petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

agen138 rtp

aman pinjam 528Jutaan kata 58029Orang-orang telah membaca serialisasi

《agen138 rtp》

Neraca Dagang RI Surplus US,48 M pada Februari 2023******

BPS mencatat neraca perdagangan RI kembali surplus sebesar US,48 miliar pada Februari 2023. Surplus terjadi dalam 34 bulan berturut-turut.
BPS mencatat neraca perdagangan RI kembali mencatat surplus sebesar US,48 miliar pada Februari 2023. Surplus terjadi dalam 34 bulan berturut-turut. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan RI kembali mencatat surplus sebesar US,48 miliar pada Februari 2023.

Neraca perdagangan kembali surplus untuk ke-34 kalinya dikarenakan kinerja ekspor yang lebih baik dibandingkan impor.

"Jadi neraca perdagangan Indonesia sampai Februari 2023 telah membukukan surplus selama 34 bulan berturut-turut sejak Mei 2020 dan masih dalam tren yang meningkat," ujar Deputi Bidang Statistik Produksi BPS M Habibullah dalam konferensi pers, Rabu (15/3).

Ekspor

Ekspor Indonesia pada Februari 2023 tercatat sebesar US,40 miliar. Nilai ini naik 4,51 persen jika dibandingkan Februari 2022 yang sebesar US,47 miliar.

Kenaikan ekspor secara tahunan ini ditopang oleh ekspor migas yang naik 19,27 persen dari US0 juta menjadi US,19 miliar dan ekspor non migas naik 3,76 persen dari US,48 miliar menjadi US,21 miliar.

Jika dirinci menurut sektornya, ekspor non migas dari industri pertanian, kehutanan dan perikanan turun 2,08 persen dan industri pengolahan turun 0,09 persen. Sedangkan sektor pertambangan dan lainnya masih tumbuh 20,93 persen

Namun, jika dibandingkan Januari 2023 yang tercatat sebesar US,32 miliar, kinerja ekspor turun 4,15 persen. Hal ini dikarenakan ekspor migas turun 20,26 persen dari US,49 miliar menjadi US,19 miliar dan non migas turun 3 persen dari US,83 miliar menjadi US,21 miliar.

Secara bulanan, semua sektor ekspor tercatat turun. Migas turun 20,26 persen, pertanian, kehutanan dan perikanan turun 2,62 persen, tambang dan lainnya turun 9,46 persen, serta industri pengolahan turun 0,86 persen.

Impor

Impor Indonesia pada Februari 2023 tercatat sebesar US,92 miliar. Realisasi ini turun 4,32 persen dibandingkan Februari 2022 yang tercatat sebesar US,64 miliar.

Secara tahunan, kinerja impor melambat disebabkan oleh penurunan impor migas maupun nonmigas. Impor migas turun 17,08 persen dari US,90 miliar menjadi US,41 miliar. Sedangkan, impor nonmigas turun 1,63 persen dari US,74 miliar menjadi US,51 miliar.

Jika dilihat menurut penggunaannya, impor nonmigas secara tahunan turun terbesar adalah bahan baku/penolong minus 8,10 persen. Sedangkan impor barang modal naik 6,10 persen.

Dibandingkan Januari 2023 yang tercatat US,44 miliar, kinerja impor lebih melambat lagi dengan realisasi turun 13,68 persen. Impor migas juga turun 17,19 persen dari US,91 miliar menjadi US,41 miliar dan nonmigas turun 13,03 persen dari US,54 miliar menjadi US,51 miliar.

Secara bulanan, jika dilihat menurut penggunaan barangnya, semua nya mengalami penurunan. Impor bahan baku/penolong turun 15,09 persen dan barang modal turun 6,64 persen.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

[Gambas:Video CNN]

Pemegang Saham PT Sinar Dunia 'Ribut' di Pengadilan******

Pemegang saham produsen buku PT Sinar Dunia ribut di Pengadilan Negeri Semarang. Kisruh dipicu masalah pembagian hak.
Pemegang saham produsen buku PT Sinar Dunia ribut di Pengadilan Negeri Semarang. Kisruh dipicu masalah pembagian hak. Ilustrasi. (Kaboompics).
Jakarta, CNN Indonesia--

Salah satu pemegang sahamPT Sinar Dunia, Tony Damitrias menggugat dua pemegang saham lainnya, Wong Chin Moi dan Lie Irwan Damitrias ke pengadilan.

