petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

mega303

bonus new member 100 7x 296Jutaan kata 18937Orang-orang telah membaca serialisasi

《mega303》

Kronologi Suap Airbus Sampai RI Tuntut Badan Anti******

Pemerintah Indonesia akan menggugat lembaga anti-korupsi Inggris untuk meminta bagian dari penyelesaian suap yang dibayarkan oleh Airbus ke pemerintah Inggris.
Pemerintah Indonesia akan menggugat lembaga anti-korupsi Inggris untuk meminta bagian dari penyelesaian suap yang dibayarkan oleh Airbus ke pemerintah Inggris. ( airbus.com).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah Indonesia akan menggugat lembaga anti-korupsi Inggrisuntuk meminta bagian dari penyelesaian suap yang dibayarkan oleh perusahaan penerbangan raksasa Airbuskepada pemerintah Inggris.

Airbus menyetujui pembayaran tersebut pada 2020 sebagai bagian dari penyelesaian kasus senilai US miliar dengan Prancis, Inggris, dan Amerika Serikat setelah penyelidikan kriminal selama 3,5 tahun atas tuduhan suap dan korupsi.

Investigasi tersebut mencakup dugaan korupsi yang dilakukan Airbus di lima negara, termasuk Indonesia.

Berikut kilas balik kasus penyuapan Airbus.

Airbus menyuap pejabat di sejumlah negara termasuk Indonesia sempat menjadi salah satu skandal terbesar beberapa tahun lalu. Peristiwa itu juga melibatkan penerbangan di negara/yuridiski selain Indonesia, seperti di Ghana, Malaysia, Sri Lanka, dan Taiwan.

Airbus telah mengakui perbuatan-perbuatan suap tersebut. Dan, dalam kasus itu, Airbus wajib membayar penalti sejumlah 991 juta euro (sekitar Rp16,24 triliun) kepada SFO Inggris melalui mekanisme Deferred Prosecution Agreement (DPA).

DPA merupakan konsep perjanjian penangguhan penuntutan dalam perkara pidana yang lazim digunakan di sejumlah negara penganut sistem hukum common lawseperti Inggris dan Amerika Serikat.

DPA adalah salah satu tindak penyelesaian perkara pidana di sektor bisnis dengan menggunakan pendekatan analisis ekonomi. Tujuannya adalah untuk memberikan efek jera kepada pelaku kejahatan korporasi tertentu melalui penalti keuangan yang cukup signifikan.



Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham Cahyo R Muzhar pada 2020 silam juga sempat meminta Airbus memenuhi kompensasi melalui DPA kepada negara-negara korban penyuapan.

"Penyuapan itu sangat mempengaruhi pengambilan keputusan dalam proses pengadaan barang dan jasa, sehingga hasil keputusan menjadi tidak objektif dan merugikan negara," ujar Cahyo, Jakarta, Minggu (27/12).

Menurut Cahyo, sejumlah kesepakatan DPA itu seringkali belum memperhitungkan kompensasi kepada negara korban penyuapan. Dia pun mencontohkan DPA antara Airbus dengan SFO Inggris yang belum memperhitungkan peran negara-negara korban yang membantu penyidikan hingga berhasil menguak skandal itu.

Padahal, kata dia, dalam DPA Code of Practice pada bagian Terms, langkah-langkah untuk mengembalikan ganti rugi bagi korban sangat dikedepankan SFO, seperti pembayaran kompensasi.

Pembayaran kompensasi korban dalam kasus korupsi atau suap terdapat dalam pasal-pasal pada DPA, di mana perseroan (pelaku) memiliki kewajiban untuk membayar kompensasi kepada negara korban, mengembalikan setiap keuntungan dari tindak pidana korupsi, membayar biaya perkara termasuk jaksa, dan perusahaan harus ikut ambil bagian dalam proses investigasi.

