petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjol yang bisa beda rekening

tunas4d 149Jutaan kata 946901Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjol yang bisa beda rekening》

Bahlil ke TikTok: Jangan Adu Domba Bangsa Indonesia******

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyebut TikTok terdaftar di Indonesia sebagai media sosial dan tak punya izin menjalankan toko online.
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia meminta TikTok tak mengadu domba Indonesia. Bahlil mengklaim pemerintah justru ingin melindungi UMKM. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadaliameminta TikTok tak mengadu domba Indonesia. Bahlil mengklaim pemerintah justru ingin melindungi UMKM.

Bahlil mengaku mendapat laporan lewat WhatsApp (WA) soal respons TikTok usai pemerintah melarang TikTok Shop Cs.

Larangan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

"Padahal yang kita lakukan ini adalah untuk memproteksi UMKM kita. Masa jilbab Rp75 ribu, TikTok jual Rp5 ribu. Yang bener saja nanti UMKM kita enggak bisa berkembang," imbuh Bahlil.

Bahlil menyebut saat ini TikTok terdaftar di Indonesia sebagai media sosial. Ia menegaskan perusahaan asal China itu tak punya izin menjalankan toko online.

Oleh karena itu, ia meminta TikTok tidak menjalankan bisnis selain media sosial.

"Kalau itu terjadi, maka kami akan melakukan tindakan tegas terhadap TikTok. Jadi boleh dia melakukan e-commerce, tapi dia harus membuat izin yang berbeda dengan sekarang. Izin yang sekarang untuk media sosial," ujarnya.

Lihat Juga :
Zulhas Ungkap Social Commerce Diatur di Semua Negara, Termasuk China

Sebelumnya, TikTok menyayangkan keputusan pemerintah. Mereka mengklaim pelarangan ini akan berdampak pada penghidupan 6 juta penjual dan hampir 7 juta kreator affiliate pengguna TikTok Shop.

"Kami sangat menyayangkan terkait pengumuman hari ini, terutama bagaimana keputusan tersebut akan berdampak pada penghidupan 6 juta penjual dan hampir 7 juta kreator affiliateyang menggunakan TikTok Shop," kata TikTok Indonesia melalui pernyataannya, Rabu (27/9).

(skt/fra)

[Gambas:Video CNN]

Mayoritas Harga Pangan Naik, Beras Masih Mahal******

Harga bahan pokok ramai-ramai naik pada awal pekan ini. Kenaikan salah satunya terjadi pada harga beras.
Harga bahan pokok ramai-ramai naik pada awal pekan ini. Kenaikan salah satunya terjadi pada harga beras. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga bahan pokok ramai-ramai naik pada awal pekan ini. Kenaikan salah satunya terjadi padaharga beras.

Mengutip Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), harga rata-rata beras kualitas bawah I pada Senin (2/10) ini bertengger di Rp13.300 per kg. Harga ini naik Rp100 dari akhir pekan lalu.

Kemudian, harga beras kualitas bawah II naik Rp50 menjadi Rp13.050 per kg. Selanjutnya, harga beras kualitas medium I naik Rp100 menjadi Rp14.450 per kg.

Kenaikan harga juga berlaku pada cabai. Tercatat harga cabai merah besar naik Rp1.850 menjadi Rp43.250 per kg.

Lalu, harga cabai merah keriting naik Rp2.000 menjadi Rp44 ribu per kg. Selanjutnya, harga cabai rawit hijau naik Rp2.200 menjadi Rp42 ribu per kg. Adapun harga cabai rawit merah naik Rp4.000 menjadi Rp46.450 per kg.

Selain itu, harga daging ayam ras segar juga naik Rp300 menjadi Rp35.850 per kg. Gula pasir kualitas premium juga naik Rp50 menjadi Rp16.450 per kg. Sedangkan, gula pasir lokal naik Rp250 menjadi Rp15.550 per kg.

Di sisi lain, harga bawang merah ukuran sedang turun Rp100 menjadi Rp26.900 per kg. Sementara, harga bawang putih ukuran sedang turun Rp150 menjadi Rp38.600 per kg.

