petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

seribu mimpi 86

putri gaming slot 35Jutaan kata 240441Orang-orang telah membaca serialisasi

《seribu mimpi 86》

Airlangga Bantah B35 Ganggu Pasokan Sawit Buat Minyak Goreng******

Menko Airlangga menegaskan program B35 tidak mengganggu pasokan minyak sawit untuk kebutuhan konsumsi, termasuk minyak goreng goreng.
Menko Airlangga menegaskan program B35 tidak mengganggu pasokan minyak sawit untuk kebutuhan konsumsi, termasuk minyak goreng goreng. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan programB35tidak mengganggu pasokan minyak sawit untuk kebutuhan konsumsi, seperti minyak goreng.

Pernyataan tersebut seakan membantah tudingan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan soal B35 penyebab Minyakita langka.

"Kami tegaskan di sini bahwa program B35 ini tidak akan mengganggu pasokan untuk minyak kebutuhan konsumsi," katanya di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Selasa (31/1).

Menurutnya, pemerintah sudah meningkatkan kebutuhan minyak sawit dalam negeri dari 300 ribu kiloliter (kl) menjadi 450 ribu kl. Di lain sisi, tekanan pasar ekspor di Eropa juga akan mengurangi permintaan, yang kemudian dikompensasikan dengan kehadiran B35.

Sementara itu, Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan sekaligus Dirjen EBTKE Kementerian ESDM Dadan Kusdiana yang juga hadir di acara tersebut, mengatakan pentingnya mengetahui pembagian penggunaan minyak sawit untuk energi dan sektor lainya.

Lihat Juga :
Minyakita Langka dan Mahal, Pedagang Sebut Harga dari Distributor Naik

Ia menegaskan pihaknya mencari keseimbangan, terutama di tengah proyeksi produksi sawit RI yang diramal semakin meningkat.

"Sebetulnya kalau sektor energi itu kira-kira berapa sih yang 'boleh dipakai' dari produksi sawit? Kan ini juga penting kami mendapatkan pemahaman itu," katanya.

"Jangan sampai misalkan nanti kalau ada situasi sulit untuk penyediaan keperluan lain, minyak goreng misalkan. Ini kan harus kami seimbangkan dari sekarang agar tidak memberikan dampak kepada penyediaan minyak goreng sehingga minyak goreng menjadi lebih mahal," imbuhnya.

Meski tak secara gamblang merinci soal Minyakita, ucapan Airlangga dan Dadan hanya berselang sehari setelah tudingan Mendag Zulhas yang mengklaim B35 sebagai salah satu penyebab kelangkaan Minyakita yang diluncurkan pemerintah Juli 2022 lalu.

Dalam program B35, pemerintah memang meningkatkan persentase campuran bahan bakar bakar nabati ke dalam bahan bakar minyak jenis solar dari 20 persen pada B20 menjadi 35 persen.

"B20 nyedotCPO 9 juta. Begitu berubah jadi B35, tambah 4 juta jadi 13 juta disedot," ujar Zulhas di Hotel Shangri-La Jakarta, Senin (30/1).

Mendag Zulhas juga menyebut kelangkaan Minyakita dipicu aksi serbu masyarakat karena kualitasnya premium dengan harga yang murah. 

Menurutnya, jatah DMO sawit untuk minyak goreng hanya 300 ribu ton per bulan. Menanggapi kelangkaan ini, jatah DMO akan ditambah 50 persen dari 300 ribu ton menjadi 450 ribu ton yang akan diolah menjadi Minyakita. Ia menargetkan pada Februari mendatang Minyakita mulai membanjiri pasar.

Kelangkaan Minyakita terjadi menjelang akhir Januari ini. Kalaupun ada di pasaran, harganya melambung tinggi di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan, yakni Rp14 ribu per liter.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

[Gambas:Video CNN]

Mungkinkah Isi RUU PPRT Hanya Sebatas Formalitas?******

Rencana pemerintah untuk mempercepat pengesahan RUU PPRT ternyata tak berjalan mulus. Ada berbagai penolakan dan keraguan terhadap aturan tersebut.
Rencana pemerintah untuk mempercepat pengesahan RUU PPRT ternyata tak berjalan mulus. Ada berbagai penolakan dan keraguan terhadap aturan tersebut. (Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Rencana pemerintah untuk mempercepat pengesahan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) ternyata tak berjalan mulus. Ada berbagai penolakan dan keraguan terhadap aturan yang sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2023.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah berkali-kali menekankan bahwa RUU PPRT ini dibuat untuk melindungi pekerja rumah tangga (PRT). Di mana beleid tersebut akan menjadi landasan dalam mengatur dan mengelola masalah ketenagakerjaan pekerja domestik.