[Gambas:Video CNN]

Jika menelisik Konvensi PBB Anti-korupsi (UNCAC) juga mewajibkan negara pihak untuk memberikan kompensasi kepada negara korban kejahatan korupsi, termasuk penyuapan. UNCAC adalah Konvensi PBB yang merupakan instrumen antikorupsi internasional pertama yang mengikat secara hukum.

Sementara itu, dalam kasus penyuapan Airbus ini yang diselesaikan dengan mekanisme DPA, sejumlah negara korban telah mempertanyakan kompensasi tersebut.

Dilansir dari The Guardian, Airbus mengakui lima dakwaan karena gagal mencegah penyuapan dan telah menggunakan jaringan agen rahasia untuk membayar uang sogokan berskala besar kepada para pejabat di negara-negara asing untuk mendapatkan kontrak-kontrak bernilai tinggi.

SFO memulai penyelidikannya pada 2016 setelah mereka menemukan bukti hal yang tidak beres yang melibatkan agen rahasia Airbus. Penyelidikan Prancis dan Amerika dimulai setelahnya.

Sejumlah petinggi maskapai negara seperti mantan direktur maskapai nasional SriLankan Airlines Kapila Chandrasena dan juga dua bos AirAsia Tony Fernandes dan Kamarudin Meranun ikut terseret ke dalam perkara tersebut.

Lihat Juga :
Jokowi Beberkan Bukti Warga RI Tak Sadar Sudah Terjajah Secara Ekonomi

Airbus diketahui menyuap direktur dan karyawan maskapai SriLankan Airlines (SriLankan) sebesar US,84 juta melalui perusahaan milik istri mantan CEO SriLankan Kapila Chandrasena, Priyanka Niyomali Wijenayaka, di Brunei.

Oleh karena itu, Dirjen AHU Kemenkumham RI meminta hak kompensasi dari Airbus bagi Indonesia sebagai korban dalam kasus suap terhadap pejabat asing (bribery of foreign officials) yang seharusnya dipenuhi juga.

"Kasus skandal suap tersebut juga sangat merugikan Indonesia dan Garuda sebagai maskapai nasional Indonesia. Skandal suap tersebut telah mendorong pengambilan keputusan yang tidak tepat dan merugikan dalam proses pengadaan pesawat," kata Cahyo.

(del/agt)

7 Petuah Ketua PP Muhammadiyah Agar Pasar Tanah Abang Cs Ramai Lagi******

Ketua PP Muhammadiyah menawarkan 7 jurus ke pemerintah agar Pasar Tanah Abang, Klewer Cs bisa ramai pembeli lagi. Salah satunya, naikkan gaji pekerja dan PNS.
Ketua PP Muhammadiyah menawarkan 7 jurus ke pemerintah agar Pasar Tanah Abang, Klewer Cs bisa ramai pembeli lagi. Salah satunya, naikkan gaji pekerja dan PNS. (CNN Indonesia/Poppy Fadhilah).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua PPMuhammadiyah Anwar Abbas ikut bersuara soal nelangsa dan sepi yang dialami oleh para pedagang di Pasar Tanah Abang, Klewer, Cipadu dan sejumlah tempat lainnya.

Ia mengatakan para pengamat memang mengatakan sepinya pembeli yang dialami oleh pedagang di pasar tersebut dipicu oleh pesatnya perdagangan online belakangan ini. 

Namun katanya, ada faktor lain yang juga harus dilihat dan dicermati selain masalah itu; melemahnya daya beli masyarakat imbas tergerus lonjakan inflasi. Masalah itu katanya, juga ikut berkontribusi pada sepinya pasar Tanah Abang Cs. 

Akibat kondisi itu, masyarakat mengerem belanja barang yang sifatnya sekunder dan tersier.

"Karena ada persoalan keuangan yang terbatas mereka hanya bisa membeli barang-barang kebutuhan yang bersifat primer saja," katanya dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan di Jakarta, Kamis (12/10).

"Konsekuensinya, mereka tidak lagi bisa berbelanja barang, pakaian sehingga Pasar Tanah Abang, Cipadu dan Klewer serta pasar-pasar tradisional dan modern lainnya," tambahnya.

