petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjol 5 juta langsung cair

gacor4d 827Jutaan kata 128509Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjol 5 juta langsung cair》

Final Piala Asia: Qatar dan Yordania berlomba menorehkan tinta emas******

Final Piala Asia: Qatar dan Yordania berlomba menorehkan tinta emas
Arsip foto - Gelandang Yordania Musa al-Tamari saat mencetak gol dalam semifinal Piala Asia Qatar 2023 antara Yordania dan Korea Selatan di Stadion Ahmad Bin Ali di Al-Rayyan, Doha, Qatar, 6 Februari 2024. ANTARA/AFP/GIUSEPPE CACACE.
Jakarta (ANTARA) - Qatar dan Yordania adalah dua negara Arab yang sangat stabil, moderat, dan terbuka kepada dunia luar dibandingkan umumnya negara Arab. Karena stabilitas itu mereka bisa berbangga menjadi dua negara Arab yang memiliki kepercayaan diri tinggi.

Pelatih Korea Selatan Juergen Klinsman pernah berkata bahwa pola bermain sepak bola sebuah tim nasional menjadi cermin dari kultur di negeri tim nasional itu berasal.

Hal itu  di antaranya yang bisa disaksikan dari bagaimana Qatar dan Yordania memainkan sepak bola di mana kepercayaan diri dan daya tahan yang menjadi ciri sosial mereka terejawantahkan di lapangan hijau.

Kedua negara Arab yang dalam soal kekayaan ekonomi bagai bumi dan langit itu, akan bertemu dalam final Piala Asia 2023 di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu malam nanti pukul 22.00 WIB.

Ini juga menjadi final Piala Asia sesama Arab ketiga setelah Irak melawan Arab Saudi pada 2007 dan Uni Emirat Arab versus Arab Saudi pada 1996.

Yordania yang dalam final mengubur Korea Selatan yang mengerahkan para bintang yang bermain di klub-klub top Eropa, masuk gelanggang dengan skuad yang lebih dari separuhnya produk lokal.

Hanya ada satu pemain jebolan Eropa dalam skuad Yordania, tapi pencapaian mereka melebihi Korea Selatan dan Jepang yang skuadnya dihuni pemain-pemain bintang yang membela klub-klub top Eropa.

Sepuluh dari 26 pemain yang dibawa pelatih Hussein Ammouta ke Piala Asia 2023, adalah pemain-pemain yang berkiprah di klub-klub asing yang kebanyakan di Timur Tengah, kecuali pemain paling menonjol mereka, gelandang Musa A-Taamari, yang bermain untuk Montpellier di Liga Prancis.

Sebaliknya, para pemain yang menjadi anggota skuad Qatar semuanya produk liga dalam negeri, seperti halnya China, Arab Saudi, Vietnam, Uni Emirat Arab, dan India.

Namun begitu, sebagaimana Arab Saudi, kekuatan keuangan yang membuat liga sepak bola Qatar menempa diri sampai mampu mendatangkan pemain-pemain top dari luar negeri, menjadi modal yang kuat untuk membentuk timnas yang kuat dan canggih.

Buktinya, Qatar mencapai babak yang tak bisa dicapai China, India dan Vietnam yang hanya bisa sampai pada fase grup.

Negara Arab superkaya ini membuat atlet sepak bolanya tak terpikir bermain di luar negeri, karena gaji mereka tak beda jauh atau bahkan lebih tinggi dari pemain-pemain yang bermain di Eropa. Mereka juga dimanjakan oleh fasilitas olahraga yang canggih dan lengkap.

Kini, dalam final Piala Asia 2023, juara bertahan Qatar tidak saja berpeluang menjadi negara kelima yang berturut-turut menjuarai Piala Asia, tapi juga berkesempatan membuktikan kualitas sepak bola mereka yang diguyur uang yang tak habis tujuh turunan, menampakkan hasil yang sudah seharusnya.


Kekuatan vs kekompakan

Kini tim Qatar yang kuat akan diuji oleh daya tahan dan kekompakan Yordania, yang justru hanya pernah satu kali kalah dari Qatar dalam lima pertemuan terakhir antara kedua tim.

