petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

spno

mandalatoto 562Jutaan kata 42529Orang-orang telah membaca serialisasi

《spno》

Kripto Papan Atas Bangkit Dipimpin Cardano******

Harga aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar berhasil bangkit pada Selasa (13/6) pagi. Cardano naik paling tinggi.
Harga aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar berhasil bangkit pada Selasa (13/6) pagi. Cardano naik paling tinggi. (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga asetkripto dengan kapitalisasi pasar terbesar berhasil bangkit alias reboundpada perdagangan Selasa (13/6) pagi. Cardano naik paling tinggi.

Mengutip coinmarketcap, Cardano dibanderol USAkomodasi UMKM, Gojek Perkenalkan GoSend Car Instant dan GoBox Van******

Gojek meluncurkan layanan GoSend Car Instant dan GoBox Van untuk memfasilitasi UMKM mengirimkan produk berukuran besar dengan cepat dan aman.
Gojek luncurkan layanan GoSend Car Instant dan GoBox Van. (Foto: Arsip Gojek)
Jakarta, CNN Indonesia--

Gojek, perusahaan layanan on-demandbagian dari Grup GoTo (PT GoTo Gojek Tokopedia, Tbk), meluncurkan dua solusi logistik baru yang akan mengubah cara pengiriman barang berukuran besar. Melalui GoSend Car Instant dan GoBox Van, diharapkan pengiriman paket besar menjadi lebih mudah dan cepat.

Head of Global Marketing Logistik Gojek, Theresia Nadya, menyampaikan GoSend Car Instant awalnya hanya tersedia melalui platform e-commerceTokopedia. Namun, sekarang telah diintegrasikan ke dalam aplikasi Gojek untuk memperluas jangkauannya.

Sementara itu, GoBox Van hadir dengan harga yang lebih ekonomis dan berbagai pilihan kendaraan baru untuk mengakomodasi pengiriman paket dalam jumlah lebih besar.

Sejak pertengahan 2022, GoSend Car Instant telah memudahkan pelaku UMKM lokal di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Bali untuk mengirimkan paket berukuran besar menggunakan layanan pengiriman instan roda empat melalui GoCar.

Menurut data dari Tokopedia pada kuartal I 2023, terjadi peningkatan yang signifikan dalam jumlah transaksi, pembeli, dan penjual di Kota Bandung, Surabaya, dan Jabodetabek yang menggunakan layanan GoSend Car Instant.

Jumlah transaksi melonjak lebih dari 9,5 kali lipat dibandingkan dengan kuartal III 2022, sementara jumlah pembeli juga meningkat lebih dari 8,5 kali lipat. Tidak hanya itu, jumlah penjual juga mengalami peningkatan yang signifikan, mencapai lebih dari 7 kali lipat dibandingkan kuartal III 2022.

"Melihat antusiasme pengguna terhadap layanan GoSend Car Instant di Tokopedia, kami menyadari adanya kebutuhan dari pelanggan dan pelaku UMKM untuk layanan pengiriman cepat dengan kendaraan roda empat," imbuh Theresia.

Menurutnya, hal ini akan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengirimkan barang pecah belah seperti kue ulang tahun atau barang besar seperti kulkas mini. Selain itu, penambahan jenis kendaraan baru, yaitu tipe kendaraan Van, pada layanan GoBox memungkinkan pengiriman lebih banyak paket secara aman dan tertutup.

GoBox Van juga diperkenalkan untuk melengkapi pilihan layanan pengiriman dari GoBox yang sudah ada, termasuk GoBox Pick Up Bak dan Pick Up Box untuk pengiriman hingga 1.000 kg, serta Engkel Bak untuk pengiriman hingga 2.000 kg.

"Dengan hadirnya dua layanan ini, kami tidak hanya melengkapi opsi armada dengan harga yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, tetapi juga memberikan peluang pendapatan tambahan dan peningkatan pesanan bagi mitra driverkami," tambah Theresia.

Di sisi lain, Head of Logistics Tokopedia, Stephanie Octavia, menambahkan bahwa dengan layanan GoSend Car Instant, pihaknya ingin mempermudah pelaku UMKM yang memasarkan produk berukuran besar.

