petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

jitu77

daftar pinjol resmi ojk 2021 718Jutaan kata 930375Orang-orang telah membaca serialisasi

《jitu77》

Produk Harian Diskon di Transmart, Ada Bumbu Dapur sampai Pasta Gigi******

Awal bulan saatnya mengisi stok kebutuhan sehari-hari dengan belanjanya di Transmart Full Day Sale. Cek daftar produknya di sini!
Awal bulan saatnya mengisi stok kebutuhan sehari-hari dengan belanjanya di Transmart Full Day Sale. Cek daftar produknya di sini! (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Awal bulan saatnya mengisi stok kebutuhan sehari-hari. Tapi pastikan belanjanya di Transmart karena lagi ada Full Day Sale yang sudah pasti memberikan diskon hingga 20 persen.

Mulai dari aneka minuman kemasan, peralatan mandi, sampai bumbu dapur semuanya diskon!

Lihat Juga :
Tanggal Muda Saatnya Belanja di Transmart, Ada Diskon Gede 50% + 20%
  • ABC kacang hijau 250ml harga normal Rp5.400, harga diskon Rp3.200.
  • Minute Maid pulpy orange 1 LT harga normal Rp15.100, harga diskon Rp11.200.
  • Cap Panda grass jelly/liang tea/cincau selasih 310ml harga normal Rp7.500, harga diskon Rp4.800.
  • ABC kecap manis 925gr harga normal Rp28.000 harga diskon jadi Rp18.000.
  • Royco bumbu pelezat serbaguna rasa ayam/sapi 460gr harga normal Rp21.900 per bks, harga diskon jadi Rp16.720 per bks.
  • Ovale face paper extra bis harga normal Rp19.500, harga diskon jadi Rp7.290.
  • Ciptadent pasta gigi harga normal Rp17.500, harga diskon jadi Rp11.120.
  • ABC sambal Asia, extra pedas, bawang pedas harga normal Rp15.400 per botol, harga diskon jadi Rp10.800 per botol.

Selain produk di atas masih ada banyak produk lain yang didiskon. Anda bisa langsung mengecek stoknya ke gerai Transmart terdekat.

Transmart Full Day Sale berlangsung mulai hari ini, Sabtu (3/2) sejak toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Jadi tunggu apalagi, segera merapat ke Transmart terdekat dan belanja semua kebutuhan harianmu serta klaim diskonnya supaya makin hemat plus untung banyak.

Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

KPAI: Tingginya kekerasan di lembaga pendidikan jadi persoalan serius******

KPAI: Tingginya kekerasan di lembaga pendidikan jadi persoalan serius
Anggota KPAI bidang pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan budaya, Aris Adi Leksnono. (ANTARA/Asamaul)
Jakarta (ANTARA) - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memandang bahwa tingginya angka kekerasan di lembaga pendidikan merupakan persoalan serius yang harus dibenahi.

"Tingginya angka kekerasan yang terjadi di lembaga pendidikan adalah persoalan serius, apalagi hingga berdampak kematian," kata Anggota KPAI Aris Adi Leksono saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Menurut Aris Adi Leksono, lembaga pendidikan seharusnya menjadi rumah yang aman, nyaman, dan menyenangkan buat anak.

"Tapi ironisnya justru praktik kekerasan banyak terjadi," katanya.

Baca juga: KPAI rekomendasikan pendampingan psikologis bagi keluarga santri

Baca juga: Kapolres : Santri dianiaya berulang-ulang

Menanggapi kasus penganiayaan berujung kematian santri di Pondok Pesantren Hanifiyyah di Dusun Kemayan, Desa Kranding, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, pihaknya menegaskan bahwa kekerasan terhadap BM (14) yang berujung kematian merupakan pelanggaran terhadap UU Nomor 35 Tahun 2014 perubahan UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, khususnya pada perlindungan anak atas hak hidup dan tumbuh kembang, serta perlindungan khusus anak korban kekerasan fisik dan psikis.