Satu hal yang harus diwaspadai ekstra oleh Yordania adalah catatan tak terkalahkan yang dimiliki Qatar dalam 13 pertandingan Piala Asia terakhir.

Pelatih Qatar Tintin Marquez kemungkinan memasang kembali formasi empat bek dalam pola 4-4-2 seperti dalam pertandingan terakhir mereka melawan Iran.

Untuk itu, Almahdi Ali Mukhtar dan Lucas Mendes kembali dipasang sebagai dua palang pintu d lini pertahanan, sedangkan Akram Afif yang haus gol menjadi ujung tombak kembar bersama Almoez Ali.

Akram Afif akan adu tajam dengan Musa A-Taamari dari Yordania. Dia acap dipasang sebagai penyerang kedua di belakang Yazan Al-Naimat.

Mereka menjadi tim serang yang satu sama lain berdiri vertikal, dalam formasi tiga bek tengah yang ditempati trio Abdallah Nasib, Yazan Al-Arab dan Bara' Marie dalam pola 3-4-2-1.

Pola yang tak pernah diubah oleh pelatih Tintin Marquez itu sejauh ini berhasil mengantarkan Yordania ke final, meski sekali gagal saat dikalahkan Bahrain dalam fase grup.

Di bawah asuhan pelatih Hussein Ammouta, Yordania berubah dari underdogmenjadi favorit juara berkat meracik daya tahan atau ketangguhan dan determinasi.

Mereka mengawali turnamen ini dengan menggasak Malaysia 4-0, menahan seri Korea Selatan dengan 2-2, tapi menyerah 0-1 kepada Bahrain.

Dalam babak 16 besar, Yordania menaklukkan Irak 3-2 untuk menghadapi Tajikistan dalam perempatfinal yang mereka kalahkan dengan skor tipis 1-0 dari gol bunuh diri tim lawan.

Penampilan mereka kian bagus dalam semifinal ketika menghentikan tim bertabur bintang, Korea Selatan, dengan dua gol tanpa balas, yang dilesakkan Yazan Al-Naimat and Musa Al-Taamari.

Berkat memadukan serangan yang tajam dengan pertahanan yang solid, Yordania melampaui target sendiri untuk mencapai final Piala Asia pertamanya yang tak mustahil berakhir dengan membawa pulang trofi juara.


Al-Taamari vs Afif

Namun demikian, perjalanan lawan mereka, Qatar, dalam mencapai final Piala Asia dua kali berturut-turut juga tak kalah menawan. Muhibah Qatar ke final juga disertai dengan atraksi keterampilan dan ketahanan tim yang kuat.

Tintín Marquez yang ditunjuk sebagai pelatih Qatar hanya sebulan sebelum kickoff Piala Asia 2023, telah mengubah Qatar menjadi tim yang terlalu kuat bagi lawan-lawannya.

Mereka tak pernah kebobolan selama fase grup. Lebanon yang kalah 0-3 menjadi korban pertama mereka. Setelah itu Tajikistan dan China yang masing-masing menyerah dengan skor sama, 0-1.

Pada babak 16 besar, Palestina bukan tandingan mereka ketika Si Merah Marun menang 2-1 guna bertemu Uzbekistan dalam perempatfinal, yang menjadi satu-satunya tim yang memaksa Qatar bermain imbang.

Tapi Qatar sukses memenangkan adu penalti dengan Uzbekistan sehingga menggenggam tiket semifinal untuk menghadapi sesama raksasa sepak bola Asia, Iran. Mereka menang berdarah-darah dengan skor 3-2, tapi mengafirmasi karakter dan semangat Qatar yang kuat.

Seperti Musa Al-Taamari bagi Yordania, striker Akram Afif menjadi pemain Qatar yang paling penting. Dalam semifinal melawan Iran, dia mencetak satu gol dan membuat satu assist.

Final ini tak saja berkaitan dengan ambisi Yordania menjuarai turnamen ini untuk pertama kalinya atau tekad Qatar mengulangi sukses Piala Asia dua kali berturut-turut. tapi juga mengenai pembuktian siapa yang lebih hebat, Musa Al-Taamari atau Akram Afif?

