino lain yang dirasakan masyarakat di sekitar perusahaan tersebut.

Mulai dari banyaknya usaha penjual makanan yang tutup hingga jasa kos-kosan terancam gulung tikar. Akibatnya, pertumbuhan ekonomi di provinsi tersebut terancam turun.

Lihat Juga :
Kemnaker Respons Usul No Work No Pay: Kunci di Serikat Pekerja

"Terus warung tempat dia belanja, kosan-kosannya udah pasti kosong. Ya efek dominonya begitu (berpengaruh ke ekonomi). Ada berapa catering di situ, itu kan nanti sama aja, berhenti kan usaha merekanya," jelasnya.

Ia menambahkan, meski investasi masuk ke wilayah Banten, terutama di Kota Cilegon yang bisa menyerap tenaga kerja, namun diprediksi tidak mampu mengurangi angka pengangguran dari ketiga perusahaan yang hengkang itu, lantaran perusahaan di Kota Baja itu akan beroperasi pada 2025 mendatang.

"Di Cilegon, Chandra Asri, Lotte, itu kan baru beroperasi 2025, Lotte sama Chandra Asri, bukan sekarang. Ya kondisi perekonomian begini, ya kepikiran," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ynd/dzu)

dunia yang berbakat

situs luar gampang maxwin
Sebanyak tiga perusahaan di Serang, Banten, disebut akan merelokasi pabriknya ke beberapa daerah di Jawa Tengah (Jateng) tahun depan.
Sebanyak tiga perusahaan di Serang, Banten, disebut akan merelokasi pabriknya ke beberapa daerah di Jawa Tengah (Jateng) tahun depan. Ilustrasi. (Daria/epicantus).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sebanyak tiga perusahaan di Serang, Banten, disebut akan merelokasi pabriknya ke beberapa daerah di Jawa Tengah (Jateng) tahun depan.

Kepala Disnakertrans Banten Septo Kalnadi menyebutkan tiga perusahaan tersebut yaitu PT Nikomas Gemilang, PT KMK Global Sport dan PT Parkland World Indonesia (PWI).

Septo mengatakan untuk PT Nikomas Gemilang akan memindahkan pabriknya ke Pekalongan. PT KMK Global Sport akan pindah ke Salatiga dan Temanggung. Kemudian PT PWI 1 dan 2 pindah ke Pati.

Ia mengatakan hengkangnya ketiga perusahaan tersebut berpotensi menambah angka pengangguran di Banten. Pasalnya, relokasi tak hanya berdampak pada PHK pekerja melainkan efek domino lain yang dirasakan masyarakat di sekitar perusahaan tersebut.

Pengusaha memperingatkan perlahan tapi pasti seluruh pabrik yang ada di Banten bakal setop operasi dan pindah ke wilayah lain, salah satunya Jateng.

Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri  mengungkapkan hal itu terjadi lantaran pelaku usaha mengalami kesulitan keuangan menyusul penurunan permintaan dari negara mitra dagang imbas perang Rusia-Ukraina.

Lihat Juga :
Pengusaha Sepatu Ungkap Alasan Pabrik 'Lari' ke Jateng

Kenaikan upah yang makin tinggi tiap tahunnya di wilayah, misalnya di Provinsi Banten tersebut dinilai tak sejalan dengan harga alas kaki atau sepatu yang cenderung tetap. Karenanya, biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk pekerja makin memakan porsi besar.

"Jadi semakin lama biaya input upah semakin tidak kompetitif. Jadi kemudian ada relokasi," ujarnya kepada CNNIndonesia.com.

Tak ayal, pelaku usaha memutuskan untuk memindahkan pabriknya ke wilayah dengan upah minimum provinsi (UMP) rendah, seperti Jateng. Tujuannya, perusahaan ingin mengurangi biaya.

"Hampir semua pabrik yang ada di daerah dengan UMK tinggi sudah memiliki pabrik satelit di daerah dengan UMK yang kompetitif. Secara bertahap maka fokus pengembangannya akan bergeser ke pabrik satelit yang baru," ujarnya.

Saat ini, ia menyebutkan perusahaan, utamanya alas kaki di Tanah Air masih menjalankan usahanya dengan posisi pabrik di dua wilayah. Pertama di wilayah dengan UMP tinggi dan wilayah yang tengah dijajaki dan dikembangkan usahanya.

Namun, ia tak memungkiri pekerja dari pabrik yang direlokasi pada akhirnya lebih berisiko terkena PHK ketika ada penurunan permintaan (demand).

"Pada pabrik yang sudah ada relokasi, karena beban di pabrik asal lebih berat beban gajinya maka ketika ada penurunan demandmereka (pekerja pabrik yang direlokasi) menjadi korban pertama PHK," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Wu Yeruomeng

paito 3 in 1

Dominasi Yin dan Yang

kebo88