Penurunan harga juga terjadi pada daging sapi kualitas I, yakni turun Rp100 menjadi Rp138.450 per kg. Sementara itu, harga daging sapi kualitas II stagnan di posisi Rp129.450.

Harga minyak goreng kemasan bermerek I juga turun Rp50 menjadi Rp21.050 per kg. Lalu, harga minyak goreng kemasan bermerek II turun Rp100 menjadi Rp19.500 per kg.

Selanjutnya, harga telur ayam ras segar turun Rp250 menjadi Rp29.250 per kg. Sedangkan, harga minyak goreng curah mandek di posisi Rp15.300 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

5 'Badai' yang Disebut Zulhas Menerpa Kemendag Usai Digeledah Kejagung******

Mendag Zulkifli Hasan menyebut Kemendag diterpa badai. Hal itu ia sebut usai Kemendag digeledah Kejaksaan Agung terkait dugaan korupsi impor gula.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut Kementerian Perdagangan memang tengah diterpa badai. Badai kemungkinan terkait sejumlah kasus korupsi. (CNN Indonesia/Yogi Anugrah).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasanalias Zulhas menyebut ada "badai" yang menerpa kementeriannya. Badai itu ia ungkap usai Kementerian Perdagangan digeledah Kejaksaan Agungterkait dugaan korupsiimpor gula pada Selasa (3/10) kemarin.

"Kemendag itu kan memang saya masuk badai yang sampai sekarang belum kelar," kata dia di Istana Kepresidenan, Selasa (3/10).

Zulhas tak mengungkap badai yang dimaksudnya tersebut. Cuma katanya, badai sudah melanda Kemendag sebelum ia ditunjuk menjadi menteri perdagangan.

Berikut rinciannya.

1. Kasus korupsi izin ekspor CPO

Kejagung tengah menyelidiki perkara dugaan korupsi izin ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan turunannya yang diberikan pada periode 2021-2022. Kasus ini tengah masuk dalam babak baru, yakni menetapkan korporasi sebagai tersangka.

Pada Jumat (16/6) silam, Kejagung telah menetapkan raksasa grup bisnis sawit, Wilmar Group, Permata Hijau Group, dan Musim Mas Group sebagai tersangka korporasi yang terlibat dalam kasus itu.

Mereka diduga merugikan keuangan negara hingga Rp6 triliun dan merugikan perekonomian negara senilai Rp12,3 triliun akibat perkara ini.

Kasus ini berawal sejak 2022 silam sebagai efek domino kisruh minyak goreng di dalam negeri.

Pada tahun itu, terjadi lonjakan hingga kelangkaan minyak goreng. Di saat bersamaan, pemerintah memberlakukan berbagai kebijakan untuk mengatasi kisruh tersebut.

Salah satunya, menerapkan wajib pemenuhan domestik (domestic market obligation/DMO) bagi eksportir minyak sawit.

Kasus ini menyeret pejabat eselon I Kemendag kala itu, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana.

Bersama empat orang lainnya, ia ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas ekspor CPO dan turunannya periode Januari 2021-Maret 2022.

Menurut Kejagung, penetapan status tersangka tak lepas dari kebijakan Kemendag menetapkan DMO dan DPO (domestic price obligation) bagi perusahaan yang ingin melaksanakan ekspor CPO dan produk turunannya.

Namun dalam pelaksanaannya, perusahaan eksportir tak memenuhi DPO dan tetap mendapatkan persetujuan ekspor dari pemerintah.

Dalam putusan perkara, majelis hakim PN Tipikor memandang perbuatan terpidana merupakan aksi korporasi, dan yang memperoleh keuntungan ilegal adalah korporasi (tempat para terpidana bekerja) sehingga korporasi harus bertanggung jawab.

Putusan PN Tipikor ini kemudian dikuatkan oleh putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap atau inkrah terhadap terdakwa, sehingga Kejagung kemudian memproses hukum korporasi.

