petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

bonus new member sportsbook

kingcobratoto 979Jutaan kata 761553Orang-orang telah membaca serialisasi

《bonus new member sportsbook》

Deret Saham Cuan Pekan Ini, Ada Sektor Kesehatan hingga Perbankan******

Analis memproyeksi IHSG menguat sepanjang pekan ini. Saham yang bisa dikoleksi dari sektor energi hingga kesehatan.
Analis memproyeksi IHSG menguat sepanjang pekan ini. Saham yang bisa dikoleksi dari sektor energi hingga kesehatan. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks HargaSaham Gabungan (IHSG) menguat 19,65 poin atau 0,28 persen ke level 6.997 pada perdagangan Jumat (17/11) lalu.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp8,35 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 14,50 miliar saham.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham menguat empat kali, sementara satu hari sisanya melemah. Tak heran, performa indeks pun menguat 2,47 persen.

Tercatat rata-rata volume transaksi harian saham melemah 11,35 persen dari 19,11 miliar menjadi 16,94 miliar lembar saham. Rata-rata nilai transaksi harian juga melemah 32,42 persen dari Rp12,77 triliun menjadi Rp8,63 triliun.

Kemudian, rata-rata frekuensi transaksi harian saham melemah 3,45 persen dari 1.115.185 menjadi 1.076.690 kali transaksi.

"Investor asing pada hari ini mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp157 miliar, dan sepanjang 2023 investor asing telah mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp15,48 triliun," imbuh Kautsar melalui keterangan resmi, Jumat (17/11).

Di sisi lain, kapitalisasi pasar saham pekan ini menguat 3,27 persen dari Rp10.69 triliun menjadi Rp11.04 triliun.

Lihat Juga :
Erick Soal Roda LRT Jabodebek Cepat Aus: InsyaAllah Ada Solusi

Lantas, seperti apa proyeksi pergerakan IHSG untuk sepekan ke depan?

Head of Customer Literation and Education Kiwoom Sekuritas Indonesia Oktavianus Audi memproyeksi IHSG menguat sepanjang pekan ini. Menurutnya indeks saham bakal bergerak di rentang support 6.829 dan resistance 7.080.

Menurutnya, pergerakan indeks saham ditopang oleh keputusan Bank Indonesia (BI) yang disinyalir bakal menahan suku bunga acuan di level 6 persen. Selain itu, laju IHSG juga dimotori oleh penguatan nilai tukar rupiah.

"Kami melihat rupiah yang beberapa minggu terakhir menguat, serta The Fed (bank sentral AS) akan lebih dovish mendorong BI untuk tetap mempertahankan suku bunga," kata Oktavianus kepada CNNIndonesia.com, Minggu (19/11).

Lihat Juga :
Luhut soal Rambut yang Memutih Usai Sakit: Isyarat Saya Rindu RI

Ia pun memperkirakan kondisi politik dalam negeri seperti penentuan nomor urut capres-cawapres pekan lalu tidak terlalu mempengaruhi bursa saham. Oktavianus menilai pasar saat ini masih terfokus pada geopolitik, suku bunga yang tinggi, dan capital outflow.

Dari luar negeri, Oktavianus mengatakan sinyal pelanggaran kebijakan moneter The Fed memberikan sentimen positif untuk IHSG. Ia menuturkan data inflasi AS ternyata di bawah ekspektasi pasar dan jumlah klaim pengangguran Negeri Paman Sam juga meningkat.

"Ini akan memberikan sentimen positif untuk pasar saham, termasuk IHSG, karena mendorong investor untuk masuk kembali ke high risk investment," kata dia.

Dengan sentimen-sentimen seperti di atas, Oktavianus pun menyarankan investor untuk tetap melakukan trading jangka pendek. Hal tersebut bisa dilakukan meski akan ada koreksi di awal pekan.

Lihat Juga :
Pertamina Ungkap Asal Usul Uang Rp4,65 T yang Tertahan di Venezuela

"Tetapi kami melihat penguatan masih berpotensi berlanjut. Terlebih jika IHSG berhasil breakout resistance 7.046 pada pekan ini," imbuhnya.