"Layanan ini dikhususkan untuk paket dengan berat antara 20,01 kg hingga 150 kg. Kapasitas kendaraan yang digunakan oleh kurir disesuaikan dengan ukuran paket sehingga proses pengiriman barang menjadi lebih aman," imbuhnya.

Saat ini, GoSend Car Instant sudah dapat digunakan oleh pengguna di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Bali, setelah mengupdate aplikasi Gojek ke versi 4.76. Sedangkan GoBox Van akan hadir pada akhir bulan Juni ini untuk area Jabodetabek.

(rir/rir),278 per koin setelah melesat 4 persen. Namun dalam tren sepekan, harganya jatuh 20 persen.

Selanjutnya, Bitcoin naik 1,6 persen ke harga US.077 per keping. Ethereum, koin dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua pun terangkat 1,7 persen ke US.751 per koin.

Dogecoin terbang 2,4 persen ke harga USUtang BUMN Karya Jumbo, Bos BRI Tak Khawatir******

BRI menyiapkan sejumlah strategi di tengah besarnya utang BUMN Karya hingga kuartal pertama 2023.
BRI menyiapkan sejumlah strategi di tengah besarnya utang BUMN Karya hingga kuartal pertama 2023. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso angkat bicara mengenaiutang BUMN karya yang masih menggunung hingga kuartal pertama 2023.

Menurutnya, BRI tak khawatir dengan kondisi utang BUMN yang besar. Sebab, kondisi keuangannya masih cukup baik untuk memberikan pinjaman dan tentunya sesuai dengan tingkat kolektibilitasnya BUMN karya tersebut.

"Semua yang terkait sama BUMN Karya, kredit ya sudah kita bentuk cadangannya sesuai dengan kolektibilitasnya," ujarnya dikutip dari CNBCIndonesia, Selasa (13/6).

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan hingga kuartal I-2023, setidaknya ada tiga BUMN karya yang memiliki utang jumbo. Berikut daftarnya:

1. Waskita Karya

Dalam laporan keuangannya, per 31 Maret 2023, Waskita Karya masih memiliki liabilitas termasuk utang sebesar Rp84,37 triliun. Meski masih besar, namun jumlah ini turun dibandingkan per akhir Desember 2022 yang sebesar Rp83,98 triliun.

Liabilitas termasuk utang tersebut terdiri dari, jangka pendek sebesar Rp21,23 triliun dan jangka panjang sebesar Rp63,13 triliun.

2. Wijaya Karya

Wijaya Karya sampai akhir Maret 2023 ini memiliki total liabilitas termasuk utang sebesar Rp55,76 triliun. Jumlah ini turun dibandingkan akhir Desember 2022 yang sebesar Rp57,57 triliun.

Secara rinci, utang dan liabilitas ini terdiri dari, kewajiban jangka pendek sebesar Rp34,07 triliun dan jangka panjang sebesar Rp21,69 triliun.

3. Adhi Karya

Adhi Karya tercatat memiliki jumlah liabilitas, termasuk utang, sebesar Rp30,29 triliun per akhir Maret 2023. Jumlah tersebut juga turun dibandingkan per akhir Desember 2022 yang sebesar Rp31,16 triliun.

Dari laporan keuangan yang dirilis, liabilitas termasuk utang tersebut terdiri dari kewajiban jangka pendek sebesar Rp23,37 triliun dan jangka panjang Rp6,91 triliun.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta),0619 per keping. TRON menguat 3 persen ke harga USDelegasi Asian Financial Leaders Program Studi Banding ke PNM******
Sejumlah delegasi Asian Financial Leaders Program yang mewakili pimpinan industri keuangan di ASEAN melakukan studi banding ke PT Permodalan Nasional Madani.
Direktur Operasional PNM, Sunar Basuki saat berbincang dengan delegasi Asian Financial Leaders Program (AFLP) di Kantor PNM. (Foto: Arsip PNM)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah delegasi Asian Financial Leaders Program (AFLP) melakukan studi banding ke PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Rabu (14/6). 40 Asian Financial Leader ini mewakili pimpinan industri keuangan di ASEAN.

Kunjungan ini bukan hanya untuk menjalin hubungan baik sebagai sesama pelaku jasa keuangan, tetapi juga berbagi insight terkait model bisnis group lending bagi perempuan prasejahtera yang telah sukses dijalankan oleh PNM.