"Dengan adanya UU PPRT ini, persoalan-persoalan terkait pekerja domestik ini dapat kita selesaikan dan memiliki dasar hukum yang sangat jelas," ujarnya saat menerima audiensi Komnas HAM pekan lalu.

Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro mendukung penuh komitmen pemerintah untuk melakukan percepatan pengesahan RUU PPRT menjadi UU.

"Komnas HAM memberi perhatian terhadap kelompok-kelompok rentan dan marginal yang memiliki potensi kuat terhadap pelanggaran hak asasi manusia, baik hak ekonomi sosial budaya maupun hak sipil dan politik," katanya.

Rancangan beleid ini memang sudah digagas sejak 2022 oleh kelompok PRT dan sudah sering dibahas. Namun pembahasan itu tak pernah berhasil menjadi undang-undang.

Lihat Juga :
Selamat Tinggal, JD.ID Umumkan Tutup per 31 Maret 2023

Karenanya, saat Presiden Jokowi menyampaikan keinginan agar RUU PPRT segera disahkan, banyak PRT yang merasa bersyukur.

Sayangnya, RUU PPRT ini dikabarkan hanya mengatur namun tidak mewajibkan pemberi kerja alias majikan untuk mentaatinya. Bahkan tak ada sanksi baik perdata maupun pidana jika aturan perlindungan dilanggar.

Sekjen Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Timboel Siregar mengatakan bila benar tidak ada sanksi yang diberikan dalam RUU ini, maka sama saja bohong atau bisa disebut hanya sebagai formalitas untuk mengesahkan aturan yang sudah didorong sejak puluhan tahun lalu.

"Kalau hanya mengatur dan tidak ada sanksi, nggak akan memberi efek perlindungan itu sendiri. Kata perlindungan akan jadi hambar, karena bagaimana kalau saya nggak bayar upah? bagaimana kalau saya tidak memberikan libur? Jadi itu perlindungan identik dengan sanksi," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Senin (30/1). 

Lihat Juga :
JD.ID Umumkan Bakal Tutup Permanen, Pesanan Terakhir 15 Februari

Menurut Timboel, setidaknya perlindungan yang didapatkan PRT dalam negeri setidaknya sama dengan yang diterima pekerja migran Indonesia (PMI). Jika ada majikan yang melanggar, misalnya tidak memberikan gaji dan jam kerja sampai 24 jam, maka diberikan sanksi.

"Di luar aja PMI dilindungi sanksi, tapi di dalam nggak di dilindungi kan nggak adil," imbuhnya.

Selain sanksi, ia menilai hal yang perlu diberikan kepada PRT dalam negeri untuk melindunginya adalah wajib jaminan sosial kesehatan. Misalnya, jamsoskes 5 persen dari gaji, maka bisa 4 persen ditanggung oleh majikan dan 1 persen dibebankan ke PRT.

Dengan demikian, saat PRT mengalami kecelakaan dalam melakukan pekerjaan, maka ia memiliki BPJS Kesehatan untuk digunakan. Sebab,kecelakaan kerja juga bisa terjadi pada PRT.

"Harusnya bisa seperti melindungi pekerja migran, wajib dapat JKK (Jaminan Keselamatan Kerja) dan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Kan kita nggak tahu kalau dia memotong bawang terus kena pisau kan, itu contohnya," jelasnya.



Area kerja PRT diusulkan terbuka

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

BPJS Ketenagakerjaan Buka Lowongan, Difabel Fisik Bisa Mendaftar******

BPJS Ketenagakerjaan membuka lowongan pekerjaan untuk tiga bidang, terbuka bagi pelamar dengan difabel fisik.
BPJS Ketenagakerjaan membuka lowongan pekerjaan untuk tiga bidang, terbuka bagi pelamar dengan difabel fisik. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek membukalowongan pekerjaan untuk tiga bidang. Tak hanya bagi lulusan S1 dan S2 saja, lowongan ini juga terbuka bagi pendaftar dengandifabel fisik.

