petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

gboslot

enakbet 37Jutaan kata 35622Orang-orang telah membaca serialisasi

《gboslot》

KPK sebut perbaikan indeks persepsi korupsi butuh kolaborasi******

KPK sebut perbaikan indeks persepsi korupsi butuh kolaborasi
Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan saat ditemui di Gedung Pusat Antikorupsi KPK, Jakarta, Kamis (1/2/2024). ANTARA/Fath Putra Mulya/am.
Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan mengatakan bahwa perbaikan indeks persepsi korupsi (IPK) membutuhkan kolaborasi seluruh kementerian, bukan hanya bertumpu pada aparat penegak hukum.

“Menganggap IPK ini tanggung jawab aparat penegak hukum, itu salah besar. Salah besar. Karena IPK ini kalau dibedah, siapa saja yang diukur, itu seluruh kementerian terlibat,” kata Pahala saat ditemui di Gedung Pusat Antikorupsi KPK, Jakarta, Kamis.

Pahala ingin kondisi IPK Indonesia saat ini menjadi perhatian bersama, agar perbaikannya ke depan menjadi tanggung jawab bersama.

“Kita ingin naikkan masalah ini, sehingga semua kementerian aware(sadar, red.) bahwa IPK ini bukan hanya tentang korupsi dan bukan hanya KPK,” tuturnya.

Stagnasi skor IPK Indonesia, ucap Pahala, menggambarkan ada sistem yang tidak berjalan dengan baik, sehingga dibutuhkan perubahan masif dan signifikan.

“Bahasa saya, sudah enggak bisa lagi kita jalan, udah enggak bisa lagi perbaikannya dengan lari, harus melompat untuk kita bisa bareng lagi dengan Malaysia. Malaysia sudah 50 sekarang,” kata dia.

Terkait perbaikan sistem yang signifikan, diperlukan dorongan dan kebijakan dari kepala negara. Untuk itu, KPK pada Kamis, mengadakan diskusi publik antara perwakilan tim calon presiden dan wakil presiden, serta organisasi masyarakat sipil.

Diketahui, Transparency International Indonesia telah merilis hasil pengukuran Indeks Persepsi Korupsi (IPK) tahun 2023 pada Selasa (30/1). Indonesia meraih skor 34 atau stagnan dengan skor pada tahun 2022.

Terkait hal itu, Kepala Bagian Pemberitaan Ali Fikri sebelumnya telah mengatakan stagnasi skor IPK menjadi cambuk bahwa upaya pemberantasan korupsi perlu cara-cara yang luar biasa.

“Stagnasi skor IPK tentu jadi cambuk bagi kita semua, bahwa upaya pemberantasan korupsi tidak cukup jika hanya dilakukan dengan 'biasa-biasa' saja,” ujar Ali dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (30/1).

Menurut Ali, pemberantasan korupsi butuh komitmen konkret dan dukungan penuh dari semua elemen di samping juga melakukan penguatan regulasi.

“Penguatan regulasi dibutuhkan untuk penguatan kelembagaan atau pun pelaksanaan tugas pemberantasan korupsi yang akseleratif dan berdampak nyata terhadap perbaikan pemberantasan korupsi di Indonesia, seperti pengesahan undang-undang perampasan aset maupun perluasan lingkup LHKPN,” kata dia.

Baca juga: KPK tegaskan tetap proses perkara dugaan korupsi Eddy Hiariej
Baca juga: KPK amankan uang hingga mobil dari penggeledahan di Sidoarjo

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024

Hujan deras, Jalan DI Panjaitan banjir hingga lebih 50 cm******

Hujan deras, Jalan DI Panjaitan banjir hingga lebih 50 cm
Sejumlah kendaraan tengah melintas di jalan yang terendam banjir di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Cipinang Cimpedak, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (5/2/2024). ANTARA/Syaiful Hakim.
Seharusnya dirapikan gorong-gorongnya
Jakarta (ANTARA) - Hujan deras yang mengguyur wilayah DKI Jakarta menyebabkan ruas jalan di Jalan DI Panjaitan pada kedua arah, baik Kecamatan Makasar maupun Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, menyebabkan banjir hingga lebih 50 sentimeter (cm), Senin sore.
Akibatnya, sejumlah sepeda motor mogok karena nekat melintas di jalan yang terendam banjir tersebut.