Berdasarkan analisis teknikal, Oktavianus pun merekomendasikan beberapa saham yang bisa dikoleksi.

Pertama, saham PT Adaro Energy Indonesia Tbk atau ADRO yang ditutup menguat 0,4 persen ke posisi 2.540 pada pekan lalu. Oktavianus memproyeksi ADRO dapat menyentuh level 2.780 pada pekan ini.

Kedua, saham PT Dharma Polimetal Tbk atau DRMA yang menguat 6,37 persen ke posisi 1.420 pekan lalu. Oktavianus memproyeksi saham emiten otomotif itu dapat menyentuh posisi 1.600 pekan ini.

Ketiga, Oktavianus merekomendasikan saham PT Kalbe Farma Tbk atau KLBF yang ditutup menguat 0,31 persen ke posisi 1.620 pekan lalu. Ia memproyeksi KLBF dapat menyentuh posisi 1.800 pekan ini.

Keempat, ia juga merekomendasikan saham PT Siloam International Hospitals Tbk atau SILO yang ditutup menguat 1,69 persen ke posisi 2.400 pekan lalu. Oktavianus memprediksi SILO dapat menyentuh level 2.630 pekan ini.

Bersambung ke halaman selanjutnya...

Rekomendasi Saham, Sektor Pertambangan hingga Perbankan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

UMP 2024 Jatim Naik 6,1 Persen Jadi Rp2,16 Juta******

Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Timur 2024 diputuskan naik 6,13 persen menjadi Rp2,16 juta.
Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Timur 2024 diputuskan naik 6,13 persen menjadi Rp2,16 juta. Ilustrasi. (iStock/Jaka Suryanta).
Jakarta, CNN Indonesia--

Upah Minimum Provinsi (UMP)Jawa Timur2024 diputuskan naik 6,13 persen menjadi Rp2,16 juta.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/606/KPTS/013/2023 tentang Upah Minimum Provinsi Jawa Timur Tahun 2024. Aturan itu diteken Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada 20 November 2023.

"Upah Minimum Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 sebesar Rp. 2.165.244,30 (dua juta seratus enam puluh lima ribu dua ratus empat puluh empat rupiah tiga puluh sen)," ujar Khofifah dalam beleid itu.

Apabila pengusaha tidak memenuhi ketentuan maka akan dikenakan sanksi sesuai perundang-undangan.

"Dalam hal Upah Minimum Kabupaten/Kota telah ditetapkan, yang berlaku adalah Upah Minimum Kabupaten/Kota," ujarnya.

Dasar perhitungannya UMP 2024 adalah Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021.

Dalam PP tersebut, besaran UMP dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi, UMP tahun sebelumnya, dan nilai indeks tertentu (alpha) yang ditetapkan di kisaran 0,1-0,3.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Mimpi Hyperloop Elon Musk, Mobil Terbang hingga Pecel Lele di IKN******

Ibu Kota Nusantara dirancang jadi kota pintar (smart city). Sejumlah raksasa teknologi digandeng. Terkesan jadi negeri impian, namun harus diwujudkan.
Nusantara yang masih dalam proses pembangunan. Ibu kota baru ini dirancang jadi kota pintara. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
San Francisco, CNN Indonesia--

Otorita Ibu Kota Negara (IKN) saat ini terus menggeber pembangunan ibu kota di Nusantara, Kalimantan Timur. Bukan sekadar pembangunan fisik, namun juga penyiapan sistem tata kota untuk mewujudkan Nusantara menjadi smart city. Kota yang bukan cuma layak ditinggali (liveable) namun juga kota yang dicintai (loveable).

Untuk menjadikan nusantara jadi kota cerdas, sejumlah penandatanganan nota kesepahaman (MoU) hingga penjajakan terus dilakukan. MoU yang baru-baru diteken bakan dilakukan langsung di pusat teknologi dunia, Silicon Valley di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Perusahaan-perusahaan digital seperti Cisco, Autodesk, ESRI, hingga Microsoft sepakat bekerja sama di Nusantara. Penjajakan dengan Meta, induk dari Facebook, Instagram, dan Whatsapp juga tengah dilakukan.