Anwar menawarkan tujuh jurus agar masalah itu bisa teratasi sehingga Pasar Tanah Abang Cs bisa ramai pembeli lagi.

Sejumlah pedagang tanah abang melakukan protes dengan membawa poster saat rencana kunjungan Koperasi dan UKM Teten Masduki. Jakarta, Selasa, 19 September 2023. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)Sejumlah pedagang tanah abang melakukan protes dengan membawa poster saat rencana kunjungan Koperasi dan UKM Teten Masduki. Jakarta, Selasa, 19 September 2023. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).

Pertama, menyediakan dan memberikan pekerjaan yang layak kepada warga masyarakat terutama untuk mereka-mereka yang masih menganggur.

Kedua, menaikkan gaji dari pegawai negeri dan para pekerja swasta.

Ketiga, meningkatkan penjualan dari para pedagang dengan membatasi masuknya barang-barang impor.

Keempat,meningkatkan pengetahuan dan skill dari para pengusaha termasuk penguasaan terhadap masalah digital agar mereka dapat menjual barangnya dengan harga yang murah dan kompetitif.

Kelima, mendorong pemerintah belanja produk buatan dalam negeri.

Keenam, menggerakkan masyarakat agar mencintai produk dalam negeri.

Ketujuh, mengenakan pajak dan ketentuan-ketentuan yang tinggi dan ketat terhadap barang-barang yang berasal dari impor.

Para pedagang dan pelaku UMKM menjerit belakangan ini akibat omzet penjualan mereka anjlok parah. Para pedagang menyatakan penurunan omzet terjadi setelah aplikasi TikTok Shop merajalela belakangan ini.

Aplikasi itu membuat mereka digempur habis-habisan oleh produk impor murah.

Jerit salah satunya disuarakan oleh Soleh (27), salah satu pedagang Pasar Tanah Abang. Ia mengaku omzetnya turun karena TikTok Shop.

[Gambas:Video CNN]

Ia mengaku sebelum TikTok Shop merajalela, bisa mengantongi puluhan juta per hari. Namun, kini dirinya pernah hanya mendapat satu pembeli dalam sehari.

"Dulu sebelum TikTok ada, tokonya masih ada, Lazada, Shopee itu gak ngaruh ke pasaran. Sekarang sudah ada TikTok hadir (jadi sepi)," ucap Soleh kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Menyikapi keluhat itu, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan beberapa waktu lalu mengeluarkan aturan yang pada intinya melarang social commerce, salah satunya TikTok Shop berjualan di tanah air.

(agt/sfr)

ID Food Butuh Rp16 T untuk Amankan Cadangan Pangan Pemerintah******

ID Food butuh dana Rp16 triliun untuk mengamankan cadangan pangan pemerintah. Sekarang mereka baru mendapat pinjaman Rp1,5 triliun.
ID Food butuh dana Rp16 triliun untuk mengamankan cadangan pangan pemerintah. Sekarang mereka baru mendapat pinjaman Rp1,5 triliun. ( CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) alias ID Foodmendapatkan pinjaman Rp1,5 triliun dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk menguruscadangan panganpemerintah (CPP).

Bos ID Food Frans Marganda Tambunan menyebut kebutuhan untuk CPP menyentuh Rp16 triliun per tahun. Dengan kata lain, holding BUMN pangan ini masih perlu Rp14,5 triliun lagi.

"Ini kami dapat pinjaman dari Himbara dengan skema penjaminan dan subsidi bunga, sehingga kami dapat bunga cukup kecil di bawah 3 persen. Pangan ini harga pembelian pemerintah (HPP) naik banyak, margin kecil, sehingga sangat membantu kami untuk penyimpanan serta distribusi sesuai harga acuan atau harga eceran pemerintah," katanya dalam Ngopi BUMN di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Selasa (10/10).