Setelah melihat lebih dekat, mereka terpukau bagaimana PNM memberdayakan nasabah. Sebab, PNM mampu memberikan pendampingan kepada nasabah Mekaar yang seluruhnya adalah perempuan.

Tidak hanya perihal memberdayakan nasabah, AFLP juga merasa tertarik dengan cara PNM bisa sukses menggandeng perempuan muda sebagai pendamping nasabah di lapangan.

Menurut Sunar, pendamping nasabah PNM Mekaar didominasi oleh perempuan lulusan sekolah tingkat SLTA. PNM tidak hanya merekrut mereka sebagai karyawan tetapi juga mendukung peningkatan kompetensi dan menciptakan jenjang karir yang jelas.

"97.8 persen pendamping nasabah PNM adalah perempuan dan kami juga memberikan beasiswa untuk melanjutkan kuliah bagi mereka yang berprestasi sehingga ini menjadi salah satu hal yang membuat mereka bersemangat," tambahnya.

Sunar meyakini bahwa berdasarkan riset para perempuan memiliki komitmen dan tanggung jawab lebih kuat dibanding laki-laki. Sehingga baik nasabah Mekaar dan para pendamping yang didominasi oleh perempuan merupakan motor penggerak stabilnya kualitas portofolio pembiayaan yang mendongkrak kinerja perusahaan.

(inh/inh),071 per keping.

Sementara itu, Solana bersinar ke harga US,3 per koin imbas penguatan 2,2 persen.

Tether dan USD Coin yang merupakan stable coin, masih setia di harga US per keping. Keduanya berfluktuasi tipis di bawah 1 persen.

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)

Harga Emas Antam Turun Lagi ke Rp1,053 Juta per Gram Hari Ini******

Harga jual emas turun ke Rp1,053 juta per gram pada Kamis (15/6) pagi, sementara harga buyback juga turun menjadi Rp933 ribu per gram.
Harga jual emas turun ke Rp1,053 juta per gram pada Kamis (15/6) pagi, sementara harga buyback juga turun menjadi Rp933 ribu per gram. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jualemas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp1,053 juta per gram pada Kamis (15/6) pagi. Harga emas terpantau turun Rp1.000 per gram dari perdagangan sebelumnya.

Senada, harga pembelian kembali (buyback) juga turun Rp1.000 per gram dari Rp934 ribu per gram menjadi Rp933 ribu per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp576 ribu, 2 gram Rp2,04 juta, 3 gram Rp3,04 juta, 5 gram Rp5,03 juta, 10 gram Rp10,01 juta, 25 gram Rp24,91 juta, dan 50 gram Rp49,74 juta.

Harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX turun 1,08 persen menjadi US.947 per troy ons. Senada, harga emas di perdagangan spot juga turun 0,40 persen ke US.934 per troy ons pada pagi ini.

Analis Pasar Lukman Leong memproyeksi harga emas internasional bakal turun akibat kenaikan imbal hasil pemerintah AS akibat pernyataan mengejutkan Ketua The Fed Jerome Powell bahwa akan ada kenaikan lanjutan suku bunga AS, meski saat ini ditahan.

"Harga emas diperkirakan akan turun tertekan oleh naiknya imbal hasil obligasi AS," ujar Lukman kepada CNNIndonesia.com.

Hari ini, ia memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentang support US.920 per troy ons dan resistance US.950 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/pta)

Delegasi Asian Financial Leaders Program Studi Banding ke PNM******

Sejumlah delegasi Asian Financial Leaders Program yang mewakili pimpinan industri keuangan di ASEAN melakukan studi banding ke PT Permodalan Nasional Madani.
Direktur Operasional PNM, Sunar Basuki saat berbincang dengan delegasi Asian Financial Leaders Program (AFLP) di Kantor PNM. (Foto: Arsip PNM)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah delegasi Asian Financial Leaders Program (AFLP) melakukan studi banding ke PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Rabu (14/6). 40 Asian Financial Leader ini mewakili pimpinan industri keuangan di ASEAN.

Kunjungan ini bukan hanya untuk menjalin hubungan baik sebagai sesama pelaku jasa keuangan, tetapi juga berbagi insight terkait model bisnis group lending bagi perempuan prasejahtera yang telah sukses dijalankan oleh PNM.

