petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara mengajukan pinjaman uang di shopee

jam gacor hari sabtu 144Jutaan kata 162820Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara mengajukan pinjaman uang di shopee》

Bahlil Jawab JK soal RI Tak Punya Smelter: Sampai Ayam Punya Gigi******

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyebut RI susah memiliki smelter nikel sendiri karena bank tidak mengucurkan kredit untuk proyek fasilitas pemurnian itu.
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyebut RI susah memiliki smelter nikel sendiri karena bank tidak mengucurkan kredit untuk proyek fasilitas pemurnian itu. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebut Indonesia susah memiliki smelternikel sendiri. Alasannya, karena bank tidak memberikan kredit untuk pembangunan fasilitas pemurnian tersebut.

Hal tersebut dia sampaikan saat rapat dengar pendapat bersama Komisi VI DPR RI, Rabu (14/12). Bahlil mengatakan perbankan nasional hanya mau membiayai jika mempunyai modal inti (ekuitas) di atas 30 persen sampai 40 persen.

Sementara, untuk membangun satu line smelter investasi yang dibutuhkan adalah sekitar US0 juta hingga US0 juta. Dengan demikian untuk membangun empat line dibutuhkan investasi di atas US miliar.

"Ini masalah besar, dan saya sudah ngomong berkali-kali, kalau ini nggak berubah, sampai ayam punya gigi, muka kaya saya, Pak Sarmuji, Pak Demer gak akan punya smelter di republik ini," ujar Bahlil.

Oleh karena itu, ia mengatakan tak heran saat ini smelter di Indonesia hanya dimiliki oleh asing. Pasalnya, mereka memiliki dana dan berinvestasi di Indonesia.

"Jadi, ini juga jadi masalah kita, kalau kemudian kita ribut, mohon maaf kenapa ini asing semua yang ambil bahan baku kita? Bos mereka yang investasi," kata Bhalil.

Lihat Juga :
Bahlil Soal RI kalah di WTO: Sampai Lubang Jarum Pun Kami Hadapi

Sebelumnya, mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK) sempat menyinggung RI yang masih belum punya smelter nikel sendiri. Ia mengkritisi smelter di Tanah Air masih dikelola China.

JK pun mengatakan Kalla Group tengah membangun smelter nikel sendiri. Menurutnya, smelter tersebut akan dikelola oleh anak negeri dan pekerjanya adalah warga sekitar.

Dia pun yakin pembangunan smelter itu bisa rampung tahun depan. "Kita bikin smelter, kita belajar sendiri, InsyaAllah tahun depan smelter pertama milik nasional akan beroperasi," kata JK beberapa waktu lalu.

JK menuturkan smelter yang sedang dibangun itu pun akan mengandalkan tenaga air alih-alih batu bara. Ia menekankan smelter buatan Indonesia harus bersumber dari energi bersih.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/bir)

Harga Kripto Bervariasi: Bitcoin Dkk Unjuk Gigi, Dogecoin dan BNB Keok******

Harga kripto bergerak bervariasi pada Selasa (13/12) pagi. Bitcoin dan ethereum berhasil unjuk gigi, tetapi dogecoin dan BNB jatuh.
Harga kripto bergerak bervariasi pada Selasa (13/12) pagi. Bitcoin dan ethereum berhasil unjuk gigi, tetapi dogecoin dan BNB jatuh. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga kripto di papan utama bergerak bervariasi pada Selasa (13/12) pagi. Dua koin berkapitalisasi pasar terbesar, yakni bitcoin dan ethereum tercatat meriah.

Mengutip coinmarketcap.com, bitcoin meningkat 1,10 persen dalam 24 jam terakhir jadi US.175 per keping. Sementara, ethereum naik 1,41 persen ke posisi US,271 per keping.

XRP juga mencatat pertumbuhan 0,96 persen menjadi USGeser Elon Musk, Bos Louis Vuitton Jadi Orang Terkaya di Dunia******

Posisi Bos Twitter dan Tesla Elon Musk sebagai orang terkaya di dunia digeser oleh Bernard Arnault, pemilik merek mewah Louis Vuitton dan Hennessy Cognac.
Posisi Bos Twitter dan Tesla Elon Musk sebagai orang terkaya di dunia digeser oleh Bernard Arnault, pemilik merek mewah Louis Vuitton dan Hennessy Cognac. (AFP PHOTO / JOEL SAGET).
Jakarta, CNN Indonesia--

Posisi Bos Twitterdan Tesla Elon Musk sebagai orang terkaya di dunia digeser oleh pemilik merek mewah Louis Vuitton dan Hennessy Cognac asal Prancis, Bernard Arnault.