Ini juga menjadi ilustrasi lain mengenai pencapaian tertinggi yang bisa didapat dua negara Arab berbeda tingkat kemakmuran tapi sama-sama stabil dan moderat. Apakah Qatar yang kaya raya atau Yordania yang tidak kaya, yang sukses Sabtu malam nanti?

Kemenangan tak hanya menjadi kado istimewa untuk dunia sepakbola Qatar, tapi juga bisa meningkatkan gengsi kawasan yang mengukuhkan posisinya yang semakin penting dalam percaturan global, termasuk dalam berbagai resolusi konflik seperti di Gaza dan Ukraina.

Sebaliknya, kemenangan bagi Yordania yang seperlima penduduknya Palestina, bisa menaikkan kepercayaan diri dan pelecut semangat yang beresonansi pada matra-matra lain di luar olahraga dan sepak bola.

Ini karena sukses, popularitas dan daya rengkuh olahraga, khususnya sepak bola, sering melampaui spektrumnya sendiri sampai menjadi platform ampuh dalam mendorong ekspresi politik, identitas budaya dan perubahan sosial.

Copyright © ANTARA 2024

BIOTA sensus burung air asia di Danau Limboto******

BIOTA sensus burung air asia di Danau Limboto
Peserta menerima pembekalan sebelum melakukan Sensus Burung Air Asia di Sunset Cottage, Kabupaten Gorontalo. ANTARA/HO-BIOTA/am.
Ini juga menjadi data penting bagi populasi burung air dunia
Gorontalo (ANTARA) - Perkumpulan Biodiversitas Gorontalo (BIOTA) melakukan sensus burung air asia atau Asian Waterbird Census(AWC) di Danau Limboto Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Minggu.

Kegiatan sensus burung air ini menjadi kegiatan tahunan yang selalu digelar oleh BIOTA dan berbasis jaringan kerja yang bersifat sukarela dengan melibatkan beberapa kelompok yang di dalamnya termasuk mahasiswa bertujuan untuk mengetahui populasi burung air di Danau Limboto.

"Ini juga menjadi data penting bagi populasi burung air dunia, karena data ini akan kita laporkan ke penyelenggara nasional yang kemudian dikompilasi dengan data-data dari berbagai negara," kata Sekretaris BIOTA, Rosyid Azhar.

Sebelum melakukan sensus, peserta diberikan pembekalan oleh pakar biodiversitas Iwan Hunowu terkait cara menggunakan teropong, membuat sketsa burung untuk memudahkan identifikasi jenis, menggunakan buku identifikasi burung, hingga jenis-jenis burung dan habitatnya.

Peserta kemudian dibagi dalam empat grup yang masing-masing didampingi oleh para pengamat burung dan mempraktikkan langsung di sekitar Danau Limboto.

Baca juga: Burung air belahan bumi utara bermigrasi di Cagar Alam Panua

Data temuan burung di kawasan danau tersebut dicatat, diidentifikasi, kemudian dibahas bersama seusai pengamatan dilakukan.

Kegiatan sensus burung air ini menjadi rujukan di tingkat lokal untuk mengetahui perkembangan populasi burung air, serta beberapa perubahan alam di Danau Limboto yang menyebabkan populasi burung air semakin berkurang.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat terutama untuk mahasiswa. Mereka diajak untuk bisa memperhatikan danau, menghitung populasi burung air, dan menghitung kerentanan di lokasi pengamatan. Harapan kami Danau Limboto nyaman untuk ditempati dan menjadi habitat satwa liar serta bisa memberi daya dukung nelayan masyarakat Gorontalo," kata Rosyid.

BIOTA berkolaborasi bersama Kelompok Studi Lingkungan Archipelago Universitas Negeri Gorontalo, KSK PWK Schediasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, dan Lembaga Pers Mahasiswa Akurat Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, Young Birdwatcher Gorontalo, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Gorontalo dan Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) Simpul Gorontalo, Harry Mimin Cottages, Universitas Gorontalo, Program Studi Konservasi Hutan (Konstans) Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo.

AWC 2024 merupakan bagian dari kegiatan internasional.

Baca juga: Mari menghitung burung air di sekitar kita

Penyelenggaraan di Indonesia dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Wetlands International Indonesia, Yayasan EKSAI, Burung Indonesia, Burungnesia dan Burung Laut Indonesia.