Lihat Juga :
LAPORAN DARI AMERIKA SERIKATJokowi 'Jualan' SDA, Energi Hijau hingga IKN di APEC 2023

Nusantara kata Bambang sudah selayaknya disiapkan setara dengan kota-kota besar di negara maju lain. Karena itu kerja sama dengan perusahaan-perusahaan teknologi kelas dunia terus dilakukan.

"Harapannya sistem yang kita bangun bukan sistem kaleng-kaleng," ujarnya.

Namun sistem yang sustainable hingga 2045 dan tahun-tahun berikutnya. Memang menurutnya terkesan masih utopis rencana-rencana tersebut. Namun mau tidak mau kita harus menuju ke sana.

Selain perusahaan yang sudah digandeng saat ini, Bambang mengatakan pembicaraan dengan penyedia teknologi tingkat tinggi lainya juga akan dibahas.

Terang-terangan mantan Wakil Menteri Perhubungan ini menyatakan salah satu perusahaan yang berminat untuk menjajaki kerja sama adalah hyperloop.

Lihat Juga :
Laporan dari Amerika SerikatOtorita IKN Teken MoU dengan 3 Perusahaan Teknologi Dunia

"Hyperloop ini alat transportasi seperti ketapel dalam tabung, punya Elon Musk, bisa memindahkan orang dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat sekali seperti pesawat jet," kata Bambang.

Alat transportasi ini menurutnya bakal dipakai di Neom, kota masa depan di Arab Saudi yang tengah disiapkan Pangeran Mohammed bin Salman (MbS). Kota dengan ukuran lebar hanya sekitar 200 meter ini, bakal dibangun ke atas setinggi 500 meter dan ke bawah 500 meter dengan panjang 170 km.

"MbS inginend to enditu cuma 20 menit, berarti kan pakai Hyperlopp," ujarnya.

Lihat Juga :
Laporan dari Amerika SerikatWujudkan Smart City, Para Pejabat IKN Kunjungi Silicon Valley

Mobil Terbang Hyundai

Bukan cuma dari Amerika Serikat, perusahaan teknologi dari negara-negara lain seperti Korea Selatan dan Jepang juga bakal digandeng IKN.

Bambang mencontohkan Hyundai akan bekerja sama soal penyediaan mobil terbang.

Sebelumnya Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital IKN Mohammed Ali Berawi mengatakan sistem mobil otonom dan taksi terbang akan mulai diuji coba di IKN tahun depan.

"OIKN juga sudah melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan salah satu provider teknologi dari Korea Selatan untuk mengembangkan urban air mobility atau taksi terbang (sky taxi). Uji coba tersebut siap kita lakukan juga pada tahun depan," kata Ali seperti dilansir dari Antara.

Perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai Motor Group, telah menandatangani nota kesepahaman dengan OIKN untuk pengembangan ekosistem Urban Air Mobility (UAM) ini.

Rombongan Otorita IKN saat mengunjungi booth taksi terbang Wisk milik Boeing di APEC 2023 San Francisco, Kamis (16/11).Foto: CNN Indonesia/Suriyanto
Rombongan Otorita IKN saat mengunjungi booth taksi terbang Wisk milik Boeing di APEC 2023 San Francisco, Kamis (16/11).

Saat menghadiri Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2023 di San Francisco, Bambang juga sempat melihat-lihat taksi Wisk, terbang otonom yang dikembangkan oleh raksasa industri penerbangan, Boeing.

Kendaraan tenaga listrik ini dikembangkan sejak 2010. Mempunyai kemampuan lepas landas secara vertikal, kendaraan berkapasitas 4 orang ini punya kecepatan 110 sampai 120 knot. Bentang 14 meter sayapnya dipasangi 12 baling-baling.

Taksi terbang ini bisa mengudara 2.500 hingga 4.000 kaki dengan pengawasan penuh operator saat digunakan.