Banjir tersebut juga menyebabkan arus lalu lintas di dua arah itu tersendat.
Untuk menghindari kedalaman air, beberapa pengendara yang melintas mengambil sisi jalan paling kanan, yang lebih tinggi permukaannya. Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Cipinang Cimpedak, Kecamatan Jatinegara, M Taufik menjelaskan, saat ini air perlahan mulai surut.

Baca juga: Hujan deras, banjir terjadi di lima RT DKI Jakarta "Tadi kan awalnya selutut orang dewasa, sekarang udah hampir semata lagi. Alhamdulillah, tadi perkiraan sempat di atas 50 cm, paling tinggi, surut perlahan sekarang," jelas Taufik.
Ketinggian air, kata dia, juga terjadi di kedua arah, baik sisi di wilayah Kecamatan Jatinegara maupun Kecamatan Makasar.
“Iya dua arah banjirnya kiri kanan, yang satu kanan itu arah dari Tanjung Priok ke Cililitan yang kiri dari arah Cililitan ke Tanjung Priok," ucapnya.
Salah satu pengendara motor, Igo mengaku sepeda motormya mogok karena memaksakan melintas di jalan yang terendam banjir.
"Saya melintas dari arah dari Condet ke Rawamangun, motor saya mati karena banjir lumayan tinggi ada di atas 50 cm," ujarnya.

Baca juga: Hingga Jumat malam, dua ruas jalan masih banjir di Jaktim Dia berharap pemerintah daerah dapat segera mencari solusi terkait hal tersebut.
"Seharusnya dirapikan gorong-gorongnya, banyakin karyawan untuk lingkungan untuk mengatur ini, karena terganggu banget mau kerja juga tidak bisa jadi karena terhambat," ujarnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024

Persik Kediri menekuk Bali United 1******

Persik Kediri menekuk Bali United 1-0
Pelatih Persik Kediri Marcelo Rospide (kanan). ANTARA/Asmaul/am.
Melawan Bali United ini kerja keras, saya senang bisa membantu tim dapat tiga poin di kandang.
Kediri (ANTARA) - Tim Persik Kediri berhasil menekuk tim tamu Bali United dengan skor tipis 1-0 dalam laga pekan 23 kompetisi Liga 1 Indonesia 2023/2024 yang digelar di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jawa Timur.

Dalam laga yang berlangsung Senin (5/2/) malam itu, satu-satunya gol yang membuat Persik meraih tiga poin disumbang oleh Renan Silva di menit ke-83.

Sejak pertandingan dimulai, Persik sudah bermain agresif. Laga baru berjalan 10 menit, tercatat dua kali Persik Kediri mengancam gawang Bali United.

Ancaman pertama datang dari tandukan kepala Rohit Chand yang menyambut umpan sepak pojok Ze Valente. Bola sundulan Rohit masih bisa ditepis kiper Bali United Edilson Maringa. Ancaman selanjutnya datang dari Anderson yang berhasil menyambut bola sepak pojok.

Namun sayangnya, belum sempat lepaskan tembakan, para pemain Bali United langsung mengamankan pergerakan pemain Persik Anderson. Skor bertahan 0-0 menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Anderson juga mengancam gawang Bali United. Lewat tendangan bebas, sepakan Anderson hampir menjebol gawang tim tamu. Namun, bola ternyata menghantam mistar atas gawang Bali United. Bola rebound berusaha dikejar kembali oleh para pemain Persik, sayangnya belum kembali berbuah peluang.

Serangan demi serangan Persik akhirnya berbuah hasil. Di menit 80, pergerakan Flavio Silva makin membahayakan bagi lini belakang Bali United. Menyambut sebuah umpan dari tengah, Flavio menusuk ke dalam area penalti lawan. Berniat menghentikan Flavio, pemain Bali United terpaksa melakukan pelanggaran.

Wasit pun langsung menunjuk titik putih untuk, penalti untuk Persik Kediri. Renan Silva yang maju sebagai eksekutor, dengan tenang melakukan tugasnya dan sukses menaklukkan kiper Bali United. 1-0 untuk keunggulan tuan rumah Persik Kediri.

Unggul satu gol, tidak membuat Persik Kediri berhenti bermain agresif. Selama 10 menit akhir laga, Persik masih intensif melepaskan serangan.

Namun, skor 1-0 bertahan sampai peluit akhir laga berbunyi. Persik menuntaskan ambisinya merebut tiga poin dari sang tamu.