Sejak tahun 1986 Wetlands International Indonesia/Yayasan Lahan Basah telah mengkoordinasi pelaksanaan program AWC di seluruh Indonesia.

Data dan informasi yang dikumpulkan digunakan sebagai rujukan estimasi populasi burung air secara global maupun untuk keperluan pengelolaan di tingkat nasional dan lokal.

Status sebanyak 871 jenis burung air dikaji secara ilmiah untuk menentukan kegiatan pengelolaannya.

Di Indonesia, data populasi digunakan sebagai acuan untuk pengelolaan beberapa taman nasional penting, penentuan lokasi penting untuk Konvensi Ramsar dan East Asian Australasian Flyway Partnership, serta penentuan status jenis-jenis yang dilindungi.

Baca juga: Pakar: Ekowisata penting bagi konservasi burung air di lahan gambut

Pewarta: Susanti Sako/Lifka Ismail
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:slot tergacor dan terpercaya

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
demo slot pragmatic aztec deluxe
slot177 online
slot depo 25 25 to kecil
link slot deposit 5rb
idn89 slot
hoki368
pinjol cepat cair dan mudah ojk
erek2 potong rambut
live judi login
Daftar isi semua bab
Bab 1 voucher gosend juli 2022
Bab 2 cara pasang togel lewat hp
Bab 3 situs slot resmi terpercaya 2023
Bab 4 maya4d
Bab 5 hokqbet88
Bab 6 voucher blibli
Bab 7 situs judi bola terpercaya
Bab 8 situs slot aman dan terpercaya
Bab 9 playerslot88
Bab 10 erek erek 2d olah jiwa
Bab 11 v88toto
Bab 12 metro4d
Bab 13 hack situs slot
Bab 14 alat prediksi togel
Bab 15 menang8 slot
Bab 16 we88
Bab 17 slot gacor kpktoto
Bab 18 maha168 slot
Bab 19 tarikan jp paus gacor hari ini
Bab 20 bikin situs slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8334bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Sun Wukong yang paling kerasukan

situs judi terpercaya di indonesia
Rusia tuntut penyelidikan internasional jatuhnya pesawat Il-76
Ilustrasi - Serangan pesawat menggunakan rudal darat. ANTARA/Glenn/am.
Moskow (ANTARA) - Pemerintah Rusia menuntut penyelidikan internasional terhadap serangan pesawat Il-76 Rusia pengangkut tawanan perang Ukraina yang dilakukan rezim Kiev, kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Galuzin saat wawancara dengan Kantor Berita TASS.

“Tak diragukan bahwa serangan terhadap Il-76 dilakukan rezim (Presiden Ukraina Vladimir) Zelenskyy. Kiev tahu betul bahwa pesawat tersebut sedang mengangkut prajurit Ukraina untuk dilakukan pertukaran tawanan," kata Galuzin.

Rusia bersikeras agar digelar penyelidikan internasional, sehingga para ahli dapat mengevaluasi bukti terkini bahwa pesawat itu ditembak jatuh dengan menggunakan sistem rudal darat-ke-udara (SAM) MIM-104 Patriot buatan AS dari lokasi dan pada waktu tertentu di wilayah kekuasaan rezim Kiev saat ini.

"Format penyelidikan semacam itu masih dipertimbangkan,” kata diplomat senior Rusia tersebut.
Baca juga: Polandia aktifkan pertahanan udara di tengah serangan Rusia ke Ukraina

Pada 24 Januari, angkatan bersenjata Ukraina menembak jatuh pesawat angkut militer Il-76 Rusia di wilayah perbatasan Belgorod yang bermuatan tawanan Ukraina untuk dilakukan pertukaran.

Sebanyak 74 orang berada di pesawat, termasuk 65 personel militer Ukraina, yang semuanya tewas.

Kementerian Pertahanan Rusia menyebut insiden tersebut sebagai aksi teroris.

Pihaknya menekankan bahwa Kiev mengetahui pengangkutan tawanan untuk dilakukan pertukaran yang akan dilakukan di pos pemeriksaan Kolotilovka. Dengan sengaja menyerang pesawat tersebut untuk menuduh Moskow menghancurkan personel militer Ukraina, katanya.