Lihat Juga :
Laporan dari Amerika SerikatBambang Pastikan Pembangunan IKN Tak Terpengaruh Hiruk Pikuk Pilpres

Sementara Jepang melalui perusahaan Sumitomo Forestry akan ambil bagian soal hutan yang berkelanjutan.

Dilansir dari situs resmi perusahaan, Sumitomo bergerak di bidang penyediaan material kayu yang ramah lingkungan. Selain itu di Indonesia perusahaan ini juga sudah menjalankan bisnis kehutanan skala besar di Kalimantan Barat.

Sumitomo mengklaim mendapatkan pengakuan atas inisiatif mengelola lahan gambut dengan cara efektif, mempertahankan bisnis sekaligus berhasil mengurangi emisi gas rumah kaca.

Bambang juga mengatakan, di IKN nantinya akan dibuat rumah teknologi. Tempat ini nantinya akan menggodok teknologi apa yang paling pas untuk diterapkan di IKN.

Rombongan Otorita IKN saat mengunjungi booth taksi terbang Wisk milik Boeing di APEC 2023 San Francisco, Kamis (16/11).Foto: CNN Indonesia/Suriyanto
Rombongan Otorita IKN saat mengunjungi booth taksi terbang Wisk milik Boeing di APEC 2023 San Francisco, Kamis (16/11).

UMKM Cita Rasa Lokal

Bukan cuma investor dalam negeri, IKN juga membuka kesempatan luas pada investor dalam negeri untuk berperan, bahkan di level usah mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Di tingkat pengusaha dalam negeri, telah terbentuk konsorsium untuk membangun IKN seperti rumah sakit, perkantoran, hotel dan proyek-proyek strategis lain.

Terdapat setidaknya 10 taipan dalam negeri dipimpin Bos Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan. Presiden Jokowi menyebut para pengusaha itu menggelontorkan Rp20 triliun untuk investasi di IKN.

Lihat Juga :
Laporan dari Amerika SerikatKepala IKN soal Rem Investasi Asing: Kawasan Inti Kental Warna RI

Para pengusaha dalam negeri ini nantinya akan fokus di kawasan inti ibu kota baru. Sementara di luar kawasan inti nantinya akan bersama-sama dengan investor asing.

Selain itu, kata Bambang, UMKM juga akan dilibatkan di sana. "Misalnya nanti kita akan bangun tempat makan pecel lele, gudeg, soto banjar dan lain-lain. Itu nanti kan jadi bagian Nusantara" katanya.

Bambang menegaskan, ini adalah wujud IKN milik bersama, bukan milik orang per orang dan tak terkait dengan kepentingan politik. Apalagi pembentukan IKN sudah dipayungi undang-undang.

[Gambas:Video CNN]



Alih Teknologi dan Pendidikan Nusantara

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:deposlot

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
rtp live slot jarwo
pinjam uang shopee
78 togel
cara pinjam uang online di lazada
link main slot
toto slot 168 gacor
voucher hokben
link mudah maxwin
slot bonus new member bebas ip
Daftar isi semua bab
Bab 1 mpo69
Bab 2 gambar kakek zeus slot
Bab 3 supermpo
Bab 4 bonafit88
Bab 5 situs belanja online luar negeri terpercaya
Bab 6 bonus new member 50 to 5x
Bab 7 sapporo88
Bab 8 bo togel yang ada bonus new member
Bab 9 buat website dapat uang
Bab 10 buku mimpi pengemis
Bab 11 cara menggunakan voucher domino's pizza shopee
Bab 12 pinjaman online yang terdaftar di ojk
Bab 13 slot bank
Bab 14 slot baru rilis gacor
Bab 15 pinjam uang di bsi
Bab 16 tafsir mimpi 2 angka bergambar
Bab 17 contoh pasang togel
Bab 18 slot paling maxwin
Bab 19 kayaqq
Bab 20 joker303
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4620bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Siaran Langsung Terbaik: Petualangan Alam Liar

abo777
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso merespons pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang bakal membayar utang kepada Bulog sebesar Rp16 triliun.
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso merespons pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang bakal membayar utang kepada Bulog sebesar Rp16 triliun. (CNN Indonesia/Feby Febrina).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama Perum BulogBudi Waseso merespons pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang bakal membayar utang kepada Bulog sebesar Rp16 triliun.