Berdasarkan daftar Miliarder Real-Time Forbes pada Selasa (13/12), Arnault berada di posisi pertama dengan kekayaan mencapai US6,5 miliar. Sedangkan Musk berada di posisi kedua dengan total kekayaan US1,3 miliar.

Crazy rich asal India Gautam Adani dengan total kekayaan US4,6 miliar berada di posisi ketiga. Selanjutnya Jeff Bezos dan Warren Buffet menempati posisi keempat dan kelima.

Saat itu, Forbes mencatat total kekayaan Musk mencapai US4,9 miliar dan Arnault sebesar US4,7 miliar.

Forbes menjelaskan Arnault hampir bisa mengalahkan Musk karena kenaikan nilai saham LVMH di tengah merosotnya kekayaan CEO Twitter ini akibat jatuhnya saham Tesla secara dramatis. Saham Tesla tercatat turun hingga 56 persen pada 2022 ini.

Lihat Juga :
Erick Thohir Pangkas Direksi Angkasa Pura I

Salah satu penyebab saham Tesla turun adalah karena Musk memutuskan untuk membeli Twitter. Di mana Musk baru-baru ini memutuskan untuk menjual US miliar saham Tesla untuk menambah dana pembelian Twitter yang sebesar US miliar.

Hal ini membuat kekayaan Musk yang mencapai US0 miliar pada November 2021 perlahan turun di Desember 2022.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu),3858 per keping. Diikuti binance yang naik tipis 0,04 persen ke posisi USHindari Tanggal Ini Jika Tak Ingin Bermacet Ria saat Libur Nataru******
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membeberkan daftar tanggal yang berpotensi macet saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Berikut tanggalnya.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membeberkan daftar tanggal yang berpotensi macet saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membeberkan daftar tanggal yang berpotensi macet saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Tanggal itu terbagi ke dalam puncak arus mudik dan balik di masa libur Nataru.

Hal itu disampaikan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno dalam Jumpa Pers Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2022/2023 yang dilakukan secara virtual.

"Untuk perkiraan pergerakan puncak arus mudik pada Natal dan Tahun Baru diperkirakan terjadi pada 23 dan 24 Desember, untuk puncak arus baliknya diperkirakan pada 25 dan 26 Desember," kata Hendro, Rabu (14/12).

Berdasarkan prediksi Kemenhub, perjalanan kendaraan yang keluar Jabodetabek melalui jalan tol meningkat sebesar 6 persen dibandingkan 2021. Jumlahnya naik dari 2,83 juta kendaraan menjadi 3,01 juta kendaraan.

Beberapa langkah yang bakal dilakukan Kemenhub untuk mengantisipasi kemacetan saat Nataru, antara lain rekayasa lalu lintas di jalan tol dan non-tol, manajemen rest area, pembatasan operasional angkutan barang, inspeksi angkutan umum, hingga mewajibkan bus pariwisata masuk ke terminal.

Selain itu, ada juga antisipasi yang disiapkan oleh Kemenhub dengan melakukan pengendalian pasar tumpah, terutama di jalur arteri dan wisata. Pengendalian ini bakal dilakukan bersama pemerintah daerah setempat.

"Terakhir, untuk rest areadi jalan arteri, nanti semua Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) itu difungsikan menjadi rest area bagi masyarakat yang melakukan perjalanan. Jadi semua difungsikan, sehingga masyarakat bisa beristirahat di rest areayang ada sepanjang jalur arteri," ujarnya.

Dalam paparan Hendro, dijelaskan juga 111 terminal dan 57.963 unit bus disiapkan untuk melayani masyarakat saat libur Nataru.

Selain itu, ada juga 11 lintas sungai danau dan penyeberangan (SDP) dengan 205 unit kapal yang siap berlayar.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

[Gambas:Video CNN]
,99999 per keping.