Terbaru, pada Senin (17/7) kemarin, penyidik kembali memeriksa dua orang saksi terkait kasus tersebut. Salah salah satu saksi yang diperiksa merupakan Kepala Biro Hukum Kementerian Perdagangan Sri Hariyati.

Selain memeriksa Kepala Biro Hukum, penyidik dari Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus juga turut memeriksa satu orang pegawai Kemendag.

Kejagung juga memanggil Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto untuk diperiksa terkait perkara CPO. Namun pihaknya tak merinci lebih jauh soal Airlangga di kasus ini.

Lihat Juga :
Kontak Terakhir SYL dengan Wamentan Sebelum Dikabarkan 'Hilang'

2. Dugaan korupsi impor gula

Kejagung pada Selasa (3/10) menggeledah Kemendag terkait kasus dugaan penyalahgunaan wewenang dan korupsi impor gula.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kuntadi mengatakan dari hasil penyidikan, diduga tindak pidana korupsi itu terjadi di Kemendag dalam periode impor gula 2015-2023.

Penyidik, kata dia, menduga terjadi penyalahgunaan wewenang dalam kebijakan importasi gula terkait pemenuhan stok gula nasional dan stabilisasi harga.

"Kemendag diduga telah secara melawan hukum menerbitkan persetujuan impor gula kristal mentah untuk diolah menjadi kristal gula kepada pihak-pihak yang tidak berwenang," tuturnya dalam konferensi pers.

Kemendag juga diduga telah memberikan izin impor melebihi batas kuota maksimal yang dibutuhkan pemerintah.

Lihat Juga :
ANALISIS3 Bahaya Mengintai Usai UU Izinkan Investor Kuasai Lahan IKN 190 Tahun

3. Korupsi impor garam

Kejagung juga sempat mengusut kasus dugaan korupsi dalam program impor garam industri periode 2016-2022.

Jaksa Agung ST Burhanuddin mengatakan Kemendag menerbitkan persetujuan impor garam industri pada PT MTS, PT SM dan PT UI tanpa melakukan verifikasi sehingga menyebabkan kelebihan impor garam industri.

Burhanuddin menyebut terdapat total 21 perusahaan importir yang mendapat izin Kemendag pada 2018. Total ada 3.770.346 ton atau setara dengan Rp2,05 triliun garam impor. Namun, proses tersebut dilakukan tanpa menghitung stok garam lokal dan garam industri yang tersedia sehingga mengakibatkan garam industri melimpah di Indonesia.

Kejagung juga telah menangkap satu tersangka berinisial YN terkait kasus tersebut. Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengatakan tersangka ditangkap karena tak memenuhi panggilan yang telah disampaikan secara sah dan patut sebanyak dua kali.

YN yang merupakan Direktur Utama PT Sumatraco Langgeng Makmur itu ditahan selama 20 hari.

Dalam kasus ini, YN mempunyai peran yaitu mengalihkan garam impor yang peruntukannya untuk didistribusikan kepada Industri Aneka Pangan sesuai dengan rencana distribusi yang diajukan dalam permohonan rekomendasi kepada Kementerian Perindustrian RI menjadi garam konsumsi.

Lihat Juga :
UU IKN Baru: Investor Bisa 'Kuasai' Lahan di IKN Sampai 190 Tahun

Korupsi Gerobak Bantuan UMKM

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:rtp mbah jarwo

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
heylink.me slot gacor demo
demo slot pragmatic88
rtp koko303
kumpulan situs slot terbaik
voucher vip wetv
vivo4d
jalur dalam slot
bet168
harimau 4d slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 janda4d slot
Bab 2 tafsir mimpi erek erek terbaru
Bab 3 wow88
Bab 4 raja123
Bab 5 kilau4d
Bab 6 erek erek potong rambut 2d
Bab 7 pinjaman tanpa dp
Bab 8 cara kredit hp pakai kartu kredit
Bab 9 gemetoto
Bab 10 gunung slot
Bab 11 limit kredivo hilang
Bab 12 game slot adalah judi
Bab 13 voucher matahari mall
Bab 14 link judi slot online
Bab 15 obs188
Bab 16 tabel cicilan kredivo
Bab 17 maret slot
Bab 18 glorybet77
Bab 19 pinjol cicilan bulanan
Bab 20 dapat uang dari internet tanpa modal
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5697bab
takutBacaan TerkaitMore+