Berdasarkan informasi di portal resmi BPJS Ketenagakerjaan, pendaftaran lowongan telah dibuka sejak 24 Januari 2023 dan akan ditutup hari ini, Jumat (27/1).

Artinya, kesempatan bagi pelamar untuk mendaftar hanya tinggal beberapa jam saja. Ada tiga posisi yang ditawarkan BPJS Ketenagakerjaan dalam lowongan kerjanya.

Ketiga posisi yang dibuka yakni:

1. Komite Manajemen Risiko, Investasi dan Pelayanan

Anggota Komite Manajemen Risiko, Investasi, dan Pelayanan adalah anggota pendukung Komite Dewan Pengawas yang berfungsi untuk membantu pelaksanaan fungsi dan tugas Dewan Pengawas dalam rangka melaksanakan pengawasan di bidang manajemen risiko, investasi, pelayanan dan teknologi informasi di BPJS Ketenagakerjaan.

2. Komite Anggaran, Audit dan Aktuaria

Anggota Komite Anggaran, Audit, dan Aktuaria adalah anggota pendukung Komite Dewan Pengawas yang berfungsi untuk membantu pelaksanaan fungsi dan tugas Dewan Pengawas dalam rangka melaksanakan pengawasan di bidang anggaran, audit, dan aktuaria di BPJS Ketenagakerjaan.

3. Komite Kinerja Program dan Badan

Anggota Komite Kinerja Program dan Badan adalah anggota pendukung Komite Dewan Pengawas yang berfungsi untuk membantu pelaksanaan fungsi dan tugas Dewan Pengawas dalam rangka melaksanakan pengawasan di bidang bidang kinerja program, kinerja badan, inisiatif program baru, kepesertaan, sumber daya manusia dan implementasi tata kelola yang baik di BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara, benefit yang akan diterima calon pelamar jika lulus di salah satu formasi adalah honorarium, tunjangan, dan semua perlindungan dari program jaminan sosial yaitu Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Pensiun dan Jaminan Kesehatan.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut mengenai lowongan, calon peserta bisa langsung mengakses situs resmi BPJS Ketenagakerjaan https://rekrutmen.bpjsketenagakerjaan.go.id.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)




bab terbaru:cara masuk kredivo

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
slot gacor x500 demo
hoby55
tumi123
web maxwin
situs slot gacor 2023
demo slot lucky 777
slot deposit 3000 tanpa potongan
bonus download apk slot
crot4d
Daftar isi semua bab
Bab 1 one 777 slot
Bab 2 casiobet
Bab 3 kredivo makassar
Bab 4 erek jam tangan
Bab 5 baka88
Bab 6 id gacor
Bab 7 nama link slot gacor
Bab 8 mau kredit hp
Bab 9 chelsea 19 paito
Bab 10 taiwanpools
Bab 11 togel sdy 2022
Bab 12 daftar resmi pinjol ojk 2022
Bab 13 daftar slot terpercaya 2022
Bab 14 cuan 77 slot
Bab 15 maria slot
Bab 16 slot gacor 2022 resmi
Bab 17 pandajago
Bab 18 voucher belanja lazada
Bab 19 memoriqq
Bab 20 slot kasih menang
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1773bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Pecinta kuliner tidak terbatas

klik win 138
Harga emas Antam berada di posisi Rp1,029 juta per gram pada Senin (30/1), tidak berubah dibandingkan harga pada perdagangan sebelumnya.
Harga emas Antam berada di posisi Rp1,029 juta per gram pada Senin (30/1), tidak berubah dibandingkan harga pada perdagangan sebelumnya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp1,029 juta per gram pada Senin (30/1). Harga emas Antam per gram ini tidak berubah dibandingkan harga pada perdagangan sebelumnya.

Senada, harga pembelian kembali (buyback) macet di Rp934 per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp564,5 ribu, 2 gram Rp1,99 juta, 3 gram Rp2,97 juta, 5 gram Rp4,92 juta, 10 gram Rp9,78 juta, 25 gram Rp24,33 juta, dan 50 gram Rp48,59 juta.