Ia mengatakan pihaknya saat ini akan berfokus kepada 3 dari 9 bahan pokok yang diminta Presiden Joko Widodo untuk dicadangkan, yakni gula, minyak goreng, dan daging sapi. Sedangkan 6 komoditas lainnya, seperti daging unggas, cabai, ikan, bawang putih, bawang merah, dan telur akan menyusul.

"Ini (gula, minyak goreng, daging sapi) memang yang selalu bergejolak di akhir tahun. Ke depan mudah-mudahan dari 9 itu kita bisa fulllakukan program, baik komersil maupun penugasan, lewat skema pendanaan lebih besar lagi di tahap 2, di luar Rp1,5 triliun," jelasnya.

Di lain sisi, Frans berkisah soal progres kesehatan keuangan ID Food usai holdingisasi pada 2022 lalu. Menurutnya, perlahan BUMN pangan ini beranjak ke arah yang lebih baik.

Ia merinci pendapatan pada 2020 lalu hanya Rp14,4 triliun dan naik ke Rp15,3 triliun di 2021. Lalu, pendapatan perusahaan beranjak ke Rp15,8 triliun pada 2022 dan diperkirakan akan menyentuh Rp17,2 triliun di tahun ini.

"Bagaimana kita dengan segala keterbatasan mempunyai utang cukup banyak, tata kelola perusahaan yang tentu perlu banyak perbaikan, tapi kita lihat di pendapatan dengan segala keterbatasan kita masih bisa bertumbuh setiap tahun," jelasnya.

"Itu sejalan juga dengan laba bersih di mana tahun ini kami proyeksikan untuk pertama kali dalam lima tahun terakhir, BUMN holding pangan labanya bisa positif di sekitar Rp182 miliar," imbuh Frans.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)




bab terbaru:asiaslot777

Perbarui waktu:2024-07-07

Daftar bab terbaru
metode pembayaran cicilan di shopee
slot paling gacor maxwin
menang selalu slot
cara menghasilkan uang sambil rebahan
situs slot yang gacor hari ini
erek2 40
trik slot olympus maxwin
trik rahasia main slot
gaduntoto
Daftar isi semua bab
Bab 1 jam gacor duofu duocai hari ini
Bab 2 jika pinjol legal tidak dibayar
Bab 3 bola228
Bab 4 republikslot
Bab 5 slot bet 888
Bab 6 perdana 88 slot
Bab 7 game angka slot
Bab 8 rtp slot88ku
Bab 9 slot gacor tanpa deposit
Bab 10 slot bonus new member 100 to x5
Bab 11 togel keluar
Bab 12 firsplay88
Bab 13 situs slot lotre
Bab 14 pikat4d
Bab 15 mio super slot login
Bab 16 event syd
Bab 17 pinjol legal 2022 cepat cair
Bab 18 link bonus new member 100 to kecil
Bab 19 permainan slot online yang mudah menang
Bab 20 slot bonus new member 100 persen di awal
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1024bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Teknik Dekomposisi Super Ilahi

kembarjitu
Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,55 persen ke 6.788 pada Jumat (3/11) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,55 persen ke 6.788 pada Jumat (3/11) sore. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.788 pada Jumat (3/11) sore. Indeks saham menguat 37,46 poin atau 0,55 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,26 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 25,73 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 327 saham menguat, 217 saham terkoreksi, dan 209 saham lainnya stagnan.

Beralih ke bursa asing, mayoritas bursa saham Asia bergerak di zona hijau.

Tercatat indeks Hang Seng Composite di Hong Kong menguat 2,52 persen, indeks Straits Times di Singapura menguat 1,97 persen, dan indeks Shanghai Composite di China menguat 0,71 persen.

Senada, bursa saham Eropa kompak bergerak menguat. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris menguat 0,20 persen dan indeks DAX di Jerman menguat 0,22 persen.