Dengan kemenangan ini, Persik Kediri naik satu tingkat ke peringkat lima klasemen sementara Liga 1 dengan 37 poin menggeser Madura United ke peringkat 6 dengan 35 poin.

Sedangkan Bali United berada di posisi empat dengan 41 poin. Sehari sebelumnya posisi mereka telah tergeser oleh Persib Bandung yang kini ada di posisi tiga dengan poin yang sama namun unggul defisit gol.

Sementara itu, pelatih Persik Kediri Marcelo Rospide mengakui bahwa pertandingan melawan Bali United cukup sulit, namun akhirnya berhasil membuahkan gol. Dirinya mengucapkan selamat kepada seluruh pemain.

"Saya ucapkan selamat untuk pemain. Yang paling penting dalam sepak bola, bisa menciptakan banyak peluang. Ke depan harus lebih baik lagi, tercipta lebih banyak gol," kata Marcelo.

Pemain Persik Renan Silva mengatakan dirinya senang bisa membantu untuk menambah poin bagi Persik Kediri.

"Melawan Bali United ini kerja keras, saya senang bisa membantu tim dapat tiga poin di kandang," kata Renan Silva.

Sementara itu, pelatih Bali United Stefano Cugurra mengatakan Haudi Abdillah mengalami cedera, sehingga harus mengubah formasi pertahanan timnya.

"Ada pemain yang keluar karena cedera. Saya memasukkan pemain pengganti untuk memperkuat pertahanan tapi posisi bek kanan dan kiri juga harus berubah. Ini yang membuat kami lemah," kata Stefano Cugurra.

Pemain Bali United Irfan Jaya mengatakan ia dengan pemain lainnya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mencetak gol, tapi belum beruntung.

"Selamat untuk Persik Kediri. Kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa gol tapi belum beruntung. Semoga ke depan di pertandingan selanjutnya bisa diperbaiki," kata Irfan Jaya.
Baca juga: Bali United ungkap empat pemain absen hadapi Persik Kediri
Baca juga: Persik Kediri jalani latihan taktikal hadapi Bali United

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:slot bonus 100 to x5

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
cara mendapatkan hadiah uang dari lazada
market898
mpo koi 88
hagoslot
dewapetir
menang slot 99
sgp slot online
situs slot gacor rtp tinggi
bet88 slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 nos89
Bab 2 vs20bonzgold
Bab 3 king88bet
Bab 4 gacor77
Bab 5 jingga88
Bab 6 qq88asia login
Bab 7 king177
Bab 8 91 di erek erek
Bab 9 wede777
Bab 10 nama situs gacor
Bab 11 pinjol aman bunga rendah
Bab 12 koi 202 slot login
Bab 13 situs judi bola parlay 2 tim
Bab 14 cara pembayaran adakami
Bab 15 cara menang main slot pragmatic zeus
Bab 16 adaro4d
Bab 17 slot gacor 4d
Bab 18 aplikasi nyicil hp
Bab 19 sgp 77 slot
Bab 20 ole99 slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3994bab
takutBacaan TerkaitMore+

Lagu Yin Liting Qiaoxia

slot gacor deposit via qris
Ada getaran, PVMBG: Waspada banjir lahar Gunung Lewotobi Laki-laki
Warga Desa Dulipali, Kecamatan Ile Bura, Flores Timur, NTT membersihkan rumahnya yang diterjang banjir lahar hujan, Selasa (16/1/2024). ANTARA/Fransiska Mariana Nuka/am.
Karena terekam adanya satu kali getaran banjir atau lahar hujan dengan amplitudo 7,4 mm dan durasi 2.116 detik
Kupang (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengingatkan warga untuk mewaspadai potensi banjir lahar hujan dari Gunung Lewotobi Laki-laki, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). "Karena terekam adanya satu kali getaran banjir atau lahar hujan dengan amplitudo 7,4 mm dan durasi 2.116 detik," kata Petugas Pemantau Gunung api Lewotobi Laki-laki, Bobyson Lamanepa dari Kecamatan Wulanggitang, Flores Timur, Minggu. Mengacu pada peta Kawasan Rawan Bencana Gunung api Lewotobi Laki-laki, jalur aliran lahar terbanyak ke arah timur laut yakni tiga titik di sekitar Desa Nobo dan Nurabelen, Kecamatan Ile Bura.