Harga jual emas tersebut sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Pembeli yang tidak menyertakan NPWP dikenakan potongan pajak lebih tinggi sebesar 0,9 persen.

Sementara itu, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX melemah 0,07 persen menjadi US.944,3 per troy ons. Sedangkan harga emas di perdagangan spot turun 0,13 persen di US.925,5 per troy ons pada pagi ini.

Lihat Juga :
Harga Tiket Kereta Panoramic Februari 2023 Mulai dari Rp350 Ribu

Senior Analis DCFX Lukman Leong memperkirakan harga emas akan range-bound di mana investor cenderung wait and see menjelang minggu yang padat akan data ekonomi penting dan pertemuan Bank Sentral AS, terutama FOMC The Fed.

"Investor mengharapkan konfirmasi sikap The Fed setelah data yang memberikan mixed signal minggu lalu dengan PDB AS yang masih kuat namun inflasi yang menurun," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Hari ini, Lukman memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentang support US.915 per troy ons dan resistance US.940 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

sistem gangguan saraf

jp paus sdy hari ini jitu
Harga jual minyak goreng besutan pemerintah, Minyakita, naik di atas Rp14 ribu per liter. Tak hanya semakin mahal, komoditas itu juga langka di pasaran.
Harga jual minyak goreng besutan pemerintah, Minyakita, naik di atas Rp14 ribu per liter. Tak hanya semakin mahal, komoditas itu juga langka di pasaran. (CNN Indonesia/Poppy Fadhilah).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jual minyak goreng besutan pemerintah, Minyakita, naik di atas Rp14 ribu per liter. Tak hanya semakin mahal, komoditas itu juga langka di pasaran.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.comdi Pasar Santa Jakarta Selatan, pada Selasa (31/1), banyak pedagang yang tidak lagi menjual Minyakita.

Rasiko, salah satu pedagang di pasar tersebut, mengatakan Minyakita mulai langka sejak sebulan terakhir. Ia menuturkan, kalaupun barangnya ada, harga jualnya cukup mahal karena modal beli sudah di atas Rp14 ribu per liter. 

Ia menambahkan salah satu produsen Minyakita, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology sempat memeriksa kondisi ketersediaan Minyakita di Pasar Santa. Namun, pasokan Minyakita disebut tetap tidak ditambah.

"Kemarin ada kunjungan dari Sinar Mas, yang bikin Minyakita kan Sinar Mas, dia kunjungan ke sini. Cuma kunjungan doang, barangnya (Minyakita) enggak dikirim," ujarnya.

Kelangkaan Minyakita juga dikeluhkan pedagang lainnya, Mustafa. Kendati demikian, ia masih menjual beberapa kemasan Minyakita isi dua liter dengan harga Rp32 ribu. Namun, ia tak bisa menjual dengan harga Rp14 ribu per liter karena modal yang dikeluarkan sudah lebih dari itu.

Lihat Juga :
Kemnaker Janji UU PPRT Jamin Hak Upah Hingga Cuti Pekerja Rumah Tangga

Mustafa menjelaskan ia membeli 6 kemasan Minyakita isi 2 liter dari agen seharga Rp180 ribu. Artinya modal satu kemasan Minyakita isi 2 liter adalah Rp30 ribu per liter. Dengan mengambil untung sekitar 10 liter ia menjual Minyakita dengan harga Rp32 ribu-Rp33 ribu per 2 liter.

Melihat harga Minyakita tersebut, Mustafa pun mengaku kesal dengan tulisan harga Rp14 ribu yang masih tertera di kemasan Minyakita.

"Yang saya kesalnya itu tulisan (Rp14 ribu) kok masih ada. Itu kan melanggar. Sekarang belinya aja enggak dapat Rp15 ribu," katanya.

Senada, Lina selaku penjual di Pasar Warung Buncit, Jakarta Selatan mengeluhkan kelangkaan Minyakita dan lonjakan harga komoditas tersebut.

Lihat Juga :
Phillips Bakal PHK 6.000 Karyawan Imbas Rugi Rp26,1 T

"Misalkan ada pun kita jualnya mesti Rp15 ribu. Itu pun kalau barangnya ada. Ke sini barangnya enggak ada, di agen juga enggak ada." ujarnya.