Pihaknya menyesalkan berulangnya tindak kekerasan terhadap anak di lingkungan pondok pesantren yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

"KPAI menyampaikan duka mendalam kepada keluarga korban atas meninggalnya santri berinisial BM," kata Aris Adi Leksono.

Sebelumnya, seorang santri berinisial BM (14) meninggal dunia di Pondok Pesantren Hanifiyyah, Kediri, Jawa Timur.

Informasi awal yang diungkapkan pihak pesantren terkait penyebab santri tersebut meninggal adalah karena terjatuh di kamar mandi.

Kemudian akhirnya diketahui bahwa BM menjadi korban penganiayaan yang diduga dilakukan para seniornya.

Polisi selanjutnya menangkap empat pelaku yang diduga terlibat dalam penganiayaan. Dua dari empat pelaku masih usia anak.*

Baca juga: Fatayat NU kutuk keras kasus kekerasan terhadap santri di Kediri

Baca juga: Kementerian PPPA: Semua pesantren harus penuhi standar LPKRA

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024

Gurita Bisnis Raffi Ahmad di Tengah Tudingan Terlibat Pencucian Uang******

Raffi Ahmad membantah kekayaannya berasal dari praktik cuci uang. Selain jadi artis, ia punya banyak bisnis yang menjadi sumber cuan.
Raffi Ahmad membantah kekayaannya berasal dari praktik cuci uang. Selain jadi artis, ia punya banyak bisnis yang menjadi sumber cuan. (Foto: Detikcom/Rifkianto Nugroho)
Daftar Isi
  • 1. Entertainment
  • 2. Kuliner
  • 3. Aset
  • 4. Properti
  • 5. Olahraga
  • 6. Kecantikan
  • 7. Vape
  • 8. Beach club
Jakarta, CNN Indonesia--

Raffi Ahmad baru-baru ini dituding terlibat dalam pencucian uang oleh National Corruption Watch (NCW). Tuduhan tersebut pun segera ia bantah.

Pembawa acara hits itu menegaskan sumber kekayaannya berasal dari karier di industri hiburan sejak usia muda. Raffi mengaku sejak lama mengumpulkan pundi-pundi uang dari syuting di layar kaca.

"Uang yang saya dapatkan ini, saya kerja dari umur saya 13 tahun sampai detik ini usia saya 37 tahun. Jadi, sudah hampir 25 tahun aku kerja," ujar Raffi Ahmad saat konferensi pers di kawasan Jakarta Selatan, Senin (5/2).

Raffi juga mengaku pendapatannya kian melejit setelah mendirikan RANS Entertainment. Bisnis sektor hiburan itu berkembang pesat sejak berdiri 6 tahun lalu.

Ia bahkan mengklaim valuasi perusahaan itu Rp2,7 triliun pada 2022. Menurutnya, capaian hartanya juga semakin banyak berkat berbagai macam sumber kucuran dana, dari fundraising hingga investasi.

"Ditambah kemarin saya bangun perusahaan RANS. RANS Entertainment ini sudah berjalan 6 tahun, sekarang ini udah zamannya fundraising, investment. Dua tahun lebih yang lalu kami sudah konferensi pers, valuasi RANS Entertainment itu sudah di angka Rp2,7 triliun" lanjutnya.

Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina diketahui melebarkan sayap di bidang bisnis, mulai dari kosmetik, baju, kuliner, dan masih banyak lagi.

Berikut daftar gurita bisnis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Lihat Juga :
Melihat Janji Makan Gratis Prabowo yang 'Dihabisi' Ganjar di Debat

1. Entertainment

RANS Entertainment merupakan media hiburan yang fokus pada platform media sosial, agensi digital, aktivitas komunitas, event offline, serta kerja sama branding dengan berbagai kalangan.

Didirikan pada 2015, bisnis RANS Entertainment meliputi RANS Music, PowerRANSgers, RA Pictures, RANS Animation Studio, RANS Zoo, hingga RANS E-Sports.