Sistem Dewa Dharma

aplikasi yang bisa pakai paylater
Mumpung masih awal bulan, yuk belanja kebutuhan di Transmart besok (5/11). Soalnya Transmart Full Day Sale balik lagi dengan diskon gede-gedean.
Mumpung masih awal bulan, yuk belanja kebutuhan di Transmart. Soalnya Transmart Full Day Sale balik lagi dengan diskon gede-gedean (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mumpung masih awal bulan, yuk belanja kebutuhan di Transmart. Soalnya Transmart Full Day Sale balik lagi pada Minggu (5/11) dengan diskon gede-gedean yakni 50 persen dan diskon tambahan 20 persen.

Promo ini cuma berlangsung satu hari, mulai dari jam operasional toko sampai pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Lihat Juga :
Transmart Full Day Sale Hari Ini, Diskon Berlaku di Semua Toko!

Belum punya kartu kredit Bank Mega? Jangan khawatir, kamu bisa mengunjungi kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di gerai-gerai Transmart.

Nah bagi yang belum punya Allo Prime, caranya gampang banget. Cukup download aplikasi Allo Bank yang tersedia di Playstore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar kamu bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik! Selamat berbelanja!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Toko Kelontong Dewa dan Setan

situs slot gampang maxwin
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia meminta Komisi VI DPR RI membentuk tim untuk menganalisis penghambat masuknya investasi di Pulau Rempang, Batam.
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia meminta Komisi VI DPR RI membentuk tim untuk menganalisis penghambat masuknya investasi di Pulau Rempang, Batam. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia meminta Komisi VI DPR RI membentuk tim untuk menganalisis apa yang menjadi penghambat masuknya investasi di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Ia menduga ada pihak-pihak yang terlibat untuk menggagalkan investasi di kawasan Batam. Bukan tanpa alasan, berdasarkan temuannya, penolakan itu tak hanya datang dari masyarakat setempat.

"Temuan saya, yang bermain ini bukan hanya persoalan masyarakat kita. Kalau masyarakat kita ini insya Allah bisa kita komunikasikan yang baik-baik. Saran saya, lewat Komisi VI membuat tim untuk menganalisa kenapa Batam ini, BP (Badan Pengusahaan) Batam ini, sejak 2004 membangun investasi yang gede, selalu aja ada dinamika," kata dia dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta, Senin (2/10).

"2010 begitu juga. Akhirnya batal, batal, batal terus. Sekarang 2023 juga mau dibuat batal. Ada apa gerangan yang terjadi? Ini menjadi perenungan," tegasnya.

Padahal, masuknya investasi di Pulau Rempang dinilai dapat memajukan kawasan tersebut. Ia khawatir Pulau Rempang sulit berkembang jika terus bertahan di posisinya sekarang.

"Kehadiran investasi ini kebaikan untuk negara, kebaikan untuk rakyat, kebaikan untuk daerah. Karena APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) provinsi Kepri ternyata saya baru tahu Rp4,1 triliun sekian. Jadi kalau cuma berharap begini terus, saya enggak tau apa yang akan terjadi ke depan," tutur Bahlil.

[Gambas:Video CNN]



(del/dzu)

Saya ingin merasuki iblis

slot terbaik saat ini
Qualcomm akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1,258 orang di dua kantornya di California, Amerika Serikat (AS).
Qualcomm akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1,258 orang di dua kantornya di California, Amerika Serikat (AS). Ilustrasi. (www.qualcomm.com).
Jakarta, CNN Indonesia--

Qualcomm akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1,258 orang di dua kantornya di California, Amerika Serikat (AS).

Rencana pemangkasan itu terungkap berdasarkan surat pengajuan ke Departemen Pengembangan Ketenagakerjaan California baru-baru ini.