Karena Minyakita yang langka, Lina pun memilih untuk menjual minyak goreng merek lain seperti Tropicana dan Vipco, meskipun harganya lebih mahal dari Minyakita.

Sementara itu di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, beberapa pedagang masih menjual Minyakita seharga Rp16 ribu per liter, di atas HET yang ditetapkan Rp14 ribu per liter.

Menurut pedagang, harga jual Rp16 ribu karena harga dari distributor juga naik.



Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengungkapkan kelangkaan Minyakita terjadi akibat realisasi pemenuhan minyak goreng untuk kebutuhan dalam negeri (domestic market obligation/DMO) bulanan turun dari 100,94 persen pada November menjadi 86,31 persen pada Desember 2022.

DMO kemudian turun lagi pada Januari 2023 menjadi 71,81 persen dari target pemenuhan bulanan 300 ribu ton.

"Dampak penurunan DMO mengakibatkan terjadinya penurunan pasokan minyak goreng di masyarakat, sehingga harga minyak goreng rakyat mengalami kenaikan," ujar Zulhas dalam keterangan resmi, Senin (30/11).

Lihat Juga :
ESDM Sebut Harga Asli Pertalite Rp11 Ribu per Liter

Sebab itu, Zulhas mengadakan rapat evaluasi kebijakan pendistribusian minyak goreng bersama produsen minyak goreng di Kantor Kementerian Perdagangan.

Pada rapat itu, para pelaku usaha ia klaim sepakat untuk menambah pasokan minyak goreng dalam negeri 50 persen, dari 300 ribu ton menjadi 450 ribu ton.

"Kami akan memastikan pendistribusian dan pemenuhan sesuai harga eceran tertinggi (HET) dalam waktu satu minggu ke depan di seluruh wilayah Indonesia. Kami juga akan memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan pendistribusian migor, baik kemasan merek Minyakita maupun curah di pasar rakyat maupun ritel modern di seluruh wilayah Indonesia," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Hiburan Korea adalah penyakit

situs yang sering jp
Philips bakal mem-PHK 6.000 karyawannya di seluruh dunia usai merugi 1.605 miliar euro atau setara Rp26,1 triliun pada tahun lalu.
Philips bakal mem-PHK 6.000 karyawannya di seluruh dunia usai merugi 1.605 miliar euro atau setara Rp26,1 triliun pada tahun lalu. (REUTERS/Piroschka Van De Wouw).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan asal Belanda, Philips, bakal memutus hubungan kerja (PHK) terhadap 6.000 karyawannya di seluruh dunia usai merugi 1.605 miliar euro atau setara Rp26,1 triliun pada tahun lalu.

Separuh dari PHK akan dilakukan Philips tahun ini, sedangkan sisanya baru akan terealisasi pada 2025. CEO Philips Roy Jakobs menyebut ada 10 ribu karyawan yang di-PHK dalam beberapa bulan terakhir alias perusahaan sudah memangkas 13 persen dari keseluruhan karyawannya di dunia.

"Apa yang kami hadirkan hari ini saya pikir adalah rencana terbaik untuk mengamankan masa depan Philips. Tantangan yang kami hadapi sangat berat dan kami mencoba mengatasinya secara serius," kata Jakobs, dikutip dari Reuters, Selasa (31/1).

Meski begitu, di kuartal keempat 2022 Philips tercatat kehilangan 105 juta euro. Dengan begitu, secara keseluruhan perusahaan mencatat rugi 1.605 miliar euro alias Rp26,1 triliun sepanjang tahun lalu.

Ini juga menjadi tantangan berat bagi Jakobs yang baru menjabat Oktober lalu. Terlebih, kepimpinan awal Jakobs dimulai dengan melakukan PHK terhadap 4.000 karyawannya.

Lihat Juga :
Kemnaker Janji UU PPRT Jamin Hak Upah Hingga Cuti Pekerja Rumah Tangga

Keputusan PHK tahun lalu terhadap 5 persen tenaga kerja Philips disebabkan karena penarikan ventilator dan peralatan medisnya dari pasaran. Perusahaan pun mencatat kerugian sekitar 30 miliar euro sejak insiden penarikan 5,5 juta ventilator dari pasaran pada Juni 2021 lalu.