Setelah melihat lebih dekat, mereka terpukau bagaimana PNM memberdayakan nasabah. Sebab, PNM mampu memberikan pendampingan kepada nasabah Mekaar yang seluruhnya adalah perempuan.

Tidak hanya perihal memberdayakan nasabah, AFLP juga merasa tertarik dengan cara PNM bisa sukses menggandeng perempuan muda sebagai pendamping nasabah di lapangan.

Menurut Sunar, pendamping nasabah PNM Mekaar didominasi oleh perempuan lulusan sekolah tingkat SLTA. PNM tidak hanya merekrut mereka sebagai karyawan tetapi juga mendukung peningkatan kompetensi dan menciptakan jenjang karir yang jelas.

"97.8 persen pendamping nasabah PNM adalah perempuan dan kami juga memberikan beasiswa untuk melanjutkan kuliah bagi mereka yang berprestasi sehingga ini menjadi salah satu hal yang membuat mereka bersemangat," tambahnya.

Sunar meyakini bahwa berdasarkan riset para perempuan memiliki komitmen dan tanggung jawab lebih kuat dibanding laki-laki. Sehingga baik nasabah Mekaar dan para pendamping yang didominasi oleh perempuan merupakan motor penggerak stabilnya kualitas portofolio pembiayaan yang mendongkrak kinerja perusahaan.

(inh/inh)




bab terbaru:pinjol mahasiswa

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
twslive
prediksi jp paus gacor
bo terbaik slot
kakek zeus gacor jam berapa
hk senin master angka jitu
slot indo 88
juragan69slot
ciputra88
erek erek anjing kawin
Daftar isi semua bab
Bab 1 angka jitu hk 13 november 2023
Bab 2 situs slot yang gampang menang
Bab 3 luck365 slot
Bab 4 62slothacker
Bab 5 erek erek 39 2d
Bab 6 juraganselot
Bab 7 maxwin slot 88
Bab 8 slot gampang maxwin hari ini
Bab 9 judi slot gacor
Bab 10 situs slot kingdom
Bab 11 airbet88 joker
Bab 12 ovoslot
Bab 13 pinjol ilegal kominfo
Bab 14 tunas4d
Bab 15 rtp slot togel on
Bab 16 slot judi paling gacor
Bab 17 king88bet
Bab 18 pinjaman online yang resmi ojk
Bab 19 link slot 16
Bab 20 toto macau 2022 paito
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2455bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Kemana perginya integritas moral sang dewi?

slot pulsa tanpa potongan gacor
PT KCIC menyebutkan ada empat stasiun yang akan dilewati oleh kereta cepat yaitu Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar.
PT KCIC menyebutkan ada empat stasiun yang akan dilewati oleh kereta cepat yaitu Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar. (NurPhoto via Getty Images/NurPhoto)
Jakarta, CNN Indonesia--

Manager Corporate Communication PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Emir Monti mengatakan ada empat stasiun yang akan dilewati oleh Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dari Jakarta sampai Kabupaten Bandung. 

Empat stasiun tersebut yaitu Stasiun Halim (Jakarta), Stasiun Karawang (Karawang), Stasiun Padalarang (Kabupaten Bandung Barat), dan Stasiun Tegalluar (Kabupaten Bandung).

Emir mengatakan saat ini pembangunan empat stasiun tersebut terus dikebut, di mana untuk Stasiun Halim dan Stasiun Tegalluar masing-masing sudah mencapai 93 persen. 

Emir mengatakan bagi penumpang dari Jakarta yang ingin menuju Kota Bandung, bisa berhenti di Stasiun Padalarang. Dari situ, penumpang bisa melanjutkan perjalanan ke Stasiun Bandung menggunakan kereta api (KA) feeder (pengumpan).

Adapun tarif untuk KA feeder ini sudah termasuk dalam tiket KCJB. Dengan begitu, penumpang tidak perlu membayar lagi.

"Feeder kami sudah punya keretanya jadi rangkaian keretanya sudah disiapkan oleh KAI yang nanti jadwalnya akan disesuaikan dengan kereta cepat," ucap Emir.



Dalam kesempatan lain, Emir menuturkan saat ini KCIC sedang berfokus pada testing dan commissioning KCJB menggunakan CIT atau kereta inspeksi.