Baca juga: Rusia tuding Kiev tembak jatuh pesawat yang bawa tahanan Ukraina
Baca juga: Mayoritas warga Polandia tolak tunjangan sosial bagi pengungsi Ukraina

Sumber: TASS-OANA

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024

Apa yang harus dilakukan jika Anda terlalu populer

promo judi slot online
Kapolda : Situasi Papua Barat kondusif jelang Pemilu 14 Februari 2024
Kapolda Papua Barat Inspektur Jenderal Polisi Johnny Eddizon Isir saat konferensi pers di Manokwari. (ANTARA/Fransiskus Salu Weking)
Manokwari (ANTARA) - Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Eddizon Isir memastikan bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada tujuh kabupaten di provinsi tersebut  masih kondusif menjelang Pemilu 14 Februari 2024.

Tujuh kabupaten yang dimaksud ialah Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, dan Fakfak.

"Situasi kamtibmas masih dalam keadaan terkendali," kata Johnny Isir di Manokwari, Rabu.

Ia menjelaskan parameter stabilitas keamanan wilayah tercermin dari berbagai aktivitas masyarakat dan kegiatan pemerintahan yang berjalan normal seperti sediakala.

Kepolisian terus melakukan pemantauan terhadap perkembangan situasi daerah terutama menjelang pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024.

"Kegiatan baik di bidang ekonomi, sosial, politik, keagamaan, dan semuanya berjalan normal," ucap Johnny.

Menurut dia, keterpaduan dan kolaborasi lintas pemangku kepentingan di Papua Barat menjadi faktor penting dalam mengedukasi dan mewujudkan kamtibmas yang selalu kondusif.

Kepolisian juga telah menggerakkan personel Bhayangkara Pembina Kamtibmas (Bhabinkamtibmas) guna meningkatkan komunikasi sosial dengan komponen masyarakat hingga lapisan bawah.

"Pilihan boleh berbeda, tapi jangan sampai terjadi perpecahan. Sejauh ini relatif aman," jelas Johnny.

Kepala Suku Besar Arfak Dominggus Mandacan menegaskan, stabilitas keamanan wilayah menjelang Pemilu 2024 merupakan tanggung jawab seluruh komponen masyarakat yang mendiami Bumi Kasuari (Papua Barat).

Oleh karena itu, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat asli Papua maupun nusantara wajib berperan aktif menggelorakan pemilu damai.

"Semua komponen harus mendukung penyelenggara pemilu supaya pesta demokrasi terlaksana dengan baik," ujar Gubernur Papua Barat periode 2017–2022.

Dominggus kemudian mengajak masyarakat Papua Barat yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk menyalurkan hak suara melalui tempat pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Penggunaan hak pilih tersebut akan menentukan arah dan masa depan Negara Kesatuan Republik Indonesia selama lima tahun ke depan.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024

Musim semi tahun 1970 adalah saat yang tepat

macan33
BMKG minta masyarakat waspadai cuaca ekstrem Jatim sepekan ke depan
Peta peringatan dini cuaca ekstrem di Jatim ANTARA/HO-BMKG Juanda
Sidoarjo (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda meminta masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem di Jawa Timur (Jatim) sepekan ke depan karena berpotensi menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin kencang dan juga tanah longsor.
 
 Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo Taufiq Hermawan dalam keterangannya di Sidoarjo, Kamis mengatakan masyarakat diminta waspada potensi cuaca ekstrem selama periode 7-13 Februari 2024 di beberapa wilayah kabupaten kota di Jawa Timur.
 
 "Cuaca ekstrem saat puncak musim hujan ini berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi seperti tanah longsor, banjir, angin kencang dan juga puting beliung," ujarnya.   Ia mengatakan, beberapa kabupaten kota yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem tersebut di antaranya Bangkalan, Kota Batu, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jombang, Kota Kediri,
 
 Lamongan, Kota Madiun, Madiun, Magetan, Kota Malang, Nganjuk, Pacitan, Pamekasan, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Sampang, Sidoarjo.   "Selain itu cuaca ekstrem juga berpotensi terjadi di Sumenep, Kota Surabaya, Trenggalek, Tuban, Kediri, Mojokerto, Probolinggo, Pasuruan, Banyuwangi, Blitar, Jember, Lumajang, Malang, Ngawi, Ponorogo, Situbondo, Tulungagung, Kota Blitar, dan Kota Mojokerto," kata dia.   Dia menjelaskan, saat ini wilayah Jawa Timur telah memasuki puncak musim hujan dengan suhu muka laut di perairan Jawa Timur yang hangat mengakibatkan peningkatan pasokan uap air di atmosfer.
 