2. Kuliner

Tahun lalu, Raffi mengumumkan empat unit usaha baru di bidang food and beverage (F&B) alias bisnis kuliner.

Sejumlah bisnis kuliner yang digaet mulai dari Haraguchi Kei, restoran karage otentik asli Jepang yang gerai pertamanya ada Gandaria City Jakarta, Ikkudo Ichi yang menjual ramen dan Warung Leko, The Hive Kitchen yang dikenal dengan produk Kebab Queen, hingga restoran dari Gunawarman Group.

Tak hanya restoran, Raffi juga menginvestasikan uangnya ke warung makan kaki lima seperti Rojo Sambel. Raffi mengaku sangat ingin mengembangkan UMKM Tanah Air.

3. Aset

Raffi juga memiliki beberapa aset signifikan. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) atau Emtek membeli 17 persen saham Rans Entertainment milik artis Raffi Ahmad. Transaksi tersebut diperkirakan menelan biaya hingga Rp248 miliar.

"Rencana investasi yang akan dilakukan oleh PT Indonesia Entertainment Grup akan dilakukan melalui penyetoran untuk penerbitan saham baru pada Rans Entertainment sebesar Rp248 miliar," terang Corporate Secretary Emtek Titi Maria Rusli dalam keterbukaan informasi beberapa waktu lalu.

Titi menjelaskan Emtek akan berkolaborasi dalam jangka panjang untuk bidang konten, event, dan berbagai acara hiburan lainnya.

Lihat Juga :
Erick Thohir Respons Langkah Ahok Mundur dari Komut Pertamina

4. Properti

Raffi mengungkapkan rencananya merambah bisnis properti. Perusahaannya akan membangun apartemen di dekat lokasi kediaman Raffi, di kawasan Andara, Depok, Jawa Barat.

Bisnis properti tersebut menggandeng pengembang apartemen mewah di kawasan Kemang, Asiana Group.

5. Olahraga

Melalui RANS E-Sport, Raffi mengakuisisi tim e-sport pada beberapa platform game, seperti Mobile Legends, Free Fire, dan Call of Duty.

Tak hanya e-sport, bisnis Raffi juga merambah olahraga darat, yakni sepak bola. RANS Cilegon FC merupakan klub sepak bola Indonesia yang berasal dari Cilegon, Banten. Klub sepak bola ini berdiri pada 31 Maret 2021.

Raffi juga merambah ke klub bola basket. RANS PIK Basketball didirikan pada 2021 olehnya bersama Rudy Salim dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

6. Kecantikan

Lini bisnis Raffi lainnya juga berada di sektor kecantikan. RANS Beauty diluncurkan pada Oktober 2021 melalui kanal YouTube RANS Entertainment.

7. Vape

Raffi menggandeng Founder Jakarta Vapor Shop (JVS) Budiyanto untuk membangun PT. idPods Kreasi Indonesia. Dengan membangun perusahaan ini, ia berkomitmen mendukung produk karya anak bangsa agar semakin berkembang dan memajukan ekonomi Indonesia.

8. Beach club

Raffi juga diketahui membangun bisnis di Bali. Ia bersama Nagita membangun beach club yang bertajuk Mari Beach Club Bali yang resmi dibuka Maret 2022 silam.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)




bab terbaru:aston 777 slot

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
link slot depo 5k
slottube99
m11mpo
belanja online paylater
angka jitu orang melahirkan bayi laki laki
gading slot88
pasar123
gudang situs slot
slot 212 terbaru
Daftar isi semua bab
Bab 1 kredit hp di shopee tanpa kartu kredit
Bab 2 cara mendapatkan duit dari shopee
Bab 3 rtp area188 hari ini
Bab 4 situs slot gacor terbaru
Bab 5 situs surga dewa slot
Bab 6 Garuda303
Bab 7 dealer slot
Bab 8 situs slot 138 gacor
Bab 9 kumpulan slot gacor hari ini
Bab 10 live slot188
Bab 11 semargrup
Bab 12 slot m
Bab 13 tafsir mimpi 76
Bab 14 solo to demo slot
Bab 15 situs slot tergacor
Bab 16 benua138
Bab 17 slot gacor sekarang
Bab 18 lunar778
Bab 19 pinjaman online legal cepat cair
Bab 20 cara cicil hp di blibli
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2380bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Ambisi Berdarah Besi