Setelah sebelumnya seluruh aliran listrik pada jalur dimatikan guna penyempurnaan prasarana, pada pertengahan Juni 2023 diharapkan kereta inspeksi sudah mulai diujicobakan dengan kecepatan hingga 300 km per jam.

Emir menyebut kecepatan kereta inspeksi akan terus ditambah secara bertahap melalui pengujian yang kini tengah dilakukan.

Kecepatan akan ditambah dari yang saat ini 180 km per jam, 300 km per jam, 350 km per jam, hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya di 385 km per jam.

Setelah tahapan tersebut dapat dilalui, diharapkan di pertengahan Juli 2023 KCIC akan melakukan trial run menggunakan rangkaian EMU atau kereta penumpang. Di sana akan dilakukan pengetesan menyesuaikan dengan jadwal operasional KCJB sehari-hari nantinya.

"KCIC bersama seluruh stakeholder akan terus melakukan percepatan pembangunan dengan tetap mengutamakan keselamatan untuk dapat menyelesaikan proyek strategis nasional ini sesuai target-target yang telah ditetapkan," ucapnya.



Adapun KCIC menargetkan proyek ini bisa beroperasi secara komersial pada Oktober 2023, dan uji coba untuk penumpang pada 18 Agustus. 

Sebelumnya, KCJB dilanda masalah baru. Mengutip Reuters, Kamis (8/6), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan tiga konsultan proyek tersebut, Mott Macdonald, PwC, dan Umbra menolak rencana PT KCIC memulai operasi komersial penuh proyek bernilai US,3 miliar pada Agustus mendatang.

Penolakan itu diketahui dari dokumen internal bertajuk Laporan 'Progress Update' tertanggal 14 Mei 2023.

Tak hanya itu, dokumen juga menyebut KCIC menginginkan sertifikat kelayakan operasi penuh untuk jalur tersebut, meskipun stasiun tidak lengkap alias belum rampung semua. Sebaliknya, Kemenhub dan konsultan menyarankan operasi penuh KCJB dimulai pada Januari 2024.

"Ada risiko target operasi komersial pada Agustus bisa tertunda untuk menyelesaikan semua konstruksi pada 31 Desember," tulis laporan itu.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Dokter yang Dimanjakan Beracun

apa itu bonus new member
PT KCIC menyebutkan ada empat stasiun yang akan dilewati oleh kereta cepat yaitu Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar.
PT KCIC menyebutkan ada empat stasiun yang akan dilewati oleh kereta cepat yaitu Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar. (NurPhoto via Getty Images/NurPhoto)
Jakarta, CNN Indonesia--

Manager Corporate Communication PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Emir Monti mengatakan ada empat stasiun yang akan dilewati oleh Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dari Jakarta sampai Kabupaten Bandung. 

Empat stasiun tersebut yaitu Stasiun Halim (Jakarta), Stasiun Karawang (Karawang), Stasiun Padalarang (Kabupaten Bandung Barat), dan Stasiun Tegalluar (Kabupaten Bandung).

Emir mengatakan saat ini pembangunan empat stasiun tersebut terus dikebut, di mana untuk Stasiun Halim dan Stasiun Tegalluar masing-masing sudah mencapai 93 persen. 

Emir mengatakan bagi penumpang dari Jakarta yang ingin menuju Kota Bandung, bisa berhenti di Stasiun Padalarang. Dari situ, penumpang bisa melanjutkan perjalanan ke Stasiun Bandung menggunakan kereta api (KA) feeder (pengumpan).

Adapun tarif untuk KA feeder ini sudah termasuk dalam tiket KCJB. Dengan begitu, penumpang tidak perlu membayar lagi.

"Feeder kami sudah punya keretanya jadi rangkaian keretanya sudah disiapkan oleh KAI yang nanti jadwalnya akan disesuaikan dengan kereta cepat," ucap Emir.



Dalam kesempatan lain, Emir menuturkan saat ini KCIC sedang berfokus pada testing dan commissioning KCJB menggunakan CIT atau kereta inspeksi.

Setelah sebelumnya seluruh aliran listrik pada jalur dimatikan guna penyempurnaan prasarana, pada pertengahan Juni 2023 diharapkan kereta inspeksi sudah mulai diujicobakan dengan kecepatan hingga 300 km per jam.