Baca juga: Gunung Lewotobi Laki-laki erupsi disertai luncuran awan panas Selanjutnya ada satu titik di daerah Desa Dulipali, Kecamatan Ile Bura, serta satu titik lagi di daerah perbatasan Tabana dan Duang, Kecamatan Wulanggitang. PVMBG pun telah mengeluarkan imbauan agar warga waspada dengan banjir lahar hujan saat hujan terjadi dengan intensitas tinggi. Pasalnya erupsi masih terjadi, sehingga terjadi penumpukan material di bagian puncak yang menyebabkan potensi lahar masih ada. "Oleh karena itu perlunya mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung jika hujan intensitas tinggi," kata Bobyson. Kini Gunung api Lewotobi Laki-laki berada pada status Siaga atau Level III.

Baca juga: Gunung Lewotobi Laki-laki lontarkan abu setinggi 1.500 meter Pos Pemantau Gunung api Lewotobi Laki-laki masih melakukan pemantauan setiap enam jam dan mendapati adanya letusan yang terekam. Selain letusan, lanjutnya, ada pula gempa guguran dan gempa lowfrekuensi yang masih terekam setiap hari. "Rekomendasi yang kami berikan masih sama, yakni tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius empat kilometer dari pusat erupsi, serta sektoral lima kilometer arah utara-timur laut dan enam kilometer sektor timur laut," kata Bobyson.

Baca juga: PVMBG turunkan status Gunung Lewotobi NTT mulai hari ini

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

Penebusan Xu Xian

96 slot
Hujan deras, Jalan DI Panjaitan banjir hingga lebih 50 cm
Sejumlah kendaraan tengah melintas di jalan yang terendam banjir di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Cipinang Cimpedak, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (5/2/2024). ANTARA/Syaiful Hakim.
Seharusnya dirapikan gorong-gorongnya
Jakarta (ANTARA) - Hujan deras yang mengguyur wilayah DKI Jakarta menyebabkan ruas jalan di Jalan DI Panjaitan pada kedua arah, baik Kecamatan Makasar maupun Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, menyebabkan banjir hingga lebih 50 sentimeter (cm), Senin sore.
Akibatnya, sejumlah sepeda motor mogok karena nekat melintas di jalan yang terendam banjir tersebut.

Banjir tersebut juga menyebabkan arus lalu lintas di dua arah itu tersendat.
Untuk menghindari kedalaman air, beberapa pengendara yang melintas mengambil sisi jalan paling kanan, yang lebih tinggi permukaannya. Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Cipinang Cimpedak, Kecamatan Jatinegara, M Taufik menjelaskan, saat ini air perlahan mulai surut.

Baca juga: Hujan deras, banjir terjadi di lima RT DKI Jakarta "Tadi kan awalnya selutut orang dewasa, sekarang udah hampir semata lagi. Alhamdulillah, tadi perkiraan sempat di atas 50 cm, paling tinggi, surut perlahan sekarang," jelas Taufik.
Ketinggian air, kata dia, juga terjadi di kedua arah, baik sisi di wilayah Kecamatan Jatinegara maupun Kecamatan Makasar.
“Iya dua arah banjirnya kiri kanan, yang satu kanan itu arah dari Tanjung Priok ke Cililitan yang kiri dari arah Cililitan ke Tanjung Priok," ucapnya.
Salah satu pengendara motor, Igo mengaku sepeda motormya mogok karena memaksakan melintas di jalan yang terendam banjir.
"Saya melintas dari arah dari Condet ke Rawamangun, motor saya mati karena banjir lumayan tinggi ada di atas 50 cm," ujarnya.

Baca juga: Hingga Jumat malam, dua ruas jalan masih banjir di Jaktim Dia berharap pemerintah daerah dapat segera mencari solusi terkait hal tersebut.
"Seharusnya dirapikan gorong-gorongnya, banyakin karyawan untuk lingkungan untuk mengatur ini, karena terganggu banget mau kerja juga tidak bisa jadi karena terhambat," ujarnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024

kelaparanku yang hebat

cara mudah pinjam uang
Wakapolri pastikan kesiapan aparat jaga keamanan Pemilu 2024
Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto dalam kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan Polri Presisi Untuk Negeri yang dilaksanakan di Stadion Temenggung Abdul Jamal Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat (2/2/2024). ANTARA/Jessica/pri.
Batam (ANTARA) - Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto memastikan kesiapan aparat dalam menjaga keamanan Pemilu pada 14 Februari 2024.

Hal tersebut ia sampaikan usai menyerahkan bantuan sosial dalam kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan Polri Presisi Untuk Negeri yang dilaksanakan di Stadion Temenggung Abdul Jamal Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat.