slot gampang maxwin terpercaya
Transmart Full Day Sale hadir lagi selama dua hari berturut-turut, pada Sabtu (3/2) dan Minggu (4/2). Jangan sampai kelewatan diskonnya, ya.
Transmart Full Day Sale hadir lagi selama dua hari berturut-turut, pada Sabtu (3/2) dan Minggu (4/2). Jangan sampai kelewatan diskonnya, ya. (CNN Indonesia/Chandra Erlangga)
Jakarta, CNN Indonesia--

Luangkan waktumu besok untuk belanja dan berburu diskon di Transmart, ya. Soalnya Transmart kembali dengan pesta diskon seharian bertajuk Full Day Sale selama dua hari berturut-turut, pada Sabtu (3/2) dan Minggu (4/2).

Sama seperti gelaran sebelumnya, Transmart kasih diskon gede sampai 50% + 20% untuk beragam produk unggulan.

Lihat Juga :
Diskon 20% Belanja di Transmart Pakai Allo Bank atau Bank Mega

Bagi yang belum memiliki kartu kredit Bank Mega tidak usah khawatir. Bisa segera datang ke kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di gerai-gerai Transmart.

Kalau belum punya Allo Prime, caranya gampang banget. Tinggal download aplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

Langsung aja ke Transmart terdekat sekarang juga ya, jangan sampai lewatkan kesempatan belanja dengan diskon gede-gedean ini.

Saatnya borong belanjaan dengan banyak diskon di pekan gajian ini cuma di Transmart Full Day Sale.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank supaya bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Benua Soochow

max slot 777
PLN UIP Sulawesi klaim TKDN capai 74 persen 
Ilustrasi salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang dibangun PLN Unit Induk pembangunan (UIP) Sulawesi. Antara/ HO-PLN UIP Sulawesi
Makassar (ANTARA) - Setelah tiga infrastrukur ketenagalistrikaan mulai diujicobakan beroperasi, PLN yang membawahi Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi mengklaim sudah mencapai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 74 persen.

"PLN sukses bangun tiga gardu dan jaringan listrik tegangan tinggi di Sulteng, TKDN kini sudah mencapai 74 persen," kata General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Sulawesi, Josua Simanungkalit dalam.keterangan persnya di Makassar, Jumat.

Ketiga proyek kelistrikan itu adalah Gardu Induk (GI) bertegangan 150 kilo volt (kV) yang terletak di Kecamatan Palu Utara, GI 150 kV di Kecamatan Sindue dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 150 kV sepanjang 24,8 kilometer sirkuit (kms) yang terbentang dari kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala sampai dengan Kecamatan Palu Utara, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Ketiga proyek strategis nasional (PSN) tersebut sudah dialiri tegangan listrik perdana untuk selanjutnya mulai beroperasi.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengimbuhkan, keberhasilan ini menjadi wujud komitmen pihaknya dalam mendukung program pemerintah dalam menggenjot hilirisasi industri smelter, pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu, dan juga bagi pertumbuhan perekonomian di Sulawesi Tengah.

Dia mengatakan, listrik merupakan jantungnya perekonomian di Indonesia, keberhasilan _energize_ ini sangat penting khususnya dalam mendukung Pemerintah dalam menggenjot hilirisasi industri smelter, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu, sekaligus mendorong roda perekonomian di Sulawesi Tengah.

Sementara itu Josua mengatakan, pembangunan jaringan ini berhasil terealisasi dengan TKDN sebesar 74 persen. Keberadaan ketiga infrastruktur ini akan berfungsi untuk menyalurkan daya listrik dari pembangkit listrik Palu 3 berkapasitas 2x50 megawatt (MW) yang direncanakan beroperasi di tahun ini.