Dilansir CNBC, Rabu (12/10), perusahaan ini memiliki sekitar 51 ribu karyawan pada September 2022, menurut laporan keuangan tahunan terakhirnya. Artinya, jumlah pekerja yang terancam kena PHK mewakili sekitar 2,5 persen dari angkatan kerja tersebut.

PHK akan berlaku sekitar 13 Desember di kedua wilayah tersebut, tulis pengajuan tersebut.

Namun, dalam pengajuan itu, perusahaan memastikan tidak ada lokasi yang akan ditutup fasilitasnya.

Saat diminta konfirmasi CNBC, perusahaan tersebut mengacu pada laporan pendapatan kuartal terakhirnya, yang mencatat bahwa mereka memperkirakan pengurangan tempat kerja dan biaya restrukturisasi terkait.

Hal itu seiring ketidakpastian makroekonomi dan permintaan yang masih terjadi.

"Sementara kami sedang dalam proses mengembangkan rencana kami, saat ini kami perkirakan tindakan ini sebagian besar akan berupa pengurangan tenaga kerja, dan sehubungan dengan tindakan tersebut, kami perkirakan akan menimbulkan biaya restrukturisasi tambahan yang signifikan, yang sebagian besarnya kami perkirakan akan timbul pada kuartal keempat tahun fiskal 2023," ujar perusahaan.

"Saat ini kami mengantisipasi tindakan tambahan ini akan diselesaikan secara substansial pada paruh pertama tahun fiskal 2024," sambung perusahaan.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Naruto Uzumaki Lima Daun

daftar judi terpercaya
Pengguna Allo Prime dari Allo Bank dan kartu kredit Bank Mega serta Mega Syariah bisa dapat diskon 20% belanja di Transmart besok.
Pengguna Allo Prime dari Allo Bank dan kartu kredit Bank Mega serta Mega Syariah bisa dapat diskon 20% belanja di Transmart besok (CNN Indonesia /Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengguna Allo Prime dari Allo Bank dan kartu kredit Bank Mega serta Mega Syariah bisa dapat diskon 20 persen kalau belanja di Transmart besok, Minggu (8/10).

Soalnya Transmart kembali lagi menggelar pesta diskon seharian bertajuk Full Day Sale yang sayang banget buat dilewatkan!

Lihat Juga :
Cuma Hari Ini, Belanja di Transmart Full Day Sale Diskonnya 50%+20%

Diskon ini belum termasuk diskon masing-masing produk yang bisa mencapai 50 persen, loh! Jadi, diskonnya dobel!

Diskonnya pun berlaku untuk aneka produk, mulai dari buah-buah segar, kebutuhan rumah tangga, fesyen, furnitur, elektronik, sampai sepeda listrik.

Makanya, jangan sampai kelewatan ya! Soalnya, diskonnya cuma berlaku satu hari.

Serbu diskonnya besok di gerai Transmart terdekat dan belanja pakai Allo Prime, kartu kredit Bank Mega, dan Mega Syariah biar bisa dapat diskon tambahan!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Ada hantu di hatiku

fins88
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menanggapi penggunaan tenaga kerja asing dalam kebijakan hilirisasi nikel.
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menanggapi penggunaan tenaga kerja asing dalam kebijakan hilirisasi nikel. (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan InvestasiLuhut Binsar Panjaitan menanggapi penggunaan tenaga kerja asing dalam kebijakan hilirisasi nikel.

Menurutnya, penggunaan tenaga kerja asing sebetulnya dimaksudkan untuk transfer teknologi pasca penerapan kebijakan tersebut.

"Saya dorong investor transfer teknologi pasca penerapan kebijakan hilirisasi. Jadi supaya bangsa ini jalan," kata Luhut dalam keynote speakernya di seminar nasional Pembangunan Negara Kepulauan Berwawasan Nusantara Menuju Indonesia Emas 2045, Jumat (29/9).

Sebelumnya, masalah penggunaan tenaga kerja asing usai penerapan hilirisasi juga pernah dikritik oleh Ekonom Senior UI Faisal Basri.

