petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

tafsir mimpi 93

pinjol pakai sim 319Jutaan kata 661616Orang-orang telah membaca serialisasi

《tafsir mimpi 93》

Bobby Nasution Pecat Dirut PUD Pembangunan Pelanggar Perda Kota Medan******

Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution memecat Dirut PUD Pembangunan Kota Medan Gerald Partogi Siahaan karena langgar peraturan daerah.
Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution memecat Dirut PUD Pembangunan Kota Medan Gerald Partogi Siahaan karena langgar peraturan daerah. (CNN Indonesia/Farida).
Medan, CNN Indonesia--

Wali Kota MedanBobby Nasution memecat Gerald Partogi Siahaan dari jabatannya sebagai Direktur Utama PUD (Perusahaan Umum Daerah) Pembangunan Kota Medan, Selasa (9/5)

"Pada hari ini kami menyampaikan Direktur Utama PUD Pembangunan kami berhentikan dari tugasnya dan akan digantikan sementara direktur yang ada di PUD Pembangunan," kata Bobby Nasution di Medan, Selasa (9/5).

Menurut Bobby, Gerald Partogi dicopot berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan inspektorat dan hasil rekomendasi Asisten Ekonomi dan Pembangunan selaku Dewan Pengawas.

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Medan Agus Suriono menjelaskan pemberhentian Gerald dilakukan berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan inspektorat dan dewan pengawas.

"Hasilnya; jajaran Direksi PUD Pembangunan tidak solid. Itu saja," jelas Agus Suriono.

Dia menambahkan PUD Pembangunan sebenarnya ingin maju. Selain itu ada investor yang ingin masuk.

Namun katanya, jajaran direksi PUD Pembangunan ternyata tidak solid. Masalah itu katanya, menjadi hambatan bagi investor yang ingin masuk.

"Oleh karenanya dilakukan evaluasi dan hasilnya memberhentikan direktur utama. Selanjutnya, menunjuk Pelaksana Tugas Dirut Utama dari lingkungan jajaran Direksi PUD Pembangunan," papar Agus Suriono.

Agus mengatakan berdasarkan peraturan daerah jajaran direksi BUMD itu harus solid dan kolektif. Jika tidak solid, tentunya telah melanggar perda.

"Artinya, jika tidak solid berarti melanggar Perda. Itu saja, tidak ada yang lain. Sebab, ada rencana investor yang mau masuk. Jika jajaran direksi tidak solid, tentunya bakal akan jadi masalah. Itu saja, tidak ada yang lain," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(fnr/agt)

Cerita Luhut Berantem Lawan Kemenkeu soal Subsidi Kendaraan Listrik******

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan mengaku sempat berantem dengan Kemenkeu soal subsidi kendaraan listrik. Tapi dia tetap ngotot agar subsidi gol.
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan mengaku sempat berantem dengan Kemenkeu soal subsidi kendaraan listrik. Tapi dia tetap ngotot agar subsidi gol. ( CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menko Kemaritiman dan InvestasiLuhut Panjaitan bercerita soal lika liku pemerintah dalam mengambil keputusan soal pemberian subsidi kendaraan listrik. Karena masalah tersebut, Luhut bercerita sampai harus berantem dan perang urat syaraf dengan Kementerian Keuangan yang dipimpin Sri Mulyanisoal kebijakan itu.

"Electric vehicle (EV) itu saya dorong habis-habisan. Saya kadang berkelahi dengan Kemenkeu. Mereka bilang, 'wah ini insentif'. Ini kan carbon emission harus kita dorong, kasih insentif juga. Kita harus secepat mungkin membuang bus, sepeda motor, sama mobil yang karbon emisinya tinggi," jelasnya di The Westin Jakarta, Selasa (9/5).

Menurut Luhut, mendukung program kendaraan listrik sebenarnya mudah karena Indonesia tinggal mengikuti benchmark dengan Thailand dan Vietnam. Namun, insentif yang diberikan kudu bersaing jika RI ingin dilirik dunia.

Menko Marves Luhut menyebut hampir seluruh dunia menggalakkan program untuk mendorong kendaraan listrik itu. Dengan begitu, Indonesia tidak bisa semena-mena melawan arus.