"Kalau pemilu pasti Pak Kapolda sudah siap dan saya yakin kalau polisi dekat dengan masyarakat, kalau seluruh aparat dekat dengan masyarakat tidak ada masalah yang tidak selesai. Keamanan pasti dijaga," kata Agus.

Dengan begitu, ia juga mengajak pada seluruh masyarakat agar dapat bersama-sama mewujudkan keamanan serta menciptakan suasana aman dan damai dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

"Mari bantu Polri, bantu aparat untuk mewujudkan keamanan, ciptakan suasana sejuk utamanya jelang pemilu 2024," ujar dia.

Baca juga: Wakapolri serahkan bantuan sosial untuk masyarakat Batam

Baca juga: Wakapolri minta kerukunan dan keberagaman di Lampung harus dijaga 

Polda Kepulauan Riau (Kepri) mengerahkan 3.747 personel untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024 agar berjalan aman dan damai.

Diberitakan sebelumnya, Kapolda Kepri Irjen Pol. Yan Fitri Halimansyah di Batam, Selasa (30/1) mengatakan 3.747 personel tersebut untuk tahap pemungutan suara, yang akan ditingkatkan dengan memaksimalkan jumlah personel yang tersedia.

Ia menyampaikan untuk di daerah pulau terluar, para personel itu akan segera berangkat ke wilayah penugasannya pada 'H-7' sebelum pencoblosan.

"Harapan kami mereka sudah bisa memposisikan diri mereka 'H-6' atau 'H-5' sudah di lokasi (penugasan) masing-masing," kata Yan.

Ia menyebutkan untuk potensi kerawanan di Kepri cukup kondusif dan semua pemangku kebijakan juga bekerja sama untuk menjaga provinsi tersebut agar tetap aman, damai serta kondusif dalam pesta demokrasi.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024

Kacamata ajaib dunia film

dapat saldo dana cepat
Forum Keluarga Besar IPB serukan demokrasi bermartabat
Forum Keluarga Besar IPB menyampaikan seruan demokrasi bermartabat di IPB International Convention Center, Sabtu (3/2/2024). (ANTARA/Shabrina Zakaria)
Kota Bogor (ANTARA) - Forum Keluarga Besar IPB University menyampaikan seruannya untuk mendorong proses suksesi kepemimpinan nasional melalui pemilihan umum (pemilu) berlangsung tertib, aman dan damai.

Guru Besar IPB Haryadi Kartodihardjo mengatakan untuk praktik demokrasi yang bermartabat, ada lima poin dalam seruan yang mewakili para guru besar dan mahasiswa IPB University, pertama, kepemimpinan dan pemerintahan Indonesia harus dikembalikan pada semangat sila keempat Pancasila.

“Kedua, kepemimpinan nasional wajib dipilih melalui proses demokrasi yang bebas, jujur, dan adil untuk memperoleh legitimasi kuat dari rakyat, serta dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan dengan check and balanceantara pemerintah dan DPR atau DPD yang baik,” kata Haryadi saat membacakan sikap Forum Keluarga Besar IPB University, di Bogor, Sabtu.

Poin ketiga menurut Haryadi, pemimpin nasional harus menjunjung tinggi etika dan moral yang sejalan dengan sumpah jabatan sehingga kepercayaan masyarakat dapat terjaga dan menjadi teladan bagi rakyat.

Dia mengatakan bahwa peraturan perundang-undangan dan pelaksanaannya harus dikembalikan pada amanat rakyat dan akal sehat.

“Untuk itu, pejabat pemerintah dan aparatur negara, terutama penegak hukum, harus menjaga profesionalitas dan netralitas antara lain dalam penyelenggaraan pemilu,” ujarnya.

Haryadi menjelaskan poin kelima adalah sikap dan suara kritis sivitas akademika dan setiap warga negara harus dilindungi dan dapat diekspresikan serta tanpa rasa takut untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.

“Keluarga besar IPB akan terus semangat mengabdi dan bekerja keras untuk kejayaan negeri ini,” ujarnya.

Dia mengatakan IPB sebagai kampus rakyat menjunjung tinggi prinsip-prinsip kejujuran, obyektivitas, pemeliharaan keserasian, dan keberlanjutan kehidupan di muka bumi.

Selain itu menurut dia, IPB menjunjung tinggi keberpihakan terhadap kepentingan bangsa, dan senantiasa berorientasi ke arah masa depan yang lebih maju dan lebih berkeadilan.