Buwas mengatakan pembayaran utang tersebut bakal dilakukan tahun ini.

"InsyaAllah(tahun ini), kemarin Bu Menkeu menyampaikan demikian karena uang sudah ada, tinggal audit dari BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) saja," ujarnya di Komplek DPR RI, Rabu (8/11).

Dalam kesempatan terpisah, Sri Mulyani mengatakan saat ini BPKP tengah diminta mempercepat proses audit. Dengan begitu, pembayaran utang kepada Bulog segera dicairkan.

"Jadi, sekarang ini BPKP diminta untuk mengaudit secara lebih cepat sehingga tagihannya bisa disampaikan kepada kita (untuk dibayar)," ujarnya dalam konferensi pers di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (6/11).

Meski pemerintah punya utang Rp16 triliun, sang Bendahara Negara menyebut operasional Bulog tak akan terganggu.

Sri Mulyani mengatakan anggaran Bulog untuk impor beras hingga operasi pasar selama ini diambil dari perbankan dan dibayarkan Kemenkeu.

Utang Rp16 triliun kepada Bulog baru saja diungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat terbatas (ratas) dengan Presiden Joko Widodo. Airlangga menyebut Jokowi minta Sri Mulyani segera melunasi utang tersebut.

"Tadi arahan Presiden (Jokowi), Menkeu (Sri Mulyani) diminta segera melunasi tagihan Bulog yang terakumulasi Rp16 triliun," kata Airlangga.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Sun Wukong yang paling kerasukan

live slot 77
IHSG melemah 0,47 persen ke level 6.961 pada Selasa (21/11) akibat tertekan kinerja 297 saham.
IHSG melemah 0,47 persen ke level 6.961 pada Selasa (21/11) akibat tertekan kinerja 297 saham. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeksharga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.961 pada Selasa (21/11) sore. Indeks saham melemah 33,09 poin atau minus 0,47 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,03 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 22,29 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 225 saham menguat, 297 terkoreksi, dan 231 lainnya stagnan.

Beralih ke asing, bursa saham Asia bergerak bervariasi. Tercatat Nikkei 225 di Jepang melemah 0,1 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong minus 0,2 persen, dan indeks Kospi Korea Selatan menguat 0,71 persen.

Senada, bursa saham Eropa juga bergerak bervariasi. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris melemah 0,28 persen, indeks DAX di Jerman menguat 0,18 persen, dan indeks CAC 40 di Prancis minus 0,08 persen.

Sementara, bursa saham AS kompak bergerak di zona hijau. Indeks S&P 500 menguat 0,74 persen, indeks NYSE Composite minus 0,43 persen, dan indeks NASDAQ Composite menguat 1,13 persen.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Saya datang dari gunung dan ingin turun gunung

trik princess slot
Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.804 pada Rabu (8/11) sore. Indeks saham melemah 39,68 poin atau 0,58 persen dari perdagangan sebelumnya.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.804 pada Rabu (8/11) sore. Indeks saham melemah 39,68 poin atau 0,58 persen dari perdagangan sebelumnya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeksharga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.804 pada Rabu (8/11) sore. Indeks saham melemah 39,68 poin atau 0,58 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp8,34 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 19,04 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 186 saham menguat, 354 saham terkoreksi, dan 211 saham lainnya stagnan.

Beralih ke bursa asing, mayoritas bursa saham Asia bergerak di zona merah.

Tercatat indeks Hang Seng Composite di Hong Kong melemah 0,58 persen, indeks Straits Times di Singapura melemah 1,4 persen, dan indeks Shanghai Composite di China melemah 0,16 persen.

Sedangkan bursa saham Eropa bervariasi. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris menguat 0,07 persen, sedangkan indeks DAX di Jerman melemah 0,11 persen.