"Mengenai mobil listrik sudah ada studi komprehensif. Saya kira seluruh dunia, bukan hanya kita. Jadi jangan kita lawan arus dunia juga. Siapa yang berkomentar saya tidak tahu, suruh dia datang ke saya biar saya jelaskan bahwa itu tidak benar omongannya," tegasnya.

Sebelumnya, kritik datang dari bakal calon presiden 2024 Anies Baswedan. Ia menyebut solusi menghadapi masalah lingkungan hidup apalagi soal polusi udara bukanlah terletak di dalam subsidi mobil listrik.

Menurut Anies, 'keistimewaan' berupa subsidi atau insentif bukan solusi menyelesaikan permasalahan lingkungan dan meningkatkan penjualan kendaraan listrik, bahkan insentif diklaim banyak diserap masyarakat berkocek tebal.

"Solusi menghadapi masalah lingkungan hidup apalagi soal polusi udara bukan terletak di dalam subsidi untuk mobil listrik yang pemilik-pemilik mobil listriknya adalah mereka-mereka yang tidak membutuhkan subsidi," ujar Anies dalam acara deklarasi relawan Amanat Indonesia (ANIES) di GBK Senayan, Jakarta, Minggu (7/5).

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Mayoritas Kripto Papan Atas Amblas, Bitcoin Layu ke US Ribu******

Harga mayoritas aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kompak melemah pada perdagangan Selasa (9/5) pagi.
Harga mayoritas aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kompak melemah pada perdagangan Selasa (9/5) pagi. (REUTERS/Dado Ruvic)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas aset kripto dengan kapitalisasipasar terbesar kompak melemah pada perdaganganSelasa (9/5) pagi.

Mengutip coinmarketcap, bitcoin ambals 2 persen ke harga US.630 per keping. Kejatuhan Si Raja Koin diikuti aset kripto lainnya.

Koin dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua, ethereum, terkoreksi 1,1 persen ke US.844 per koin. BNB merosot 1,3 persen ke US4 per koin pada perdagangan 24 jam, turun 3,4 persen dalam sepekan.

Cardano loyo ke USSingapura Setop Impor Babi dari Batam Buntut Penyakit Flu******

Singapura menghentikan impor babi asal Pulau Bulan, Batam sejak 23 April 2023 buntut kasus penyakit Flu Babi.
Singapura menghentikan impor babi asal Pulau Bulan, Batam sejak 23 April 2023 buntut kasus penyakit Flu Babi. (REUTERS/LUKAS BARTH).
Jakarta, CNN Indonesia--

Singapuramenghentikanimpor babiasal Pulau Bulan, Batam sejak 23 April 2023.

Larangan impor itu dilakukan buntut temuan Badan Pangan Singapura/Singapore Food Agency (SFA) atas penyakit flu babi (African Swine Fever/ASF)pada sejumlah babi asal Batam.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Batam Rafki Rasyid mengatakan larangan impor itu bisa merugikan peternak hingga Rp28 miliar.

"Jadi jika kami hitung saat ini sudah 14 hari keran ekspor ke Singapura ditutup. Nilai kerugian sementara ini kami perkirakan sekitar Rp28 miliar," kata Rafki dikutip dari detik.com, Senin (8/5).

Meski demikian, pihaknya memaklumi langkah preventif yang dilakukan Singapura demi mencegah penyebaran virus tersebut. Adapun ekspor babi asal Pulau Bulan dikelola oleh PT Indotirta Suaka.

Di sisi lain, Rafki juga menuturkan Kementerian Pertanian (Kementan) telah melakukan serangkaian dialog bersama Singapura agar keran ekspor akan segera dibuka kembali. Ia pun mengapresiasi hal tersebut, sehingga peternak tidak terus merugi.

[Gambas:Video CNN]

"Mudah mudahan ekspor babi dalam bentuk karkas bisa segera berjalan kembali dalam waktu yang cepat," kata Rafki.

Sementara itu, Ketua Gabungan Usaha Peternakan Babi Indonesia (GUPBI) Bali Ketut Hari Suyasa mengatakan flu babi telah masuk ke Indonesia sejak 2019 silam, diawali dari China.