Gugatan diajukan Tony di Pengadilan Negeri (PN) Semarang pada 10 November 2022 dengan nomor perkara 527/Pdt.G/2022/PN Smg.

Dalam petitumnya, penggugat meminta pengadilan mengabulkan beberapa gugatan.

Kedua, menyatakan PT Sinar Dunia merupakan perusahaan keluarga, milik bersama Tony Damitrias , Lie Irwan Daitrias, dan Lie Yuwono Ali dan karena itu harus dibagi secara seimbang.

"Dengan kepemilikan 1/3 bagian masing-masing sama dan dibagi seimbang terhadap semua harta perusahaan bergerak maupun tetap termasuk keuntungan maupun utang perusahaan," tulis petitum gugatan tersebut.

Ketiga, menyatakan CV Tiga Manunggal Abadi dan CV Muktiharjo merupakan perusahaan keluarga, milik bersama Tony Damitrias , Lie Irwan Daitrias, dan Lie Yuwono Ali dengan kepemilikan 1/3 bagian masing-masing sama dan dibagi seimbang terhadap semua harta perusahaan bergerak maupun tetap termasuk keuntungan maupun utang perusahaan.

[Gambas:Video CNN]

Keempat,menyatakan menurut hukum hak merek dan hak cipta yaitu daftar hak merek milik keluarga atau bersama, penggugat, alm. Lie Yuwono Ali, dan Lie Irwan Damitrias adalah milik bersama penggugat dan para tergugat dan memiliki hak bersama untuk digunakan secara masing-masing dan atau bersama-sama.

Kelima, menghukum para tergugat untuk melakukan pembagian terhadap aset-aset dari tiga perusahaan yaitu PT Sinar Dunia, CV Tiga Manunggal Abadi dan CV Muktiharjo serta aset-aset yang dimiliki bersama dalam perusahaan untuk dapat dibagi masing - masing 1/3 sama besarnya atas mesin-mesin produksi.

Keenam, menghukum para pihak untuk membagi tanah dan bangunan gudang dengan sertifikat HGB No. 383/Muktiharjo Lor. yang berlokasi di Jalan Industri 2 No.72, Kel. Muktiharjo Lor, Kec. Genuk, Semarang masing-masing memiliki hak 1/3 bagian sama ratanya.

[Gambas:Video CNN]

"Menghukum tergugat I dan tergugat II menyerahkan seluruh data pelanggan/pembeli dari Usaha PT Sinar Dunia, CV Tiga Manunggal Abadi dan CV Muktiharjo untuk diserahkan kepada penggugat dan untuk dapat digunakan bersama-sama," bunyi petitum tersebut.

Penggugat juga meminta meminta putusan tersebut dapat dilaksanakan terlebih dahulu meskipun ada upaya hukum banding maupun kasasi. Terakhir ia juga meminta pengadilan menghukum para tergugat untuk membayar biaya perkara yang timbul dalam perkara tersebut.

Sementara itu, Direktur PT Sinar Dunia Andana Ali menyebut sengketa hukum antar pemegang saham produsen buku tulis tersebut akan mengancam keberlangsungan hidup perusahaan. Andana menyebut sekitar 400 karyawan yang menggantungkan hidup pada perusahaan itu.

"Perusahaan ini dalam kondisi sehat, berkembang, dan memberikan lapangan pekerjaan," kata Andana di Semarang, dikutip dari Antara.

Maka dari itu, Andana berharap pihak yang bersengketa memikirkan nasib ratusan karyawan bersama keluarganya akibat permasalahan hukum ini.

Lihat Juga :
Incar Rp307 T, MbS Luncurkan Maskapai Baru Arab Saudi Riyadh Air

Belum ada pernyataan langsung dari para penggugat ataupun tergugat terkait perkara di Pengadilan Negeri Semarang ini.