Begitu juga bursa Amerika kompak menguat. Indeks S&P 500 menguat 1,89 persen, indeks Dow Jones menguat 1,70 persen, dan indeks NASDAQ Composite menguat 1,78 persen.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)

pengamat dunia

bangjago8
Gibran Rakabuming Raka membocorkan sejumlah program yang akan dijalankannya bersama Prabowo Subianto apabila terpilih di Pilpres 2024.
Gibran Rakabuming Raka membocorkan sejumlah program yang akan dijalankannya bersama Prabowo Subianto apabila terpilih di Pilpres 2024. ( CNN Indonesia /Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka membocorkan sejumlah program yang akan dijalankan olehnya dengan Prabowo Subianto apabila terpilih menjadi presiden dan wakil presiden berikutnya. 

Sejumlah program itu diungkapkan Gibran dalam pidatonya di Indonesia Arena, GBK, sebelum mendaftar ke KPU, Rabu (25/10) pagi ini.

Awalnya Gibran meyakini program-program yang berjalan sudah membawa Indonesia ke pintu gerbang kemajuan. Lalu tugasnya sekarang adalah melanjutkan dan menyempurnakan hal-hal yang terkait anak-anak muda, generasi milenial dan generasi Z.

1. Dana abadi pesantren

Program ini dirancang untuk kesejahteraan kelompok santri.

"Dana abadi pesantren. Ini adalah mandat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019," ucap Gibran.

2. Kredit start-up milenial

Program kedua yakni berkaitan dengan perkreditan. Gibran berencana memberikan dukungan bagi kelompok milenial yang ingin mengembangkan startup.

"Sekarang sudah ada yang namanya KUR. Sudah ada yang namanya Kredit Mekar, sudah ada Wakaf Mikro, ada Kredit Ultra Mikro, nanti akan kami tambahkan lagi kredit startup milenial. Ini untuk bisnis-bisnis para milenial yang berbasis inovasi dan teknologi," kata Gibran.

3. Kartu Indonesia Sehat (KIS) Lansia

Selain anak muda, Gibran juga memperhatikan nasib para lanjut usia (lansia) melalui program ketiganya; KIS Lansia.

"Sekarang sudah ada KIS, ada Kartu Indonesia Pintar, ada PKH (program keluarga harapan). Nanti saya tambahkan lagi KIS Lansia," ucap dia.

4. Kartu anak sehat

Program keempat yakni terkait dengan pengentasan angka stunting; kartu anak sehat untuk pencegahan stunting yang akan dibawa oleh istrinya, Selvi Ananda.

"Ada satu lagi, tapi yang ini yang bawa biar istri saya. Soalnya ini berhubungan dengan ibu dan anak. Kartu anak sehat untuk pencegahan stunting," lanjut Gibran.

[Gambas:Video CNN]

5. Melanjutkan hilirisasi

Agenda lain yang menjadi program Gibran adalah melanjutkan program hilirisasi yang sudah dijalankan ayahnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Hilirisasi untuk komoditas pertambangan, pertanian dan perikanan, ini wajib," ucapnya.

Selain itu, Gibran juga berjanji mengembangkan ekonomi hijau dan energi hijau untuk keberlanjutan.

Lihat Juga :
Melihat Prestasi Amran Hingga Dijadikan Jokowi Mentan Lagi, Hebatkah?
(del/agt)

Memanggil Miliaran Dewa dan Iblis dari Dunia Lain

situs terbaru slot
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan mengaku sebelum sakit dan dirawat ia merasakan kelelahan yang luar biasa pada tubuhnya.
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan mengaku sebelum sakit dan dirawat ia merasakan kelelahan yang luar biasa pada tubuhnya. ( CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitanakhirnya muncul setelah beberapa hari dikabarkan sakit.

Ia mengakui sakit. Karena sakit itu, ia dirawat di Singapuraa. Melalui akun Instagramnya @luhut.panjaitan, ia bercerita soal kronologi sampai dia harus dirawat di rumah sakit.

Semua katanya bermula usai ia menghadiri sebuah kegiatan. Saat itu, tiba-tiba ia merasa merasakan kelelahan yang amat luar biasa.

Melihat kondisi itu, Luhut mengatakan istrinya kemudian berinisiatif membawanya  ke salah satu rumah sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut.