Sementara bursa Amerika kompak menguat. Indeks S&P 500 menguat 0,28 persen, indeks Dow Jones menguat 0,17 persen, dan indeks NASDAQ Composite menguat 0,90 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Strategi Nanchen

apakah situs yandex aman
IHSG diproyeksi menguat pada perdagangan Jumat (24/11) ini, melanjutkan kenaikan jangka pendek.
IHSG diproyeksi menguat pada perdagangan Jumat (24/11) ini, melanjutkan kenaikan jangka pendek. (cnnindonesia/AdhiWicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Jumat (24/11) ini.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi IHSG berpotensi untuk melanjutkan kenaikan jangka pendek. Namun, menurut dia, kenaikan yang terjadi masih bersifat teknikal rebound.

"Sehingga para investor masih harus mewaspadai adanya potensi koreksi wajar dikarenakan sentimen dari capital outflow yang tercatat secara ytd (year to date) yang masih akan membayangi pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang," kata William.

William pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni UNVR, BBCA, BBNI, JSMR, ASII, LSIP, dan PWON.

Senada, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan IHSG ditutup tipis di bawah fraktal 7.011. Ia pun memperkirakan IHSG akan melanjutkan fase uptrend sebelumnya menuju 7.058 sebagai resisten Fibonacci terdekat.

"IHSG akan membuka jalan menuju 7.128 apabila menembus ke atas 7058 dengan candle bullish yang panjang untuk mengonfirmasi subwave iii dari wave c," ucapnya.

Ia pun memprediksi IHSG bergerak di level support 6.893 dan resistance 7.058.

IHSG ditutup di level 7.004 pada Kamis (23/11) sore. Indeks saham melemah 97,3 poin atau 1,4 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,73 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 25,06 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 315 saham menguat, 226 terkoreksi, dan 215 lainnya stagnan.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Putri penjelajah waktu mencari posisi resmi

psg138
Pengembang menyebut status tanah rumah KPR memang hanya HGB, bukan SHM berdasarkan ketentuan UUPA.
Pengembang menyebut status tanah rumah KPR memang hanya HGB, bukan SHM berdasarkan ketentuan UUPA. Ilustrasi rumah KPR. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Di media sosial muncul polemik terkait status kepemilikan tanah atas rumah yang dibeli melalui Kredit Perumahan Rakyat (KPR). Ternyata, statusnya cuma hak guna bangunan (HGB), bukan sertifikat hak milik (SHM).

Menjawab polemik itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Real Estate Indonesia (REI) Joko Suranto menjelaskan badan hukum atau perseroan terbatas (PT) memang tidak boleh memiliki SHM, hanya diizinkan berstatus HGB. Ia menyebut aturan tersebut sesuai dengan Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA).

"PT (developer) hanya bisa memberikan hak guna bangunan (HGB). Hampir semua proyek yang kemudian menjual rumah, maka sertifikat seharusnya adalah HGB, sesuai dengan ketentuan UU" kata Joko saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (24/11).

Ia menuturkan ketika sudah terjadi jual-beli, maka yang berhak untuk mengajukan kenaikan status hak tanah itu adalah pemegang KPR.

"Jadi ketika melalui developer pun, surat-suratnya yang bertanda tangan adalah pemilik atau pemegang KPR," ujarnya.

Joko menambahkan ketika rumah yang dibeli melalui KPR itu lunas dan masih berstatus HGB, maka pembeli dapat meningkatkan statusnya menjadi hak milik. Pemegang KPR bisa mengajukan ke perbankan yang memberikan pinjaman beli rumah.

"Ada prosedurnya di perbankan, karena sertifikat masih jaminan. Mudah (prosesnya)," ungkap Joko.

"Kemudian ketika sudah dibeli maka konsumen atau developer juga suka menawarkan mau hak milik atau tidak. Tapi dengan HGB yang 30 tahun itu, maka pemilik ataupun pemegang KPR itu sudah memiliki hak yang kuat di mata hukum," jelas Joko.