Catatan Redaksi: Judul artikel ini diubah pada Selasa (14/3) pukul 15.00 WIB dari semula berjudul 'Pemegang Saham Produsen Buku Sinar Dunia Ribut di Pengadilan'.

(fby/agt)

[Gambas:Video CNN]

Pemerintah Patok HET Beras di Kisaran Rp10.900******

Pemerintah resmi menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) baru bagi beras kualitas medium dan premium. Penetapan HET beras dibagi dalam tiga zonasi.
Pemerintah resmi menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) baru bagi beras kualitas medium dan premium. Penetapan HET beras dibagi dalam tiga zonasi. (ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah resmi menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) baru bagiberas kualitas medium dan premium. Selain HET, pemerintah juga menetapkan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) untuk gabah dan beras. 

Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) menuturkan HET beras dibagi dalam tiga zonasi. Untuk zona I yang meliputi Jawa, Lampung, Sumatera Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi, HET beras medium dipatok Rp10.900 per kilogram (kg). Sedangkan HET beras premium Rp13.900 per kg.

Untuk zona II yang meliputi Sumatera selain Lampung dan Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Timur, serta Kalimantan, HET beras medium dipatok Rp11.500 per kg, dan beras premium Rp14.400 per kg. 

"Ini Pak Presiden memerintah untuk segera diumumkan, sedangkan untuk perundangannya sedang diproses sehingga ini dapat kita lakukan segera," kata Arief dalam video resmi, Rabu (15/3).

Terkait dengan HPP untuk gabah dan beras, Gabah Kering Panen (GKP) di tingkat petani dipatok Rp5.000 per kg dan di tingkat penggilingan Rp5.100 per kg.

Untuk Gabah Kering Giling (GKG) di penggilingan dipatok Rp6.200 per kg dan di gudang Bulog Rp6.300 per kg. Sedangkan beras di gudang Bulog dengan kadar air 14 persen dipatok Rp9.950 per kg.

Lihat Juga :
Bulog Akan Naikkan Harga Eceran Tertinggi Beras

Besaran HET beras kualitas medium dan premium, serta HPP gabah naik jika dibandingkan aturan sebelumnya.

Dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 57 tahun 2017 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Beras, HET beras medium di zona I dipatok Rp9.450 per kg. Sedangkan beras premium Rp12.800 per kg.

Untuk zona II, HET beras medium adalah Rp9.950 per kg dan Rp13.300 per kg premium. Sedangkan untuk zona III, HET beras medium adalah Rp10.250 per kg dan beras premium Rp13.600 per kg.

Sementara terkait HPP gabah dan beras, dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 24 tahun 2020 tentang Penetapan Harga Pembelian pemerintah untuk Gabah atau Beras.

HPP untuk GKP di petani dipatok Rp4.200 per kg, sedangkan di tingkat penggilingan Rp4.250 per kg.

GKG dipatok Rp5.250 per kg di penggilingan dan Rp5.300 per kg di gudang Bulog. Sedangkan beras di gudang Bulog dengan kadar air 14 persen dipatok Rp8.300 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)




bab terbaru:cara login kredivo dengan email

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
lionbola
buku mimpi 37
slot situs gacor
link tergacor di dunia
majapahit4d login
slot terbesar di dunia
limit shopee pinjam turun
link daftar slot gacor hari ini
link slot lagi gacor
Daftar isi semua bab
Bab 1 tips judi bola parlay
Bab 2 slotking69
Bab 3 joker888
Bab 4 jk jp slot
Bab 5 slot asli gacor
Bab 6 link dewabet terbaru
Bab 7 pinjol tenor panjang bunga rendah
Bab 8 situs slot judi
Bab 9 dragon222 rtp
Bab 10 sensational77
Bab 11 totopedia
Bab 12 sejatibet
Bab 13 mobil 77 slot
Bab 14 slot situs
Bab 15 macam slot
Bab 16 qqmas
Bab 17 mau slot 88
Bab 18 buku mimpi 2d erek erek bergambar
Bab 19 slot gacor malam minggu
Bab 20 dewgg
Klik untuk melihattersembunyi di tengah314bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Mitos Asing