"Dengan kondisi yang seperti itu, praktis selama beberapa hari saya tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa. Bahkan untuk sekedar mengecek kabar dan berita terkini yang rutin saya lakukan setiap pagi, saya tak diperbolehkan oleh istri," katanya.

Di tengah kondisi itu, ia mendapat tawaran dari Senior Minister Teo Chee Hean untuk menjalani tahap perawatan di Singapura.

"Beruntungnya, dan sekali lagi inilah misteri hidup yang tak pernah saya bayangkan. Begitu banyak cinta yang datang kepada saya dalam bentuk perhatian dan doa bahkan di saat saya sakit," katanya.

Luhut mengucapkan terima kasih terkhusus kepada Presiden Jokowi yang sudah memberikan tim dokter kepresidenan beserta perawat untuk merawatnya hingga kondisi yang telah membaik saat ini. 

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

momok ilmu hitam

situs slot terpercaya indonesia
Berbagai produk kasur, matras, rangka tempat tidur sampai sofa santai banting harga di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (8/10).
Berbagai produk kasur, matras, rangka tempat tidur sampai sofa santai banting harga di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (8/10) (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Berbagai produk kasur, matras, rangka tempat tidur, sampai sofa santai banting harga di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (8/10).

Resta Geo 2in1 Bed Set 120x200 cm misalnya, diskon dari harga normal Rp10,5 juta menjadi Rp3,99 juta per unit. Harga berlaku untuk pembelian di Jabodetabek, Karawang, dan Serang.

Lihat Juga :
Belanja di Transmart Pakai Allo Bank dan Bank Mega Dobel Diskonnya

Lalu, ada juga Royal Foam Grand X 100x200 cm yang diskon dari harga normal Rp1,45 juta menjadi Rp583.200 per unit. Harga berlaku untuk pembelian di Pulau Jawa dan Bali.

Harga spesial juga ada untuk pembelian di Makassar, Lampung dan Jambi, yaitu seharga Rp614 ribu per unit.

Tak ketinggalan, ada pula diskon untuk pembelian Winkley Glider Recliner Arm Chair Brown dari harga normal Rp4,99 juta menjadi Rp2,79 juta per unit.

Semua diskon ini hanya berlaku di Transmart Full Day Sale yang digelar hari ini di seluruh gerai se-Indonesia. Diskonnya dimulai sejak jam operasional toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Sebelum kehabisan, yuk buruan ke Transmart Full Day Sale hari ini. Jangan sampai kelewatan ya! 

Gif banner Allo Bank
(uli/juh)

[Gambas:Video CNN]

Sistem masuk tingkat dewa

warnetslot
Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara menandatangani kerja sama dengan Tony Blair Institute (TBI) di bidang riset dan pendidikan.
Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara menandatangani kerja sama dengan Tony Blair Institute (TBI) di bidang riset dan pendidikan. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT).
Jakarta, CNN Indonesia--

Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara menandatangani kerja sama dengan Tony Blair Institute (TBI) di bidang riset dan pendidikan.

Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos Adwijaya mengatakan melalui kerja sama itu, Tony Blair Institue akan membantu agar kampus-kampus global membuka 'cabang' di IKN.

"TBI nanti membantu kita mendorong lembaga-lembaga pendidikan besar terutama dari Inggris," katanya di sela-sela penandatanganan MoU OIKN dan TBI di Menara Mandiri, Jakarta, Rabu (18/10).

Jaka mengatakan sudah ada sejumlah perguruan tinggi ternama global yang akan membuka cabangnya di IKN. Namun, ia enggan menyebutkan kampus tersebut.

Tak hanya dengan kampus-kampus ternama, Tony Blair Institute juga akan membantu agar lembaga-lembaga internasional dan pemerintah negara lainnya yang punya hubungan baik dengan mereka untuk berinvestasi di IKN.