Penyakit ini terbilang cukup berbahaya lantaran daya bunuhnya terhadap babi hampir 100 persen, dengan radius penularannya sekitar 3 kilometer (km).

"Kalau satu (kena flu babi) kandang itu bisa habis semua. Karena belum ada obatnya, tidak ada vaksinnya," katanya.

Lihat Juga :
KAI Diskon Tiket Kereta 20 Persen, Argo Bromo Anggrek Jadi Rp480 Ribu

Meski cukup berbahaya, Hari menekankan penyakit ini tidak akan menimbulkan penyakit pada manusia. Dengan demikian, jika ada masyarakat yang tak sengaja mengonsumsi daging babi yang terjangkit virus tersebut, orang itu akan tetap aman.

"Jadi berbeda dengan meningitis. kalau ASF yang fatal itu di sesama babinya," terangnya.

Selain itu, Hari juga mengatakan virus ASF tidak akan bertahan lama di udara terbuka. Adapun jika daging babi yang terinfeksi ASF terkena sinar matahari dalam beberapa waktu, virus di dalamnya akan mati.

Oleh karena itu, Singapura menyatakan akan kembali membuka keran impor daging babi ke Indonesia dalam bentuk karkas alias daging utuh. Dengan begitu, Singapura masih tetap bisa memenuhi kebutuhan daging babinya sekaligus meminimalisir penyebaran virus tersebut.

Lihat Juga :
TAIPANSulaiman Al Rajhi, Taipan Rp112 T yang Pilih Jatuh 'Miskin' Demi Amal
(mrh/agt)

[Gambas:Video CNN]
,365 per koin imbas pelemahan 1,5 persen. Lalu dogecoin terperosok 3,5 persen ke USJadwal Perjalanan 24 Kereta Api di Jalur Pantura Berubah Mulai 1 Juni******
KAI Daop 4 Semarang menyebut 24 perjalanan kereta api dari sejumlah stasiun di wilayah Pantura, Jawa Tengah ke berbagai daerah tujuan berubah mulai 1 Juni 2023.
PT KAI Daop 4 Semarang menyebut 24 perjalanan kereta api dari sejumlah stasiun di wilayah Pantura, Jawa Tengah ke berbagai daerah tujuan akan berubah mulai 1 Juni 2023. ( ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT KAI Daop 4 Semarang menyebut 24 perjalanan kereta apidari sejumlah stasiun di wilayah Pantura, Jawa Tengah ke berbagai daerah tujuan akan berubah mulai 1 Juni 2023.

Perubahan diberlakukan menyusul pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko merinci jadwal perjalanan 24 KA yang berubah tersebut meliputi KA Argo Sindoro, Argo Muria, Argo Cheribon, Tawang Jaya Premium, Kamandaka, Joglosemarkerto, Blambangan ekspress, Kaligung, Menoreh, Blora Jaya, Ambarawa Ekspress, Kedung Sepur, dan Blora Sura.

Ia mengatakan dengan perubahan itu waktu tempuh perjalanan KA akan menjadi semakin singkat.

"Total percepatan waktu tempuh perjalanan KA di wilayah Daop Semarang mencapai 383 menit," katanya seperti dikutip dari Antara, Kamis (11/5).

Selain semakin cepat, kata dia, juga terdapat tambahan tujuh perjalanan KA baru yang dioperasikan.

Perjalanan KA baru yang mulai dioperasikan 2023 tersebut meliputi KA relasi Semarang-Jakarta, Tegal-Jakarta, serta Semarang-Solo.

Melalui pemberlakuan Gapeka baru ini, Ixfan mengimbau calon penumpang memperhatikan jadwal terbaru perjalanan KA yang mulai berlaku 1 Juni 2023.

"Gapeka baru akan meningkatkan layanan kepada penumpang melalui waktu perjalanan yang lebih singkat dan penambahan jumlah perjalanan," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(agt/pta)

[Gambas:Video CNN]
,072 per keping.

Polygon mencatatkan koreksi terparah, yakni 4,3 persen ke harga 0,899 per keping. Adapun solana melemah 3,2 persen ke US,66 per koin.