 "Selain itu, kelembapan udara yang tinggi mulai lapisan bawah hingga atas mendukung terbentuknya awan-awan konvektif yang masif, serta adanya daerah konvergensi atau pertemuan massa udara dan gangguan gelombang atmosfer Kelvin mendukung terbentuknya daerah pumpunan awan hujan di wilayah Jawa Timur," ucapnya.   BMKG Juanda mengimbau masyarakat dan instansi terkait agar senantiasa waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang selama sepekan ke depan. Wilayah dengan topografi curam atau bergunung atau tebing diharapkan lebih waspada terhadap dampak yang dapat ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang serta berkurangnya jarak pandang.   "Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk selalu memantau kondisi cuaca terkini berdasarkan citra radar cuaca WOFI melalui laman https://stamet-juanda.bmkg.go.id/radar, dan informasi peringatan dini 3 harian
 
 dan peringatan dini 2 - 3 jam ke depan yang selalu kami bagikan melalui laman https://stametjuanda.bmkg.go.id dan media sosial @infobmkgjuanda, saluran telepon 24 jam (031) 8668989 dan WhatsApp: 0895800300011," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024

Sang Penyihir Kembali: Peringatan tentang Pangeran yang Benar-Benar Wangi

penolong 2d togel
Seorang tewas pada tabrakan beruntun di Jalinsum dekat Bakauheni
Suasana di lokasi kejadian saat kecelakaan beruntun terjadi di jalan lintas Sumatera tepatnya di depan pintu masuk pelabuhan Bakauheni. ANTARA/Riadi Gunawan.
Tiba-tiba dari arah atas terlihat mobil Fuso ini melaju kencang kayak nya rem blong, lalu menabrak mobil Fuso di depannya yang sedang parkir
Lampung Selatan (ANTARA) - Sedikitnya satu orang meninggal dunia dan empat orang lainnya mengalami luka berat akibat kecelakaan beruntun di jalan lintas Sumatera, tepatnya sebelum pintu masuk Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan.

Tabrakan beruntun tersebut diakibatkan oleh sebuah truk Fuso yang melaju dari arah Bandarlampung menuju pintu masuk Pelabuhan Bakauheni yang diduga rem blong menabrak tiga truk dan satu unit motor.

Salah satu saksi mata warga setempat Rasid Ridho, di Bakauheni, Rabu, mengatakan sempat melihat jelas sebuah truk Fuso dengan melaju sangat kencang dan menabrak kendaraan di depannya.

"Tiba-tiba dari arah atas terlihat mobil Fuso ini melaju kencang kayak nya rem blong, lalu menabrak mobil Fuso di depannya yang sedang parkir," katanya. 

Kronologi kecelakaan berawal pada Selasa malam (06/02) sekitar pukul 23.00 WIB saat truk Fuso dengan nomor polisi BE 8388 BG dari arah Bandarlampung menuju Pelabuhan Bakauheni.

Baca juga: Truk tabrak pohon di Pelabuhan Bakauheni akibatkan satu orang tewas

Sopir truk tidak dapat mengendalikan laju kendaraan yang menyebabkan truk tersebut menabrak tiga unit truk lain dengan nomor polisi BE 8799 DI, BK 8781 XE, dan B 9273 SCG. Selain itu truk juga menabrak satu unit sepeda motor dengan nomor polisi BE 2160 EB yang sedang terparkir di bahu jalan.

Tabrakan beruntun yang melibatkan tiga truk besar dan satu truk Colt Diesel itu menyebabkan satu orang meninggal dunia, sedangkan tiga lainnya luka parah dan satu luka ringan.