alexavegas88
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan 24.072 kuota penumpang mudik gratis pada Ramadan 2023.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan 24.072 kuota penumpang mudik gratis pada Ramadan 2023. Ilustrasi. (AP/Dita Alangkara).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan 24.072 kuota penumpang mudik gratispada Ramadan 2023. Kuota penumpang tersebut dibagi menjadi 18.528 penumpang untuk arus mudik dan 5.544 penumpang untuk arus balik.

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Suharto mengatakan dalam program mudik gratis itu, pihaknya akan menyiapkan 585 bus yang dibagi untuk arus mudik 459 bus dan arus balik 126 bus.

Adapun kota tujuan arus mudik tersebar di berbagai wilayah. Untuk Sumatera, kota tujuan arus mudik adalah Palembang dan Lampung. Kemudian di Jawa Barat yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon.

Kemudian, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta. Lalu di Jawa Timur ada lima kota yakni Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung.

Sementara untuk arus balik tersedia untuk delapan perjalanan yaitu Cirebon-Jakarta, Madiun-Jakarta, Surabaya-Madiun, Semarang-Jakarta, Solo-Jakarta, Purwokerto-Cirebon, Wonogiri-Jakarta, dan Yogyakarta-Jakarta.

"Memang kalau dari sisi jumlah kota di Pulau Sumatra dan Jawa tidak mungkin semua akan dilayani, tapi tentunya kami mencoba mendekatkan ke tujuan-tujuan pemudik," ujar Suharto dalam konferensi pers di kantor Kemenhub, Senin (13/3).

Lihat Juga :
INFO HARGA PANGANHarga Pangan Kompak Terkerek, Daging Ayam Makin Mahal Jelang Puasa

Pendaftaran mudik dan arus balik gratis dimulai 13 Maret hingga 14 April. Penumpang arus mudik akan diberangkatkan pada 18 April dan 19 April. Sementara arus balik akan berangkat pada 28 April.

Tak hanya untuk penumpang, Kemenhub juga menyediakan layanan pengangkutan sepeda motor gratis dengan menggunakan truk. Sebanyak 30 truk disediakan untuk mengangkut 900 sepeda motor pada arus mudik dan arus balik.

Kota asal tujuan pengangkutan mudik dan balik balik sepeda motor untuk pulang-pergi yaitu Solo-Jakarta, Semarang-Jakarta, Purwokerto-Jakarta, Wonogiri-Jakarta, dan Yogyakarta-Jakarta. Sepeda motor akan diberangkatkan pada 17 April ke tujuan mudik dan pada arus balik diberangkatkan pada 27 April.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Era Kitab Para Dewa

erek erek tawon 2d
Bulog menyebut beras bansos pangan Ramadan untuk 21,6 juta warga miskin akan diambil dari CBP yang berasal dari beras lokal dan impor.
Bulog Sebut Beras Bansos Pangan Ramadan Berasal dari Lokal dan Impor. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sekretaris Perusahaan PerumBulog Awaludin Iqbal mengatakan beras yang akan dibagikan dalam bentuk bantuan sosial (bansos) pangan kepada 21,6 juta warga miskin pada Ramadanakan diambil dari cadangan beras pemerintah (CBP).

CBP tersebut berasal dari penyerapan dalam negeri maupun beras impor.

"Prinsipnya beras yang menjadi stok cadangan beras pemerintah, baik dari dalam maupun luar negeri," kata Iqbal kepada CNNIndonesia.com, Jumat (10/3).

"Nggak sampai 30 ribu kok sisanya itu. Persoalannya kita tidak bisa melawan alam. Kalau kita bisa, ombak itu diandaikan tidak ada ombak, kan enggak bisa," kata Direktur Utama Bulog Budi Waseso di Polda Banten, Februari lalu.

Sementara pemerintah akan menggelontorkan bansos 10 kg beras kepada 21,6 juta warga miskin pada Maret-Mei 2023.