Pendapatan yang disesuaikan sebelum bunga, pajak, dan amortisasi (EBITA) Philips dalam tiga bulan terakhir pada 2022 mencapai 651 juta euro, hampir stabil dibandingkan 647 juta euro setahun sebelumnya.

Namun, rata-rata analis dalam jajak pendapat yang disusun oleh perusahaan memperkirakan akan turun menjadi 428 juta euro.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Infinity: Dari Mata Sharingan hingga Mata Samsara

benua bet
Perindustrian dan sektor jasa membuat kemapanan ekonomi masyarakat Desa Margahayu Tengah, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung terus berkembang.
Desa Margahayu Tengah. (Foto: Arsip BRI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perindustrian dan sektor jasa membuat kemapanan ekonomi masyarakat Desa Margahayu Tengah, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung terus berkembang.

Masyarakat Desa mengoptimalkan warisan turun temurun dalam mengembangkan produk lokal berupa tas maupun ransel. Berkat itu, Desa Margahayu Tengah dinobatkan sebagai 15 pemenang desa utama Program Desa BRILian 2022.

Desa BRILian merupakan program pemberdayaan desa oleh BRI yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa. Melalui implementasi praktik kepemimpinan desa yang unggul serta semangat kolaborasi, Program Desa BRILian dapat mengoptimalkan potensi desa berbasis Sustainable Development Goals (SDG's).

Desa Margahayu Tengah memiliki luas wilayah sebesar 115.42 Ha dengan jumlah penduduk sebanyak 18.201 Jiwa (5.205 KK, 16 RW & 88 RT). Karakteristik Desa Margahayu Tengah yaitu wilayah industri kecil dan menengah, perdagangan dan jasa.

"Selain produk tas. Masyarakat di masing-masing kampung di sini juga terhidupkan dengan aktivitas konveksi, mulai dari seragam hingga training sekolah," ungkap Zaenal.

Kolaborasi antara aparatur desa dengan warga merupakan kunci dari pembungan desa itu sendiri. Hal tersebut juga tergambarkan dari desa industrial ini.

Peran desa dalam memberikan fasilitas pelayanan masyarakat seperti mobil transportasi, wahana bermain anak serta pengelolaan sampah terpadu yang merupakan kolaborasi swadaya masyarakat.

Desa Margahayu Tengah juga memiliki beberapa potensi yang terus dikembangkan untuk memajukan perekonomian desa.

Potensi yang pertama yaitu Potensi Wisata terdiri dari Keretek/Delman/Andong Kuda Tunggang. Kemudian potensi Budaya yang terdiri dari Pencak Silat hingga Lingkung Seni.

Terakhir Potensi Ekonomi yang terdiri dari 31 Pabrik industri menengah, Industri Kecil Rumahan, Toko Warung, Swalayan, 11 Usaha Jasa, 7 Rumah Makan serta 4 Kelompok Tani Urban Farming.

Dalam rangka melestarikan program ketahanan pangan terpadu, Desa Margahayu Tengah membangun Greenhouse Tanaman Hidroponik yang bekerjasama dengan beberapa desa setempat.

Desa Margahayu Tengah juga melakukan pemberdayaan UMKM dalam bidang Konveksi Training serta terus berinovasi untuk mengembangkan Klaster Usaha Konveksi Tas/Ransel hingga menjadi kawasan Blok Ransel atau Sentra Industri Tas Desa Margahayu.

Selain itu, pengelolaan 32 Titik Air Bersih merupakan salah satu unit usaha BUMDes untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi 3.500 masyarakat desa.

BUMDes Margahayu Tengah berperan aktif dalam mendukung inklusi keuangan dengan aktif sebagai Agen Brilink, juga telah menjalankan sistem pembayaran tagihan air dengan memanfaatkan aplikasi Stroberi Tagihan, BRIMO dan Qris BRI.

"BUMDes Margahayu Tengah juga turut mengelola Klaster Usaha Konveksi Tas/Ransel yang merupakan sentra industri tas Desa Margahayu Tengah. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian Desa Margahayu Tengah," ujar Zaenal.

(osc/osc)

Ikan asin bercampur dalam industri hiburan

erek erek catur
Kemnaker berjanji UU PPRT bakal mengatur dan melindungi hak dasar pekerja rumah tangga dari upah sampai cuti.
Kemnaker berjanji UU PPRT bakal mengatur dan melindungi hak dasar pekerja rumah tangga dari upah sampai cuti. Ilustrasi. ( Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Ketenagakerjaan menyatakan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) bakal mengatur sejumlah hak mendasar yang diperoleh PRT.