Tether dan USD Coin yang merupakan stable coin, masih setia di harga US per keping. Keduanya berfluktuasi tipis di bawah 1 persen.

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)




bab terbaru:tarikan sgp jp paus

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
888garuda
mentol4d
situs win slot login
seluruh situs slot
slot paling mudah maxwin
situs 123 slot
pakde4d rtp
jambu slot
bonus new member 700
Daftar isi semua bab
Bab 1 sobet88
Bab 2 sultan77 play
Bab 3 situs slot jamin maxwin
Bab 4 rtp live prada188
Bab 5 pinjol maucash
Bab 6 pinjol termurah 2022
Bab 7 uatas ilegal
Bab 8 server pro thai
Bab 9 asligacor
Bab 10 dhx4d
Bab 11 paito newyork mid
Bab 12 cara blokir situs slot
Bab 13 slot paling tergacor
Bab 14 cara mengkredit barang di lazada
Bab 15 kuy4d rtp
Bab 16 sparta play88
Bab 17 koin138 slot
Bab 18 rtp slot gacor
Bab 19 29hoki slot
Bab 20 rtp cinema777 hari ini
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4114bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Keseharian saya

mbo4d
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pasar modal mampu menghimpun Rp84 triliun dengan 33 emiten baru pada April 2023.
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pasar modal mampu menghimpun Rp84 triliun dengan 33 emiten baru pada April 2023. Ilustrasi. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pasar modal mampu menghimpun Rp84 triliun dengan 33 emiten baru pada April 2023.

"Di pipeline,masih terdapat 115 rencana penawaran umum dengan nilai sebesar Rp135,31 triliun dengan rencana IPO oleh emiten baru sebanyak 63 perusahaan," terang Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK Aman Santosa dalam keterangan resmi, Jumat (5/5).

Pasar saham tercatat menguat 1,62 persen (mtd) ke level 6.915,72 dengan non-resident mencatatkan inflow sebesar Rp12,29 triliun (mtd). Kinerjanya membaik setelah Maret 2023 turun 0,55 persen mtd di level 6.805 dengan inflow Rp4,12 triliun.

Di pasar obligasi, indeks pasar obligasi ICBI menguat 1,02 persen mtd dan 3,49 persen ytd ke level 356,80. Pada Maret 2023 lalu, indeks menguat 0,96 persen mtd dan 2,44 persen ytd.

Untuk pasar obligasi korporasi, aliran dana keluar investor non-resident tercatat sebesar Rp173,3 miliar (mtd) atau Rp388,3 miliar (ytd).

Di pasar SBN, non-resident mencatatkan inflow Rp4,16 triliun mtd sehingga mendorong penurunan yield SBN rata-rata sebesar 7,8 bps mtd di seluruh tenor.

Secara ytd, yield SBN turun rata-rata sebesar 22,8 bps di seluruh tenor dengan non-resident mencatatkan net buy sebesar Rp60,50 triliun ytd," jelasnya.

Di industri reksa dana, Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksa dana tercatat sebesar Rp497 triliun atau turun 0,76 persen (mtd) dengan investor Reksa Dana membukukan net redemption sebesar Rp4,49 triliun (mtd). Secara ytd, NAB menurun 1,56 persen dan masih tercatat net redemption sebesar Rp9,3 triliun.

Lebih lanjut, untuk penggalangan dana pada Securities Crowdfunding (SCF) yang merupakan alternatif pendanaan bagi UMKM, hingga 28 April 2023 telah terdapat 16 penyelenggara yang mendapatkan izin dari OJK dengan 383 penerbit, 147.142 pemodal, dan total dana yang dihimpun sebesar Rp828,58 miliar.

Secara keseluruhan, Rapat Dewan Komisioner Bulanan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 3 Mei 2023 lalu menilai stabilitas sektor jasa keuangan nasional tetap terjaga dengan permodalan dan likuiditas yang baik, sehingga mampu membantu Indonesia bertahan dalam menghadapi gejolak ekonomi global.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Jin Ke Ru Giok

voucher telkomsel 5gb
Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,15 persen ke 6.779 pada Selasa (9/5) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,15 persen ke 6.779 pada Selasa (9/5) sore. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks hargasaham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.779 pada Selasa (9/5). Indeks saham menguat 10,34 poin atau 0,15 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10,14 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 22,2 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 297 saham menguat, 236 terkoreksi, dan 204 lainnya stagnan.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia bergerak bervariasi. Tercatat Nikkei 225 di Jepang menguat 1,01 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong melemah 2,09 persen, dan indeks Kospi Korea Selatan minus 0,12 persen.