Lihat Juga :
Anak Buah Sri Mulyani Desak Macet Diatur

"Yang sudah dibahas dengan Bapak Presiden (Joko Widodo) kita akan memberikan bantuan beras kepada sekitar 21,6 juta warga berasnya 10 kilogram, dan akan diberikan selama tiga bulan," ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto seperti dikutip dari Antara, Kamis (9/3).

Airlangga tidak merinci tanggal pasti pemberian bantuan tersebut. Ia hanya mengatakan bantuan diberikan untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok sebagai dampak persiapan puasa dan lebaran.

Pemberian beras didistribusikan melalui Perum Bulog. Selain bantuan beras, pemerintah juga akan menggelontorkan bantuan sosial berbentuk daging ayam dan telur. Bantuan akan disalurkan melalui ID Food, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang pangan.

Lebih lanjut, daftar penerima bansos berada di Kementerian Sosial (Kemensos), sehingga Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kemensos masih terus mendiskusikan mekanisme penyaluran bansos pangan menjelang Ramadhan.

Jika menggunakan data bansos tahun lalu, jumlah penerimanya yaitu sebanyak 20,65 juta. Namun data tersebut sedang diperbaharui sehingga Kemenkeu akan memastikan data penerima terlebih dahulu.

[Gambas:Video CNN]

 

(fby/pta)

[Gambas:Video CNN]

Strategi Nanchen

41 di erek erek
Meta, induk perusahaan Facebook, kembali mengumumkan PHK terhadap 10 ribu karyawannya. Pemangkasan ini berlangsung hingga akhir Mei 2023.
Meta, induk perusahaan Facebook, kembali mengumumkan PHK terhadap 10 ribu karyawannya. Pemangkasan ini berlangsung hingga akhir Mei 2023. (REUTERS/DADO RUVIC)
Jakarta, CNN Indonesia--

Meta, selaku induk perusahaan Facebook, kembali mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) 10 ribu karyawannya yang akan berlangsung hingga akhir Mei 2023.

"Kami berharap untuk mengumumkan restrukturisasi dan pemutusan hubungan kerja di kelompok teknologi kami pada akhir April, dan kemudian kelompok bisnis kami pada akhir Mei," tulis CEO Meta Mark Zuckerberg di Facebook, dikutip dari CNN Business, Rabu (15/3).

"Secara keseluruhan, kami berharap untuk mengurangi ukuran tim kami sekitar 10 ribu orang dan menutup sekitar 5 ribu posisi terbuka tambahan yang belum kami rekrut," sambungnya.

PHK yang dilakukan Meta ini bukan kali pertama. Pada November 2022, Meta juga mengumumkan akan mem-PHK sekitar 13 persen dari tenaga kerjanya atau 11 ribu karyawan. PHK tersebut menjadi pemangkasan terbesar dalam sejarah perusahaan.

Selain Meta, perusahaan-perusahaan Big Tech lainnya juga telah mengonfirmasi PHK besar-besaran pada awal tahun ini, termasuk Amazon, induk perusahaan Google Alphabet, dan Microsoft.

Badai PHK di industri teknologi ini dilakukan di tengah inflasi yang lebih tinggi, ketakutan resesi, dan guncangan permintaan yang diinduksi oleh pandemi covid-19.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Penebusan Xu Xian

pola slot gampang maxwin
PT Freeport Indonesia (PTFI) membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan baru atau fresh graduate pada tahun ini.
PT Freeport Indonesia (PTFI) membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan baru atau fresh graduate pada tahun ini. (PT Freeport Indonesia).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Freeport Indonesia (PTFI) membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan baru atau fresh graduate pada tahun ini.

Lowongan kerja terbaru ini masuk dalam program Fresh Graduate Program (FGP) 2023.

Dilansir dari laman Instagram resmi @freeportindonesia, Jumat (10/3), perusahaan yang bermarkas di Papua itu memberi kesempatan bagi anak muda yang ingin ikut berkarya dan berkontribusi melalui industri pertambangan.