Ia menyebut menyebut tenaga kerja asing (TKA) asal China yang bekerja di smelter nikel mendapat gaji lebih besar dibandingkan pekerja lokal. Bahkan, gaji yang diterima pada TKA tersebut bisa mencapai Rp54 juta per bulan.



"Salah satu perusahaan smelter China membayar gaji antara Rp17 juta hingga Rp54 juta. Sedangkan rata-rata pekerja Indonesia hanya digaji jauh lebih rendah atau di kisaran upah minimum," tulis Faisal Basri dalam blognya.

Menurutnya, para TKA tersebut tak semuanya tenaga ahli. Beberapa di antaranya bekerja sebagai juru masak, satpam, tenaga statistik, dan sopir. Kebanyakan tenaga kerja China menggunakan visa kunjungan, bukan visa pekerja.

Akibatnya muncul kerugian negara dalam bentuk iuran tenaga kerja sebesar US0 per pekerja per bulan.

"Dengan memegang status visa kunjungan, sangat boleh jadi pekerja-pekerja China tidak membayar pajak penghasilan," katanya.

Sebab itu, ia menilai kebijakan hilirisasi nikel hanya menguntungkan industri-industri di China.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

Kelahiran Kembali: Hari-hari Anjing E-commerce

slot gacor jam berapa
Perum Bulog bakal mengimpor 500 ribu ton jagung tahun ini demi mengatasi fluktuasi harga jagung pakan bagi peternak ayam.
Perum Bulog bakal mengimpor 500 ribu ton jagung tahun ini demi mengatasi fluktuasi harga jagung pakan bagi peternak ayam. ( ANTARA FOTO/AKBAR TADO).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perum Bulogbakal mengimpor 500 ribu ton jagungtahun ini demi mengatasi fluktuasi harga jagung pakan bagi peternak ayam.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso alias Buwas menargetkan jagung tersebut sudah bisa tersedia di Tanah Air pada akhir tahun ini.

"Jadi gini, saya akhir tahun ini Insya Allahjuga jagung sudah ada. Saya berhitung dari masa panen. Jadi jumlah kebutuhan kaitannya dengan masa panen produksi jagung. Jadi jangan tabrakan," ucap Buwas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (12/9).

Terpisah, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan impor jagung pakan sebanyak 500 ribu ton ditugaskan kepada Perum Bulog.

Ia juga mengatakan untuk menjaga harga di tingkat petani tetap baik tersebut, impor jagung pakan dilakukan secara bertahap.

"Tahap pertamanya 250 ribu ton. Ini akan kami atur kedatangannya dan diupayakan sebelum panen, sehingga kepentingan petani jagung nasional tetap terjaga," ucap Arief dalam keterangan resmi, Rabu (11/10).

Ia mengatakan importasi tersebut dilakukan secara cermat dan terukur serta tetap menjaga harga di tingkat petani tetap baik.

"Tentunya kami tetap mengutamakan produksi dalam negeri, namun jika memang diperlukan dalam kondisi tertentu, intervensi pemerintah harus kita siapkan. Khusus untuk jagung pakan," katanya.

Arief menyebut berdasarkan Panel Harga Pangan, harga rata-rata nasional jagung tingkat peternak pada 1 Oktober tercatat di Rp6.840 per kg. Harga jagung kemudian naik menjadi Rp7.000 per kg pada 10 Oktober 2023.

Menurutnya, kondisi tersebut disebabkan karena harga jagung di tingkat produsen dan konsumen yang terus meningkat dan melampaui harga acuan penjualan (HAP).

Adapun HAP di tingkat konsumen untuk pengguna jagung sebagai pakan ternak di industri pakan ternak dan/atau peternak di harga Rp5.000 per kg.

Acuan itu sebagaimana diatur dalam Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) Nomor 5 Tahun 2022 tentang Harga Acuan Pembelian di Tingkat Produsen dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen Komoditas Jagung, Telur Ayam Ras, dan Daging Ayam Ras.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)