Korban meninggal dunia atas nama Yuswono (45), sedangkan korban luka atas nama Sigit (38), Andi(41), Hasibuan(50), dan Ridwan(52).

Kemudian Kasatlantas Polres Lampung Selatan AKP R Manggala Agungsri Mahardjo juga membenarkan peristiwa kecelakaan tersebut. Hingga saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan atas kejadian itu.

"Yang pasti peristiwa kecelakaan beruntun itu sudah dalam penanganan pihak yang berwajib," katanya. 

Baca juga: Kebakaran KMP Tranship 1 di Bakauheni dipicu mobil kargo terbakar
Baca juga: Truk pengangkut eskavator tersangkut jembatan kapal

 

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

Tidak beruntung di laut

slot crot
BPBD: 287 jiwa mengungsi akibat bencana di Banjarnegara
Kondisi jalan setapak yang rusak akibat bencana tanah bergerak di Desa Kalitlaga, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara. (ANTARA/HO-BPBD Banjarnegara)
Banjarnegara (ANTARA) - Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara Andri Sulistyo mengatakan sebanyak 94 keluarga yang terdiri atas 287 jiwa mengungsi akibat bencana di sejumlah desa yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

"Jumlah pengungsi bertambah dengan pulangnya dua warga Desa Nagasari yang sebelumnya berada di Jakarta, sehingga secara keseluruhan menjadi 287 jiwa yang tersebar di beberapa desa," kata Andri di Banjarnegara, Jawa Tengah, Ahad.

Jumlah pengungsi akibat bencana tanah longsor di Desa Sipedang, Kecamatan Banjarmangu, tercatat sebanyak 8 keluarga yang terdiri atas 29 jiwa.

Menurut dia, pengungsian akibat bencana tanah longsor juga terjadi di tiga desa yang masuk wilayah Kecamatan Punggelan, yakni Desa Tlaga (bukan Desa Mlaya seperti yang diwartakan sebelumnya, red.), Kecamatan Punggelan, sebanyak 5 keluarga yang terdiri 16 jiwa, Desa Punggelan sebanyak 3 keluarga atau 7 jiwa, dan Jembangan sebanyak 13 keluarga yang terdiri atas 38 jiwa.

Baca juga: BNPB petakan zona berisiko tinggi terjadi longsor di Banjarnegara

Baca juga: KPU Banjarnegara berikan perhatian khusus di wilayah bencana

Ia mengatakan bencana tanah longsor di Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum, mengakibatkan 3 keluarga yang terdiri atas 7 jiwa mengungsi.

Sementara bencana tanah longsor di Kecamatan Pagentan, kata dia, mengakibatkan 22 keluarga yang 56 jiwa warga Desa Nagasari dan 3 keluarga yang terdiri 5 jiwa warga Desa Aribaya mengungsi.

"Selain tanah longsor, di Kecamatan Pagentan juga terdapat bencana tanah bergerak yang melanda Desa Kalitlaga, sehingga mengakibatkan 37 keluarga yang terdiri atas 128 jiwa mengungsi," kata Andri.

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui BPBD setempat dan instansi terkait lainnya terus berupaya memenuhi kebutuhan logistik bagi warga yang mengungsi, salah satunya dengan mendirikan posko lapangan dan dapur umum.

Ia memastikan stok logistik di BPBD, Dinas Sosial, maupun PMI Kabupaten Banjarnegara dalam posisi aman dan masih mencukupi kebutuhan pengungsi hingga dua pekan ke depan.

"Namun, jika ada yang ingin memberikan bantuan, kami persilakan untuk langsung menghubungi kelompok masyarakat yang dikoordinasi oleh pemerintah desa setempat," katanya.

Ia mengatakan Pemkab Banjarnegara akan terus melakukan pemantauan, pendampingan, dan pengerahan sumber daya dalam upaya penanganan darurat mengingat masa tanggap darurat bencana di Banjarnegara berlangsung sampai dengan 29 Februari 2024.*

Baca juga: Warga bongkar rumah di area bencana tanah bergerak Banjarnegara

Baca juga: BPBD pastikan tidak ada korban jiwa dalam bencana di Banjarnegara
 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024

Sistem Krisis Raja Kemuliaan Naruto

pilar mas 77 slot
Menkeu yakin ekonomi Indonesia tumbuh kuat 5,2 persen pada 2024
Arsip foto - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampikan laporan hasil rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) I Tahun 2024 di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (30/1/2024). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom/aa.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meyakini perekonomian Indonesia mampu tumbuh kuat 5,2 persen pada 2024.