Nasib berbeda dialami BNB yang jatuh 3,25 persen menjadi US5,45 per keping. Senasib, dogecoin juga rontok 2,16 persen menjadi USResort Mewah MNC******

PT MNC Land Tbk menyatakan akan membangun ulang hotel dan lapangan gold di kawasan Trump International Resort Bali pada 2023.
PT MNC Land Tbk menyatakan akan membangun ulang hotel dan lapangan gold di kawasan Trump International Resort Bali pada 2023. Ilustrasi. (Tangkapan layar trumpresidencesindonesia.com).
Jakarta, CNN Indonesia--

PTMNC Land Tbk menyatakan akan membangun ulang hotel dan lapangan gold di kawasan TrumpInternational Resort Bali pada 2023.

Direktur Utama MNC Land Budi Rustando mengungkapkan hotel dan lapangan golf yang lama sudah dirobohkan karena akan dibangun ulang.

"Hotel dan lapangan golf yang lama sudah dirobohkan karena akan dibangun ulang dengan design baru yang jauh lebih bagus dan lengkap. Pembangunan akan mulai dilakukan pada tahun 2023 karena pandemi telah berakhir," ujar Budi dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (12/12).

"Property tersebut milik PT MNC Land Tbk , bukan milik Trump dan akan dibangun: lapangan golf, golf club house , beach club, villa, wellness dan hotel," ujar Budi.

Saat ini, sambung Budi luas tanah di kawasan tersebut sudah mencapai kurang lebih 110 hektare. Luasan lahan meningkat dari saat pertama kali dibeli dari perusahaan Bali pada 2012-2013 lalu, 84 ha.

[Gambas:Video CNN]

Catatan redaksi: Berita ini merupakan hak jawab PT MNC Land Tbk atas berita 'Resort Mewah MNC-Trump di Bali Kini Terbengkalai'.

(sfr/sfr),09086 per keping.

Begitu pula dengan cardano yang turun tipis 0,21 persen menjadi USSingapura Buka Lowongan Besar******

Singapura membuka lowongan besar-besaran bagi tenaga kesehatan Indonesia untuk posisi healthcare assistant (HCA), enrolled nurse (EN) dan registered nurse (RN).
Singapura membuka lowongan besar-besaran bagi tenaga kesehatan Indonesia untuk posisi healthcare assistant (HCA), enrolled nurse (EN) dan registered nurse (RN). (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Singapura membuka lowongan kerja besar-besaran bagitenaga kesehatanIndonesia untuk posisi healthcare assistant (HCA), enrolled nurse (EN) dan registered nurse (RN).

Dirjen Binapenta dan PKK Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Suhartono mengungkapkan lowongan ini tersedia baik di rumah sakit atau fasilitas kesehatan milik Singapura.

"Saat ini, terdapat permintaan riil berupa job order untuk tiga jabatan sektor kesehatan yang akan bekerja pada pemberi kerja berbadan hukum, yakni di Rumah Sakit maupun fasilitas kesehatan milik Singapura. Job order tersebut telah diverifikasi di KBRI Singapura, " ujar Suhartono melalui keterangan tertulis, Selasa (13/12).

Selain itu, belum ada proses rekrutmen yang masif bagi tenaga kesehatan Indonesia untuk bekerja di Singapura.

Padahal, Suhartono menyebutkan Singapura membutuhkan kurang lebih 24 ribu tenaga kesehatan hingga 2030. Oleh sebab itu, Negeri Jiran itu harus terbuka terhadap tenaga kesehatan asing.

Lihat Juga :
Online Shop Elevenia Resmi Tutup Per 1 Desember 2022

Ia menilai Singapura memerlukan tenaga kesehatan asing untuk dapat memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan di negaranya.

"Hingga saat ini, Agensi telah menjalin kerja sama dengan tiga P3MI dan Agensi menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama dengan lebih banyak P3MI, " ujarnya.

Adapun peluang kerja ini diungkapkan Kemnaker usai berdiskusi dengan Ministry of Health Holding (MoHH) dan Singapore Nursing Board, serta Konsil Keperawatan Indonesia, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dan Kementerian Kesehatan hari ini.