Hak dasar itu mulai dari kepastian upah, jaminan sosial, hingga hak cuti.

Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Haiyani Rumondang mengatakan selama ini tidak ada perlindungan bagi hak-hak mendasar PRT. Oleh sebab itu, ia berharap kehadiran UU PRT dapat memberikan perlindungan itu.

Tak hanya soal hak PRT, RUU PPRT juga akan mengatur hak pemberi kerja. Mereka akan mendapatkan kepastian data-data yang jelas terkait PRT yang bekerja dengan mereka.

Pemberi kerja juga diberikan kepastian untuk bisa berkonsultasi dengan kementerian atau lembaga terkait mengenai kontrak kerja mereka dengan PRT.

RUU PPRT sudah mandek di parlemen selama 19 tahun. Rancangan beleid ini sudah bolak balik keluar masuk dari daftar prolegnas DPR sejak 2004 silam.

Pada 2020, pembahasan ruu tersebut rampung di Badan Legislasi dan tinggal masuk ke Badan Musyawarah (Bamus).

Setelahnya, pemerintah dan DPR bersepakat membawa draf itu ke tingkat paripurna. Namun, rencana itu pupus. Tiba-tiba RUU PPRT batal dibawa ke paripurna.

Presiden Jokowi kemudian menyampaikan keinginan agar RUU PPRT segera disahkan.

[Gambas:Video CNN]

Ia meminta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Menaker Ida Fauziyah melobi DPR untuk segera membahas RUU yang sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas Tahun 2023 itu.

"Untuk mempercepat penetapan UU PPRT ini, saya perintahkan kepada Menteri Hukum dan HAM, dan Menteri Ketenagakerjaan untuk segera melakukan koordinasi dan konsultasi dengan DPR dan dengan semua stakeholder," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (18/1).

(fby/agt)

Dosa Lumen

kpktoto
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan masih ada 9 dari 41 perusahaan pelat merah yang merugi sepanjang 2022.
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan masih ada 9 dari 41 perusahaan pelat merah yang merugi sepanjang 2022. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)Erick Thohir mengatakan masih ada 9 dari 41 perusahaan pelat merah yang merugi sepanjang 2022.

Meskipun ada yang merugi, ia mengatakan mayoritas BUMN mencatatkan keuntungan.

"Begini, kalau usaha itu ada untung ada rugi. Cuma kalau lebih banyak rugi, bodoh atau pintar? Ya bodoh. Alhamdulillah dari 41 BUMN sekarang mayoritas sehat, hanya 9 yang masih merugi. Bukan jelek, merugi," katanya di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Rabu (1/2).

"Tahun ini bisa mudah-mudahan, ini kan belum tutup buku 2022. Nanti di 2023 setelah audit mudah-mudahan (laba) di atas Rp200 triliun. Artinya, dana-dana ini bisa masuk ke pemerintah, baik pajak, hasil dividen sehingga penguatan keuangan pemerintah ini bisa semakin kuat," jelas Erick.

Kendati demikian, Erick enggan merinci sektor mana saja yang merugi. Menteri BUMN itu mengatakan lebih baik menunggu hasil audit.

Erick memang dikenal dengan aksi bersih-bersih di BUMN. Ia juga melakukan perampingan jumlah BUMN dari 108 menjadi 41. Perampingan ini diklaim memberikan hasil yang lebih baik dengan meningkatnya kinerja BUMN.

Saat baru menjabat sebagai menteri BUMN, Erick menyebut 70 persen BUMN mengalami kerugian. Ia mengatakan perbaikan kinerja terletak pada dua kunci utama yakni aspek kepemimpinan di tubuh BUMN dan juga penerapan sistem yang berjalan secara konsisten.

Erick menambahkan program bersih-bersih ini tentu tidak selesai dalam waktu singkat lantaran sudah terjadi sejak zaman dahulu. Namun, ia meyakini pemilihan pemimpin berdasarkan leadership yang baik dan sistem yang dibangun akan bisa mengurangi korupsi.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

[Gambas:Video CNN]