“Berdasarkan dinamika global dan potensi perekonomian domestik, perekonomian Indonesia diperkirakan masih tumbuh kuat pada 2024, sebesar 5,2 persen,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan laporan WEO edisi Januari 2024, IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi global sebesar 3,1 persen pada 2023 dan 2024.

Dari sisi domestik, inflasi yang diperkirakan relatif stabil, dampak penyelenggaraan Pemilu 2024 terhadap konsumsi masyarakat maupun konsumsi Pemerintah, serta kebijakan sektor perumahan yang sudah digulirkan Pemerintah pada triwulan IV-2023 akan menjadi faktor pendorong pertumbuhan 2024.

Sejalan dengan hal tersebut, APBN 2024 diarahkan untuk meredam gejolak eksternal serta mempercepat transformasi ekonomi secara inklusif dan berkelanjutan.

Di sisi lain, Menkeu menyoroti perekonomian Indonesia pada 2023 berhasil mencetak pertumbuhan yang baik di tengah proyeksi melambatnya perekonomian global.

“Alhamdulillah meski tahun 2023 pertumbuhan ekonomi dunia diproyeksikan melambat signifikan, ekonomi Indonesia mencatatkan konsistensi tren pertumbuhan yang sangat baik,” ujar dia.

Perekonomian Indonesia tumbuh sebesar 5,04 persen (year-on-year/yoy) pada triwulan IV-2023 dan 5,05 persen yoy untuk keseluruhan tahun 2023.

Pertumbuhan tersebut ditopang oleh aktivitas permintaan domestik yang masih kuat, khususnya aktivitas konsumsi dan investasi.

Konsumsi masyarakat sebagai kontributor utama perekonomian, tumbuh 4,47 persen pada triwulan IV-2023, atau tumbuh 4,82 persen sepanjang tahun 2023. Sementara pertumbuhan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) atau investasi tercatat sebesar 5,02 persen pada triwulan IV-2023 dan 4,4 persen secara tahunan, meningkat dibandingkan tahun 2022 yang tumbuh 3,9 persen.

Dari sisi produksi, pertumbuhan positif juga tercatat di seluruh sektor lapangan usaha baik di triwulan IV-2023 maupun di sepanjang tahun 2023. Kontributor terbesar dari pertumbuhan tersebut adalah sektor manufaktur, perdagangan, pertanian, dan pertambangan.

Sektor manufaktur tumbuh positif 4,07 persen pada triwulan IV dan 4,64 persen sepanjang tahun 2023. Permintaan domestik maupun global yang masih kuat atas produk ekspor Indonesia menjadi penopang pertumbuhan sektor tersebut, terutama pada produk industri logam dasar, barang logam, dan alat angkutan.

Sejalan dengan pertumbuhan sektor manufaktur, sektor perdagangan juga tumbuh positif sebesar 4,09 persen pada triwulan IV atau tumbuh 4,85 persen sepanjang tahun 2023. Pertumbuhan tersebut didorong oleh peningkatan aktivitas perdagangan barang domestik dan penjualan sepeda motor.

Di tengah perubahan cuaca akibat fenomena El Nino, sektor pertanian tumbuh moderat sebesar 1,12 persen pada triwulan IV-2023 dan 1,30 persen sepanjang tahun 2023.

Sementara itu, di tengah moderasi harga komoditas, sektor pertambangan juga tumbuh menguat di triwulan IV-2023 sebesar 7,46 persen dan 6,12 persen selama tahun 2023. Kinerja pertumbuhan tersebut ditopang oleh sub-sektor pertambangan bijih logam seiring permintaan atas olahan nikel sebagai input industri logam dasar.

Baca juga: BI yakin kinerja positif perekonomian RI terus berlanjut di 2024

Baca juga: BI: RI harus jaga konsumsi dan investasi guna topang perekonomian 2024

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024