Selain peluang kerja bagi nakes, untuk pertama kalinya akan dilaksanakan SNB Exam di Indonesia pada 14 Desember 2022.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu),3062 per keping, dan USD coin yang melemah 0,01 persen menjadi USGoTo Jual Saham Alfamart Rp1,5 T******
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk menjual saham PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) yang dimiliki perusahaan senilai Rp1,5 triliun.
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk menjual saham PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) yang dimiliki perusahaan senilai Rp1,5 triliun. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk menjual saham PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) yang dimiliki perusahaan senilai Rp1,5 triliun.

Mengutip keterbukaan informasi idx.co.id, Rabu (14/12), CFO GoTo Jacky Lo mengatakan penjualan ini dilakukan karena kinerja Alfamart yang baik.

"Saham Alfamart menunjukkan kinerja yang kuat, sehingga memberi peluang bagi kami untuk merealisasikan keuntungan yang signifikan dari investasi minoritas kami," katanya.

"Kami telah bekerja sama secara erat dengan manajemen Alfamart selama beberapa tahun terakhir dalam berbagai kolaborasi, di mana kedua belah pihak telah menciptakan pengalaman optimal bagi konsumen dan memperluas akses layanan keuangan untuk masyarakat Indonesia," imbuhnya.

Sebelumnya, saham GoTo terus nyungsep ke zona merah. Saham GoTo bahkan kembali menurun paling bawah dalam sehari atau auto reject bawah (ARB).

Lihat Juga :
Eks Bos Kripto FTX Sam-Bankman Fried Terancam Penjara 115 Tahun

Mengutip RTI, saham GoTo pada akhir perdagangan Senin (12/12) sore, turun 6 poin atau anjlok 6,45 persen ke level Rp87 dari Rp93 pada penutupan perdagangan sebelumnya.

Pada penutupan tersebut ada 280,6 juta saham GoTo ditransaksikan dengan nilai mencapai Rp24,42 miliar. Pada Senin kemarin, market cap GoTo tercatat di angka Rp103,04 triliun.

[Gambas:Video CNN]


Catatan Redaksi: Redaksi mengubah judul artikel di atas pada Rabu (14/12) terkait dengan pembaruan informasi dari pihak terkait. Judul awal adalah "GoTo Jual Saham Rp1,5 T ke Alfamart" menjadi "GoTo Jual Saham Alfamart Rp1,5 T".

(dzu/sfr),9999.

Lihat Juga :
Harga Minyak Dunia Bangkit ke US,17 per Barel

Saat ini, kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tidak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(bir/bir)

Jokowi Suntik Modal Garuda Rp1 T******

Pemerintah resmi menambah Penyertaan Modal Negara (PMN) ke PT Perusahaan Penerbangan Garuda Indonesia Tbk senilai Rp1 triliun.
Pemerintah resmi menambah Penyertaan Modal Negara (PMN) ke PT Perusahaan Penerbangan Garuda Indonesia Tbk senilai Rp1 triliun. Ilustrasi. (REUTERS/Regis Duvignau).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah resmi menambah Penyertaan Modal Negara (PMN) ke PT Perusahaan Penerbangan Garuda Indonesia Tbk senilai Rp1 triliun.

Penambahan PMN itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2022 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke Dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perusahaan Perusahaan Penerbangan Garuda Indonesia Tbk.

Beleid itu diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan diundangkan pada 12 Desember 2022.

Sesuai Pasal 2 (2) beleid itu, penambahan PMN berasal dari konversi investasi pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN) pada maskapai pelat merah tersebut dalam bentuk obligasi wajib konversi yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 sebagaimana ditetapkan kembali dalam perubahan postur dan rincian APBN 2020.

Dalam pertimbangan beleid itu, Jokowi menerangkan penyelesaian investasi pemerintah dalam rangka PEN sesuai perjanjian perdamaian yang disahkan melalui Putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 425/Pdt.SusPKPLJ 12O21lPN.Niaga.Jkt.Pst. tanggal 27 Juni 2022 sebagaimana dikuatkan dengan Putusan Kasasi Mahkamah Agung Nomor 1454 K/ Pdt.Sus-Pailitl 2C22 tanggal 26 September 2022.

Penyelesaian investasi pemerintah melalui penambahan PMN itu dilakukan untuk memperbaiki struktur permodalan perusahaan.