Sementara, bursa saham Eropa kompak bergerak di zona merah. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris melemah 0,33 persen, indeks DAX di Jerman minus 0,25 persen, dan indeks CAC 40 di Prancis minus 0,61 persen.

Sedangkan, bursa Amerika kompak menguat. Indeks S&P 500 menguat 0,05 persen, indeks NYSE Composite 0,07 persen, dan indeks NASDAQ Composite 0,18 persen.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

salib suci

astra77
IHSG diprediksi menguat pada awal pekan ini dipicu oleh pembalikan arah alias rebound di awal pekan.
IHSG diprediksi menguat pada awal pekan ini dipicu oleh pembalikan arah alias rebound di awal pekan. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

IndeksHarga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (8/5) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal indeks saham bisa mulai mengalami reboundapabila tetap di atas level 7.706.

"Level supportIHSG berada di 6.706, 6.667 dan 6.612, sementara level resistancedi 6.897, 6.960, 7006 dan 7.059," ujar Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Memang, gelombang tekanan dalam pergerakan indeks saham terlihat belum akan berakhir. Namun, kata dia, pola pergerakan IHSG pada hari ini akan diwarnai oleh rilis data perekonomian cadangan devisa yang disinyalir masih akan berada dalam kondisi stabil.

Hal ini diharapkan akan memberikan sentimen positif bagi pergerakan IHSG.

"Sedangkan para investor asing masih mencatatkan arus deras capital inflow yang melaju signifikan ke dalam pasar modal Indonesia membuat pasar bergerak lebih fluktuatif," imbuh William.

Ia pun memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support6.688 dan resistance 6.798 hari ini. Ia pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni INDF, BBRI, TLKM, BBCA, ICBP, BSDE, AALI, dan TBIG.

Sebelumnya, IHSG ditutup melemah 56,39 poin atau minus 0,82 persen ke level 6.787 pada akhir perdagangan pekan lalu.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp9,99 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 16,1 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Thor yang marah

cara mencairkan maucash paylater
Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam mandek di Rp1,072 juta per gram pada Kamis (11/5) pagi.
Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam mandek di Rp1,072 juta per gram pada Kamis (11/5) pagi. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/FAUZAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atauAntam berada di Rp1,072 juta per gram pada Kamis (11/5) pagi. Harga emasmandek dari posisi sebelumnya.

Senada, harga pembelian kembali (buyback) juga macet di posisi Rp967 ribu per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp586 ribu, 2 gram Rp2,08 juta, 3 gram Rp3,1 juta, 5 gram Rp5,13 juta, 10 gram Rp10,21 juta, 25 gram Rp25,41 juta, dan 50 gram Rp50,74 juta.

Harga jual emas tersebut belum termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Sementara itu, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX menguat 0,16 persen menjadi US.040,4 per troy ons. Sedangkan, harga emas di perdagangan spotmenguat 0,29 persen ke US.035,9 per troy ons pada pagi ini.

Senior Analis DCFX Lukman Leong memproyeksi harga emas menguat hari ini. Menurutnya, hal ini seiring dengan inflasi AS yang lebih rendah dari perkiraan.

Inflasi AS pada April 2023 tercatat sebesar 4,9 persen secara tahunan atau berada di bawah ekspektasi. Lukman menyebut hal ini dapat berimbas pada bank sentral AS (The Fed) untuk memangkas suku bunga, sehingga emas bisa menguat.

"Inflasi AS yang lebih rendah dari perkiraan, memicu ekspektasi pemangkasan suku bunga The Fed yang lebih awal," ucap Lukman kepadaCNNIndonesia.com.

Hari ini, ia memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentang supportUS.018 per troy ons dan resistanceUS.050 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Penebusan Xu Xian

royal99

memaksa langit

cara jitu modal sedekah