“Jaringan yang telah berhasil dirampungkan akan berkontribusi dalam menyalurkan daya dari Pembangkit Listrik Palu 3 kepada masyarakat sekaligus industri yang ada di Sulawesi Tengah. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung kelancaran pekerjaan ini,” ujar Josua.

Dirinya menambahkan, pekerjaan ini merupakan lanjutan dari pembangunan GI dan SUTT 150kV Tawaeli – Talise yang telah beroperasi lebih dulu pada bulan Januari 2024.

Josua menjelaskan, pihaknya akan terus menyelesaikan jalur transmisi lainnya guna mewujudkan sistem interkoneksi kelistrikan dari Sulawesi Tengah ke arah Gorontalo.

“Selanjutnya kami akan menyelesaikan jalur transmisi ini sampai dengan Gardu Induk 150kV Tambu di Kabupaten Donggala, di mana pembangunan ini menjadi bagian dari rencana interkoneksi sistem kelistrikan Sulawesi Tengah ke arah Gorontalo ke depannya,” pungkas Josua.

Baca juga: Kurangi Impor dan Gairahkan Ekonomi Nasional, Ini Gebrakan PLN Bangun Ekosistem Industri Lokal
Baca juga: Berhasil Realisasi TKDN di Atas Target, Menko Airlangga Terus Dukung PLN Serap Produk Dalam Negeri
Baca juga: PLN UIP Sulawesi dorong capaian TKDN untuk infrastruktur KEK Likupang
 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024

Putri penjelajah waktu mencari posisi resmi

pinjol tanpa bunga
Transmart Full Day Sale masih berlangsung hari ini karena pesta diskon gede-gedeannya berlangsung selama dua hari pada Sabtu (3/2) dan Minggu (4/2).
Transmart Full Day Sale masih berlangsung hari ini karena pesta diskon gede-gedeannya berlangsung selama dua hari pada Sabtu (3/2) dan Minggu (4/2). (CNN Indonesia/Mochammad Ryan)
Jakarta, CNN Indonesia--

Belum sempat ke Transmart kemarin? Tenang, Transmart Full Day Sale masih berlangsung hari ini kok.

Soalnya, gelaran pesta diskon gede-gedean Transmart berlangsung selama dua hari pada Sabtu (3/2) dan Minggu (4/2).

Lihat Juga :
Transmart Diskon 20% Tiap Hari, Belanja Produk Fresh Jadi Lebih Murah

Selain itu, masih ada ekstra diskon 20 persen yang bisa didapatkan khusus pembayaran menggunakan Allo Bank, Bank Mega, dan Bank Mega Syariah.

Tenang aja. Kalau belum punya Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, kamu tinggal unduh aplikasinya dari hp kemudian upgrade ke Allo Prime.

Selain itu, bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Pesta diskon seharian Transmart dimulai dari jam toko buka sampai tutup sekitar pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai se-Indonesia. Biar nggak ketinggalan lagi, yuk segera siap-siap dan serbu gerai terdekat di kotamu, ya!

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

wadah pemikir perkotaan

qqalfa gacor
Sassuolo tunjuk pelatih veteran Davide Ballardini untuk balikkan nasib
Foto arsip - Davide Ballardini saat masih melatih Palermo, dalam pertandingan Serie A antara SS Lazio dan  Palermo di Stadion Olimpiade, Roma, pada 22 November 2015.(AFP/GABRIEL BOUYS)
Jakarta (ANTARA) - Davide Ballardini pada Jumat ini ditunjuk sebagai pelatih Sassuolo yang sedang terseok-seok di Serie A Italia, dengan misi menghindarkan degradasi setelah memecat Alessio Dionisi akhir pekan lalu.