"Jadi inti pertemuan ini kolaborasi pihak yang mau bersama-sama membangun di Nusantara, tidak terbatas antara G2B (government to business), G2G (government to government), atau B2B (business to business)," katanya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Komunikasi Otorita IKN Troy Pantouw mengatakan akan ada groundbreaking di IKN pada 1 November mendatang. Namun ia enggan merinci nilai investasi dan siapa saja investor yang terlibat.

"Sabar dulu, soalnya menuju ke tanggal 1 masih ada MoU yang perlu dibereskan, teknis yang perlu dibereskan, dan sebagainya," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Bawa iPad Anda ke dunia lain

win 33 slot
Maskapai Malaysia MYAirline bangkrut dan menangguhkan operasi secara mendadak pada Kamis (12/10). Kebangkrutan itu tak lepas dari kondisi keuangan yang buruk.
Maskapai Malaysia MYAirline bangkrut dan menangguhkan operasi secara mendadak pada Kamis (12/10). Kebangkrutan itu tak lepas dari kondisi keuangan yang buruk. ( AP/Vincent Thian).
Jakarta, CNN Indonesia--

Maskapai Malaysia MYAirline  bangkrut dan menangguhkan operasi secara mendadak pada Kamis (12/10). Kebangkrutan itu tak lepas dari kondisi keuangan yang buruk.

Karena masalah itu, MYAirline membatalkan 40 penerbangan hingga mengakibatkan ribuan penumpangnya terlantar. Tindakan maskapai tersebut pun mengejutkan pemerintah dan banyak wisatawan.

"Kami telah bekerja tanpa kenal lelah untuk menjajaki berbagai opsi kemitraan dan peningkatan modal untuk mencegah penangguhan ini. Sayangnya, keterbatasan waktu membuat kami tidak punya pilihan lain selain mengambil keputusan ini," kata dewan direksi MYAirline seperti dikutip dari AP News.

Media lokal melaporkan bahwa penangguhan tersebut mengisyaratkan perundingan mungkin akan gagal.

Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke mengecam penutupan yang dilakukan secara terburu-buru tersebut. Ia mengatakan tindakan MYAirline tidak dapat diterima dan mencoreng nama baik Malaysia.

Loke menyebut MYAirline telah menjual 125 ribu tiket senilai sekitar 20 juta ringgit untuk penerbangan yang dijadwalkan hingga Maret 2024.

"Mereka tidak memberi tahu kami. Mereka berhenti beroperasi begitu saja tanpa adanya staf maskapai penerbangan di bandara. Bagaimana kamu bisa menghilang begitu saja? Ini sangat tidak bertanggung jawab," tutur Loke.

Ia pun mengatakan pemerintah akan memastikan para pemegang tiket MYAirline pengembalian dana. Loke mengingatkan maskapai tersebut seharusnya mencari bantuan pemerintah daripada menghentikan operasi tanpa peringatan.

Loke juga menyebut Komisi Penerbangan Malaysia tengah mempertimbangkan apakah akan mencabut izin udara MYAirline, yang akan habis masa berlakunya bulan depan.

MYAirline mengoperasikan penerbangan ke delapan tujuan domestik dan ibu kota Thailand, Bangkok. Perusahaan dimiliki oleh pengusaha Allan Goh Hwan Hua.

Beberapa hari sebelumnya, CEO Rayner Teo, yang memiliki 2 persen saham di maskapai tersebut, mengundurkan diri karena alasan kesehatan.

Belakangan MYAirline juga tengah dililit masalah. Komisi Penerbangan Malaysia sedang menyelidiki maskapai tersebut atas keluhan bahwa gaji karyawan tidak dibayarkan.

Bandara Malaysia, yang mengelola bandara-bandara di negara itu, mengatakan sekitar 5.000 penumpang terkena dampak dari pembatalan 40 penerbangan MYAirline Kamis lalu.

Malaysia Airlines dan maskapai penerbangan bertarif rendah AirAsia dan Batik Air mengumumkan diskon dan tarif khusus untuk membantu penumpang MYAirline yang terkena dampak penangguhan tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)