Emir menyebut kecepatan kereta inspeksi akan terus ditambah secara bertahap melalui pengujian yang kini tengah dilakukan.

Kecepatan akan ditambah dari yang saat ini 180 km per jam, 300 km per jam, 350 km per jam, hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya di 385 km per jam.

Setelah tahapan tersebut dapat dilalui, diharapkan di pertengahan Juli 2023 KCIC akan melakukan trial run menggunakan rangkaian EMU atau kereta penumpang. Di sana akan dilakukan pengetesan menyesuaikan dengan jadwal operasional KCJB sehari-hari nantinya.

"KCIC bersama seluruh stakeholder akan terus melakukan percepatan pembangunan dengan tetap mengutamakan keselamatan untuk dapat menyelesaikan proyek strategis nasional ini sesuai target-target yang telah ditetapkan," ucapnya.



Adapun KCIC menargetkan proyek ini bisa beroperasi secara komersial pada Oktober 2023, dan uji coba untuk penumpang pada 18 Agustus. 

Sebelumnya, KCJB dilanda masalah baru. Mengutip Reuters, Kamis (8/6), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan tiga konsultan proyek tersebut, Mott Macdonald, PwC, dan Umbra menolak rencana PT KCIC memulai operasi komersial penuh proyek bernilai US,3 miliar pada Agustus mendatang.

Penolakan itu diketahui dari dokumen internal bertajuk Laporan 'Progress Update' tertanggal 14 Mei 2023.

Tak hanya itu, dokumen juga menyebut KCIC menginginkan sertifikat kelayakan operasi penuh untuk jalur tersebut, meskipun stasiun tidak lengkap alias belum rampung semua. Sebaliknya, Kemenhub dan konsultan menyarankan operasi penuh KCJB dimulai pada Januari 2024.

"Ada risiko target operasi komersial pada Agustus bisa tertunda untuk menyelesaikan semua konstruksi pada 31 Desember," tulis laporan itu.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Pemecahan

cara kredivo cicilan 12 bulan
Sejumlah delegasi Asian Financial Leaders Program yang mewakili pimpinan industri keuangan di ASEAN melakukan studi banding ke PT Permodalan Nasional Madani.
Direktur Operasional PNM, Sunar Basuki saat berbincang dengan delegasi Asian Financial Leaders Program (AFLP) di Kantor PNM. (Foto: Arsip PNM)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah delegasi Asian Financial Leaders Program (AFLP) melakukan studi banding ke PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Rabu (14/6). 40 Asian Financial Leader ini mewakili pimpinan industri keuangan di ASEAN.

Kunjungan ini bukan hanya untuk menjalin hubungan baik sebagai sesama pelaku jasa keuangan, tetapi juga berbagi insight terkait model bisnis group lending bagi perempuan prasejahtera yang telah sukses dijalankan oleh PNM.

Setelah melihat lebih dekat, mereka terpukau bagaimana PNM memberdayakan nasabah. Sebab, PNM mampu memberikan pendampingan kepada nasabah Mekaar yang seluruhnya adalah perempuan.

Tidak hanya perihal memberdayakan nasabah, AFLP juga merasa tertarik dengan cara PNM bisa sukses menggandeng perempuan muda sebagai pendamping nasabah di lapangan.

Menurut Sunar, pendamping nasabah PNM Mekaar didominasi oleh perempuan lulusan sekolah tingkat SLTA. PNM tidak hanya merekrut mereka sebagai karyawan tetapi juga mendukung peningkatan kompetensi dan menciptakan jenjang karir yang jelas.

"97.8 persen pendamping nasabah PNM adalah perempuan dan kami juga memberikan beasiswa untuk melanjutkan kuliah bagi mereka yang berprestasi sehingga ini menjadi salah satu hal yang membuat mereka bersemangat," tambahnya.

Sunar meyakini bahwa berdasarkan riset para perempuan memiliki komitmen dan tanggung jawab lebih kuat dibanding laki-laki. Sehingga baik nasabah Mekaar dan para pendamping yang didominasi oleh perempuan merupakan motor penggerak stabilnya kualitas portofolio pembiayaan yang mendongkrak kinerja perusahaan.

(inh/inh)

Jelajahi surga

benua togel

Perjalanan melalui kemalangan

erek erek uang