Terdapat 26 divisi yang dibuka, seperti berikut:

1. Accounting
2. Automation Engineering
3. Architecture
4. Business Administration
5. Chemical Engineering
6. Civil Engineering
7. Computer Science
8. Economics
9. Electrical Engineering
10.Environmental Engineering
11. Industrial Engineering
12. Informatic Engineering
13. Information System
14. Information Technology
15. Instrumentation Engineering
16. Law Logistic
17. Management
18. Material Engineering
19. Mathematics
20. Mechanical Engineering
21. Metallurgy
22. Mining Engineering
23. Occupational Health & Safety
24. Physic Engineering
25. Social and Political Science Public Health
26. Marine Transport Engineering

Lihat Juga :
Pemerintah Impor 200 Ribu Ton Daging Sapi-Kerbau Jelang Ramadan

Pelamar nantinya akan ditempatkan di Tembagapura, Mimika, Papua Tengah. Adapun kualifikasi dan persyaratannya adalah sebagai berikut:

1. Pendidikan D4, S1, atau S2
2. IPK minimum 2,8 dari skala 4
3. Tidak lebih dari 2 tahun sejak kelulusan
4. Pengalaman kerja tidak lebih dari dua tahun

Pendaftaran dibuka sejak 8 Maret 2023 dan ditutup pada 14 Maret 2023 mendatang.

PTFI pun mengingatkan pelamar agar berhati-hati terhadap penipuan mengatasnamakan perusahaan. Pelamar bisa membuka situs resmi PTFI untuk informasi lebih lanjut.

"Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan PT Freeport Indonesia, lowongan kerja ini tidak dipungut biaya dan pastikan informasi yang diterima melalui kontak resmi kami," tulis PTFI.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Bai Yeyi

slot888
Analis merekomendasikan sejumlah saham yang berpotensi hijau pekan ini. Berikut rekomendasinya.
Analis merekomendasikan sejumlah saham yang berpotensi hijau pekan ini. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks HargaSaham Gabungan (IHSG) melemah 34,49 poin atau minus 0,51 persen ke level 6.765 pada perdagangan pekan lalu. Investor asing mencatat beli bersih (net buy) Rp359,98 miliar selama sepekan.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham tercatat menguat dua kali dan melemah tiga kali. Secara total, performa indeks saham melemah 0,71 persen.

Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Yulianto Aji Sadono mengatakan rata-rata nilai transaksi harian bursa menurun 18,98 persen menjadi Rp8,74 triliun dari Rp10,79 triliun pada pekan sebelumnya.

Penurunan juga terjadi pada rata-rata volume transaksi bursa menjadi 14,644 miliar saham dari 16,726 miliar saham pada pekan sebelumnya atau ambles sebesar 12,45 persen.

"Kapitalisasi pasar bursa mengalami perubahan 0,67 persen menjadi Rp9.388 triliun dari Rp9.451 triliun pada pekan sebelumnya," tuturnya seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (10/3).

Pelatih investasi saham dan derivatif sekaligus CEO Akela Trading System Hary Suwanda memperkirakan pergerakan IHSG pekan ini masih melemah. Rentang pergerakan di level support6.556 danresistance6.921.

Lihat Juga :
IHSG Diproyeksi Perkasa Awal Pekan Ini

Hary menilai testimoni Gubernur The Fed Jerome Powell di Kongres AS pada 7 dan 8 Maret lalu memberikan sinyal bahwa mereka akan kembali menaikkan suku bunga acuan. Sikap The Fed mempertahankan suku bunga tinggi ini merespons sinyal inflasi Januari 2023 yang masih tinggi.

Ia juga menyoroti dua korban teranyar kebijakan ketat The Fed, yakni bank kripto Silvergate Capital dan Silicon Valley Bank yang getol memberikan pinjaman serta permodalan untuk startupAS. Kedua bank tersebut kompak mengumumkan bangkrut.

"Ini adalah kesempatan karena justru ketika terjadi koreksi maka investor bisa mengoleksi saham dengan fundamental kuat pada harga murah. Khusus bagi trader, tunggu sampai koreksi selesai dan mulai bullish (menguat) kembali," jelas Hary kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (11/3).