Tahun ini, pemerintah menyuntikkan PMN sebesar Rp7,5 triliun kepada Garuda Indonesia. Modal disuntikkan setelah perusahaan menang dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Dana itu akan digunakan untuk proses restrukturisasi dan transformasi perusahaan ke depan.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)




bab terbaru:info situs slot gacor

Perbarui waktu:2024-06-30

Daftar bab terbaru
joget4d
fungsi kredivo
pendekarqq
bonus new member di depan 100
88pro slot
bonus slot new member 100 di awal
uku pinjol ilegal
slot paling gacor di dunia
situs slot yang gacor hari ini
Daftar isi semua bab
Bab 1 meja138
Bab 2 seksislot
Bab 3 link slot yang paling gacor
Bab 4 gacor 69 slot
Bab 5 saranghoki
Bab 6 situs gacor slot online
Bab 7 slot mudah jackpot 2022
Bab 8 trisulaslot
Bab 9 abu slot
Bab 10 belanja online kredit tanpa dp
Bab 11 erek 90
Bab 12 info maxwin
Bab 13 mataharibet88
Bab 14 dunia gacor777
Bab 15 sera77
Bab 16 naga95
Bab 17 sydney kamis forum angka jitu
Bab 18 slot bo gacor
Bab 19 akun slot yang lagi gacor sekarang
Bab 20 link slot tergacor 2023
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6926bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Yun Qi Nian Gu Jingchen

hkgtogel
Petugas keamanan Mustahillah dinilai telah telah melayani para pengguna jasa commuterline dengan baik dan setulus hati saat membantu penumpang KRL yang sakit.
Foto ilustrasi petugas KRL, Seorang petugas keamana KRL diangkat menjadi pegawai tetap setelah membantu penumpang sakit di dalam kereta.: (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Petugas pengamanan kereta rel listrik (KRL) Mustahillah diangkat menjadi pegawai tetap PT KAI Commuter karena aksinya membantu penumpang KRL viraldi media sosial.

Mustahillah dinilai telah telah melayani para pengguna jasa commuterline dengan baik dan setulus hati.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan peristiwa ini terjadi ketika seorang penumpang bernama Andari tengah melakukan perjalanan dari Stasiun Cikini bersama suaminya, Rabu (7/12).

Mustahillah segera menghampiri Andari, mengarahkan ke tempat duduk prioritas, dan lalu mempersilahkanya untuk berbaring serta menawarkan kursi roda setibanya di stasiun tujuan.

Kemudian, Anne mengatakan bahwa Mustahillah selalu memantau kondisi sang Ibu hingga turun di stasiun tujuan.

"Selama dalam perjalanan pun Mustahillah tetap memantau kondisi sang Ibu sampai stasiun tujuan yakni Stasiun Tanjung Barat hingga turun pun Mustahilla tetap membantu Ibu tersebut," kata Anne dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/12).

Lebih lanjut, Anne mengatakan pihaknya secara rutin memberikan pelatihan-pelatihan dan training kepada seluruh pegawainya untuk pelayanan kepada seluruh penggunanya.

"Untuk peraturan-peraturan atau SOP terkait penanganan-penanganan pelayanan yang ada dalam kedinasan juga telah disiapkan dan secara konsisten dilakukan oleh petugas di lapangan," terangnya.

Lihat Juga :
Transformasi Transportasi Jakarta dari Waktu ke Waktu

Selain itu, setiap sebelum mulai bekerja, para petugas juga diberikan arahan atau briefing untuk penanganan-penanganan kejadian dan masalah yang terjadi, salah satunya kejadian yang dialami Mustahillah.

Selain petugas, KAI Commuter juga menyediakan fasilitas pos kesehatan di stasiun-stasiun yang bisa digunakan oleh seluruh penumpang. Anne menyebut saat ini terdapat 30 Pos Kesehatan yang tersebar di 80 Stasiun Commuterline.

"Setiap harinya para petugas di stasiun maupun di dalam commuterline juga telah melayani pengguna commuterline yang membutuhkan pertolongan dan pemeriksaan kesehatan," katanya.

"Fasilitas pendukung lainnya seperti kursi roda juga telah dipenuhi oleh KAI Commute," kata Anne.

(lom/sur)

[Gambas:Video CNN]

Setelah Wu Zhou Daxian

mie 77 slot

Longsheng yang santai

rezeki123

Musim semi tahun 1970 adalah saat yang tepat

slot yang lagi gacor sekarang

Hancurkan Tuhan

grabwins

Berbahagialah para gadis petani

mimpishio