Bahkan, imbuh Joko, pembeli rumah pun bisa menaikkan status rumahnya dari HGB ke SHM bahkan ketika cicilannya belum lunas.

"Ketika dalam masa KPR belum lunas, itu konsumen juga bisa menaikkan SHGB (sertifikat hak guna bangunan)-nya, haknya atas tanah itu, menjadi hak milik (SHM)," sambungnya.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Selamat jangkar

macan123 slot
Serikat buruh menggelar aksi mogok nasional usai muncul putusan kenaikan upah minimum kabupaten/kota (UMK).
Serikat buruh menggelar aksi mogok nasional usai muncul putusan kenaikan upah minimum kabupaten/kota (UMK). Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Umum Kongres Aliansi SerikatBuruhIndonesia (KASBI) Unang Sunarno mengatakan aksi mogok nasional akan dilaksanakan setelah putusan kenaikan upah minimum kabupaten/kota (UMK) dikeluarkan.

"Kalau mogok nasional akan dievaluasi dari hasil putusan kenaikan UMK-nya," kata dia kepada CNNIndonesia.com, Kamis (23/11).

Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK) Mirah Sumirat juga mengatakan rencana aksi mogok nasional tengah dikonsolidasikan. Namun, rencana mogok nasional diperkirakan akan dimulai pada 30 November 2023.

"Untuk demo puluhan ribu. Untuk mogok jutaan," ungkapnya.

Serikat buruh sempat mengancam mogok nasional lantaran menilai pemerintah membuat formulasi upah murah dalam penetapan upah minimum provinsi (UMP) 2024.

Sunarno menuding pemerintah gagal membuat konsep pengupahan di Indonesia. KASBI menegaskan PP Nomor 51 Tahun 2023 adalah aturan yang hanya melanggengkan upah murah untuk buruh.

Buruh menolak kenaikan upah dihitung dengan tiga variabel, yakni inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan indeks tertentu. Sunarno menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) malah membuat rumus misterius yang tak mengakomodasi kebutuhan riil buruh.

"Pemerintah memaksakan pemberlakuan upah murah menggunakan PP Nomor 51 Tahun 2023. Maka, dalam waktu dekat ini menjelang penetapan UMK kota/kabupaten kami, kaum buruh anggota KASBI, di berbagai daerah akan bergerak turun ke jalan sampai ada kenaikan upah mengacu pada kebutuhan hidup riil kaum buruh sesuai survei kebutuhan hidup layak (KHL)," jelasnya, Rabu (22/11).

"Pemogokan sangat tergantung aliansi dari berbagai serikat buruh di daerah. Saat ini pun kami sedang banyak konsolidasi aliansi untuk mendorong terjadinya pemogokan nasional, serentak di berbagai daerah," tegas Sunarno.

Ia menyebut KASBI sudah melakukan aksi demonstrasi di berbagai daerah. Ada di tiga daerah Jawa Barat, yakni Karawang, Subang, dan Cimahi.

Lihat Juga :
Harga Terbaru LPG 12 Kg Cs di Seluruh Indonesia

Sementara itu, Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) sekaligus Presiden Partai Buruh Said Iqbal berjanji akan menggelar mogok massal dalam waktu dekat. Ia akan mengerahkan para buruh anggotanya untuk turun ke jalan.

Ia menyebut mogok nasional akan diselenggarakan antara 30 November 2023 hingga 13 Desember 2023. Kendati, Iqbal belum memastikan kapan aksi mogok nasional ini digelar.

Iqbal hanya menjanjikan mogok nasional akan melibatkan 5 juta buruh di 100 ribu lebih perusahaan di Indonesia.

Penetapan UMP 2024 di beberapa daerah sudah diumumkan. Namun kenaikan upah tak sesuai tuntutan buruh, yakni sebesar 15 persen.

Tak sedikit kenaikan upah buruh di beberapa daerah kurang dari Rp50 ribu. Sebut saja di Aceh yang hanya naik Rp47 ribu hingga buruh Gorontalo dengan kenaikan Rp35 ribu.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)