Sementara itu, Hary menyarankan investor mengamati sektor energi dan pertambangan. Menurutnya, dua sektor tersebut masih relatif sanggup bertahan di tengah tekanan inflasi.

Lihat Juga :
Pertamina: Hunian Sementara Korban Plumpang Dicarikan Pemkot DKI

Secara teknikal, Hary merekomendasikan saham PT Elnusa Tbk (ELSA). Meski melemah 3,57 persen ke level 324 pada pekan lalu, ia memproyeksi ELSA bisa mencapai posisi 360.

Ada juga saham PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) yang merosot 0,78 persen ke posisi 38.050 pekan lalu. Hary meyakini ITMG bisa menembus level 40.625 dengan stop lossdi angka 36.825.

Terakhir, ada saham dari PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang turun 0,72 persen ke level 10.375 pekan lalu. BMRI dipercaya bisa bergerak sampai 10.975 pada pekan ini.

Bersambung ke halaman berikut...

Sektor Energi dan Konsumer

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Lancer dari Arad

slot online gampang jp
PT Jasa Raharja menjadi perusahaan yang memimpin program mudik gratis 2023 dari Kementerian BUMN.
PT Jasa Raharja menjadi perusahaan yang memimpin program mudik gratis 2023 dari Kementerian BUMN. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Jasa Raharjamenjadi perusahaan yang memimpin program mudik gratis 2023 dari Kementerian BUMN.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan program mudik gratis tahun ini dibuka untuk 65.603 pemudik, di mana pendaftarannya dimulai pada Rabu (15/3) ini.

Erick merinci kuota untuk 65.603 pemudik terbagi ke dalam berbagai moda transportasi yakni bus, kereta api dan kapal laut. Ia mengatakan peserta program mudik gratis ini akan diberangkatkan dari berbagai titik, mulai dari terminal, stasiun hingga pelabuhan.

Nantinya, armada bus dari Jakarta akan diberangkatkan dari Ring Road Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 18 April 2023 mendatang.

Sementara itu, pemudik yang menggunakan moda transportasi kereta api akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen pada 15 dan 16 April mendatang. Harapannya, mudik gratis ini bisa mengurangi kemacetan dan risiko kecelakaan para pemudik di jalan raya.

Mengutip Instagram resmi Jasa Raharja, @pt_jasaraharja, berikut informasi detil mengenai mudik gratis:



Cara mendaftar mudik gratis 2023: 

1. Lakukan pendaftaran dengan mengakses mudik.jasaraharja.co.id yang dapat diakses melalui smartphone, laptop maupun PC.

2. Lakukan pencarian tiket transportasi dan destinasi yang diinginkan untuk mengetahui ketersediaan kursi.

3. Jika tiket tersedia, calon pemudik dapat melengkapi data diri. Pastikan data yang dilengkapi sudah benar.

4. Sistem akan memverifikasi secara otomatis dan jika lolos verifikasi maka tiket elektronik akan terbit.

5. Simpan tiket elektronik kamu dengan baik dan tunjukkan kepada petugas saat keberangkatan.

Lihat Juga :
Pengusaha Akui Minta Menaker Terbitkan Aturan Potong Upah 25 Persen


Syarat mudik gratis Jasa Raharja: 

1. Harus memiliki akun JRku-Jasa Raharja

2. Harus memiliki sepeda motor yang dibuktikan dengan STNK

3. Pajak kendaraan sepeda motor masih berlaku

4. Harus memiliki SIM C yang masih aktif

5. Pendaftar dan peserta yang didaftarkan harus dalam satu keluarga Apabila salah satu persyaratan pada poin 1-5 tidak terpenuhi maka pendaftaran tidak dapat dilanjutkan.

Jika ada kendala dalam proses pendaftaran maka bisa menghubungi call center di nomor berikut ini (021) 5220285/5220289 (Call) 081323238700 (WhatsApp) Jam kerja: 07.30-16.30 WIB. 

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)