Sassuolo mengumumkan Ballardini telah direkrut sampai 30 Juni 2024, untuk menggantikan Dionisi yang dipecat menyusul kalah 3-2 dari Empoli dalam pertandingan kandang Minggu pekan lalu.

Emiliano Bigica menjadi manajer sementara saat Sassuolo ditelan 1-6 oleh tuan rumah Napoli dalam pertandingan Rabu pekan ini yang membuat mereka terpuruk di zona degradasi.

Ballardini memiliki karir yang panjang yang sebagian besar dihabiskan bersama tim-tim kecil Italia.

Pelatih berusia 60 tahun itu terakhir kali melatih klub Serie B Cremonese, yang musim lalu dia turunkan dari divisi papan atas sebelum dipecat September tahun lalu.

Pertandingan pertama Ballardini terjadi Minggu lusa melawan Verona, yang berada di atas Sassuolo yang menempati posisi ke-18 dengan hanya unggul selisih gol.

Baca juga: Osimhen dan Kvaratskhelia bantu Napoli libas Sassuolo 6-1

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Laksamana Gadis Siru

gaskan88
Ikano Unpad: Revisi UU ITE langkah progresif untuk kenotariatan siber
Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Notariat (Ikano) Universitas Padjadjaran Ranti Fauza Mayana (tengah) memberikan keterangan di Kampus Unpad Dipatiukur Bandung, Jumat (1/3/2024). ANTARA/Ricky Prayoga
Bandung (ANTARA) - Ikatan Keluarga Alumni Notariat (Ikano) Universitas Padjadjaran mengungkapkan bahwa revisi kembali Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) merupakan langkah progresif untuk percepatan kenotariatan siber (cyber notary).

Karenanya, kata Ketua Umum Ikano Unpad Ranti Fauza Mayana, di Bandung, Jumat, pihaknya menyambut baik dan mendukung revisi kembali UU ITE yang menghasilkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Kita dapat melihat adanya langkah progresif dan proaktif yang dilakukan oleh pemerintah, tidak hanya dalam hal memperbaiki aturan yang ada agar disesuaikan kembali dengan tujuan keberadaan hukum dalam masyarakat, namun juga dalam menjadikan hukum agar selalu terbarukan secara substansial melalui keberadaan pasal-pasal baru yang mengatur mengenai hal-hal yang lebih luas," ujarnya.

Ranti mencontohkan UU ITE 1/2024 merevisi ketentuan Pasal 5 ayat (4) dalam UU ITE 11/2008, di mana dalam aturan itu mengecualikan akta notariat atau akta yang dibuat oleh pejabat pembuat akta dalam bentuk Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik sebagai alat bukti yang sah.

Sementara dalam hasil revisi kedua UU ITE terhadap ayat ini tidak seperti UU ITE 11/2008 yang tentu membuka gerbang bagi dapat dijadikannya akta notariat atau akta yang dibuat oleh pejabat pembuat akta dalam bentuk Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik sebagai alat bukti hukum yang sah.

"Kita dapat melihat hal ini sebagai kemajuan hukum dalam mengadopsi nilai-nilai kebutuhan yang bersumber pada perkembangan aktivitas masyarakat. Melalui revisi kedua UU ini, sebagai contoh khususnya dalam revisi ketentuan Pasal 5 ayat (4), dapat dikatakan sebagai suatu kemajuan dalam dunia kenotariatan yang sudah kita nantikan sejak lama," ujarnya.

Baca juga: Ikano Unpad gelar seminar diskusikan kenotariatan siber

Baca juga: Wamenkominfo: SE Etika Kecerdasaan Artifisial bisa melengkapi UU ITE

Sementara itu, Direktur Perdata Kementerian Hukum dan Ham Kemenkumham, Santun Maspari Siregar, mengatakan bahwa ada hal yang lebih penting dalam pengaplikasian UU ITE, khususnya dalam kenotariatan siber (cyber notary) yakni menjaga keamanan data pribadi yang nantinya akan digunakan dalam legalitas hukum.