Baca juga: Civitas academica UI minta pemilu bebas intimidasi
Baca juga: Jokowi menilai petisi akademisi bagian dari demokrasi

Pewarta: Shabrina Zakaria/M Fikri Setiawan
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024

Master Pedang Sembilan Surga

miyaqq
Gunung Ibu erupsi luncurkan lava pijar sejauh satu kilometer
Kolom abu vulkanik berwarna kelabu membumbung akibat aktivitas erupsi Gunung Ibu yang terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara, Jumat (26/1/2024). ANTARA/HO-PVMBG/am.
Jakarta (ANTARA) - Gunung Ibu yang terletak di barat laut Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara, erupsi melontarkan abu vulkanik setinggi dua kilometer dan meluncurkan lava pijar sejauh 500 meter sampai satu kilometer ke arah utara, barat laut, barat, dan selatan.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan mengatakan letusan itu terjadi malam ini pukul 22.00 WIT.

"Teramati sinar api tinggi lebih kurang 600 meter di atas puncak," ujarnya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Hendra menuturkan erupsi itu terekam pada alat seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mililiter dan durasi hingga 2 menit 20 detik.

Kolom abu vulkanik yang membumbung berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya.

Baca juga: Gunung Lewotobi Laki-laki lontarkan abu setinggi 1.500 meter

Saat ini Gunung Ibu berada pada status level II atau waspada dengan rekomendasi masyarakat di sekitar Gunung Ibu agar tidak beraktivitas di dalam radius dua kilometer dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata)," kata Hendra.

Gunung Ibu merupakan gunung api bertipe strato volcano yang memiliki ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara.

Puncak gunung merupakan kawah vulkanik. Pusat kawah memiliki lebar 1 kilometer dan kedalaman 400 meter, sedangkan bagian luar memiliki lebar 1,2 kilometer.

Sepanjang tahun 2023, Gunung Ibu menduduki posisi kedua gunung api paling aktif erupsi di Indonesia. Gunung api tersebut mengalami erupsi sebanyak 21.100 kali.

PVMBG mengingatkan masyarakat untuk selalu mewaspadai aliran lahar pada sungai-sungai yang berhulu ke puncak Gunung Ibu dan selalu berkoordinasi dengan pos pengamatan gunung api setempat.

Baca juga: Gunung Semeru erupsi dengan ketinggian letusan 1,3 km di atas puncak
Baca juga: Guguran lava meluncur empat kali dari Gunung Merapi sejauh 1,2 km

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024

Dewa Perang bertanda Naga

impian88
Gempa Magnitudo 5,7 terasa pada beberapa daerah di Sumbar
BMKG mencatat gempa berkekuatan M 5,7 terjadi di Sumatera Barat, Senin (5/2/2024). ANTARA/HO-BMKG/aa.
Padang (ANTARA) - Gempa Magnitudo 5,7 mengguncang Sumatera Barat (Sumbar) sekitar pukul 07.52 WIB dengan getaran cukup kuat dan dirasakan di sejumlah daerah. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Pariaman melalui keterangan tertulis di Padang, Senin, menyebut gempa berpusat di laut pada koordinat 2.14 LS dan 100.41 BT dengan kedalaman 16 kilometer. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: BMKG imbau warga Padang kenali pola guncangan gempa bumi Gempa berpusat di 89 kilometer barat daya Pesisir Selatan. Selain di Pesisir Selatan, guncangan yang cukup kuat juga dirasakan masyarakat di Kota Padang. Sementara di Kota Bukittinggi dilaporkan terasa skala I MMI. Gempa juga dilaporkan terasa cukup kuat di Mukomuko, Provinsi Bengkulu yang berbatasan dengan Pesisir Selatan. Sementara itu, Kalaksa BPBD Sumbar Rudy Rinaldi menyebut belum ada laporan kerusakan akibat gempa yang cukup kuat tersebut. Namun, berdasarkan informasi dari BMKG tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Wagub Sumbar evakuasi keluarga ke perbukitan di Mentawai saat gempa

Baca juga: Gempa magnitudo 6,1 guncang Kepulauan Mentawai Ia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada pada potensi bencana gempa bumi ,karena Sumbar memiliki banyak potensi bencana, bahkan sempat disebut sebagai super market bencana. "Penting untuk tetap waspada guna meminimalisasi potensi korban," ujarnya.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024