"Ada yang lebih penting yang harus dipersiapkan dari saat ini, yakni antisipasi kebocoran data terutama data pribadi, jangan kita terlalu semangat untuk cyber notary, namun mengabaikan keamanan data pribadi. Karena itu merupakan keamanan data dan menjaga data, tidak boleh sembarangan diberikan kepada pihak-pihak yang tidak berkepentingan," ujarnya.

Lebih lanjut, menurut dia saat ini semua pihak harus mulai mempersiapkan sistem informasi dengan sangat baik dan tidak mudah dijebol dan diretas.

"Karena kalau secara pelayanan kami di pemerintahan khususnya di kantor kami memang sudah berbasis elektronik. Jadi memang keamanan data input harus disimpan dalam data base yang aman, apalagi dengan adanya transaksi elektronik dalam kenotariatan, seperti tandatangan elektronik ini harus dijamin kepastian hukum dan keakuratannya. Ini tentu tidak sederhana," katanya.

Oleh karenanya, dikatakan Santun, pihaknya menunggu kajian akademis yang lebih mendalam untuk pelaksanaan revisi UU ITE ini.

"Kami saat ini sudah menerima kajian dari Universitas Indonesia dan diharapkan ada masukan serta pendapat lainnya kepada kami sehingga nanti dalam implementasinya UU ITE ini bisa sesuai dengan yang diharapkan," tuturnya.

Baca juga: Kemenkominfo luruskan perbedaan IKD dan identitas digital di UU ITE

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024

Bangkitnya Kelahiran Kembali 2012

apk kredit hp tanpa uang muka
Harga cabai dan beras melesat jelang Imlek. Sementara itu, harga gula dan minyak goreng stabil.
Harga cabai dan beras melesat jelang Imlek. Sementara itu, harga gula dan minyak goreng stabil. (Foto: CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Hargacabai-cabaian melonjak jelangImlekBerasjuga masih mahal di pasaran pada Senin (5/2) ini. Sementara itu, harga gula dan minyak goreng stabil.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga cabai merah besar naik 6,4 persen ke Rp65.300 per kg.

Cabai merah keriting dijual Rp54.700 per kg usai naik 3 persen. Lalu, cabai rawit hijau naik 1,1 persen menjadi Rp43.050 per kg.

Harga beras juga masih terpantau mahal. Beras kualitas bawah I dan II masing-masing naik 1 persen dan 1,85 persen menjadi Rp13.950 per kg dan Rp13.800 per kg.

Beras kualitas medium I dan II naik 1,6 persen ke Rp15.150 per kg dan Rp15.000 per kg.

Sedangkan beras kualitas super I naik 1,5 persen menjadi Rp16.500 per kg dan kualitas super II naik 1,2 persen menjadi Rp16 ribu per kg.

Kenaikan juga dialami kelompok daging. Daging ayam ras segar melejit 2,5 persen menjadi Rp36.850 per kg. Kemudian, daging sapi kualitas 1 naik tipis 0,07 persen ke Rp138.150 per kg dan kualitas 2 naik 0,04 persen ke Rp129.150 per kg.

Harga telur ayam pun merangkak naik. Awal pekan ini, telur ayam naik 0,2 persen ke Rp29.050 per kg.

Tak semua harga pangan melejit jelang Imlek. Salah satunya, gula pasir yang harganya stagnan. Gula premium dibanderol Rp18.200 per kg, gula pasir lokal Rp17.550 per kg.

Selain itu, harga minyak goreng juga tak berubah. Minyak goreng kemasan bermerek 1 Rp20.700 per kg, minyak goreng kemasan bermerek 2 Rp19.300 per kg. Namun, minyak goreng curah justru naik sedikit, yakni 0,9 persen menjadi Rp15.800 per kg.

Ada pula komoditas pangan yang harganya turun, yakni kelompok bawang-bawangan. Bawang merah dijual Rp37.850 per kg usai turun 2,7 persen, sedangkan bawang putih Rp40.850 per kg setelah harganya merosot 0,8 persen.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)